FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Islam, Sains dan Teknologi

Halaman 5 dari 11 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Islam, Sains dan Teknologi

Post by Admin on Sat Oct 08, 2011 2:35 pm

First topic message reminder :



Oleh Saeful Rokhman

Di antara hal yang di anggap modern di era ini adalah sains dan teknologi. Sains dan teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat bagi kehidupan manusia. Dalam setiap waktu para ahli dan ilmuwan terus mengkaji dan meneliti sains dan teknologi sebagai penemuan yang paling canggih dan modern. Keduanya sudah menjadi simbol kemajuan dan kemodernan pada abad ini. Oleh karena itu, apabila ada suatu bangsa atau negara yang tidak mengikuti perkembangan sains dan teknologi, maka bangsa atau negara itu dapat dikatakan negara yang tidak maju dan terbelakang.

Kembali ke topik Islam terkait dengan masalah sains dan teknologi. Pandangan Islam terhadap sains dan teknologi adalah bahwa Islam tidak pernah mengekang umatnya untuk maju dan modern. Justru Islam sangat mendukung umatnya untuk me-research dan bereksperimen dalam hal apapun, termasuk sains dan teknologi. Bagi Islam sains dan teknologi adalah termasuk ayat-ayat Allah yang perlu digali dan dicari keberadaannya. Ayat-ayat Allah yang tersebar di alam semesta ini Allah anugerahkan kepada manusia sebagai khalifah di muka bumi untuk diolah dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Pandangan Islam tentang sains dan teknologi dapat diketahui prinsip-prinsipnya dari analisis wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW.

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. Al-Isra: 1-5)

Menurut seorang pakar tafsir kontemmporer asal Indonesia, Prof. Dr. Quraisy Syihab, ‘iqra’ terambil dari kata menghimpun. Dari menghimpun lahir aneka makna seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti, mengetahui ciri sesuatu, dan membaca baik teks tertulis maupun tidak.[1] Dalam ayat yang lain, Allah SWT memuji kepada hambanya yang memikirkan penciptaan langit dan bumi. Bahkan banyak pula ayat-ayat al-Qur’an yang menyuruh manusia untuk meneliti dan memperhatikan alam semesta.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Imran: 190-191)

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya kami tumbuhkan di bumi itu pelbagai macam tumbuh-tumbuhan yang baik? (QS. Asy-Syu’ara: 7)

Katakanlah: “Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman”. (QS. Yunus: 101)

Ayat-ayat di atas adalah sebuah support yang Allah berikan kepada hambanya untuk terus menggali dan memperhatikan apa-apa yang ada di alam semesta ini. Makanya seorang ahli sains Barat, Maurice Bucaile, setelah ia melakukan penelitian terhadap al-Qur’an dan Bibel dari sudut pandang sains modern. Ia mengatakan:

Saya menyelidiki keserasian teks Qur’an dengan sains modern secara obyektif dan tanpa prasangka. Mula-mula saya mengerti, dengan membaca terjemahan, bahwa Qur’an menyebutkan bermacam-macam fenomena alamiah, tetapi dengan membaca terjemahan itu saya hanya memperoleh pengetahuan yang sama (ringkas). Dengan membaca teks arab secara teliti sekali saya dapat mengadakan inventarisasi yang membuktikan bahwa Qur’an tidak mengandung sesuatu pernyataan yang dapat dikritik dari segi pandangan ilmiah di zaman modern.[2]

Jika sains dan teknologi ini ditelusuri kembali ke masa-masa pertumbuhannya, hal itu tidak lepas dari sumbangsih para ilmuwan muslim. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa asal-usul sains modern atau revolusi ilmiah berasal dari peradaban Islam. Memang sebuah fakta, umat Islam adalah pionir sains modern. Jikalau mereka tidak berperang di antara sesama mereka, dan jika tentara kristen tidak mengusirnya dari Spanyol, dan jika orang-orang Mongol tidak menyerang dan merusak bagian-bagian dari negeri-negeri Islam pada abad ke-13, mereka akan mampu menciptakan seorang Descartes, seorang Gassendi, seorang Hume, seorang Cupernicus, dan seorang Tycho Brahe, karena kita telah menemukan bibit-bibit filsafat mekanika, emperisisme, elemen-elemen utama dalam heliosentrisme dan instrumen-instrumen Tycho Brahe dalam karya-karya al-Ghazali, Ibn al-Shatir, para astronom pada observatorium margha dan karya-karya Takiyudin.[3]

Peradaban Islam pernah memiliki khazanah ilmu yang sangat luas dan menghasilkan para ilmuwan yang begitu luar biasa. Ilmuwan-ilmuwan ini ternyata jika kita baca, mempunyai keahlian dalam berbagai bidang. Sebut saja Ibnu Sina. Dalam umurnya yang sangat muda, dia telah berhasil menguasai berbagai ilmu kedokteran. Mognum opusnya al-Qanun fi al-Thib menjadi sumber rujukan primer di berbagai universitas Barat.

Selain Ibnu Sina, al-Ghazali juga bisa dibilang ilmuwan yang refresentatif untuk kita sebut di sini. Dia teolog, filosof, dan sufi. Selain itu, dia juga terkenal sebagai orang yang menganjurkan ijtihad kepada orang yang mampu melakukan itu. Dia juga ahli fiqih. Al-Mushtasfa adalah bukti keahliannya dalam bidang ushul fiqih. Tidak hanya itu, al-Ghazali juga ternyata mempunyai paradigma yang begitu modern. Dia pernah mempunyai proyek untuk menggabungkan, tidak mendikotomi ilmu agama dan ilmu umum. Baginya, kedua jenis ilmu tersebut sama-sama wajib dipelajari oleh umat Islam.

Selain para ilmuwan di atas, Ibnu Rusyd layak kita sebut di sini. Dia filosof ulung, teolog dan menguasai kedokteran. Bahkan dia juga bisa disebut sebagai faqih. Kapabalitasnya dalam bidang fiqih dibuktikan dengan karya tulisnya Bidayah al-Mujtahid. Filosof ini juga menjadi inspirasi gerakan-gerakan di Barat. Tidak sedikit ideologinya yang diadopsi oleh orang Barat sehingga bisa maju seperti sekarang.

Ilmuwan lainnya seperti Fakhruddin al-Razi, selain seorang teolog, filosof, ahli tafsir, dia juga seorang yang menguasai kedokteran. Al-Khawarizmi, Matematikawan dan seorang ulama. Dan masih banyak lagi para ulama sekaligus ilmuwan yang dihasilkan dari Peradaban Islam. Semua itu menunjukkan, bahwa suatu peradaban bisa maju dan unggul, meskipun tetap dilandasi oleh agama dan kepercayaan terhadap Tuhan (Allah SWT).

Adapun kondisi umat Islam sekarang yang mengalami kemunduran dalam bidang sains dan teknologi adalah disebabkan oleh berbagai hal. Sains Islam mulai terlihat kemunduran yang signifikan adalah selepas tahun 1800 disebabkan faktor eksternal seperti pengaruh penjajahan yang dengan sengaja menghancurkan sistem ekonomi lokal yang menyokong kegiatan sains dan industri lokal. Contohnya seperti apa yang terjadi di Bengali, India, saat sistem kerajinan industri dan kerajinan lokal dihancurkan demi mensukseskan ‘revolusi industri” di Inggris.

Sains dan teknologi adalah simbol kemodernan. Akan tetapi, tidak hanya karena modern, kemudian kita mengabaikan agama sebagaimana yang terjadi di Barat dengan ideologi sekularisme. Karena sains dan teknologi tidak akan pernah bertentangan dengan ajaran Islam yang relevan di setiap zaman.

[1] Prof. Dr. Quraisy Syihab, Wawasan al-Qur’an,

[2] Maurice Buccaile, La Bible Le Coran Et Le Science, terj. Bible, Qur’an dan Sains Modern oleh H.M. Rasjidi, Jakarta: Bulan Bintang, hal. 10.

[3] Majalah Islamia, Thn. I, No. 4, Artikel Prof. Dr. Cemil Akdogan.
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://www.laskarislam.com

Kembali Ke Atas Go down


Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by satria bergitar on Sat Jun 15, 2013 8:38 am

islam, sains dan teknologi akan selalu berkaitan dan mendukung satu sama lain...

berbeda dengan kristen yg selalu bertolak belakang...

peradaban barat maju bukan karena ajaran kristen...justru karena mereka meninggalkan dasar pemikiran kristen yang dogmatis...sekulerisme
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by satria bergitar on Sat Jun 15, 2013 8:51 am

@andi cactusa

jujur ngeliat postingan nte ane serasa ketemu orang primitif...

nih ane suapain...itupun klo nte punya mata hati



1. Operasi Bedah





Sekitar tahun 1000, seorang dokter Al-Zahrawi mempublikasikan 1500 halaman ensiklopedia berilustrasi tentang operasi bedah yang digunakan di Eropa sebagai SUMBER REFERENSI medis PERTAMA pada 500 tahun berikutnya.  Di antara sekian banyak penemuan, Al Zahrawi dilaporkan melakukan operasi caesar pertama di dunia. Zahrawi yang menggunakan larutan usus kucing menjadi benang jahitan, sebelum menangani operasi kedua untuk memindahkan jahitan pada luka. Dia juga yang dilaporkan melakukan operasi caesar dan menciptakan sepasang alat jepit pembedahan. Banyak instrumen bedah modern didesain sama persis seperti yang pernah dirancang pada abad ke-10 oleh seorang ahli bedah Muslim bernama al-Zahrawi ini. Seperti pisau bedah, gergaji tulang, tang, gunting halus untuk bedah mata dan banyak dari 200 instrumen yang ia rancang akan kita kenali dalam peralatan kedokteran bedah modern.

Pada abad ke-13, medis Muslim lain bernama Ibn Nafis menggambarkan sirkulasi darah 300 tahun SEBELUM William Harvey menemukannya!! Dokter Muslim ini juga menemukan obat bius dari campuran opium dan alkohol dan jarum berongga untuk menyedot katarak dari mata, ini merupakan sebuah teknik LUAR BIASA yang masih digunakan sampai sekarang. Subhanallah...

 

 

2. Kopi

 

Seorang Arab bernama Khalid sedang merawat kambing di wilayah Kaffa di Ethiopia selatan, ketika ia melihat binatang itu menjadi lebih bergairah setelah makan “kacang” tertentu.Ia merebus “kacang” untuk membuat kopi pertama. Jejak pertama pada abad ke-9 minuman kopi adalah terungkapnya “kacang” tersebut diekspor dari Ethiopia ke Yaman di mana para sufi meminumnya untuk tetap terjaga sepanjang malam untuk berdoa pada acara-acara khusus. Kemudian dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajat (tamu pendatang) yang kemudian kopi pun disukai oleh seluruh kerajaan.

Pada abad ke-13 "kacang" yang disebut kopi tersebut tiba di Mekah dan Turki, dan barulah di abad ke-15 masuk juga Eropa tepatnya ke Venesia, Italia pada tahun 1645.

Kopi dibawa ke Inggris pada 1650 oleh seorang Turki bernama Pasqua Rosee yang membuka kedai kopi pertama di Lombard Street di kota London. Bahasa Arab kopi adalah “qahwa” pengucapannya menjadi “kahve” dalam bahasa Turki, maka di Italia karena orang barat sulit melafalkan bahasa arab maka disebut “caffe” dan kemudian bahasa Inggris disebut “coffee”. [Ya sama spt lidah org Indonesia yg ga bisa ngomong freeman (laki2 bebas) malah jadi Preman hehehe]

 

 

3. Mesin Terbang



Abbas ibn Firnas adalah orang pertama yang mencoba membuat konstruksi sebuah pesawat terbang dan menerbangkannya Ribuan tahun JAUH sebelum Wright bersaudara terbang dan sekalipun Leonardo Da Vinci yang mendesain mesin terbangnya. Di abad ke-9 dia mendesain sebuah perangkat sayap dan secara khusus membentuk layaknya kostum burung. Dalam percobaannya yang terkenal di Masjid Agung Cordoba Spanyol, Firnas terbang tinggi untuk beberapa saat sebelum kemudian jatuh ke tanah dan mematahkan tulang belakangnya.

Pada 875, usia 70 tahun, setelah Abbas ibn Firnas menyempurnakan sebuah mesin dari sutera dan bulu elang, dia mencoba lagi, melompat dari sebuah gunung. Dia terbang ke ketinggian yang signifikan dan tetap tinggi selama sepuluh menit, tetapi jatuh saat mendarat dengan benar, bahwa ternyata ia tidak diberi perangkat ekor sehingga akan memperlambat saat mendarat. Bandara internasional Baghdad dan sebuah kawah di Bulan diberi nama Abbas ibn Firn. Desain yang dibuatnya secara tidak terduga menjadi inspirasi bagi seniman Italia Leonardo da Vinci SETELAH ratusan tahun kemudian.

 

4. Universitas



Apakah Anda tau bahwa bahasa arab dari universitas adalah jami’ah?

Pasti Anda tahu bahwa tempat sholat itu diberi nama masjid jami’.

Ini membuktikan bahwa lebih dari satu milenium lalu, ilmu pengetahuan dan agama Islam telah duduk berdampingan!!! ISLAM-lah yang pertama kali menyuruh manusia untuk BELAJAR persis sepeti Wahyu pertama yang diterima oleh Rasulullah: "IQRO...!!!" yang artinya "BACALAH...!!!" itulah FIRMAN ALLAH yang pertama, 1 kata tapi sejuta makna terselubung di dalamnya. :)

Islam membangun pengetahuan dari Babilonia, Mesir, Yunani, Cina dan Peradaban India, Muslim mengembangkan budaya belajar di mana pikiran bertanya mencari kebenaran didasarkan pada ketelitian ilmiah dan eksperimen. Sebagaimana kitab suci AL-QUR'AN banyak yang membuktikan tentang ILMU SCIENCE dan Teknologi Di hampir setiap bidang pengetahuan, Muslim membuat penemuan baru dan penemuan dengan hasil praktis yang membantu mengembangkan masyarakat di seluruh dunia.

Dalam tahun 859 putri muda bernama Fatima al-Firhi mendirikan universitas-pemberian gelar pertama di Fez, Maroko. Miryam, kakaknya, mendirikan sebuah masjid yang berdekatan dan bersama-sama menjadi kompleks Masjid al-Qarawiyyin dan Universitas yang masih beroperasi hampir 1.200 tahun kemudian.

Hal ini mengingatkan bahwa orang bahwa belajar adalah kewajiban bagi laki-laki dan perempuian yang merupakan inti dari tradisi Islam dan bahwa cerita tentang saudari al-Firhi akan inspirasi bagi para perempuan muda Muslim di seluruh dunia saat ini.

 

5. Aljabar



Sistem penomoran yang ada di dunia modern tentu saja tidak terlepas dari peran penting seorang ULAMA muslim bernama al-Khawarizmi yang terekam dalam buku berjudul “Al-Jabr wa-al Muqabilah” yang berarti “Penalaran dan Perimbangan” sekitar tahun 825. Dari buku itulah ilmu dalam matematika yang dinamai Aljabar dipakai hingga sekarang. Buku karya ulama matematika yang menciptakan angka nol dari India ini diimpor ke Eropa 300 tahun kemudian oleh matematikawan Italia, Fibonacci. Membangun akar sistem Yunani dan Hindu, aljabar adalah sistem pemersatu untuk nomor rasional, nomor tidak rasional dan gelombang magnitudo. Al-Khwarizmi juga yang pertama kali memperkenalkan konsep angka menjadi bilangan dari 0-9 yang bisa menjadi kekuatan, subhanallah...

Teori Algoritma dan teori Trigonometri dan CARA RUMUSAN-RUMUSAN PRAKTIS banyak berasal dari dunia Muslim. Dan penemuan Al-Kindi mengenai analisis frekuensi yang diberikan semua kode dunia kuno larut dan menciptakan dasar kriptologi modern.

 

6. Optik



“Banyak kemajuan penting dalam studi optik datang dari dunia muslm,” ujar Hassani. Diantara tahun 1.000 Ibn al-Haitham membuktikan bahwa manusia melihat obyek dari refleksi cahaya dan masuk ke mata, refleksi cahaya dan masuk ke mata, mengacuhkan teori Euclid dan Ptolemy bahwa cahaya dihasilkan dari dalam mata sendiri. Fisikawan hebat muslim lainnya juga menemukan fenomena pengukuran kamera di mana dijelaskan bagaimana mata gambar dapat terlihat dengan koneksi antara optik dan otak.

 

7. Teori Relativitas Al-Kindi

 

Teori relativitas ternyata telah lama dicetuskan oleh ilmuwan Muslim di abad ke 8 Masehi. Dialah Abu Yusuf bin Ashaq al-Kindi. Ia adalah seorang ilmuwan dan filsuf Muslim keturunan Yaman dan lahir di Kufah tahun 185 H/796 M. Ilmuwan yang di kenal sebagai Alkindus di Barat ini menyatakan bahwa manusia adalah makhluk relatif dan terbatas. Walaupun semua makhluk individu tidak terbatas banyaknya, namun waktu, gerak, badan dan ruang adalah terbatas. Intinya, Al-Kindi hendak menyatakan bahwa “Waktu itu ada (eksis) karena ada gerak. Gerak itu adak karena badan/tubuh yang bergerak…. Jika tidak gerak, ada tubuh yang diperlukan untuk bergerak; jika ada badan, ada gerakan yang dilakukan”. Dengan kata lain, ruang, waktu, gerakan dan benda itu bersifat relatif satu sama lain dan tidak dapat berlaku sendiri (independent) atau absolut. Seluruhnya bersifat relatif terhadap objek-objek lain dan terhadap si pengamat.

Teori yang di gagas Einstein juga hampir sama. Ia menyatakan bahwa “Eksistensi-eksistensi dalam dunia ini terbatas, walaupun eksistensi itu sendiri tidak terbatas”. Tentu saja karena kedua ilmuwan ini hidup dan berkarya di zaman yang berbeda, maka temuan dari Einstein akan lebih mendetail dan dijelaskan dengan dukungan penelitian dan pengujian ilmiah. Bahkan telah terbukti dengan adanya ledakan bom atom di Nagasaki dan Hiroshima. Namun yang jelas, ternyata teori relativitas yang di gagas oleh Albert Einstein pada abad ke 20 telah lebih dulu di temukan oleh ilmuwan Muslim yaitu Abu Yusuf bin Ashaq al-Kindi sekitar seribu seratus tahun sebelumnya.

 

Sesungguhnya, konsep tentang relativitas ruang dan waktu ini sudah tidak asing lagi bagi kalangan ilmuwan Islam terdahulu. Karena di dalam Al-Qur`an telah disebutkan berbagai ayat yang mengisyaratkan relatifnya ruang dan waktu, seperti:

“Sesungguhnya sehari disisi Allah adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu” (QS. Al-Hajj [22] : 47).

“Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (Urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu” (QS. As-Sajdah [32] : 5)

Jadi, sekarang apakah kita tidak bangga dan termotivasi untuk mengembalikan kejayaan Islam itu?

 

8. Sikat Gigi



Menurut Hassani, Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam mempopulerkan penggunaan sikat gigi pertama kali DI DUNIA pada tahun 600. Menggunakan ranting pohon Miswak alias Siwak untuk membersihkan gigi dan menyegarkan napas. Substansi kandungan di dalam Miswak juga digunakan dalam pasta gigi modern. Bahkan isi kandungan pada Siwak ini lebih banyak dan lebih bagus daripada pasta gigi modern yang dibuat sekarang!

Dari manakah Rasulullah tau?

Dan kenapa beliau memilih ranting siwak untuk membersihkan dan menyehatkan giginya?

Rasulullah bukan seorang ilmuwan yang meneliti terlebih dahulu ranting tersebut.

Dan siapa lagi selain ALLAH Robb satu-satunya, Tuhan Yang ESA, yang menaruh Firman-NYA ke dalam Mulutnya...^_^

 

9. Poros engkol dan kunci kombinasi



Banyak dasar sistem otomatis modern pertama kali berasal dari dunia muslim, termasuk pemutar yang menghubungkan sistem. Dengan mengkonversi gerakan memutar dengan gerakan lurus, pemutar memungkinankan obyek berat terangkat relatif lebih mudah.Teknologi tersebut ditemukan oleh Al-jazari pada abad ke-12, kemudian teori ini digunakan dalam penggunaan sepeda hingga kini. 

 

Poros engkol adalah perangkat yang diterjemahkan ke dalam gerakan berputar linier dan merupakan pusat dari banyak mesin di dunia modern, paling tidak mesin pembakaran internal. Salah satu penemuan mekanis terpenting dalam sejarah manusia, ia diciptakan oleh seorang insinyur Muslim cerdik yang dikenal dengan nama al-Jazari untuk mengangkat air untuk irigasi.

Kitab pengetahuannya tentang Perangkat Mekanikal Cerdik (1206) menunjukkan ia juga menemukan atau menyempurnakan penggunaan katup dan piston, menyusun beberapa jam mekanis pertama didorong oleh air dan beban, dan merupakan ayah dari robotika. Salah satu dari 50 penemuannya adalah kunci kombinasi.

 

10. Pulpen



Catatan sejarah awal dari sebuah pena yang menggunakan reservoir kembali ke abad 10. Pada 953, al-Mu’izz Ma’ad, Khalifah Fatimiyah Mesir, menuntut pena yang tidak akan menodai tangan atau pakaian, dan dilengkapi dengan tinta pena yang berada di reservoir (tabung penampung) dan dialirkan ke ujung pena itu. Pulpen ini mungkin disebut pena, tapi mekanismenya masih belum diketahui, dan hanya satu catatan yang telah ditemukan. Siapa muslim perancang pulpen itu sendiri saya belum mendapatkan sumbernya. Pena reservoir kemudian dikembangkan Tahun 1636 oleh orang jerman bernama Daniel Schwenter.

 

11. Catur

 

Suatu bentuk catur dimainkan di India kuno tapi permainan dikembangkan menjadi bentuk yang kita kenal sekarang di Persia. Dari sana menyebar ke arah barat ke Eropa – di mana diperkenalkan oleh bangsa Moor di Spanyol pada abad ke-10 – dan timur sejauh Jepang. Kata “benteng” berasal dari Persia “Rukh”, yang berarti kereta.

 

 

12. Musik

 

Meski sebenarnya Musik itu HARAM dalam syari'at Islam, di sini ana hanya ingin mengungkapkan KABAR BERITA "Siapakah yang paling pertama kali mempeloori musik" bukan berarti "menghalalkan musik".

Ini tentang Musisi muslim golongan sufi yang memiliki dampak signifikan di Eropa. Di antara banyak instrumen yang hadir ke Eropa melalui timur tengah adalah lute dan rahab, nenek moyangnya biola! Skala notasi musik modern juga dikatakan berasal dari alfabet arab!! DO RE MI FA SOL LA SI DO ??? Anda tau itu??? Itu dari tulisan arab, karena orag eropa tidak bisa fasih berbahasa arab, jadi dipelestkan mnjadi yg dikenal saat ini.

MUSIK HARAM? YA! Lihat dulu bagian2 mengapa diharamkannya:

Yang diperbolehkan adalah hanya lantunan deretan SYAIR yang berisi tentg ISLAM atau muhasabah ataupun sebagainya Yang menjadikan diri dekat pada Allah [tanpa diiringi alat2 musik instrumental]

dalilnya QS  luqman : 6

“Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna [lagu-lagu] sehingga dia menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan.” (QS. Luqman: 6)

Kalau Mendengarkan alat music haramnya itu, disini ada 3 katagori,

         1. alat yang dipukul

         2. alat yang ditiup

         3. alat yang dipetik

 Untuk alat yang dipukul hampir semua ulama’ membolehkan tapi hanya untuk UPACARA PENGANTIN dan yang memainkannya adalah WANITA sesama wanita, dan anak-anak kecil saja, dalilnya hadits asiyah, bahwa Rasulullah berkata : yang artinya “ umumkanlah nikah dan pukullah gendang karenanya”, serta hadits arrobi’ binti muwwid yang mengkisahkan bahwa Nabi masuk ke rumah beliau sedang anak-anak kecil memukul-mukul gendang.

 

Abdullah bin Mas’ud berkata menafsirkan ‘perkataan yang tidak berguna’,  

“Dia -demi Allah- adalah nyanyian.”

Dalam riwayat lain beliau berkata,  

“Itu adalah nyanyian, demin yang tidak ada sembahan yang berhak selain-Nya,” beliau mengulanginya sebanyak 3 kali.

 

Ini juga merupakan penafsiran dari Ibnu Abbas dan Jabir bin Abdillah dari kalangan sahabat. Dan dari kalangan tabi’in: Ikrimah, Said bin Jubair, Mujahid, Mak-hul, Al-Hasan Al-Bashri, dan selainnya. (Lihat selengkapnya dalam Tafsir Ibnu Katsir: 3/460)

 

Sedangkan yg dipetik itu BUKAN TERMASUK GITAR zaman skrg!!! Yang dipetik di sini adalah yg suaranya sendu/kecil. Meski ulama berbeda pendapat, ada yg memperbolehkan dan ada yang tidak KETAHUILAH IMAM 4 MADZHAB MENGHARAMKAN MUSIK!!! Berdasarkan hadits shohih ini “Kelak akan ada sekelompok kaum dari umatku yang akan menghalalkan zina, kain sutra (bagi lelaki), khamar, dan alat-alat musik.” (HR. Al-Bukhari no. 5590)IKUTILAH KESEPAKATAN ULAMA YAITU ambilah yang pertama SYAIR TANPA ALAT2 MUSIK DENGAN ISI TTG AGAMA ISLAM. --Itu lebih baik---

NB: Jangan sering2, MENDINGAN mendengarkan lantunan MP3 atau murrotal Al-Qur'an tetap jadi NO.1 di hati Kita...!

 

15. Penemuan Benua Amerika

 

Sering kita mengenal bahwa penemu benua amerika pertama kalinya adalah Christopher Columbus (1492). Tapi anggapan itu masih banyak yang menampiknya. Adalah Admiral Zheng He (Laksamana Cheng Ho) seorang muslim, 70 tahun lebih awal tiba di Amerika dibandingkan bendera Castilian Spanyol yang ditancapkan Colombus.

Penjelajahannya hingga mencapai benua Amerika mengambil waktu antara tahun 1421 dan 1423. Membawa armada 100 kapal dan sekitar 28,000 anak buah kapal. Armada kapal Zheng He berlayar menyusuri jalur selatan melewati Afrika dan sampai ke Amerika. menggunakan kapal yang 4 kali lebih besar dari pada kapal yang digunakan oleh Colombus.

Hal ini dibuktikan dalam seminar yang diselenggarakan oleh Royal Geographical Society di London 15 Maret 2002 oleh seorang ahli kapal selam dan sejarawan bernama Gavin Menzies.

Lain lagi dengan 2 peneliti seperti seorang sejarawan dan ahli geografi muslim Abul-HASSAN ALI IBN AL-Hussain Al-Masudi (871-957 M) menulis dalam bukunya Muruj Adh-dhahab wa maadin aljawhar (Padang rumput dan tambang emas dari jewells) bahwa pada masa pemerintahan Muslim Khalifah Spanyol Abdullah Ibn Muhammad (888-912 M), seorang Muslim navigator, Khashkhash Ibn Saeed Ibn Aswad, dari Cordova, Spanyol berlayar dari Delba (Palos) pada 889 M, menyeberangi Samudera Atlantik, mencapai wilayah yang tidak dikenal (ard majhoola) dan kembali dengan harta yang menakjubkan. Di Al-Masudi’s peta dunia ada luas dalam lautan kegelapan dan kabut yang disebut sebagai wilayah yang tidak dikenal (Amerika).

Sementara seorang sejarawan muslim Abu Bakr ibn UMAR AL-GUTIYYA meriwayatkan bahwa selama masa pemerintahan khalifah Islam di Spanyol, Hisham II (976-1009 M), seorang navigator Muslim, Ibnu Farrukh, dari Granada, berlayar dari Kadesh (Februari 999 M) ke Samudra Atlantik , mendarat di Gando (Great Canary pulau) mengunjungi Raja Guanariga, dan terus ke arah barat di mana ia melihat dua pulau, Capraria dan Pluitana. Ia tiba kembali di Spanyol Mei 999 Masehi.

Muslim berasimilasi dengan penduduk asli Amerika, Indian. Sehingga meninggalkan sejarah peradaban suku Indian yang berpakaian jubah menutup aurat dan jauh dari keliaran. Seperti suku Cheerokee yang memakai surban dikepalanya. Seorang sejarawan bernama Dr. Yousef Mroueh menghitung, di Amerika Utara ada sekurangnya 565 nama Islam pada nama kota, sungai, gunung, danau, dan desa. Di Amerika Serikat sendiri ada 484 dan di Canada ada 81. Coba search Mecca, Cordova, Mahomet, Kabah atau Andalusia akan terurai nama-nama tersebut ada di United States.

 

16. Industri Sabun



Sabun telah di kenal oleh umat Islam sejak abad ke 9 Masehi. Dikenalkan pertama kali DI DUNIA oleh ilmuwan Muslim yang bernama Ar-Razi atau di Barat dikenal sebagai Razes. Menurut Razi untuk membuat sabun di butuhkan campuran beragam minyak tumbuhan (diantaranya minyak zaitun) dan mencampurnya dengan sodium hidroksida serta bahan-bahan aromatik seperti thyme.

Betapa hebatnya para ilmuwan Muslim terdahulu. Mereka telah benar-benar menerapkan salah satu sabda Rasulullah bahwa “Kebersihan itu sebagian dari iman”. Selain Ar-Razi, para ahli kimia Muslim abad pertengahan juga telah menemukan sabun wangi yang berwarna serta sabun cair. Bahkan baru-baru ini telah ditemukan SEBUAH MANUSKRIP dari abas ke 13 yang berisi tata cara pembuatan sabun secara lebih mendetail. Berikut penjelasannya:

 

“Sediakan sejumlah minyak wijen, sedikit potash, alkali dan beberapa jeruk lemon. Kemudian, campur dan rebus bahan-bahan tersebut. Setelah masak, tuangkan campuran penas tersebut dalam cetakan lalu biarkan sampai menjadi dingin. Maka jadilah sabun batangan”

 

SUBHANALLAH....!!!

Sungguh mengherankan bila di Eropa pada abad pertengahan para raja dan kalangan bangsawan masih menggunakan air seni manusia untuk mencuci baju dan mandi, SEDANGKAN peradaban Islam telah menikmati sabun dalam bentuk batangan. Tapi ironisnya, sumbangsih peradaban Islam ini tidak disebutkan dalam banyak buku sejarah penemuan dunia. Kurun waktu dari abad ke 1 hingga 15 diloncati begitu saja seolah-olah lima belas abad itu tidak ada artinya. T_T huft

 

17. Sampo buatan Sake Dean Mahomet

 

Tahukah Anda siapa yang memperkenalkan pertama kali sampo ke dunia Barat??? Dialah seorang Muslim dari Benggali (India) bernama Sake Dean Mahomet yang membawa sampo ke daratan Eropa pada tahun 1759. Dia kemudian memperkenalkan sampo di Inggris dengan membuka “Mahomed`s Indian Vapor Baths” atau “Pemandian wangi gaya India milik Mahomet” di kawasan pelabuhan Brighton. Pemandian ini lebih mirip dengan pemandian gaya Turki atau Turkish Baths dimana ia juga menawarkan pijat terapi kulit kepala atau champi (mengeramas). Mahomet bahkan kemudian di tunjuk sebagai seorang ahli bedah khusus menyampo bagi raja George IV dan William IV.

Nah!

Sejak saat itu para penata rabut di Inggris kemudian mulai membuat sampo dengan cara merebuh sabun batangan dengan air matang yang di bubuhi dengan rempah-rempah untuk membuat rembut berkilau dan wangi.

 

 

18. Mesin Robot



Al Jazari (1136-1206) mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang kemudian hari dikenal sebagai mesin robot. Al Jazari merupakan seorang tokoh besar di bidang mekanik dan industri pada abad ke-12. Lahir dari Al Jazira, yang terletak diantara sisi utara Irak dan timur laut Syiria, tepatnya antara Sungai Tigris dan Efrat. Al-Jazari merupakan ahli teknik yang luar biasa pada masanya.

Nama lengkapnya adalah Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari dia tinggal di Diyar Bakir, Turki, selama abad kedua belas. Al-Jazari mendapat julukan sebagai Bapak Modern Engineering berkat temuan-temuannya yang banyak mempengaruhi rancangan mesin-mesin modern saat ini, diantaranya combustion engine, crankshaft, suction pump, programmable automation, dan banyak lagi.

Dia adalah penulis Kitáb fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik) tahun 1206. Beliau mendokumentasikan lebih dari 50 karya temuannya, lengkap dengan rincian gambar-gambarnya, Bukunya ini berisi tentang teori dan praktik mekanik. Karyanya ini sangat berbeda dengan karya ilmuwan lainnya, karena dengan piawainya Al-Jazari membeberkan secara detail hal yang terkait dengan mekanika. Dan merupakan kontribusi yang sangat berharga dalam sejarah teknik.

Donald Routledge dalam bukunya Studies in Medieval Islamic Technology, mengatakan bahwa hingga zaman modern ini, tidak satupun dari suatu kebudayaan yang dapat menandingi lengkapnya instruksi untuk merancang, memproduksi dan menyusun berbagai mesin sebagaimana yang disusun oleh Al-Jazari

 

 

18.  Perancang  Air Mancur



Dalam berbagai catatan sejarah Islam, terungkap bahwa umat Islam menjadi umat pertama yang menggunakan media air dalam rancangan sebuah taman. Maupun memanfaatkan media air untuk memperindah ruangan, baik di rumah, masjid, istana, dan taman umum. 

Perancang beragam bentuk air mancur adalah Banu Musa Bersaudara hidup pada abad ke-9. Mereka adalah ilmuwan yang sangat aktif berkegiatan di Bayt al-Hikmah, Baghdad, Irak. Ini merupakan sebuah tempat yang terkenal dengan perpustakaan dan penerjemahan beragam ilmu pengetahuan. Banu Musa bersaudara merupakan putra-putra dari Musa ibn Shakir yang bekerja sebagai ahli astrologi Khalifah al-Ma'mun. Pada saat Musa ibn Shakir meninggal, dia meninggalkan anak-anaknya yang masih muda dalam lingkungan kekhalifahan.

Banu Musa terdiri atas tiga bersaudara. Yang pertama adalah Abu Ja'far Muhammad ibn Musa ibn Shakir  (803-873). Dia memiliki keahlian khusus di bidang astronomi, teknik, geometri, dan fisika. Kemudian, ada juga Ahmad bin Musa ibn Shakir (803-873) yang memiliki keahlian khusus di bidang teknik dan mekanik. Selain itu, juga ada Al-Hasan bin Musa ibn Shakir (810-873). Dia pun memiliki keahlian yang sangat dikuasainya, yaitu bidang rekayasa dan geometri.

Kitab al-Hiyal atau Kitab Perangkat Mekanik merupakan hal bernilai yang ditinggalkan Banu Musa bersaudara. Melalui kitab ini, mereka memberikan warisan berguna bagi perkembangan teknik dan arsitektur dalam dunia Islam.

Dalam kitabnya, Banu Musa bersaudara menciptakan rancangan pembuatan air mancur dalam beragam teknik dan trik. Mereka menerapkan beragam prinsip geometri dan fisika untuk membuat air mancur. Kitab tersebut juga memuat tujuh model atau rancangan air mancur.



 

19. Hukum Gravitasi Universal

 

Dunia mengenal Sir Isaac Newton (Principia, 1687) sebagai penemu pertama "hukum gravitasi universal" namun sebenarnya jauh sebelum Newton, ilmuan Islam yang juga salah satu dari Banu Musa Bersaudara bernama Abu Ja'far Muhammad ibn Musa ibn Shakir yang hidup antara tahun 803-873 di Baghdad, Irak. sudah menciptakan hipotesis akan adanya suatu Daya Tarik raksasa dalam pergerakan benda-benda luar angkasa.

Abu Ja'far Muhammad, yang memiliki keahlian khusus di bidang astronomi, teknik, geometri, dan fisika. dalam Kitab al-Hiyal, memberikan penjelasan tentang gerakan bola. Dalam buku tersebut, dia juga menuliskan penemuannya tentang benda-benda langit yang menjadi subjek dalam hukum fisika bumi.

Karya Abu Ja'far Muhammad lainnya adalah pembahasan tentang gerakan bintang dan hukum tarik-menarik. Ia mengungkapkan adanya gaya tarik-menarik antara benda-benda langit. Hal ini membuktikan bahwa hukum gravitasi Newton berlaku secara universal.

 

20. Observatorium PERTAMA DI DUNIA buatan Nasir ad-Din at-Tusi (Malagha) dan Ulugh Beg



Menurut catatan sejarah, observatorium pertama yang di buat manusia adalah yang di bangun pada zaman Yunani kuno oleh seorang asronom yang bernama Hipparchus pada tahun 150 SM. Sejak saat itu di seluruh dunia membangun observatorium hanya mencontoh mentah-mentah bangunan ini hingga belakangan ilmuwan Islam lah yang mengoreksinya. Tahun 1259 M, Nasir ad-Din at-Tusi lah yang melakukan hal itu. Ia memimpin beberapa astronom Muslim untuk membangun sebuah observatorium di Malagha. Observatorium itu pun dilengkapi dengan perpustakaan yang koleksi bukunya mencapai 400 ribu judul lebih.

Gambar diri Nasir ad-Din at-Tusi:



 

Di bawah ini adalah Foto: Observatorium Ulugh Beg di Samarkand



Selain itu, sebuah obsernatorium yang lebih canggih dibangun di Samarkand dengan nama Ulugh Beg. Seorang ahli astronomi Barat, Kevin Krisciunas dalam tulisannya berjudul The Legacy of Ulugh Beg mengungkapkan, obserbatorium termegah yang dibangun sarjana Muslim adalah Ulugh Beg. Observatorium itu di bangun seorang penguasa keturunan Mongol yang bertahta di Samarkand bernama Muhammad Taragai Ulugh Beg (1393-1449). Dia adalah pejabat yang menaruh perhatian terhadap astronomi. Ketertarikannya itu bermula ketika dia mengunjungi observatorium di Malagha yang di bangun oleh astronom terkemuka, Nasir ad-Din at-Tusi.





https://id-id.facebook.com/notes/ummu-muhammad-al-mufarid/ilmuwan-pertama-di-dunia-itu-dari-ummat-islam-timur-tengah-bukan-dari-eropa-subh/345327455546816
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Sat Jun 15, 2013 9:39 am

@Andi Cactusa wrote:
@Jagona wrote:
@Andi Cactusa wrote:...Daripada berpanjang lebar dan bertele-tele, saya minta tolong pada muslim untuk:
1). Sebutkan nama barang, mulai yang melekat di tubuh anda hingga yang di sekeliling anda dan sehari-hari memengaruhi kehidupan anda, yang merupakan ciptaan muslim.
2). Orang Arab, pembawa dan penyebar Islam, lebih lama hadir di Indonesia (sekitar 500 tahun) dibanding Belanda (350 tahun). Coba sebutkan apa yang telah dibangun oleh orang-orang Arab itu untuk kemaslahatan atau kepentingan umum yang bisa kita nikmati hingga sekarang.

1. itu darkerjaan anak tk

2. nah ini yang berlete-lete ........... namanya gak ada kerjaan .......... ingat tret ini berjudul "Islam, sains dan teknologi" ............ gak ngurusin orang arab ............ anda dah tahu yang namanya "Mar'a" ....... tertulis lebih dari 14 abad yang lalu dalam alquran ........... itulah sains & teknologi tinggi islam
...Muslim menghindar atau tidak bisa menjawab, karena memang tidak ada satu pun barang modern ciptaan muslim. Baju kegemaran ulama dan muslim berjenggot kambing/bandot lainnya, yang disebut baju koko saja ciptaan Cina! 

silakan aja apa penilaianmu, gak ada kepentingannya untuk menunjukan keganggaan


...Memangnya tujuan akhir dan puncak dari scinece dan technology itu apa? Apa bukan untuk menciptakan sesuatu yang berguna bagi kemanusiaan?
...Muslim Indonesia, yang dengan pongah dibanggakan sebagai muslim terbesar di dunia, karena menjadi murid dan pengikut orang Arab yang dungu-dungu di bidang science dan technology, dalam 500 tahun tidak menghasilkan atau membangun apa-apa di negeri ini.

hi hi hi ......... teknologi .......... apa arti teknologi aja belum tentu tahu ............... betapa fasiknya anda mengedepankan kesombongan .............................................................................. okey aja

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Andi Cactusa on Sat Jun 15, 2013 9:38 pm

@satria bergitar wrote:@andi cactusa
 
jujur ngeliat postingan nte ane serasa ketemu orang primitif...
 
nih ane suapain...itupun klo nte punya mata hati
...Jujur, saya selalu “kagum” dan "terpesona" atas kebiadaban dan tiadanya etika muslim dalam berdebat: Membuat penilaian, tuduhan atau cap tanpa memberikan alasan atau justifikasinya. Seperti anda mencap saya orang primitif, tetapi tidak menunjukkan di mana keprimitifan saya.
...Bila anda mengajukan 20 inovasi muslim, saya bisa membalasnya dengan 100 inovasi non muslim. Anda berikan 100, saya berikan 500. Dengan mencantumkan riwayat non-muslim penerima hadiah Nobel dan para inovator saja, LI ini akan kewalahan. Saya tidak akan melakukan itu, karena saya tahu anda tidak akan membacanya dan tetap bertahan pada kebebalan anda: Tidak mengakui ketertinggalan muslim dalam sciences dan technology.
...Saya yakin anda tidak pernah meng-google dengan kata kunci, “muslim backwards in sciences and technology.” Anda tahu berapa laman yang keluar? 80.600.000! Baca lah itu, agar otak anda yang beku itu sedikit mencair. Lihat kedua sisi koin! Jangan hanya membaca tulisan-tulisan yang mengenang “masa jaya Islam”, seperti yang anda-anda kutip itu.
...Justru sikap seperti yang kalian pertontonkan membuat muslim semakin ketinggalan dibanding non-muslim. Kalian sibuk bernostalgia, seperti orang yang puas bermasturbasi atau beronani mengenang masa silam.
...Kalau ada muslim yang memberikan penilaian objektif walau dengan maksud agar muslim melakukan instrospeksi, maka tanpa berpikir panjang langsung kalian lecehkan. Misalnya pendapat ahli fisika nuklir Pakistan, Prof Pervez Hoodbhoy. Padahal ilmu pengetahuan kalian tidak ada seujung kuku profesor bereputasi internasional tersebut.
...Berikut ini saya copas salah satu dari 80.600.000 laman yang saya kemukakan di atas. Lagi-lagi merupakan pandangan dari seorang muslim Pakistan yang bergelar PhD dari Amerika. Tolong diperhatikan berbagai data yang dikemukakan untuk mendukung pendapatnya. Maaf, kali ini saya malas menerjemahkannya.
 
Why Are Muslims So Backward & Powerless?
Posted on July 13, 2011 by alaiwah
 
Dr Farrukh Saleem
...We Muslims must wonder why is that only Muslim States like Iraq, Afghanistan and Libya are being attacked by the Christian West.
...Why do we get pushed around by them with the former President of the US George Bush calling it a crusade!  Why is that Muslim States often depend on the West for survival, even Saudi Arabia, the epicentre for Islamic fundamentalism is dependent on American largesse for their survival.  While they preach Wahhabi Islam all over the world, they allow American bases within a few hundred kilometres from the Holiest Shrines of Islam.
...There are an  estimated 1,476,233,470 Muslims on the face of the planet:  one billion in Asia, 400 million in Africa, 44 million in Europe and six million in theAmericas . Every fifth human being  is a Muslim; for every single Hindu there are  two Muslims, for every Buddhist there are two Muslims and for every Jew there are one hundred Muslims.
...Ever wondered  why Muslims are so powerless?
...Here is why:  There are 57 member-countries of the Organisation of Islamic Conference (OIC), and all of them put together have around 500 universities; one university for every  three million Muslims.
...The United States has 5,758  universities and India has 8,407.
...In 2004, Shanghai JiaoTongUniversity compiled an ’Academic Ranking of World  Universities’ , and intriguingly, not one university from Muslim-majority states was in the top-500.
...As  per data collected by the UNDP, literacy in the Christian world stands at nearly 90 per cent and 15  Christian-majority states have a literacy rate of 100 percent.
...A Muslim-majority state, as a sharp contrast, has an  average literacy rate of around 40 per cent and there is  no Muslim-majority state with a literacy rate of 100 per  cent.
...Some 98 per cent of the ‘literates’ in the Christian world had completed primary school, while less than 50 per cent of the ‘literates’ in the Muslim world did the same.
...Around 40 per cent of the ‘literates’ in the Christian world attended university while no more than two per cent  of the ‘literates’ in the Muslim world did the  same.
...Muslim-majority countries have 230 scientists per one million Muslims.
...The US has 4,000 scientists per million and Japan has 5,000 per million.
...In the entire Arab world, the total number of full-time  researchers is 35,000 and there are only 50 technicians  per one million Arabs. (in the Christian world there are up  to 1,000 technicians per one million).
...Furthermore, the  Muslim world spends 0.2 per  cent of its GDP on research and development, while the Christian world spends  around five per cent of its GDP.
...Conclusion: The Muslim  world lacks the capacity to produce knowledge!
...Daily newspapers per 1,000 people and number of book titles per million are two indicators of whether knowledge is being diffused in a society.
...In Pakistan,  there are 23 daily newspapers per 1,000 Pakistanis while the same ratio in Singapore is 360. In the UK , the number  of book titles per million stands at 2,000 while the same  in Egypt is 20.
...Conclusion: The Muslim world is failing to diffuse  knowledge.
...Exports  of high technology products as a percentage of total  exports are an important indicator of knowledge  application. Pakistan’s export of high technology  products as a percentage of total exports stands at one  per cent. The same for Saudi Arabia is 0.3 per cent;  Kuwait , Morocco , and Algeria are all at 0.3 per cent, while Singapore is at 58 per cent.
...Conclusion:  The Muslim world is failing to apply knowledge.
...Why are Muslims powerless?
 …..Because we aren’t producing knowledge,
 …..Because we aren’t diffusing knowledge.,
 …..Because we  aren’t applying knowledge.
...And, the future  belongs to knowledge-based  societies.
...Interestingly, the combined annual  GDP of 57 OIC-countries is under $2 trillion.
...America , just by herself, produces goods and services worth $12  trillion; China $8 trillion, Japan $3.8 trillion and Germany $2.4 trillion (purchasing power parity basis).
...Oil  rich Saudi Arabia , UAE, Kuwait and Qatar collectively produce goods and services (mostly oil) worth $500  billion; Spain alone produces goods and services worth  over $1 trillion, Catholic Poland $489 billion and Buddhist Thailand $545 billion. ( Muslim GDP as a percentage of world  GDP is fast  declining ).
...So, why are Muslims so powerless?
...Answer:  Lack of education.

...All we do is shout to Allah the whole day and blame everyone else for our multiple failures! (Ini perlu dan penting diterjemahkan: "Apa yang kita lakukan hanyalah berteriak kepada Allah sepanjang hari dan menyumpahi orang lain bagi berbagai macam kegagalan kita!"
 
Source: http://alaiwah.wordpress.com/2011/07/13/why-are-muslims-so-backward-powerless/
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Sun Jun 16, 2013 9:29 am

@ atas

bagus ............ lantas posisi anda di mana ? Alquran sendiri mengisaratkan bahwa ALLAH memberikan kelebihan kepada Bani Israil daripada manusia pada umumnya, jadi gak aneh bila BI melebihi bangsa-bangsa di dunia ini dalam segala bidang, UFO yang sering lewat di atas bumi ini juga dari BI, anda tahu siapa dia ? .............. hi hi hi ................. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by satria bergitar on Mon Jun 17, 2013 9:05 am

@ andi cactusa

untuk seorang yg sering browsing di internet masa hal ky gini aja mesti nanya muslim...ketiwi


@andi cactusa wrote:1). Sebutkan nama barang, mulai yang melekat di tubuh anda hingga yang di sekeliling anda dan sehari-hari memengaruhi kehidupan anda, yang merupakan ciptaan muslim.
itulah kenapa ane bilang nte primitif bro...

nte bangga sekali yah dengan kejayaan non muslim...walopun gada sangkut pautnya sama ajaran kristen...ketiwi

maka ane katakan seperti diatas


@satria bergitar wrote:islam, sains dan teknologi akan selalu berkaitan dan mendukung satu sama lain...

berbeda dengan kristen yg selalu bertolak belakang...

peradaban barat maju bukan karena ajaran kristen...justru karena mereka meninggalkan dasar pemikiran kristen yang dogmatis...sekulerisme

mungkin benar dunia islam sekarang sedang dalam masa keterpurukan ... tapi tidak lebih buruk daripada jaman gereja berkuasa yg mengekang segala bentuk kemajuan...
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Mon Jun 17, 2013 9:28 am

...All we do is shout to Allah the whole day and blame everyone else for our multiple failures! 


yes

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Mon Jun 17, 2013 9:49 am

@SEGOROWEDI wrote:...All we do is shout to Allah the whole day and blame everyone else for our multiple failures! 


yes

hi hi hi ............ kaya yang dicontohkan tuhan-mu itu ........ teriak-teriak Eli-Eli ........ di islam gak ada tuh ajaran semacam itu ................................... okewey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Mon Jun 17, 2013 9:51 am


itu kesimpulan calon murtadin
yang kamu tak bisa bantah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Mon Jun 17, 2013 9:54 am

@SEGOROWEDI wrote:
itu kesimpulan calon murtadin
yang kamu tak bisa bantah

kesimpulan yang mana ooooommmm ......... hi hi hi, ngarang ................. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Mon Jun 17, 2013 9:58 am



yang ini:
...So, why are Muslims so powerless?
...Answer: Lack of education.

...All we do is shout to Allah the whole day and blame everyone else for our multiple failures!
(terjemahan: "Apa yang kita lakukan hanyalah berteriak kepada Allah sepanjang hari dan menyumpahi orang lain bagi berbagai macam kegagalan kita!")

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Mon Jun 17, 2013 10:13 am

@SEGOROWEDI wrote:

yang ini:
...So, why are Muslims so powerless?
...Answer:  Lack of education.

...All we do is shout to Allah the whole day and blame everyone else for our multiple failures!
(terjemahan: "Apa yang kita lakukan hanyalah berteriak kepada Allah sepanjang hari dan menyumpahi orang lain bagi berbagai macam kegagalan kita!")

makanya aku tullis di atas "hi hi hi ............ kaya yang dicontohkan tuhan-mu (yesus) itu ........ teriak-teriak Eli-Eli ........ di islam gak ada tuh ajaran semacam itu ................................... okewey"

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Mon Jun 17, 2013 10:19 am



dan tetep aja jauh ketinggala dibanding kafir
gak usah OOT ya!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Mon Jun 17, 2013 10:28 am

@SEGOROWEDI wrote:

dan tetep aja jauh ketinggala dibanding kafir
gak usah OOT ya!

memangnya kenapa kalo ketinggalan ? ........... yang ketinggalan tokh orangnya/bangsanya ...... mana di dunia ini yang mampu mengungguli BI ? ........... anda gak menyadari kan kristen aja jauh ketinggalan ..... yang anda banggakan kan cuma "wong barat" gak tahu agamanya apa .................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Andi Cactusa on Mon Jun 17, 2013 8:55 pm

@Satria bergitar, Cornello dan muslim lain yang suka dan seenaknya memberi cap buruk kepada lawan debatnya.

...Saya selalu risih dan menilai biadab atau minimal tidak beretika ketika seorang mencap lawan debatnya irrasional, berdelusi, aneh, ular berbisa, primitif dsb. tanpa memberikan penjelasan atau justifikasi yang memadai.
...Tadi pagi ketika menyetir dalam perjalanan tiga jam dari Jakarta ke tempat lain, tiba-tiba muncul di benak saya, bahwa kalian orang muda adalah produk dari pendidikan dengan ujian mulltiple choices. Sedang saya adalah orang yang selama dalam pendidikan, selalu dihadapkan pada ujian model essay.
...Kalian dibiasakan menjawab soal hanya dengan memilih jawaban yang benar, tanpa perlu menjelaskan mengapa memilih jawaban itu. Tidak jarang kalian menjawabnya dengan menghitung kancing baju saja, ketika tidak tahu pasti mana jawaban yang benar.
...Sedang saya, sejak SD hingga jadi sarjana, diharuskan dan dibiasakan menjawab semua pertanyaan atau soal dengan memberikan alasan atau justifikasinya. Setiap soal yang walau pilihannya hanya “salah atau benar,” selalu segera diikuti perintah, “jelaskan mengapa salah dan mengapa benar!”
...Setelah menyadari hal di atas, saya jadi lebih memahami sikap dan perilaku kalian generasi muda, yang dengan enteng mencap atau menuduh lawan debat dengan “ini dan itu” tanpa merasa wajib memberikan alasannya.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Andi Cactusa on Mon Jun 17, 2013 9:58 pm

@satria bergitar wrote:@ andi cactusa

untuk seorang yg sering browsing di internet masa hal ky gini aja mesti nanya muslim...ketiwi
@andi cactusa wrote:1). Sebutkan nama barang, mulai yang melekat di tubuh anda hingga yang di sekeliling anda dan sehari-hari memengaruhi kehidupan anda, yang merupakan ciptaan muslim.
itulah kenapa ane bilang nte primitif bro...
...Kenapa tidak anda sebutkan saja barang yang merupakan ciptaan muslim? Peniti, kancing baju, resluiting, jarum, mesin jahit, CD, sepeda atau sepeda motor, mobil, HP, komputer, radio, televisi, pesawat terbang atau apa saja yang anda lihat dan beguna bagi kehidupan anda sehari-hari.
...Anda tidak bisa jawab, karena tidak ada yang ciptaan muslim, bukan? Lalu mengalihkannya dengan mencap saya primitif.
@satria bergitar wrote:nte bangga sekali yah dengan kejayaan non muslim...walopun gada sangkut pautnya sama ajaran kristen...ketiwi
maka ane katakan seperti diatas
...Bila dibandingkan dengan semua non-muslim saja muslim sudah ketinggalan, apalagi bila dibandingkan hanya dengan kaum Kristen? Makin jomplang, bung!
...Benar agama Kristen tidak mencampuri banyak urusan tetek bengek seperti Islam, melainkan memfokuskan ajarannya pada moral. Kristen justru tidak jadi pengekang bagi penganutnya untuk menggunakan otaknya hingga ke level maksimum. Itu lah sebabnya berkembang aliran sekular dan demokrasi, yang membuat kemajuan di dunia Barat dan Kristen.
@satria bergitar wrote:islam, sains dan teknologi akan selalu berkaitan dan mendukung satu sama lain...
...Apanya yang didukung!?. Justru ajaran Islam menghambat kreativitas penganutnya. Semuanya mau diatur, dari cebok, letak dan arah toilet, arah sholat, lalar yang masuk ke gelas minuman, hingga menggebuki isteri yang tidak mau diajak bersanggama.
@satria bergitar wrote:berbeda dengan kristen yg selalu bertolak belakang...
...Bertolak belakang di mana dan dalam hal apa? Alkitab tidak mencampuri science and technology tetapi juga tidak menghambatnya. Sementara muslim hanya sibuk mencari-cari kecocokan penemuan ilmah baru dengan ayat-ayat Al Quran.
@satria bergitar wrote:peradaban barat maju bukan karena ajaran kristen...justru karena mereka meninggalkan dasar pemikiran kristen yang dogmatis...sekulerisme
...Anda keliru kalau mengira ajaran Kristen tidak memengaruhi kemajuan Barat dalam aspek budaya dan moralitas. Protestanisme misalnya menekankan kejujuran dan kerja-keras. Tetapi kalau yang anda maksudkan kemajuan science and technology, memang bukan karena dorongan lansung ajaran Kristen. Tetapi ajaran itu tidak jadi penghambat, terutama setelah lahir sekularisme yang menyingkirkan atau mengurangi peran gereja/rohaniawan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa bahwa di dunia science kejujuran intelektual merupakan keharusan (essential) agar bisa berkembang.
@satria bergitar wrote:mungkin benar dunia islam sekarang sedang dalam masa keterpurukan ... tapi tidak lebih buruk daripada jaman gereja berkuasa yg mengekang segala bentuk kemajuan...
...Sikap anda adalah tipikal kebanyakan muslim, denial attitude. Sudah jelas tertinggal, masih berkata “mungkin” dan terus bermasturbasi atau beronani!. Kapan muslim bisa mengejar ketertinggalannya, bila semua muslim bersikap seperti anda, belum yakin dan percaya sudah tertinggal jauh?
...Masih kurang kah idiotnya anda, membandingkan muslim jaman sekarang dengan jaman gereja berkuasa dahulu? Justru umat Kristen sudah lama menyadari bahwa bila para rohaniawan dibiarkan berkuasa, akan menghambat kemajuan. Sementara kalian muslim masih banyak yang percaya bahwa muslim dan Islam lain dari Kristen. Sehingga masih banyak yang ingin menggunakan hukum syariah, karangan manusia-manusia gebleg abad ke-7 itu, dan bersedia diperintah atau dipimpin oleh para ulama yang pada umumnya adalah berasal dari murid-murid kelas kambing di sekolah sekular.
...Bacalah pandangan dan pendapat scientists muslim, bahwa dunia muslim hanya bisa maju bila menjadi sekular, memisahkan agama dengan negara, dan menyingkirkan dominsasi para ulama dungu yang sangat korup dan berkolusi dengan para penguasa atau pejabat negara muslim.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Tue Jun 18, 2013 8:56 am

@ andi

anda belum menjawab pertanyaan aku di atas ............ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Andi Cactusa on Tue Jun 18, 2013 9:28 am

@Jagona wrote:@ andi

anda belum menjawab pertanyaan aku di atas ............ okey
...Pertanyaan anda yang mana? Mungkin pertanyaan anda kurang saya fahami atau kurang bermutu sehingga saya skip saja. Tolong ulangi saja tetapi buat sejelas dan serinci mungkin.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Tue Jun 18, 2013 9:33 am

@Andi Cactusa wrote:
@Jagona wrote:@ andi

anda belum menjawab pertanyaan aku di atas ............ okey
...Pertanyaan anda yang mana. Mungkin pertanyaan anda kurang saya fahami atau saya nilai tidak bermutu sehingga saya skip saja. Tolong ulangi saja tetapi buat sejelas dan serinci mungkin.

ini pertanyaannya :
bagus ............ lantas posisi anda di mana ? Alquran sendiri mengisaratkan bahwa ALLAH memberikan kelebihan kepada Bani Israil daripada manusia pada umumnya, jadi gak aneh bila BI melebihi bangsa-bangsa di dunia ini dalam segala bidang, UFO yang sering lewat di atas bumi ini juga dari BI, anda tahu siapa dia ? .............. hi hi hi ................. okey

di situ ada 2 pertanyaan ............. jika dianggap tidak bermutu di delete aja ................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Andi Cactusa on Tue Jun 18, 2013 9:45 am

@Jagona wrote:ini pertanyaannya :
bagus ............ lantas posisi anda di mana ? Alquran sendiri mengisaratkan bahwa ALLAH memberikan kelebihan kepada Bani Israil daripada manusia pada umumnya, jadi gak aneh bila BI melebihi bangsa-bangsa di dunia ini dalam segala bidang, UFO yang sering lewat di atas bumi ini juga dari BI, anda tahu siapa dia ? .............. hi hi hi ................. okey

di situ ada 2 pertanyaan ............. jika dianggap tidak bermutu di delete aja ................... okey
...Saya tidak faham maksud dari pertanyaan terhadap posisi saya. Bisa anda jelaskan dengan lebih spesifik?
...Saya tidak percaya bahwa secara genetis Bani Israel lebih bermutu dari orang Jawa, Sunda, Minang, Batak, China, suku atau bangsa lainnya.
...Saya kurang mengikuti masalah UFO yang kelihatannya penuh kontroversi, sehingga saya tidak pada posisi yang pantas mengomentarinya.
...Cukup?
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Tue Jun 18, 2013 9:59 am

@Andi Cactusa wrote:
@Jagona wrote:ini pertanyaannya :
bagus ............ lantas posisi anda di mana ? Alquran sendiri mengisaratkan bahwa ALLAH memberikan kelebihan kepada Bani Israil daripada manusia pada umumnya, jadi gak aneh bila BI melebihi bangsa-bangsa di dunia ini dalam segala bidang, UFO yang sering lewat di atas bumi ini juga dari BI, anda tahu siapa dia ? .............. hi hi hi ................. okey

di situ ada 2 pertanyaan ............. jika dianggap tidak bermutu di delete aja ................... okey
...Saya tidak faham maksud dari pertanyaan terhadap posisi saya. Bisa anda jelaskan dengan lebih spesifik?
...Saya tidak percaya bahwa secara genetis Bani Israel lebih bermutu dari orang Jawa, Sunda, Minang, Batak, China, suku atau bangsa lainnya.
...Saya kurang mengikuti masalah UFO yang kelihatannya penuh kontroversi, sehingga saya tidak pada posisi yang pantas mengomentarinya.  
...Cukup?

lhoo ....... anda kan menyatakan diri sebagai seorang "sarjana" pastinya anda paham pertanyaan yang sepele itu tentang posisi anda dalam mengemukakan kemajuan saintek non-muslim.
-- anda tidak percaya BI lebih dari bangsa-bangsa lain, gak masalah ....... itu menunjukan kekristenan anda patut dipertanyakan ........... padahal yesus sendiri adalah keturunan BI
-- gak ada kontroversi dalam masalah UFO ............. yang aku tanya bukan UFO-nya tapi siapa yang menggunakannya ................................................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Andi Cactusa on Tue Jun 18, 2013 12:29 pm

@Jagona wrote:
@Andi Cactusa wrote:...Saya tidak faham maksud dari pertanyaan terhadap posisi saya. Bisa anda jelaskan dengan lebih spesifik?
lhoo ....... anda kan menyatakan diri sebagai seorang "sarjana" pastinya anda paham pertanyaan yang sepele itu tentang posisi anda dalam mengemukakan kemajuan saintek non-muslim.
...Tuh, lagi-lagi anda tunjukkan kekonyolan anda dalam berdiskusi. Mengira atau menganggap orang lain harus memahami apa yang anda maksud. Ketika dengan polos saya tanya, malah anda balas dengan sinikal. Posisi atau kedudukan itu memiliki banyak aspek. Lalu yang harus saya komentari mengenai kemajuan science & technology itu dalam segi apa?
...Kalau tidak salah ingat, sudah pernah saya tulis di LI ini mengenai keluhan teman-teman saya orang asing, ketika pertama kali berkenalan dengan orang Indonesia. Orang Indonesia suka bertanya, "What do you think about Indonesia?" Si orang asingnya melongo, bingung harus menjawab apa dan dari segi apa. Dari segi masyarakatnya, kemacetan lalu lintasnya, kejorokannya, keindahan alamnya, kecantikan putri-putrinya, keindahan pakaian daerahnya, hingar-bingarnya suara TOA mesjid yang mengganggu istirahatnya dan masih banyak aspek atau segi lainnya. Agar tidak menyinggung perasaan penanya, mereka menjawab, "Oh, good. Very good!" yang sebenarnya tidak punya makna apa-apa, sementara seleranya untuk melanjutkan percakapan langsung sirna.
@Jagona wrote:
@Andi Cactusa wrote:...Saya tidak percaya bahwa secara genetis Bani Israel lebih bermutu dari orang Jawa, Sunda, Minang, Batak, China, suku atau bangsa lainnya.
-- anda tidak percaya BI lebih dari bangsa-bangsa lain, gak masalah ....... itu menunjukan kekristenan anda patut dipertanyakan ........... padahal yesus sendiri adalah keturunan BI
...So, what!? Tidak akan ada orang Kristen yang marah apalagi memukul saya, karena tidak percaya BI itu secara genetis lebih unggul dari suku atau bangsa lainnya. Lagi pula ketidak-percayaan saya itu tidak melanggar hukum kasih yang menjadi inti kekristenan.
...Mau anda atau orang lain pertanyakan kekristenan saya, who cares selama kepercayaan saya itu tidak mengganggu atau merugikan orang lain. Anda mau percaya, sembah, ciumi atau jilati batu Hajar Aswad, tidak urusan bagi saya, selama batu itu tidak anda lemparkan ke saya atau anda paksa saya memercayai, menyembah, menyium atau menjilatinya.
@Jagona wrote:
@Andi Cactusa wrote:...Saya kurang mengikuti masalah UFO yang kelihatannya penuh kontroversi, sehingga saya tidak pada posisi yang pantas mengomentarinya.  
...Cukup?
-- gak ada kontroversi dalam masalah UFO ............. yang aku tanya bukan UFO-nya tapi siapa yang menggunakannya ................................................... okey
...Saya tidak tahu siapa yang menggunakannya. Seperti sudah saya katakan saya kurang mengikuti masalah UFO itu. Apa anda tidak bisa memahami jawaban yang sudah demikian jelas? Apa saya harus memaksakan diri menjawab pertanyaan mengenai sesuatu yang kurang saya fahami?
...Orang yang menjawab pertanyaan atas sesuatu yang sebenarnya tidak benar-benar difahaminya adalah ciri orang dungu!
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by satria bergitar on Thu Jun 20, 2013 9:22 am

@andi cactusa wrote:...Kenapa tidak anda sebutkan saja barang yang merupakan ciptaan muslim? Peniti, kancing baju, resluiting, jarum, mesin jahit, CD, sepeda atau sepeda motor, mobil, HP, komputer, radio, televisi, pesawat terbang atau apa saja yang anda lihat dan beguna bagi kehidupan anda sehari-hari.
...Anda tidak bisa jawab, karena tidak ada yang ciptaan muslim, bukan? Lalu mengalihkannya dengan mencap saya primitif.

saya sangat “kagum dan terpesona” sekali dengan kemampuan anda dalam mengacuhkan post lawan diskusi anda
setelah apa yg saya sodorkan sebelumnya untuk anda...anda sepertinya tidak punya rasa malu untuk mempertontonkan kebebalan anda demi memuaskan hasrat provokatif anda thdp muslim
maka jangan heran jika cap primitif memang pantas melekat pada lawan diskusi seperti anda



@andi cactusa wrote:...Bila dibandingkan dengan semua non-muslim saja muslim sudah ketinggalan, apalagi bila dibandingkan hanya dengan kaum Kristen? Makin jomplang, bung!
...Benar agama Kristen tidak mencampuri banyak urusan tetek bengek seperti Islam, melainkan memfokuskan ajarannya pada moral. Kristen justru tidak jadi pengekang bagi penganutnya untuk menggunakan otaknya hingga ke level maksimum. Itu lah sebabnya berkembang aliran sekular dan demokrasi, yang membuat kemajuan di dunia Barat dan Kristen.


Orang-orang Kristen memilih secular karena ajaran Kristen memang tidak mendukung terhadap perkembangan ilmu pengetahuan…selalu ada kontradiksi yang terjadi jika agama Kristen dikaitkan dengan ilmu pengetahuan…

salah besar jika kita menganggap harus ada dikotomi antara ilmu pengetahuan dengan agama sebab keduanya adalah karya tuhan dan harus saling mendukung satu sama lain…jikalau ada kontradiktif tinggal uji saja agama atau ilmu pengetahuannya yg salah...

sejarah mengatakan fakta yg terungkap tentang rahasia alam yg digali dari ilmu pengetahuan selalu ditentang oleh ajaran Kristen, galileo dan copernicus korbannya…fenomena alam tidak mungkin salah sebab merupakan mahakarya tuhan berarti ada yg salah dengan ajarannya..

Berbeda dengan islam kami tidak perlu menjadi secular untuk mau belajar ilmu pengetahuan sebab islam sangat mendukung ilmu pengetahuan…


  “Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu (agama) beberapa derajat.” (QS. Al-Mujaadilah: 11)
“Barangsiapa menempuh suatu jalan yang padanya dia mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan dia menempuh jalan dari jalan-jalan (menuju) jannah, dan sesungguhnya para malaikat benar-benar akan meletakkan sayap-sayapnya untuk penuntut ilmu, dan sesungguhnya seorang penuntut ilmu akan dimintakan ampun untuknya oleh makhluk-makhluk Allah yang di langit dan yang di bumi, sampai ikan yang ada di tengah lautan pun memintakan ampun untuknya. Dan sesungguhnya keutamaan seorang yang berilmu atas seorang yang ahli ibadah adalah seperti keutamaan bulan pada malam purnama atas seluruh bintang, dan sesungguhnya ulama adalah pewaris para Nabi, dan para Nabi tidaklah mewariskan dinar ataupun dirham, akan tetapi mereka hanyalah mewariskan ilmu, maka barangsiapa yang mengambilnya maka sungguh dia telah mengambil bagian yang sangat banyak.” (HR. Abu Dawud no.3641, At-Tirmidziy no.2683, dan isnadnya hasan, lihat Jaami’ul Ushuul 8/6)




@andi cactusa wrote:...Apanya yang didukung!?. Justru ajaran Islam menghambat kreativitas penganutnya. Semuanya mau diatur, dari cebok, letak dan arah toilet, arah sholat, lalar yang masuk ke gelas minuman, hingga menggebuki isteri yang tidak mau diajak bersanggama..


Bung memberi tuntunan tidak sama dengan berkreatifitas…Sekali lagi saya sangat “kagum dan terpesona” dengan ket*l*lan anda dalam membiaskan suatu pemahaman…saya kira semua yg anda absen diatas sudah banyak penjelasannya…tinggal anda sendiri mau memahaminya atau tidak



@andi cactusa wrote:...Bertolak belakang di mana dan dalam hal apa? Alkitab tidak mencampuri science and technology tetapi juga tidak menghambatnya. Sementara muslim hanya sibuk mencari-cari kecocokan penemuan ilmah baru dengan ayat-ayat Al Quran.


Klo tidak bertolak belakang kenapa harus memilih secular??



@andi cactusa wrote:...Anda keliru kalau mengira ajaran Kristen tidak memengaruhi kemajuan Barat dalam aspek budaya dan moralitas. Protestanisme misalnya menekankan kejujuran dan kerja-keras.


Jangan lupa juga max weber mengatakan perkembangan kapitalisme pda awal abad 20an sangat dipengaruhi paham protestan baik itu calvin, Lutheran, maupun puritan... demi kepentingan materi orang dengan mudah mengabaikan kepentingan social dan moral sehingga muncul kolonialisme dan imperialism..



@andi cactusa wrote:Tetapi kalau yang anda maksudkan kemajuan science and technology, memang bukan karena dorongan lansung ajaran Kristen. Tetapi ajaran itu tidak jadi penghambat, terutama setelah lahir sekularisme yang menyingkirkan atau mengurangi peran gereja/rohaniawan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa bahwa di dunia science kejujuran intelektual merupakan keharusan (essential) agar bisa berkembang.


sekularisme lahir karena ketidakcocokan ajaran Kristen dengan ilmu pengetahuan, sampai sini setuju?



@andi cactusa wrote:...Sikap anda adalah tipikal kebanyakan muslim, denial attitude. Sudah jelas tertinggal, masih berkata “mungkin” dan terus bermasturbasi atau beronani!. Kapan muslim bisa mengejar ketertinggalannya, bila semua muslim bersikap seperti anda, belum yakin dan percaya sudah tertinggal jauh?
...Masih kurang kah idiotnya anda, membandingkan muslim jaman sekarang dengan jaman gereja berkuasa dahulu? Justru umat Kristen sudah lama menyadari bahwa bila para rohaniawan dibiarkan berkuasa, akan menghambat kemajuan. Sementara kalian muslim masih banyak yang percaya bahwa muslim dan Islam lain dari Kristen. Sehingga masih banyak yang ingin menggunakan hukum syariah, karangan manusia-manusia gebleg abad ke-7 itu, dan bersedia diperintah atau dipimpin oleh para ulama yang pada umumnya adalah berasal dari murid-murid kelas kambing di sekolah sekular.



Ilmu yang hanya bersandarkan humanistik yang dikembangkan Barat saat ini, telah menghasilkan masyarakat yang kehilangan orientasi hidup dan mengacuhkan nilai nilai moral manusia. Berbeda dengan Barat, Islam memandang ilmu sebagai bentuk ibadah kepada Tuhan. Ilmu dalam Islam selalu disandarkan pada pijakan theistik. Dalam Islam, mencari ilmu bagi setiap muslim dan muslimat adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah, sehingga dalam sejarah Islam tidak pernah terjadi “tradegi Gereja Abad Pertengahan”, dan kebinggungan polarisasi ilmu dengan teologi



@andi cactusa wrote:...Bacalah pandangan dan pendapat scientists muslim, bahwa dunia muslim hanya bisa maju bila menjadi sekular, memisahkan agama dengan negara, dan menyingkirkan dominsasi para ulama dungu yang sangat korup dan berkolusi dengan para penguasa atau pejabat negara muslim.


Sodorkan pada saya scientis muslim mana yg berpendapat seperti itu??
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by wildan99Islam on Thu Jun 20, 2013 9:59 am

@Pak Andi

anda tidak lihat post saya? Kalian ini selalu mempertanyakan "Mana hasil karya2 Muslim, mana?? mana?"
"Apakah Muslim yang membuat HP, TV, Pesawat, Telepon, dll??" basi

Islam memang bukanlah yang membuat semua itu! tetapi ingatlah, Orang Islam pada zaman dulu bukanlah orang yang haus akan darah, bukan orang yang hanya mementingkan dirinya sendiri, dll. Islam pada abad pertengahan telah menghasilkan karya2 dan hasil2 yang membanggakan dunia pada waktu itu!













Islam juga telah membantu orang Eropa-mu keluar dari Zaman Kegelapan! Dengan hasil karya2 mereka, Islam telah merubah dunia!
Ilmuwan Islam yang meraih penghargaan Nobel hanyalah setengah dari sekian banyak ilmuwan muslim lainnya yang berpreatasi!


Dan anda tidak dapat membantah itu, karena sudah dibuktikan dalam Sejarah!
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Thu Jun 20, 2013 10:08 am

@Andi Cactusa wrote:
@Jagona wrote:
@Andi Cactusa wrote:...Saya tidak faham maksud dari pertanyaan terhadap posisi saya. Bisa anda jelaskan dengan lebih spesifik?
lhoo ....... anda kan menyatakan diri sebagai seorang "sarjana" pastinya anda paham pertanyaan yang sepele itu tentang posisi anda dalam mengemukakan kemajuan saintek non-muslim.
...Tuh, lagi-lagi anda tunjukkan kekonyolan anda dalam berdiskusi. Mengira atau menganggap orang lain harus memahami apa yang anda maksud. Ketika dengan polos saya tanya, malah anda balas dengan sinikal. Posisi atau kedudukan itu memiliki banyak aspek. Lalu yang harus saya komentari mengenai kemajuan science & technology itu dalam segi apa?
...Kalau tidak salah ingat, sudah pernah saya tulis di LI ini mengenai keluhan teman-teman saya orang asing, ketika pertama kali berkenalan dengan orang Indonesia. Orang Indonesia suka bertanya, "What do you think about Indonesia?" Si orang asingnya melongo, bingung harus menjawab apa dan dari segi apa. Dari segi masyarakatnya, kemacetan lalu lintasnya, kejorokannya, keindahan alamnya, kecantikan putri-putrinya, keindahan pakaian daerahnya, hingar-bingarnya suara TOA mesjid yang mengganggu istirahatnya dan masih banyak aspek atau segi lainnya. Agar tidak menyinggung perasaan penanya, mereka menjawab, "Oh, good. Very good!" yang sebenarnya tidak punya makna apa-apa, sementara seleranya untuk melanjutkan percakapan langsung sirna.

bisa aja dijawab sebagai penonton kalo anda tidak ikut berperan dalam kemajuan saintek

@Jagona wrote:
@Andi Cactusa wrote:...Saya tidak percaya bahwa secara genetis Bani Israel lebih bermutu dari orang Jawa, Sunda, Minang, Batak, China, suku atau bangsa lainnya.
-- anda tidak percaya BI lebih dari bangsa-bangsa lain, gak masalah ....... itu menunjukan kekristenan anda patut dipertanyakan ........... padahal yesus sendiri adalah keturunan BI
...So, what!? Tidak akan ada orang Kristen yang marah apalagi memukul saya, karena tidak percaya BI itu secara genetis lebih unggul dari suku atau bangsa lainnya. Lagi pula ketidak-percayaan saya itu tidak melanggar hukum kasih yang menjadi inti kekristenan.
...Mau anda atau orang lain pertanyakan kekristenan saya, who cares selama kepercayaan saya itu tidak mengganggu atau merugikan orang lain. Anda mau percaya, sembah, ciumi atau jilati batu Hajar Aswad, tidak urusan bagi saya, selama batu itu tidak anda lemparkan ke saya atau anda paksa saya memercayai, menyembah, menyium atau menjilatinya.

hi hi hi ...... anda gak ngerti atau pura-pura gak ngerti bahwa nabi Isa yang anda sebut Yesus adalah keturunan BI ................. patutkah manusia anda jadikan tuhan .......... itu yang aku maksudkan kekristenan anda patut dipertanyakan

@Jagona wrote:
@Andi Cactusa wrote:...Saya kurang mengikuti masalah UFO yang kelihatannya penuh kontroversi, sehingga saya tidak pada posisi yang pantas mengomentarinya.  
...Cukup?
-- gak ada kontroversi dalam masalah UFO ............. yang aku tanya bukan UFO-nya tapi siapa yang menggunakannya ................................................... okey
...Saya tidak tahu siapa yang menggunakannya. Seperti sudah saya katakan saya kurang mengikuti masalah UFO itu. Apa anda tidak bisa memahami jawaban yang sudah demikian jelas? Apa saya harus memaksakan diri menjawab pertanyaan mengenai sesuatu yang kurang saya fahami?
...Orang yang menjawab pertanyaan atas sesuatu yang sebenarnya tidak benar-benar difahaminya adalah ciri orang dungu!

aku kasih tahu yang menggunakan UFO itu adalah juga BI keturunan nabi Isa  ............ hi hi hi .... mungkin aku lebih dungu dari yang anda kira ................................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 11 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik