FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

sesatkah LDII

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

sesatkah LDII

Post by keroncong on Thu Oct 04, 2012 11:52 pm

Jama’ah tentu saja banyak penyimpangannya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca makalah yang kami nukil tentang Islam Jama'ah :

Islam Jama`ah adalah suatu nama jama`ah sempalan yang sangat identik dengan khawarij. Kelompok ini pusatnya di Indonesia dan hampir tidak terdengar namanya di luar Indonesia, walaupun mereka mengaku-ngaku bahwa jama`ah mereka ini telah mendunia.

Jama`ah ini didirikan oleh seorang yang bernama Nur Hasan Ubaidah, yang menurut pengakuannya bahwa jema`ah ini telah ada sejak tahun 1941. Namun yang benar ia baru dibai`at pada tahun 1960. Kelompok ini berdiri pertama kalinya dengan nama Darul Hadits. Lalu kemudian berganti-ganti nama menjadi YPID (Yayasan Pendidikan Islam Djama`ah), lalu LEMKARI dan pada tahun 1991 menjadi LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia). Penggantian ini dalam rangka menyesuaikan dengan keadaan dan supaya tidak ketahuan jejak mereka jika mulai timbul ketidaksukaan dari masyarakat.

Berikut sekilas tentang jemaah mereka. Sistem Pengajian Sistem pengajian mereka disebut mangkul. Yaitu bahwasanya kajian hadits dan Al-Qur`an harus memakai isnad. Mereka berdalil dengan perkataan Ibnul Mubarok : Isnad itu bagian dari agama. Kalau tanpa isnad, maka siapa saja akan berkata apa yang dia sukai. Dalam masalah hadits, Nur Hasan Ubaidah mengaku mempunyai isnad sampai ke Imam Bukhari dan Imam-Imam yang lainnya.

Sedang dalam masalah Al-Qur`an, dia mengaku mempunyai isnad sampai ke Ali bin Abu Thalib dan Utsman bin Affan, bahkan sampai ke malaikat Jibril. Siapa saja yang memiliki isnad selain Islam Jema`ah dianggap tidak sah dan palsu. Menurut mereka barang siapa yang beramal tanpa isnad sama saja amalnya tidak sah dan tidak diterima oleh Allah. Sehingga wajar saja jika kita masuk mesjid atau rumah mereka, mereka selalu mengepel bekas kita karena menganggap toharoh kita tidak sah sehingga kita dianggap membawa najis.

Islam Jama’ah dan Hadits Nabi Menurut mereka, shahih tidaknya suatu hadits tergantung kepada amir mereka. Sebuah hadits palsu dapat dianggap hadits shahih jika menurut amir mereka hadist shahih. Sistem Keamiran Menurut mereka, mendirikan kelompok (jema’ah) dan berbai’at terhadap amir adalah wajib.

Dalil-dalil yang mereka gunakan adalah :

1. Hadits tentang iftiroq (terpecahnya) umat menjadi 73 golongan. Dan dalam suatu lafaz hasits tersebut Rosulullah menjelaskan hanya satu golongan yang masuk surga yaitu al-Jama’ah. Menurut mereka, itulah jema’ah mereka yang disebut oleh Rosulullah.

2. Sebuah hadits yang menurut mereka diriwayatkan oleh Imam Ahmad, namun ternyata tidak ada. Yaitu hadits : Tidak ada islam kecuali dengan jama`ah dan tidak ada jama`ah kecuali dengan amir dan tidak ada amir kcuali dengan bai`at. Itu hanyalah ucapan Umar bin Al-Kaththab yang diriwayatkan oleh Ad-Darimi dengan sanad yang dhaif didalam sanadnya ada perawi majhul dan lemah ( lihat silsilah fatawa syar’iyyah karya syaikh Abul-Hasan As-Sulamani fatwa no.39)

3. Surat Al-Isro’ ayat 71 Pada hari yang Kami panggil setiap orang dengan imamnya (kitab catatan amalnya), maka barang siapa yang didatangkan kitabnya dari kanannya, maka mereka membaca kitabnya dan mereka tidak dirugikan sedikitpun. Menurut mereka pada hari kiamat nanti setiap orang akan dpanggil bersama imamnya yaitu amirnya. Barang siapa yang tidak punya amir, maka dia akan dikumpulkan bersama orang-orang kafir.

Anggota-anggota Islam Jama`ah sangat taat kepada amirnya. Mereka berdalil dengan surat An-Nisa ayat 59 : Hai orang-orang yang beriman, taatlah kalian kepada Allah dan taatlah kepada Rosul dan Ulil amri diantara kalian. Menurut mereka hanyalah disebut orang beriman jika telah taat kepada Allah, Rosulullah, dan amir mereka. Tidak cukup hanya taat kepada Allah dan Rosulullah. Jadi perintah Allah sama dengan perintah Rosul sama dengan perintah amir mereka.

Bahkan jika mereka berbuat ma`siat kepada Allah, bisa dimaafkan dengan cukup beristigfar. Namun jika bersalah kepada amir, maka tidak cukup hanya beristigfar tapi juga harus dengan membuat surat pernyataan tobat (yang hal ini merupakan tasyabuh dengan orang-orang Kristen Katolik) dan membayar kafarah yang ditentukan menurut selera amir mereka.

Perekonomian.

Jalannya kegiatan amir dan para pengurus jema`ah mereka yaitu dengan menarik sodaqoh wajib dari setiap anggotanya sekian persen dari pendapatannya. Besar sodaqoh wajib (yang lebih cocok disebut pajak) ini berubah-ubah sesuai keputusan amir, dan setiap anggota tidak sama berdasarkan kekayaan mereka.

Pengkafiran terhadap orang-orang di luar jama’ah mereka.

Perlu diketahui bahwasanya jenis anggota mereka secara umum terbagi dua, yaitu fanatik (bersifat keras tanpa toleransi) dan moderat (ada sedikit toleransi terhadap orang-orang diluar jema`ah mereka). Yang moderat ini biasanya adalah anggota-anggota baru yang mereka anggap seperti muallaf. Mereka masih mau sholat dengan orang-orang diluar jema`ah mereka, namun lama-kelamaan juga akan sama seperti yang fanatik Sedangkan yang fanatik, mereka menganggap semua orang yang diluar kelompok mereka adalah kafir. Sehingga mereka tidak mau sholat diimami atau di mesjid orang-orang yang bukan anggota jema`ah mereka.

Bahkan mereka boleh mengambil harta orang diluar jema`ah mereka asal tidak membahayakan mereka. Aqidah Mereka Menurut mereka orang yang melakukan dosa besar kekal di dalam neraka. Dan orang-orang yang tidak membai’at imam mereka adalah kafir dan najis.

Selain itu mereka mempunyai suatu aqidah yang identik dengan taqiyyahnya orang-orang Syi`ah. Mereka menamakannya Fathonah bithonah Budiluhur Luhuringgbudi Karena Allah. Yaitu bolehnya berbohong demi kepentingan jema`ah mereka. Mereka berdalil dengan kisah berbohongnya Nabi Ibrohim ketika berkata bahwa patung besar yang telah menghancurkan patung-patung yang kecil.

Sistem Doktrin Ajaran Mereka Kekuatan doktrinnya tertumpu pada `Sistem 354` yaitu : 3 = Jamaah, Quran dan Hadits. 5 = Program lima bab berisi janji/sumpah bai’at keepada sang amir yaitu : Mengaji, Mengamal, Membela, Sambung jamaah dan Taat Amir. 4 = Tali pengikat Iman yang terdiri dari : Syukur kepada Amir, Menganggungkan Amir, Bersungguh-sungguh dan Berdoa.

Peringatan Kita harus berhati-hati terhadap mereka, jangan sampai tertipu oleh mereka. Sering sekali mereka menutupi sifat-sifat mereka. Sehingga ketika mereka mendakwahi orang awam seakan-akan mereka seperti orang biasa yang mau berjabat tangan dengan orang lain, tidak mengkafirkan orang lain, dan tidak menganggap orang lain membawa najis dan sebagainya. Padahal ini semua adalah tipuan mereka yang mereka sebut dengan bitonah agar bisa mempunyai anggota yang sebanyak-banyaknya.

(dinukil dengan ringkas dari kaset sesatnya Islam jama’ah oleh Ustadz Hasyim Rifa’i dahulunya beliau adalah anggota Islam Jama’ah dan buku Bahaya Islam Jamaah Lemkari dan LDII).

Diantara Upaya untuk menyadarkan mereka yang telah menjadi anggota jama'ah tersebut adalah dengan mengajak dialog sambil menjelaskan kepada mereka kesesatan-kesesatam pemahaman jama'ah tersebut.

Wallahu A`lam Bish-Showab,
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: sesatkah LDII

Post by KUBIL on Sat Oct 13, 2012 8:14 pm

nice info arti 354 nya.....
Dikota ane bnyak gan,termasuk tmn2 ane jg bnyak yg ikot.cm mrk sk mnutup diri dari ajaran nya,g mo shared.
blh dibilang kaum Minoritas,soal nya klo dpbrik pas jumatan mrk g k msjid.hnya mmanfat kn ruangan/kntor yg ksong..
Kurang dr 40 org pon jd tuh ke nya
avatar
KUBIL
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 102
Kepercayaan : Islam
Location : Krw
Join date : 26.07.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: sesatkah LDII

Post by mistik6666 on Thu Oct 18, 2012 9:18 am

kebetulan di dekat rumah saya ada pondoknyah. orang-orangnya tertutup semuah. sedikit cerita yang saya tahu:

--istri saya cerita (dan juga orang-orang sekitar) --kebetulan saya cuman numpang hidup saja di tempat saya sekarang ini--, dulu saat istri saya masih TK, bahkan listrik saja belum masuk dan keadaan perekonomian warga masih ssuuuusaah.., ternyata pimpinan pondok (amir?) bahkan sudah punya herle dapitson loh...

--ada famili jauh istri saya yang jadi anggota (cewek), saat selesai wudhu dan tersenggol ibunya dia langsung wudhu lagi, lalu menggerutu:".....najis..!"

--hari raya kemarin, famili jauh yang saya ceritakan di atas, tidak mau mudik dengan alasan tidak punya uang. padahal setahu saya suaminya adalah IT di sebuah perusahaan asing dengan gaji standar dollar. ada apa gerangan?? bahkan, saat ibunya terbaring di RS-pun, dia tidak pulang juga dengan alasan sama. padahal saya tahu benar gaya hidupnya seperti apa..

--seorang teman pernah cerita: dulu, waktu kecil (SD) pernah iseng sama kawan-kawan (waktu itu LDII masih bernama Lemkari), ada yang bilang kalau orang-orang LDII itu orangnya "rajin" membersihkan masjidnya, untuk membuktikan itu, kami para gerombolan badung sengaja memasuki masjid dan ikutan jamaah sholat dhuhur. dan terbukti benar, belum sampai kami keluar gerbang, tempat kami berdiri (dan sekitarnya) langsung dipel!

--masih ada selentingan juga, kalau warga LDII tetap menyatakan orang di luar mereka kafir..

gimana nih, katanya ada padigma baru, kok "...kau masih seperti yang duluuuu....."
TKP
avatar
mistik6666
TUKANG BECAK
TUKANG BECAK

Male
Age : 41
Posts : 201
Kepercayaan : Islam
Location : Nganjuk - Jatim
Join date : 21.03.12
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: sesatkah LDII

Post by Guest on Thu Oct 18, 2012 11:28 am

Anggota-anggota Islam Jama`ah sangat taat kepada amirnya. Mereka berdalil dengan surat An-Nisa ayat 59 : Hai orang-orang yang beriman, taatlah kalian kepada Allah dan taatlah kepada Rosul dan Ulil amri diantara kalian. Menurut mereka hanyalah disebut orang beriman jika telah taat kepada Allah, Rosulullah, dan amir mereka. Tidak cukup hanya taat kepada Allah dan Rosulullah. Jadi perintah Allah sama dengan perintah Rosul sama dengan perintah amir mereka.
Nah Islam model gini yang gw cari untuk mensahkan ke SWT an ku

Gw mau jadi Islam .. yang penting gw jadi AMIR nya = Nabi nya = Allohnya
xixixi

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: sesatkah LDII

Post by Foxhound on Thu Oct 18, 2012 2:03 pm

Serius:

Dari atas saya baca sampai bawah, yang ada cuma penjelasan apa itu LDII. Meskipun mungkin di dalam penjelasan itu tercantum hal-hal yang bertentangan dengan ajaran Islam yang diadopsi oleh penulis. Tetapi seyogyanya di thread ini, diulas satu persatu. Mana yang dianggap sesat, dan apa dasarnya dikategorikan sesat.
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: sesatkah LDII

Post by KUBIL on Thu Oct 18, 2012 5:34 pm

@TS: untuk lbh akurat ny mngkin Amir ny bs di undang ke forum ini (diskusi).agar spy tdk ada fitnah...:piss

avatar
KUBIL
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 102
Kepercayaan : Islam
Location : Krw
Join date : 26.07.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: sesatkah LDII

Post by JN-SeJenis Tomat on Sat Dec 01, 2012 1:07 pm

secara singkat LDII adalah singkatan dr,,
Lembaga Dakwa Islam Indonesia,,, sandi/logo dr mereka 354,,,

termasuk salah satu turunan dr NII,,
kalo dulu tiap anggota dibebani Iuran wajib dalam jumlah tertantu,, yg keberadaan dan totalnya tidak boleh di pertanyakan,,,,

benar adanya semua yg di katakan oleh mbah mistic,,,
mereka menganggap siapa saja tanpa terkecuali orang yg diluar anggota mereka memiliki derajad setara dengan Anjk. Bab. dkk,,,


sekian dolo,,,
sampai jumpa dilain kesempatan(jika ada waktu),,,,
avatar
JN-SeJenis Tomat
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 28
Posts : 250
Kepercayaan : Islam
Location : SumSel
Join date : 14.11.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Forum Mantan Anggota Tantang Delapan Petinggi LDII Sumpah Mubahalah

Post by cornello on Thu Jun 20, 2013 12:42 pm

FORUM Ruju’ Ilal Haq (FRIH) sebagai wadah mantan Anggota Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), menantang delapan petinggi LDII untuk sumpah mubahalah. Langkah ini ditempuh karena segala kebohongan LDII sudah tidak dapat dibendung lagi.
http://islampos.com/forum-mantan-anggota-tantang-delapan-petinggi-ldii-sumpah-mubahalah-64108/


“Kami siap sumpah mubahalah, sumpah saling laknat sesuai Syariat Islam, karena kedustaan LDII/Islam Jamaah nampaknya sudah tidak bisa disembuhkan dengan sekedar dialog biasa, dan pembinaan MUI serta Depag juga terbukti tidak berhasil,” tegas sekjen FRIH Adam Amrullah kepada Islampos.com, Rabu (19/6/2013).

Kedelapan petinggi LDII itu adalah Sulthon Aulia bin Nurhasan (Imam Islam Jamaah saat ini). Abdullah Syam (Ketum LDII). Kasmudi (Wakil Imam Islam Jamaah). Thoyibun (Dai Pusat Islam Jamaah). Ahmad Kuntjoro (Ketua DPP LDII). Kholil Busthomi (Ustadz LDII/ Islam Jamaah). Aziz Ridwan (Ustadz LDII / Islam Jamaah) dan Yusuf Thohir (Bidang Kangan Islam Jamaah Pusat)

Ini bukanlah kali pertama Adam beserta rekan menantang petinggi LDII, setidaknya beberapa waktu laluI FRIH terus menagih janji Kementerian Agama untuk memfasilitasi dialog antara para mantan anggota dan pengurus LDII.

“Saya menghimbau semua Umat Islam mendukung Sumpah Mubahalah ini,” imbuhnya. (Pz/Islampos)

cornello
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 227
Kepercayaan : Islam
Location : Manado
Join date : 18.05.12
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Inilah Sikap Muhammadiyah Terhadap LDII

Post by cornello on Thu Jun 20, 2013 12:44 pm

http://islampos.com/inilah-sikap-muhammadiyah-terhadap-ldii-64110/


INSIDEN penyerangan massa Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dalam kegiatan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Masjid Al Hijri, Kampus Universitas Ibnu Khaldun, masih menyisakan luka di jajaran panitia.

Pihak LDII mengaku kejadian itu merusak ukhuwah antara LDII dan Muhammadiyah yang sudah lama terjalin. Sebagian kalangan justru mempertanyakan sikap Muhammadiyah terhadap lembaga yang diketuai Abdullah Syam tersebut.

Situs Resmi Muhammadiyah (Muhammadiyah.or.id) sebelumnya sudah pernah melansir pertanyaan seorang muslim yang bertanya bagaimana sikap Muhammadiyah terhadap LDII. Berikut penjelasannya.



Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Saya warga Muhammadiyah, saya ingin bertanya mengenai hal yang menurut saya sangat penting, karena sebentar lagi saya mau menikah dengan wanita LDII. Bagaimana pandangan Muhammadiyah terhadap ajaran LDII? Terima kasih atas jawabannya.

Dwi Purwanto

alamat e-mail dwipurwant@qmail.com

(disidangkan pada hari Jum’at, 1 Rajab 1432 H / 3 Juni 2011 M)



Jawaban:

Wa ‘alaikumus-salam wr. wb.

Pertama, kami mengucapkan selamat kepada saudara karena telah menemukan wanita pilihannya untuk dinikahi. Kedua, karena kebetulan wanita pilihan saudara berasal dari kelompok Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), dan sesuai dengan pertanyaan saudara di atas, maka ada beberapa hal yang perlu perhatian. Bahwa LDII pemah ditetapkan sebagai aliran sesat, karena dianggap reinkarnasi dari Islam Jamaah. Butir kesesatannya adalah karena di antara paham yang dikembangkan oleh LDII ini adalah paham takfir, yakni menganggap semua orang Islam yang tidak bergabung ke dalam barisannya dianggap sebagai orang kafir. LDII yang didirikan oleh mendiang Nur Hasan Ubaidah Lubis, awalnya bernama Darul Hadis, kemudian berganti nama menjadi Islam Jama’ah, setelah dinyatakan terlarang oleh Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) – Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Karena kembali meresahkan masyarakat, akhirnya dilarang melalui SK Jaksa Agung RI No. Kep.-08/D.A/10. 1971. Setelah itu berganti nama LEMKARI (Lembaga Karyawan Dakwah Islam), pada tahun 1990 dalam Mubes di Asrama Haji Pondok Gede bergantinama menjadi LDII
Untuk diketahui, Pokok-Pokok Ajaran islam Jamaah / LDil adalah sebagai berikut:

1. Orang Islam di luar kelompok mereka adalah kafir dan najis, termasuk kedua orangtua sekalipun.

2. Kalau ada orang di luar kelompok mereka yang melakukan shalat di masjid mereka, maka bekas tempat shalatnya dicuci karena dianggap sudah terkena najis.

3. Wajib taat pada amir atau imam mereka.

4. Mati dalam keadaan belum baiat kepada amir/imam LDIl maka akan mati jahiliyah (kafir).

5. Al-Qur an dan Hadits yang boleh diterima adalah yang mankul (yang keluar dari mulut imam/amir mereka) selain itu haram diikuti.

6. Haram mengaji Al-Qur’an dan Hadits kecuali kepada imam/amir mereka.

7. Dosa bisa ditebus kepada sang amir atau imam dan besarnya tebusan tergantung besar kecilnya dosa yang diperbuat dan ditentukan oleh amir/imam.

8. Harus rajin membayar infak, shadaqah dan zakat kepada Amir/Imam mereka. Selain kepada mereka adalah haram.

9. Harta. zakat, infak dan shadaqah yang sudah diberikan kepada amir/imam haram ditanyakan catatannya atau penggunaannya.

10. Haram membagikan daging Qurban/ zakat fitrah kepada orang Islam di luar kelompoknya

11. Haram shalat di belakang imam yang bukan dari kelompok mereka, kalau terpaksa tidak perlu wudlu dan harus diulang.

12. Haram menikahi orang di luar kelompoknya.

13. Perempuan LDII kalau mau bertamu di rumah orang selain kelompoknya harus memilih waktu haid (dalam keadaan kotor).

14. Kalau ada orang di luar kelompok mereka bertamu ke rumah mereka maka bekas tempat duduknya harus dicuci karena dianggap najis.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan sepuluh kriteria suatu aliran dapat digolongkan tersesat. Namun, tidak semua orang dapat memberikan penilaian suatu aliran dinyatakan keluar darin ilai-nilai dasar Islam.”Suatu paham atau aliran keagamaan dapat dinyatakan sesat bila memenuhi salah satu dari sepuluh kriteria,” kata Ketua Panitia Pengarah Rakernas MUI Tahun 2007, Yunahar Ilyas, di Jakarta. Sepuluh Kriteria Aliran Sesat tersebut adalah:
1. Mengingkari rukun iman dan rukun Islam

2. Meyakini dan atau mengikuti akidah yang tidak sesuai dalil syar’I (Al-Qur’an dan As-Sunnah),

3. Meyakini turunnya wahyu setelah Al-Qur’an

4. Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Al-Qur’an

5. Melakukan penafsiran Al-Qur’an yang tidak berdasarkan kaidah tafsir

6. Mengingkari kedudukan Hadits Nabi sebagai sumber ajaran Islam

7. Melecehkan dan atau merendahkan para Nabi dan Rasul

8. Mengingkari Nabi Muhammad saw sebagai Nabi dan Rasul terakhir

9. Mengubah pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan syariah

10. mengkafirkan kaum muslim tanpa dalil syar’i



Yang menarik sebagaimana hasil rakernas LDII 2007, organisasi kemasyarakatan berbasis keagamaan ini tidak menajiskan atau mengkafirkan orang dan masjid yang dikelola terbuka untuk umum. Dalam LDII juga tidak ada keamiran dan mau diimami oleh siapa saja, dengan mengiktui ijma’ ulama untuk melakukan taswiyah al-manhaj dan tansiq al-harakah. “Kami punya paradigma baru,” kata ketua Wanhat DPD LDII Kota CVirebon, Drs. H, Mansyur MS.

Namun ketua MUI KH. Ma’ruf Amin menyatakan bahwa memang saat ini LDII sedang berusaha untuk menyatu dengan ormas Islam lainnya. Tapi MUI belum merehabilitasinya. MUI akan membuka diri jika LDII berkeinginan kembali bergabung bersama ormas lain, asalkan bersedia menyampaikan surat pernyataan secara resmi, tidak akan berperilaku seperti yang dituduhkan selama ini. Salah satunya menganggap orang di luar mereka kafir.

Sebenarnya I’tikad baik LDII untuk keluar dari eksklusifisme sudah mulai terlihat, dimana sebagian mereka sudah mau bersalaman dan tidak mencuci tangannya lagi setelah bersalaman. Namun untuk batin hanya Allah yang tahu.

Oleh karena itu apabila sudah tidak mengamalkan pokok-pokok ajaran yang 14 butir di atas, dan tidak ada indikasi kearah aliran sesat, maka umat Islam dapat membuka diri termasuk Muhammadiyah, dalam rangka tawashau bil-haq wa tawashau bishober.

(Pz/Islampos)

cornello
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 227
Kepercayaan : Islam
Location : Manado
Join date : 18.05.12
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: sesatkah LDII

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik