FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Islam, Sains dan Teknologi

Halaman 3 dari 11 Previous  1, 2, 3, 4 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Islam, Sains dan Teknologi

Post by Admin on Sat Oct 08, 2011 2:35 pm

First topic message reminder :



Oleh Saeful Rokhman

Di antara hal yang di anggap modern di era ini adalah sains dan teknologi. Sains dan teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat bagi kehidupan manusia. Dalam setiap waktu para ahli dan ilmuwan terus mengkaji dan meneliti sains dan teknologi sebagai penemuan yang paling canggih dan modern. Keduanya sudah menjadi simbol kemajuan dan kemodernan pada abad ini. Oleh karena itu, apabila ada suatu bangsa atau negara yang tidak mengikuti perkembangan sains dan teknologi, maka bangsa atau negara itu dapat dikatakan negara yang tidak maju dan terbelakang.

Kembali ke topik Islam terkait dengan masalah sains dan teknologi. Pandangan Islam terhadap sains dan teknologi adalah bahwa Islam tidak pernah mengekang umatnya untuk maju dan modern. Justru Islam sangat mendukung umatnya untuk me-research dan bereksperimen dalam hal apapun, termasuk sains dan teknologi. Bagi Islam sains dan teknologi adalah termasuk ayat-ayat Allah yang perlu digali dan dicari keberadaannya. Ayat-ayat Allah yang tersebar di alam semesta ini Allah anugerahkan kepada manusia sebagai khalifah di muka bumi untuk diolah dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Pandangan Islam tentang sains dan teknologi dapat diketahui prinsip-prinsipnya dari analisis wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW.

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. Al-Isra: 1-5)

Menurut seorang pakar tafsir kontemmporer asal Indonesia, Prof. Dr. Quraisy Syihab, ‘iqra’ terambil dari kata menghimpun. Dari menghimpun lahir aneka makna seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti, mengetahui ciri sesuatu, dan membaca baik teks tertulis maupun tidak.[1] Dalam ayat yang lain, Allah SWT memuji kepada hambanya yang memikirkan penciptaan langit dan bumi. Bahkan banyak pula ayat-ayat al-Qur’an yang menyuruh manusia untuk meneliti dan memperhatikan alam semesta.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Imran: 190-191)

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya kami tumbuhkan di bumi itu pelbagai macam tumbuh-tumbuhan yang baik? (QS. Asy-Syu’ara: 7)

Katakanlah: “Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman”. (QS. Yunus: 101)

Ayat-ayat di atas adalah sebuah support yang Allah berikan kepada hambanya untuk terus menggali dan memperhatikan apa-apa yang ada di alam semesta ini. Makanya seorang ahli sains Barat, Maurice Bucaile, setelah ia melakukan penelitian terhadap al-Qur’an dan Bibel dari sudut pandang sains modern. Ia mengatakan:

Saya menyelidiki keserasian teks Qur’an dengan sains modern secara obyektif dan tanpa prasangka. Mula-mula saya mengerti, dengan membaca terjemahan, bahwa Qur’an menyebutkan bermacam-macam fenomena alamiah, tetapi dengan membaca terjemahan itu saya hanya memperoleh pengetahuan yang sama (ringkas). Dengan membaca teks arab secara teliti sekali saya dapat mengadakan inventarisasi yang membuktikan bahwa Qur’an tidak mengandung sesuatu pernyataan yang dapat dikritik dari segi pandangan ilmiah di zaman modern.[2]

Jika sains dan teknologi ini ditelusuri kembali ke masa-masa pertumbuhannya, hal itu tidak lepas dari sumbangsih para ilmuwan muslim. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa asal-usul sains modern atau revolusi ilmiah berasal dari peradaban Islam. Memang sebuah fakta, umat Islam adalah pionir sains modern. Jikalau mereka tidak berperang di antara sesama mereka, dan jika tentara kristen tidak mengusirnya dari Spanyol, dan jika orang-orang Mongol tidak menyerang dan merusak bagian-bagian dari negeri-negeri Islam pada abad ke-13, mereka akan mampu menciptakan seorang Descartes, seorang Gassendi, seorang Hume, seorang Cupernicus, dan seorang Tycho Brahe, karena kita telah menemukan bibit-bibit filsafat mekanika, emperisisme, elemen-elemen utama dalam heliosentrisme dan instrumen-instrumen Tycho Brahe dalam karya-karya al-Ghazali, Ibn al-Shatir, para astronom pada observatorium margha dan karya-karya Takiyudin.[3]

Peradaban Islam pernah memiliki khazanah ilmu yang sangat luas dan menghasilkan para ilmuwan yang begitu luar biasa. Ilmuwan-ilmuwan ini ternyata jika kita baca, mempunyai keahlian dalam berbagai bidang. Sebut saja Ibnu Sina. Dalam umurnya yang sangat muda, dia telah berhasil menguasai berbagai ilmu kedokteran. Mognum opusnya al-Qanun fi al-Thib menjadi sumber rujukan primer di berbagai universitas Barat.

Selain Ibnu Sina, al-Ghazali juga bisa dibilang ilmuwan yang refresentatif untuk kita sebut di sini. Dia teolog, filosof, dan sufi. Selain itu, dia juga terkenal sebagai orang yang menganjurkan ijtihad kepada orang yang mampu melakukan itu. Dia juga ahli fiqih. Al-Mushtasfa adalah bukti keahliannya dalam bidang ushul fiqih. Tidak hanya itu, al-Ghazali juga ternyata mempunyai paradigma yang begitu modern. Dia pernah mempunyai proyek untuk menggabungkan, tidak mendikotomi ilmu agama dan ilmu umum. Baginya, kedua jenis ilmu tersebut sama-sama wajib dipelajari oleh umat Islam.

Selain para ilmuwan di atas, Ibnu Rusyd layak kita sebut di sini. Dia filosof ulung, teolog dan menguasai kedokteran. Bahkan dia juga bisa disebut sebagai faqih. Kapabalitasnya dalam bidang fiqih dibuktikan dengan karya tulisnya Bidayah al-Mujtahid. Filosof ini juga menjadi inspirasi gerakan-gerakan di Barat. Tidak sedikit ideologinya yang diadopsi oleh orang Barat sehingga bisa maju seperti sekarang.

Ilmuwan lainnya seperti Fakhruddin al-Razi, selain seorang teolog, filosof, ahli tafsir, dia juga seorang yang menguasai kedokteran. Al-Khawarizmi, Matematikawan dan seorang ulama. Dan masih banyak lagi para ulama sekaligus ilmuwan yang dihasilkan dari Peradaban Islam. Semua itu menunjukkan, bahwa suatu peradaban bisa maju dan unggul, meskipun tetap dilandasi oleh agama dan kepercayaan terhadap Tuhan (Allah SWT).

Adapun kondisi umat Islam sekarang yang mengalami kemunduran dalam bidang sains dan teknologi adalah disebabkan oleh berbagai hal. Sains Islam mulai terlihat kemunduran yang signifikan adalah selepas tahun 1800 disebabkan faktor eksternal seperti pengaruh penjajahan yang dengan sengaja menghancurkan sistem ekonomi lokal yang menyokong kegiatan sains dan industri lokal. Contohnya seperti apa yang terjadi di Bengali, India, saat sistem kerajinan industri dan kerajinan lokal dihancurkan demi mensukseskan ‘revolusi industri” di Inggris.

Sains dan teknologi adalah simbol kemodernan. Akan tetapi, tidak hanya karena modern, kemudian kita mengabaikan agama sebagaimana yang terjadi di Barat dengan ideologi sekularisme. Karena sains dan teknologi tidak akan pernah bertentangan dengan ajaran Islam yang relevan di setiap zaman.

[1] Prof. Dr. Quraisy Syihab, Wawasan al-Qur’an,

[2] Maurice Buccaile, La Bible Le Coran Et Le Science, terj. Bible, Qur’an dan Sains Modern oleh H.M. Rasjidi, Jakarta: Bulan Bintang, hal. 10.

[3] Majalah Islamia, Thn. I, No. 4, Artikel Prof. Dr. Cemil Akdogan.
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://www.laskarislam.com

Kembali Ke Atas Go down


Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Wed Jun 05, 2013 12:39 pm

@SEGOROWEDI wrote:
langsung aja gunakan pengertian non partikelmu untuk membantah
malah nanyak

jawaban anda kalo betul ............ aku gunakan untuk membantah ...... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 05, 2013 1:57 pm

@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:

silakan pernyataan ini dibantah:
Saya hanya berpegang pada fakta: apa penemuan atau pencapaian signifikan yang telah dibuat Muslim dalam seribu tahun terakhir? Listrik? Gelombang elektromagnetic? Antibiotik? Mesin pembakaran? Komputer? Tidak ada, nol besar, bahkan tidak ada sumbangan apapun bagi peradaban modern.

anda sudah kenal dengan "non-partikel" ?

belum
emang apa hubungannya dengan capaian islamnya muhammad?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Wed Jun 05, 2013 4:20 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:

silakan pernyataan ini dibantah:
Saya hanya berpegang pada fakta: apa penemuan atau pencapaian signifikan yang telah dibuat Muslim dalam seribu tahun terakhir? Listrik? Gelombang elektromagnetic? Antibiotik? Mesin pembakaran? Komputer? Tidak ada, nol besar, bahkan tidak ada sumbangan apapun bagi peradaban modern.

anda sudah kenal dengan "non-partikel" ?

belum
emang apa hubungannya dengan capaian islamnya muhammad?

itulah diantaranya pengetahuan yang telah dicapai umat Muhammad

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 06, 2013 3:47 pm


mana penjelasan muhammad soal non partikel?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Thu Jun 06, 2013 3:52 pm

@SEGOROWEDI wrote:
mana penjelasan muhammad soal non partikel?

sholat-sholat-sholat

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 06, 2013 3:54 pm


sayangi otak, sayangi otak, sayangi otak
jangan dibikin kopyor terbentur lantai

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Thu Jun 06, 2013 4:00 pm

@SEGOROWEDI wrote:
sayangi otak, sayangi otak, sayangi otak
jangan dibikin kopyor terbentur lantai

orang gak sholat gak punya otak

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by islam pasti jaya on Thu Jun 06, 2013 7:22 pm

@SEGOROWEDI wrote:

suruh membantah ini:
Saya hanya berpegang pada fakta: apa penemuan atau pencapaian signifikan yang telah dibuat Muslim dalam seribu tahun terakhir? Listrik? Gelombang elektromagnetic? Antibiotik? Mesin pembakaran? Komputer? Tidak ada, nol besar, bahkan tidak ada sumbangan apapun bagi peradaban modern.

malah tanya...

anda tidak akan dapat mengatakan nol besar, kalau ilmuwan muslim tidak menciptkan angka ini, dan asal Pak Wedi tahu Pak Wedi tidak akan dapat mengetik di komputer karena sistem komputer tidak akan dapat bekerja sama sekali bila tidak ada angka nol (rumus angka biner 1 & 0), dan asal anda tahu juga walaupun konsep 0 sudah ada sejak sebelum zaman Nabi Muhammad, tp konsep 0 hanya sebatas lambang/simbol dan sampai akhirnya oleh cendekiwian Muslim yang jga merupakan matematikawan yg tersohor karena kontribusinya di dunia matematikan, ialah dia, Al-Khawarizmi, menjadikan simbol 0 itu menjadi sebuah angka...

terus, sumbangsih apalagi yg diberikan Umat Islam....
Umat Muslim menemukan bibit-bibit filsafat mekanika, emperisisme, elemen-elemen utama dalam heliosentrisme dan instrumen-instrumen Tycho Brahe dalam karya-karya al-Ghazali, dan masih banyak lainnya...

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 16.01.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by islam pasti jaya on Thu Jun 06, 2013 7:45 pm

dan lagi...
silahkan Pak wedi merenungi ayat agung ini...

QS AL-ISRAA' : 1
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Perhatikan kata2 memperjalankan dan kata pada suatu malam...

dan saya mengajak anda untuk membayangkan, bila saat ini, sekarang ini, tidak ada namanya pesawat, jet, mobil, kereta, motor, atau kendaraan bermotor lainnya, dan bayangkan kendaraan tercepat yg dapat dinaiki manusia saat ini hanyalah hewan Kuda...

apa respon anda..??, mendengar kabar bahwa Nabi Muhammad begerak dari mekkah ke palestina hanya dalam hitungan sesaat...??

saat itu ujian yg besar bagi Ummat Islam, untuk menguji sejauh apa keimanan ummat muslim saat itu dalam mengimani peristiwa itu...


orang2 yg tadinya melecehkan dan bahkan tidak mempercayai bahwa nabi Muhammad bergerak dari mekkah ke palestina dalam waktu yg sesaat, mungkin akan berbeda bila dengan melihat realita saat ini dimana semua serba teknologi, manusia bisa terbang dengan pesawat dan menempuh kota2 diseluruh dunia dalam hitungan jam saja, sesuatu yg mustahil bagi pemikiran orang2 zaman dahulu namun terjadi saat ini...

itulah, ayat yg terkandung dalam QS AL-ISRAA' : 1 mengandung muatan ayat yg dahsyat dan agungnya, karena yg menggerakkan Nabi Muhammad adalah karena kehendak Allah sendiri, dilihat dari kata2 memperjalankan Hamba-Nya sehingga Beliau dapat menempuh jarak yg jauh dengan waktu yg sebentar...

dan lalu apa hubungannya dengan teknologi..??, peristiwa ini semata2 bukan hanya peristiwa dimana Rasul menjemput perintah sholat semata, tp mengandung muatan2 ilmu dan sebuah maha karya dan teknologi dahsyat yg Allah buat saat itu sehingga banyak orang yg menganggap itu adalah hal yg mustahil...namun bila ditelaah dan dipahami barulah sedikit demi sedikit orang2 percaya bahwa hal itu bukanlah tidak mungkin karena contoh kecilnya saja sudah terbukti melalui pesawat yg dapat membawa manusia berpindah tempat dalam waktu sesaat...

tetapi jangan samakan pesawat dengan buraq, buraq adalah ciptaan Allah yg khusus pada peristiwa itu...yang membawa baginda Rasul bergerak melebihi kecepatan cahaya....

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 16.01.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by alex77 on Thu Jun 06, 2013 8:48 pm

@islam pasti jaya wrote:dan lagi...
silahkan Pak wedi merenungi ayat agung ini...

QS AL-ISRAA' : 1
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Perhatikan kata2 memperjalankan dan kata pada suatu malam...

dan saya mengajak anda untuk membayangkan, bila saat ini, sekarang ini, tidak ada namanya pesawat, jet, mobil, kereta, motor, atau kendaraan bermotor lainnya, dan bayangkan kendaraan tercepat yg dapat dinaiki manusia saat ini hanyalah hewan Kuda...

apa respon anda..??, mendengar kabar bahwa Nabi Muhammad begerak dari mekkah ke palestina hanya dalam hitungan sesaat...??

saat itu ujian yg besar bagi Ummat Islam, untuk menguji sejauh apa keimanan ummat muslim saat itu dalam mengimani peristiwa itu...


orang2 yg tadinya melecehkan dan bahkan tidak mempercayai bahwa nabi Muhammad bergerak dari mekkah ke palestina dalam waktu yg sesaat, mungkin akan berbeda bila dengan melihat realita saat ini dimana semua serba teknologi, manusia bisa terbang dengan pesawat dan menempuh kota2 diseluruh dunia dalam hitungan jam saja, sesuatu yg mustahil bagi pemikiran orang2 zaman dahulu namun terjadi saat ini...

itulah, ayat yg terkandung dalam QS AL-ISRAA' : 1 mengandung muatan ayat yg dahsyat dan agungnya, karena yg menggerakkan Nabi Muhammad adalah karena kehendak Allah sendiri, dilihat dari kata2 memperjalankan Hamba-Nya sehingga Beliau dapat menempuh jarak yg jauh dengan waktu yg sebentar...

dan lalu apa hubungannya dengan teknologi..??, peristiwa ini semata2 bukan hanya peristiwa dimana Rasul menjemput perintah sholat semata, tp mengandung muatan2 ilmu dan sebuah maha karya dan teknologi dahsyat yg Allah buat saat itu sehingga banyak orang yg menganggap itu adalah hal yg mustahil...namun bila ditelaah dan dipahami barulah sedikit demi sedikit orang2 percaya bahwa hal itu bukanlah tidak mungkin karena contoh kecilnya saja sudah terbukti melalui pesawat yg dapat membawa manusia berpindah tempat dalam waktu sesaat...

tetapi jangan samakan pesawat dengan buraq, buraq adalah ciptaan Allah yg khusus pada peristiwa itu...yang membawa baginda Rasul bergerak melebihi kecepatan cahaya....

ini hanya hayalan muhammad doang......

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by islam pasti jaya on Thu Jun 06, 2013 9:27 pm

alex maaf, saya tidak melayani orang2 yang tidak mau berfikir dengan otaknya...

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 16.01.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by alex77 on Thu Jun 06, 2013 9:48 pm

@islam pasti jaya wrote:alex maaf, saya tidak melayani orang2 yang tidak mau berfikir dengan otaknya...

hahaha.... justru anda yang tidak berfikir... mau di bohongi...


alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 06, 2013 10:21 pm

@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
sayangi otak, sayangi otak, sayangi otak
jangan dibikin kopyor terbentur lantai

orang gak sholat gak punya otak

solat
ritual fisikal persis yang dilakukan para penyembah berhala/setan
melakukan gerakan tubuh tertentu, di waktu-waktu tertentu, menghadap/berorientasi pada benda tertentu, dengan mantera-mantera tertentu, diulang-ulang

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 06, 2013 10:26 pm

@islam pasti jaya wrote:anda tidak akan dapat mengatakan nol besar, kalau ilmuwan muslim tidak menciptkan angka ini, dan asal Pak Wedi tahu Pak Wedi tidak akan dapat mengetik di komputer karena sistem komputer tidak akan dapat bekerja sama sekali bila tidak ada angka nol (rumus angka biner 1 & 0), dan asal anda tahu juga walaupun konsep 0 sudah ada sejak sebelum zaman Nabi Muhammad, tp konsep 0 hanya sebatas lambang/simbol dan sampai akhirnya oleh cendekiwian Muslim yang jga merupakan matematikawan yg tersohor karena kontribusinya di dunia matematikan, ialah dia, Al-Khawarizmi, menjadikan simbol 0 itu menjadi sebuah angka...

terus, sumbangsih apalagi yg diberikan Umat Islam....
Umat Muslim menemukan bibit-bibit filsafat mekanika, emperisisme, elemen-elemen utama dalam heliosentrisme dan instrumen-instrumen Tycho Brahe dalam karya-karya al-Ghazali, dan masih banyak lainnya...

gugur dengan sndirinya...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 06, 2013 10:29 pm

@islam pasti jaya wrote:dan lagi...
silahkan Pak wedi merenungi ayat agung ini...

QS AL-ISRAA' : 1
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Perhatikan kata2 memperjalankan dan kata pada suatu malam...

dan saya mengajak anda untuk membayangkan, bila saat ini, sekarang ini, tidak ada namanya pesawat, jet, mobil, kereta, motor, atau kendaraan bermotor lainnya, dan bayangkan kendaraan tercepat yg dapat dinaiki manusia saat ini hanyalah hewan Kuda...

apa respon anda..??, mendengar kabar bahwa Nabi Muhammad begerak dari mekkah ke palestina hanya dalam hitungan sesaat...??

saat itu ujian yg besar bagi Ummat Islam, untuk menguji sejauh apa keimanan ummat muslim saat itu dalam mengimani peristiwa itu...


orang2 yg tadinya melecehkan dan bahkan tidak mempercayai bahwa nabi Muhammad bergerak dari mekkah ke palestina dalam waktu yg sesaat, mungkin akan berbeda bila dengan melihat realita saat ini dimana semua serba teknologi, manusia bisa terbang dengan pesawat dan menempuh kota2 diseluruh dunia dalam hitungan jam saja, sesuatu yg mustahil bagi pemikiran orang2 zaman dahulu namun terjadi saat ini...

itulah, ayat yg terkandung dalam QS AL-ISRAA' : 1 mengandung muatan ayat yg dahsyat dan agungnya, karena yg menggerakkan Nabi Muhammad adalah karena kehendak Allah sendiri, dilihat dari kata2 memperjalankan Hamba-Nya sehingga Beliau dapat menempuh jarak yg jauh dengan waktu yg sebentar...

dan lalu apa hubungannya dengan teknologi..??, peristiwa ini semata2 bukan hanya peristiwa dimana Rasul menjemput perintah sholat semata, tp mengandung muatan2 ilmu dan sebuah maha karya dan teknologi dahsyat yg Allah buat saat itu sehingga banyak orang yg menganggap itu adalah hal yg mustahil...namun bila ditelaah dan dipahami barulah sedikit demi sedikit orang2 percaya bahwa hal itu bukanlah tidak mungkin karena contoh kecilnya saja sudah terbukti melalui pesawat yg dapat membawa manusia berpindah tempat dalam waktu sesaat...

tetapi jangan samakan pesawat dengan buraq, buraq adalah ciptaan Allah yg khusus pada peristiwa itu...yang membawa baginda Rasul bergerak melebihi kecepatan cahaya....

orang mimpi juga kek gitu..
kadang di jakarta, tiba-tiba ganti di goa hira..
tidak mustahil, lha wong mimpi

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by islam pasti jaya on Thu Jun 06, 2013 10:31 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@islam pasti jaya wrote:anda tidak akan dapat mengatakan nol besar, kalau ilmuwan muslim tidak menciptkan angka ini, dan asal Pak Wedi tahu Pak Wedi tidak akan dapat mengetik di komputer karena sistem komputer tidak akan dapat bekerja sama sekali bila tidak ada angka nol (rumus angka biner 1 & 0), dan asal anda tahu juga walaupun konsep 0 sudah ada sejak sebelum zaman Nabi Muhammad, tp konsep 0 hanya sebatas lambang/simbol dan sampai akhirnya oleh cendekiwian Muslim yang jga merupakan matematikawan yg tersohor karena kontribusinya di dunia matematikan, ialah dia, Al-Khawarizmi, menjadikan simbol 0 itu menjadi sebuah angka...

terus, sumbangsih apalagi yg diberikan Umat Islam....
Umat Muslim menemukan bibit-bibit filsafat mekanika, emperisisme, elemen-elemen utama dalam heliosentrisme dan instrumen-instrumen Tycho Brahe dalam karya-karya al-Ghazali, dan masih banyak lainnya...

gugur dengan sndirinya...

apanya yg gugur..??
memangnya saya mengetik dengan tidak sadar, begitu... sehingga menggugurkan sendiri perkataan saya....aneh
Al-Khawarizmi adalah manusia pertama yg menciptakan angka nol..
sebelumnya....nol bukanlah angka, melainkan sebuah simbol yg tidak berwujud angka...

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 16.01.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 06, 2013 10:35 pm


GUGUR
karena konsep 0 sudah ada sejak sebelum zaman Nabi Muhammad
yang ditantang konsep muhammad dan pengikt muhammad

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by islam pasti jaya on Thu Jun 06, 2013 10:37 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@islam pasti jaya wrote:dan lagi...
silahkan Pak wedi merenungi ayat agung ini...

QS AL-ISRAA' : 1
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Perhatikan kata2 memperjalankan dan kata pada suatu malam...

dan saya mengajak anda untuk membayangkan, bila saat ini, sekarang ini, tidak ada namanya pesawat, jet, mobil, kereta, motor, atau kendaraan bermotor lainnya, dan bayangkan kendaraan tercepat yg dapat dinaiki manusia saat ini hanyalah hewan Kuda...

apa respon anda..??, mendengar kabar bahwa Nabi Muhammad begerak dari mekkah ke palestina hanya dalam hitungan sesaat...??

saat itu ujian yg besar bagi Ummat Islam, untuk menguji sejauh apa keimanan ummat muslim saat itu dalam mengimani peristiwa itu...


orang2 yg tadinya melecehkan dan bahkan tidak mempercayai bahwa nabi Muhammad bergerak dari mekkah ke palestina dalam waktu yg sesaat, mungkin akan berbeda bila dengan melihat realita saat ini dimana semua serba teknologi, manusia bisa terbang dengan pesawat dan menempuh kota2 diseluruh dunia dalam hitungan jam saja, sesuatu yg mustahil bagi pemikiran orang2 zaman dahulu namun terjadi saat ini...

itulah, ayat yg terkandung dalam QS AL-ISRAA' : 1 mengandung muatan ayat yg dahsyat dan agungnya, karena yg menggerakkan Nabi Muhammad adalah karena kehendak Allah sendiri, dilihat dari kata2 memperjalankan Hamba-Nya sehingga Beliau dapat menempuh jarak yg jauh dengan waktu yg sebentar...

dan lalu apa hubungannya dengan teknologi..??, peristiwa ini semata2 bukan hanya peristiwa dimana Rasul menjemput perintah sholat semata, tp mengandung muatan2 ilmu dan sebuah maha karya dan teknologi dahsyat yg Allah buat saat itu sehingga banyak orang yg menganggap itu adalah hal yg mustahil...namun bila ditelaah dan dipahami barulah sedikit demi sedikit orang2 percaya bahwa hal itu bukanlah tidak mungkin karena contoh kecilnya saja sudah terbukti melalui pesawat yg dapat membawa manusia berpindah tempat dalam waktu sesaat...

tetapi jangan samakan pesawat dengan buraq, buraq adalah ciptaan Allah yg khusus pada peristiwa itu...yang membawa baginda Rasul bergerak melebihi kecepatan cahaya....

orang mimpi juga kek gitu..
kadang di jakarta, tiba-tiba ganti di goa hira..
tidak mustahil, lha wong mimpi

seorang Nabi tidak mampu membedakan mana yg mimpi dan mana yg nyata..?
itu pemikiran anda sendiri yg menganggapnya mimpi...

tentu Nabi Muhammad ketika menyampaikan ayat ini, sebelumnya akan mengetahui pertentangan atau bahkan pelecehan oleh orang-orang yg menganggap peristiwa itu mustahil, namun Nabi Muhammad S.A.W secara sadar bahwa Allah telah memperjalankan-nya dari Masjidil Haram-Masjidil Aqsa-Sidratul Muntaha untuk menjemput perintah sholat...

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 16.01.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by islam pasti jaya on Thu Jun 06, 2013 10:42 pm

@SEGOROWEDI wrote:
GUGUR
karena konsep 0 sudah ada sejak sebelum zaman Nabi Muhammad
yang ditantang konsep muhammad dan pengikt muhammad

ya ampun, untuk mengakui sumbangsih Al-Khawarizmi sebg pencipta angka nol saja, susah sekali, atau anda tidak terima kalau ilmuwan Muslim yg menciptakannya...?

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 16.01.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 06, 2013 11:22 pm

@islam pasti jaya wrote:seorang Nabi tidak mampu membedakan mana yg mimpi dan mana yg nyata..?
itu pemikiran anda sendiri yg menganggapnya mimpi...

tentu Nabi Muhammad ketika menyampaikan ayat ini, sebelumnya akan mengetahui pertentangan atau bahkan pelecehan oleh orang-orang yg menganggap peristiwa itu mustahil, namun Nabi Muhammad S.A.W secara sadar bahwa Allah telah memperjalankan-nya dari Masjidil Haram-Masjidil Aqsa-Sidratul Muntaha untuk menjemput perintah sholat...

siapa yang menjamin muhammad tidak mimpi?
faktanya: ia tidur di pagar masjid (sumber lain: tidur di rumah janda)

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by islam pasti jaya on Thu Jun 06, 2013 11:35 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@islam pasti jaya wrote:seorang Nabi tidak mampu membedakan mana yg mimpi dan mana yg nyata..?
itu pemikiran anda sendiri yg menganggapnya mimpi...

tentu Nabi Muhammad ketika menyampaikan ayat ini, sebelumnya akan mengetahui pertentangan atau bahkan pelecehan oleh orang-orang yg menganggap peristiwa itu mustahil, namun Nabi Muhammad S.A.W secara sadar bahwa Allah telah memperjalankan-nya dari Masjidil Haram-Masjidil Aqsa-Sidratul Muntaha untuk menjemput perintah sholat...

siapa yang menjamin muhammad tidak mimpi?
faktanya: ia tidur di pagar masjid (sumber lain: tidur di rumah janda)

disini hati dan keimanan yg berbicara, anda2 yg kafirun yang hatinya masih tertutupi hidayah Allah akan sulit menerimanya, kecuali orang2 yg diberi Hidayah, mungkin melalui ilmu yg ditekuninya, dsb, karena peristiwa ini juga sarat dengan kandungan ilmu serta teknologi....karena terdapat waktu dan jarak, ditunjukkan dengan kata2 "suatu malam" yg bermakna waktu dengan kisaran 12 jam, serta jarak yg ditunjukkan dengan kata2 "dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha"
bahkan juga dikisahkan Rasul menempuh sampai ke tempat dimana terbebas dari ruang maupun waktu, dikisahkan juga Rasul yg berjumpa dengan Nabi2 terdahulu bahkan gambaran tentang masa depan...

orang2 yg berfikir/berilmu tentu apabila melihat kisah ini maka ia akan menelaahnya dengan kaca mata ilmu, dan dari situ ia bisa mendapat Hidayah-nya Allah....

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 16.01.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 06, 2013 11:39 pm

@islam pasti jaya wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
GUGUR
karena konsep 0 sudah ada sejak sebelum zaman Nabi Muhammad
yang ditantang konsep muhammad dan pengikt muhammad

ya ampun, untuk mengakui sumbangsih Al-Khawarizmi sebg pencipta angka nol saja, susah sekali, atau anda tidak terima kalau ilmuwan Muslim yg menciptakannya...?

konsepnya sudah ada sebelumnya..
ia hanya bikin lambangnya saja (0)

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 06, 2013 11:44 pm

@islam pasti jaya wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@islam pasti jaya wrote:seorang Nabi tidak mampu membedakan mana yg mimpi dan mana yg nyata..?
itu pemikiran anda sendiri yg menganggapnya mimpi...

tentu Nabi Muhammad ketika menyampaikan ayat ini, sebelumnya akan mengetahui pertentangan atau bahkan pelecehan oleh orang-orang yg menganggap peristiwa itu mustahil, namun Nabi Muhammad S.A.W secara sadar bahwa Allah telah memperjalankan-nya dari Masjidil Haram-Masjidil Aqsa-Sidratul Muntaha untuk menjemput perintah sholat...

siapa yang menjamin muhammad tidak mimpi?
faktanya: ia tidur di pagar masjid (sumber lain: tidur di rumah janda)

disini hati dan keimanan yg berbicara, anda2 yg kafirun yang hatinya masih tertutupi hidayah Allah akan sulit menerimanya, kecuali orang2 yg diberi Hidayah, mungkin melalui ilmu yg ditekuninya, dsb, karena peristiwa ini juga sarat dengan kandungan ilmu serta teknologi....karena terdapat waktu dan jarak, ditunjukkan dengan kata2 "suatu malam" yg bermakna waktu dengan kisaran 12 jam, serta jarak yg ditunjukkan dengan kata2 "dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha"
bahkan juga dikisahkan Rasul menempuh sampai ke tempat dimana terbebas dari ruang maupun waktu, dikisahkan juga Rasul yg berjumpa dengan Nabi2 terdahulu bahkan gambaran tentang masa depan...

orang2 yg berfikir/berilmu tentu apabila melihat kisah ini maka ia akan menelaahnya dengan kaca mata ilmu, dan dari situ ia bisa mendapat Hidayah-nya Allah....

itulah muslim..
apapun kata/klaim muhammad langsung ditelen
otak sepertinya tak pernah dipakai/difungsikan..
orang mimpi: seperti sedang ada di jakarta, bisa tiba-tiba ada di goa hira
kam gothak-gathuk seperti itu juga bisa..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by islam pasti jaya on Thu Jun 06, 2013 11:52 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@islam pasti jaya wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
GUGUR
karena konsep 0 sudah ada sejak sebelum zaman Nabi Muhammad
yang ditantang konsep muhammad dan pengikt muhammad

ya ampun, untuk mengakui sumbangsih Al-Khawarizmi sebg pencipta angka nol saja, susah sekali, atau anda tidak terima kalau ilmuwan Muslim yg menciptakannya...?

konsepnya sudah ada sebelumnya..
ia hanya bikin lambangnya saja (0)

konsep nol yg hanya sebagai simbol / lambang, apalah artinya itu, apa itu bisa menyempurnakan rumusan biner, tidak, karena belum ada yg disebut angka nol....

lalu Al Khawarizmi menciptakan angka nol untuk mempermudah penulisan bilangan, yg sebelumnya memakai penulisan romawi, maka dari itu terciptalah bilangan biner 1 & 0, dimana ini juga merupakan bahasa pemprograman, sehingga anda pun bisa menggunakan komputer anda untuk kebutuhan sehari2...
kalau angka ini tidak diciptakan, maka nol hanya sebatas simbol/lambang tanpa hubungan apa terhadap dunia matematika, dan hanya sebatas makna filosofis yg sama sekali tidak ada hubungannya dengan angka.... ehmm

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 16.01.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 07, 2013 12:03 am

@islam pasti jaya wrote:konsep nol yg hanya sebagai simbol / lambang, apalah artinya itu, apa itu bisa menyempurnakan rumusan biner, tidak, karena belum ada yg disebut angka nol....

lalu Al Khawarizmi menciptakan angka nol untuk mempermudah penulisan bilangan, yg sebelumnya memakai penulisan romawi, maka dari itu terciptalah bilangan biner 1 & 0, dimana ini juga merupakan bahasa pemprograman, sehingga anda pun bisa menggunakan komputer anda untuk kebutuhan sehari2...
kalau angka ini tidak diciptakan, maka nol hanya sebatas simbol/lambang tanpa hubungan apa terhadap dunia matematika, dan hanya sebatas makna filosofis yg sama sekali tidak ada hubungannya dengan angka.... ehmm

angka itu cuman lambang bilangan..
ia hanya melambangkan saja, tidak mengkonsep bilangannya..
lbih hebat yang menciptakan 1 sampai 9 dong..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 11 Previous  1, 2, 3, 4 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik