FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Halaman 3 dari 26 Previous  1, 2, 3, 4 ... 14 ... 26  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Mon Oct 29, 2012 10:18 pm

First topic message reminder :

...Saya tidak begitu yakin apakah sudah tepat dalam memilih penempatan thread pertama saya ini. Bila kurang tepat, mohon moderator memindahkannya ke area yang lebih sesuai. Terima kasih.

...Di dalam manajemen, dikenal dua gaya kepemimpinan ekstrim. Di ekstrim kiri adalah gaya kepemimpinan yang otoriter atau diktator. Sedang di ekstrim kanan adalah gaya kepemimpinan demokrasi penuh atau laissez-faire.
...Gaya mana yang paling baik dan cocok, tergantung pada situasi dan tugas (task) yang sedang diemban.
...Yang sering dijadikan contoh bagi gaya otoriter ialah dalam pemadaman suatu kebakaran dan ketika tentara dalam kancah pertempuran.
...Tidak ada kesempatan bagi pemimpin rombongan pemadam api untuk berembuk atau bertukar pikiran dengan bawahannya. Pemimpin rombongan dengan tegas memberikan perintah-perintah yang harus segera dilaksanakan oleh bawahannya untuk mengatasi api yang sedang menyala.
...Demikian juga ketika tentara dalam pertempuran. Komandan harus mengatur dan menggerakkan prajuritnya dengan perintah yang singkat, jelas dan tegas. Bila tidak, mereka bisa disapu oleh musuh dalam sekejap.
...Sedang bagi tugas-tugas lain, seperti dalam perusahaan dan pemerintahan, kebanyakan lebih cocok kepemimpinan yang cenderung condong ke arah demokrasi. Sebelum melaksanakan sesuatu, pemimpin meminta pendapat bawahannya atau mendiskusikan dengan bawahannya. Khusus bagi yang demokrasi penuh atau laissez-faire keputusan sepenuhnya diserahkan kepada bawahan.
...Dengan pengantar singkat di atas, mari kita telaah kepemimpinan Muhammad. Apakah kepemimpinan beliau termasuk gaya otoriter atau gaya demokrasi.
...Saya persilahkan terlebih dahulu kepada sidang pembaca dan para netter mengutarakan pendapat dan argumentasinya masing-masing.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down


Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Sun Dec 02, 2012 11:31 am

...Berikut ini saya terjemahkan percobaan atau eksperimen yang dilakukan oleh Lewin cs.
Lewin, K., Lippitt, R., & White, R. K. (1939). “Pola perilaku agresif dalam percobaan yang menciptakan "iklim sosial." Journal of Social Psychology, 10, 271-299.

Lewin dan rekan-rekannya meneliti/menguji dampak dari gaya kepemimpinan yang berbeda terhadap perilaku agresifitas anak-anak. Lewin secara acak memilih 10 anak laki-laki berumur 10 tahun ke dalam kelompok berbeda yang dipimpin oleh seorang dewasa dan mengamati perilaku mereka selama 5 bulan. Kelompok-kelompok tersebut dipimpin secara berbeda menurut gaya kepemimpinan orang-orang dewasa: otokratis (otoritarian), demokratis(aturan bersama) atau laissez-faire (tidak ada struktur atau petunjuk/bimbingan). Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak di kelompok yang otokratis memamerkan sikap agresif yang lebih spontan dan perilaku bermusuhan dibanding anak laki-laki di dua kelompok yang lain. Lewin menjelaskan kondisi kelompok yang diperlukan untuk menghasilkan keagresifan: 1) ketegangan, 2) sempitnya ruang pergerakan bebas yang menjadi sumber ketegangan, 3) agresi sebagai akibat dari ketegangan, 4) kekakuan dari struktur grup, dan 5) gaya hidup (budaya).

Artikel ini dianggap klasik dalam psikologi karena hal ini menunjukkan bahwa proses kelompok memengaruhi perilaku agresif. Sebelum studi ini, penelitian terutama berfokus pada perbedaan individual sebagai penyebab agresifitas.
Sumber: http://www.psychwiki.com/wiki/Lewin,_K.,_Lippitt,_R.,_%26_White,_R._K._(1939)._Patterns_of_aggressive_behavior_in_experimentally_created_%22social_climates.%22_Journal_of_Social_Psychology,_10,_271-299.
...Dengan membaca hasil percobaan di atas, jadi terungkap bagi kita cikal-bakal kegresifan dan perilaku bermusuhan muslim. Sejak kanak-kanak dididik secara otoriter oleh para ulama/ustadz dan tidak mustahil bila perilaku itu terbawa hingga dewasa.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Sun Dec 02, 2012 12:25 pm

@Andi Cactusa wrote:...Dengan membaca hasil percobaan di atas, jadi terungkap bagi kita cikal-bakal kegresifan dan perilaku bermusuhan muslim. Sejak kanak-kanak dididik secara otoriter oleh para ulama/ustadz dan tidak mustahil bila perilaku itu terbawa hingga dewasa.
...Perangai atau character agresif dan bermusuhan itu didukung pula sepenuhnya oleh Al Quran dan berbagai titah dan perilaku sang diktator Muhammad yang harus diteladani.
...Untuk sementara saya berikan dulu kesempatan kepada para pembaca maupun yang ingin berdebat untuk meresapi dan mencerna postingan di atas.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by oglikom on Sun Dec 02, 2012 6:51 pm

@Om
Gaya kepemimpinan Muhammad bisa dilihat dari SINI.

Dari Abu Hurairah Abdur-Rahman bin Sakhr ra, berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW, bersabda:"Apa yang aku larang untuk kalian, maka tinggalkanlah, dan apa yang aku perintahkan kepada kalian, maka laksanakanlah sesuai dengan kemampuan kalian. Sesungguhnya yang telah membinasakan umat-umat sebelum kalian adalah banyaknya pertanyaan dan perselisihan terhadap para Nabi mereka. (HR Bukhari dan Muslim)

Mau disuruh masuk sumur kira-kira ada yang mau tidak, ya?

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Mon Dec 03, 2012 10:48 pm

...Sejak peristiwa 9/11 hingga tanggal 1 Desember 2012, telah terjadi serangan mematikan oleh teroris Islamiah sebanyak lebih dari 20.022 kali.
...Dengan mengingat hasil percobaan yang dilakukan oleh Lewin cs.: Bahwa anak-anak yang dibesarkan dalam situasi dan lingkungan otoriter atau diktator yang diciptakan oleh para ulama dan ayah yang otoriter atau diktator meniru junjungannya Muhammad, akan memiliki sikap agresif dan bermusuhan.
...Sikap itu sejalan atau dibenarkan pula oleh ajaran Islam, yang secara keseluruhan dapat dikatakan bukan agama damai, seperti dalam uraian berikut ini.
Sepuluh Alasan Gamblang Mengapa Islam Bukan Agama Damai


#1 18.000 serangan teror mematikan yang dilaksanakan secara eksplisit dalam nama Islam hanya dalam sepuluh tahun terakhir. (Kombinasi agama lain mungkin hanya selusin atau lebih).
http://www.thereligionofpeace.com/index_files/damascus-evac.jpg
#2 Muhammad, Nabi Islam, membunuh orang-orang yang menghina dia atau mengritik agamanya. Termasuk para wanita. Muslim diminta untuk meneladlani apa yang dilakukan oleh Muhammad.

#3 Muhammad mengatakan di banyak tempat bahwa ia telah "diperintahkan oleh Allah untuk memerangi orang-orang sampai mereka bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya." Dalam sembilan tahun terakhir hidupnya, ia memerintahkan tidak kurang dari 65 serangan militer untuk melaksanakan hal itu.
Muhammad mengilhami orang-orangnya untuk berperang dengan motif yang paling mendasar, yakni menggunakan harta jarahan yang didapat, seks dan surga yang tiada habisnya sebagai insentif. Ia memenggal tawanan, memerbudak anak-anak dan memerkosa wanita yang ditangkap dalam pertempuran. Sekali lagi, Muslim diperintahkan untuk meneladani Muhammad.

#4 Setelah Muhammad meninggal, orang-orang yang hidup bersama dia dan sangat memahami agama Islam segera terjerumus ke dalam perang antar sesamanya.
Fatimah, putri kesayangan Muhammad, yang selamat di tahun-tahun awal bersama orang-orang kafir di Mekah dalam keadaan aman dan sehat, namun meninggal karena stres karena penganiayaan oleh sesama muslim hanya enam bulan setelah ayahnya wafat. Dia bahkan keguguran cucu Muhammad karena rusuknya pada patah oleh orang yang menjadi khalifah kedua.
Suami Fatima, Ali, yang kedua memeluk Islam dan dibesarkan seperti seorang anak oleh Muhammad, melakukan perang saudara melawan pasukan yang dibentuk oleh Aisya, istri favorit Muhammad - dan satu-satunya yang dikatakan oleh Muhammad "perempuan sempurna." 10.000 Muslim terbunuh dalam pertempuran tunggal yang terjadi kurang dari 25 tahun setelah meninggalnya Muhammad.
Tiga dari empat penguasa muslim (khalifah) pertama mati dibunuh. Mereka semua adalah sahabat terdekat Muhammad. Khalifah ketiga dibunuh oleh sekutu anak khalifah pertama (yang beberapa tahun kemudian dibunuh oleh khalifah kelima, dibungkus dalam kulit mayat keledai dan dibakar). Khalifah keempat (Ali) ditikam hingga mati ketika bertengkar sengit dengan yang kemudian menjadi khalifah kelima. Khalifah kelima meracun dua cucu favorit Muhammad. Cucu Muhammad yang lain dipenggal oleh khalifah keenam.
Pertikaian dan perebutan kekuasaan antara anggota keluarga Muhammad, sahabat terdekat dan anak-anak mereka meningkat dengan berjalannya waktu. Dalam 50 tahun saja sepeninggal Muhammad, bahkan Ka'bah, yang telah berdiri selama berabad-abad di bawah agama pagan, rusak terbengkalai karena perang antar muslim.
Dan itu baru menyangkut nasib mereka yang berada dalam rumah Islam!

#5 Muhammad mengarahkan muslim untuk memerangi agama lain dan memaksa mereka tunduk di bawah Islam. Dalam beberapa dekade pertama setelah kematiannya, teman Arabnya menyerang dan menaklukkan wilayah Kristen, Yahudi, Hindu, Buddha, dan Zoroastrianisme.
Hanya dalam 25 tahun setelah meninggalnya Muhammad, pasukan muslim telah merebut tanah dan orang-orang yang meliputi lebih dari 28 negara modern di luar Arab Saudi.

#6 Muslim meneruskan jihad mereka terhadap agama-agama lain selama 1400 tahun, yang hanya bisa dihentikan oleh kemampuan non-muslim untuk membela diri. Sampai hari ini, tiada seminggu pun berjalan tanpa Islam fundamentalis berusaha membunuh orang Kristen, Yahudi, Hindu dan Buddha secara eksplisit dalam nama Allah.
Tidak satu pun antar agama lain yang berperang.

#7 Islam adalah satu-satunya agama yang harus mempertahankan keanggotaannya dengan ancaman membunuh siapa pun yang murtad. Ini menurut contoh yang ditetapkan oleh Muhammad.

#8 Islam mengajarkan bahwa non-muslim lebih rendah dari manusia seutuhnya. Muhammad mengatakan bahwa muslim dapat dihukum mati bila membunuh muslim, tetapi seorang muslim tidak akan pernah dihukum mati karena membunuh seorang non-muslim.

#9 Al Quran tidak sekali pun berbicara tentang cinta Allah terhadap non Muslim, tetapi kitab itu berbicara tentang kekejaman dan kebencian Allah terhadap non-Muslim lebih dari 500 kali.

#10 "Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar!"
(Kata-kata terakhir dari kokpit penerbangan 93)

Sumber: http://www.thereligionofpeace.com/Pages/Top-10-Reasons.htm
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Tue Dec 04, 2012 9:43 am

...Tidak perlu heran lagi bila anak-anak kita, yang mayoritas muslim tertekan, seringkali terlibat tawuran.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by abu hanan on Tue Dec 04, 2012 11:26 am

mas andi wrote:...Apabila bung abu hanan masih ingin disebut manusia beradab dan tahu sopan-santun, maka anda tidak pantas lagi membantah atau mendebat kutipan saya tersebut.
mas andi wrote:Menilai semua postingan anda di thread ini, anda memang sungguh tidak pantas dan layak untuk berdebat dengan saya. Mungkin jadi murid saya pun anda dalam ilmu manajemen belum pantas!!!
mas andi wrote:Tetapi ancamannya itu jelas mencirikan gaya kepemimpinan Muhammad yang otoriter atau dikatator.

sebuah pertunjukan "mengancam" yang ditunjukkan oleh orang "HEBAT" dalam manajemen ketika berbicara "OTORITER"...

dan terima kasih anda telah membuktikan kemampuan "OTORITER" anda dalam mengkritik nabi muhammad sbg pemimpin otoriter (versi anda).


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Tue Dec 04, 2012 12:46 pm

@abu hanan wrote:sebuah pertunjukan "mengancam" yang ditunjukkan oleh orang "HEBAT" dalam manajemen ketika berbicara "OTORITER"...

dan terima kasih anda telah membuktikan kemampuan "OTORITER" anda dalam mengkritik nabi muhammad sbg pemimpin otoriter (versi anda).
...Seperti bung Abu Hanan ini lah kebanyakan netter muslim yang pernah berdebat dengan saya. Dia yang dari awal memulai serangan pribadi, tetapi maunya tidak boleh dibalas atau dibiarkan terus. Sementara fokus perdebatan diabaikan.
...Ketika kesabaran saya sudah habis sehingga "mementung kepalanya", tetap juga belum jera. Masih saja mencari celah-celah untuk melakukan personal attack, seperti tulisan di atas.
...Tentu saja tidak pantas berdebat dengan orang seperti anda, yang mengutip pendapat orang lain tanpa menyebutkan sumbernya. Penulis artikel di koran saja pantang melakukan hal seperti itu.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Tue Dec 04, 2012 7:51 pm

...Akibat lain dari orang-orang atau bawahan yang dipimpin oleh otoriter atau diktator adalah minimnya inisiatif dan kreativitas. Orang-orang tersebut cenderung selalu menunggu perintah dari pemimpinnya. Kata "Islam" sendiri memang berarti "tunduk" atau "submission." Dan itu yang selalu ditekankan kepada semua muslim.
...Hal tersebut dengan mudah dapat dilihat dari hampir tiadanya innovasi yang cukup berarti yang diciptakan oleh muslim.
...Mereka sudah puas dan bangga membaca ada ayat Quran (16:79): Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang di angkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman.
...Ayat itu bukannya mendorong mereka untuk berpikir dan berusaha agar manusia juga bisa "terbang" seperti burung. Sehingga yang menemukan dan menciptakan pesawat terbang tentu saja bukan muslim, melainkan orang kafir.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 04, 2012 8:01 pm



kepemimpinan muhammad ya?
keributan kecil di pasar ketika yahudi mengisengi muslimah
lalu datang muslim brutal menikam si yahudi, yang tentu saja langsung dihabisi
demi mencegah korban kebrutaklan yang lebih banyak

di tangan muhammad bukannya terselesaikan secara damai dan bermartabat
malah berujung pada pengusiran suku-suku bangsa yahudi dari madinah
tempat tinggal mereka selama ribuan tahun
padahal muhammad-nya hanya orang hijrahan..
piss

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Wed Dec 05, 2012 9:10 am

Walaupun demikian, wali seorang anak kecil wajib menyuruh anaknya untuk sholat agar melatih sang anak menjaga sholat lima waktu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perintahkanlah anak kalian yang sudah berumur tujuh tahun untuk mengerjakan sholat, dan pukullah mereka agar mereka mau mengerjakan sholat saat mereka berumur 10 tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka.” (Hasan, Shahih Jami’us Shaghir 5868, HR. Abu Daud). Sumber: http://slamalkambangy2.wordpress.com/menegakkan-sholat-pilar-islam-2/
...Melaksanakan sholat subuh di pagi buta tentunya merupakan beban yang paling sulit dilakukan. Terutama bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan, karena membutuhkan waktu istirahat yang lebih panjang. Sementara sang anak juga belum bisa melihat atau memahami apa manfaat sholat itu.
...Tidak aneh bila anak yang sering dipukuli karena kurang disiplin sholat, menjadi manusia yang memegang nilai (value) kekerasan fisik adalah hal yang wajar.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by MBA on Wed Dec 05, 2012 9:49 am

Ngomong-ngomong dimana nih mang odoy, santri bergitar, frontline defender, Orang_Pinggiran dkk? kok cuma pada nongol di sub forum agama lain semua? sub forum Islam malah jarang dikunjungi, padahal ini kan forum Islam? Kalian bela dong baginda nabi majikan kalian yang sedang di kuliti sama om Andi.. membela nabi kan kewajiban umat muslim toh?

semangat
avatar
MBA
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 22
Posts : 309
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250
Join date : 09.10.12
Reputation : 15

http://indonesia.faithfreedom.org/forum/alasan-kuat-mengapa-musl

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Thu Dec 06, 2012 4:54 am

@MBA wrote:Ngomong-ngomong dimana nih mang odoy, santri bergitar, frontline defender, Orang_Pinggiran dkk? kok cuma pada nongol di sub forum agama lain semua?
...Oh, begitu, ya!?
...Kita bersabar saja menunggu kehadiran para pentolan netter muslim di thread ini. Dengan menggunakan "bahasa yang Islamiah": diam berarti setuju atau sependapat.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Thu Dec 06, 2012 5:23 am

...Puisi berikut menggambarkan sikap dan perilaku para imigran muslim di negara-negara non-muslim. Sering dikutip dan tidak jelas lagi siapa pengarangnya.

Unhappy Muslims

The Muslims are not happy!

They’re not happy in Gaza.
They’re not happy in Egypt.
They’re not happy in Libya.
They’re not happy in Morocco.
They’re not happy in Iran.
They’re not happy in Iraq.
They’re not happy in Yemen.
They’re not happy in Afghanistan.
They’re not happy in Pakistan.
They’re not happy in Syria.
They’re not happy in Lebanon.

So, where are they happy?

They’re happy in Australia.
They’re happy in England.
They’re happy in France.
They’re happy in Italy.
They’re happy in Germany.
They’re happy in Sweden.
They’re happy in the USA.
They’re happy in Norway.
They’re happy in every country that is not Muslim.

And who do they blame?

Not Islam.
Not their leadership.
Not themselves.
THEY BLAME THE COUNTRIES THEY ARE HAPPY IN!
AND THEY WANT TO CHANGE THEM TO BE LIKE THE COUNTRY THEY CAME FROM
WHERE THEY WERE UNHAPPY.

(Muslim tidak bahagia di negara-negara muslim: Gaza, Mesir, Lybia, Maroko, Iran, Irak, Yemen, Afganistan, Pakistan, Syria, Libanon sehingga mereka tinggalkan dan menjadi imigran.
Lalu, di mana mereka bahagia?
Mereka bahagia di Australia, Inggris, Prancis, Italia, Jerman, Swedia, Amrik, Norwegia dan di semua negara non-muslim.
Dan siapa yang mereka salahkan?
Bukan Islam, bukan pemimpin mereka, bukan diri mereka sendiri.
Mereka menyalahkan negara-negara di mana mereka bahagia.
Dan mereka ingin mengubah negara-negara tersebut menjadi seperti negara asal mereka, di mana mereka tidak bahagia.)
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Thu Dec 06, 2012 2:40 pm

Ulil Abshar-Abdalla: Kenapa Dunia Islam Terbelakang?



Ada tiga penyakit mental yang dianggap oleh Arsalan sebagai “biang kerok” kemunduran dunia Islam: pesimisme (tasya’um), rendah diri (al-istikhdza’) dan cepat putus asa (inqitha’ al-amal). Pada penutup bukunya, Arsalan mengutip ayat yang dalam pandangannya merupakan kunci kebangkitan dunia Islam, yakni Al-Ankabut (29):69. Bunyi ayat itu: wa ‘l-ladzina jahadu fina lanahdiyannahum subulana – mereka yang berjuang (jihad) di jalanKu, Aku akan menunjukkan mereka jalan-jalan menuju Aku.
Pertanyaan tentang kenapa dunia Islam terbelakang sudah kerap dikemukakan sejak lama. Orang yang pertama kali mengajukan pertanyaan ini adalah Amir Syakib Arsalan (1869-1946), seorang aktivis, pemikir dan sastrawan dari Libanon yang terkenal karena bukunya yang berjudul Limadza Ta’akhkhar al-Muslimun wa Limadza Taqaddama Ghairuhum? (Kenapa Umat Islam Terbelakang, dan Kenapa Umat Lain Maju). Buku ini terbit pertama kali sebagai sebuah artikel panjang di Majalah Al-Manar yang dipimpin oleh Rashid Ridha di Mesir pada pada 1936.
Belakangan, artikel itu diterbitkan sebagai buku pada 1940 dengan kata pengantar oleh Rasyid Ridha.

Kisah bagaimana buku ini terbit menarik untuk dituturkan di sini. Buku Arsalan itu ditulis sebagai respon terhadap pertanyaan yang diajukan oleh seorang pembaca Majalah Al-Manar dari Jawa bernama Muhammad Basuni Imran. Surat itu dikirim ke redaksi Al-Manar pada bulan Rabi’ al-Akhir 1248 H (1929 M).

Oleh Rashid Ridha pertanyaan itu kemudian dikirim ke Syakib Arsalan. Yang terakhir ini langsung tergerak menuliskan jawaban. Kebetulan saja, saat menerima surat pertanyaan dari tanah Jawa itu, ia baru saja kembali dari perjalanan ke Andalusia, negeri yang dulu, selama kurang lebih tujuh abad, berada di bawah kekuasaan Islam (711-1492), dan kemudian direbut kembali oleh bangsa Kristen di Eropa dalam peristiwa yang dikenal dengan “reconquista”. Kenangan akan hilangnya tanah Islam itu membuat Arsalan sedih. Tepat pada saat itulah, ia menerima surat dari Jawa. Dalam waktu tiga hari ia menyelesaikan bukunya itu.

Apa penjelasan Arsalan tentang kemunduran dunia Islam? Ada dua. Pertama, dalam pandangan Arsalan, bangsa-bangsa non-Muslim maju karena mereka tetap berpegang pada tradisi keagamaan mereka sendiri. Arsalan menyebut dua contoh: Jepang dan Eropa, simbol kemajuan dunia pada awal abad ke-20. Dua dunia itu maju tanpa harus mengabaikan tradisi keagamaan mereka. Penjelasan kedua, bangsa-bangsa itu maju karena kerja keras untuk meraih kemajuan, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan.

Dalam pandangan Arsalan, kemajuan bangsa-bangsa Islam hanya bisa dicapai melalui jalan yang sama yang ditempuh oleh bangsa-bangsa non-Islam, yakni berpegang pada tradisi, serta kerja keras. Hukum kemajuan berlaku secara “konsisten” bagi bangsa Islam dan non-Islam. Ada tiga penyakit mental yang dianggap oleh Arsalan sebagai “biang kerok” kemunduran dunia Islam: pesimisme (tasya’um), rendah diri (al-istikhdza’) dan cepat putus asa (inqitha’ al-amal). Pada penutup bukunya, Arsalan mengutip ayat yang dalam pandangannya merupakan kunci kebangkitan dunia Islam, yakni Al-Ankabut (29):69. Bunyi ayat itu: wa ‘l-ladzina jahadu fina lanahdiyannahum subulana – mereka yang berjuang (jihad) di jalanKu, Aku akan menunjukkan mereka jalan-jalan menuju Aku. “Jihad” adalah kata kunci yang disebut oleh Arsalan. Tetapi, ini bukanlah jihad dalam pengertian “perang suci” sebagaimana kita jumpai pada kelompok Islam garis keras. Baginya, jihad adalah kerja keras dan kesediaan untuk melakukan pengorbanan (al-tadlkhiyah).
Jawaban Arsalan, di mata kita sekarang, mungkin terasa sederhana dan simplistik. Tetapi, ada pengamatannya yang cukup tajam dan, saya kira, masih relevan hingga saat ini. Gagasannya bahwa kemajuan harus bertopang pada tradisi, bukan malah memusuhinya, saya kira senada dengan pandangan yang dikemukakan oleh banyak ilmuwan sosial pada abad ke-20.

Robert Wuthnow, seorang profesor sosiologi dari Universitas Princeton, misalnya, mengemukakan tentang pentingnya peran “community of discourse” dalam tiga perubahan penting di Eropa: Reformasi Protestan, Pencerahan, dan Revolusi Sosialis. Apa yang oleh Wuthnow disebut sebagai “komunitas wacana” adalah suatu arena perdebatan, di mana tradisi dan kekinian saling berdialog. Unsur tradisi sangatlah penting di sana. Suatu komunitas wacana menjadi kurang bermakna tanpa suatu tradisi yang melatarinya. Apa yang dikemukakan oleh Wuthnow menggaungkan sebagian apa yang telah dikemukakan oleh Arsalan sebelumnya, tentang pentingnya konteks tradisi dalam mencapai suatu kemajuan.
Pertanyaan tentang alasan kemunduran dunia Islam terus bertahan hingga saat ini. Sebuah tulisan pendek yang cukup provokatif yang ditulis oleh seorang penulis Pakistan, Dr. Farrukh Saleem, menarik untuk kita simak sejenak. Judul artikel itu “Why are Jews so powerful and Muslim so powerless?”, dimuat di situs Blitz yang didirikan oleh Salah Uddin Shoaib Choudhury, seorang wartawan Bangladesh yang mendedikasikan diri untuk melawan ideologi kaum Jihadis Muslim. Dalam artikelnya itu, Saleem mengemukakan sejumlah data yang menarik (validitas data-data ini bisa saja diperdebatkan).

Inilah sejumlah data perbandingan yang dikemukakan oleh Saleem. Jumlah bangsa Yahudi di seluruh dunia saat ini adalah 14 juta. Sementara jumlah umat Islam adalah 1,4 milyar. Tetapi, keunggulan numerik umat Islam ini tak berkorelasi dengan prestasi mereka dalam, misalnya, bidang ilmu pengetahuan dan ekonomi. Selama 105 tahun sejarah hadiah Nobel, sebanyak 180 Hadiah Nobel telah dimenangkan oleh bangsa Yahudi. Sementara, dari 1,4 milyar umat Islam, baru ada tiga ilmuwan/sastrawan Muslim yang memenangkan hadiah tersebut (di luar Hadiah Nobel di bidang perdamaian).

Salah satu pemenangnya ialah Prof. Abdus Salam dari Pakistan. Ia memenangkan Hadiah Nobel di bidang fisika pada 1979. Yang sangat ironis, di negerinya sendiri, Abdus Salam tak diakui sebagai seorang Muslim, karena ia pengikut kelompok Ahmadiyah.

Data lain yang dikemukakan Saleem: Jumlah seluruh universitas di 57 negeri Muslim yang menjadi anggota Organisasi Konferensi Islam (OIC/OKI) hanyalah sekitar 500. Sementara di Amerika Serikat saja, terdapat 5.748 universitas. Di India, negeri dari mana Pakistan memisahkan diri, ada 8.407 universitas. Perbandingan ini memang sangat fantastis karena begitu “njomplang”.

Melihat perbandingan semacam ini, sangat jelas di mana letak masalah yang dihadapai oleh dunia Islam, yaitu kemerosotan pendidikan dan etos saintifik. Ini tentu menyedihkan mengingat sejarah masa lampau Islam yang dikenal sebagai pembangun kebudayaan ilmu pengetahuan. Salah satu cari utama peradaban Islam, menurut seorang orientalis terkenal Franz Rosenthal, ialah ia merupakan peradaban pengetahuan (bisa dibaca dalam bukunya yang berjudul Knowledge Triumphant [1970]).

Kunci kemajuan Islam di masa depan, menurut Saleem, ia harus mengejar ketertinggalan yang cukup jauh di bidang pendidikan dan riset. Saya kira, pengamatan Saleem ini sangatlah tepat. Jika kita kembali kepada gagasan Arsalan sebelumnya, yang dibutuhkan oleh bangsa-bangsa Islam saat ini adalah “jihad”, bukan dalam pengertian yang dipahami oleh kalangan Islam garis keras; melainkan jihad intelektual, yakni kerja keras untuk meraih kemajuan di bidang pengetahuan.

Itulah jalan kemajuan bagi dunia Islam di masa depan.[]
Sumber: http://superkoran.info/?p=3816
…Wajar bila Ulil tidak menyebutkan bahwa Islam dan Muhammad yang menciptakan suasana yang otoritarian menjadi salah satu penyebab utama muslim terbelakang. Mungkin karena takut dituduh menghina atau karena Ulil belum meninjau masalahnya dari segi manajemen.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by abu hanan on Thu Dec 06, 2012 3:10 pm

@Andi Cactusa wrote:
Walaupun demikian, wali seorang anak kecil wajib menyuruh anaknya untuk sholat agar melatih sang anak menjaga sholat lima waktu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perintahkanlah anak kalian yang sudah berumur tujuh tahun untuk mengerjakan sholat, dan pukullah mereka agar mereka mau mengerjakan sholat saat mereka berumur 10 tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka.” (Hasan, Shahih Jami’us Shaghir 5868, HR. Abu Daud). Sumber: http://slamalkambangy2.wordpress.com/menegakkan-sholat-pilar-islam-2/
...Melaksanakan sholat subuh di pagi buta tentunya merupakan beban yang paling sulit dilakukan. Terutama bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan, karena membutuhkan waktu istirahat yang lebih panjang. Sementara sang anak juga belum bisa melihat atau memahami apa manfaat sholat itu.
...Tidak aneh bila anak yang sering dipukuli karena kurang disiplin sholat, menjadi manusia yang memegang nilai (value) kekerasan fisik adalah hal yang wajar.
Beban yang paling sulit KAN MENJADI RINGAN ketika uda terbiasa dilakukan.

dan pukullah mereka
ada anak yang cukup dengan pandangan mata untuk mendidik dan memarahinya, dan hal itu sudah memberikan pengaruh yang cukup mendalam serta membuatnya berhenti dari kesalahan yang dilakukannya.

ada anak yang bisa mengerti dan memahami maksud orang tua ketika orang tua memalingkan wajahnya sehingga dia berhenti dari kesalahannya.

ada yang cukup diberi pengarahan dengan kata-kata yang baik.

ada pula anak yang tidak dapat diperbaiki kecuali dengan pukulan. tidak ada yang memberi manfaat padanya kecuali sikap yang keras.

“Apabila salah seorang di antara kalian memukul, hendaknya menghindari wajah.” (HR. Al-Bukhari no. 2559 dan Muslim no. 2612)

sehingga yang dimaksud dengan pukulan yang mendidik adalah pukulan yang tidak membahayakan,tidak diperkenankan seorang ayah memukul anaknya dengan pukulan yang melukai, tidak boleh pula pukulan yang bertubi-tubi tanpa ada keperluan.

al imran 159
Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by abu hanan on Thu Dec 06, 2012 3:36 pm

#7 Islam adalah satu-satunya agama yang harus mempertahankan keanggotaannya dengan ancaman membunuh siapa pun yang murtad. Ini menurut contoh yang ditetapkan oleh Muhammad.
4/137
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, kemudian ingkar, kemudian beriman lagi, kemudian ingkar lagi, kemudian kian bertambah dalam kekufuran, sekali-kali Allah swt. tidak akan mengampuni mereka dan tidak pula akan menunjukkan jalan lurus kepada mereka.

dimana perintah MEMBUNUH murtadin?
berikan sayah ayat al quran yang berisi PERINTAH MEMBUNUH murtadin.

#8 Islam mengajarkan bahwa non-muslim lebih rendah dari manusia seutuhnya. Muhammad mengatakan bahwa muslim dapat dihukum mati bila membunuh muslim, tetapi seorang muslim tidak akan pernah dihukum mati karena membunuh seorang non-muslim.
Barangsiapa membunuh seorang kafir dzimmi, maka dia tidak akan mencium bau surga. Padahal sesungguhnya bau surga itu tercium dari perjalanan empat puluh tahun. ” (HR. An Nasa’i)

Orang-orang kafir yang haram untuk dibunuh adalah tiga golongan:
1. Kafir dzimmi (orang kafir yang membayar jizyah/upeti yang dipungut tiap tahun sebagai imbalan bolehnya mereka tinggal di negeri kaum muslimin)
2. Kafir mu’ahad (orang-orang kafir yang telah terjadi kesepakatan antara mereka dan kaum muslimin untuk tidak berperang dalam kurun waktu yang telah disepakati)
3. Kafir musta’man (orang kafir yang mendapat jaminan keamanan dari kaum muslimin atau sebagian kaum muslimin)

jika hukuman mati dijatuhkan pada muslim dan eksekutor adalah muslim termasuk seluruh perangkat huklumnyah,maka bagemanah tanggung jawab mereka ;
Ibnu Ishaq rahimahullah bahwasannya Abdullah Bin Abdullah Bin Abi (anaknya Abdullah Bin Ubay) telah datang ke hadapan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam,dimintai izin untuk membunuh bapaknya yang munafiq, kemudian ia berkata:
إني أخشى أن تأمر به غيري يقتله، فلا تدعني نفسي انظر إلى قاتل عبد الله بن أبي يمشي في الناس، فأقتله فأقتل مؤمناً بكافر فأدخل النار

“Sesungguhnya saya khawatir engkau perintahkan selain diri saya untuk membunuhnya, kemudian jiwa saya tidak kuasa memandang orang yang telah membunuh bapak saya berjalan di tengah manusia, terus saya membunuhnya, maka berarti saya telah membunuh orang mukmin lantaran membunuh seorang kafir, maka masuklah saya ke dalam neraka.



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Fri Dec 07, 2012 7:37 pm

Bung Abu Hanan,
...Terima kasih, anda masih bersedia muncul di thread ini. Semoga untuk seterusnya anda selalu bersikap dan berperilaku seperti dalam dua postingan anda yang terakhir.
@abu hanan wrote:Beban yang paling sulit KAN MENJADI RINGAN ketika uda terbiasa dilakukan.
…Sebenarnya saya kurang memahami apa point yang ingin anda sampaikan dengan kalimat pendek itu. Mungkin yang anda maksudkan termasuk dalam uraian saya berikut ini.
…Dalam menyelesaikan masalah/tugas/pekerjaan yang berbeda-beda tingkat kesulitannya, ada dua pilihan pendekatan: 1) Menangani yang tersulit dahulu kemudian disusul dengan yang lebih mudah (Asumsinya: Bila yang paling sulit bisa diselesaikan, maka yang lebih rendah tingkat kesulitannya akan mudah ditangani), dan 2) Menangani yang termudah dahulu, baru disusul dengan yang lebih sulit (Asumsinya: Ketika menangani yang lebih mudah akan terjadi “learning process” atau proses belajar sehingga lebih siap dan mampu menangani yang lebih sulit).
…Dalam pendidikan digunakan pendekatan ke-dua, terutama bagi anak-anak yang masih dalam fase pertumbuhan dan belajar. Pendekatan itu kiranya dilanggar atau dinafikan oleh Islam. Anak-anak yang masih suka bermain-main dipaksakan untuk menghafal Al Quran tanpa memahami artinya (mungkin sama dengan menyuruh anak SD menghafal rumus-rumus differential-integral). Dan diharuskan bangun di pagi buta untuk sholat, padahal masih membutuhkan istirahat yang lebih panjang agar tubuh dan otaknya berkembang normal.
dan pukullah mereka
@abu hanan wrote:ada anak yang cukup dengan pandangan mata untuk mendidik dan memarahinya, dan hal itu sudah memberikan pengaruh yang cukup mendalam serta membuatnya berhenti dari kesalahan yang dilakukannya.

ada anak yang bisa mengerti dan memahami maksud orang tua ketika orang tua memalingkan wajahnya sehingga dia berhenti dari kesalahannya.

ada yang cukup diberi pengarahan dengan kata-kata yang baik.

ada pula anak yang tidak dapat diperbaiki kecuali dengan pukulan. tidak ada yang memberi manfaat padanya kecuali sikap yang keras.

“Apabila salah seorang di antara kalian memukul, hendaknya menghindari wajah.” (HR. Al-Bukhari no. 2559 dan Muslim no. 2612)

sehingga yang dimaksud dengan pukulan yang mendidik adalah pukulan yang tidak membahayakan,tidak diperkenankan seorang ayah memukul anaknya dengan pukulan yang melukai, tidak boleh pula pukulan yang bertubi-tubi tanpa ada keperluan.

al imran 159
Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.
…Kembali saya kurang memahami apa yang ingin anda sampaikan atau apa yang ingin anda sanggah. Memukul anak oleh orang dewasa, dengan alasan apa pun, tidak tergolong tindakan baik dan mendidik. Bahkan di Amerika, seorang yang melihat tetangganya memukul anaknya, akan menelpon 911, dan yang memukul anaknya itu akan dikenakan hukuman.
…Setiap anak dan orang memang memiliki karakter tersendiri. Tetapi bila seorang anak tidak menurut pada perintah baik orangtuanya, maka sang orangtua itu yang seharusnya melakukan introspeksi diri. Kesalahan justru kemungkinan terbesar terletak di pihak orangtua bersangkutan, bukan di pihak si anak. Ada pameo mengatakan: “Anak yang baru lahir sama dengan kertas putih. Apa isi kertas putih itu selanjutnya, terutama tergantung pada orangtuanya.”
#7 Islam adalah satu-satunya agama yang harus mempertahankan keanggotaannya dengan ancaman membunuh siapa pun yang murtad. Ini menurut contoh yang ditetapkan oleh Muhammad.
@abu hanan wrote:4/137
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, kemudian ingkar, kemudian beriman lagi, kemudian ingkar lagi, kemudian kian bertambah dalam kekufuran, sekali-kali Allah swt. tidak akan mengampuni mereka dan tidak pula akan menunjukkan jalan lurus kepada mereka.

dimana perintah MEMBUNUH murtadin?
berikan sayah ayat al quran yang berisi PERINTAH MEMBUNUH murtadin.
…Saya yakin anda pun tahu kalau perintah membunuh murtadin itu tidak ada dalam Al Quran. Anda sengaja mengajukan pertanyaan itu dengan harapan ayat hadits berikut terlupakan:
Bukhari: Volume 9, Book 83, Number 17:

Narrated 'Abdullah:

Allah's Apostle said, "The blood of a Muslim who confesses that none has the right to be worshipped but Allah and that I am His Apostle, cannot be shed except in three cases: In Qisas for murder, a married person who commits illegal sexual intercourse and the one who reverts from Islam (apostate) and leaves the Muslims."

Muslim 623 The Prophet said: "It is not permissible to take the life of a Muslim except in one of the three cases: the married adulterer, a life for a life (if the person is Muslim), and the deserter of Islam."
…Maaf, saya tidak merasa qualified untuk menerjemahkannya. Terima kasih, bila ada yang bersedia mencantumkan terjemahan resminya. Saya belum berhasil menemukannya.
#8 Islam mengajarkan bahwa non-muslim lebih rendah dari manusia seutuhnya. Muhammad mengatakan bahwa muslim dapat dihukum mati bila membunuh muslim, tetapi seorang muslim tidak akan pernah dihukum mati karena membunuh seorang non-muslim.
@abu hanan wrote:Barangsiapa membunuh seorang kafir dzimmi, maka dia tidak akan mencium bau surga. Padahal sesungguhnya bau surga itu tercium dari perjalanan empat puluh tahun. ” (HR. An Nasa’i)

Orang-orang kafir yang haram untuk dibunuh adalah tiga golongan:
1. Kafir dzimmi (orang kafir yang membayar jizyah/upeti yang dipungut tiap tahun sebagai imbalan bolehnya mereka tinggal di negeri kaum muslimin)
2. Kafir mu’ahad (orang-orang kafir yang telah terjadi kesepakatan antara mereka dan kaum muslimin untuk tidak berperang dalam kurun waktu yang telah disepakati)
3. Kafir musta’man (orang kafir yang mendapat jaminan keamanan dari kaum muslimin atau sebagian kaum muslimin)

jika hukuman mati dijatuhkan pada muslim dan eksekutor adalah muslim termasuk seluruh perangkat huklumnyah,maka bagemanah tanggung jawab mereka ;
Ibnu Ishaq rahimahullah bahwasannya Abdullah Bin Abdullah Bin Abi (anaknya Abdullah Bin Ubay) telah datang ke hadapan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam,dimintai izin untuk membunuh bapaknya yang munafiq, kemudian ia berkata:
إني أخشى أن تأمر به غيري يقتله، فلا تدعني نفسي انظر إلى قاتل عبد الله بن أبي يمشي في الناس، فأقتله فأقتل مؤمناً بكافر فأدخل النار

“Sesungguhnya saya khawatir engkau perintahkan selain diri saya untuk membunuhnya, kemudian jiwa saya tidak kuasa memandang orang yang telah membunuh bapak saya berjalan di tengah manusia, terus saya membunuhnya, maka berarti saya telah membunuh orang mukmin lantaran membunuh seorang kafir, maka masuklah saya ke dalam neraka.
…Justru di situ lah “kehebatan” ajaran Islam (Al Quran, hadits dan sirah), semuanya ada seperti superstore. Mau yang baik ada, mau yang jahat juga lengkap hingga “tetek-bengek” tersedia. Tinggal pilih sesuai dengan kemauan, keperluan dan tujuan.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Fri Dec 14, 2012 8:27 am

...Dalam pasar terbuka yang bercirikan persaingan bebas, yang menjadi pemenang adalah yang paling innovatif. Mulai dari kompetisi tingkat terendah antar perseorangan, keluarga, perusahaan, kelompok, mayarakat, hingga ke tingkat tertinggi antar negara.
...Apakah penduduk Indonesia, yang 80 persen muslim, termasuk masyarakat yang innovatif?
...Saya berikan kehormatan terutama kepada rekan-rekan muslim memberikan penilaian.

avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by abu hanan on Fri Dec 14, 2012 3:07 pm

mas andi wrote:…Dalam menyelesaikan masalah/tugas/pekerjaan yang berbeda-beda tingkat kesulitannya, ada dua pilihan pendekatan: 1) Menangani yang tersulit dahulu kemudian disusul dengan yang lebih mudah (Asumsinya: Bila yang paling sulit bisa diselesaikan, maka yang lebih rendah tingkat kesulitannya akan mudah ditangani), dan

2) Menangani yang termudah dahulu, baru disusul dengan yang lebih sulit (Asumsinya: Ketika menangani yang lebih mudah akan terjadi “learning process” atau proses belajar sehingga lebih siap dan mampu menangani yang lebih sulit).
untuk belajar sholat subuh,seperti yang sayah sampaikan-->>Beban yang paling sulit KAN MENJADI RINGAN ketika uda terbiasa dilakukan.
ada di point no 1 yang anda berikan.

sedangkan metode lain yang berkenaan dengan poin no 2 adalah biasa diaplikasikan pada belajar puasa..
anak2 kami ajarkan puasa setengah hari,kalow masih belum mampu yah sampe jam 10-11 siang..begitu seterusnyah dengan harapan ketika sampai pada usia akil baligh,mereka uda siap puasa penuh.
mas andi wrote:
…Dalam pendidikan digunakan pendekatan ke-dua, terutama bagi anak-anak yang masih dalam fase pertumbuhan dan belajar. Pendekatan itu kiranya dilanggar atau dinafikan oleh Islam. Anak-anak yang masih suka bermain-main dipaksakan untuk menghafal Al Quran tanpa memahami artinya (mungkin sama dengan menyuruh anak SD menghafal rumus-rumus differential-integral). Dan diharuskan bangun di pagi buta untuk sholat, padahal masih membutuhkan istirahat yang lebih panjang agar tubuh dan otaknya berkembang normal.
anak2 kami TIDAK DIPAKSAKAN dalam metode yang ada di dalam benak anda.
sayah memperdengarkan ayat suci ketika anak2 sayah masih belum mengenali obyek..(sejak bayi banget,masih di ruang bersalin) dan seperti itu setiap harinyah...memperdengarkan....

pada usia 4-13 taun,wajib bagi kami mulai mengajarkan dengan metode yang pahami dan yakini adalah metode terbaik dan dilakukan secara bertahap...

membiasakan bangun subuh jika dinilai BERAT..maka berapa lama seorang anak butuh waktu untuk tidur secara normal?

http://www.parenting.co.id/article/artikel/waktu.tidur.ideal.anak/001/004/213
- Batita 1- 3 tahun -> waktu tidur: 12-14 jam, terbagi atas 11 jam tidur malam, dan 2-3 jam di siang hari.

- Usia preschool 4-6 tahun -> waktu tidur: 11-13 jam, yakni 10-11 jam tidur malam, dan 2 jam di siang hari.

- Usia sekolah 7-12 tahun -> waktu tidur: 10-11 jam, terdiri dari 8-9 jam tidur malam, dan 2 jam di siang hari.

taruh misal di usia 7-12 tahun,
anak tidur jam 11 malam,bangun jam 4..= 5 jam

pulang sekolah ada pilihan bagi mereka ; tidur/bermain/belajar...
dan faktanyah adalah TIDUR...(itu terjadi pada anak sayah)

dan sayah pikir kurang pas jika kita lanjutkan pembahasan pada jam tidur.
mas andi wrote:
…Kembali saya kurang memahami apa yang ingin anda sampaikan atau apa yang ingin anda sanggah. Memukul anak oleh orang dewasa, dengan alasan apa pun, tidak tergolong tindakan baik dan mendidik. Bahkan di Amerika, seorang yang melihat tetangganya memukul anaknya, akan menelpon 911, dan yang memukul anaknya itu akan dikenakan hukuman.
al imran 159
Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar
bermakna perintah bersikap LEMBUT/kelembutan..
Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah saw menciumi Al Hasan bin Ali, di hadapan Al Aqra’ bin Habis At Tamimiy yang sedang duduk. Lalu Al Aqra’ berkata: Sesungguhnya aku memiliki sepuluh anak, dan aku belum pernah menciumi seorang pun. Lalu Rasulullah saw memandanginya dan bersabda: “Barang siapa yang tidak menyayangi maka tidak akan disayangi” (HR. Al Bukhari)

apa artinyah?
memukul adalah BENAR dengan syarat ;
1.tidak pada organ vital dan muka/wajah
2.tidak menimbulkan rasa sakit pada yang dipukul/anak
3.tidak disertai amarah/es mosi
4.dilakukan hanya sekali pukul pada satu waktu
mas andi wrote:
Tinggal pilih sesuai dengan kemauan, keperluan dan tujuan.
ada batasan,ada kondisi dan semua harus proporsional.
mas andi wrote:
…Saya yakin anda pun tahu kalau perintah membunuh murtadin itu tidak ada dalam Al Quran.
artinya jika ada perintah di dalam hadits tentang membunuh murtadin berarti murtadin tersebut BERKHIANAT dan MEMERANGI islam/muslim...dan ketika hal itu terjadi situasi/kondisi uda berubah mas..
murtadnyah gak sekedar murtad dari masjid ke gereja/kuil/wihara/atheis/agnostik tetapi dari gak benci islam menjadi BENCI islam bahkan ingin memusnahkan islam.


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Sat Dec 15, 2012 8:04 am

...Kiranya tidak ada orang waras yang akan menilai bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang innovatif. Mengapa?
...Innovasi bersumber atau berasal dari kreativitas. Secara sederhana, kreativitas adalah sikap yang ingin lain dari yang lain. Itu sebabnya kreativitas hanya subur dalam masyarakat yang tingkat kebebasannya tinggi.
...Kebebasan tertinggi terdapat di masyarakat yang individualis atau menghormati hak-hak individu. Norma yang berlaku adalah: Setiap orang diperkenankan dan berhak memikirkan dan berbuat apa pun asalkan tidak mengganggu atau merugikan orang lain.
...Sebelum Islam datang, negeri kita dikuasai oleh raja-raja, yang menganggap atau menyatakan dirinya wakil Tuhan atau para dewa-dewi. Budaya dominan adalah feodalisme yang pada umumnya bersifat otoritarian juga.
...Kedatangan Islam tidak membawa perubahan, malah memperkuatnya. Kedudukan orang-orang "berdarah biru" lambat laun diambil alih oleh para ulama dalam bentuk "informal leader". Gaya kepemimpinan para ulama tersebut, berdasarkan ajaran Islam dan meniru Muhammad, malah lebih otoriter.
...Dari uraian singkat di atas, kiranya mudah difahami mengapa masyarakat Indonesia secara umum tidak tergolong innovatif.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by abu hanan on Sat Dec 15, 2012 11:22 am

Berawal dari ;
5:101] Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu akan menyusahkan kamu…

sayah berpikir untuk memberi contoh sangat sederhana ;
bahwa TAK PERLU menampilkan link karena bagi sayah penyertaan link justru akan menyulitkan lawan diskusi sayah…dan kesulitan itu dialami oleh pemilik TS dalam kalimat ;
karena yang anda tuliskan berbeda dengan yang saya dapat.

itu adalah contoh sederhana bahwa larangan bertanya dan hak menjawab yang tidak digunakan dalam konteks ayat adalah SITUASIONAL.”situasional” inilah yang tidak dimengerti ato mungkin tidak mau dimengerti oleh TS.

Untuk mengungkapkan makna TIDAK PENTING untuk disertakan pun sayah ganti dengan TULISAN sayah TIDAK ILMIAH dalam hal ini pun juga berkamsut menggali bukti apakah pemilik warung uda ;
1.mempunyai kesimpulan akhir atow
2.masih berpikir objektif dan netral atow
3. bagemana…ternyata ;
mas andi wrote:..Tapi tunggu dulu. Siapa tahu anda sedang meniru Muhammad yang membuat aturan yang tidak ditaatinya, dan hanya berlaku bagi para pengikutnya!?
-->>Telah ada suatu kesimpulan sebelum diskusi dimulai..

apakah trit adalah sebuah pelampiasan ato bugimanah yah sayah pun gak akan mencari tau.
Terlebih ketika pemilik TS secara sengaja memberikan pendapat ;
mas andi wrote:
Integritasnya sungguh meragukan dan kredibilitasnya langsung terjun bebas ke dasar paling rendah.
Jangan-jangan anda kutip dari sumber yang tidak jelas dan tidak kredibel, sehingga isinya berbeda, dan anda malu memberikannya.
Yah..balik lagi ke ayat yang pertama kali diangkat ;
janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu akan menyusahkan kamu…

apakah sayah AKAN berkeras MENOLAK memberikan link?
Dan pula untuk membuktikan bahwa mas sagi ;
kata "TITIK" dari bung andi sudah menjelaskan bagaimana arah diskusi ini akan berlangsung
jelas bahwa mas andi selaku TS telah memiliki kesimpulan akhir/tetap sebelum memulai diskusi…yup...
mas andi wrote:Gaya kepemimpinan para ulama tersebut, berdasarkan ajaran Islam dan meniru Muhammad, malah lebih otoriter.

setelah apa yg sayah kutip diatas (tanpa link), masih dari link yg sama pun ada bagian yang menarik;
Dalam jangka panjang tipe kepemimpinan “membangun” akan lebih cocok karena memiliki ciri sperti berikut :
1. Mahir berorganisasi terutama dalam mewujudkan dan membina kerja sama dalam rangka mencapai tujuan bersama.
2. Bekerja secara efektif, efisien dan bertanggung jawab dalam menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasinya.
3. Mampu dan mau mempercayai orang lain dalam bekerja.
4. Memiliki kemampuan dan kemauan yang tinggi dalam menghormati, menghargai dan memperlakukan orang lain sebagai subyek.
5. Cenderung pada usaha menciptakan hubungan manusia yang efektif dan terarah dalam mewujudkan dan membina kerja sama dalam melaksanakan tugas-tugas organisasi.
6. Meyakini bahwa orang-orang yang diberi pelimpahan wewenang, mampu melakukan pengendalian diri dalam menjalankan wewenang yang diterimanya.

http://bsriwidodo.wordpress.com/tag/kepemimpinan-otoriter/


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Sat Dec 15, 2012 6:04 pm

...Seperti sudah saya katakan sebelumnya, yang jadi pemenang dalam persaingan atau kompetisi adalah yang lebih innovatif.
...Indonesia, sebagai bangsa yang tidak innovatif, dari dulu hingga sekarang selalu jadi bangsa "the looser" atau pecundang. Setiap orang yang memiliki jiwa nasionalis pasti merasa prihatin atas kenyataan ini.
...Tidak mustahil keadaan seperti itu masih akan berkepanjangan, selama murtadin atau proporsi muslim KTP (yang lebih mengutamakan science & technology daripada agama Islam) tidak meningkat dengan tajam.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Sat Dec 15, 2012 6:32 pm

Bung Abu Hanan,
...Pantas hasil terjemahan saya berbeda dengan yang anda cantumkan.
...Kelihatannya sumber yang anda kutip juga mengutip dari sumber lain. Sedang sumber yang dikutip itu agaknya kurang mahir berbahasa Inggris. Satu contoh saja, policy diterjemahkan menjadi kebijaksanaan, seharusnya adalah kebijakan yang maknanya jauh berbeda.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by frontline defender on Sun Dec 16, 2012 11:39 am

QS. 2:233. Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

QS. 3:159. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

QS. 42:38. Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.

QS. 65:6. Tempatkanlah mereka (para isteri) di mana kamu bertempat tinggal menurut kemampuanmu dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka. Dan jika mereka (isteri-isteri yang sudah ditalaq) itu sedang hamil, maka berikanlah kepada mereka nafkahnya hingga mereka bersalin, kemudian jika mereka menyusukan (anak-anak)mu untukmu maka berikanlah kepada mereka upahnya, dan musyawarahkanlah di antara kamu (segala sesuatu) dengan baik; dan jika kamu menemui kesulitan maka perempuan lain boleh menyusukan (anak itu) untuknya.


Diriwayatkan dari Nabi saw., bahwa beliau pernah bersabda:

ما تشا ورقوم قط الا هدو الارشد امرهم

“Tidak satu kaum pun yang selalu melakukan musyawarah melainkan akan ditunjukkan jalan paling benar dalam perkara mereka”

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.,

فإذا عزمت فتوكل على الله

“aku belum pernah melihat seseorang melakukan musyawarah selain Nabi saw.”

http://azharjaafar.blogspot.com/2008/08/kisah-perang-badar.html
Seorang sahabat bernama, Al-Hubab bin Mundhir ra., bertanya kepada Rasulullah SAW, "Apakah Allah mewahyukan kepadamu untuk memilih tempat ini atau ianya strategi perang hasil keputusan musyawarah?". Rasulullah SAW bersabda, "Ini adalah hasil strategi perang dan keputusan musyawarah". Maka Al-Hubab telah mengusulkan kembali kepada Rasulullah SAW agar pasukan Muslimin sebaiknya bermarkas lebih ke selatan tempat yang paling dekat dengan sumber air, kemudian membuat kolam persediaan air untuk mereka dan menghancurkan sumber air yang lain sehingga dapat menghalang orang kafir Quraish dari mendapatkan air. Rasulullah SAW menyetujui usulan tersebut dan melaksanakannya
http://adityahasta.wordpress.com/2012/05/11/nama-perang-di-zaman-nabi-muhammad-saw-dan-kisahnya/
Salman al-Farisi, sahabat Nabi SAW yang mempunyai banyak pengalaman tentang seluk beluk perang, mengusulkan untuk membangun sistem pertahanan parit (Khandaq). Ia menyarankan agar menggali parit di perbatasan kota Madinah, dengan demikian gerakan pasukan musuh akan terhambat oleh parit tersebut. Usaha ini ternyata berhasil menghambat pasukan musuh.
nice info
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Andi Cactusa on Sun Dec 16, 2012 12:19 pm

Bung Frontline Defender atau Captain Pancasila yth,
...Kok perangai anda belum berubah dan belum menunjukkan kemajuan juga dalam diskusi, dialog atau perdebatan. Rajin mencopas tetapi tidak menyertakan apa intinya atau apa point yang ingin anda sampaikan.
...Akibatnya, lawan debat anda, termasuk saya, tidak tahu harus menanggapi apa dan dari mana memulainya.
...Namun, saya tetap berterima kasih atas kesudian anda muncul di thread ini.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kepemimpinan Muhammad dan Dampaknya bagi Islam dan Muslim

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 26 Previous  1, 2, 3, 4 ... 14 ... 26  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik