FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

memahami makna mukjizat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

memahami makna mukjizat

Post by keroncong on Thu Nov 01, 2012 8:19 pm

Secara Bahasa
Kata Mu’jizat adalah ism fa’il (bentuk subyek) yang diambil dari fi’il madhi (kata kerja lampau) artinya melemahkan, yang kata itu berasal dari kata yang berarti lemah, lawan dari kata yang berarti mampu. Jadi ungkapan mu’jizat Nabi berarti sesuatu yang melemahkan lawan saat berhadapan.

Secara Istilah
Para ulama memberikan beberapa definisi tentang mu’jizat di antaranya:
Mu’jizat adalah suatu perkara yang luar biasa dan tidak bisa ditandingi, yang disertai dengan tantangan, dengan maksud membuktikan kebenaran seseorang yang mengaku bahwa dirinya adalah rasul. (Manhajul Qur‘an fid Da’wati ilal Iman, karya Asy-Syaikh ‘Ali Nashir Al-Faqihi, hal. 274)
Ibnu Hamdan mendefinisikan: “Mu’jizat adalah suatu keluarbiasaan, baik ucapan atau perbuatan, jika diiringi dan tepat dengan pengakuan kerasulan serta sesuai dengannya. Awal mulanya dalam rangka tantangan (kepada musuh-musuhnya, red.). Dan tidak seorangpun yang mampu melakukan, menyamai, bahkan mendekatinya sekalipun.” (dinukil dari Lawami’ul Anwar Al-Bahiyyah karya As-Safarini, hal. 290)

Keterangan
Dengan kata “dalam rangka tantangan”, dikeluarkan dari definisi mu’jizat: karamah para wali atau hal-hal keluarbiasaan yang muncul sebagai muqaddimah munculnya seorang Nabi atau disebut irhashat.
Dengan kata “tidak bisa ditandingi” dikeluarkan dari definisi mu’jizat: sihir dan sulap atau yang sejenisnya.
Dengan kata “sesuai dengannya (kenabian)” dikeluarkan dari definisi mu’jizat: bila ternyata bertolak belakang dengan pengakuan kenabian, seperti yang terjadi pada Musailamah Al-Kadzdzab. Di mana ketika ingin memperbanyak air sumur sebagai bukti pengakuannya, justru air sumur tersebut kering. Ketika ingin menumbuhkan rambut justru menjadi gundul, seperti tersebut dalam buku-buku sirah/ sejarah Nabi.

Nama Lain Mu’jizat
Mu’jizat disebut juga dengan Ayat, Burhan (bukti), Dala‘il Nubuwwah (dalil-dalil kenabian), dan A’lam Nubuwwah (tanda-tanda kenabian).
Ibnu Taimiyyah t mengatakan: “Lafadz-lafadz ini tadi, bila dijadikan sebagai nama Ayat (tanda) kenabian sebenarnya lebih tepat menjelaskan maksud dan tujuannya dibandingkan lafadz Mu’jizat. Oleh karenanya, lafadz Mu’jizat tidak ada dalam Al-Qur`an dan As-Sunnah, justru yang ada di dalamnya dengan sebutan Ayat, Bayyinah (bukti), dan Burhan (bukti). Ahlul kalam tidaklah menyebut Mu’jizat kecuali yang melekat pada Nabi saja. Adapun yang untuk wali mereka menyebutnya Karamah.”

(dinukil dari Lawami’ul Anwar Al-Bahiyyah, 2/290-291)
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by SEGOROWEDI on Thu Nov 01, 2012 11:47 pm



quran mukjizat siapa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by erusi on Fri Nov 02, 2012 5:03 pm

@SEGOROWEDI wrote:

quran mukjizat siapa?

Sebelumnya kamu harus faham bahawa "mu’jizat Nabi berarti sesuatu yang melemahkan lawan saat berhadapan".
Justeru al-Qur'an dikatakan sebagai mukjizat Nabi Muhammad kerana penurunannya kepada Nabi Muhammad itu. Ini kerana melalui Al-Qur'an itu Nabi Muhammad berhasil untuk "melemahkan lawan saat berhadapan".

erusi
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 281
Kepercayaan : Islam
Location : Ipoh Malaysia
Join date : 11.09.12
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by Guest on Fri Nov 02, 2012 5:42 pm

^ berarti mukjijat Quran :

1. Di Hudaibiyah BERTEKUK LUTUT di kaki Suhail bin Amru
2. Di Uhud masuk parit dengan mulut berdarah darah karena giginya copot


Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by erusi on Fri Nov 02, 2012 8:25 pm

duren swt wrote:^ berarti mukjijat Quran :

1. Di Hudaibiyah BERTEKUK LUTUT di kaki Suhail bin Amru
2. Di Uhud masuk parit dengan mulut berdarah darah karena giginya copot


Saya tidak melihat seperti itu. Bagi saya, Perjanjian Hudaibiyah adalah ketentuan Allah dalam rencanaNya yang akhirnya membawa kepada pembukaaan kota Mekah. Mungkin jika tanpa perjanjian Hudaibiyah, kota tersebut tidak dapat dibukakan.

Uhud pula adalah ketentuan Allah dalam rencanaNya untuk memberi kesedaran dan pengajaran kepada umat Islam dalam pentingnya mentaati apa yang diperintahkan Nabi Muhammad kepada mereka untuk kebaikan bersama. Mungkin jika tanpa Nabi Muhammad mengalami kelukaan di dalam peperangan itu, tiada umat islam yang menyedari kepentingan mentaati Nabi. Malah jika tanpa Nabi Muhammad mengalami kelukaan di dalam peperangan itu, umat Islam mungkin akan menjadi bongkak dengan kemenangan mereka. Allah itu Maha Tahu apa yang terbaik untuk umat yang beriman dengan Nya.

erusi
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 281
Kepercayaan : Islam
Location : Ipoh Malaysia
Join date : 11.09.12
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by Guest on Fri Nov 02, 2012 11:28 pm

@erusi wrote:
duren swt wrote:^ berarti mukjijat Quran :

1. Di Hudaibiyah BERTEKUK LUTUT di kaki Suhail bin Amru
2. Di Uhud masuk parit dengan mulut berdarah darah karena giginya copot


Saya tidak melihat seperti itu. Bagi saya, Perjanjian Hudaibiyah adalah ketentuan Allah dalam rencanaNya yang akhirnya membawa kepada pembukaaan kota Mekah. Mungkin jika tanpa perjanjian Hudaibiyah, kota tersebut tidak dapat dibukakan.

Uhud pula adalah ketentuan Allah dalam rencanaNya untuk memberi kesedaran dan pengajaran kepada umat Islam dalam pentingnya mentaati apa yang diperintahkan Nabi Muhammad kepada mereka untuk kebaikan bersama. Mungkin jika tanpa Nabi Muhammad mengalami kelukaan di dalam peperangan itu, tiada umat islam yang menyedari kepentingan mentaati Nabi. Malah jika tanpa Nabi Muhammad mengalami kelukaan di dalam peperangan itu, umat Islam mungkin akan menjadi bongkak dengan kemenangan mereka. Allah itu Maha Tahu apa yang terbaik untuk umat yang beriman dengan Nya.
Yang dah rosak syaraf nya pakcik kita satu ini

Diatas ngakunya ini

@erusi wrote:Muhammad berhasil untuk "melemahkan lawan saat berhadapan".

Pak cik ibarat orang curi sendal ... begitu ketangkap BERDALIH silap salah ambil

nyerah

Ntar klo gw tunjukkan KEBERHASILAN Muhammad saat menggarong kurma di Khaibar demi mengenyangkan perut Aisha => pak cik pasti klaim itulah mukjijat Quran

ketawa guling

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by MBA on Sat Nov 03, 2012 1:08 am

Ini mukjizat ngga?

**link is deleted by Mod**


kalo aku bilang sih..
1. Mukjizat yang dibuat-buat (palsu)
2. Mukjizat yang nggak berguna

Silahkan tulis isi/kesimpulan dari link yang anda sebutkan
avatar
MBA
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 22
Posts : 309
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250
Join date : 09.10.12
Reputation : 15

http://indonesia.faithfreedom.org/forum/alasan-kuat-mengapa-musl

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by erusi on Thu Nov 08, 2012 12:50 am

duren swt wrote:
@erusi wrote:
duren swt wrote:^ berarti mukjijat Quran :

1. Di Hudaibiyah BERTEKUK LUTUT di kaki Suhail bin Amru
2. Di Uhud masuk parit dengan mulut berdarah darah karena giginya copot


Saya tidak melihat seperti itu. Bagi saya, Perjanjian Hudaibiyah adalah ketentuan Allah dalam rencanaNya yang akhirnya membawa kepada pembukaaan kota Mekah. Mungkin jika tanpa perjanjian Hudaibiyah, kota tersebut tidak dapat dibukakan.

Uhud pula adalah ketentuan Allah dalam rencanaNya untuk memberi kesedaran dan pengajaran kepada umat Islam dalam pentingnya mentaati apa yang diperintahkan Nabi Muhammad kepada mereka untuk kebaikan bersama. Mungkin jika tanpa Nabi Muhammad mengalami kelukaan di dalam peperangan itu, tiada umat islam yang menyedari kepentingan mentaati Nabi. Malah jika tanpa Nabi Muhammad mengalami kelukaan di dalam peperangan itu, umat Islam mungkin akan menjadi bongkak dengan kemenangan mereka. Allah itu Maha Tahu apa yang terbaik untuk umat yang beriman dengan Nya.
Yang dah rosak syaraf nya pakcik kita satu ini

Diatas ngakunya ini

@erusi wrote:Muhammad berhasil untuk "melemahkan lawan saat berhadapan".

Pak cik ibarat orang curi sendal ... begitu ketangkap BERDALIH silap salah ambil

nyerah

Ntar klo gw tunjukkan KEBERHASILAN Muhammad saat menggarong kurma di Khaibar demi mengenyangkan perut Aisha => pak cik pasti klaim itulah mukjijat Quran

ketawa guling

Ini adalah permasalahan pemahaman.

@erusi wrote:Muhammad berhasil untuk "melemahkan lawan saat berhadapan".

Text itu merujuk kepada al-Quran yang dikatakan sebagai mukjizat Nabi Muhammad kerana melalui al-Quran, beliau mampu berhadapan dengan para pendeta yahudi dan nasrani dalam melemahkan sesuatu dakwaan mereka. Contohnya dakwaan kelompok yahdi dan nasrani terhadap agama Nabi Ibrahim.

Manakala penjelasan saya berkenaan dengan perang uhud dan perjanjian hudaibiyah adalah berkaitan dengan peristiwa yang berlaku. Justeru ianya melibatkan perkara yang berlainan. Nabi Muhammad tidak menggunakan al-Quran dalam peperangan uhud dan perjanjian hudaibiyah itu.

Apa yang harus difahami adalah bukan semua mukjizat yang dilakukan Allah SWT Nabi Muhammad itu dikatakan sebagai mukjizat al-Quran.

erusi
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 281
Kepercayaan : Islam
Location : Ipoh Malaysia
Join date : 11.09.12
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by SEGOROWEDI on Thu Nov 08, 2012 10:05 am

@erusi wrote:
Sebelumnya kamu harus faham bahawa "mu’jizat Nabi berarti sesuatu yang melemahkan lawan saat berhadapan".
Justeru al-Qur'an dikatakan sebagai mukjizat Nabi Muhammad kerana penurunannya kepada Nabi Muhammad itu. Ini kerana melalui Al-Qur'an itu Nabi Muhammad berhasil untuk "melemahkan lawan saat berhadapan".

apa 'action' muhammad sehingga quran ada?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by erusi on Thu Nov 08, 2012 4:25 pm

@SEGOROWEDI wrote:

apa 'action' muhammad sehingga quran ada?

Saya tidak memahami apa yang kamu ingin persoalkan dalam text persoalan kamu itu. Dipersilakan memberikan sedikit penjelasan apa yang kamu ingin persoalkan.

erusi
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 281
Kepercayaan : Islam
Location : Ipoh Malaysia
Join date : 11.09.12
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by SEGOROWEDI on Fri Nov 09, 2012 12:06 pm

@erusi wrote:
@SEGOROWEDI wrote:

apa 'action' muhammad sehingga quran ada?

Saya tidak memahami apa yang kamu ingin persoalkan dalam text persoalan kamu itu. Dipersilakan memberikan sedikit penjelasan apa yang kamu ingin persoalkan.

musa dikatakan melakukan mujizat ketika membelah laut dengan tongkatnya..
apa yang dilakukan muhammad terhadap qurannya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by erusi on Fri Nov 09, 2012 2:51 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@erusi wrote:
@SEGOROWEDI wrote:

apa 'action' muhammad sehingga quran ada?

Saya tidak memahami apa yang kamu ingin persoalkan dalam text persoalan kamu itu. Dipersilakan memberikan sedikit penjelasan apa yang kamu ingin persoalkan.

musa dikatakan melakukan mujizat ketika membelah laut dengan tongkatnya..
apa yang dilakukan muhammad terhadap qurannya?

Nabi Muhammad tidak melakukan apa-apa dengan kitab al-Quran itu. Seperti difahami mukjizat membawa makna "mampu melemahkan lawan saat berhadapan". Justeru lihat semula text saya, "beliau (Nabi Muhammad) mampu berhadapan dengan para pendeta yahudi dan nasrani dalam melemahkan sesuatu dakwaan mereka. Contohnya dakwaan kelompok yahdi dan nasrani terhadap agama Nabi Ibrahim". Perkara yang dilemahkan adalah bukannya dalam bentuk fizikal. Yang dilemahkan adalah DAKWAAN atau pun apa yang diperkatakan oleh pihak lawan terhadap sesuatu perkara. Sebab itulah al-Quran itu dikatakan sebagai mukjizat Nabi Muhammmad, kerana melalui Al-Quran yang diturunkan kepadanya itu, Nabi Muhammad mampu untuk menidakkan apa yang didakwa oleh pihak lawan.

erusi
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 281
Kepercayaan : Islam
Location : Ipoh Malaysia
Join date : 11.09.12
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by jakajayagiri-2 on Fri Nov 09, 2012 3:51 pm

@erusi wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
apa 'action' muhammad sehingga quran ada?
....................................
musa dikatakan melakukan mujizat ketika membelah laut dengan tongkatnya..
apa yang dilakukan muhammad terhadap qurannya?

Nabi Muhammad tidak melakukan apa-apa dengan kitab al-Quran itu.

Krn itu Quran bukan mujizat Muhammad. Sehebat apapun Quran, krn Muhammad (diyakini) hanya sbg penerima saja maka Quran bukan mujizat muhammad.

Musa menerima firman2 Tuhan secara langsung, lantas menuliskannya. Tulisan itu tidak pernah disebut sbg mujizat Musa, krn Musa hanya sbg penerima saja.


Terakhir diubah oleh jakajayagiri-2 tanggal Fri Nov 09, 2012 4:19 pm, total 1 kali diubah

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by SEGOROWEDI on Fri Nov 09, 2012 4:06 pm

@erusi wrote:
Nabi Muhammad tidak melakukan apa-apa dengan kitab al-Quran itu

berarti bukan mujizat muhammad..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by erusi on Fri Nov 09, 2012 4:23 pm

@jakajayagiri-2 wrote:

Krn itu Quran bukan mujizat Muhammad. Sehebat apapun Quran, krn Muhammad (diyakini) hanya sbg penerima saja maka Quran bukan mujizat muhammad.

Namun bagi kami, umat islam, al-Quran itu adalah mukjizat Nabi Muhammad. Ini kerana sesuai dengan pemahaman mukjizat itu sendiri. Sememangnya pihak non muslim tidak dapat menerima pernyataan bahawa al-Quran adalah mukjizat Nabi Muhammad. Ini kerana antara muslin dan non muslim adalah berbeza pendapat. Itu sesuatu yang lumrah.

@jakajayagiri-2 wrote:
Musa menerima firman2 Tuhan secara langsung, lantas menuliskannya. Tulisan itu tidak pernah disebut sbg mujizat Musa, krn Musa hanya sbg penerima saja.

Itu terpulang pada pilihan sendiri sama ada ingin menyebutnya sebagai mukjizat ataupun tidak. Namun kami, umat Islam memilih untuk menyebutkan bahawa al-Quran sebagai mukjizat Nabi Muhammad.

@SEGOROWEDI wrote:
berarti bukan mujizat muhammad..

Sememangnya muslim dan non muslim adalah berbeza pendapat. Itu satu lumrah jika terdapatnya non muslim yang tidak sependapat dengan orang muslim yang menyebutkan al-Quran sebagai mukjizat Nabi Muhammad.


erusi
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 281
Kepercayaan : Islam
Location : Ipoh Malaysia
Join date : 11.09.12
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by jakajayagiri-2 on Fri Nov 09, 2012 4:31 pm

@erusi wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:

Krn itu Quran bukan mujizat Muhammad. Sehebat apapun Quran, krn Muhammad (diyakini) hanya sbg penerima saja maka Quran bukan mujizat muhammad.

Namun bagi kami, umat islam, al-Quran itu adalah mukjizat Nabi Muhammad. Ini kerana sesuai dengan pemahaman mukjizat itu sendiri. Sememangnya pihak non muslim tidak dapat menerima pernyataan bahawa al-Quran adalah mukjizat Nabi Muhammad. Ini kerana antara muslin dan non muslim adalah berbeza pendapat. Itu sesuatu yang lumrah.


Mas, saya belum membahas soal apakah Quran itu mujizat atau bukan mujizat. Bukan di hal itu inti argumen saya.
Sehebat apapun Quran (bahkan jika Quran dianggap mujizat sekalipun) tetap saja itu bukan mujizat Muhammad. Karena muhammad hanya sbg pihak yg pasif dlm hal menerima Quran.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by SEGOROWEDI on Fri Nov 09, 2012 4:46 pm

@erusi wrote:
Sememangnya muslim dan non muslim adalah berbeza pendapat. Itu satu lumrah jika terdapatnya non muslim yang tidak sependapat dengan orang muslim yang menyebutkan al-Quran sebagai mukjizat Nabi Muhammad.

do nothing, kok mujizat..
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by erusi on Fri Nov 09, 2012 4:56 pm

@jakajayagiri-2 wrote:

Mas, saya belum membahas soal apakah Quran itu mujizat atau bukan mujizat. Bukan di hal itu inti argumen saya.
Sehebat apapun Quran (bahkan jika Quran dianggap mujizat sekalipun) tetap saja itu bukan mujizat Muhammad. Karena muhammad hanya sbg pihak yg pasif dlm hal menerima Quran.

Sememangnya sedemikian, kerana kita berbeza pendapat. Kamu melihat Nabi Muhammad sebagai penerima al-Quran sahaja yang menyebabkan kamu tidak beranggapan al-Quran itu sebagai mukjizat Nabi Muhammad. Namun kami, umat Islam tidak melihat pada apa yang kamu lihat untuk kami beranggapan bahawa al-Quran adalah mukjizat Nabi Muhammad.

@SEGOROWEDI wrote:do nothing, kok mujizat..

Yes, ia adalah mukjizat. Kerana muslim tidak memandang mukjizat kepada pemahaman "action" semata-mata seperti yang dilihat oleh non muslim.

erusi
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 281
Kepercayaan : Islam
Location : Ipoh Malaysia
Join date : 11.09.12
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by SEGOROWEDI on Fri Nov 09, 2012 5:00 pm

@erusi wrote:
Yes, ia adalah mukjizat. Kerana muslim tidak memandang mukjizat kepada pemahaman "action" semata-mata seperti yang dilihat oleh non muslim.

'semata-mata'..
berarti tetep harus ada action, kan?
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by jakajayagiri-2 on Fri Nov 09, 2012 5:47 pm

@erusi wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:

Mas, saya belum membahas soal apakah Quran itu mujizat atau bukan mujizat. Bukan di hal itu inti argumen saya.
Sehebat apapun Quran (bahkan jika Quran dianggap mujizat sekalipun) tetap saja itu bukan mujizat Muhammad. Karena muhammad hanya sbg pihak yg pasif dlm hal menerima Quran.

Sememangnya sedemikian, kerana kita berbeza pendapat. Kamu melihat Nabi Muhammad sebagai penerima al-Quran sahaja yang menyebabkan kamu tidak beranggapan al-Quran itu sebagai mukjizat Nabi Muhammad.
Memang begitu. Sdh saya beri contoh Musa kan?


Namun kami, umat Islam tidak melihat pada apa yang kamu lihat untuk kami beranggapan bahawa al-Quran adalah mukjizat Nabi Muhammad.
Atas dasar apa? Muhammad pasif kok, cuma penerima saja kok, kenapa disebut itu mujizat dia?


jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by erusi on Sun Nov 11, 2012 7:23 am

@SEGOROWEDI wrote:
'semata-mata'..
berarti tetep harus ada action, kan?
ehmm

Itu satu pemahaman yang salah. Maksudnya adalah boleh ada 'action' dan boleh juga jika tanpa 'action'.

@jakajayagiri wrote:Memang begitu. Sdh saya beri contoh Musa kan?


Yes, kamu berikan contoh Musa dan seterusnya kamu melihat mengikut pandangan kamu yang non Islam itu. Namun pandangan orang Islam adalah tidak seperti kamu.

@jakajayagiri wrote:
Atas dasar apa? Muhammad pasif kok, cuma penerima saja kok, kenapa disebut itu mujizat dia?


Ini sudah saya jelaskan. Atas dasar bahawa Nabi Muhammad mampu "melemahkan lawan saat berhadapan" dengan menggunakan al-Quran. Lihat semula text yang telah saya tuliskan.

Sebelumnya kamu harus faham bahawa "mu’jizat Nabi berarti sesuatu yang melemahkan lawan saat berhadapan". Justeru al-Qur'an dikatakan sebagai mukjizat Nabi Muhammad kerana penurunannya kepada Nabi Muhammad itu. Ini kerana melalui Al-Qur'an itu Nabi Muhammad berhasil untuk "melemahkan lawan saat berhadapan"

Sememangnya Nabi Muhammad penerima al-Quran. Namun Islam memandang kepada kemampuan Nabi Muhammad itu apabila beliau merujuk kepada Al-Quran sehinggakan beliau mampu melemahkan apa yang didakwa oleh pihak lawan. Islam tidak memandang seperti mana kamu melihat situasi ini. Sebab itu Islam mengatakan al-Quran itu adalah mukjizat Nabi Muhammad.

erusi
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 281
Kepercayaan : Islam
Location : Ipoh Malaysia
Join date : 11.09.12
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by jakajayagiri-2 on Tue Nov 13, 2012 4:46 pm

@erusi wrote:
Sebelumnya kamu harus faham bahawa "mu’jizat Nabi berarti sesuatu yang melemahkan lawan saat berhadapan". Justeru al-Qur'an dikatakan sebagai mukjizat Nabi Muhammad kerana penurunannya kepada Nabi Muhammad itu. Ini kerana melalui Al-Qur'an itu Nabi Muhammad berhasil untuk "melemahkan lawan saat berhadapan"

Sememangnya Nabi Muhammad penerima al-Quran. Namun Islam memandang kepada kemampuan Nabi Muhammad itu apabila beliau merujuk kepada Al-Quran sehinggakan beliau mampu melemahkan apa yang didakwa oleh pihak lawan. Islam tidak memandang seperti mana kamu melihat situasi ini. Sebab itu Islam mengatakan al-Quran itu adalah mukjizat Nabi Muhammad.

Jadi kalau dalam satu forum diskusi Anda melemahkan pendapat lawan Anda dengan menggunakan Quran dan berhasil, maka Quran menjadi mujizat Anda, begitu?

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by keroncong on Thu May 15, 2014 7:28 pm

klo di kristen itu konon semua orang bisa memperoleh mukjizat, karena tuhan itu bayi ajaib.....eh maha ajaib.... piss piss 
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami makna mukjizat

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik