FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Islam, Sains dan Teknologi

Page 4 of 11 Previous  1, 2, 3, 4, 5 ... 9, 10, 11  Next

View previous topic View next topic Go down

Islam, Sains dan Teknologi

Post by Admin on Sat Oct 08, 2011 2:35 pm

First topic message reminder :



Oleh Saeful Rokhman

Di antara hal yang di anggap modern di era ini adalah sains dan teknologi. Sains dan teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat bagi kehidupan manusia. Dalam setiap waktu para ahli dan ilmuwan terus mengkaji dan meneliti sains dan teknologi sebagai penemuan yang paling canggih dan modern. Keduanya sudah menjadi simbol kemajuan dan kemodernan pada abad ini. Oleh karena itu, apabila ada suatu bangsa atau negara yang tidak mengikuti perkembangan sains dan teknologi, maka bangsa atau negara itu dapat dikatakan negara yang tidak maju dan terbelakang.

Kembali ke topik Islam terkait dengan masalah sains dan teknologi. Pandangan Islam terhadap sains dan teknologi adalah bahwa Islam tidak pernah mengekang umatnya untuk maju dan modern. Justru Islam sangat mendukung umatnya untuk me-research dan bereksperimen dalam hal apapun, termasuk sains dan teknologi. Bagi Islam sains dan teknologi adalah termasuk ayat-ayat Allah yang perlu digali dan dicari keberadaannya. Ayat-ayat Allah yang tersebar di alam semesta ini Allah anugerahkan kepada manusia sebagai khalifah di muka bumi untuk diolah dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Pandangan Islam tentang sains dan teknologi dapat diketahui prinsip-prinsipnya dari analisis wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW.

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. Al-Isra: 1-5)

Menurut seorang pakar tafsir kontemmporer asal Indonesia, Prof. Dr. Quraisy Syihab, ‘iqra’ terambil dari kata menghimpun. Dari menghimpun lahir aneka makna seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti, mengetahui ciri sesuatu, dan membaca baik teks tertulis maupun tidak.[1] Dalam ayat yang lain, Allah SWT memuji kepada hambanya yang memikirkan penciptaan langit dan bumi. Bahkan banyak pula ayat-ayat al-Qur’an yang menyuruh manusia untuk meneliti dan memperhatikan alam semesta.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Imran: 190-191)

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya kami tumbuhkan di bumi itu pelbagai macam tumbuh-tumbuhan yang baik? (QS. Asy-Syu’ara: 7)

Katakanlah: “Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman”. (QS. Yunus: 101)

Ayat-ayat di atas adalah sebuah support yang Allah berikan kepada hambanya untuk terus menggali dan memperhatikan apa-apa yang ada di alam semesta ini. Makanya seorang ahli sains Barat, Maurice Bucaile, setelah ia melakukan penelitian terhadap al-Qur’an dan Bibel dari sudut pandang sains modern. Ia mengatakan:

Saya menyelidiki keserasian teks Qur’an dengan sains modern secara obyektif dan tanpa prasangka. Mula-mula saya mengerti, dengan membaca terjemahan, bahwa Qur’an menyebutkan bermacam-macam fenomena alamiah, tetapi dengan membaca terjemahan itu saya hanya memperoleh pengetahuan yang sama (ringkas). Dengan membaca teks arab secara teliti sekali saya dapat mengadakan inventarisasi yang membuktikan bahwa Qur’an tidak mengandung sesuatu pernyataan yang dapat dikritik dari segi pandangan ilmiah di zaman modern.[2]

Jika sains dan teknologi ini ditelusuri kembali ke masa-masa pertumbuhannya, hal itu tidak lepas dari sumbangsih para ilmuwan muslim. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa asal-usul sains modern atau revolusi ilmiah berasal dari peradaban Islam. Memang sebuah fakta, umat Islam adalah pionir sains modern. Jikalau mereka tidak berperang di antara sesama mereka, dan jika tentara kristen tidak mengusirnya dari Spanyol, dan jika orang-orang Mongol tidak menyerang dan merusak bagian-bagian dari negeri-negeri Islam pada abad ke-13, mereka akan mampu menciptakan seorang Descartes, seorang Gassendi, seorang Hume, seorang Cupernicus, dan seorang Tycho Brahe, karena kita telah menemukan bibit-bibit filsafat mekanika, emperisisme, elemen-elemen utama dalam heliosentrisme dan instrumen-instrumen Tycho Brahe dalam karya-karya al-Ghazali, Ibn al-Shatir, para astronom pada observatorium margha dan karya-karya Takiyudin.[3]

Peradaban Islam pernah memiliki khazanah ilmu yang sangat luas dan menghasilkan para ilmuwan yang begitu luar biasa. Ilmuwan-ilmuwan ini ternyata jika kita baca, mempunyai keahlian dalam berbagai bidang. Sebut saja Ibnu Sina. Dalam umurnya yang sangat muda, dia telah berhasil menguasai berbagai ilmu kedokteran. Mognum opusnya al-Qanun fi al-Thib menjadi sumber rujukan primer di berbagai universitas Barat.

Selain Ibnu Sina, al-Ghazali juga bisa dibilang ilmuwan yang refresentatif untuk kita sebut di sini. Dia teolog, filosof, dan sufi. Selain itu, dia juga terkenal sebagai orang yang menganjurkan ijtihad kepada orang yang mampu melakukan itu. Dia juga ahli fiqih. Al-Mushtasfa adalah bukti keahliannya dalam bidang ushul fiqih. Tidak hanya itu, al-Ghazali juga ternyata mempunyai paradigma yang begitu modern. Dia pernah mempunyai proyek untuk menggabungkan, tidak mendikotomi ilmu agama dan ilmu umum. Baginya, kedua jenis ilmu tersebut sama-sama wajib dipelajari oleh umat Islam.

Selain para ilmuwan di atas, Ibnu Rusyd layak kita sebut di sini. Dia filosof ulung, teolog dan menguasai kedokteran. Bahkan dia juga bisa disebut sebagai faqih. Kapabalitasnya dalam bidang fiqih dibuktikan dengan karya tulisnya Bidayah al-Mujtahid. Filosof ini juga menjadi inspirasi gerakan-gerakan di Barat. Tidak sedikit ideologinya yang diadopsi oleh orang Barat sehingga bisa maju seperti sekarang.

Ilmuwan lainnya seperti Fakhruddin al-Razi, selain seorang teolog, filosof, ahli tafsir, dia juga seorang yang menguasai kedokteran. Al-Khawarizmi, Matematikawan dan seorang ulama. Dan masih banyak lagi para ulama sekaligus ilmuwan yang dihasilkan dari Peradaban Islam. Semua itu menunjukkan, bahwa suatu peradaban bisa maju dan unggul, meskipun tetap dilandasi oleh agama dan kepercayaan terhadap Tuhan (Allah SWT).

Adapun kondisi umat Islam sekarang yang mengalami kemunduran dalam bidang sains dan teknologi adalah disebabkan oleh berbagai hal. Sains Islam mulai terlihat kemunduran yang signifikan adalah selepas tahun 1800 disebabkan faktor eksternal seperti pengaruh penjajahan yang dengan sengaja menghancurkan sistem ekonomi lokal yang menyokong kegiatan sains dan industri lokal. Contohnya seperti apa yang terjadi di Bengali, India, saat sistem kerajinan industri dan kerajinan lokal dihancurkan demi mensukseskan ‘revolusi industri” di Inggris.

Sains dan teknologi adalah simbol kemodernan. Akan tetapi, tidak hanya karena modern, kemudian kita mengabaikan agama sebagaimana yang terjadi di Barat dengan ideologi sekularisme. Karena sains dan teknologi tidak akan pernah bertentangan dengan ajaran Islam yang relevan di setiap zaman.

[1] Prof. Dr. Quraisy Syihab, Wawasan al-Qur’an,

[2] Maurice Buccaile, La Bible Le Coran Et Le Science, terj. Bible, Qur’an dan Sains Modern oleh H.M. Rasjidi, Jakarta: Bulan Bintang, hal. 10.

[3] Majalah Islamia, Thn. I, No. 4, Artikel Prof. Dr. Cemil Akdogan.

Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1098
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 2011-08-03
Reputation : 55

http://www.laskarislam.com

Back to top Go down


Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by islam pasti jaya on Fri Jun 07, 2013 12:12 am

@segorowedi wrote:angka itu cuman lambang bilangan..
ia hanya melambangkan saja, tidak mengkonsep bilangannya..
lbih hebat yang menciptakan 1 sampai 9 dong..


siapa bilang, Al Khawarizmi bukan yg mengkonsep 0 menjadi bilangan? ngaur anda, berarti anda belum bisa membedakan mana bilangan dan mana yg simbol/lambang yg mempunyai makna/arti/nilai filosofis...
Justru bilangan desimal yaitu 0-9 disebut secara Internasional adalah dengan sebutan Arabic numerals....

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 2012-01-16
Reputation : 16

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 07, 2013 12:21 am


konsep sudah ada, tapi lambang bilangan/angka '0' belum ada
nah dia bikin lambang bilangan/angka '0' tersebut

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 42858
Kepercayaan : Protestan
Join date : 2011-11-12
Reputation : 122

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by islam pasti jaya on Fri Jun 07, 2013 12:28 am

@SEGOROWEDI wrote:
konsep sudah ada, tapi lambang bilangan/angka '0' belum ada
nah dia bikin lambang bilangan/angka '0' tersebut

maka dari itu Al- Khawarizmi adalah pencetusnya, yg menciptakan angka nol, sehingga kini dengan terciptanya angka nol membawa dampak kemajuan yg besar terutama dalam perhitungan matematika....
coba deh anda jumlahnya secara menurun

IX
L
------+
??

Anda kasih pelajaran untuk anak anda, dijamin anak anda bingung, karena ribet, belum lagi bila angka sudah mencapai ribuan atau juta....

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 2012-01-16
Reputation : 16

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 07, 2013 12:46 am

sekali lagi..
ia hanya menciptakan lambang bilangan/angka saja
cepat/lambat lambang bilangan/angka tersebut akan diciptakan orang
mungkin bukan '0' bisa saja '@" atau lambang yang lain..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 42858
Kepercayaan : Protestan
Join date : 2011-11-12
Reputation : 122

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by islam pasti jaya on Fri Jun 07, 2013 12:52 am

@SEGOROWEDI wrote:
sekali lagi..
ia hanya menciptakan lambang bilangan/angka saja
cepat/lambat lambang bilangan/angka tersebut akan disiptakan orang
mungkin bukan '0' bisa saja '@" atau yang lambang yang lain..

sebuah angka yg tak dapat dipandang sebelah mata, coba lah, angka nol ditambah satu dr angka 1.000.000 ini, maka akan jadilah 10.000.000 (sepuluh juta), dan demikian, sedikit manfaat dengan adanya angka nol ini, coba bila anda buat angka romawinya??

dan kemudian untuk bilangan biner (1 & 0) ialah sistem bilangan berikutnya setelah desimal yg tidak akan ada artinya bila tidak ada angka nol, sekali lg saya katakan komputer yg anda pakai bekerja berdasarkan dua angka ini 1 & 0 ... mungkin bung Ebi yg ahli dalam hal ini untuk menjelaskan lebih dalam tentang biner....

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 2012-01-16
Reputation : 16

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 07, 2013 12:57 am


kalau suatu saat orang melambanginya dengan '@' kan juga gak masalah..
soal angka romawi:
ada jaman dan peruntukannya sendiri, jadi tidak relevan dibahas

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 42858
Kepercayaan : Protestan
Join date : 2011-11-12
Reputation : 122

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by islam pasti jaya on Fri Jun 07, 2013 1:12 am

@segorowedi wrote:
kalau suatu saat orang melambanginya dengan '@' kan juga gak masalah..
soal angka romawi:
ada jaman dan peruntukannya sendiri, jadi tidak relevan dibahas

betul2 tidak menghargai sejarah, apa angka nol "0" kurang bagus sehingga harus diganti bentuknya..

tentu ada kaitannya, orang2 saat itu kesulitan melakukan operasi matematika tambah, pengurangan, pembagian, perkalian, apalagi persamaan2 yg berkuadrat... dengan penyederhanaan penulisan angka 1-9 ditambah lagi dengan angka nol yg diciptakan Muslim, maka lengkaplah sudah, dunia matematika saat itu mengalami perkembangan yg pesat, pencetusnya ya Ilmuwan Muslim...

@segorowedi wrote:
Saya hanya berpegang pada fakta: apa penemuan atau pencapaian signifikan yang telah dibuat Muslim dalam seribu tahun terakhir? Listrik? Gelombang elektromagnetic? Antibiotik? Mesin pembakaran? Komputer? Tidak ada, nol besar, bahkan tidak ada sumbangan apapun bagi peradaban modern.

terjawab sudah

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 2012-01-16
Reputation : 16

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 07, 2013 1:27 pm


kalau kemudian konsep bilangannya dilambangkan dengan @
gak akan ada masalah..
bukan saya tidak menghargai, tapi lambang bilangan '0' hanya pelengkap

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 42858
Kepercayaan : Protestan
Join date : 2011-11-12
Reputation : 122

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by EbisuSensei on Fri Jun 07, 2013 5:16 pm

Maksudnya masih berupa konsep, yaitu bilangan 0 masih belum masuk dalam deret bilangan cacah.

Sehingga seharusnya, konsep bilangan negatif pun dipastikan nggak ada.
Ada/tidak ada arus listrik juga tidak dapat digunakan, yang berarti kalkulator nggak ada.
Dan seterusnya.

Ternyata orang Islam ya, yang menemukan konsep bilangan kosong.

EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 2011-12-27
Reputation : 24

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by alex77 on Fri Jun 07, 2013 5:28 pm

@EbisuSensei wrote:Maksudnya masih berupa konsep, yaitu bilangan 0 masih belum masuk dalam deret bilangan cacah.

Sehingga seharusnya, konsep bilangan negatif pun dipastikan nggak ada.
Ada/tidak ada arus listrik juga tidak dapat digunakan, yang berarti kalkulator nggak ada.
Dan seterusnya.

Ternyata orang Islam ya, yang menemukan konsep bilangan kosong.

hanya karena beliau dianggap menemukan duluan bukan berarti yang lain tidak bisa bro...


alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 2013-06-05
Reputation : 3

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by EbisuSensei on Fri Jun 07, 2013 5:37 pm

@alex77 wrote:
@EbisuSensei wrote:Maksudnya masih berupa konsep, yaitu bilangan 0 masih belum masuk dalam deret bilangan cacah.

Sehingga seharusnya, konsep bilangan negatif pun dipastikan nggak ada.
Ada/tidak ada arus listrik juga tidak dapat digunakan, yang berarti kalkulator nggak ada.
Dan seterusnya.

Ternyata orang Islam ya, yang menemukan konsep bilangan kosong.

hanya karena beliau dianggap menemukan duluan bukan berarti yang lain tidak bisa bro...

yupp..... betul..........

Karena Tuhan memang Maha Kaya, Tuhan memberi ilmu kepada siapapun yang dikehendaki Nya.

EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 2011-12-27
Reputation : 24

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by wildan99Islam on Fri Jun 07, 2013 6:58 pm

id.m.wikipedia.org/wiki/Muḥammad_bin_Mūsā_al-Khawārizmī]www.wikipedia.org/wiki/Mu%E1%B8%A5ammad_bin_M%C5%ABs%C4%81_al-Khaw%C4%81rizm%C4%AB]id.m.wikipedia.org/wiki/Muḥammad_bin_Mūsā_al-Khawārizmī


Last edited by wildan99Islam on Thu Jun 20, 2013 9:43 am; edited 2 times in total

wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 17
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 2013-03-20
Reputation : 58

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by wildan99Islam on Fri Jun 07, 2013 7:17 pm





Muslim Scienties Are The Founders Of Current Science and Technology


Last edited by wildan99Islam on Sat Jun 08, 2013 11:24 am; edited 1 time in total

wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 17
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 2013-03-20
Reputation : 58

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by wildan99Islam on Fri Jun 07, 2013 7:20 pm

Daftar Ilmuwan2 Muslim

sejukkan-iman.blogspot.com/2012/10/daftar-ilmuwan-muslim-di-dunia.html?m=1


Last edited by wildan99Islam on Thu Jun 20, 2013 9:44 am; edited 2 times in total

wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 17
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 2013-03-20
Reputation : 58

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Sat Jun 08, 2013 11:02 am

@alex77 wrote:
@islam pasti jaya wrote:dan lagi...
silahkan Pak wedi merenungi ayat agung ini...

QS AL-ISRAA' : 1
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Perhatikan kata2 memperjalankan dan kata pada suatu malam...

dan saya mengajak anda untuk membayangkan, bila saat ini, sekarang ini, tidak ada namanya pesawat, jet, mobil, kereta, motor, atau kendaraan bermotor lainnya, dan bayangkan kendaraan tercepat yg dapat dinaiki manusia saat ini hanyalah hewan Kuda...

apa respon anda..??, mendengar kabar bahwa Nabi Muhammad begerak dari mekkah ke palestina hanya dalam hitungan sesaat...??

saat itu ujian yg besar bagi Ummat Islam, untuk menguji sejauh apa keimanan ummat muslim saat itu dalam mengimani peristiwa itu...


orang2 yg tadinya melecehkan dan bahkan tidak mempercayai bahwa nabi Muhammad bergerak dari mekkah ke palestina dalam waktu yg sesaat, mungkin akan berbeda bila dengan melihat realita saat ini dimana semua serba teknologi, manusia bisa terbang dengan pesawat dan menempuh kota2 diseluruh dunia dalam hitungan jam saja, sesuatu yg mustahil bagi pemikiran orang2 zaman dahulu namun terjadi saat ini...

itulah, ayat yg terkandung dalam QS AL-ISRAA' : 1 mengandung muatan ayat yg dahsyat dan agungnya, karena yg menggerakkan Nabi Muhammad adalah karena kehendak Allah sendiri, dilihat dari kata2 memperjalankan Hamba-Nya sehingga Beliau dapat menempuh jarak yg jauh dengan waktu yg sebentar...

dan lalu apa hubungannya dengan teknologi..??, peristiwa ini semata2 bukan hanya peristiwa dimana Rasul menjemput perintah sholat semata, tp mengandung muatan2 ilmu dan sebuah maha karya dan teknologi dahsyat yg Allah buat saat itu sehingga banyak orang yg menganggap itu adalah hal yg mustahil...namun bila ditelaah dan dipahami barulah sedikit demi sedikit orang2 percaya bahwa hal itu bukanlah tidak mungkin karena contoh kecilnya saja sudah terbukti melalui pesawat yg dapat membawa manusia berpindah tempat dalam waktu sesaat...

tetapi jangan samakan pesawat dengan buraq, buraq adalah ciptaan Allah yg khusus pada peristiwa itu...yang membawa baginda Rasul bergerak melebihi kecepatan cahaya....

ini hanya hayalan muhammad doang......

jangan suudzon kalo anda tidak bisa mencerna ayat 17/1 secara ilmiah .... lagian cerita yang beredar di masyarakat itu karangan bani israil ...... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 2012-01-08
Reputation : 18

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by wildan99Islam on Sat Jun 08, 2013 11:44 am




Islam, Sains dan Teknologi

wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 17
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 2013-03-20
Reputation : 58

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by wildan99Islam on Thu Jun 13, 2013 11:51 am

Kitab Aljabar, Karya Fenomenal Matematikus Agung








Sejatinya kitab ini berjudul al-Kitab al-mukhtasar fi hisab al-gabr wa'l-muqabala. Dalam bahasa Inggris kitab ini dikenal sebagai "The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing".  Kitab peletak dasar matematika modern itu biasa pula disebut Hisab al-jabr wal-muqabala. Kitab ini merupakan karya seorang ilmuwan Muslim pada abad ke-9 M yang sangat monumental.

Adalah Muhammad Ibnu Musa al-Khawarizmi sang penulis kitab matematika itu. Matematikus Muslim asal Persia itu merampungkan kitab yang sangat populer dan menjadi rujukan para ahli matematika sepanjang zaman itu pada  820 M. Berkat kitab inilah, dunia matematika modern mengenal istilah Aljabar.  Aljabar berasal dari bahasa Arab al-gabr yang berarti ''pertemuan'' atau ''hubungan.''

Aljabar merupakan cabang matematika yang dapat dicirikan sebagai generalisasi dan perpanjangan aritmatika. Aljabar juga merupakan nama sebuah struktur aljabar abstrak, yaitu aljabar dalam sebuah bidang.  Carl B. Boyer dalam karyanya bertajuk "The Arabic Hegemony": A History of Mathematics, mengungkapkan,  Kitab Aljabar karya Khawarizmi menguraikan perhitungan yang lengkap dalam memecahkan akar positif  polynomial persamaan sampai dengan derajat kedua.

Boyer menambahkan, kitab karya Khawarizmi itu juga  memperkenalkan metode dasar "mengurangi" dan "keseimbangan/balancing", yang mengacu pada perubahan syarat-syarat mengurangi sisi lain sebuah persamaan yaitu pembatalan syarat-syarat seperti sisi berlawanan dari persamaan.

Kitab Aljabar juga telah menjadi rujukan ilmuwan sepanjang masa, baik itu bagi matematikus Islam maupun Barat.  Beberapa saintis terkemuka  juga telah menerbitkan buku dengan nama Kitab al-Gabr wa-l-muqabala, diantaranya; Abu Hanifa al-Dinawari serta Abu Kamil Shuja ibnu Aslam.

Selain itu, Abu Muhammad al-'Adli, Abu Yusuf al-Missisi, 'Abd Al-Hamid ibnu Turk, Sind ibnu 'Ali, Sahl ibnu Bišr, dan Sarafaddin al-Tusi juga termasuk ilmuwan Muslim yang banyak terpengaruh pemikiran Khawarizmi.

R Rashed dan Angela Armstrong dalam karyanya bertajuk The Development of Arabic Mathematics, menegasakan bahwa Aljabar karya Al-Khwarizmi  memiliki perbedaan yang signifikan dibanding karya Diophantus, yang kerap disebut-sebut sebagai penemu Aljabar. Dalam pandangan kedua ilmuwan itu, karya Khawarizmi jauh lebih baik di banding karya Diophantus.

"Teks karya Khwarizmi begitu berbeda, tidak hanya dari buku karya orang Babilonia, tetapi juga dari karya Arithmatika-nya Diophantus. Ini tidak lagi menyangkut sejumlah masalah untuk diselesaikan, namun sebuah pertunjukan yang dimulai dengan istilah sederhana yang kombinasinya memberikan semua kemungkinan untuk persamaan dasar, yang mulai saat ini secara eksplisit merupakan objek studi yang benar,'' papar Rasheed dan Armstrong.

Hal senada diungkapkan sejarawan sains  JJ O'Connor dan EF Robertson pada karyanya berjudul History of Mathematics.  Menurutnya,  karya  matematikus Persia itu merupakan karya yang revolusioner. "Mungkin salah satu kemajuan yang paling signifikan yang dibuat ahli matematika Arab  hingga saat ini adalah karya Khawarizmi, yakni Kitab Aljabar,'' ujar O'Connor dan Robertson.

Menurut keduanya, Kitab Aljabar sungguh sangat revolusioner, karena mampu beralih dari ari konsep matematika Yunani yang didasarkan pada geometri. 'Dalam pandangan O'Connor dan Robertson, Kitab Aljabar yang ditulis Khwarizmi berisikan teori pemersatu yang menyediakan angka-angka/bilangan rasional, angka-angka irasional, besar/jarak geometri, dan lain-lain.

O'Connor dan Robertson menambahkan semua bilangan tersebut diperlakukan sebagai "objek aljabar". Hal itu dinilai sebagai  sebuah perkembangan bagi matematika. Pasalnya, Kitab Aljabar telah membuka jalan baru bagi konsep yang telah ada sebelumnya.

"Dan ini merupakan sarana yang dapat menjadi kendaraan bagi pembangunan masa depan s. Aspek lain yang penting adalah aspek pengenalan gagasan  Aljabar yang telah disediakan matematika yang akan diterapkan untuk dirinya sendiri dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya," papar  O'Connor dan Robertson.

Kitab karya Khawarizmi itu merupakan sebuah kompilasi dan perluasan aturan yang diketahui untuk memecahkan persamaan kuadrat dan untuk beberapa masalah lain, dan dianggap sebagai dasar aljabar moderen. Buku yang sangat populer ini mulai diperkenalkan ke dunia dunia Barat lewat terjemahan bahasa Latin oleh Robert of Chester berjudul Liber algebrae et almucabala.

Karena buku ini tidak memberikan sejumlah kutipan untuk penulis sebelumnya, sehingga tak diketahui pendapat siapa saja yang digunakan Khwarizmi sebagai referensi dalam karyanya itu. Sejarawan matematika modern mengomentari kitab itu berdasarkan analisis tekstual dari buku dan seluruh tubuh pengetahuan tentang dunia Muslim kontemporer.

Pastinya yang paling berhubungan dalam karya Khawarizmi adalah ilmu matematika India. Pasalnya, ia telah menulis buku berjudul Kitab al-Jam wa-l-tafriq-bi-hisab al-Hind atau The Book of Addition and Subtraction According to the Hindu Calculation yang membahas sistem bilangan Hindu-Arab.

Buku persamaan pengurangan kuadrat acak ke salah satu dari enam jenis dasar dan menyediakan metode aljabar dan geometri untuk memecahkan dasar utama.  "Pengurangan angka-angka abstrak modern dalam aljabarnya Khawarizmi adalah retorik menyeluruh, dengan tidak ada yang sinkopasi ditemukan pada Aritmatika Yunani atau karya Brahmagupta. Bahkan angka-angka yang ditulis lebih banyak dalam kata-kata daripada simbol,"  tutur  Carl B Boyer, dalam karyanya bertajuk A History of Mathematics.

Dengan demikian persamaan akan dijelaskan secara lisan dalam bentuk istilah "kuadrat" (sekarang menjadi "x2"), "akar" (sekarang menjadi "x") dan "angka"(biasa dibilang angka, seperti '40-2').  Enam jenis persamaan  dengan angka-angka modern, adalah:

* kuadarat sama dengan akar ( ax2 = bx )
* kuadrat sama dengan angka/bilangan ( ax2 = c )
* akar sama dengan angka ( bx = c )
* kuadrat dan akar sama dengan angka ( ax2 + bx = c )
* kuadrat dan angka sama dengan akar ( ax2 + c = bx )
* akar dan angka sama dengan kuadrat ( bx + c = ax2 )

Bagian berikutnya dari buku ini membahas contoh-contoh praktis dari penerapan peraturan yang telah dijelaskan. Bagian berikut,  berkaitan dengan penerapan masalah pengukuran luas dan volume atau isi. Bagian terakhir berkaitan dengan perhitungan yang melibatkan aturan yang sulit dari warisan Islam.

Kisah Hidup Bapak Aljabar

Bapak Aljabar. Begitulah  ilmuwan yang bernama lengkap Abu 'Abdallah Muhammad ibnu Musa al-Khwarizmi itu kerap dijuluki. Ia merupakan seorang ahli matematika dari Persia yang dilahirkan pada tahun 194 H/780 M, tepatnya di Khwarizm, Uzbeikistan.  Karena itulah,  ia kerap kali disapa dengan panggilan Khawarizmi.

Selain terkenal sebagai seorang ahli matematika yang agung, ia juga adalah astronomer, dan geografer yang hebat. Berkat kehebatannya,  Khawarizmi  terpilih sebagai ilmuwan penting  di pusat keilmuwan yang paling bergengsi pada zamannya, yakni Bait al-Hikmah  atau House of Wisdom yang didirikan khalifah Abbasiyah  di metropolis intelektual dunia, Baghdad.

Bait al-Hikmah  merupakan lembaga yang berfungsi sebagai pusat pendidikan tinggi. Dalam kurun dua abad, Bait al-Hikmah ternyata berhasil melahirkan banyak pemikir dan intelektual Islam. Di antaranya, nama-nama ilmuwan seperti Khwarizmi.

Khawarizmi adalah seorang ilmuwan jenius pada masa keemasan Islam di kota Baghdad, pusat pemerintahan Kekhalifahan Abbasiyah. Ia  sangat berjasa besar dalam mengembangkan ilmu aljabar dan aritmetika. K

Kitab Aljabr Wal Muqabalah (Pengutuhan Kembali dan Pembandingan) merupakan pertama kalinya dalam sejarah dimana istilah aljabar muncul dalam kontesk disiplin ilmu. Nama aljabar diambil dari bukunya yang terkenal tersebut. Karangan itu sangat populer di negara-negara barat dan diterjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Latin dan Italia. Bahasan yang banyak dinukil oleh ilmuwan barat dari karangan Khawarizmi adalah tentang persamaan kuadrat.

Sumbangan Al-Khwarizmi dalam ilmu ukur sudut juga luar biasa. Tabel ilmu ukur sudutnya yang berhubungan dengan fungsi sinus dan garis singgung tangen telah membantu para ahli Eropa memahami lebih jauh tentang ilmu ini. Ia mengembangkan tabel rincian trigonometri yang memuat fungsi sinus, kosinus dan kotangen serta konsep diferensiasi.

Selain mengarang al-Maqala fi Hisab-al Jabr wa-al-Muqabilah, ia juga diketahui telah menulis beberapa buku dan banyak diterjemahkan kedalam bahasa latin pada awal abad ke-12, oleh dua orang penerjemah terkemuka yaitu Adelard Bath dan Gerard Cremona. Risalah-risalah aritmetikanya, satu diantaranya berjudul Kitab al-Jam'a wal-Tafreeq bil Hisab al-Hindi (Menambah dan Mengurangi dalam Matematika Hindu).

Buku-buku itu terus dipakai hingga abad ke-16 sebagai buku pegangan dasar oleh universitas-universitas di Eropa.  Khawarizmi meninggal pada tahun 262 H/846 M di Baghdad.





http://www.suaramedia.com/sejarah/sejarah-islam/8226-kitab-aljabar-karya-fenomenal-matematikus-agung.html

wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 17
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 2013-03-20
Reputation : 58

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Thu Jun 13, 2013 12:41 pm

@atas/wildan

bagaimana penerapannya untuk menganalisa berapa kecepatan perjalanan Nabi Muhammad dalam Mi'rajnya ke Sidratul Muntaha ........................ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 2012-01-08
Reputation : 18

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by wildan99Islam on Thu Jun 13, 2013 8:09 pm

@Jagona

maksudnya?

wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 17
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 2013-03-20
Reputation : 58

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by EbisuSensei on Thu Jun 13, 2013 8:58 pm

@Jagona wrote:@atas/wildan

bagaimana penerapannya untuk menganalisa berapa kecepatan perjalanan Nabi Muhammad dalam Mi'rajnya ke Sidratul Muntaha ........................ okey
Saya kira belum perlu.

Karena menggunakan logika sederhana saja sudah bisa.

Bagaimana menurut akhy?

EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 2011-12-27
Reputation : 24

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Andi Cactusa on Fri Jun 14, 2013 8:43 am

...Daripada berpanjang lebar dan bertele-tele, saya minta tolong pada muslim untuk:
1). Sebutkan nama barang, mulai yang melekat di tubuh anda hingga yang di sekeliling anda dan sehari-hari memengaruhi kehidupan anda, yang merupakan ciptaan muslim.
2). Orang Arab, pembawa dan penyebar Islam, lebih lama hadir di Indonesia (sekitar 500 tahun) dibanding Belanda (350 tahun). Coba sebutkan apa yang telah dibangun oleh orang-orang Arab itu untuk kemaslahatan atau kepentingan umum yang bisa kita nikmati hingga sekarang.

Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 2012-10-08
Reputation : 30

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Fri Jun 14, 2013 10:26 am

@EbisuSensei wrote:
@Jagona wrote:@atas/wildan

bagaimana penerapannya untuk menganalisa berapa kecepatan perjalanan Nabi Muhammad dalam Mi'rajnya ke Sidratul Muntaha ........................ okey


Saya kira belum perlu.

Karena menggunakan logika sederhana saja sudah bisa.

Bagaimana menurut akhy?

hi hi hi ................. aku kira bisa ditrapkan di situ .............. benar juga bisa mengguakan logika sederhana ..................... tinggal membagi jarak tempuh dibagi waktu yang diperlukan ........... ya kan ? .................................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 2012-01-08
Reputation : 18

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Jagona on Fri Jun 14, 2013 10:34 am

@Andi Cactusa wrote:...Daripada berpanjang lebar dan bertele-tele, saya minta tolong pada muslim untuk:
1). Sebutkan nama barang, mulai yang melekat di tubuh anda hingga yang di sekeliling anda dan sehari-hari memengaruhi kehidupan anda, yang merupakan ciptaan muslim.
2). Orang Arab, pembawa dan penyebar Islam, lebih lama hadir di Indonesia (sekitar 500 tahun) dibanding Belanda (350 tahun). Coba sebutkan apa yang telah dibangun oleh orang-orang Arab itu untuk kemaslahatan atau kepentingan umum yang bisa kita nikmati hingga sekarang.

1. itu darkerjaan anak tk

2. nah ini yang berlete-lete ........... namanya gak ada kerjaan .......... ingat tret ini berjudul "Islam, sains dan teknologi" ............ gak ngurusin orang arab ............ anda dah tahu yang namanya "Mar'a" ....... tertulis lebih dari 14 abad yang lalu dalam alquran ........... itulah sains & teknologi tinggi islam

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 2012-01-08
Reputation : 18

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Andi Cactusa on Fri Jun 14, 2013 10:21 pm

@Jagona wrote:
@Andi Cactusa wrote:...Daripada berpanjang lebar dan bertele-tele, saya minta tolong pada muslim untuk:
1). Sebutkan nama barang, mulai yang melekat di tubuh anda hingga yang di sekeliling anda dan sehari-hari memengaruhi kehidupan anda, yang merupakan ciptaan muslim.
2). Orang Arab, pembawa dan penyebar Islam, lebih lama hadir di Indonesia (sekitar 500 tahun) dibanding Belanda (350 tahun). Coba sebutkan apa yang telah dibangun oleh orang-orang Arab itu untuk kemaslahatan atau kepentingan umum yang bisa kita nikmati hingga sekarang.

1. itu darkerjaan anak tk

2. nah ini yang berlete-lete ........... namanya gak ada kerjaan .......... ingat tret ini berjudul "Islam, sains dan teknologi" ............ gak ngurusin orang arab ............ anda dah tahu yang namanya "Mar'a" ....... tertulis lebih dari 14 abad yang lalu dalam alquran ........... itulah sains & teknologi tinggi islam
...Muslim menghindar atau tidak bisa menjawab, karena memang tidak ada satu pun barang modern ciptaan muslim. Baju kegemaran ulama dan muslim berjenggot kambing/bandot lainnya, yang disebut baju koko saja ciptaan Cina! 
...Memangnya tujuan akhir dan puncak dari scinece dan technology itu apa? Apa bukan untuk menciptakan sesuatu yang berguna bagi kemanusiaan?
...Muslim Indonesia, yang dengan pongah dibanggakan sebagai muslim terbesar di dunia, karena menjadi murid dan pengikut orang Arab yang dungu-dungu di bidang science dan technology, dalam 500 tahun tidak menghasilkan atau membangun apa-apa di negeri ini.

Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 2012-10-08
Reputation : 30

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by EbisuSensei on Sat Jun 15, 2013 7:37 am

@Andi Cactusa wrote:
...Muslim menghindar atau tidak bisa menjawab, karena memang tidak ada satu pun barang modern ciptaan muslim. Baju kegemaran ulama dan muslim berjenggot kambing/bandot lainnya, yang disebut baju koko saja ciptaan Cina! 
...Memangnya tujuan akhir dan puncak dari scinece dan technology itu apa? Apa bukan untuk menciptakan sesuatu yang berguna bagi kemanusiaan?
...Muslim Indonesia, yang dengan pongah dibanggakan sebagai muslim terbesar di dunia, karena menjadi murid dan pengikut orang Arab yang dungu-dungu di bidang science dan technology, dalam 500 tahun tidak menghasilkan atau membangun apa-apa di negeri ini.
Ini seperti pikiran orang yang berdelusi.

Memangnya semua gedung2 bertingkat yang ada di Indonesia, yang membangun hanya orang non muslim? Begitu juga dengan rumah yang anda tinggali.
Yang membuat semua pakaian yg anda kenakan, hanya non muslim?
Makanan yang anda makan?

Jujur saja, cara berpikir anda sangat aneh, bagi orang yang selalu berpikir tentang peradaban.

Belum lagi kalau anda membaca post2 diatas, tentang penemuan2 oleh umat Islam.
Dimana tanpa penemuan2 tersebut, maka tidak akan ada peradaban seperti sekarang.

EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 2011-12-27
Reputation : 24

Back to top Go down

Re: Islam, Sains dan Teknologi

Post by Sponsored content Today at 11:19 pm


Sponsored content


Back to top Go down

Page 4 of 11 Previous  1, 2, 3, 4, 5 ... 9, 10, 11  Next

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum