FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Islam, Sains dan Teknologi

Halaman 10 dari 11 Previous  1, 2, 3 ... , 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Islam, Sains dan Teknologi

Post by Admin on Sat Oct 08, 2011 2:35 pm

First topic message reminder :



Oleh Saeful Rokhman

Di antara hal yang di anggap modern di era ini adalah sains dan teknologi. Sains dan teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat bagi kehidupan manusia. Dalam setiap waktu para ahli dan ilmuwan terus mengkaji dan meneliti sains dan teknologi sebagai penemuan yang paling canggih dan modern. Keduanya sudah menjadi simbol kemajuan dan kemodernan pada abad ini. Oleh karena itu, apabila ada suatu bangsa atau negara yang tidak mengikuti perkembangan sains dan teknologi, maka bangsa atau negara itu dapat dikatakan negara yang tidak maju dan terbelakang.

Kembali ke topik Islam terkait dengan masalah sains dan teknologi. Pandangan Islam terhadap sains dan teknologi adalah bahwa Islam tidak pernah mengekang umatnya untuk maju dan modern. Justru Islam sangat mendukung umatnya untuk me-research dan bereksperimen dalam hal apapun, termasuk sains dan teknologi. Bagi Islam sains dan teknologi adalah termasuk ayat-ayat Allah yang perlu digali dan dicari keberadaannya. Ayat-ayat Allah yang tersebar di alam semesta ini Allah anugerahkan kepada manusia sebagai khalifah di muka bumi untuk diolah dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Pandangan Islam tentang sains dan teknologi dapat diketahui prinsip-prinsipnya dari analisis wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW.

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. Al-Isra: 1-5)

Menurut seorang pakar tafsir kontemmporer asal Indonesia, Prof. Dr. Quraisy Syihab, ‘iqra’ terambil dari kata menghimpun. Dari menghimpun lahir aneka makna seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti, mengetahui ciri sesuatu, dan membaca baik teks tertulis maupun tidak.[1] Dalam ayat yang lain, Allah SWT memuji kepada hambanya yang memikirkan penciptaan langit dan bumi. Bahkan banyak pula ayat-ayat al-Qur’an yang menyuruh manusia untuk meneliti dan memperhatikan alam semesta.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Imran: 190-191)

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya kami tumbuhkan di bumi itu pelbagai macam tumbuh-tumbuhan yang baik? (QS. Asy-Syu’ara: 7)

Katakanlah: “Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman”. (QS. Yunus: 101)

Ayat-ayat di atas adalah sebuah support yang Allah berikan kepada hambanya untuk terus menggali dan memperhatikan apa-apa yang ada di alam semesta ini. Makanya seorang ahli sains Barat, Maurice Bucaile, setelah ia melakukan penelitian terhadap al-Qur’an dan Bibel dari sudut pandang sains modern. Ia mengatakan:

Saya menyelidiki keserasian teks Qur’an dengan sains modern secara obyektif dan tanpa prasangka. Mula-mula saya mengerti, dengan membaca terjemahan, bahwa Qur’an menyebutkan bermacam-macam fenomena alamiah, tetapi dengan membaca terjemahan itu saya hanya memperoleh pengetahuan yang sama (ringkas). Dengan membaca teks arab secara teliti sekali saya dapat mengadakan inventarisasi yang membuktikan bahwa Qur’an tidak mengandung sesuatu pernyataan yang dapat dikritik dari segi pandangan ilmiah di zaman modern.[2]

Jika sains dan teknologi ini ditelusuri kembali ke masa-masa pertumbuhannya, hal itu tidak lepas dari sumbangsih para ilmuwan muslim. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa asal-usul sains modern atau revolusi ilmiah berasal dari peradaban Islam. Memang sebuah fakta, umat Islam adalah pionir sains modern. Jikalau mereka tidak berperang di antara sesama mereka, dan jika tentara kristen tidak mengusirnya dari Spanyol, dan jika orang-orang Mongol tidak menyerang dan merusak bagian-bagian dari negeri-negeri Islam pada abad ke-13, mereka akan mampu menciptakan seorang Descartes, seorang Gassendi, seorang Hume, seorang Cupernicus, dan seorang Tycho Brahe, karena kita telah menemukan bibit-bibit filsafat mekanika, emperisisme, elemen-elemen utama dalam heliosentrisme dan instrumen-instrumen Tycho Brahe dalam karya-karya al-Ghazali, Ibn al-Shatir, para astronom pada observatorium margha dan karya-karya Takiyudin.[3]

Peradaban Islam pernah memiliki khazanah ilmu yang sangat luas dan menghasilkan para ilmuwan yang begitu luar biasa. Ilmuwan-ilmuwan ini ternyata jika kita baca, mempunyai keahlian dalam berbagai bidang. Sebut saja Ibnu Sina. Dalam umurnya yang sangat muda, dia telah berhasil menguasai berbagai ilmu kedokteran. Mognum opusnya al-Qanun fi al-Thib menjadi sumber rujukan primer di berbagai universitas Barat.

Selain Ibnu Sina, al-Ghazali juga bisa dibilang ilmuwan yang refresentatif untuk kita sebut di sini. Dia teolog, filosof, dan sufi. Selain itu, dia juga terkenal sebagai orang yang menganjurkan ijtihad kepada orang yang mampu melakukan itu. Dia juga ahli fiqih. Al-Mushtasfa adalah bukti keahliannya dalam bidang ushul fiqih. Tidak hanya itu, al-Ghazali juga ternyata mempunyai paradigma yang begitu modern. Dia pernah mempunyai proyek untuk menggabungkan, tidak mendikotomi ilmu agama dan ilmu umum. Baginya, kedua jenis ilmu tersebut sama-sama wajib dipelajari oleh umat Islam.

Selain para ilmuwan di atas, Ibnu Rusyd layak kita sebut di sini. Dia filosof ulung, teolog dan menguasai kedokteran. Bahkan dia juga bisa disebut sebagai faqih. Kapabalitasnya dalam bidang fiqih dibuktikan dengan karya tulisnya Bidayah al-Mujtahid. Filosof ini juga menjadi inspirasi gerakan-gerakan di Barat. Tidak sedikit ideologinya yang diadopsi oleh orang Barat sehingga bisa maju seperti sekarang.

Ilmuwan lainnya seperti Fakhruddin al-Razi, selain seorang teolog, filosof, ahli tafsir, dia juga seorang yang menguasai kedokteran. Al-Khawarizmi, Matematikawan dan seorang ulama. Dan masih banyak lagi para ulama sekaligus ilmuwan yang dihasilkan dari Peradaban Islam. Semua itu menunjukkan, bahwa suatu peradaban bisa maju dan unggul, meskipun tetap dilandasi oleh agama dan kepercayaan terhadap Tuhan (Allah SWT).

Adapun kondisi umat Islam sekarang yang mengalami kemunduran dalam bidang sains dan teknologi adalah disebabkan oleh berbagai hal. Sains Islam mulai terlihat kemunduran yang signifikan adalah selepas tahun 1800 disebabkan faktor eksternal seperti pengaruh penjajahan yang dengan sengaja menghancurkan sistem ekonomi lokal yang menyokong kegiatan sains dan industri lokal. Contohnya seperti apa yang terjadi di Bengali, India, saat sistem kerajinan industri dan kerajinan lokal dihancurkan demi mensukseskan ‘revolusi industri” di Inggris.

Sains dan teknologi adalah simbol kemodernan. Akan tetapi, tidak hanya karena modern, kemudian kita mengabaikan agama sebagaimana yang terjadi di Barat dengan ideologi sekularisme. Karena sains dan teknologi tidak akan pernah bertentangan dengan ajaran Islam yang relevan di setiap zaman.

[1] Prof. Dr. Quraisy Syihab, Wawasan al-Qur’an,

[2] Maurice Buccaile, La Bible Le Coran Et Le Science, terj. Bible, Qur’an dan Sains Modern oleh H.M. Rasjidi, Jakarta: Bulan Bintang, hal. 10.

[3] Majalah Islamia, Thn. I, No. 4, Artikel Prof. Dr. Cemil Akdogan.
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://www.laskarislam.com

Kembali Ke Atas Go down


Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Paradise OK on Tue Apr 15, 2014 5:54 pm

lha ...... saya ken gak ngaku2 saintis kyk anda ......

Mengapa bumi berputar pada porosnya ???

kan udah saya jawab dengan ini .......

teorinya rotasi muhammad kurang lebih ada disini :

[41:11] Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati".

datang ===> maju, lawan maju mundur dunk

pertama bumi dan lagit di suruh mikir mo datang atw gak (patoh atw terpaksa)
ternyata langit dan bumi milih mo datang ........
bumi dan langit bergerak kyk jalan kaki ....... maju atw mundur
itulah kira2 teori muhammad ttg bumi bergerak dgn rotasi maju dan mundur



Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Wed Apr 16, 2014 4:43 pm

@Paradise OK wrote:lha ...... saya ken gak ngaku2 saintis kyk anda ......

Mengapa bumi berputar pada porosnya ???

kan udah saya jawab dengan ini .......

teorinya rotasi muhammad kurang lebih ada disini :

[41:11] Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati".

datang ===> maju, lawan maju mundur dunk

pertama bumi dan lagit di suruh mikir mo datang atw gak (patoh atw terpaksa)
ternyata langit dan bumi milih mo datang ........
bumi dan langit bergerak kyk jalan kaki ....... maju atw mundur
itulah kira2 teori muhammad ttg bumi bergerak dgn rotasi maju dan mundur



hi hi hi .................... gak usah ngeles cuungngng ............ jawabannya juga salah ...... yang serius dong kalo mau tahu sains yang ada di quran, jangan kaya lulusan PAUD

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Paradise OK on Fri Apr 18, 2014 10:38 pm

ngapain mo seriussssss ???.... mo..... 1.000.000.000.000 dst....seriusss pun tidak nyambung dgn elmo pengetahuan




Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Sat Apr 19, 2014 9:17 am

@Paradise OK wrote:ngapain mo seriussssss ???.... mo..... 1.000.000.000.000 dst....seriusss pun tidak nyambung dgn elmo pengetahuan




hi hi hi .............. ditanya soal yangkecil aja gak bisa jawab ............ apalagi ditanya soal sains yang guedee ....... nyaangkin teleeeeer ..... jawabannya cuma sebatas GAK NYAMBUNG ........ nyemplung

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Paradise OK on Sun Apr 20, 2014 7:21 pm

@Jagona wrote:
@Paradise OK wrote:ngapain mo seriussssss ???.... mo..... 1.000.000.000.000 dst....seriusss pun tidak nyambung dgn elmo pengetahuan




hi hi hi .............. ditanya soal yangkecil aja gak bisa jawab ............ apalagi ditanya soal sains yang guedee ....... nyaangkin teleeeeer ..... jawabannya cuma sebatas GAK NYAMBUNG ........ nyemplung

mana teori rotasi bumi-mu bersumber alquran ???
di atas saya sdh memaparkan teori sederhana menurut quran




Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Mon Apr 21, 2014 9:25 am

@Paradise OK wrote:
@Jagona wrote:
@Paradise OK wrote:ngapain mo seriussssss ???.... mo..... 1.000.000.000.000 dst....seriusss pun tidak nyambung dgn elmo pengetahuan




hi hi hi .............. ditanya soal yangkecil aja gak bisa jawab ............ apalagi ditanya soal sains yang guedee ....... nyaangkin teleeeeer ..... jawabannya cuma sebatas GAK NYAMBUNG ........ nyemplung

mana teori rotasi bumi-mu  bersumber alquran ???
di atas saya sdh memaparkan teori sederhana menurut quran


hi hi hi ............ orang bijak kalo ditanya jawab dulu .......... baru nanya ....... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Paradise OK on Wed Apr 23, 2014 8:00 pm


Kejadian 1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

indikasi
ada proses rotasi bumi

mana teori rotasi bumi-mu  bersumber alquran ???






Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Fri Apr 25, 2014 8:50 am

@Paradise OK wrote:
Kejadian 1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

indikasi
ada proses rotasi bumi

mana teori rotasi bumi-mu  bersumber alquran ???


hi hi hi ............. aku gak nanya kitabmu yaang gak jelas ............ iiyaaaa kenapa ada proses rotasi bumi ............... itu masih sejalan dengan pertanyaan : kenapa bumi berputar pada porosnya ..................... trus selama kamu blum bisa jawab pertanyaan aku, pertanyaan kamu aku pending dulu ..................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Paradise OK on Fri Apr 25, 2014 2:20 pm

kenapa bumi berputar pada porosnya ??? ..... krn sains quran menjelaskannya ...... silahken .....

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Sat Apr 26, 2014 9:17 am

@Paradise OK wrote:kenapa bumi berputar pada porosnya ??? ..... krn sains quran menjelaskannya ...... silahken .....

bersikaplah jantan kalo dah gak bisa jawab ........ bilang aku gak bisa jawab trus minta tolong dijelaskan .............. jangan nyuruh kaya gitu ............. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Paradise OK on Sat Apr 26, 2014 10:09 pm



krn saya anak PAUD menurut anda, wajar saya gk bisa jelaskan.....silahkan anda jelaskan dari sisi sains quran, mengapa bumi berputar pada porosnya ???

btw anak PAUD jga sdh baca disini :

http://en.wikipedia.org/wiki/Earth%27s_rotation

dan beberapa diskusi2 ringan ttg mengapa bumi berputar pd porosnya di sini

http://www.theguardian.com/notesandqueries/query/0,,-186829,00.html

http://askville.amazon.com/makes-Earth-spin-axis/AnswerViewer.do?requestId=1589098

silahkan anda membaca dan menyimak sendiri .... gratis koq




Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by ndink on Sat Apr 26, 2014 11:30 pm

@Paradise OK wrote:
Kejadian 1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

indikasi
ada proses rotasi bumi

mana teori rotasi bumi-mu  bersumber alquran ???






alkitab anda sendiri membingungkan, diamana korelasinya penciptaan terang itu siang dan gelap itu malam pada hari pertama..
sedangkan matahari saja baru ciptakan pada hari ke empat,...

pertanyaan saya dari mana asal terang pada pada hari pertama yg menciptakan suasana siang dan malam, sudah terbukti bahwa adanya siang dan malam karna adanya matahari, sedangkan matahari belum lagi diciptakan,...?
avatar
ndink
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 143
Kepercayaan : Islam
Location : Bandar lampung
Join date : 21.11.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Paradise OK on Sun Apr 27, 2014 3:03 am



maaf mungkin ini agak keluar topik, sedikit dari saya ....
Kejadian
1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.
1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.


sumber terang Allah sendiri

Yesaya (PL)
60:19 Bagimu matahari tidak lagi menjadi penerang pada siang hari dan cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari, tetapi TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu dan Allahmu akan menjadi keagunganmu.

60:20 Bagimu akan ada matahari yang tidak pernah terbenam dan bulan yang tidak surut, sebab TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu, dan hari-hari perkabunganmu akan berakhir.


6 Hari penciptaan :

Hari 1 : langit dan bumi diciptakan dan “Jadilah terang”.
Hari 2 : Allah menciptakan cakrawala
Hari 3 : daratan dipisahkan dengan lautan; tumbuh2an diciptakan
Hari 4 : Matahari, bulan dan bintang diciptakan
Hari 5: Binatang di lautan dan burung di udara
Hari 6 : Binatang dibumi, ternak dan binatang melata, Manusia pertama diciptakan (Adam dan Hawa)

Tuturan Kejadian I dapat disajikan dalam tiga tahap terpisah. Pada tiga hari pertama dijadikan panggung, pada tiga hari kedua dijadikan para pelaku yang bertindak di atasnya. Ada tiga macam pemisahan, ada tiga macam penguasa.

1. (hari 1/4) Pada hari pertama, Allah memisahkan terang dari gelap (Kejadian 1:4). Ini sejajar dengan hari keempat pada hari mana Allah menjadikan penerang - matahari dan bulan - untuk menguasai siang dan malam (Kejadian 1: 16-18).

2. (hari 2/5) Pada hari kedua, Allah memisahkan air yang ada di bawah cakrawala dari air yang ada di atasnya (Kejadian 1:7). Ini sejajar dengan hari kelima pada hari mana Allah menjadikan burung yang terbang melintasi cakrawala, serta binatang-binatang laut dan makhluk lainnya yang berkeriapan dalam air (Kejadian 1:20-21).

3. (hari 3/6) Pada hari ketiga, Allah memisahkan darat yang kering dari air, lalu menjadikan tumbuh-tumbuhan (Kejadian 1:9-12). Ini sejajar dengan hari keenam pada hari mana Allah menjadikan binatang ternak dan binatang liar di muka bumi, serta manusia - laki-laki dan perempuan - untuk menguasai semua makhluk lain yang hidup (Kejadian 1:24-27).



Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Sun Apr 27, 2014 8:40 am

@Paradise OK wrote:

krn saya anak PAUD menurut anda, wajar saya gk bisa jelaskan.....silahkan anda jelaskan dari sisi sains quran, mengapa bumi berputar pada porosnya ???

btw anak PAUD jga sdh baca disini :

http://en.wikipedia.org/wiki/Earth%27s_rotation

dan beberapa diskusi2 ringan ttg mengapa bumi berputar pd porosnya di sini

http://www.theguardian.com/notesandqueries/query/0,,-186829,00.html

http://askville.amazon.com/makes-Earth-spin-axis/AnswerViewer.do?requestId=1589098

silahkan anda membaca dan menyimak sendiri .... gratis koq




silakan anda postingkan yang dari wikipeda, dari hasil diskusi rinagn anda, serta link-link yang lain untuk dijadikan jawaban anda baru aku bandingkan dengan teori quran ......... trus aku gak memerliukan menyimak link-link yang anda sodorkan ................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Paradise OK on Sun Apr 27, 2014 10:50 am


@Jagona wrote:
silakan anda postingkan yang dari wikipeda, dari hasil diskusi rinagn anda, serta link-link yang lain untuk dijadikan jawaban anda baru aku bandingkan dengan teori quran ......... trus aku gak memerliukan menyimak link-link yang anda sodorkan ................... okey

padahal saya tulis seperti ini ini :

btw anak PAUD jga sdh baca disini :

http://en.wikipedia.org/wiki/Earth%27s_rotation

dan beberapa diskusi2 ringan ttg mengapa bumi berputar pd porosnya di sini

http://www.theguardian.com/notesandqueries/query/0,,-186829,00.html

http://askville.amazon.com/makes-Earth-spin-axis/AnswerViewer.do?requestId=1589098

silahkan anda membaca dan menyimak sendiri .... gratis koq


silahkan cocokkan pernyataan (merah) anda dengan (merah) saya, tidak nyambung sama sekali


Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Mon Apr 28, 2014 8:47 am

@Paradise OK wrote:
@Jagona wrote:
silakan anda postingkan yang dari wikipeda, dari hasil diskusi rinagn anda, serta link-link yang lain untuk dijadikan jawaban anda baru aku bandingkan dengan teori quran ......... trus aku gak memerliukan menyimak link-link yang anda sodorkan ................... okey

padahal saya tulis seperti ini ini :

btw anak PAUD jga sdh baca disini :

http://en.wikipedia.org/wiki/Earth%27s_rotation

dan beberapa diskusi2 ringan ttg mengapa bumi berputar pd porosnya di sini

http://www.theguardian.com/notesandqueries/query/0,,-186829,00.html

http://askville.amazon.com/makes-Earth-spin-axis/AnswerViewer.do?requestId=1589098

silahkan anda membaca dan menyimak sendiri .... gratis koq


silahkan cocokkan pernyataan (merah) anda dengan (merah) saya, tidak nyambung sama sekali


aku gak tahu, apakah anda ini pura-pura gak ngerti atau memang gak ngerti sehingga gak mau menjawab pertanyaan yabng mudah ........... bisanya nunjukin link-link yang gak relevan dengan pertanyaan ............... kalo dah gak sanggup .... mundur lebih baik daripada memperbanyak postingan yang gak puguh ................ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by ndink on Mon Apr 28, 2014 6:22 pm

@Paradise OK wrote:

maaf mungkin ini agak keluar topik, sedikit dari saya ....
Kejadian
1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.
1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.


sumber terang Allah sendiri

Yesaya (PL)
60:19 Bagimu matahari tidak lagi menjadi penerang pada siang hari dan cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari, tetapi TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu dan Allahmu akan menjadi keagunganmu.

60:20 Bagimu akan ada matahari yang tidak pernah terbenam dan bulan yang tidak surut, sebab TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu, dan hari-hari perkabunganmu akan berakhir.


6 Hari penciptaan :

Hari 1 : langit dan bumi diciptakan dan “Jadilah terang”.
Hari 2 : Allah menciptakan cakrawala
Hari 3 : daratan dipisahkan dengan lautan; tumbuh2an diciptakan
Hari 4 : Matahari, bulan dan bintang diciptakan
Hari 5: Binatang di lautan dan burung di udara
Hari 6 : Binatang dibumi, ternak dan binatang melata, Manusia pertama diciptakan (Adam dan Hawa)

Tuturan Kejadian I dapat disajikan dalam tiga tahap terpisah. Pada tiga hari pertama dijadikan panggung, pada tiga hari kedua dijadikan para pelaku yang bertindak di atasnya. Ada tiga macam pemisahan, ada tiga macam penguasa.

1. (hari 1/4) Pada hari pertama, Allah memisahkan terang dari gelap (Kejadian 1:4). Ini sejajar dengan hari keempat pada hari mana Allah menjadikan penerang - matahari dan bulan - untuk menguasai siang dan malam (Kejadian 1: 16-18).

2. (hari 2/5) Pada hari kedua, Allah memisahkan air yang ada di bawah cakrawala dari air yang ada di atasnya (Kejadian 1:7). Ini sejajar dengan hari kelima pada hari mana Allah menjadikan burung yang terbang melintasi cakrawala, serta binatang-binatang laut dan makhluk lainnya yang berkeriapan dalam air (Kejadian 1:20-21).

3. (hari 3/6) Pada hari ketiga, Allah memisahkan darat yang kering dari air, lalu menjadikan tumbuh-tumbuhan (Kejadian 1:9-12). Ini sejajar dengan hari keenam pada hari mana Allah menjadikan binatang ternak dan binatang liar di muka bumi, serta manusia - laki-laki dan perempuan - untuk menguasai semua makhluk lain yang hidup (Kejadian 1:24-27).



1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.[/color]
Ayat ini menceritakan  step by step  tentang penciptaan !
di hari pertama Tuhan menciptakan "terang"  yg dinamainya siang,..... dan gelap dinamainya malam
yg saya tanyakan ' mana korelasinya antara terang yg namanya siang dan gelap dinamai malam...
sedangkan matahari di ciptakan pada hari keempat...!
BUKANKAH ADANYA SIANG DAN MALAM ITU KARNA ADANYA ROTASI BUMI DAN PEREDARAN BUMI MENGELILINGI MATAHARI ?

coba terangkan kerangka logikanya sesuai sains,....

ayat yesaya yg anda tunjukan tidak ada hubungannya dengan ayat kejadian, karna itu semua kiasan tentang pembalasan orang2 yg yang benar yg akan mendapatkan suatu kehidupan indah yg abadi...

lihat ayat selanjutnya......

yesaya 16:21
Pendudukmu semuanya orang-orang benar, mereka memiliki negeri untuk selama-lamanya; mereka sebagai cangkokan yang Kutanam sendiri untuk memperlihatkan keagungan-Ku.
avatar
ndink
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 143
Kepercayaan : Islam
Location : Bandar lampung
Join date : 21.11.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Tue Apr 29, 2014 9:23 am

@ndink wrote:
@Paradise OK wrote:

maaf mungkin ini agak keluar topik, sedikit dari saya ....
Kejadian
1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.
1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.


sumber terang Allah sendiri

Yesaya (PL)
60:19 Bagimu matahari tidak lagi menjadi penerang pada siang hari dan cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari, tetapi TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu dan Allahmu akan menjadi keagunganmu.

60:20 Bagimu akan ada matahari yang tidak pernah terbenam dan bulan yang tidak surut, sebab TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu, dan hari-hari perkabunganmu akan berakhir.


6 Hari penciptaan :

Hari 1 : langit dan bumi diciptakan dan “Jadilah terang”.
Hari 2 : Allah menciptakan cakrawala
Hari 3 : daratan dipisahkan dengan lautan; tumbuh2an diciptakan
Hari 4 : Matahari, bulan dan bintang diciptakan
Hari 5: Binatang di lautan dan burung di udara
Hari 6 : Binatang dibumi, ternak dan binatang melata, Manusia pertama diciptakan (Adam dan Hawa)

Tuturan Kejadian I dapat disajikan dalam tiga tahap terpisah. Pada tiga hari pertama dijadikan panggung, pada tiga hari kedua dijadikan para pelaku yang bertindak di atasnya. Ada tiga macam pemisahan, ada tiga macam penguasa.

1. (hari 1/4) Pada hari pertama, Allah memisahkan terang dari gelap (Kejadian 1:4). Ini sejajar dengan hari keempat pada hari mana Allah menjadikan penerang - matahari dan bulan - untuk menguasai siang dan malam (Kejadian 1: 16-18).

2. (hari 2/5) Pada hari kedua, Allah memisahkan air yang ada di bawah cakrawala dari air yang ada di atasnya (Kejadian 1:7). Ini sejajar dengan hari kelima pada hari mana Allah menjadikan burung yang terbang melintasi cakrawala, serta binatang-binatang laut dan makhluk lainnya yang berkeriapan dalam air (Kejadian 1:20-21).

3. (hari 3/6) Pada hari ketiga, Allah memisahkan darat yang kering dari air, lalu menjadikan tumbuh-tumbuhan (Kejadian 1:9-12). Ini sejajar dengan hari keenam pada hari mana Allah menjadikan binatang ternak dan binatang liar di muka bumi, serta manusia - laki-laki dan perempuan - untuk menguasai semua makhluk lain yang hidup (Kejadian 1:24-27).



1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.[/color]
Ayat ini menceritakan  step by step  tentang penciptaan !
di hari pertama Tuhan menciptakan "terang"  yg dinamainya siang,..... dan gelap dinamainya malam
yg saya tanyakan ' mana korelasinya antara terang yg namanya siang dan gelap dinamai malam...
sedangkan matahari di ciptakan pada hari keempat...!
BUKANKAH ADANYA SIANG DAN MALAM ITU KARNA ADANYA ROTASI BUMI DAN PEREDARAN BUMI MENGELILINGI MATAHARI ?

coba terangkan kerangka logikanya sesuai sains,....

ayat yesaya yg anda tunjukan tidak ada hubungannya dengan ayat kejadian, karna itu semua kiasan tentang pembalasan orang2 yg yang benar yg akan mendapatkan suatu kehidupan indah yg abadi...

lihat ayat selanjutnya......

yesaya 16:21
Pendudukmu semuanya orang-orang benar, mereka memiliki negeri untuk selama-lamanya; mereka sebagai cangkokan yang Kutanam sendiri untuk memperlihatkan keagungan-Ku.

hi hi hi ................. lihat judul tret. diiikkkkkk ...................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Paradise OK on Tue Apr 29, 2014 11:36 pm


ydh jelaskan saja....mengapa bumi berputar pada porosnya ? ..... tentu bersumber sains dari alquran





Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Wed Apr 30, 2014 10:18 am

@Paradise OK wrote:
ydh jelaskan saja....mengapa bumi berputar pada porosnya ? ..... tentu bersumber sains dari alquran





hi hi hi ........... padahal jawabnya simple aja ........... Kenapa Bumi berputar pada porosnya ? .......... karena diputarkan oleh RAWASIA (batang magnit/medan magnit) yang membujur dari Utara ke Selatan . Rawasia inilah yang memutarkan Bumi dengan kecepatan +/- 1665 km/jam. Rawasia yang dimiliki Bumi dan juga planet-planet lainnya, di sebelah Utara (KU) bermuatan negatif, sedangkan di Selatan (KS) bermuatan positif. Rawasia inilah juga yang melakukan tarik menari dengan Matahari sehingga Bumi tidak keluar dari orbitnya. .............. aku yaakin anmda gak paham ..................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by ndink on Wed Apr 30, 2014 3:20 pm

@Jagona wrote:
@ndink wrote:
@Paradise OK wrote:

maaf mungkin ini agak keluar topik, sedikit dari saya ....
Kejadian
1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.
1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.


sumber terang Allah sendiri

Yesaya (PL)
60:19 Bagimu matahari tidak lagi menjadi penerang pada siang hari dan cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari, tetapi TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu dan Allahmu akan menjadi keagunganmu.

60:20 Bagimu akan ada matahari yang tidak pernah terbenam dan bulan yang tidak surut, sebab TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu, dan hari-hari perkabunganmu akan berakhir.


6 Hari penciptaan :

Hari 1 : langit dan bumi diciptakan dan “Jadilah terang”.
Hari 2 : Allah menciptakan cakrawala
Hari 3 : daratan dipisahkan dengan lautan; tumbuh2an diciptakan
Hari 4 : Matahari, bulan dan bintang diciptakan
Hari 5: Binatang di lautan dan burung di udara
Hari 6 : Binatang dibumi, ternak dan binatang melata, Manusia pertama diciptakan (Adam dan Hawa)

Tuturan Kejadian I dapat disajikan dalam tiga tahap terpisah. Pada tiga hari pertama dijadikan panggung, pada tiga hari kedua dijadikan para pelaku yang bertindak di atasnya. Ada tiga macam pemisahan, ada tiga macam penguasa.

1. (hari 1/4) Pada hari pertama, Allah memisahkan terang dari gelap (Kejadian 1:4). Ini sejajar dengan hari keempat pada hari mana Allah menjadikan penerang - matahari dan bulan - untuk menguasai siang dan malam (Kejadian 1: 16-18).

2. (hari 2/5) Pada hari kedua, Allah memisahkan air yang ada di bawah cakrawala dari air yang ada di atasnya (Kejadian 1:7). Ini sejajar dengan hari kelima pada hari mana Allah menjadikan burung yang terbang melintasi cakrawala, serta binatang-binatang laut dan makhluk lainnya yang berkeriapan dalam air (Kejadian 1:20-21).

3. (hari 3/6) Pada hari ketiga, Allah memisahkan darat yang kering dari air, lalu menjadikan tumbuh-tumbuhan (Kejadian 1:9-12). Ini sejajar dengan hari keenam pada hari mana Allah menjadikan binatang ternak dan binatang liar di muka bumi, serta manusia - laki-laki dan perempuan - untuk menguasai semua makhluk lain yang hidup (Kejadian 1:24-27).



1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.[/color]
Ayat ini menceritakan  step by step  tentang penciptaan !
di hari pertama Tuhan menciptakan "terang"  yg dinamainya siang,..... dan gelap dinamainya malam
yg saya tanyakan ' mana korelasinya antara terang yg namanya siang dan gelap dinamai malam...
sedangkan matahari di ciptakan pada hari keempat...!
BUKANKAH ADANYA SIANG DAN MALAM ITU KARNA ADANYA ROTASI BUMI DAN PEREDARAN BUMI MENGELILINGI MATAHARI ?

coba terangkan kerangka logikanya sesuai sains,....

ayat yesaya yg anda tunjukan tidak ada hubungannya dengan ayat kejadian, karna itu semua kiasan tentang pembalasan orang2 yg yang benar yg akan mendapatkan suatu kehidupan indah yg abadi...

lihat ayat selanjutnya......

yesaya 16:21
Pendudukmu semuanya orang-orang benar, mereka memiliki negeri untuk selama-lamanya; mereka sebagai cangkokan yang Kutanam sendiri untuk memperlihatkan keagungan-Ku.

hi hi hi ................. lihat judul tret. diiikkkkkk ...................... okey

emang bener saudaraku.... tp dia yg mulai memperlihatkan ayat dari kejadian ,.....
pasti senang dia lari, seperti maling dibukain pintu,...... tanpa meninggalkan bekas,..! bungkam seribu bahasa.....
avatar
ndink
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 143
Kepercayaan : Islam
Location : Bandar lampung
Join date : 21.11.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by moderator 2 on Wed Apr 30, 2014 3:57 pm

Berhenti Out of topic ke Alkitab!
avatar
moderator 2
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Posts : 304
Kepercayaan : Islam
Location : Kursi Saya
Join date : 25.04.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Paradise OK on Wed Apr 30, 2014 10:53 pm

@Jagona wrote:
@Paradise OK wrote:
ydh jelaskan saja....mengapa bumi berputar pada porosnya ? ..... tentu bersumber sains dari alquran





hi hi hi ........... padahal jawabnya simple aja ........... Kenapa Bumi berputar pada porosnya ?  .......... karena diputarkan oleh RAWASIA (batang magnit/medan magnit) yang membujur dari Utara ke Selatan . Rawasia inilah yang memutarkan Bumi dengan kecepatan +/- 1665 km/jam. Rawasia yang dimiliki Bumi dan juga planet-planet lainnya, di sebelah Utara (KU) bermuatan negatif, sedangkan di Selatan (KS) bermuatan positif. Rawasia inilah juga yang melakukan tarik menari dengan Matahari sehingga Bumi tidak keluar dari orbitnya. .............. aku yaakin anmda gak paham ..................... okey

Sura/ayatnya mana jelasin proses rotasi ??
btw
rawsia itu bahasa arab ditranslate ke bahasa Indonesia emang batang magnit ??


Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Thu May 01, 2014 10:19 am

@Paradise OK wrote:
@Jagona wrote:
@Paradise OK wrote:
ydh jelaskan saja....mengapa bumi berputar pada porosnya ? ..... tentu bersumber sains dari alquran





hi hi hi ........... padahal jawabnya simple aja ........... Kenapa Bumi berputar pada porosnya ?  .......... karena diputarkan oleh RAWASIA (batang magnit/medan magnit) yang membujur dari Utara ke Selatan . Rawasia inilah yang memutarkan Bumi dengan kecepatan +/- 1665 km/jam. Rawasia yang dimiliki Bumi dan juga planet-planet lainnya, di sebelah Utara (KU) bermuatan negatif, sedangkan di Selatan (KS) bermuatan positif. Rawasia inilah juga yang melakukan tarik menari dengan Matahari sehingga Bumi tidak keluar dari orbitnya. .............. aku yaakin anmda gak paham ..................... okey

Sura/ayatnya mana jelasin proses rotasi ??

btw
rawsia itu bahasa arab ditranslate ke bahasa Indonesia emang batang magnit ??



ayat 41/10 .............. dah dijelasin di atas
rawasia adalah bahasa quran yang diterjemahkan menjadi batang maginit sesuai dengan maksud kandungan ayat quran

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Paradise OK on Fri May 02, 2014 3:07 pm

@Jagona wrote:
@Paradise OK wrote:
@Jagona wrote:
@Paradise OK wrote:
ydh jelaskan saja....mengapa bumi berputar pada porosnya ? ..... tentu bersumber sains dari alquran





hi hi hi ........... padahal jawabnya simple aja ........... Kenapa Bumi berputar pada porosnya ?  .......... karena diputarkan oleh RAWASIA (batang magnit/medan magnit) yang membujur dari Utara ke Selatan . Rawasia inilah yang memutarkan Bumi dengan kecepatan +/- 1665 km/jam. Rawasia yang dimiliki Bumi dan juga planet-planet lainnya, di sebelah Utara (KU) bermuatan negatif, sedangkan di Selatan (KS) bermuatan positif. Rawasia inilah juga yang melakukan tarik menari dengan Matahari sehingga Bumi tidak keluar dari orbitnya. .............. aku yaakin anmda gak paham ..................... okey

Sura/ayatnya mana jelasin proses rotasi ??

btw

rawsia itu bahasa arab ditranslate ke bahasa Indonesia emang batang magnit ??



ayat 41/10  .............. dah dijelasin di atas
rawasia adalah bahasa quran yang diterjemahkan menjadi batang maginit sesuai dengan maksud kandungan ayat quran

konfirmasi

waja'ala fiihaa rawaasiya min fawqihaa wabaaraka fiihaa waqaddara fiihaa aqwaatahaa fii arba'ati ayyaamin sawaa-an lilssaa-iliina

bahasa Indonesianya

[41:10] Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.


kenapa dalam versi translate bahasa indonesia  tidak sedikitpun dituliskan batang magnit, dalam tanda (kurungnya) sekalipun ?

pertanyaan saya, apakah tafsirmu/cocokmologymu lebih tinggi sanatnya atw apa yg tersirat dalam quran ?



Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 10 dari 11 Previous  1, 2, 3 ... , 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik