FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by santri on Sun Sep 09, 2012 10:05 am

Pertama-tama kita semua harus setuju bahwa Nabi Ibrahim (Abraham) adalah bapak semua nabi, baik dari garis Yahudi atau pun Arab. Untuk mengingat kembali kisah nabi Ibrahim.

Jika kita setuju bahwa semua nabi tersebut adalah keturunan Nabi Ibrahim, kita semua harus setuju pula bahwa mereka sebagai nabi juga harus melakukan ritual yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim, yaitu Haji. Ibadah haji selama ini sudah umum diketahui sebagai ibadahnya umat Islam. Tetapi, apakah sebelum Islam lahir, ibadah Haji ini sudah dilakukan?. Tentu sudah. Yang paling umum tentu kisah Tentara Abrahah yang hendak menghancurkan Ka'bah (Mekah) karena kota ini selalu ramai dikunjungi untuk beribadah. Sampai-sampai karena irinya, Abrahah yang berasal dari Yaman membuat Ka'bah tandingan. Dia bermaksud menandingi dengan membangun gereja di kota Shan’â’ yang kemudian dinamainya dengan, “Al-Qullays”. Gereja ini dibangun dengan megah dan dihias emas perak juga permata permata yang serba indah. Keinginannya hanya satu, agar para pelaku haji mau berpaling dari Makkah dan berziarah ke gereja Al Qullays.Di akhir kisah akhirnya Abrahah mendapat murka dari oleh karena tentaranya dihancurkan oleh Burung Ababil.

Dari keterangan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa ziarah Haji masih berlangsung pada jaman pra Islam. Lalu apakah di Alkitab Injil berita tentang ibadah haji disebutkan?. Ayat-ayat Alkitab Injil yang paling mendekati dengan kegiatan Ibadah Haji adalah sebagai berikut:


  • Mazmur 84:4-7 Berbahagialah orang-orang yang diam di rumah-Mu, yang terus-menerus memuji-muji Engkau. Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah!. Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat. Mereka berjalan makin lama makin kuat, hendak menghadap Allah di Sion.

Disini telah disebutkan bahwa rumah yang pertama kali dibangun untuk beribadah adalah yang di Bakah. Bakah adalah nama kuno dari Mekah. Dan di Mekah satu-satunya rumah ibadah yang pertama adalah Ka'bah. Dan di sekitar Ka'bah ada mata air Zam-zam.
Lembah Baka disebut juga Biqa (Orang Arab tidak mengenal vokal “e”, jadi nama yang benar (nama asli) bagi orang Arab Lebanon adalah Biqa, dan ditransliterasikan oleh orang Barat menjadi Beka/Beqaa, ed) atau Beqaa berada di Lebanon.

Dalam Bahasa Ibrani : Baka’ adalah turunan dari kata Bakah. Ernst Wurthwein mengatakan : “Bukan rahasia lagi bahwa selama berabad-abad teks Ibrani dari Perjanjian Lama berwujud sebagai teks konsonan (huruf mati) murni. Tanda-tanda vowel (vokal) tidak ditambahkan pada teks ini sampai tahap belakangan, ketika teks konsonan telah mapan (established) dengan sejarah transmisi yang panjang di baliknya……Teks konsonan yang dipelihara dalam manuskrip-manuskrip abad pertengahan dan yang merupakan dasar bagi edisi-edisi kita sekarang ini tarikhnya kembali pada kira-kira tahun 100 M. Sebagai bagian dari kebangkitan besar bangsa Yahudi yang menandai dekade-dekade setelah malapetaka tahun 70 M.”

Selain itu, Louis Cappel, ahli sarjana bahasa Ibrani, menyimpulkan bahwa tanda titik dan vokal (the vowel point) dan tekanan logat (accent) adalah bukan bagian dari Ibrani yang original, namun telah dimasukkan oleh Sarjana Yahudi Masoret dari Tiberias, sekurang-kurangnya abad 5 M…..)
Mezbah yang dibangun Nabi Ibrahim banyak tetapi Mezbah bukanlah Bait Allah. Karena Mezbah itu cuma tempat bakaran, sementara Bait adalah Rumah seperti yang disebut di Mazmur. Yang di Baka (Bakkah) adalah yang pertama. Itu terbukti sampai sekarang tempatnya masih didatangi jutaan orang karena penuh berkat.

Pegunungan Paran(Jabal Nur/Gunung Cahaya) merupakan Pegunungan Sarawat, di Hijaz, Arab Saudi bagian barat. Disini terdapat Gua Hira tempat nabi Muhammad pertama kali menerima wahyu.

Ulangan 33:2 Berkatalah ia: “TUHAN datang dari Sinai dan terbit kepada mereka dari Seir; Ia tampak bersinar (BERCAHAYA) dari pegunungan Paran dan datang dari tengah-tengah puluhan ribu orang yang kudus; di sebelah kanan-Nya tampak kepada mereka api yang menyala.

The Jewish Encylopedia menyatakan bahwa Baka dalam Mazmur 84 adalah daerah tandus yang kekurangan air dibandingkan lembah-lembah yang lain. Kata “Sion” dalam Mazmur 84, bukanlah Yerusalem, karena Yerusalem bukanlah wilayah tandus, lagipula Yerusalem adalah daerah tempat tinggal nabi Daud, sementara nabi Daud sedang sangat merindukan bait Allah di Baka, artinya Baka bukanlah Yerusalem maupun wilayah Palestina, melainkan tempat yang jauh sehingga membuat nabi Daud begitu merindukannya.

Because Zion was originally not Israeli, the name Zion comes to us probably from a language other than Hebrew. TWOTOT mentions an Arabic root s-w-n (under 1910), to protect, defend, which may give Zion the meaning of fortress. Others (says TWOTOT ) suggest derivation from a root saha, be bald.

Spelled the way it is, however, the name Zion is identical to the word Zion (sayon 1909b) meaning place of dryness, from the assumed root syh (syh 1909). Derivation syh (siya 1909a), dryness, drought, occurs in Psalm 105:41.

Karena Zion asal mulanya bukan dari Israel, nama Zion datang kemungkinan dari bahasa yang lebih tua dari Ibrani. TWOTOT menyebutkan sebuah akar huruf Arab s-w-n (sebelum 1910), untuk melindungi, bertahan, yang mungkin memberi arti Zion sebagai benteng. Yang lain (mengatakan TWOTOT) menyatakan sebagai derivasi dari akar saha, yang berarti gundul.

Bagaimanapun, dengan cara apapun dieja, namaZion identik dengan kata Zion (sayon 1909b) yang berarti tanah yang kekeringan, dari akar asumsi syh (syh 1909). Derivasi syh (siya 1909a), kekeringan, kering, terjadi di Mazmur 105:41

Mazmur 105:41Dibuka-Nya gunung batu, maka terpancarlah air, lalu mengalir di padang-padang kering seperti sungai;

Jadi Sion dalam Mazmur 84 mungkin merujuk sebuah tempat perkumpulan agama atau tempat berkumpulnya orang-orang kudus, Seperti halnya Makah dimana dalam ibadah haji orang-orang kudus datang kesana.

1 Samuel 25:1 Dan matilah Samuel; seluruh orang Israel berkumpul meratapi dia dan menguburkan dia di rumahnya di Rama. Dan Daud berkemas, lalu pergi ke padang gurun Paran.

Ayat ini menegaskan Daud pergi ke Gurun Paran. Lihat bagaimana Daud pergi dari Israel (Yerusalem) ke Gunung Paran (Arab) yang jauh. Hal ini sesuai kerinduan Daud akan Bait Allah di Baka (Bakkah). Di ayat lain Daud seperti sedang melakukan ritual Haji yaitu berwudhu dan melakukan tawaf (berjalan mengelilingi Ka'bah).
Mazmur 26:6 Aku membasuh tanganku tanda tak bersalah, lalu berjalan mengelilingi mezbah-Mu, ya TUHAN,
Mazmur 26:8 TUHAN, aku cinta pada rumah kediaman-Mu dan pada tempat kemuliaan-Mu bersemayam.

Di ayat-ayat yang lain juga disebutkan beberapa kegiatan yang mirip persiapan Idul Adha sebagai puncak ibadah haji. Ayat-ayat tersebut yaitu :

Ulangan 12:5-6 Tetapi tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu sebagai kediaman-Nya untuk menegakkan nama-Nya di sana, tempat itulah harus kamu cari dan ke sanalah harus kamu pergi. Ke sanalah harus kamu bawa korban bakaran dan korban sembelihanmu, persembahan persepuluhanmu dan persembahan khususmu, korban nazarmu dan korban sukarelamu, anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu..

Ulangan 12:10 Jangan kamu melakukan apapun yang kita lakukan di sini sekarang, yakni masing-masing berbuat segala sesuatu yang dipandangnya benar. Sebab hingga sekarang kamu belum sampai ke tempat perhentian dan ke milik pusaka yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu. Tetapi apabila nanti sudah kamu seberangi sungai Yordan dan kamu diam di negeri yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk dimiliki, dan apabila Ia mengaruniakan kepadamu keamanan dari segala musuhmu di sekelilingmu, dan kamu diam dengan tenteram,

Ulangan 12:21 Apabila tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk menegakkan nama-Nya di sana, terlalu jauh dari tempatmu, maka engkau boleh menyembelih dari lembu sapimu dan kambing dombamu yang diberikan TUHAN kepadamu, seperti yang kuperintahkan kepadamu, dan memakan dagingnya di tempatmu sesuka hatimu.

Kebenaran itu PAHIT kadang sangat MENYAKITKAN ....


http://reviewofreligions.blogspot.com/2012/06/benarkah-informasi-ibadah-haji-ada-di.html
avatar
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by jakajayagiri-2 on Sun Sep 09, 2012 11:48 am

Sementara saya komentar untuk yg ini saja dulu:
@santri wrote:
Di ayat-ayat yang lain juga disebutkan beberapa kegiatan yang mirip persiapan Idul Adha sebagai puncak ibadah haji. Ayat-ayat tersebut yaitu :

Ulangan 12:5-6 Tetapi tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu sebagai kediaman-Nya untuk menegakkan nama-Nya di sana, tempat itulah harus kamu cari dan ke sanalah harus kamu pergi. Ke sanalah harus kamu bawa korban bakaran dan korban sembelihanmu, persembahan persepuluhanmu dan persembahan khususmu, korban nazarmu dan korban sukarelamu, anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu..

Ulangan 12:10 Jangan kamu melakukan apapun yang kita lakukan di sini sekarang, yakni masing-masing berbuat segala sesuatu yang dipandangnya benar. Sebab hingga sekarang kamu belum sampai ke tempat perhentian dan ke milik pusaka yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu. Tetapi apabila nanti sudah kamu seberangi sungai Yordan dan kamu diam di negeri yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk dimiliki, dan apabila Ia mengaruniakan kepadamu keamanan dari segala musuhmu di sekelilingmu, dan kamu diam dengan tenteram,

Ulangan 12:21 Apabila tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk menegakkan nama-Nya di sana, terlalu jauh dari tempatmu, maka engkau boleh menyembelih dari lembu sapimu dan kambing dombamu yang diberikan TUHAN kepadamu, seperti yang kuperintahkan kepadamu, dan memakan dagingnya di tempatmu sesuka hatimu.

Kebenaran itu PAHIT kadang sangat MENYAKITKAN ....


Kalau saja ayat2 di atas dianggap sebagai indikasi ibadah haji di makah, (bukan indikasi ttg Yerusalem), maka sdh semestinya mekah menjadi tempat yg harus dimiliki oleh bangsa Israel sebagaimana dijanjikan Tuhan kpd mereka (spt dlm Ulangan 12:21)

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by santri on Mon Sep 10, 2012 11:28 am

@jakajayagiri-2 wrote:Sementara saya komentar untuk yg ini saja dulu:
@santri wrote:
Di ayat-ayat yang lain juga disebutkan beberapa kegiatan yang mirip persiapan Idul Adha sebagai puncak ibadah haji. Ayat-ayat tersebut yaitu :

Ulangan 12:5-6 Tetapi tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu sebagai kediaman-Nya untuk menegakkan nama-Nya di sana, tempat itulah harus kamu cari dan ke sanalah harus kamu pergi. Ke sanalah harus kamu bawa korban bakaran dan korban sembelihanmu, persembahan persepuluhanmu dan persembahan khususmu, korban nazarmu dan korban sukarelamu, anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu..

Ulangan 12:10 Jangan kamu melakukan apapun yang kita lakukan di sini sekarang, yakni masing-masing berbuat segala sesuatu yang dipandangnya benar. Sebab hingga sekarang kamu belum sampai ke tempat perhentian dan ke milik pusaka yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu. Tetapi apabila nanti sudah kamu seberangi sungai Yordan dan kamu diam di negeri yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk dimiliki, dan apabila Ia mengaruniakan kepadamu keamanan dari segala musuhmu di sekelilingmu, dan kamu diam dengan tenteram,

Ulangan 12:21 Apabila tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk menegakkan nama-Nya di sana, terlalu jauh dari tempatmu, maka engkau boleh menyembelih dari lembu sapimu dan kambing dombamu yang diberikan TUHAN kepadamu, seperti yang kuperintahkan kepadamu, dan memakan dagingnya di tempatmu sesuka hatimu.

Kebenaran itu PAHIT kadang sangat MENYAKITKAN ....


Kalau saja ayat2 di atas dianggap sebagai indikasi ibadah haji di makah, (bukan indikasi ttg Yerusalem), maka sdh semestinya mekah menjadi tempat yg harus dimiliki oleh bangsa Israel sebagaimana dijanjikan Tuhan kpd mereka (spt dlm Ulangan 12:21)

Wah....yg kamu quote kan masalah kemiripan Pelaksanaan Idul Adha (penyembelehan hewan Qurban) kok jwb nya msh haji dan kepemilikan tanah?
avatar
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by jakajayagiri-2 on Mon Sep 10, 2012 2:15 pm

@santri wrote:
Wah....yg kamu quote kan masalah kemiripan Pelaksanaan Idul Adha (penyembelehan hewan Qurban) kok jwb nya msh haji dan kepemilikan tanah?

Terus terang saya heran dgn jawaban Anda. Krn apa yg saya tulis itu sepenuhnya berasal dari logika yg anda bangun sendiri:

Di ayat-ayat yang lain juga disebutkan beberapa kegiatan yang mirip persiapan Idul Adha sebagai puncak ibadah haji.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by santri on Mon Sep 10, 2012 3:48 pm

@jakajayagiri-2 wrote:
@santri wrote:
Wah....yg kamu quote kan masalah kemiripan Pelaksanaan Idul Adha (penyembelehan hewan Qurban) kok jwb nya msh haji dan kepemilikan tanah?

Terus terang saya heran dgn jawaban Anda. Krn apa yg saya tulis itu sepenuhnya berasal dari logika yg anda bangun sendiri:

Di ayat-ayat yang lain juga disebutkan beberapa kegiatan yang mirip persiapan Idul Adha sebagai puncak ibadah haji.

Saya hanya mengambil dari ayat injil, kalau dilihat bunyi dari ayat dibawah ini memang mengarah ke Pelaksanaan Haji. Apa lagi ini sudah dilakukan sejak Nabi Ibrahim :

Mazmur 26:6 Aku membasuh tanganku tanda tak bersalah, lalu berjalan mengelilingi mezbah-Mu, ya TUHAN,
Mazmur 26:8 TUHAN, aku cinta pada rumah kediaman-Mu dan pada tempat kemuliaan-Mu bersemayam.

Dan para kristen saat ini tidak pernah melaksanakan contoh tauladan nabi ibrahim. Padahal bunyi ayat di atas menekankan: Membasuh tangan lalu mengelilingi mezbah Tuhan.


avatar
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by jakajayagiri-2 on Mon Sep 10, 2012 7:35 pm


@santri wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@santri wrote:
Wah....yg kamu quote kan masalah kemiripan Pelaksanaan Idul Adha (penyembelehan hewan Qurban) kok jwb nya msh haji dan kepemilikan tanah?

Terus terang saya heran dgn jawaban Anda. Krn apa yg saya tulis itu sepenuhnya berasal dari logika yg anda bangun sendiri:

Di ayat-ayat yang lain juga disebutkan beberapa kegiatan yang mirip persiapan Idul Adha sebagai puncak ibadah haji.

Saya hanya mengambil dari ayat injil, kalau dilihat bunyi dari ayat dibawah ini memang mengarah ke Pelaksanaan Haji. Apa lagi ini sudah dilakukan sejak Nabi Ibrahim :

Mazmur 26:6 Aku membasuh tanganku tanda tak bersalah, lalu berjalan mengelilingi mezbah-Mu, ya TUHAN,
Mazmur 26:8 TUHAN, aku cinta pada rumah kediaman-Mu dan pada tempat kemuliaan-Mu bersemayam.

Dan para kristen saat ini tidak pernah melaksanakan contoh tauladan nabi ibrahim. Padahal bunyi ayat di atas menekankan: Membasuh tangan lalu mengelilingi mezbah Tuhan.



Mangga wae lah, mau pake ayat yg mana aja, tapi ketika ayat2 itu dianggap benar mengindikasikan ibadah haji di makkah, maka konsekuensinya jg hrs mengakui kebenaran bahwa mekah seharusnya jd hak milik org israel. Lihat lg ayat yg saya kutip, Ulangan 12:10.
Jgn ngeles lagi itu cuma ayat soal kurban yah.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by santri on Tue Sep 11, 2012 4:45 pm

Yehezkiel

42:15 Sesudah ia selesai dengan mengukur seluruh bangunan dalam itu, ia
mengiring aku menuju pintu gerbang yang menghadap ke sebelah timur,
lalu mengukur sekeliling lingkungan Bait Suci itu.
42:16 Ia mengukur sisi timur dengan tongkat pengukur: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur. Lalu ia berputar
42:17 dan mengukur sisi utara: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur. Ia berputar lagi
42:18 ke sisi selatan dan mengukurnya: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur.
42:19 Kemudian ia berputar ke sisi barat dan mengukurnya: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur.
42:20 Keempat sisinya diukur. Sekeliling lingkungan itu ada tembok:
panjangnya lima ratus hasta dan lebarnya lima ratus hasta, untuk
memisahkan yang kudus dari yang tidak kudus.
41:4 Ia mengukur panjang ruang dalam itu: dua puluh hasta, dan
lebarnya: dua puluh hasta sesuai dengan lebar ruang besar. Lalu ia
berkata kepadaku: "Inilah tempat maha kudus."


Menurut saya ayat ayat diatas, bangunan tersebut adalah persegi.
1. Mungkinkah ini Mekkah yang sekarang ini...?
2. Kalau bukan Mekkah lalu bangunan apakah itu dan dimana lokasi bangunan itu saat ini ?


47:1 Kemudian ia membawa aku kembali ke pintu Bait Suci, dan sungguh,
ada air keluar dari bawah ambang pintu Bait Suci itu dan mengalir
menuju ke timur; sebab Bait Suci juga menghadap ke timur; dan air itu
mengalir dari bawah bagian samping kanan dari Bait Suci itu, sebelah
selatan mezbah.


1. Apakah yang dimaksud ayat diatas adalah Mata Air Zam Zam....jika bukan lalu mata air apakah itu dan dimana lokasinya saat ini? dan ini dianggap penting sehingga ada dlm Injil.

4:17 Maka kalau mereka hendak masuk dari pintu-pintu gerbang pelataran
dalam, mereka harus mengenakan pakaian lenan; mereka tidak boleh
memakai pakaian bulu domba waktu mereka bertugas di pintu-pintu gerbang
pelataran dalam atau waktu menyelenggarakan kebaktian dalam Bait Suci.
44:18 Mereka harus memakai destar lenan dan memakai celana lenan,
tetapi jangan memakai ikat pinggang yang menimbulkan keringat.
44:19 Dan waktu mereka keluar ke pelataran luar menjumpai umat TUHAN
itu, mereka harus menanggalkan pakaian mereka yang mereka pakai dalam
menyelenggarakan kebaktian dan menyimpannya dalam bilik-bilik kudus,
kemudian mengenakan pakaian yang lain, supaya umat itu jangan menjadi
kudus disebabkan kena kepada pakaian imam-imam itu.
44:20 Rambut mereka tidak boleh dicukur atau dibiarkan tumbuh panjang, melainkan harus dipotong pendek.
44:21 Imam-imam tidak boleh minum anggur, kalau mereka hendak masuk dalam pelataran dalam.


1. Apakah ini merupakan Rukun Haji ..? kalau bukan anjuran apakah maksud ayat diatas ?

avatar
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by jakajayagiri-2 on Tue Sep 11, 2012 6:18 pm

@santri wrote:
Yehezkiel
42:15 Sesudah ia selesai dengan mengukur seluruh bangunan dalam itu, ia
mengiring aku menuju pintu gerbang yang menghadap ke sebelah timur,
lalu mengukur sekeliling lingkungan Bait Suci itu.
42:16 Ia mengukur sisi timur dengan tongkat pengukur: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur. Lalu ia berputar
42:17 dan mengukur sisi utara: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur. Ia berputar lagi
42:18 ke sisi selatan dan mengukurnya: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur.
42:19 Kemudian ia berputar ke sisi barat dan mengukurnya: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur.
42:20 Keempat sisinya diukur. Sekeliling lingkungan itu ada tembok:
panjangnya lima ratus hasta dan lebarnya lima ratus hasta, untuk
memisahkan yang kudus dari yang tidak kudus.
41:4 Ia mengukur panjang ruang dalam itu: dua puluh hasta, dan
lebarnya: dua puluh hasta sesuai dengan lebar ruang besar. Lalu ia
berkata kepadaku: "Inilah tempat maha kudus."


Menurut saya ayat ayat diatas, bangunan tersebut adalah persegi.
1. Mungkinkah ini Mekkah yang sekarang ini...?
2. Kalau bukan Mekkah lalu bangunan apakah itu dan dimana lokasi bangunan itu saat ini ?



47:1 Kemudian ia membawa aku kembali ke pintu Bait Suci, dan sungguh,
ada air keluar dari bawah ambang pintu Bait Suci itu dan mengalir
menuju ke timur; sebab Bait Suci juga menghadap ke timur; dan air itu
mengalir dari bawah bagian samping kanan dari Bait Suci itu, sebelah
selatan mezbah.


1. Apakah yang dimaksud ayat diatas adalah Mata Air Zam Zam....jika bukan lalu mata air apakah itu dan dimana lokasinya saat ini? dan ini dianggap penting sehingga ada dlm Injil.


Jelas bukan. Kalau Anda mau baca secara utuh dan bukan dgn cara memotong ayat, maka keseluruhan kisah tersebut adalah berbicara tentang nubuat penglihatan. Kitab ini mencatat dua penglihatan luar biasa mengenai Bait Suci -- yang pertama sebagai Bait Suci yang dinajiskan dan menanti kebinasaan (pasal 8-11; Yeh 8:1--11:25) dan yang lain sebagai dipulihkan dan disucikan dengan sempurna (pasal 40-48; Yeh 40:1--48:35).


4:17 Maka kalau mereka hendak masuk dari pintu-pintu gerbang pelataran
dalam, mereka harus mengenakan pakaian lenan; mereka tidak boleh
memakai pakaian bulu domba waktu mereka bertugas di pintu-pintu gerbang
pelataran dalam atau waktu menyelenggarakan kebaktian dalam Bait Suci.
44:18 Mereka harus memakai destar lenan dan memakai celana lenan,
tetapi jangan memakai ikat pinggang yang menimbulkan keringat.
44:19 Dan waktu mereka keluar ke pelataran luar menjumpai umat TUHAN
itu, mereka harus menanggalkan pakaian mereka yang mereka pakai dalam
menyelenggarakan kebaktian dan menyimpannya dalam bilik-bilik kudus,
kemudian mengenakan pakaian yang lain, supaya umat itu jangan menjadi
kudus disebabkan kena kepada pakaian imam-imam itu.
44:20 Rambut mereka tidak boleh dicukur atau dibiarkan tumbuh panjang, melainkan harus dipotong pendek.
44:21 Imam-imam tidak boleh minum anggur, kalau mereka hendak masuk dalam pelataran dalam.


1. Apakah ini merupakan Rukun Haji ..? kalau bukan anjuran apakah maksud ayat diatas ?
Bukan kok...itu hanya deskripsi untuk para imam Bait Suci.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by santri on Tue Sep 11, 2012 6:45 pm

@jakajayagiri-2 wrote:
@santri wrote:
Yehezkiel
42:15 Sesudah ia selesai dengan mengukur seluruh bangunan dalam itu, ia
mengiring aku menuju pintu gerbang yang menghadap ke sebelah timur,
lalu mengukur sekeliling lingkungan Bait Suci itu.
42:16 Ia mengukur sisi timur dengan tongkat pengukur: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur. Lalu ia berputar
42:17 dan mengukur sisi utara: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur. Ia berputar lagi
42:18 ke sisi selatan dan mengukurnya: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur.
42:19 Kemudian ia berputar ke sisi barat dan mengukurnya: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur.
42:20 Keempat sisinya diukur. Sekeliling lingkungan itu ada tembok:
panjangnya lima ratus hasta dan lebarnya lima ratus hasta, untuk
memisahkan yang kudus dari yang tidak kudus.
41:4 Ia mengukur panjang ruang dalam itu: dua puluh hasta, dan
lebarnya: dua puluh hasta sesuai dengan lebar ruang besar. Lalu ia
berkata kepadaku: "Inilah tempat maha kudus."


Menurut saya ayat ayat diatas, bangunan tersebut adalah persegi.
1. Mungkinkah ini Mekkah yang sekarang ini...?
2. Kalau bukan Mekkah lalu bangunan apakah itu dan dimana lokasi bangunan itu saat ini ?



47:1 Kemudian ia membawa aku kembali ke pintu Bait Suci, dan sungguh,
ada air keluar dari bawah ambang pintu Bait Suci itu dan mengalir
menuju ke timur; sebab Bait Suci juga menghadap ke timur; dan air itu
mengalir dari bawah bagian samping kanan dari Bait Suci itu, sebelah
selatan mezbah.


1. Apakah yang dimaksud ayat diatas adalah Mata Air Zam Zam....jika bukan lalu mata air apakah itu dan dimana lokasinya saat ini? dan ini dianggap penting sehingga ada dlm Injil.


Jelas bukan. Kalau Anda mau baca secara utuh dan bukan dgn cara memotong ayat, maka keseluruhan kisah tersebut adalah berbicara tentang nubuat penglihatan. Kitab ini mencatat dua penglihatan luar biasa mengenai Bait Suci -- yang pertama sebagai Bait Suci yang dinajiskan dan menanti kebinasaan (pasal 8-11; Yeh 8:1--11:25) dan yang lain sebagai dipulihkan dan disucikan dengan sempurna (pasal 40-48; Yeh 40:1--48:35).
41:44. "INILAH TEMPAT MAHA KUDUS" ayat ini merujuk pada TEMPAT yang suci bahkan TERSUCI karena disebut MAHA, dengan demikian tentulah TEMPAT itu pasti ada karena Tuhan menjamin akan kesuciannya, dimanakah itu?


4:17 Maka kalau mereka hendak masuk dari pintu-pintu gerbang pelataran
dalam, mereka harus mengenakan pakaian lenan; mereka tidak boleh
memakai pakaian bulu domba waktu mereka bertugas di pintu-pintu gerbang
pelataran dalam atau waktu menyelenggarakan kebaktian dalam Bait Suci.
44:18 Mereka harus memakai destar lenan dan memakai celana lenan,
tetapi jangan memakai ikat pinggang yang menimbulkan keringat.
44:19 Dan waktu mereka keluar ke pelataran luar menjumpai umat TUHAN
itu, mereka harus menanggalkan pakaian mereka yang mereka pakai dalam
menyelenggarakan kebaktian dan menyimpannya dalam bilik-bilik kudus,
kemudian mengenakan pakaian yang lain, supaya umat itu jangan menjadi
kudus disebabkan kena kepada pakaian imam-imam itu.
44:20 Rambut mereka tidak boleh dicukur atau dibiarkan tumbuh panjang, melainkan harus dipotong pendek.
44:21 Imam-imam tidak boleh minum anggur, kalau mereka hendak masuk dalam pelataran dalam.


1. Apakah ini merupakan Rukun Haji ..? kalau bukan anjuran apakah maksud ayat diatas ?
Bukan kok...itu hanya deskripsi untuk para imam Bait Suci. Jadi ayat yang ini hanya deskripsi dan bukan perintah Tuhan? ingat Injil adalah firman Tuhan
avatar
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by jakajayagiri-2 on Tue Sep 11, 2012 6:54 pm

@santri wrote:42:20 Keempat sisinya diukur. Sekeliling lingkungan itu ada tembok:
panjangnya lima ratus hasta dan lebarnya lima ratus hasta, untuk
memisahkan yang kudus dari yang tidak kudus.
41:4 Ia mengukur panjang ruang dalam itu: dua puluh hasta, dan
lebarnya: dua puluh hasta sesuai dengan lebar ruang besar. Lalu ia
berkata kepadaku: "Inilah tempat maha kudus."[/color]
[/i]

41:44. "INILAH TEMPAT MAHA KUDUS" ayat ini merujuk pada TEMPAT yang suci bahkan TERSUCI karena disebut MAHA, dengan demikian tentulah TEMPAT itu pasti ada karena Tuhan menjamin akan kesuciannya, dimanakah itu?
Tempat Maha Kudus adalah salah satu ruangan di dalam keseluruhan Bait Suci. Hanya Imam Agung saja yg boleh memasukinya, pada waktu2 tertentu.




4:17 Maka kalau mereka hendak masuk dari pintu-pintu gerbang pelataran
dalam, mereka harus mengenakan pakaian lenan; mereka tidak boleh
memakai pakaian bulu domba waktu mereka bertugas di pintu-pintu gerbang
pelataran dalam atau waktu menyelenggarakan kebaktian dalam Bait Suci.
44:18 Mereka harus memakai destar lenan dan memakai celana lenan,
tetapi jangan memakai ikat pinggang yang menimbulkan keringat.
44:19 Dan waktu mereka keluar ke pelataran luar menjumpai umat TUHAN
itu, mereka harus menanggalkan pakaian mereka yang mereka pakai dalam
menyelenggarakan kebaktian dan menyimpannya dalam bilik-bilik kudus,
kemudian mengenakan pakaian yang lain, supaya umat itu jangan menjadi
kudus disebabkan kena kepada pakaian imam-imam itu.
44:20 Rambut mereka tidak boleh dicukur atau dibiarkan tumbuh panjang, melainkan harus dipotong pendek.
44:21 Imam-imam tidak boleh minum anggur, kalau mereka hendak masuk dalam pelataran dalam.


Jadi ayat yang ini hanya deskripsi dan bukan perintah Tuhan
? ingat Injil adalah firman Tuhan[/color]
[/quote]
Deskripsi untuk menggambarkan keharusan pakaian dan perilaku imam di dalam Bait Suci.
Bukan rukun haji.

Sekali lagi, jika ayat2 yg dikutip itu dianggap merujuk pada haji di makkah, maka konsekuensinya saudara2ku muslim harus mau mengakui bahwa Makkah adalah hak milik bangsa Israel.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by santri on Tue Sep 11, 2012 8:16 pm

@jakajayagiri-2 wrote:
@santri wrote:42:20 Keempat sisinya diukur. Sekeliling lingkungan itu ada tembok:
panjangnya lima ratus hasta dan lebarnya lima ratus hasta, untuk
memisahkan yang kudus dari yang tidak kudus.
41:4 Ia mengukur panjang ruang dalam itu: dua puluh hasta, dan
lebarnya: dua puluh hasta sesuai dengan lebar ruang besar. Lalu ia
berkata kepadaku: "Inilah tempat maha kudus."[/color]
[/i]

41:44. "INILAH TEMPAT MAHA KUDUS" ayat ini merujuk pada TEMPAT yang suci bahkan TERSUCI karena disebut MAHA, dengan demikian tentulah TEMPAT itu pasti ada karena Tuhan menjamin akan kesuciannya, dimanakah itu?
Tempat Maha Kudus adalah salah satu ruangan di dalam keseluruhan Bait Suci. Hanya Imam Agung saja yg boleh memasukinya, pada waktu2 tertentu.

Logikanya ayat diatas mensinyalir sebuah bangunan dan didalamnya ada ruangan suci yang kt nya anda hanya para imam suci yang boleh masuk. Yang aku tanyakan Tempat/Lokasi Rumah yang Maha Kudus itu. Mestinya
yang dinamakan Rumah maha Kudus kan pasti Terjaga keutuhannya.


4:17 Maka kalau mereka hendak masuk dari pintu-pintu gerbang pelataran
dalam, mereka harus mengenakan pakaian lenan; mereka tidak boleh
memakai pakaian bulu domba waktu mereka bertugas di pintu-pintu gerbang
pelataran dalam atau waktu menyelenggarakan kebaktian dalam Bait Suci.
44:18 Mereka harus memakai destar lenan dan memakai celana lenan,
tetapi jangan memakai ikat pinggang yang menimbulkan keringat.
44:19 Dan waktu mereka keluar ke pelataran luar menjumpai umat TUHAN
itu, mereka harus menanggalkan pakaian mereka yang mereka pakai dalam
menyelenggarakan kebaktian dan menyimpannya dalam bilik-bilik kudus,
kemudian mengenakan pakaian yang lain, supaya umat itu jangan menjadi
kudus disebabkan kena kepada pakaian imam-imam itu.
44:20 Rambut mereka tidak boleh dicukur atau dibiarkan tumbuh panjang, melainkan harus dipotong pendek.
44:21 Imam-imam tidak boleh minum anggur, kalau mereka hendak masuk dalam pelataran dalam.


Jadi ayat yang ini hanya deskripsi dan bukan perintah Tuhan
? ingat Injil adalah firman Tuhan[/color]
Deskripsi untuk menggambarkan keharusan pakaian dan perilaku imam di dalam Bait Suci.
Bukan rukun haji.

Sekali lagi, jika ayat2 yg dikutip itu dianggap merujuk pada haji di makkah, maka konsekuensinya saudara2ku muslim harus mau mengakui bahwa Makkah adalah hak milik bangsa Israel.[/quote]

Ok lah kalau anda masih bersikukuh pada argumen anda.
Dari sekian ayat diatas jelas sekali menggambarkan proses ritual ibadah. Ayat 4:17 "masuk pintu-pintu" 44:48 lalu "harus menggunakan daster" 44:20 dilanjutkan dengan"
rambut harus dipotong pendek" dan jangan lupa ritual ini hanya dilakukan di Lembah Baka. Pertanyaan saya: Ritual apakan maksud dr bbrp ayat diatas?
avatar
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by jakajayagiri-2 on Fri Sep 14, 2012 8:06 pm

@santri wrote:Ok lah kalau anda masih bersikukuh pada argumen anda.
Dibantah saja kalau dianggap keliru. Krn saya bukan bersikukuh tanpa dasar, tapi menggunakan argumen

Dari sekian ayat diatas jelas sekali menggambarkan proses ritual ibadah.

Apakah saya mengatakan itu bukan soal ibadah? Jelas itu ibadah krn mendeskripsikan Bait Suci.
Tapi apakah setiap deskripsi ibadah selalu identik dgn penggambaran haji di Makkah, itu yg kita persoalkan.

Ayat 4:17 "masuk pintu-pintu" 44:48 lalu "harus menggunakan daster" 44:20 dilanjutkan dengan"rambut harus dipotong pendek" dan jangan lupa ritual ini hanya dilakukan di Lembah Baka. Pertanyaan saya: Ritual apakan maksud dr bbrp ayat diatas?
Saya tanya dah...sejak kapan ada ibadah haji pakai prosesi masuk pintu2?
Lagi pula, itu aturan untuk para imam, bukan untuk semua umat. Lihat dong satu ayat secara utuh, termasuk pula pelajari dgn lengkap bersama ayat2 lainnya. Anda malah cuma memotongnya jd penggalan kalimat saja.
Yeh 44:17 Maka kalau mereka hendak masuk dari pintu-pintu gerbang pelataran dalam, mereka harus mengenakan pakaian lenan; mereka tidak boleh memakai pakaian bulu domba waktu mereka bertugas di pintu-pintu gerbang pelataran dalam atau waktu menyelenggarakan kebaktian dalam Bait Suci.

"mereka" adalah para pelayan Tuhan. Para imam Bait Suci.

Saya tidak bersikukuh, cuma mau mengajak Anda berfikir logis. JIKA ayat2 itu dianggap mengindikasikan ibadah haji di Makkah, maka sejatinya Makkah adalah hak milik Israel.



jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by Uriel on Sun Sep 23, 2012 12:22 pm

setiap orang yang cuci tangan mau ibdah haji ya om santri??
lol

Uriel
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 415
Location : bandung
Join date : 01.07.12
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 24, 2012 4:19 pm

@Uriel wrote:setiap orang yang cuci tangan mau ibdah haji ya om santri??
lol

keknya gitu
orang sujud juga dikatakan solat kok
basi

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by keroncong on Tue Dec 11, 2012 10:29 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Uriel wrote:setiap orang yang cuci tangan mau ibdah haji ya om santri??
lol

keknya gitu
orang sujud juga dikatakan solat kok
basi

solatnya orang jaman dulu emang sujud doang...... ibarat software masih belum sempurna alias masih versi beta.....belum RTM.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by jakajayagiri-2 on Tue Dec 18, 2012 10:33 am

ichreza wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@Uriel wrote:setiap orang yang cuci tangan mau ibdah haji ya om santri??
lol

keknya gitu
orang sujud juga dikatakan solat kok
basi

solatnya orang jaman dulu emang sujud doang...... ibarat software masih belum sempurna alias masih versi beta.....belum RTM.
Sofware itu bikinan manusia. pantas jika berawal dr ketidaksempurnaan, ada kesalahan, ada penyempurnaan, perbaikan, dsb.
Tapi firman Tuhan selalu sempurna.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by frontline defender on Tue Dec 18, 2012 11:01 am

nandain referensi! nice info
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by jakajayagiri-2 on Sat Dec 22, 2012 9:44 am

Refresh

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Informasi Ibadah Haji Ada Di Dalam Injil?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik