FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

sabbath in quran

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

sabbath in quran

Post by chriztian_power on Thu Sep 13, 2012 6:31 pm

chriztian_power is back info
so, be carefull with me
l piss

umat muslim saat ini hanya mengetahui bahwa hari sabat adalah hari yg disucikan umat israel tanpa mengetahui bahwa dalam quran terdapat perintah2 mengenai sabat..

[4:154] Dan telah Kami angkat ke atas (kepala) mereka bukit Thursina untuk (menerima) perjanjian (yang telah Kami ambil dari) mereka. Dan kami perintahkan kepada mereka : "Masuklah pintu gerbang itu sambil bersujud", dan Kami perintahkan (pula) kepada mereka : "Janganlah kamu melanggar peraturan mengenai hari Sabtu", dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang kokoh.
[2:65] Dan sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar diantaramu pada hari Sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka: "Jadilah kamu kera yang hina".


tapi mungkin umat muslim akan berkata:"tapi kan meskipun tertulis di alquran, itu hanyalah perintah untuk umat israel,bukan untuk umat muslim"

[48:23] Sebagai suatu sunnatullah yang telah berlaku sejak dahulu, kamu sekali-kali tiada akan menemukan perubahan bagi sunnatullah itu.

[16:123,124] Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan, Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu atas orang-orang yang berselisih padanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu.


ayat di atas adalah wahyu yg di turunkan kpd muhammad bukan? dalam wahyu tersebut menyuruh mengikuti agama ibrahim;dan agama ibrahim "menghormati" hari sabat sebagaai hari ciptaan tuhan....

jangan lupakan juga [2:66] dalam ayat yg ke 65 mungkin tidak begitu jelas apakah perintah mengenai sabat di tujukan kpd semua atau hanya kpd yahudi.
[2:65] Dan sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar diantaramu pada hari Sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka: "Jadilah kamu kera yang hina".
[2:66] Maka Kami jadikan yang demikian itu peringatan bagi orang-orang dimasa itu, dan bagi mereka yang datang kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa
perhatikan yg digaris bawahi, orang2 di masa itu dapat di simpulkan adalah umat yahudi, yang datang kemudian adalah kri8sten dan yg bertaqwah..siapa ayo yg di kamsud orang2 bertaqwah?jika kalian(muslim) mau di sebut bertakwa, hormatilah hari sabat :D
dalam catatan kaki alquran bahasa indonesia, menghormati sabat adalah"memperbanyak ibadat dan amal2 yg saleh serta meniggalkan pekerjaan sehari2'

[5:68] Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan Al Qur'an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu". Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu.


Terakhir diubah oleh chriztian_power tanggal Thu Sep 13, 2012 6:51 pm, total 2 kali diubah
avatar
chriztian_power
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 173
Kepercayaan : Advent
Location : standing in the dark
Join date : 20.03.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by chriztian_power on Thu Sep 13, 2012 6:36 pm

sorry mod, sepertinya gw salah kamar nih khawatir
tolong di pindahkan di sub forum islam dong piss
avatar
chriztian_power
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 173
Kepercayaan : Advent
Location : standing in the dark
Join date : 20.03.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by santri on Thu Sep 13, 2012 6:58 pm

chriztian_power wrote:
chriztian_power is back
so, be carefull with me
l
umat muslim saat ini hanya mengetahui bahwa hari sabat adalah hari yg disucikan umat israel tanpa mengetahui bahwa dalam quran terdapat perintah2 mengenai sabat..

[4:154] Dan telah Kami angkat ke atas (kepala) mereka bukit Thursina untuk (menerima) perjanjian (yang telah Kami ambil dari) mereka. Dan kami perintahkan kepada mereka : "Masuklah pintu gerbang itu sambil bersujud", dan Kami perintahkan (pula) kepada mereka : "Janganlah kamu melanggar peraturan mengenai hari Sabtu", dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang kokoh.
[2:65] Dan sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar diantaramu pada hari Sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka: "Jadilah kamu kera yang hina".


tapi mungkin umat muslim akan berkata:"tapi kan meskipun tertulis di alquran, itu hanyalah perintah untuk umat israel,bukan untuk umat muslim"

[48:23] Sebagai suatu sunnatullah yang telah berlaku sejak dahulu, kamu sekali-kali tiada akan menemukan perubahan bagi sunnatullah itu.

[16:123,124] Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan, Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu atas orang-orang yang berselisih padanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu.


ayat di atas adalah wahyu yg di turunkan kpd muhammad bukan? dalam wahyu tersebut menyuruh mengikuti agama ibrahim;dan agama ibrahim "menghormati" hari sabat sebagaai hari ciptaan tuhan....

jangan lupakan juga [2:66] dalam ayat yg ke 65 mungkin tidak begitu jelas apakah perintah mengenai sabat di tujukan kpd semua atau hanya kpd yahudi.
[2:65] Dan sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar diantaramu pada hari Sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka: "Jadilah kamu kera yang hina".
[2:66] Maka Kami jadikan yang demikian itu peringatan bagi orang-orang dimasa itu, dan bagi mereka yang datang kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa
perhatikan yg digaris bawahi, orang2 di masa itu dapat di simpulkan adalah umat yahudi, yang datang kemudian adalah kri8sten dan yg bertaqwah..siapa ayo yg di kamsud orang2 bertaqwah?jika kalian(muslim) mau di sebut bertakwa, hormatilah hari sabat :D
dalam catatan kaki alquran bahasa indonesia, menghormati sabat adalah"memperbanyak ibadat dan amal2 yg saleh serta meniggalkan pekerjaan sehari2'

[5:68] Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan Al Qur'an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu". Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu.

Apakah kamu mengkuduskan hari sabat ?
avatar
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by chriztian_power on Thu Sep 13, 2012 7:08 pm

yap, i'm se7en day adventist
avatar
chriztian_power
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 173
Kepercayaan : Advent
Location : standing in the dark
Join date : 20.03.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by abu hanan on Thu Sep 13, 2012 7:20 pm

@cp
Warung uda dipindah

Selanjutnyah...
Al quran gak perintahkan ibrahim men-spesialkan sabbat.

Ibrahim adalah hanif..ntar anda beritau muslim..hanif versi quran tuh gmn,bisa?

Versi taurat jg boleh dipaparkan apa itu hanif.


setelah itu..sayah persilahkeun sodara2 sayah merespon ts dlm koridor sehat.

Sodara2...
Sanggup bebas cacian/ad hominem?



PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by chriztian_power on Thu Sep 13, 2012 7:39 pm

abu hanan wrote:@cp
Warung uda dipindah

Selanjutnyah...
Al quran gak perintahkan ibrahim men-spesialkan sabbat.

Ibrahim adalah hanif..ntar anda beritau muslim..hanif versi quran tuh gmn,bisa?

Versi taurat jg boleh dipaparkan apa itu hanif.


setelah itu..sayah persilahkeun sodara2 sayah merespon ts dlm koridor sehat.

Sodara2...
Sanggup bebas cacian/ad hominem?

thx.....
yap,alquran memang nggak memerintahkan ibrahim menspesialkan sabat, knp ? wqwqwq karena alquran datang nya pas saman Muhammad bukan zaman ibrahim
ketawa guling kidding
oke,sebelum lanjut ke "apa itu hanif",melalui ayat ini dapat di ketahui kalau ibrahim yg seorang hanif menspesialkan sabat.
[16:123,124] Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan, Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu atas orang-orang yang berselisih padanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu.
avatar
chriztian_power
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 173
Kepercayaan : Advent
Location : standing in the dark
Join date : 20.03.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by abu hanan on Thu Sep 13, 2012 8:15 pm

@cp

Lha apa ayat itu mengisahkan ibrahim men-spesialkan sabbath?dibagian/frase kata apa?

Ciri" hanif dr ayat diatas; tidak memvisualkan tuhan.

Dr ciri diatas,apakah ibrahim memvisualkan tuhan?


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by santri on Thu Sep 13, 2012 8:51 pm

Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun
hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan Al Qur'an yang
diturunkan kepadamu dari Tuhanmu". Sesungguhnya apa yang diturunkan
kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan
kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih
hati terhadap orang-orang yang kafir itu.
(Al Maidah 5:68)

Keterangan :

Pada ayat ini Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad saw. supaya
mengatakan kepada Ahli Kitab bahwa mereka itu tidak dapat dipandang
sebagai orang yang beragama selagi mereka tidak menegakkan ajaran-ajaran
Taurat, Injil dan ajaran-ajaran yang telah Allah turunkan kepada
Muhammad yaitu Alquran, karena kalau mereka menegakkan ajaran Taurat dan
Injil tentulah tidak ada golongan yang mereka musuhi dan mereka
laknati. Dan jika ada orang lain mengganggu tentulah mereka memberikan
maaf bahkan mereka akan memberikan pipi kirinya ketika dipukul orang
pada pipi kanannya.
Mereka akan meninggalkan kompetisi dalam
mempersiapkan senjata-senjata yang menghancurkan dunia demi untuk
keselamatan manusia di dunia. Untuk perdamaian itu tentulah mereka akan
mengeluarkan kekayaan mereka. Akan tetapi kenyataan bahwa tingkah laku
mereka adalah sebaliknya tidak menunjukkan bahwa mereka itu orang yang
berpegang kepada agama. Malahan kebanyakan mereka bertambah kedurhakaan
dan kekafiran terhadap sesuatu yang diturunkan Allah kepada Nabi
Muhammad yaitu Alquran selaku kitab penyempurnaan agama Allah. Hal itu
menggambarkan bahwa mereka tidak beriman sungguh-sungguh kepada Allah
dan tidak beriman sungguh-sungguh kepada rasul-rasul, tegasnya mereka
tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang baik yang dituntut oleh
Kitab-kitab mereka. Jadi kebanyakan mereka itu hanya berpegang kepada
adat-istiadat yang buruk dan kefanatikan, karenanya mereka tidak menolak
Alquran, secara sadar disebabkan mereka jauh dari ajaran agama mereka
yang sebenarnya, yaitu Allah itu satu. Agama sebelum Muhammad merupakan
permulaan dan agama yang dibawa Muhammad merupakan penyempurnaan. Oleh
karena mereka melihat Alquran dengan kacamata permusuhan dan
kefanatikan, bertambah-tambahlah kefanatikan dan kedurhakaan mereka.
Memang ulah golongan yang kecil dari mereka masih terdapat orang-orang
yang memelihara ajaran Tauhid yang cinta kepada kebenaran; mereka inilah
orang-orang yang memandang Alquran dengan kesadaran yang karenanya
mereka meyakini bahwa Alquran itu sebenarnya dari Tuhan mereka dan bahwa
Nabi yang Alquran diturunkan kepadanya adalah nabi yang terakhir yang
ada tertulis dalam kitab-kitab mereka sehingga mereka ini beriman kepada
Muhammad, seperti Abdullah bin Salam dan lain-lain dari ulama-ulama
Yahudi dan Najasyi dari kalangan Nasrani.
Selanjutnya pada akhir
ayat ini Allah melarang Nabi Muhammad berduka cita terhadap orang-orang
kafir yang tidak menyambut seruannya agar mereka beriman kepada Alquran.[ Tafsir dari Depag RI ]

Pembenar & Ujian
Al Qur'an juga diposisikan sebagai pembenar (mushaddiq) dan batu ujian/verifikator (muhaymin) terhadap kitab-kitab yang lain. Hal ini terdapat pada surah Al-Ma'idah ayat 48 yang artinya :

"Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur'an dengan membawa kebenaran,
membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan
sebelumnya) dan batu ujian * terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu.
Untuk tiap-tiap umat diantara kamu **, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu"

Keterangan :

* Maksudnya: Al Qur'an adalah ukuran untuk menentukan benar tidaknya
ayat-ayat yang diturunkan dalam kitab-kitab sebelumnya.
** Maksudnya: umat Nabi Muhammad dan
umat-umat yang sebelumnya.
avatar
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by mang odoy on Thu Sep 13, 2012 8:54 pm

Cuman mau bilang sama bro CP..

"WELL COME BACK BROTHER..!!!" piss

sok dilanjut aja dulu ngobrol sama simbah...ane ikut nyemak....


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by musicman on Thu Sep 13, 2012 10:14 pm

kangen
kemana aja kau CP?

saya nandain dulu ah, kl udah "gatel" baru "nyemplung"...

avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by mang odoy on Fri Sep 14, 2012 4:53 am

musicman wrote: kangen
kemana aja kau CP?

saya nandain dulu ah, kl udah "gatel" baru "nyemplung"...


biasaaa broo.....mendem dulu di Padepokan Cinta Kasih Yesus Sejati....berguru sama Romo Syaulus bin Nduss...wkwkwkwk

Nah...sekarang neehh...ceritanya TURUN GUNUNG...

let's wait n see.....how strong he is....!! usil

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by pakdhesam on Fri Sep 14, 2012 9:12 am

mkn perlu juga dibahas apa itu konsep 'agama samawi' krn akarnya masing2 saling klaim sumber yang sama yakni kepada nabi ibraham/abraham

avatar
pakdhesam
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 168
Kepercayaan : Islam
Location : gorontalo
Join date : 20.06.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by frontline defender on Fri Sep 14, 2012 10:59 am

chriztian_power wrote:16:124. Sesungguhnya diwajibkan hari Sabtu atas orang-orang yang berselisih padanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu.
"orang2 yang berselisih padanya" ---> umat Nabi Ibrahim!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by chriztian_power on Fri Sep 14, 2012 11:33 am

santri wrote:Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun
hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan Al Qur'an yang
diturunkan kepadamu dari Tuhanmu". Sesungguhnya apa yang diturunkan
kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan
kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih
hati terhadap orang-orang yang kafir itu.
(Al Maidah 5:68)

Keterangan :

Pada ayat ini Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad saw. supaya
mengatakan kepada Ahli Kitab bahwa mereka itu tidak dapat dipandang
sebagai orang yang beragama selagi mereka tidak menegakkan ajaran-ajaran
Taurat, Injil dan ajaran-ajaran yang telah Allah turunkan kepada
Muhammad yaitu Alquran, karena kalau mereka menegakkan ajaran Taurat dan
Injil tentulah tidak ada golongan yang mereka musuhi dan mereka
laknati. Dan jika ada orang lain mengganggu tentulah mereka memberikan
maaf bahkan mereka akan memberikan pipi kirinya ketika dipukul orang
pada pipi kanannya.
Mereka akan meninggalkan kompetisi dalam
mempersiapkan senjata-senjata yang menghancurkan dunia demi untuk
keselamatan manusia di dunia. Untuk perdamaian itu tentulah mereka akan
mengeluarkan kekayaan mereka. Akan tetapi kenyataan bahwa tingkah laku
mereka adalah sebaliknya tidak menunjukkan bahwa mereka itu orang yang
berpegang kepada agama. Malahan kebanyakan mereka bertambah kedurhakaan
dan kekafiran terhadap sesuatu yang diturunkan Allah kepada Nabi
Muhammad yaitu Alquran selaku kitab penyempurnaan agama Allah. Hal itu
menggambarkan bahwa mereka tidak beriman sungguh-sungguh kepada Allah
dan tidak beriman sungguh-sungguh kepada rasul-rasul, tegasnya mereka
tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang baik yang dituntut oleh
Kitab-kitab mereka. Jadi kebanyakan mereka itu hanya berpegang kepada
adat-istiadat yang buruk dan kefanatikan, karenanya mereka tidak menolak
Alquran, secara sadar disebabkan mereka jauh dari ajaran agama mereka
yang sebenarnya, yaitu Allah itu satu. Agama sebelum Muhammad merupakan
permulaan dan agama yang dibawa Muhammad merupakan penyempurnaan. Oleh
karena mereka melihat Alquran dengan kacamata permusuhan dan
kefanatikan, bertambah-tambahlah kefanatikan dan kedurhakaan mereka.
Memang ulah golongan yang kecil dari mereka masih terdapat orang-orang
yang memelihara ajaran Tauhid yang cinta kepada kebenaran; mereka inilah
orang-orang yang memandang Alquran dengan kesadaran yang karenanya
mereka meyakini bahwa Alquran itu sebenarnya dari Tuhan mereka dan bahwa
Nabi yang Alquran diturunkan kepadanya adalah nabi yang terakhir yang
ada tertulis dalam kitab-kitab mereka sehingga mereka ini beriman kepada
Muhammad, seperti Abdullah bin Salam dan lain-lain dari ulama-ulama
Yahudi dan Najasyi dari kalangan Nasrani.
Selanjutnya pada akhir
ayat ini Allah melarang Nabi Muhammad berduka cita terhadap orang-orang
kafir yang tidak menyambut seruannya agar mereka beriman kepada Alquran.[ Tafsir dari Depag RI ]

Pembenar & Ujian
Al Qur'an juga diposisikan sebagai pembenar (mushaddiq) dan batu ujian/verifikator (muhaymin) terhadap kitab-kitab yang lain. Hal ini terdapat pada surah Al-Ma'idah ayat 48 yang artinya :

"Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur'an dengan membawa kebenaran,
membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan
sebelumnya) dan batu ujian * terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu.
Untuk tiap-tiap umat diantara kamu **, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu"

Keterangan :

* Maksudnya: Al Qur'an adalah ukuran untuk menentukan benar tidaknya
ayat-ayat yang diturunkan dalam kitab-kitab sebelumnya.
** Maksudnya: umat Nabi Muhammad dan
umat-umat yang sebelumnya.
terima kasih karena sudah berpartisipasi, gw mohon maaf karena gw nggak akan membahas panjang lebar mengenai ayat ini, karena ayat ini akan gw buat topik topik tersendiri, mungkin minggu depan..
kita bisa berdiskusi mengenai ayat2 yg lain dalam topik ini piss
abu hanan wrote:@cp

Lha apa ayat itu mengisahkan ibrahim men-spesialkan sabbath?dibagian/frase kata apa?
[16:123,124] Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan, Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu atas orang-orang yang berselisih padanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu.
ada hubungan apa"ikutilah agama ibrahim seorang yang hanif" dngn"Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu"???
yah intinya adalah agama ibrahim adalah agama yg menghormati hari sabtu.
avatar
chriztian_power
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 173
Kepercayaan : Advent
Location : standing in the dark
Join date : 20.03.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by frontline defender on Fri Sep 14, 2012 11:38 am

frontline defender wrote:
chriztian_power wrote:16:124. Sesungguhnya diwajibkan hari Sabtu atas orang-orang yang berselisih padanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu.
"orang2 yang berselisih padanya" ---> umat Nabi Ibrahim!
sedangkan yang sekarang berlaku adalah :
62:9. Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by chriztian_power on Fri Sep 14, 2012 11:47 am

umat islam pertama berjumat pada tanggal 12 rabi'ul awal tahun 1 hijriah tepat nya pada jumat 24 september 622M untuk memperingati kebesaran allah yg menyertai muhammad dari kepungan orang2 quraisi, maka untuk menyambut muhammad dan untuk memperingati kebesaran allah yg senantiasa melindungi muhammad, maka di adakan lah ibadah syukuran sekaligus penyambutan kpd muhammad oleh orang2 di mesjid quba.

ayat an nahl di atas muncul sesudah tanggal 24 sept 622M,membuktikan allah tidak membatalkan "menghormati hari sabbath" sesudah ada jum'atan
avatar
chriztian_power
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 173
Kepercayaan : Advent
Location : standing in the dark
Join date : 20.03.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by chriztian_power on Fri Sep 14, 2012 11:59 am

mang odoy wrote:Cuman mau bilang sama bro CP..

"WELL COME BACK BROTHER..!!!" piss

sok dilanjut aja dulu ngobrol sama simbah...ane ikut nyemak....

kangen
kemana aja kau CP?

saya nandain dulu ah, kl udah "gatel" baru "nyemplung"...
ketiwi
binar

nggak kemana2 kok......
frontline defender wrote:
frontline defender wrote:
chriztian_power wrote:16:124. Sesungguhnya diwajibkan hari Sabtu atas orang-orang yang berselisih padanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu.
"orang2 yang berselisih padanya" ---> umat Nabi Ibrahim!
sedangkan yang sekarang berlaku adalah :
62:9. Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
umat islam pertama berjumat pada tanggal 12 rabi'ul awal tahun 1 hijriah tepat nya pada jumat 24 september 622M untuk memperingati kebesaran allah yg menyertai muhammad dari kepungan orang2 quraisi, maka untuk menyambut muhammad dan untuk memperingati kebesaran allah yg senantiasa melindungi muhammad, maka di adakan lah ibadah syukuran sekaligus penyambutan kpd muhammad oleh orang2 di mesjid quba.
ayat an nahl di atas muncul sesudah tanggal 24 sept 622M,membuktikan allah tidak membatalkan "menghormati hari sabbath" sesudah ada jum'atan
kamu mungkin lupa dengan ayat ini
[48:23] Sebagai suatu sunnatullah yang telah berlaku sejak dahulu, kamu sekali-kali tiada akan menemukan perubahan bagi sunnatullah itu.
avatar
chriztian_power
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 173
Kepercayaan : Advent
Location : standing in the dark
Join date : 20.03.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by musicman on Fri Sep 14, 2012 1:42 pm

Kalau ngga dilengkapi yah ayatnya jadi blekutek dan kacau balau. saya lengkapi tuh...

وَلَوْ قَاتَلَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوَلَّوُا الْأَدْبَارَ ثُمَّ لَا يَجِدُونَ وَلِيًّا وَلَا نَصِيرًا
48.22. Dan sekiranya orang-orang kafir itu memerangi kamu pastilah mereka berbalik melarikan diri ke belakang (kalah) kemudian mereka tiada memperoleh pelindung dan tidak (pula) penolong.

سُنَّةَ اللَّهِ الَّتِي قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلُ ۖ وَلَنْ تَجِدَ لِسُنَّةِ اللَّهِ تَبْدِيلًا

48.23. Sebagai suatu sunnatullah yang telah berlaku sejak dahulu, kamu sekali-kali tiada akan menemukan perubahan bagi sunnatullah itu.

saya lempar yg ringan dulu yah bung CP..silahkeen
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by abu hanan on Fri Sep 14, 2012 2:10 pm

chriztian_power wrote:
[16:123,124] Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan, Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu atas orang-orang yang berselisih padanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu.

ada hubungan apa"ikutilah agama ibrahim seorang yang hanif" dngn"Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu"???
yah intinya adalah agama ibrahim adalah agama yg menghormati hari sabtu.
Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif"dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan....

Hanif = gak menyekutukan tuhan.

Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu atas orang-orang yang berselisih padanya.

Gak ada frasa seperti “diwajibkan padamu menghormati Sabbath”…..

Kalow Sabbath wajib dihormati oleh muslim maka anda bisa perhatikan kalimat laen di al quran yg senada dalam konteks MENELADANI/MENIRU umat terdahulu ;
Diwajibkan bagi kamu berpuasa seperti orang terdahulu

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu (al baqarah 183)

sholat seperti orang terdahulu.

Dia memerintahkan kepadaku shalat dan zakat selama aku hidup. (QS. Maryam: 31)

Nah jika Ibrahim memang men-spesialkan Sabbath maka kalimat yg menunjukkan ke arah situ (sabbath spesial buat ibrahim) gak ada di al quran,kamsutnyah sayah muslim tidak diperintahkan khusus men-spesialkan sabbath.

إنما جعل السبت على الذين اختلفوا فيه وإن ربك ليحكم بينهم يوم القيامة فيما كانوا فيه يختلفون

Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu atas orang-orang yang berselisih padanya.

Siapakah yg berselisih tentang hari Sabbath?muslim?

Karena uda tertanam “al quran adalah dari lisan Muhammad”…maka sayah bawa pandangan non muslim/bible kemari ;

bagi bangsa Israel / orang Yahudi hari pertama adalah hari Minggu, hari kedua adalah hari Senin, dst., sehingga bagi mereka hari ketujuh adalah hari Sabtu. Jadi, hari Sabat sebetulnya (pada jaman Perjanjian Lama) adalah hari Sabtu.

Sabat Kristen berbeda harinya dengan Sabat Yahudi. Bagi orang Kristen, hari Sabat berubah dari Sabtu menjadi Minggu.
http://www.golgothaministry.org/artikel/pengajaran_10hukum04.htm

Yahudi dan kresten memiliki akar yg samah,taurat.namun berbeda menetapkan Sabbath.
Bukankah itu yg orang-orang yang berselisih padanya (tentang Sabbath)??

Kel 31/13
Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.

Apakah Israel konsisten memelihara Sabbath?gak.bukti........

Yehezkiel 20/13
Tetapi kaum Israel memberontak terhadap Aku di padang gurun; mereka tidak hidup menurut ketetapan-ketetapan-Ku dan mereka menolak peraturan-peraturan-Ku, yang, kalau manusia melakukannya, ia akan hidup. Mereka juga melanggar kekudusan hari-hari Sabat-Ku dengan sangat


lantas apa kata sejarah?

150AD JUSTIN: Moreover, all those righteous men already mentioned [after mentioning Adam. Abel, Enoch, Lot, Noah, Melchizedek, and Abraham], though they kept no Sabbaths , were pleasing to God; and after them Abraham with all his descendants until Moses...

And you [fleshly Jews] were commanded to keep Sabbaths, that you might retain the memorial of God. For His word makes this announcement, saying, "That you may know that I am God who redeemed you." (Dialogue With Trypho the Jew, 150-165 AD, Ante-Nicene Fathers , vol. 1, page 204)


Terjemah by gugel…

150 AD JUSTIN: Selain itu, semua orang benar telah disebutkan [setelah menyebutkan Adam. Habel, Henokh, Lot, Nuh, Melkisedek, dan Abraham], meskipun mereka terus tidak ada hari Sabat, yang berkenan kepada Allah, dan setelah mereka Abraham dengan semua keturunannya sampai Musa ...

Dan Anda [kedagingan Yahudi] diperintahkan untuk menjaga hari Sabat, bahwa Anda mungkin mempertahankan peringatan Allah. Untuk firman-Nya membuat pengumuman ini, mengatakan, "Bahwa Anda mungkin mengetahui bahwa Akulah Tuhan yang menebus engkau." (Dialog Dengan Trypho orang Yahudi, 150-165 AD, Ante-Nicene Fathers, vol. 1, halaman 204)

Ibrahim tidak pernah diperintahkan men-spesialkan Sabbath..

apa hubungan ibrahim yg hanif dan sabbath?
cepe wrote:
[16:123,124] Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan, Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu atas orang-orang yang berselisih padanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu.

ayat di atas adalah wahyu yg di turunkan kpd muhammad bukan? dalam wahyu tersebut menyuruh mengikuti agama ibrahim;dan agama ibrahim "menghormati" hari sabat sebagaai hari ciptaan tuhan....

diatas sayah uda buktikan kalow ;
1. ibrahim GAK MENGENAL SABBATH.
baik dari al quran maupun bibel..kecuali ada yg terlewat oleh sayah.

2.agama ibrahim yg hanif adalah TIDAK MENYEKUTUKAN tuhan.
menyekutukan ; menyerikatkan Allah SWT dengan sesuatu baik dalam keyakinan maupun dalam ibadah.
utk yg point 2,penjelasan ada di http://www.laskarislam.com/t3634-al-baqarah-120yahudi-benci-muslim#36642

Konsep ketuhanan Yahudi;

Kej 2/2
tuhan menyelesaikan pekerjaan yang dia kerjakan pada hari ketujuh. Kemudian dia beristirahat pada hari ketujuh dari seluruh pekerjaan yang dia kerjakan.”

Satu ayat diatas menjadi bukti bahwa Yahudi menyamakan persepsi/menyerupakan tuhan dengan makhluk.

Kel 32/1
maka berkumpullah mereka mengerumuni Harun dan berkata kepadanya: "Mari, buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami....."

satu ayat diatas menjadi bukti laen bahwa Yahudi membolehkan penyerupaan tuhan dengan makhluk.
konsep kresten?uda banyak dibahas di mana-mana.....dan gak jauh beda dengan yahudi,samah2 me-makhluk-kan tuhan.

adakah ibrahim me-makhluk-kan tuhan?


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by mang odoy on Sat Sep 15, 2012 5:02 am

@CP

majuuu terusss ceeppp......!!!! usil

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by pendekar.rajawali on Sat Sep 15, 2012 5:32 am

tidur up
avatar
pendekar.rajawali
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 229
Location : Indonesia Raya
Join date : 18.01.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by yakobus on Sat Sep 15, 2012 7:27 am

abu hanan wrote:menyekutukan ; menyerikatkan Allah SWT dengan sesuatu baik dalam keyakinan maupun dalam ibadah.

Bagaimana anda menjelaskan pak?Sedangkan menyekutukan menurut http://www.artikata.com/arti-349592-sekutu.html

me·nye·ku·tu·kan v menjadikan sekutu; menganggap sbg sekutu atau sbg bersekutu;


Anda memaksakan diri dengan menjadikan sama antara menyekutukan dengan me-makhluk-kan.
Jika saya menggunakan logika anda,menurut saya arti me-makhluk-kan adalah menjadikan sebagai makhluk.Padahal ayat Alkitab yang anda cantumkan sangat jauh dari logika anda.

Shalom

yakobus
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 118
Kepercayaan : Katolik
Location : Samaria
Join date : 07.06.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by chriztian_power on Mon Sep 17, 2012 2:44 pm

Yahudi dan kresten memiliki akar yg samah,taurat.namun berbeda menetapkan Sabbath.
Bukankah itu yg orang-orang yang berselisih padanya (tentang Sabbath)??
hehehe, sebenarnya konsep sabat dalam kristen sama seperti yg di dalam taurat, yaitu hari ke 7.saat ini mayoritas kristen beribadah hari minggu bukan karena merasa sabat sudah berpindah dari hari ke 7 ke hari pertama.
Konsep ketuhanan Yahudi;

Kej 2/2
tuhan menyelesaikan pekerjaan yang dia kerjakan pada hari ketujuh. Kemudian dia beristirahat pada hari ketujuh dari seluruh pekerjaan yang dia kerjakan.”

Satu ayat diatas menjadi bukti bahwa Yahudi menyamakan persepsi/menyerupakan tuhan dengan makhluk.

Kel 32/1
maka berkumpullah mereka mengerumuni Harun dan berkata kepadanya: "Mari, buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami....."
arti sabat adalaah "hari perhentian" di saat mana manusia diminta khusus mengingat allah yg adalah pencipta alam semesta dalam enam masa.
kej 2,.al araaf :54.
sebagai allah yg maha kuasa, allah semestiya mampu menciptakan dunia dengan sekali mengucap "kun faya kun" al baqarah :117
tapi allah mempunyai rencana lain, dia ingin umat nya mengingat penciptaan yg alllah telah lakukan;ali imran:191 kel 20:8-11.

soal orang israel yg membuat patung lembu emas, mereka membuat ilah lain yg di anggap dapat menggantikan allah, bukan menyerupakan allah yg di sembah musa ke dalam bentuk lembu.

avatar
chriztian_power
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 173
Kepercayaan : Advent
Location : standing in the dark
Join date : 20.03.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by abu hanan on Thu Sep 20, 2012 10:47 am

ce pe wrote:hehehe, sebenarnya konsep sabat dalam kristen sama seperti yg di dalam taurat, yaitu hari ke 7.saat ini mayoritas kristen beribadah hari minggu bukan karena merasa sabat sudah berpindah dari hari ke 7 ke hari pertama.
lalu karena apa?
cp wrote:arti sabat adalaah "hari perhentian" di saat mana manusia diminta khusus mengingat allah yg adalah pencipta alam semesta dalam enam masa.
kej 2,.al araaf :54.
sebagai allah yg maha kuasa, allah semestiya mampu menciptakan dunia dengan sekali mengucap "kun faya kun" al baqarah :117
tapi allah mempunyai rencana lain, dia ingin umat nya mengingat penciptaan yg alllah telah lakukan;ali imran:191 kel 20:8-11.
Wadow campursari….islam gak mengenal HARI BERHENTI bagi tuhan.yg bilang berhenti bekerja tuh kan bible di Sabbath….

Kel 32/1
maka berkumpullah mereka mengerumuni Harun dan berkata kepadanya: "Mari, buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami....."

cp wrote:soal orang israel yg membuat patung lembu emas, mereka membuat ilah lain yg di anggap dapat menggantikan allah, bukan menyerupakan allah yg di sembah musa ke dalam bentuk lembu.
Artinyah bagi Israel SANGAT MUDAH mengganti tuhan/sesembahan…kalow gak sesuai selera yah ganti deh…kalow tuhan = benda yg memang mudah dibongkar pasang yah sama juga idem.me-makhluk-kan tuhan..


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by JalanCahaya on Thu Sep 20, 2012 12:12 pm

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bismillaahirrahmanirahiim

Sebelumnya sy minta maaf kepada netters muslim yg lebih khaffah ilmunya atas kelancangan sy dlm memberikan saran kepada pembuat thread ini.Sudilah kiranya utk menegur sy apabila pada saran ini tdpt kesalahan.

Saran buat pembuat thread. Coba belajar dulu cara membaca Al-Qur'an. Bacalah 1 ruku'.

Utk ayat2 Al-Qur'an yang mas paparkan sy kasih 1 ruku' masing2 ayat2 yg dipaparkan. Mohon dibaca terlebih dahulu ya nanti :

Utk QS 4:154 maka ruku'nya ialah QS 4:153-162
Utk QS 2:65 maka ruku'nya ialah QS 2:62-71
Utk QS 48:23 maka ruku'nya ialah QS 48:18-26
Utk QS 16:123,124 maka ruku'nya ialah QS 16:120-127
Utk QS 5:68 maka ruku'nya ialah QS 5:67-77

Ya Allah semoga yang hamba jelaskan pada forum ini dapat menjadi ilmu & petunjuk bagi kami smua. Sesungguhnya semua didunia ini adalah milikMu semata. Hamba hanyalah seorang musafir yg melakukan perjalanan didunia ini menuju akhirat, untuk menghadap kepadaMu. Semoga kelak hamba Engkau selamatkan dari azab Neraka.

Walaikumsalam Wr. Wb.

JalanCahaya
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Posts : 11
Location : Jakarta
Join date : 19.09.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: sabbath in quran

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik