FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by Penyaran on Wed Oct 31, 2012 2:47 pm

Di daratan subur sungai Gangga pada mulanya tinggal penduduk asli berkulit hitam. Sekitar seribu tahun SM, orang Aria menyeberangi sungai Gangga dan menaklukkan bangsa India asli, akibatnya kebudayaan India kuno juga ikut hancur. Perbedaan derajat timbul karena orang Aria membedakan diri dengan penduduk asli berdasarkan warna kulit.

Mereka membagi masyarakat menjadi 4 kasta.Yang tertinggi adalah kasta Brahmana yang meliputi golongan pendeta. Kasta kedua adalah kasta Satria yaitu mereka yang termasuk kaum bangsawan dan prajurit, Kasta ketiga disebut kasta Waisya yaitu rakyat jelata, sedang yang keempat adalah kasta Sudra, golongan budak. Kaum Sudra adalah kaum yang tak boleh disentuh sehingga segala benda yang disentuh oleh kaum sudra dianggap najis.

Akibat pengaruh perbedaan derajat di India terhadap masyarakat India tersebut, masyarakat harus hidup berdasarkan segala peraturan kasta masing-masing dan tidak boleh mengadakan perkawinan antar kasta. Kasta yang tinggi beranggapan bila bergaul dengan kaum dari kasta yang lebih rendah akan ternodai. Sementara kaum dari kasta rendah percaya akan adanya reinkarnasi, mereka beranggapan kehidupan sebagai budak pada masa kini adalah untuk menebus dosa pada kehidupan sebelumnya, sehingga mereka rela menerima nasib untuk memperoleh kasta yang lebih tinggi pada kehidupan mendatang. Hingga hari ini perbedaan kasta merupakan kekuatan dasar yang menghambat jalannya sosialisasi.

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Wed Dec 12, 2012 8:31 pm

Simpelnya sih sebenarnya ajaran pemerintahan saja tuh.

Brahmana >> Pemuka agama untuk masalah spritualisme
Satria >> para Prajurit sampai dengan Raja mengatur pemerintahan dan perlindungan negara
Waisya >> Rakyat biasa yang perlu dilindungi dan diatur oleh kasta satria.
Sudra >> Budak >>ga komen deh gue karena ga setuju....

Masih kurang 1 kasta :

PARIA. silakan cari TS
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by Penyaran on Thu Dec 13, 2012 1:25 pm

@BiasaSaja wrote:Simpelnya sih sebenarnya ajaran pemerintahan saja tuh.

Brahmana >> Pemuka agama untuk masalah spritualisme
Satria >> para Prajurit sampai dengan Raja mengatur pemerintahan dan perlindungan negara
Waisya >> Rakyat biasa yang perlu dilindungi dan diatur oleh kasta satria.
Sudra >> Budak >>ga komen deh gue karena ga setuju....

yg gw bold: Anda sendiri mengakuinya ehmm

@BiasaSaja wrote:Masih kurang 1 kasta :

PARIA. silakan cari TS

Paria >> orang terbuang yang dianggap hina dan dianggap sama dengan binatang dan tidak diakui keberadaannya

malahan lebih parah ehmm

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Thu Dec 13, 2012 7:58 pm

@Penyaran wrote:
@BiasaSaja wrote:Simpelnya sih sebenarnya ajaran pemerintahan saja tuh.

Brahmana >> Pemuka agama untuk masalah spritualisme
Satria >> para Prajurit sampai dengan Raja mengatur pemerintahan dan perlindungan negara
Waisya >> Rakyat biasa yang perlu dilindungi dan diatur oleh kasta satria.
Sudra >> Budak >>ga komen deh gue karena ga setuju....

yg gw bold: Anda sendiri mengakuinya ehmm

@BiasaSaja wrote:Masih kurang 1 kasta :

PARIA. silakan cari TS


Paria >> orang terbuang yang dianggap hina dan dianggap sama dengan binatang dan tidak diakui keberadaannya

malahan lebih parah ehmm

emang gue kagak setuju kok kalau budak usil so what?? Emangnya gue lagi bantah loe ya?? yang ada malah nambahin toh?? usil

TSnya emang sensitive neh usil

Tapi kalau gue perhalus istilah budak sih bisa, Para pelayan/pembantu dalam kerajaan gimana??

(kan sample gue ajaran pemerintahan kerajaan / kehidupan dalam kerajaan tuh)
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Thu Dec 13, 2012 8:00 pm

Kalau Paria anggap saja PARA PENJAHAT BESAR, ga susah toh usil

(penjahat besar dalam artian tertentu sih yes )
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by Penyaran on Fri Dec 14, 2012 2:17 pm

@BiasaSaja wrote:
@Penyaran wrote:
@BiasaSaja wrote:Simpelnya sih sebenarnya ajaran pemerintahan saja tuh.

Brahmana >> Pemuka agama untuk masalah spritualisme
Satria >> para Prajurit sampai dengan Raja mengatur pemerintahan dan perlindungan negara
Waisya >> Rakyat biasa yang perlu dilindungi dan diatur oleh kasta satria.
Sudra >> Budak >>ga komen deh gue karena ga setuju....

yg gw bold: Anda sendiri mengakuinya ehmm

@BiasaSaja wrote:Masih kurang 1 kasta :

PARIA. silakan cari TS


Paria >> orang terbuang yang dianggap hina dan dianggap sama dengan binatang dan tidak diakui keberadaannya

malahan lebih parah ehmm

emang gue kagak setuju kok kalau budak usil so what?? Emangnya gue lagi bantah loe ya?? yang ada malah nambahin toh?? usil

TSnya emang sensitive neh usil

Tapi kalau gue perhalus istilah budak sih bisa, Para pelayan/pembantu dalam kerajaan gimana??

(kan sample gue ajaran pemerintahan kerajaan / kehidupan dalam kerajaan tuh)

kasta Sudra ≠ pelayan kerajaan ehmm

ini salah satu gambaran kasta Sudra

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Fri Dec 14, 2012 4:54 pm

gue kan cuman mau ngehalusin saja toh??
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Fri Dec 14, 2012 4:59 pm

http://id-id.facebook.com/notes/hindu-bali/sistim-kasta-di-bali-dan-perkembanganya-saat-ini/450175015005150

Brahmana-orang-orang yang menekuni kehidupan spiritual dan ketuhanan, para cendikiawan serta intelektual yang bertugas untuk memberikan pembinaan mental dan rohani serta spiritual. Atau seseorang yang memilih fungsi sosial sebagai rohaniawan.
Ksatria-orang orang yang bekerja / bergelut di bidang pertahanan dan keamanan/pemerintahan yang bertugas untuk mengatur negara dan pemerintahan serta rakyatnya. Atau seseorang yang memilih fungsi sosial menjalankan kerajaan: raja, patih, dan staf - stafnya. Jika dipakai ukuran masa kini, mereka itu adalah kepala pemerintahan, para pegawai negeri, polisi, tentara dan sebagainya.
Waisya-orang yang bergerak dibidang ekonomi, yang bertugas untuk mengatur perekonomian atau seseorang yang memilih fungsi sosial menggerakkan perekonomian. Dalam hal ini adalah pengusaha, pedagang, investor dan usahawan (Profesionalis) yang dimiliki Bisnis / usaha sendiri sehingga mampu mandiri dan mungkin memerlukan karyawan untuk membantunya dalam mengembangkan usaha / bisnisnya.
Sudra-orang yang bekerja mengandalkan tenaga/jasmani, yang bertugas untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan menjadi pelayan atau pembantu orang lain atau seseorang yang memilih fungsi sosial sebagai pelayan, bekerja dengan mengandalkan tenaga. seperti: karyawan, para pegawai swasta dan semua orang yang bekerja kepada Waisya untuk menyambung hidupnya termasuk semua orang yang belum termasuk ke Tri Warna diatas.

Mungkin tuh yang nulis bisa ente undang kemari biar bisa ngejelasin soal agama HINDU, gue liat keknya jarang2 ada yang beragama HINDU dimari.
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Fri Dec 14, 2012 5:00 pm

Penjelasan tuh orang hampir sama dengan pengandaian asal gue di atas ya?? usil
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by Penyaran on Fri Dec 14, 2012 7:03 pm

blenderan yang dihalusin kale. basi elu kagak liat inti masalahnye dari pembedaan kastanye nih. usil

...Akibat pengaruh perbedaan derajat di India terhadap masyarakat India tersebut, masyarakat harus hidup berdasarkan segala peraturan kasta masing-masing dan tidak boleh mengadakan perkawinan antar kasta. Kasta yang tinggi beranggapan bila bergaul dengan kaum dari kasta yang lebih rendah akan ternodai. Sementara kaum dari kasta rendah percaya akan adanya reinkarnasi, mereka beranggapan kehidupan sebagai budak pada masa kini adalah untuk menebus dosa pada kehidupan sebelumnya, sehingga mereka rela menerima nasib untuk memperoleh kasta yang lebih tinggi pada kehidupan mendatang. Hingga hari ini perbedaan kasta merupakan kekuatan dasar yang menghambat jalannya sosialisasi.

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Fri Dec 14, 2012 8:47 pm

@Penyaran wrote:blenderan yang dihalusin kale. basi elu kagak liat inti masalahnye dari pembedaan kastanye nih. usil

...Akibat pengaruh perbedaan derajat di India terhadap masyarakat India tersebut, masyarakat harus hidup berdasarkan segala peraturan kasta masing-masing dan tidak boleh mengadakan perkawinan antar kasta. Kasta yang tinggi beranggapan bila bergaul dengan kaum dari kasta yang lebih rendah akan ternodai. Sementara kaum dari kasta rendah percaya akan adanya reinkarnasi, mereka beranggapan kehidupan sebagai budak pada masa kini adalah untuk menebus dosa pada kehidupan sebelumnya, sehingga mereka rela menerima nasib untuk memperoleh kasta yang lebih tinggi pada kehidupan mendatang. Hingga hari ini perbedaan kasta merupakan kekuatan dasar yang menghambat jalannya sosialisasi.

Emang ajaran mereka kek gitu, gue mau ngapain coba??

tuh udah gue kasih linknya, di undang gih dimari biar loe ada tempat buat sanggahan. usil

Gue cuman numpang lewat kok usil
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Fri Dec 14, 2012 8:49 pm

@BiasaSaja wrote: http://id-id.facebook.com/notes/hindu-bali/sistim-kasta-di-bali-dan-perkembanganya-saat-ini/450175015005150

Brahmana-orang-orang yang menekuni kehidupan spiritual dan ketuhanan, para cendikiawan serta intelektual yang bertugas untuk memberikan pembinaan mental dan rohani serta spiritual. Atau seseorang yang memilih fungsi sosial sebagai rohaniawan.
Ksatria-orang orang yang bekerja / bergelut di bidang pertahanan dan keamanan/pemerintahan yang bertugas untuk mengatur negara dan pemerintahan serta rakyatnya. Atau seseorang yang memilih fungsi sosial menjalankan kerajaan: raja, patih, dan staf - stafnya. Jika dipakai ukuran masa kini, mereka itu adalah kepala pemerintahan, para pegawai negeri, polisi, tentara dan sebagainya.
Waisya-orang yang bergerak dibidang ekonomi, yang bertugas untuk mengatur perekonomian atau seseorang yang memilih fungsi sosial menggerakkan perekonomian. Dalam hal ini adalah pengusaha, pedagang, investor dan usahawan (Profesionalis) yang dimiliki Bisnis / usaha sendiri sehingga mampu mandiri dan mungkin memerlukan karyawan untuk membantunya dalam mengembangkan usaha / bisnisnya.
Sudra-orang yang bekerja mengandalkan tenaga/jasmani, yang bertugas untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan menjadi pelayan atau pembantu orang lain atau seseorang yang memilih fungsi sosial sebagai pelayan, bekerja dengan mengandalkan tenaga. seperti: karyawan, para pegawai swasta dan semua orang yang bekerja kepada Waisya untuk menyambung hidupnya termasuk semua orang yang belum termasuk ke Tri Warna diatas.

Mungkin tuh yang nulis bisa ente undang kemari biar bisa ngejelasin soal agama HINDU, gue liat keknya jarang2 ada yang beragama HINDU dimari.

coba loe undang gih biar asik piss
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by Penyaran on Fri Dec 14, 2012 9:34 pm

weleh, dikasih sanggahan dibantahnya cuman modal gak percaya tanpa disertai bukti. usil

mau ngundang orang malah nyuruh gw yang undang. emangnya gw babu elo apa. usil

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Fri Dec 14, 2012 10:03 pm

emang gue sekarang ini lagi nyanggah loe ya?? kaget

yang ada gue bantuin loe tuh, nyari lawan bicara dan ilmu usil

lonya ae kagak sadar2 usil
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by Penyaran on Sat Dec 15, 2012 9:39 am

lha trus ngapain juga elo koar2 diatas lol

nyariin lawan buat gw tapi nyuruh gw yang hubungin doi, aneh banget lol

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Sat Dec 15, 2012 3:29 pm

lah gue kan cuman kasih pendapat dan tambahan ilmu buat loe, loenya ae kagak sadar usil
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by Penyaran on Sat Dec 15, 2012 9:41 pm

nambahin ilmu apaan, pendapat lo kan cuman ngalusin doank sementara elo gak komen soal akibat dari pembedaan tersebut. lol

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Sat Dec 15, 2012 10:17 pm

gue kan ngasih ilmu kepada loe dengan cara menunjukkan pemikiran dari sisi lain dan juga tuh pikiran orang Hindu sendiri. usil

Biar loe dapat melihat sesuatu dari sisi lain bukan cuma dari satu sisi saja. ehmm

Tapi klo loe ga sadar2 juga sih ya ga masalah juga tuh usil

avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by Penyaran on Sun Dec 16, 2012 6:39 pm

ngasih ilmu apaan bang. pembagiannya cuman dihalusin doank sementara efek dari pembagiannya kagak. jadi apanya yang nambah ilmu bang. usil

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Sun Dec 16, 2012 7:11 pm

baca aja lagi ilmu apa yang pengen gue kasih ke elo. Masa ga bisa sih?? usil
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by Penyaran on Thu Dec 20, 2012 10:41 am

ilmu apaan. itu mah cuman ngalusin doank. kenyataannya tetep juga pembagian. basi

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Thu Dec 20, 2012 5:28 pm

aduh asli loe kagak baca apa ilmu yang mau gue kasihkan ke elo?? kaget

Sia2 dong gue nulis diatas sebel
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by Penyaran on Fri Dec 21, 2012 4:03 pm

emang karena tulisan lo kagak ada ilmunya tong. usil

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by BiasaSaja on Fri Dec 21, 2012 6:10 pm

aduh2 emang kagak bisa baca rupanya kaget

sebel
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by Penyaran on Fri Dec 21, 2012 9:48 pm

oh, ternyata kamu masih belum bisa baca toh. penyusup

ya udah, belajar ke sanggar membaca dulu. biar kamu bisa membaca. usil

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Diskriminasi Hindu melalui Pembedaan Kasta

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik