FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Halaman 2 dari 12 Previous  1, 2, 3, ... 10, 11, 12  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by santri on Wed Sep 19, 2012 4:57 pm

First topic message reminder :

Sudah kita ketahui bersama dalam menyampaikan misinya ajarannya Yesus bersentuhan dan bercampur-aduk dgn Paganisme dan filsafat Yunani sehingga risalah Yesus mengalami metamorfose menjadi Kristen sekarang ini.

Sehingga jauh setelah sepeninggal Yesus, Para Rasul merangkum Firman-firman Tuhan menurut pengarang para Rasul masing-masing. Sehingga terjadi kesimpangsiuran dan pertentangan di antara ke empat injil tersebut.
Dalam beberapa ayat justru ada Injil yang bukan tulisan dari ke empat Rasul itu. Yuk kita simak :

Matius 4-23 : Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.
Matius 9-35 : Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.
Markus 1-14: Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah,
Markus 1-15 : kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!"
Lukas 8-1 : Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia

Pertanyaan saya :
1. Mana yang benar, Injil Yang sekarang apa Injil di ayat tsb ?
2. Kenapa harus ada empat injil sepeninggal Yesus?
3. Sekian dan terima kasih.

avatar
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down


Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Paradise OK on Tue Oct 28, 2014 5:55 pm

metheny wrote:Yang sangat aneh adalah bahasa yang digunakan dalam PB itu sendiri. Mengapa semuanya pake bahasa Greek, padahal Yesus sendiri tidak berbahasa Greek.

Bahasa yang digunakan dalam Alkitab, ada tiga bahasa asli : yakni bahasa Ibrani, bahasa Aram, dan bahasa Yunani.

Perjanjian Baru (PB) seluruhnya ditulis dalam bahasa Yunani, walaupun pada jaman PB didominasi oleh bahasa Ibrani Aramaik, sebagai gambaran singkatnya mengenai kedudukan ketiga bahasa itu pada zaman Yesus, seperti kita sering berbahasa daerah (betawi, sunda atau jawa) tetapi dalam penulisan tetap dengan bahasa Indonesia.

Bahwa inskripsi berbahasa Yunani pun ditemukan di daerah Iraq; Hal itu tidak mengherankan karena Aleksander Agung (336 - 323 sebelum Masehi) pernah menaklukkan kerajaan Persia, oleh karena itu banyak sekali kebudayaan terutama filsafat Yunani merasuk ke dalam peradaban Timur.

Adanya perluasan jajahan dan pengembangan kebudayaan yang dilakukan oleh Aleksander Agung, bahasa Yunani berakar kuat di daerah Timur Dekat dan wilayah Laut Tengah yaitu mulai abad ke-4 sebelum Masehi.

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by metheny on Wed Oct 29, 2014 8:22 am

Paradise OK wrote:
Bahasa yang digunakan dalam Alkitab, ada tiga bahasa asli : yakni bahasa Ibrani, bahasa Aram, dan bahasa Yunani.

Perjanjian Baru (PB) seluruhnya ditulis dalam bahasa Yunani, walaupun pada jaman PB didominasi oleh bahasa Ibrani Aramaik, sebagai gambaran singkatnya mengenai kedudukan ketiga bahasa itu pada zaman Yesus, seperti kita sering berbahasa daerah (betawi, sunda atau jawa) tetapi dalam penulisan tetap dengan bahasa Indonesia.

Bahwa inskripsi berbahasa Yunani pun ditemukan di daerah Iraq; Hal itu tidak mengherankan karena Aleksander Agung (336 - 323 sebelum Masehi) pernah menaklukkan kerajaan Persia, oleh karena itu banyak sekali kebudayaan terutama filsafat Yunani merasuk ke dalam peradaban Timur.

Adanya perluasan jajahan dan pengembangan kebudayaan yang dilakukan oleh Aleksander Agung, bahasa Yunani berakar kuat di daerah Timur Dekat dan wilayah Laut Tengah yaitu mulai abad ke-4 sebelum Masehi.
Itulah anehnya. Anda sendiri bilang bhw wilayah sekitar Yerusalem jaman Yesus didominasi oleh bahasa ibrani aramaik. Tetapi tidak satu pun PB ditulis dalam bahasa ibrani aramaik tersebut.

Logika "bahasa Indonesia vs bahasa jawa-sunda" jelas tidak cocok. Karena penggunaan bahasa daerah spt jawa-sunda dalam penulisan masih ada sampai skrg. Apalagi dibuktikan dengan adanya dead sea scrolls yang menggunakan bahasa ibrani, bukan bahasa greek.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Paradise OK on Wed Oct 29, 2014 9:54 am

sedikit ttg naskah/gulungan laut mati, beberapa naskah isinya adalah campuran; umpamanya Gua 4 memuat dokumen Bilangan (4Q Num.), yang naskahnya setengah jenis Samaria dan setengah lagi jenis LXX, dan satu naskah tangan Samuel (4Q Sam.). juga telah ditemukan juga beberapa serpihan LXX dalam Gua-gua Qumran dan beberapa karya sastra targum, terutama targum (=terjemahan) Kitab Ayub ke dalam bahasa Aram dari Gua 11. Ditemukan juga beberapa Kitab Apokrifa, termasuk Kitab Tobit (dalam bahasa Aram dan Ibrani), Yesus bin Sirakh (dalam bahasa Ibrani), dan Surat Yeremia (dalam bahasa Yunani), 1 Henokh (dalam bahasa Aram) dan Kitab Yobel (dalam bahasa Ibrani).


bagaimana dengan Perjanjian Baru umat Kristen, dalam bahasa apakah naskahnya ditulis? Untuk memahami hal itu ada baiknya kita melihat latar belakang bahasa yang dipergunakan di Palestina pada abad pertama dimana Perjanjian Baru ditulis.
sejak abad-5sM (zaman Ezra, Neh.8:9), bahasa Ibrani yang terdiri hanya huruf-huruf konsonan sudah tidak dimengerti oleh umumnya orang Yahudi, dan sebagai bahasa percakapan kemudian digantikan oleh bahasa Aram

Alexander (abad-4sM) raja Yunani yang menguasai kawasan dari Yunani, Asyur, Media, Babilonia, sampai Mesir, menyebabkan pengaruh helenisasi menguasai Palestina pula, lebih-lebih dibawah wangsa Ptolomeus dan Seleucus pada abad-3-1sM helenisasi khususnya bahasa makin tertanam di Palestina sehingga kitab Tenakh Ibrani diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani menjadi Septuaginta di Aleksandria (abad-3-2sM). Masa itu sebagian umat Yahudi sudah tidak lagi bisa berbicara bahasa Ibrani kecuali mereka yang menjadi ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci.

Bahasa Aram sebagai bahasa ibu diiringi bahasa Yunani koine digunakan oleh Yesus dan para Rasul dalam pemberitaan Injilnya, dan bukan Tenakh Ibrani melainkan Septuaginta Yunanilah yang digunakan oleh umat pada saat awal kekristenan. Sebagian besar kutipan Perjanjian Lama dalam Perjanjian Baru dikutip dari Septuaginta, sisanya dari berbagai naskah Ibrani.

Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Yunani, dibawah bayang-bayang Septuaginta yang menerjemahkan Yahweh/Adonai menjadi ‘Kurios’ dan El/Elohim/Eloah dengan ‘Theos.’ Bahasa Yunani yang populer adalah bahasa Yunani Koine (umum) dan bukan bahasa Yunani tinggi (Attic) yang digunakan dalam kesusasteraan Yunani klasik.

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by isaku on Wed Oct 29, 2014 12:29 pm

Paradise OK wrote:
Maksud saya 5SM masih berjarak 8abad dengan jaman Musa (13SM), mungkin angka 17 yang anda maksud 17SM adalah jaman Musa. Ok lah, tapi 17SM ke 5SM cuma 1200tahun, g cocok juga dengan angka 3000tahun anda.
yah pentesen … Perjanjian Lama ditulisnya pada abad ke 17 s/d 5 SM, lalu dibuat salinan2 selama > 3000 tahun. Tuhan nambah 2 gmana ?, Tuhan kami satu. Bedanya Tuhanmu dgn Tuhan kami, Tuhan kami bisa berinkarnasi jadi manusia sedangkan Tuhan-mu tdk tahu dmana/tdk berinkarnasi
Pak ok ini ndak ok banget deh nanggapin penjelasan orang lain :)
masa ditulis lagi 17 sd 5SM = >3000tahun.. hadeeeeh.

Jadi maksud anda tuhan berinkarnasi salah satunya jadi roh, begitu?

kok perihal? bukannya kabar baik yg dibawa Yesus?
Sama saja kan ?, kurang kerjaan ya ?
Beda pa'e, kalau perihal berarti bercerita ttg yesus, kalau dibawa berarti yesus membawa kabar itu/injil.

Pertanyaannya dari Pak TS, mana injil yang dibawa yesus itu?

Matius 9-35 : Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.
Markus 1-14: Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah,


Aslinya yang mana pak ok? semuanya variant kok mau dibanding sama yang asli yang tidak pernah ada? Yang benar itu variant john dibanding variant Peter dibanding variant romans.... tuh lihat variant-nya dipostingan Mang Odoy.
mo satu milyard variant sekalifun yang jadi rujukan naskah aseli TR/CT
TR dengan CT itu kan bertentangan, yang satu gigih bertahan walaupun kontradiksi, yang satu lagi tukang ubah, dan adanya konsep TR CT baru lahir abad ke 16-19, jauh hari sebelum TR CT lahir, variant2 yang sangat banyak sudah dicampakkan entah kemana piss

Maksud saya bagaimana mungkin suatu proses pencatatan yang tidak sempurna dan banyak variant dapat dikatakan masih asli?
Sama kan ? bgmana mungkin alkitab isinya masih aseli seumpama :pake acara bakar2 yg disengaja, dimakan hewan tanpa disengaja, yg ngafal wahyu dri tuhan keburu mati di medan perang, si penghafal ada yg ngaku2 lupa wahyu dri langit
klo ke Injil kan ada naskah alkitab tertua Textus Receptus & Critical Text sebagai rujukan
Itu sih ada jawabannya, pak ok kurang focus nih :)
Tertuanya abad berapa? abad 16?

informasi yang benar:
injil markus, penulisnya diduga markus, injil matius, penulisnya diduga matius dst... dst.
oh silahkan menduga2 tpi faktanya para penulis injil bisa dibuktikan dri sisi sejarah/arkeologi, seumpama ada prtanyaan yg sama, yg nulis quran siapa ya ?
Kok saya yang menduga :) Pak Ok baru tau emang? arkeologi apa yang membuktian kitab matius ditulis matius? emang rangka jasad matius ditemukan barengan buku catatannya???

Pengarang injil si A, B atau C hanya dugaan semata
There is a broad consensus that many of the books of the New Testament were not written by the people whose names are attached to them.
The Gospels were originally anonymous, and names were not ascribed to them until around 185 CE


Walaupun anda bilang 1juta aliran sepaham, yang diluar 1juta adalah berbeda paham.
yg 1 jeti tdk sefaham dgn trinitas brarti bukan Kristen, kan ?
Ok lah, walaupun semua kristen trinitas bukanlah penguat untuk mengatakan variant A yang asli, variant B tidak asli.

Alasan adanya konteks untuk beberapa kasus bisa diterima, walaupun konteksnya belum tentu bisa diterima.
Tapi perintah eksplisit tanpa kata kecuali berbunyi JANGAN MEMBUNUH seharusnya tidak perlu konteks apapun, harus dipahami sesuai bunyi perintahnya.

Ketika ada perintah lain berbunyi bunuhlah dengan aneka konteks, disitulah kontradiksi, jika tidak ingin disebut kejahilan.

Btw, terima kasih untuk penghargaannya :)
Klo melihat seolah2 ada kontradiksi dlm alkitab, penyelesaiannya sangat mudah : lihat konteks, konteks dan konteks. gk usah ngafal smpe puyeng 7 keliling tpi gk faham
itu bukan seolah2 kok, memang banyak kontadiksinya piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Paradise OK on Wed Oct 29, 2014 3:58 pm

Pak ok ini ndak ok banget deh nanggapin penjelasan orang lain :)
masa ditulis lagi 17 sd 5SM = >3000tahun.. hadeeeeh.

Jadi maksud anda tuhan berinkarnasi salah satunya jadi roh, begitu?
- era penulisannya PL pada abad ke 17 s/d 5 SM, setelah selesai ditulis dibuat salinan2 > 3000 thn, katakanlah 17 sM atau mau hitung dari 5 sM silahkan hitung sendiri >3000 thn jatuh abad ke brpa, utk hal sesederhana ini apa mesti diulang2 ?
- Allah itu Roh, Roh Kudus menjelma jadi manusia Yesus Kristus, apa yg dikenal dgn trinitas
Beda pa'e, kalau perihal berarti bercerita ttg yesus, kalau dibawa berarti yesus membawa kabar itu/injil.

Pertanyaannya dari Pak TS, mana injil yang dibawa yesus itu?

Matius 9-35 : Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.
Markus 1-14: Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah,
Kata Injil berasal dari kata "ευαγγελιον - euaggelion" (Yunani) artinya adalah kabar baik . Kata 'injil' merupakan Arabisasi untuk kata Yunani "ευαγγελιον - euaggelion" .

Sedangkan Kitab Injil adalah Kitab yang menuliskan tentang kabar baik.

Jadi jikalau Alkitab Perjanjian Baru menuliskan "memberitakan Injil" itu artinya "memberitakan Kabar Baik" (bukan sebagai nama Kitab) :

Matius 4:23
Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu

Markus 1:14
Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah

Lukas 4:43
Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus."


Jadi ketika Kitab Injil Matius menuliskan Yesus "memberitakan Injil" artinya Yesus "memberitakan Kabar Baik". Jikalau masih binggung anda boleh saja mengganti terjemahan diatas --> kata Injil diganti dengan kata "Kabar-Baik"

Sedangkan Kitab Injil, adalah menulis tentang kabar baik atau tepatnya 'kabar baik perihal Yesus. Istilah ini digunakan untuk menyebut ke-empat kitab awal dalam Alkitab Perjanjian Baru (Injil Kanonik : Matius, Markus, Lukas & Yohanes)

Disebut demikian karena ke-empatnya menceritakan 'Riwayat Hidup Yesus', khususnya 'ke-tiga kitab pertama (Matius, Markus & Lukas) menyorot kehidupan itu dari sudut pandangan yang sama karena itu disebut 'Injil Sinoptis' sedangkan kitab Yohanes melihatnya dari sudut berbeda yaitu sudut ke'Allah'an Yesus
TR dengan CT itu kan bertentangan, yang satu gigih bertahan walaupun kontradiksi, yang satu lagi tukang ubah, dan adanya konsep TR CT baru lahir abad ke 16-19, jauh hari sebelum TR CT lahir, variant2 yang sangat banyak sudah dicampakkan entah kemana
Textus Receptus (TR) berasal dari manuskrip sekitar abad ke-7 Masehi yaitu naskah Barat (Western-type text)
dan
naskah Westcott/Hort (WH) yang diteruskan oleh Nestle/K. Aland dan dikenal sebagai Revised Text berasal dari manuskrip sekitar abad ke-4 Masehi, dikenal sebagai naskah Aleksandria
Itu sih ada jawabannya, pak ok kurang focus nih :)
Tertuanya abad berapa? abad 16?
sda
Kok saya yang menduga :) Pak Ok baru tau emang? arkeologi apa yang membuktian kitab matius ditulis matius? emang rangka jasad matius ditemukan barengan buku catatannya???

Pengarang injil si A, B atau C hanya dugaan semata
There is a broad consensus that many of the books of the New Testament were not written by the people whose names are attached to them.
The Gospels were originally anonymous, and names were not ascribed to them until around 185 CE
Oooh ngandalin mr/mrs wiki ? saya tdk heran kalau informasi anda selevel mr/mrs wiki
Ok lah, walaupun semua kristen trinitas bukanlah penguat untuk mengatakan variant A yang asli, variant B tidak asli.
apa hubungannya variant a/b dgn konsep trinitas ?
itu bukan seolah2 kok, memang banyak kontadiksinya
sdh pernah menelaa alkitab brdasarkan konteks, konteks dan konteks ?





Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by metheny on Thu Oct 30, 2014 9:29 am

Paradise OK wrote:
sedikit ttg naskah/gulungan laut mati, beberapa naskah isinya adalah campuran; umpamanya Gua 4 memuat dokumen Bilangan (4Q Num.), yang naskahnya setengah jenis Samaria dan setengah lagi jenis LXX, dan satu naskah tangan Samuel (4Q Sam.). juga telah ditemukan juga beberapa serpihan LXX dalam Gua-gua Qumran dan beberapa karya sastra targum, terutama targum (=terjemahan) Kitab Ayub ke dalam bahasa Aram dari Gua 11. Ditemukan juga beberapa Kitab Apokrifa, termasuk Kitab Tobit (dalam bahasa Aram dan Ibrani), Yesus bin Sirakh (dalam bahasa Ibrani), dan Surat Yeremia (dalam bahasa Yunani), 1 Henokh (dalam bahasa Aram) dan Kitab Yobel (dalam bahasa Ibrani).
bagaimana dengan Perjanjian Baru umat Kristen, dalam bahasa apakah naskahnya ditulis? Untuk memahami hal itu ada baiknya kita melihat latar belakang bahasa yang dipergunakan di Palestina pada abad pertama dimana Perjanjian Baru ditulis.
sejak abad-5sM (zaman Ezra, Neh.8:9), bahasa Ibrani yang terdiri hanya huruf-huruf konsonan sudah tidak dimengerti oleh umumnya orang Yahudi, dan sebagai bahasa percakapan kemudian digantikan oleh bahasa Aram

Alexander (abad-4sM) raja Yunani yang menguasai kawasan dari Yunani, Asyur, Media, Babilonia, sampai Mesir, menyebabkan pengaruh helenisasi menguasai Palestina pula, lebih-lebih dibawah wangsa Ptolomeus dan Seleucus pada abad-3-1sM helenisasi khususnya bahasa makin tertanam di Palestina sehingga kitab Tenakh Ibrani diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani menjadi Septuaginta di Aleksandria (abad-3-2sM). Masa itu sebagian umat Yahudi sudah tidak lagi bisa berbicara bahasa Ibrani kecuali mereka yang menjadi ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci.

Bahasa Aram sebagai bahasa ibu diiringi bahasa Yunani koine digunakan oleh Yesus dan para Rasul dalam pemberitaan Injilnya, dan bukan Tenakh Ibrani melainkan Septuaginta Yunanilah yang digunakan oleh umat pada saat awal kekristenan. Sebagian besar kutipan Perjanjian Lama dalam Perjanjian Baru dikutip dari Septuaginta, sisanya dari berbagai naskah Ibrani.

Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Yunani, dibawah bayang-bayang Septuaginta yang menerjemahkan Yahweh/Adonai menjadi ‘Kurios’ dan El/Elohim/Eloah dengan ‘Theos.’ Bahasa Yunani yang populer adalah bahasa Yunani Koine (umum) dan bukan bahasa Yunani tinggi (Attic) yang digunakan dalam kesusasteraan Yunani klasik.
Setahu saya, Injil Markus memang ditulis dalam bahasa Greek karena ditujukan untuk orang-orang non Israel (gentile). Sementara Mathius dikatakan menulis Injil dalam bahasa ibrani krn memang ditujukan untuk orang-orang Israel di Yerusalem.

Ada dua pertanyaan yg muncul:
1. Dimanakah Injil matius yg berbahasa ibrani tersebut?
2. Benarkah orang-orang Israel di jaman Yesus TIDAK MAMPU lagi membaca dan menulis dalam bahasa Ibrani spt yg anda bilang?
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by isaku on Thu Oct 30, 2014 11:40 am

Paradise OK wrote:
Pak ok ini ndak ok banget deh nanggapin penjelasan orang lain :)
masa ditulis lagi 17 sd 5SM = >3000tahun.. hadeeeeh.

Jadi maksud anda tuhan berinkarnasi salah satunya jadi roh, begitu?
- era penulisannya PL pada abad ke 17 s/d 5 SM, setelah selesai ditulis dibuat salinan2 > 3000 thn, katakanlah 17 sM atau mau hitung dari 5 sM silahkan hitung sendiri >3000 thn jatuh abad ke brpa,  utk hal sesederhana ini apa mesti diulang2 ?
Kok pake katakanlah? yang pede dong, ada referensinya ndak tuh asal keluar angka 17 sama 5, kok pake 3000tahun segala tapi g jelas hitungannya. :)
- Allah itu Roh, Roh Kudus menjelma jadi manusia Yesus Kristus, apa yg dikenal dgn trinitas
Kalau allah itu roh, g perlu ditambahin lagi, misal Pak ok manusia, maka yang ada itu cuma 1sosok yaitu manusia yang bernama pak ok, masa jadi dwinitas pak ok dan manusia.

Kalau ada roh bernama allah berarti cuma 1, ok lah kalau yesus inkarnasi, berarti totalnya cuma 2. Kok bisa jadi 3 gitu lho???

Beda pa'e, kalau perihal berarti bercerita ttg yesus, kalau dibawa berarti yesus membawa kabar itu/injil.

Pertanyaannya dari Pak TS, mana injil yang dibawa yesus itu?

Matius 9-35 : Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.
Markus 1-14: Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah,
Kata Injil berasal dari kata "ευαγγελιον - euaggelion" (Yunani) artinya adalah kabar baik . Kata 'injil' merupakan Arabisasi untuk kata Yunani "ευαγγελιον - euaggelion" .

Sedangkan Kitab Injil adalah Kitab yang menuliskan tentang kabar baik.

Jadi jikalau Alkitab Perjanjian Baru menuliskan "memberitakan Injil" itu artinya "memberitakan Kabar Baik" (bukan sebagai nama Kitab) :

Matius 4:23
Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu

Markus 1:14
Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah

Lukas 4:43
Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus."


Jadi ketika Kitab Injil Matius menuliskan Yesus "memberitakan Injil" artinya Yesus "memberitakan Kabar Baik". Jikalau masih binggung anda boleh saja mengganti terjemahan diatas --> kata Injil diganti dengan kata "Kabar-Baik"

Sedangkan Kitab Injil, adalah menulis tentang kabar baik atau tepatnya 'kabar baik perihal Yesus. Istilah ini digunakan untuk menyebut ke-empat kitab awal dalam Alkitab Perjanjian Baru (Injil Kanonik : Matius, Markus, Lukas & Yohanes)

Disebut demikian karena ke-empatnya menceritakan 'Riwayat Hidup Yesus', khususnya 'ke-tiga kitab pertama (Matius, Markus & Lukas) menyorot kehidupan itu dari sudut pandangan yang sama karena itu disebut 'Injil Sinoptis' sedangkan kitab Yohanes melihatnya dari sudut berbeda yaitu sudut ke'Allah'an Yesus
Ya, itu cara ngeles yang umum, namun kebanyakan bible tidak menterjemahkan lagi kata "injil" tersebut, dari KJV sampai terjemahan indonesia pun demikan :)

23 And Jesus went about all Galilee, teaching in their synagogues, preaching the gospel of the kingdom, and healing all kinds of sickness and all kinds of disease among the people.

TR dengan CT itu kan bertentangan, yang satu gigih bertahan walaupun kontradiksi, yang satu lagi tukang ubah, dan adanya konsep TR CT baru lahir abad ke 16-19, jauh hari sebelum TR CT lahir, variant2 yang sangat banyak sudah dicampakkan entah kemana
Textus Receptus (TR) berasal dari manuskrip sekitar abad ke-7 Masehi yaitu naskah Barat (Western-type text)
dan
naskah Westcott/Hort (WH) yang diteruskan oleh Nestle/K. Aland dan dikenal sebagai Revised Text berasal dari manuskrip sekitar abad ke-4 Masehi, dikenal sebagai naskah Aleksandria
Itu sih ada jawabannya, pak ok kurang focus nih :)
Tertuanya abad berapa? abad 16?
sda
Artinya TR CT berusia muda dan belum lahir ketika banyak variant diputuskan untuk tidak digunakan.

Kok saya yang menduga :) Pak Ok baru tau emang? arkeologi apa yang membuktian kitab matius ditulis matius? emang rangka jasad matius ditemukan barengan buku catatannya???

Pengarang injil si A, B atau C hanya dugaan semata
There is a broad consensus that many of the books of the New Testament were not written by the people whose names are attached to them.
The Gospels were originally anonymous, and names were not ascribed to them until around 185 CE
Oooh ngandalin mr/mrs wiki ? saya tdk heran kalau informasi anda selevel mr/mrs wiki
Kalau pak ok andalannya apa? Kalau pak ok punya referensi dibawalah, masa khotbah gereja dijadikan andalan, setidaknya ada nama pengkhotbahnya, dia ngomong atas dasar apa, referensinya apa, begitu pak :)

Ok lah, walaupun semua kristen trinitas bukanlah penguat untuk mengatakan variant A yang asli, variant B tidak asli.
apa hubungannya  variant a/b dgn konsep trinitas ?
itu bukan seolah2 kok, memang banyak kontadiksinya
sdh pernah  menelaa alkitab brdasarkan konteks, konteks dan konteks ?
Beberapa sudah, kebanyakan sih konteksnya terkesan sangat dibuat2  piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Paradise OK on Thu Oct 30, 2014 8:41 pm

metheny wrote:
Paradise OK wrote:
sedikit ttg naskah/gulungan laut mati, beberapa naskah isinya adalah campuran; umpamanya Gua 4 memuat dokumen Bilangan (4Q Num.), yang naskahnya setengah jenis Samaria dan setengah lagi jenis LXX, dan satu naskah tangan Samuel (4Q Sam.). juga telah ditemukan juga beberapa serpihan LXX dalam Gua-gua Qumran dan beberapa karya sastra targum, terutama targum (=terjemahan) Kitab Ayub ke dalam bahasa Aram dari Gua 11. Ditemukan juga beberapa Kitab Apokrifa, termasuk Kitab Tobit (dalam bahasa Aram dan Ibrani), Yesus bin Sirakh (dalam bahasa Ibrani), dan Surat Yeremia (dalam bahasa Yunani), 1 Henokh (dalam bahasa Aram) dan Kitab Yobel (dalam bahasa Ibrani).
bagaimana dengan Perjanjian Baru umat Kristen, dalam bahasa apakah naskahnya ditulis? Untuk memahami hal itu ada baiknya kita melihat latar belakang bahasa yang dipergunakan di Palestina pada abad pertama dimana Perjanjian Baru ditulis.
sejak abad-5sM (zaman Ezra, Neh.8:9), bahasa Ibrani yang terdiri hanya huruf-huruf konsonan sudah tidak dimengerti oleh umumnya orang Yahudi, dan sebagai bahasa percakapan kemudian digantikan oleh bahasa Aram

Alexander (abad-4sM) raja Yunani yang menguasai kawasan dari Yunani, Asyur, Media, Babilonia, sampai Mesir, menyebabkan pengaruh helenisasi menguasai Palestina pula, lebih-lebih dibawah wangsa Ptolomeus dan Seleucus pada abad-3-1sM helenisasi khususnya bahasa makin tertanam di Palestina sehingga kitab Tenakh Ibrani diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani menjadi Septuaginta di Aleksandria (abad-3-2sM). Masa itu sebagian umat Yahudi sudah tidak lagi bisa berbicara bahasa Ibrani kecuali mereka yang menjadi ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci.

Bahasa Aram sebagai bahasa ibu diiringi bahasa Yunani koine digunakan oleh Yesus dan para Rasul dalam pemberitaan Injilnya, dan bukan Tenakh Ibrani melainkan Septuaginta Yunanilah yang digunakan oleh umat pada saat awal kekristenan. Sebagian besar kutipan Perjanjian Lama dalam Perjanjian Baru dikutip dari Septuaginta, sisanya dari berbagai naskah Ibrani.

Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Yunani, dibawah bayang-bayang Septuaginta yang menerjemahkan Yahweh/Adonai menjadi ‘Kurios’ dan El/Elohim/Eloah dengan ‘Theos.’ Bahasa Yunani yang populer adalah bahasa Yunani Koine (umum) dan bukan bahasa Yunani tinggi (Attic) yang digunakan dalam kesusasteraan Yunani klasik.
Setahu saya, Injil Markus memang ditulis dalam bahasa Greek karena ditujukan untuk orang-orang non Israel (gentile). Sementara Mathius dikatakan menulis Injil dalam bahasa ibrani krn memang ditujukan untuk orang-orang Israel di Yerusalem.

Ada dua pertanyaan yg muncul:
1. Dimanakah Injil matius yg berbahasa ibrani tersebut?
2. Benarkah orang-orang Israel di jaman Yesus TIDAK MAMPU lagi membaca dan menulis dalam bahasa Ibrani spt yg anda bilang?

1. naskah alkitab asli tulisan tangan (manuskrip) Perjanjian Baru ,  sdh tdk ada, yg ada hanyalah salinan2/copy dari naskah asli tulisan tangan (manuskrip). kononpun ada kitab suci jatoh dri langit didiktekan langsung oleh/dri Tuhan tdk bisa dibuktikan penulisnya siapa/kitabnya dmana. Klu mau cari salinan2/copy injil matius yg brbahasa ibrani banyak. Tetapi semua kitab injil, termasuk injil matius ditulis dalam bahasa Yunani

2. yg saya tulis seperti ini : pada masa itu sebagian umat Yahudi sudah tidak lagi bisa berbicara bahasa Ibrani kecuali mereka yang menjadi ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci. saya anggap anda bisa memahaminya. perlu diketahui,  pada masa pelayanan Yesus ada 4 bahasa yang dipakai :
1).  bahasa Ibrani merupakan bahasa liturgis
2).  bahasa Aram, digunakan oleh orang Yahudi lokal sebagai bahasa sehari-hari
3). bahasa Yunani, digunakan oleh orang Yahudi pendatang sebagai bahasa pergaulan di Timur Dekat; pada umumnya Yahudi pendatang berbahasa Yunani ini mengunjungi Yerusalem dalam rangka transaksi bisnis dan ziarah ke Bait Allah; dan
4).  bahasa Latin, bahasa kaum penjajah yang digunakan oleh orang-orang Romawi yang menjajah Israel sejak tahun 63 sebelum Masehi.


Terakhir diubah oleh Paradise OK tanggal Thu Oct 30, 2014 11:01 pm, total 1 kali diubah

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Paradise OK on Thu Oct 30, 2014 10:59 pm

isaku wrote:Maksud saya 5SM masih berjarak 8abad dengan jaman Musa (13SM), mungkin angka 17 yang anda maksud 17SM adalah jaman Musa. Ok lah, tapi 17SM ke 5SM cuma 1200tahun, g cocok juga dengan angka 3000tahun anda.
yah pentesen … Perjanjian Lama ditulisnya pada abad ke 17 s/d 5 SM, lalu dibuat salinan2 selama > 3000 tahun. Tuhan nambah 2 gmana ?, Tuhan kami satu. Bedanya Tuhanmu dgn Tuhan kami, Tuhan kami bisa berinkarnasi jadi manusia sedangkan Tuhan-mu tdk tahu dmana/tdk berinkarnasi
isaku wrote: Pak ok ini ndak ok banget deh nanggapin penjelasan orang lain :)
masa ditulis lagi 17 sd 5SM = >3000tahun.. hadeeeeh.

Jadi maksud anda tuhan berinkarnasi salah satunya jadi roh, begitu?
PL ditulisnya pada abad ke 17 s/d 5 sM dibuatkan salinan2/copy dgn tangan sampai dgn ditemukannya mesin cetak = ...  > 3000 tahun

Allah itu Roh, Roh Kudus (setan jga wujudnya roh), berinkarnasi menjadi manusia Yesus
isaku wrote:kok perihal? bukannya kabar baik yg dibawa Yesus?
Sama saja kan ?, kurang kerjaan ya ?
isaku wrote: Beda pa'e, kalau perihal berarti bercerita ttg yesus, kalau dibawa berarti yesus membawa kabar itu/injil.

Pertanyaannya dari Pak TS, mana injil yang dibawa yesus itu?

Matius 9-35 : Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.
Markus 1-14: Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah,
Yesus tidak membawa kitab injil
Yesus membawa "kabar Baik" = Injil, injil = kabar baik,  ditulis dalam KITAB INJIL
isaku wrote: Aslinya yang mana pak ok? semuanya variant kok mau dibanding sama yang asli yang tidak pernah ada? Yang benar itu variant john dibanding variant Peter dibanding variant romans.... tuh lihat variant-nya dipostingan Mang Odoy.
mo satu milyard variant sekalifun yang jadi rujukan naskah aseli TR/CT
isaku wrote:TR dengan CT itu kan bertentangan, yang satu gigih bertahan walaupun kontradiksi, yang satu lagi tukang ubah, dan adanya konsep TR CT baru lahir abad ke 16-19, jauh hari sebelum TR CT lahir, variant2 yang sangat banyak sudah dicampakkan entah kemana  piss
Textus Receptus (TR) berasal dari manuskrip sekitar abad ke-7 Masehi
Revised Text berasal dari manuskrip sekitar abad ke-4 Masehi
isaku wrote: Maksud saya bagaimana mungkin suatu proses pencatatan yang tidak sempurna dan banyak variant dapat dikatakan masih asli?
Sama kan ? bgmana mungkin alkitab isinya masih aseli seumpama :pake acara bakar2 yg disengaja, dimakan hewan tanpa disengaja, yg ngafal wahyu dri tuhan keburu mati di medan perang, si penghafal ada yg ngaku2 lupa wahyu dri langit
klo ke Injil kan ada naskah alkitab tertua Textus Receptus & Critical Text sebagai rujukan
isaku wrote:Itu sih ada jawabannya, pak ok kurang focus nih :)
Tertuanya abad berapa? abad 16?
idem
informasi yang benar:
isaku wrote:injil markus, penulisnya diduga markus, injil matius, penulisnya diduga matius dst... dst.
oh silahkan menduga2 tpi faktanya para penulis injil bisa dibuktikan dri sisi sejarah/arkeologi, seumpama ada prtanyaan yg sama, yg nulis quran siapa ya ?
Kok saya yang menduga :) Pak Ok baru tau emang? arkeologi apa yang membuktian kitab matius ditulis matius? emang rangka jasad matius ditemukan barengan buku catatannya???

Pengarang injil si A, B atau C hanya dugaan semata
There is a broad consensus that many of the books of the New Testament were not written by the people whose names are attached to them.
The Gospels were originally anonymous, and names were not ascribed to them until around 185 CE
sebagai perbandingan saja, seumpa ada yg nanya ke anda, alquran siapa yang nulis, dmana keberadaannya ? bisa/tidak anda menjawabnya ?
soalan Matius bisa dibuktikan dri sisi sejarah, brdasarkan pernyataan Papias bahwa Matius 'mengumpulkan perkataan-perkataan itu' (Synegrapsato to logic) dalam bahasa Ibrani, diterima oleh gereja kuno sebagai bukti bahwa penulis Injil yang biasa disebut 'tulisan Matius' ialah Matius
kalau mau ke soalan bukti arkeologi tentang alkitab, tuh ada naskah laut mati. alquran ada/tidak ?
isaku wrote:Walaupun anda bilang 1juta aliran sepaham, yang diluar 1juta adalah berbeda paham.
yg 1 jeti tdk sefaham dgn trinitas brarti bukan Kristen, kan ?
isaku wrote:Ok lah, walaupun semua kristen trinitas bukanlah penguat untuk mengatakan variant A yang asli, variant B tidak asli.
maka apa hubungannya ? (dgn konsep trinitas maksud saya). memang sdh tdk ada asli tulisan tangan Matius, Markus, Lukas & Yohanes, yang ada hanyalan salinan2/copy dari tulisan tangan Matius, Markus, Lukas & Yohanes. toh pun ada yg bilang kitab jatuh dri langit didiktekan langsung oleh/dari Tuhan, tidak jelas siapa penulisnya & dmana keberadaan kitab itu
isaku wrote:Alasan adanya konteks untuk beberapa kasus bisa diterima, walaupun konteksnya belum tentu bisa diterima.
Tapi perintah eksplisit tanpa kata kecuali berbunyi JANGAN MEMBUNUH seharusnya tidak perlu konteks apapun, harus dipahami sesuai bunyi perintahnya.

Ketika ada perintah lain berbunyi bunuhlah dengan aneka konteks, disitulah kontradiksi, jika tidak ingin disebut kejahilan.

Btw, terima kasih untuk penghargaannya :)
Klo melihat seolah2 ada kontradiksi dlm alkitab, penyelesaiannya sangat mudah : lihat konteks, konteks dan konteks. gk usah ngafal smpe puyeng 7 keliling tpi gk faham
isaku wrote:itu bukan seolah2 kok, memang banyak kontadiksinya  piss
ibaratnya gini : konon Tuhannya Muhammad Saw  melarang Muhammad Saw membunuh, faktanya Muhammad Saw mendpt perintah dari Tuhan-nya untuk perang/membantai kaum Yahudi Q dll, kontradiksi gk ?, maka tentu anda akan berapology dgn lihat konteksnya ...



Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by metheny on Sat Nov 01, 2014 11:59 am

Paradise OK wrote:
1. naskah alkitab asli tulisan tangan (manuskrip) Perjanjian Baru ,  sdh tdk ada, yg ada hanyalah salinan2/copy dari naskah asli tulisan tangan (manuskrip). kononpun ada kitab suci jatoh dri langit didiktekan langsung oleh/dri Tuhan tdk bisa dibuktikan penulisnya siapa/kitabnya dmana. Klu mau cari salinan2/copy injil matius yg brbahasa ibrani banyak. Tetapi semua kitab injil, termasuk injil matius ditulis dalam bahasa Yunani
Anda harus bedakan salinan dengan terjemahan. Jika memang dulunya Matius menulis dalam bahasa ibrani, tentunya salinannya juga berbahasa ibrani. Kalau kemudian yg ada hanya teks berbahasa Greek, berarti itu terjemahan (yg kemudian disalin). Ini tentu masalah besar krn tidak diketahui salinan dalam bahasa aslinya, krn kesalahan penterjemahan sangat banyak terjadi.

Kalau anda ngomongin kitab jatuh dari langit, maka sebaiknya anda baca kitab Kejadian (Genesis). Musa tidak mungkin menyaksikan penciptaan bumi spt tertulis dlm Kitab Kejadian. semua cuma didiktekan (diwahyukan) dari Tuhan.


2. yg saya tulis seperti ini : pada masa itu sebagian umat Yahudi sudah tidak lagi bisa berbicara bahasa Ibrani kecuali mereka yang menjadi ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci. saya anggap anda bisa memahaminya. perlu diketahui,  pada masa pelayanan Yesus ada 4 bahasa yang dipakai :
1).  bahasa Ibrani merupakan bahasa liturgis
2).  bahasa Aram, digunakan oleh orang Yahudi lokal sebagai bahasa sehari-hari
3). bahasa Yunani, digunakan oleh orang Yahudi pendatang sebagai bahasa pergaulan di Timur Dekat; pada umumnya Yahudi pendatang berbahasa Yunani ini mengunjungi Yerusalem dalam rangka transaksi bisnis dan ziarah ke Bait Allah; dan
4).  bahasa Latin, bahasa kaum penjajah yang digunakan oleh orang-orang Romawi yang menjajah Israel sejak tahun 63 sebelum Masehi.
- Matius bukan ahli penulis kitab di Bait Allah, tetapi toh konon bisa menulis PB dalam bahasa Ibrani.

- Apakah Matius, Lukas, Markus, Yohanes itu pandai berbahasa Greek? Mereka itu penduduk lokal yg berbahasa arami.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Paradise OK on Sat Nov 01, 2014 5:02 pm

Paradise OK wrote:
1. naskah alkitab asli tulisan tangan (manuskrip) Perjanjian Baru , sdh tdk ada, yg ada hanyalah salinan2/copy dari naskah asli tulisan tangan (manuskrip). kononpun ada kitab suci jatoh dri langit didiktekan langsung oleh/dri Tuhan tdk bisa dibuktikan penulisnya siapa/kitabnya dmana. Klu mau cari salinan2/copy injil matius yg brbahasa ibrani banyak. Tetapi semua kitab injil, termasuk injil matius ditulis dalam bahasa Yunani
metheny wrote:Anda harus bedakan salinan dengan terjemahan. Jika memang dulunya Matius menulis dalam bahasa ibrani, tentunya salinannya juga berbahasa ibrani. Kalau kemudian yg ada hanya teks berbahasa Greek, berarti itu terjemahan (yg kemudian disalin). Ini tentu masalah besar krn tidak diketahui salinan dalam bahasa aslinya, krn kesalahan penterjemahan sangat banyak terjadi.

Kalau anda ngomongin kitab jatuh dari langit, maka sebaiknya anda baca kitab Kejadian (Genesis). Musa tidak mungkin menyaksikan penciptaan bumi spt tertulis dlm Kitab Kejadian. semua cuma didiktekan (diwahyukan) dari Tuhan.
Helenisasi telah berjalan 4 abad ketika abad-1M diisi dengan kehadiran Yesus dan ditulisnya Perjanjian Baru. Kala itu bahasa Yunani dan Aram menjadi bahasa percakapan umum di Palestina (bilingual). bahkan Josephus, sejarahwan Yahudi yang pro Romawi juga menulis buku-bukunya dalam bahasa Yunani. pda waktu itu Bbhs Aram sebagai bhs ibu diiringi bahasa Yunani koine digunakan oleh Yesus dan para Rasul dalam pemberitaan Injilnya, dan bukan Tenakh Ibrani melainkan Septuaginta Yunanilah yang digunakan oleh umat pada saat awal kekristenan. Sebagian besar kutipan Perjanjian Lama dalam Perjanjian Baru dikutip dari Septuaginta, sisanya dari berbagai naskah Ibrani

anda kan menuntut sebuah salinan kitab injil secar fisikal, dan ternyata secara hal yg sama andapun mengalami kebuntuan trhadap alquran. kami tdk ada klaim kitab jatuh dri langit/didiktekan Tuhan, trmasuk cara pengilhaman kitab musa. Tuhan-Alkitab tidak mendiktekan FirmanNya dengan cara demikian seperti muhammad saw cs dgn alqurannya.
2. yg saya tulis seperti ini : pada masa itu sebagian umat Yahudi sudah tidak lagi bisa berbicara bahasa Ibrani kecuali mereka yang menjadi ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci. saya anggap anda bisa memahaminya. perlu diketahui, pada masa pelayanan Yesus ada 4 bahasa yang dipakai :
1). bahasa Ibrani merupakan bahasa liturgis
2). bahasa Aram, digunakan oleh orang Yahudi lokal sebagai bahasa sehari-hari
3). bahasa Yunani, digunakan oleh orang Yahudi pendatang sebagai bahasa pergaulan di Timur Dekat; pada umumnya Yahudi pendatang berbahasa Yunani ini mengunjungi Yerusalem dalam rangka transaksi bisnis dan ziarah ke Bait Allah; dan
4). bahasa Latin, bahasa kaum penjajah yang digunakan oleh orang-orang Romawi yang menjajah Israel sejak tahun 63 sebelum Masehi.
metheny wrote: - Matius bukan ahli penulis kitab di Bait Allah, tetapi toh konon bisa menulis PB dalam bahasa Ibrani.

- Apakah Matius, Lukas, Markus, Yohanes itu pandai berbahasa Greek? Mereka itu penduduk lokal yg berbahasa arami.
oh jadi konon, idem





Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by metheny on Mon Nov 03, 2014 10:23 am

Paradise OK wrote:
Helenisasi telah berjalan 4 abad ketika abad-1M diisi dengan kehadiran Yesus dan ditulisnya Perjanjian Baru. Kala itu bahasa Yunani dan Aram menjadi bahasa percakapan umum di Palestina (bilingual). bahkan Josephus, sejarahwan Yahudi yang pro Romawi juga menulis buku-bukunya dalam bahasa Yunani. pda waktu itu Bbhs  Aram sebagai bhs ibu diiringi bahasa Yunani koine digunakan oleh Yesus dan para Rasul dalam pemberitaan Injilnya, dan bukan Tenakh Ibrani melainkan Septuaginta Yunanilah yang digunakan oleh umat pada saat awal kekristenan. Sebagian besar kutipan Perjanjian Lama dalam Perjanjian Baru dikutip dari Septuaginta, sisanya dari berbagai naskah Ibrani

anda kan menuntut sebuah salinan kitab injil secar fisikal, dan ternyata secara hal yg sama andapun mengalami kebuntuan trhadap alquran. kami tdk ada klaim kitab jatuh dri langit/didiktekan Tuhan,  trmasuk cara pengilhaman kitab musa. Tuhan-Alkitab tidak mendiktekan FirmanNya dengan cara demikian seperti muhammad saw cs dgn alqurannya.
1. Lho...apakah ada salinan injil yang tidak secara fisikal? Kalau Qur'an jelas ada hafalan yg tidak fisikal.
2. Lalu bagaimana mungkin Musa bisa menulis penciptaan alam semesta pdhl dia tidak menjadi saksi?



oh jadi konon, idem
Ada apa dengan kata konon? Konon itu tidak berarti bohong, silahkan cek di KBBI.

Yang jelas, sejumlah bapa gereja mengatakan bhw Matius menulis Injil dalam bahasa Ibrani.
http://id.wikipedia.org/wiki/Matius

Padahal Matius bukan orang bait Allah, dan ternyata dia mampu menulis Injil dalam bahasa ibrani. Artinya, Matius dalam bahasa ibrani adalah TERJEMAHAN.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 03, 2014 2:18 pm

santri wrote:Sudah kita ketahui bersama dalam menyampaikan misinya ajarannya Yesus bersentuhan dan bercampur-aduk dgn Paganisme dan filsafat Yunani sehingga risalah Yesus mengalami metamorfose menjadi Kristen sekarang ini.

Sehingga jauh setelah sepeninggal Yesus, Para Rasul merangkum Firman-firman Tuhan menurut pengarang para Rasul masing-masing. Sehingga terjadi kesimpangsiuran dan pertentangan di antara ke empat injil tersebut.  
Dalam beberapa ayat justru ada Injil yang bukan tulisan dari ke empat Rasul itu. Yuk kita simak :

Matius 4-23 : Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.
Matius 9-35 : Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.
Markus 1-14: Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah,
Markus 1-15 : kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!"
Lukas 8-1 : Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia

Pertanyaan saya :
1. Mana yang benar, Injil Yang sekarang apa Injil di ayat tsb ?
2. Kenapa harus ada empat injil sepeninggal Yesus?
3. Sekian dan terima kasih.


1. kabar gembira itu yang kemudian ditulis/dibukukan, jadi SAMA
2. karena yang kemudian menuslkan ada 4 orang
3. sama-sama

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by isaku on Mon Nov 03, 2014 4:15 pm

Pak ok... post anda di #34 adalah jawaban untuk #29 dari saya, kan sebelumnya sudah anda jawab di #30, kok diulang lagi?

Post saya terakhir adalah #32 dan belum disentuh piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Paradise OK on Tue Nov 04, 2014 1:15 pm

Paradise OK wrote:
Helenisasi telah berjalan 4 abad ketika abad-1M diisi dengan kehadiran Yesus dan ditulisnya Perjanjian Baru. Kala itu bahasa Yunani dan Aram menjadi bahasa percakapan umum di Palestina (bilingual). bahkan Josephus, sejarahwan Yahudi yang pro Romawi juga menulis buku-bukunya dalam bahasa Yunani. pda waktu itu Bbhs  Aram sebagai bhs ibu diiringi bahasa Yunani koine digunakan oleh Yesus dan para Rasul dalam pemberitaan Injilnya, dan bukan Tenakh Ibrani melainkan Septuaginta Yunanilah yang digunakan oleh umat pada saat awal kekristenan. Sebagian besar kutipan Perjanjian Lama dalam Perjanjian Baru dikutip dari Septuaginta, sisanya dari berbagai naskah Ibrani

anda kan menuntut sebuah salinan kitab injil secar fisikal, dan ternyata secara hal yg sama andapun mengalami kebuntuan trhadap alquran. kami tdk ada klaim kitab jatuh dri langit/didiktekan Tuhan,  trmasuk cara pengilhaman kitab musa. Tuhan-Alkitab tidak mendiktekan FirmanNya dengan cara demikian seperti muhammad saw cs dgn alqurannya.
metheny wrote: 1. Lho...apakah ada salinan injil yang tidak secara fisikal? Kalau Qur'an jelas ada hafalan yg tidak fisikal.
2. Lalu bagaimana mungkin Musa bisa menulis penciptaan alam semesta pdhl dia tidak menjadi saksi?
1. brulang2 ditulis/disampaikan, bhw tulisan tangan asli penulis injil matius, markus, lukas & Yohanes sdh tidak ada, yg ada hanyalah salinan2copy dari tulisan tangan asli matius, markus, lukas & yohanes. skrg melihat dri sisi pewarisan alquran, apa yg anda sebut dihafalkan, kemudian dijadikan buku, bukan ?. pun melewati terpaan2 : ada mushaf2 yg dibakar, para penghafal ada yg mati saat perang, para penghafal jga mengakui ada ayat2 yg lupa, dimakan hewan dll. katakanlah kita singkirkan terpaan2 itu, sekarang prtanyaannya, siapa yg pertama kali membukukan hafalan2 itu ?, dimana keberadaan buku itu/alquran prtama kali ditulis ? (saya yakin anda mampu membuktikannya)

2. musa diberikan hikmat oleh Tuhan menuliskan ttg penciptaan, hal yg sama penciptaan dlm alquran, apakah muhammad saw saksi mata penciptaan ?, ttg kisah adam/hawa, ibrahim dll apakah muhammad saw saksi mata ?
oh jadi konon, idem
metheny wrote: Ada apa dengan kata konon? Konon itu tidak berarti bohong, silahkan cek di KBBI.

Yang jelas, sejumlah bapa gereja mengatakan bhw Matius menulis Injil dalam bahasa Ibrani.
http://id.wikipedia.org/wiki/Matius

Padahal Matius bukan orang bait Allah, dan ternyata dia mampu menulis Injil dalam bahasa ibrani. Artinya, Matius dalam bahasa ibrani adalah TERJEMAHAN.
apa yg ditulis mr/mrs wiki sangat jelas,  koq anda msh bingun ?
berikut penggalan tulisan yg saya copas dri sana
Origen menyatakan bahwa Injil yang pertama ditulis oleh Matius.Injil Matius dikatakan disusun dalam bahasa Ibrani di sekitar Yerusalem untuk orang-orang Kristen Yahudi (berbahasa Ibrani) dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani.



Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Brama Kumbara on Tue Nov 04, 2014 2:18 pm

emang injil yang dipegang oleh umat kristen skrg asli adalah wahyu dari si bapa di surga???? jauh lagi...

Brama Kumbara
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Male
Age : 28
Posts : 3
Kepercayaan : Islam
Location : Jambi
Join date : 04.11.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 04, 2014 2:24 pm

Brama Kumbara wrote:emang injil yang dipegang oleh umat kristen skrg asli adalah wahyu dari si bapa di surga???? jauh lagi...

emang kamu/muhammad tahu apa itu injil dan bagaimana bisa jadi sebuah buku????

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by metheny on Tue Nov 04, 2014 2:29 pm

Paradise OK wrote:
1. brulang2 ditulis/disampaikan, bhw tulisan tangan asli penulis injil matius, markus, lukas & Yohanes sdh tidak ada, yg ada hanyalah salinan2copy dari tulisan tangan asli matius, markus, lukas & yohanes. skrg melihat dri sisi pewarisan alquran, apa yg anda sebut dihafalkan,  kemudian dijadikan buku, bukan ?. pun melewati terpaan2 : ada mushaf2 yg dibakar, para penghafal ada yg mati saat perang, para penghafal jga mengakui ada ayat2 yg lupa, dimakan hewan dll. katakanlah kita singkirkan terpaan2 itu, sekarang prtanyaannya, siapa yg pertama kali membukukan hafalan2 itu ?, dimana keberadaan buku itu/alquran prtama kali ditulis ? (saya yakin anda mampu membuktikannya)

Itu artinya semua salinan injil berbahasa Yunani adalah fisikal bukan? Sementara salinan fisikal berbahasa ibrani injil matius sudah tidak ada lagi. Dan salinan non fisikal injil bisa dikatakan TIDAK ADA.

Sementara basis Qur'an adalah bunyi/suara dan bukan tulisan. Makanya Qur'an itu harus bahasa arab. Jika dalam bahasa lain, pasti adalah TERJEMAHAN.


2. musa diberikan hikmat oleh Tuhan menuliskan ttg penciptaan, hal yg sama penciptaan dlm alquran, apakah muhammad saw saksi mata penciptaan ?, ttg kisah adam/hawa, ibrahim dll apakah muhammad saw saksi mata ?
Justru Qur'an itu tidak mengandalkan kesaksian mata. Anda sendiri tahu bhw isi Qur'an itu didiktekan oleh Allah.

Hikmat Tuhan kpd Musa itu wujudnya apa? Perhatikan kalimat berikut dr PL? "Jadilah terang"
Apakah kalimat tsb hanya karangan Musa ataukah Tuhan yg mendiktekan kpd Musa?


apa yg ditulis mr/mrs wiki sangat jelas,  koq anda msh bingun ?
berikut penggalan tulisan yg saya copas dri sana

Origen menyatakan bahwa Injil yang pertama ditulis oleh Matius.Injil Matius dikatakan disusun dalam bahasa Ibrani di sekitar Yerusalem untuk orang-orang Kristen Yahudi (berbahasa Ibrani) dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani.
Yang jadi masalah anda mengklaim bhw yang bisa berbahasa ibrani itu hanya orang2 bait Allah utk keperluan liturgis.

Lha Matius itu bukan orang bait Allah kok bisa menulis bahasa ibrani?
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 04, 2014 2:54 pm

metheny wrote:
Justru Qur'an itu tidak mengandalkan kesaksian mata. Anda sendiri tahu bhw isi Qur'an itu didiktekan oleh Allah.

tahu dari mana ada yang mendikte?
wong semua hanya katanya muhammad

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Paradise OK on Tue Nov 04, 2014 8:18 pm

Paradise OK wrote:
1. brulang2 ditulis/disampaikan, bhw tulisan tangan asli penulis injil matius, markus, lukas & Yohanes sdh tidak ada, yg ada hanyalah salinan2copy dari tulisan tangan asli matius, markus, lukas & yohanes. skrg melihat dri sisi pewarisan alquran, apa yg anda sebut dihafalkan,  kemudian dijadikan buku, bukan ?. pun melewati terpaan2 : ada mushaf2 yg dibakar, para penghafal ada yg mati saat perang, para penghafal jga mengakui ada ayat2 yg lupa, dimakan hewan dll. katakanlah kita singkirkan terpaan2 itu, sekarang prtanyaannya, siapa yg pertama kali membukukan hafalan2 itu ?, dimana keberadaan buku itu/alquran prtama kali ditulis ? (saya yakin anda mampu membuktikannya)
metheny wrote: Itu artinya semua salinan injil berbahasa Yunani adalah fisikal bukan? Sementara salinan fisikal berbahasa ibrani injil matius sudah tidak ada lagi. Dan salinan non fisikal injil bisa dikatakan TIDAK ADA.
berulang2 saya ngetik/nulis di ts ini bhw tulisan tangan aseli injil, katakanlah bhs ibrani maupun yunani sdh tdk ada lagi, yg ada hanyalah salinan2/copyan, dan semuanya disalin/dicopy/ditulis ulang dalam bahasa yunani, lihat/baca lagi sumber wikimu
metheny wrote: Sementara basis Qur'an adalah bunyi/suara dan bukan tulisan. Makanya Qur'an itu harus bahasa arab. Jika dalam bahasa lain, pasti adalah TERJEMAHAN.
bunyi/suara yg kemudian dibukukan, bukan ? lalu siapa pertama kali membukukan bunyi/suara itu, dmana buku itu keberadaannya ?

2. musa diberikan hikmat oleh Tuhan menuliskan ttg penciptaan, hal yg sama penciptaan dlm alquran, apakah muhammad saw saksi mata penciptaan ?, ttg kisah adam/hawa, ibrahim dll apakah muhammad saw saksi mata ?
metheny wrote:Justru Qur'an itu tidak mengandalkan kesaksian mata. Anda sendiri tahu bhw isi Qur'an itu didiktekan oleh Allah

Hikmat Tuhan kpd Musa itu wujudnya apa? Perhatikan kalimat berikut dr PL? "Jadilah terang"
Apakah kalimat tsb hanya karangan Musa ataukah Tuhan yg mendiktekan kpd Musa?

konon allah swt mendikte ke muhammad saw : tulis ini itu
Tuhan memberikan hikmat kepada Musa utk menulis : "Jadilah terang" ... dst
bahkan Musa pernah berkomunikasi dgn Allah dlm penampakan api, itupun ditulis dlm buku muhammad saw, btw apakah ini diktean allah swt kpd muhammad saw ?

apa yg ditulis mr/mrs wiki sangat jelas,  koq anda msh bingun ?
berikut penggalan tulisan yg saya copas dri sana

Origen menyatakan bahwa Injil yang pertama ditulis oleh Matius.Injil Matius dikatakan disusun dalam bahasa Ibrani di sekitar Yerusalem untuk orang-orang Kristen Yahudi (berbahasa Ibrani) dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani.
metheny wrote: Yang jadi masalah anda mengklaim bhw yang bisa berbahasa ibrani itu hanya orang2 bait Allah utk keperluan liturgis.

Lha Matius itu bukan orang bait Allah kok bisa menulis bahasa ibrani?
saya nulisnya seperti ini : Masa itu sebagian umat Yahudi sudah tidak lagi bisa berbicara bahasa Ibrani kecuali mereka yang menjadi ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci, bukan semuanya sprti plintiran anda.
bisa jadi Matius sebagian umat Yahudi yg bisa baca/tulis bahasa ibrani, walaupun matius bukan ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci
lalu matius menulis injil dlm bhs ibrani dan dibuatkan salinan2nya/copiannya dalam bahasa Yunani, menurut sumber wikimu
seperti sering saya tulis berulang2 bhw tulisan tangan aseli injil, katakanlah bhs ibrani maupun bhs yunani sdh tdk ada lagi, yg ada hanyalah salinan2/copyanya saja dan semuanya disalin/dicopy/ditulis ulang dalam bahasa yunani, lihat/baca lagi referensi wikimu.




Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by metheny on Wed Nov 05, 2014 10:08 am

Paradise OK wrote:
berulang2 saya ngetik/nulis di ts ini bhw tulisan tangan aseli injil, katakanlah bhs ibrani maupun yunani sdh tdk ada lagi, yg ada hanyalah salinan2/copyan,  dan semuanya disalin/dicopy/ditulis ulang dalam bahasa yunani, lihat/baca lagi sumber wikimu
Saya sudah tahu itu. Saya hanya menegaskan bhw salinan berbahasa ibrani sudah tidak ada. Dan perlu anda ketahui bahwa semua salinan berupa teks adalah FISIKAL.


bunyi/suara yg kemudian dibukukan, bukan ? lalu siapa pertama kali membukukan bunyi/suara itu, dmana buku itu keberadaannya ?
Perlu diingat, bhw Al Qur'an TIDAK BERGANTUNG pada teks yang pertama kali ditulis, tapi lebih bergantung pada BUNYI yang dihafalkan dr generasi ke generasi. Beda dengan Alkitab.

Bunyi suara masih dipertahankan dalam wujud hafalan hingga kini. Adanya buku Al Qur'an tidak lantas menghilangkan hafalan.



konon allah swt mendikte ke muhammad saw : tulis ini itu
Tuhan memberikan hikmat kepada Musa utk menulis : "Jadilah terang" ... dst
bahkan Musa pernah berkomunikasi dgn Allah dlm penampakan api, itupun  ditulis dlm buku muhammad saw, btw apakah ini diktean allah swt kpd muhammad saw ?
Makanya saya membahas Kitab Kejadian dimana Musa belum lahir dan pasti bukan saksi mata.

Silahkan anda jelaskan apa yang dimaksud sebagai hikmat tsb? Jelaskan bgmn hikmat tsb bisa sampai kpd Musa shg Musa bisa menulis: Jadilah terang.  



saya nulisnya seperti ini : Masa itu sebagian umat Yahudi  sudah tidak lagi bisa berbicara bahasa Ibrani kecuali mereka yang menjadi ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci, bukan semuanya sprti plintiran anda.
bisa jadi Matius sebagian umat Yahudi yg bisa baca/tulis bahasa ibrani, walaupun matius bukan ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci
lalu matius menulis injil dlm bhs ibrani dan dibuatkan salinan2nya/copiannya dalam bahasa Yunani, menurut sumber wikimu
seperti sering saya tulis berulang2 bhw tulisan tangan aseli injil, katakanlah bhs ibrani maupun bhs yunani sdh tdk ada lagi, yg ada hanyalah salinan2/copyanya saja dan semuanya disalin/dicopy/ditulis ulang dalam bahasa yunani, lihat/baca lagi referensi wikimu.

Perhatikan kalimat anda:
Masa itu sebagian umat Yahudi sudah tidak lagi bisa berbicara bahasa Ibrani kecuali  mereka yang menjadi ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci

Jadi...pengecualian yang anda maksud hanyalah orang-orang yg bertugas di Bait Allah. Orang seperti Matius jelas TIDAK TERMASUK dalam pengecualian dalam kalimat yg anda tulis.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Paradise OK on Wed Nov 05, 2014 9:57 pm

Paradise OK wrote:
berulang2 saya ngetik/nulis di ts ini bhw tulisan tangan aseli injil, katakanlah bhs ibrani maupun yunani sdh tdk ada lagi, yg ada hanyalah salinan2/copyan,  dan semuanya disalin/dicopy/ditulis ulang dalam bahasa yunani, lihat/baca lagi sumber wikimu
metheny wrote: Saya sudah tahu itu. Saya hanya menegaskan bhw salinan berbahasa ibrani sudah tidak ada. Dan perlu anda ketahui bahwa semua salinan berupa teks adalah FISIKAL.
bukan salinan bhs ibrani, tetapi tulisan aseli kitab matius katakanlah dalam bahasa ibrani sdh tdk ada, yg ada hanyalah salinan2 dalam bahasa yunani yg diterjemahkan dri bhs ibrani
bunyi/suara yg kemudian dibukukan, bukan ? lalu siapa pertama kali membukukan bunyi/suara itu, dmana buku itu keberadaannya ?
metheny wrote: Perlu diingat, bhw Al Qur'an TIDAK BERGANTUNG pada teks yang pertama kali ditulis, tapi lebih bergantung pada BUNYI yang dihafalkan dr generasi ke generasi. Beda dengan Alkitab.

Bunyi suara masih dipertahankan dalam wujud hafalan hingga kini. Adanya buku Al Qur'an tidak lantas menghilangkan hafalan.
dlm konteks fisikal sebuah buku kitab suci, hebat amir !!!, bisa dibayangkan seumpama buku muhammad saw cs/alquran ditongsampahkan sejak dibukukan pertama kali, bgmn anda menjelaskan nuzul buny2ian bisa sampai diotak anda smpe dgn hari ini.

sebagai perbandingan, akhirnya anda sendiri tdk bisa membuktikan siapa pertama kali membukukan hafalan2 itu, dmana keberadaan buku2 itu

perlu diketahui juga,
Teks, Alkitab saja belum memberikan seluruh makna kebenaran. Alkitab bukan sekadar teks, melainkan Firman Tuhan yang hidup. Ia bukan hanya pesan yang tersurat melainkan juga tersirat. Bahkan merupakan pesan ilahi yang baru dapat dimengerti secara penuh bilamana hati pembacanya diberi pengertian khusus oleh Roh Allah (devine illumination)

Orang-orang Yahudi, walaupun mengenal Abraham, Musa dan taurat telah ditegur oleh Yesus karena tidak mengenal "bahasanya Taurat", yaitu FirmanNya

" Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku" Yohanes 8:43

Bahkan Petrus dan murid-murid yesus, yang senantiasa bersama Yesus, juga tidak mengerti Kitab Suci sebelum Dia -Sang Pemilik Kitab Suci - membuka pikiran mereka (Lukas 24:44,45). Ini membuktikan, bahwa kebenaran penuh dari Kitab Suci tidak terletak pada kesempurnaan susunan kalimat, kelengkapan jumlah huruf dan semantika teksnya, melainkan pada kelengkapan pengertian yang diberikan oleh Roh Kudus atas teks tersebut
konon allah swt mendikte ke muhammad saw : tulis ini itu
Tuhan memberikan hikmat kepada Musa utk menulis : "Jadilah terang" ... dst
bahkan Musa pernah berkomunikasi dgn Allah dlm penampakan api, itupun  ditulis dlm buku muhammad saw, btw apakah ini diktean allah swt kpd muhammad saw ?
metheny wrote: Makanya saya membahas Kitab Kejadian dimana Musa belum lahir dan pasti bukan saksi mata.

Silahkan anda jelaskan apa yang dimaksud sebagai hikmat tsb? Jelaskan bgmn hikmat tsb bisa sampai kpd Musa shg Musa bisa menulis: Jadilah terang.
Roh Allah berkata kepada roh Musa tuliskan "jadilah terang" ... dst, selanjutnya roh musa bekerjasama/memerintahkan dgn/kpd otak, mata, tangan (semua indra/fisik) musa untuk menuliskan "jadilah terang" ... dst

saya nulisnya seperti ini : Masa itu sebagian umat Yahudi  sudah tidak lagi bisa berbicara bahasa Ibrani kecuali mereka yang menjadi ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci, bukan semuanya sprti plintiran anda.
bisa jadi Matius sebagian umat Yahudi yg bisa baca/tulis bahasa ibrani, walaupun matius bukan ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci
lalu matius menulis injil dlm bhs ibrani dan dibuatkan salinan2nya/copiannya dalam bahasa Yunani, menurut sumber wikimu
seperti sering saya tulis berulang2 bhw tulisan tangan aseli injil, katakanlah bhs ibrani maupun bhs yunani sdh tdk ada lagi, yg ada hanyalah salinan2/copyanya saja dan semuanya disalin/dicopy/ditulis ulang dalam bahasa yunani, lihat/baca lagi referensi wikimu.
metheny wrote: Perhatikan kalimat anda:
Masa itu sebagian umat Yahudi sudah tidak lagi bisa berbicara bahasa Ibrani kecuali  mereka yang menjadi ahli kitab yang bertugas di Bait Allah dalam salin-menyalin kitab suci

Jadi...pengecualian yang anda maksud hanyalah orang-orang yg bertugas di Bait Allah. Orang seperti Matius jelas TIDAK TERMASUK dalam pengecualian dalam kalimat yg anda tulis.
yadah klu itu menjebak anda dlm kebuntuan,  dipermudah seperti ini : sebagian orang Yahudi pada era Yesus tdk bisa brbahasa ibrani, dengan pengecualian antara lain ahli kitab suci.




Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Kedunghalang on Thu Nov 06, 2014 12:26 am

INJIL YANG ASLI ITU SUDAH MUSNAH PADA ZAMAN KAISAR TITUS.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Paradise OK on Thu Nov 06, 2014 1:36 am

Kedunghalang wrote:INJIL YANG ASLI ITU SUDAH MUSNAH PADA ZAMAN KAISAR TITUS.
betul dung, krn pda waktu itu :
- pengikut nabi hampir saling jontok2kan krn beda membaca surah
- banyak penghafal/penulis surah mati dimedan perang, bahkan yg msh hidup ada yg lupa ayat2
- ada acara bakar2 mushaf
- ada kitab dimakan kerbau


-

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Kedunghalang on Thu Nov 06, 2014 2:14 am

Paradise OK wrote:
Kedunghalang wrote:INJIL YANG ASLI ITU SUDAH MUSNAH PADA ZAMAN KAISAR TITUS.
betul dung, krn pda waktu itu :
- pengikut nabi hampir saling jontok2kan krn beda membaca surah
- banyak penghafal/penulis surah mati dimedan perang, bahkan yg msh hidup ada yg lupa ayat2
- ada acara bakar2 mushaf
- ada kitab dimakan kerbau

Ngomong opo kowe? Jangan konyol dan OOT.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: MANAKAH INJIL YANG ASLI ?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 12 Previous  1, 2, 3, ... 10, 11, 12  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik