FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Halaman 4 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by blackbox on Fri Sep 07, 2012 9:27 am

First topic message reminder :

Baik kata Ibrani " אחד - 'EKHAD", "esa", "pertama", "satu", maupun " יחיד - YAKHID" "tunggal", "satu-satunya", "tunggal", "saja", "hanya", "sendiri", berasal dari akar kata induk " ח - KHET" dan " ד -DALET". Aksara KHET dalam tulisan proto-sinaistik -- Ibrani Kuno -- merupakan gambar "tembok" atau "dinding"; sedangkan aksara DALET, Ibrani Kuno: DAL, merupakan gambar "pintu".

Gabungan
kedua aksara yang merupakan simbol itu bermakna "kesatuan". Tembok atau
dinding memisahkan bagian dalam dari bagian luar kemah atau rumah.
Hanya melalui pintu, seseorang dapat masuk atau keluar, thus bagian luar
dan bagian dalam dipersatukan oleh pintu.

Gabungan aksara " ח - KHET" dan " ד -DALET", yaitu " חד - KHAD" , baik dalam bahasa Ibrani maupun Aram, diterjemahkan menjadi "satu".


Bahasa Ibrani:


* Yehezkiel 33:30,
LAI TB, Dan
engkau anak manusia, teman-temanmu sebangsa bercakap-cakap mengenai
engkau dekat tembok-tembok dan di pintu rumah-rumah dan berkata satu (KHAD) sama lain, masing-masing kepada temannya. Silakan datang dan dengar, apa yang difirmankan oleh TUHAN!

KJV, Also,
thou son of man, the children of thy people still are talking against
thee by the walls and in the doors of the houses, and speak one to another, every one to his brother, saying, Come, I pray you, and hear what is the word that cometh forth from the LORD.

Hebrew,
וְאַתָּה
בֶן־אָדָם בְּנֵי עַמְּךָ הַנִּדְבָּרִים בְּךָ אֵצֶל הַקִּירֹות
וּבְפִתְחֵי הַבָּתִּים וְדִבֶּר־חַד אֶת־אַחַד אִישׁ אֶת־אָחִיו לֵאמֹר
בֹּאוּ־נָא וְשִׁמְעוּ מָה הַדָּבָר הַיֹּוצֵא מֵאֵת יְהוָה׃
Translit. interlinear, VE'ATAH
{dan engkau} VEN-'ADAM {anak manusia} BENEY {anak-anak dari} 'AMEKHA
{umatmu} HANIDBARIM {ia dibicarakan} BEKHA {padamu} 'ETSEL {oleh}
HAQIROT {tembok-tembok itu} UVEFITKHEY {dan pada pintu-pintu dari}
HABATIM [rumah-rumah itu} VEDIBER-KHAD {dan mereka berkata -- satu} 'ET-'AKHAD {kepada satu} 'ISY {orang} 'ET-'AKHIV {kepada saudaranya} LE'MOR {berkata} BO'U-NA'
{datanglah] VESYIM'U {dan dengarlah} MAH {apa} HADAVAR {firman itu} HAYOTSE' {yang keluar} ME'ET {dari} YEHOVAH {TUHAN}


Note:
"satu sama lain" diterjemahkan dari kata " חד את־אחד ; KHAD 'ET-'AKHAD", harfiah "satu kepada satu".


Bahasa Aram:


* Ezra 4:8
LAI TB, Rehum,
bupati, dan Simsai, panitera, telah menulis surat terhadap Yerusalem
kepada raja Artahsasta, yang isinya sebagai berikut.

KJV, Rehum the chancellor and Shimshai the scribe wrote a letter against Jerusalem to Artaxerxes the king in this sort:
Hebrew,
רְחוּם בְּעֵל־טְעֵם וְשִׁמְשַׁי סָפְרָא כְּתַבוּ אִגְּרָה חֲדָה עַל־יְרוּשְׁלֶם לְאַרְתַּחְשַׁשְׂתְּא מַלְכָּא כְּנֵמָא׃
Translit. interlinear, REKHUM
{Rehum} BE'EL-TE'EM {majikan pemberi perintah} VESYIMSYAY {dan Simsai}
SOFRA' {juru tulis} KETAVU {mereka menulis} 'IGERAH {surat} KHADAH {satu} 'AL-YERUSYELEM {kepada Yerusalem} LE'ARTAKHSYASTE' {kepada Artahsasta} MALKA' {raja} KENEMA' {bunyinya}



-----





Kata " אֶחָד - 'EKHAD" dari kata אָחַד - 'AKHAD, (Arab: 'AHAD), "esa", adalah kata " חד - KHAD" yang dibubuhi aksara 'ALEF di mukanya. Aksara " א - 'ALEF" dalam bahasa Ibrani Kuno merupakan gambar kepala kerbau yang melambangkan kekuatan, kekuasaan, kepemimpinan.
" אחד - 'EKHAD"
adalah kesatuan dari yang jamak, seorang manusia adalah kesatuan dari
tubuh, nafas, jiwa, pikiran, perasaan. Suatu keluarga adalah kesatuan
dari ayah, ibu, anak. Suatu pohon adalah kesatuan dari akar, batang,
cabang, dahan, ranting, daun. Inilah makna kata 'EKHAD yang diterjemahkan menjadi "esa", "pertama", "satu", yaitu kesatuan yang kompleks, bukan kesatuan yang absolut.


* Kejadian 1:5
LAI TB, Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama ('EKHAD).
KJV, And God called the light Day, and the darkness he called Night. And the evening and the morning were the first day.
Hebrew,
וַיִּקְרָא אֱלֹהִים לָאֹור יֹום וְלַחֹשֶׁךְ קָרָא לָיְלָה וַיְהִי־עֶרֶב וַיְהִי־בֹקֶר יֹום אֶחָד׃ ף
Translit. interlinear, VAYIQRA'
{dan Dia memanggil, menamakan} 'ELOHIM {Allah} LA'OR {kepada terang}
YOM {hari, siang} VELAKHOSYEKH {dan kepada kegelapan} QARA' {Dia
memanggil, menamakan} LAYELAH {malam} VAYHI-'EREV {dan ia menjadi
petang} VAYHI-VOQER {dan ia menjadi pagi} YOM {hari} 'EKHAD {satu, pertama}



* Kejadian 1:9
LAI TB, [color=green]Berfirmanlah Allah: 'Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu ('EKHAD) tempat, sehingga kelihatan yang kering.' Dan jadilah demikian." –
KJV, And God said, Let the waters under the heaven be gathered together unto one place, and let the dry land appear: and it was so.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים יִקָּווּ הַמַּיִם מִתַּחַת הַשָּׁמַיִם אֶל־מָקֹום אֶחָד וְתֵרָאֶה הַיַּבָּשָׁה וַיְהִי־כֵן׃
Translit. interlinear, VAYO'MER
{dan Dia berfirman} 'ELOHIM {Allah} YIQAVU {mereka akan berkumpul}
HAMAYIM {air itu} MITAKHAT {di bawah} HASYAMAYIM {langit itu} 'EL-MAQOM
{pada tempat} 'EKHAD {satu} VETERA'EH {dan ia kelihatan} HAYABASYAH {tanah kering} VAYHI-KHEN {dan ia menjadi demikian}




* Ulangan 6:4
LAI-TB, Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa ('EKHAD)!
KJV, Hear, O Israel: The LORD our God is one LORD:
Hebrew,
שְׁמַע יִשְׂרָאֵל יְהוָה אֱלֹהֵינוּ יְהוָה ׀ אֶחָֽד ׃
Translit interlinear, SYEMA'
{dengarlah} YISRA'EL {Israel} YEHOVAH {dibaca Adonay, TUHAN} 'ELOHEYNU
{Allah kita} YEHOVAH {dibaca Adonay, TUHAN} EKHAD {esa}




--------






Kata " יָחִיד - YAKHID" (Arab: WAHID), "tunggal", berasal dari kata יָחַד - YAKHAD, yaitu kata " חד - KHAD" yang dibubuhi aksara YOD di mukanya. Dalam bahasa Ibrani Kuno, aksara YOD merupakan gambar telapak tangan yang menggenggam. Kata " יחד - YAKHAD ini pun berarti "satu", "kesatuan" namun dalam makna "satu dalam genggaman" yaitu "satu yang absolut" (hanya).


* Kejadian 49:6
LAI-TB, Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu (YAKHAD)
dengan perkumpulan mereka, sebab dalam kemarahannya mereka telah
membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat
keting
lembu.
KJV, O my soul, come not thou into their secret; unto their assembly, mine honor, be not thou united: for in their anger they slew a man, and in their self-will they digged down a wall.
Hebrew,
בְּסֹדָם אַל־תָּבֹא נַפְשִׁי בִּקְהָלָם אַל־תֵּחַד כְּבֹדִי כִּי בְאַפָּם הָרְגוּ אִישׁ וּבִרְצֹנָם עִקְּרוּ־שֹׁור׃
Translit interlinear, BESODAM
{pada permufakatan mereka} 'AL-TAVO' {tidak ia akan datang} NAFSYI
{nafasku, jiwaku} BIQHALAM {pada perkumpulan mereka} 'AL-TEKHAD {tidak
ia akan dipersatukan} KEVODI {kehormatanku} KI {karena} VE'APAM {pada
murka mereka} HAREGU {mereka membunuh} 'ISY {orang} UVIRTSONAM {dan pada
kesenangan mereka} 'IQERU-SYOR {mereka memotong urat keting lembu}



Kata " יחד - YAKHAD juga ditemukan dalam Mazmur 86:11 ("bulatkanlah") dan Yesaya 14:20 ("bersama-sama").

" יחד - YAKHAD adalah " חד - KHAD" dalam genggaman tangan, diterjemahkan dengan "satu-satunya", "tunggal", "hanya", "saja", "sebatang kara", sering dihubungkan dengan anak "tunggal".

Jika " אחד - 'EKHAD" merujuk kepada
kesatuan yang kompleks, maka " יחיד - YAKHID" berhubungan dengan kesatuan yang absolut.


* Kejadian 22:2
LAI-TB, Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal (YAKHID)
itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan
persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu
gunung yang akan Kukatakan kepadamu."
KJV,
And he said, Take now thy son, thine only
son Isaac, whom thou lovest, and get thee into the land of Moriah; and
offer him there for a burnt offering upon one of the mountains which I
will tell thee of.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר
קַח־נָא אֶת־בִּנְךָ אֶת־יְחִידְךָ אֲשֶׁר־אָהַבְתָּ אֶת־יִצְחָק
וְלֶךְ־לְךָ אֶל־אֶרֶץ הַמֹּרִיָּה וְהַעֲלֵהוּ שָׁם לְעֹלָה עַל אַחַד
הֶהָרִים אֲשֶׁר אֹמַר אֵלֶיךָ׃
Translit interlinear, VAYO'MER {dan Dia berfirman} QAKH-NA' {ambillah} 'ET-BINKHA {anakmu} 'ET-YEKHIDKHA {satu-satunya darimu} 'ASYER-'AHAVTA
{yang engkau mengasihi} 'ET-YITSKHAQ {Ishak} VELEKH-LEKHA {berjalanlah
engkau} 'EL-'ERETS {pada bumi} HAMORIAH {Moria itu} VEHA'ALEHU {dan
persembahkanlah ia} SYAM {di sana} LE'OLAH {sebagai korban bakaran} 'AL
{di atas} 'AKHAD {satu} HEHARIM {gunung-gunung} 'ASYER {yang} 'OMAR {Aku
akan berfirman} 'ELEYKHA {kepadamu}


Tauhid adalah konsep dasar monotheisme dalam agama Abraham (nabi Ibrahim) yaitu Yahudi, Kristen, dan Islam. Tauhid berarti menyatakan keesaan (Ibrani: " אחד - 'EKHAD"; Arab: 'AHAD) -- bukan ketunggalan (Ibrani: " יחיד - YAKHID"; Arab: WAHID) -- dan keunikan Allah.

Kata tauhid itu sendiri berasal dari akar kata 'AHAD. Esa berarti kesatuan yang kompleks, bukan satu yang absolut, sedangkan unik bermakna tidak ada yang dapat dibandingkan.


Lawan dari tauhid adalah sirik
yang berarti pembagian atau perpecahan, menyatakan bahwa Allah itu
lebih dari satu, bisa berjumlah tiga, sepuluh, atau ratusan Allah dalam
aspek kuantitas.


Keesaan Allah tidak menyangkal adanya kejamakan dalam diri Allah seperti adanya al asymaul husyna (nama-nama yang indah) dari Allah sebanyak 99 nama, bukan nama tunggal. Demikian pula orang Yahudi mengenal Allah dengan kata " אלהים - 'ELOHÎM", bentuk jamak dari " אלוה - 'ELÔAH ", tetapi senantiasa menggunakan verba tunggal, bukan verba jamak. Kejamakan " אלהים - 'ELOHÎM" di situ dikenal dengan istilah plural of majestic, jamak kebesaran.


Saya pernah mendengar ceramah Prof. Dr. Quraish Shihab di televisi tentang kata Arab yaitu 'AHAD dan WAHID. Jika mendengar kata 'AHAD,
maka dalam pikiran orang Semit akan tergambar sesuatu yang tidak dapat
diterapkan operasi matematika, sedangkan operasi matematika
(tambah/kurang) masih dapat dilakukan pada kata WAHID.

Kata " אחד - 'EKHAD" dapat pula berarti satu-satunya (unik) atau saja. Orang Yahudi tidak menyangkal adalah " אלהים - 'ELOHÎM"
lain seperti allah orang Aram, allah orang Sidon, allah orang Moab,
allah bani Amon, allah orang Filistin (Hakim-hakim 10:6), semuanya
menggunakan kata " אלהים - 'ELOHÎM", tetapi satu-satunya " אלהים - 'ELOHÎM" orang Israel adalah " יהוה - YHVH".



* Ulangan 6:4

LAI-TB, Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!

KJV, Hear, O Israel: The LORD our God is one LORD:

Hebrew,
שְׁמַע יִשְׂרָאֵל יְהוָה אֱלֹהֵינוּ יְהוָה ׀ אֶחָֽד ׃
Translit interlinear, SYEMA'
{dengarlah} YISRÂ'ÊL {Israel} YEHOVÂH {YHVH dibaca Adonai, TUHAN}
'ELOHEINÛ {Allah kita} YEHOVÂH {YHVH dibaca Adonai, TUHAN} 'EKHÂD {esa}




Ungkapan "YHVH 'ELOHÊYNÛ YHVH 'EKHÂD" secara konsetual -- bukan secara literal -- dapat diterjemahkan dengan YHVH Allah kita, YHVH saja.


Ada perbedaan konsep tauhid
antara kalangan Sunni dan Syi'ah, di antaranya kalangan Syi'ah tidak mau
menggunakan ungkapan anthropomorfis seperti tangan Allah, wajah Allah,
dan kaki Allah, misalnya kalangan Syi'ah memprotes hadis sahid Bukhari
yang menyatakan bahwa Allah menginjak neraka jahanam dengan kaki-Nya.



بِاسْمِ الآبِ وَالاِبْنِ وَالرُّوحِ الْقُدُس، الآله الو احد، آمِين

Bismil'Abbi, wal-Ibnu, wa-Roh'ul Qudus, Allah'hu Ahad


sumber:biblika,sarapan pagi
avatar
blackbox
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 49
Location : terperangkap di dalam kotak hitam
Join date : 31.08.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down


Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 16, 2013 4:02 pm


- Yesus menyatakan ADA
- tentunya harus hati-hati memaknai jawaban 'tidak tahu' tersebut, karena itu hari kedatangan-Nya sendiri..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Wed Jan 16, 2013 8:48 pm

@SEGOROWEDI wrote:
- Yesus menyatakan ADA
gak ada bukti. bukti scr akal saja gak ada, apalagi bukti roh yg nongol mengaku Yesus.


- tentunya harus hati-hati memaknai jawaban 'tidak tahu' tersebut, karena itu hari kedatangan-Nya sendiri..
itu cocok buat anda. harus hati-hati dan pake akal sehat.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by babi_haram on Sat Jan 19, 2013 10:57 am

@musicman wrote:
@blackbox wrote:
@Wong Edan wrote:
@metheny wrote:
@blackbox wrote:
syalom,
kalau persatuan kalian dalam artian satu tim,bisa disebut tim yg esa kan?
contoh nya dalam keluarga, dalam alkitab digunakan kata ekhad,kata yg sama yg digunakan untuk menuliskan keesaan tuhan.
Matius 19:5Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu(ekhad) daging.

Orang Kristen sering berdalih ESA itu bukan TUNGGAL. Esa itu satu kesatuan, spt halnya satu tim. Berbeda dengan tunggal yang artinya satu-satunya.

Saya tidak tahu mereka itu dapat referensi dari mana. Karena menurut kamus besar bahasa indonesia, ESA itu artinya ya TUNGGAL.

[b]esa num tunggal; satu;
http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

Disisi lain, orang Kristen mengenal doktrin Trinitas yang diterjemahkan sbg TRITUNGGAL.
Orang Kristen tidak konsisten. Trinitas itu kan tiga dalam satu tim, mosok diterjemahkan dg kata TRITUNGGAL.

Kacau yak ajaran yesus,pengikutnya pada bingung bilang esa ehhh si pendeta bilang ada 3. Gua sih kagak alim" bener sih, tapi gua rada paham tuh apa yang dimaksud esa.
Beda banget ama quran di al ikhlas....kagak ada unsur laen selain Allah, betul" esa dah. Mantap tuh qur an
setidaknya esa yg di ajarkan pendeta bukan esa yg di sebut "kami"
tergantung..

Bahasa Batak Mandailing:
a. Tudia do HO, Lae?
b. Tudia do HAMU, Lae?
(Kemana kamu, Lae?)
HAMU (kalian) adlh bentuk jamak dari HO (kau).
TAPI dlm bahasa Mandailing, HAMU itu sering digunakan untuk menyapa 1 orang, krn itu lebih hormat dari pada HO.

kata Anta = anda (tunggal) dan Antum = kalian (jamak)


Contoh : Sodara Desy pergi belanja ke pasar, kemudian saya bertanya :
Hendak kemana antum (kalian) ??
Antum (jamak)dalam kaedah bahasa arab adalah konteks Kesopanan, Bukan anta (tunggal).

coba deh kalau ada, berikan kepada saya bukti kristen arab yg mempermasalahkan kata "Kami" dalam alquran...ada ngga?

kasian si blackbox tuh.. mestinya dia belajar tata bahasa arab dulu kangan asal ngomong doang... malu2in diri sendiri panas

babi_haram
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 35
Kepercayaan : Islam
Location : purwakarta
Join date : 19.01.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Sat Jan 19, 2013 11:35 am

@metheny wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
- Yesus menyatakan ADA
gak ada bukti. bukti scr akal saja gak ada, apalagi bukti roh yg nongol mengaku Yesus.


- tentunya harus hati-hati memaknai jawaban 'tidak tahu' tersebut, karena itu hari kedatangan-Nya sendiri..
itu cocok buat anda. harus hati-hati dan pake akal sehat.

- kita percaya Yesus, daripada kamu..
- kalau pakai akal sehat: tentunya makna jawaban tersebut adalah belum ditentukan hari H-nya.. karena itu adalah hari kedatangan-Nya sendiri..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Sat Jan 19, 2013 7:43 pm

@SEGOROWEDI wrote:
- kita percaya Yesus, daripada kamu..
gak perlu nongol di depan musa sebagai bukti ya? cukup percaya.


- kalau pakai akal sehat: tentunya makna jawaban tersebut adalah belum ditentukan hari H-nya.. karena itu adalah hari kedatangan-Nya sendiri..
akal sehat akan bilang Yesus itu manusia yg gak tahu kapan kiamat, sesuai kata Yesus sendiri. Konsekuensinya, akal sehat akan bilang Yesus tidak mungkin menentukan hari kedatangannya.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Mon Jan 21, 2013 7:57 am

@metheny wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
- kita percaya Yesus, daripada kamu..
gak perlu nongol di depan musa sebagai bukti ya? cukup percaya.


- kalau pakai akal sehat: tentunya makna jawaban tersebut adalah belum ditentukan hari H-nya.. karena itu adalah hari kedatangan-Nya sendiri..
akal sehat akan bilang Yesus itu manusia yg gak tahu kapan kiamat, sesuai kata Yesus sendiri. Konsekuensinya, akal sehat akan bilang Yesus tidak mungkin menentukan hari kedatangannya.

- nongol/tidak nongol, jangan dicampur aduk dengan ada sebelum abraham jadi
- lha yang menentukan siapa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Tue Jan 22, 2013 5:38 pm

@SEGOROWEDI wrote:
- nongol/tidak nongol, jangan dicampur aduk dengan ada sebelum abraham jadi
trus apa buktinya ada Yesus sebelum abraham???


- lha yang menentukan siapa?
Bapa dong. Yesus kan cuma manut
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Tue Jan 22, 2013 11:04 pm

@metheny wrote:
Bapa dong. Yesus kan cuma manut

kapan Bapa pernah ngobrol dengan Yesus?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Fri Jan 25, 2013 11:04 pm

@SEGOROWEDI wrote:

kapan Bapa pernah ngobrol dengan Yesus?

apa harus pake ngobrol?
segorowedi mau mati kapan kan juga manut Tuhan. apa segorowedi ngobrol dengan Tuhan?
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Fri Jan 25, 2013 11:40 pm

@metheny wrote:
apa harus pake ngobrol?
segorowedi mau mati kapan kan juga manut Tuhan. apa segorowedi ngobrol dengan Tuhan?

datang kok disamakan mati..
ya harus ada perintah, mana pernah ada pertemuan antara Bapa dengan Yesus?
ada dialog dimana Yesus diperintah ini itu..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Tue Jan 29, 2013 8:16 am

@SEGOROWEDI wrote:
datang kok disamakan mati..
ketika segorowedi datang ke dunia juga gak ngobrol dulu dengan Tuhan.


ya harus ada perintah, mana pernah ada pertemuan antara Bapa dengan Yesus?
ada dialog dimana Yesus diperintah ini itu..
mendikte Tuhan ni ye? Yesus itu hanya manut.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Tue Jan 29, 2013 8:30 am


mana pertemuan Yesus dengan Tuhan
dan Tuhan memerintahkan ini/itu kepada Yesus dalam pertemuan tersebut?
atau via jibril juga boleh dah, manaaaaaaaaaa?
atau Yesus mengaku menerima wahyu, manaaaaaaaaaa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Tue Jan 29, 2013 8:45 am

@SEGOROWEDI wrote:
mana pertemuan Yesus dengan Tuhan
dan Tuhan memerintahkan ini/itu kepada Yesus dalam pertemuan tersebut?
atau via jibril juga boleh dah, manaaaaaaaaaa?
atau Yesus mengaku menerima wahyu, manaaaaaaaaaa?

anda datang ke dunia juga gak pake ngobrol dg Tuhan....
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Tue Jan 29, 2013 8:48 am


saya kan bukan utusan/nabi
apalagi yang ditugaskan datang menjadi hakim di akhir jaman

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Tue Jan 29, 2013 2:36 pm

@SEGOROWEDI wrote:
saya kan bukan utusan/nabi
apalagi yang ditugaskan datang menjadi hakim di akhir jaman
memangnya musa datang ke dunia juga pake ngobrol dulu?
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 30, 2013 2:37 pm

@metheny wrote:
memangnya musa datang ke dunia juga pake ngobrol dulu?

dialog dan pertemuan musa dengan Tuhan kan ada...
Yesus dengan Tuhan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Thu Jan 31, 2013 9:17 am

@SEGOROWEDI wrote:
dialog dan pertemuan musa dengan Tuhan kan ada...
Yesus dengan Tuhan?
mana ada dialog musa dengan Tuhan sebelum datang ke dunia.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Thu Jan 31, 2013 11:24 am

@metheny wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
dialog dan pertemuan musa dengan Tuhan kan ada...
Yesus dengan Tuhan?
mana ada dialog musa dengan Tuhan sebelum datang ke dunia.

1 Adapun Musa, ia biasa menggembalakan kambing domba Yitro, mertuanya, imam di Midian. Sekali, ketika ia menggiring kambing domba itu ke seberang padang gurun, sampailah ia ke gunung Allah, yakni gunung Horeb.
2 Lalu Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api.
3 Musa berkata: ''Baiklah aku menyimpang ke sana untuk memeriksa penglihatan yang hebat itu. Mengapakah tidak terbakar semak duri itu?''
4 Ketika dilihat TUHAN, bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: ''Musa, Musa!'' dan ia menjawab: ''Ya, Allah.''
5 Lalu Ia berfirman: ''Janganlah datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus.''
6 Lagi Ia berfirman: ''Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.'' Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.
7 Dan TUHAN berfirman: ''Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka.
8 Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus.
9 Sekarang seruan orang Israel telah sampai kepada-Ku; juga telah Kulihat, betapa kerasnya orang Mesir menindas mereka.
10 Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir.''
11 Tetapi Musa berkata kepada Allah: ''Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?''
12 Lalu firman-Nya: ''Bukankah Aku akan menyertai engkau? Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau: apabila engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir, maka kamu akan beribadah kepada Allah di gunung ini.''
13 Lalu Musa berkata kepada Allah: ''Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku: bagaimana tentang nama-Nya? -- apakah yang harus kujawab kepada mereka?''
14 Firman Allah kepada Musa: ''AKU ADALAH AKU.'' Lagi firman-Nya: ''"sensor LI" kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu.''
15 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: ''"sensor LI" kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.
16 Pergilah, kumpulkanlah para tua-tua Israel dan katakanlah kepada mereka: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Ishak dan Yakub, telah menampakkan diri kepadaku, serta berfirman: Aku sudah mengindahkan kamu, juga apa yang dilakukan kepadamu di Mesir.
17 Jadi Aku telah berfirman: Aku akan menuntun kamu keluar dari kesengsaraan di Mesir menuju ke negeri orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, ke suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.
18 Dan bilamana mereka mendengarkan perkataanmu, maka engkau harus beserta para tua-tua Israel pergi kepada raja Mesir, dan kamu harus berkata kepadanya: TUHAN, Allah orang Ibrani, telah menemui kami; oleh sebab itu, izinkanlah kiranya kami pergi ke padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah kami.
19 Tetapi Aku tahu, bahwa raja Mesir tidak akan membiarkan kamu pergi, kecuali dipaksa oleh tangan yang kuat.
20 Tetapi Aku akan mengacungkan tangan-Ku dan memukul Mesir dengan segala perbuatan yang ajaib, yang akan Kulakukan di tengah-tengahnya; sesudah itu ia akan membiarkan kamu pergi.
21 Dan Aku akan membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa ini, sehingga, apabila kamu pergi, kamu tidak pergi dengan tangan hampa,
22 tetapi tiap-tiap perempuan harus meminta dari tetangganya dan dari perempuan yang tinggal di rumahnya, barang-barang perak dan emas dan kain-kain, yang akan kamu kenakan kepada anak-anakmu lelaki dan perempuan; demikianlah kamu akan merampasi orang Mesir itu.''


tuh..
dialog yang kek gitu antara Tuhan dengan Yesus, ada?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Fri Feb 01, 2013 8:52 pm

mana dialog musa dengan tuhan, sebelum musa datang ke dunia?


avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Sat Feb 02, 2013 3:46 pm


dialog Yesus-Bapa baik sebelum/sesudah datang, tak pernah ada
maka yang menentukan kapan datang keduakali adalah Yesus sendiri
pun Yesus = Bapa

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Sun Feb 03, 2013 7:36 am

@SEGOROWEDI wrote:
dialog Yesus-Bapa baik sebelum/sesudah datang, tak pernah ada
maka yang menentukan kapan datang keduakali adalah Yesus sendiri
pun Yesus = Bapa
Logika ngawur.....tidak adanya dialog Bapa dg Yesus dan yesus bilang gak tahu kapan kiamat.

berarti Yesus cuman manut Bapa
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Sun Feb 03, 2013 7:47 am


katamu Yesus akan diperintah/nunggu perintah Bapa
padahal seumur-umur tak pernah ada ineteraksi Bapa-Yesus dalam sebuah dialog perutusan,
aneh ya?

pun Yesus = Bapa
jadi Dia sendiri yang menenukan kapan datang keduakalinya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Mon Feb 04, 2013 8:12 am

@SEGOROWEDI wrote:
katamu Yesus akan diperintah/nunggu perintah Bapa
padahal seumur-umur tak pernah ada ineteraksi Bapa-Yesus dalam sebuah dialog perutusan,
aneh ya?
Saya kan cuma bilang manut.


pun Yesus = Bapa
jadi Dia sendiri yang menenukan kapan datang keduakalinya
pun Yesus tidak tahu kapan kiamat...jadi ya cuma manut bapa
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Mon Feb 04, 2013 8:33 am



- manut diri-Nya sendiri
- karena Ia = Bapa

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Mon Feb 04, 2013 9:34 pm

@SEGOROWEDI wrote:
- manut diri-Nya sendiri
diri Yesus tidak tahu...yang tahu kan Bapa

Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.


- karena Ia = Bapa
gak tuh. satunya gak tahu....satunya lagi maha tahu.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 4 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik