FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Ruh,dalam pandangan Bibel

Halaman 5 dari 11 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Fri Nov 02, 2012 10:19 am

First topic message reminder :

sayah ingin bertanya tentang ruh menurut bibel...karena al quran uda menyatakan : ruh adalah urusan tuhan.

pertanyaan sayah;
1.dimana ruh manusia sebelum diijinkan masuk ke jasad/daging?

2.satu itu dulu aja deh....

3.yah sementara cuman itu...

4.segala sampah bakal sayah deleted gak pake konfirmasi....sayah harap jawaban adalah berdasarkan bibel..bukan yang lain...keputusan gereja/pendapat pemuka agama kristen juga boleh..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down


Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 30, 2015 8:26 am


buntu dimananya?
manusia itu terdiri dari tubuh, jiwa dan roh
justeru konsepmu itu yang BUNTU
setan bahan bakunya api, wujudnya manaaaaaaaaa???

yang bahannya kasat mata aja kagak ada wujudnya
malah minta bukti fisikal jiwa dan roh
justeru alkitab gak mengajarkan bahan baku setan/iblis

malaikat dan iblis itu roh
Allah juga adalah ROH
roh kok tanya bahan baku fisikal

roh dan arwah => #82

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Mon Mar 30, 2015 8:50 am

yg garis bawah oot..

itulah BUNTU..manusia hanya menjabarkan term ROH berdasarkan kalimat yg tertera pada tulisan2 suci..secara hakekat?nol..

arwah adalah roh?
arwah ato roh peramal..itu ayat berarti SALAH..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 30, 2015 8:59 am


perbandingan tidak semestinya OOT, BU..

yang fisikal itu hanya tubuh, Bu..
jiwa dan roh itu non fisikal
mosok tanya bahannya apa??
lha wong yang bahanya api aja kagak bisa menjawab fisikalnya mana, kok

lha menurutmu..
bedanya arwah dan roh apa??
lalu jiwa itu apa?? nyawa itu apa???

manusia hidup itu unsur-unsurnya apa saja???

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Mon Mar 30, 2015 11:25 am

arwah/roh/nyawa?sayah gak ada jawaban mutlak karena uda jelas "ruh urusan allah"..

dan sayah juga gak minta bukti fisik kan?cuman mana sih penjabaran yang mutlak..dan jawabanmu?kabur belaka..

2 raja raja 23/24:
Para pemanggil arwah, dan para pemanggil roh peramal..

itu ayat juga membedakan antara arwah dengan roh..

tetapi sw wrote : arwah dan roh adalah sama..
dan apa persamaannyah,sw?

mengapa engkau ingkari tentang bentuk setan?
kejadian 3/15..
Aku ( Tuhan) akan mengadakan
permusuhan antara engkau (ular/
Iblis) dan perempuan ( Hawa ) itu,
antara keturunanmu dengan
keturunannya;

berdasarkan ayat diatas..berarti setan/iblis juga punya bentuk dan kehidupan (term "keturunannyah")..
jika iblis adalah roh,ini gimana penjelasan bahwa roh juga berketurunan?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 30, 2015 12:41 pm


jadi kamu sendiri sudah BUNTU..

2 raja raja 23/24:
Para pemanggil arwah, dan para pemanggil roh peramal..

dari mana kesimpulan arwah beda dengan roh???
itu sinonim; atau kalau mau 'dibedakan' hanya keberadaannya: masih di dalam/sudah di luar tubuh..

kejadian 3/15..
Aku ( Tuhan) akan mengadakan
permusuhan antara engkau (ular/
Iblis) dan perempuan ( Hawa ) itu,
antara keturunanmu dengan
keturunannya;


bentuknya 'roh' (bukan bentuk fisik ular)
roh bisa berketurunan, teknisnya bagaimana kita tdak tahu
wong lihat rohnya aja kagak bisa..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Mon Mar 30, 2015 2:26 pm

buntu?yah..sayah buntu karena emang dibuntu..

sw..
sinonim?dapat itu gimana proses mikirnyah om?

sw wrote:
Jiwa terdiri dari emosi, kehendak, dan pikiran kita.
apakah merasa itu bukan bagian dari jiwa?baca tulisanmu di 93..

sw wrote:
setan adalah roh..

sayah tanya..
gimana roh bisa berketurunan?apakah roh harus punya wadah (jasad pada manusia)?dan jasad setan gak harus dibuktikan secara fisik toh kita juga gak bisa membungkus api dalam gelas kaca..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 30, 2015 8:09 pm


BUNTU
jadi ngaku bukti kenabian GAGAL
plus terjebak di pertanyaan 1 dan 2
catat!

sinonim
bisa dipahami juga arwah dalam artian umum
roh dalam artian spesifik misalnya roh peramal, roh abu hanan, dsb

berkembang-biaknya setan/iblis yang berbentuk roh tanpa jasad, bukan kompetensi saya menjawabnya..
iblis/setan kan roh dan tak berwadah? seperti pada manusia..
tapi bisa saja roh tersebut masuk ke dalam wadah (manusia, binatang)

justeru itu aku tanya konsepmu..
api kan kasat mata ada fisiknya, lalu dijadikan setan oleh ilahmu..
kok fisiknya jadi gak ada????

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Mon Mar 30, 2015 9:19 pm

sw
berkembang-biaknya setan/iblis yang berbentuk roh tanpa jasad, bukan
kompetensi saya menjawabnya..
bukan masalah kompetensi tetapi karena bibel buntu..

jadi ngaku bukti kenabian GAGAL
plus terjebak di pertanyaan 1 dan 2
catat!
lebih baik manusia tidak mengatakan apa yang emang tidak diberikan ilmu oleh tuhan..untuk itulah rabbi yahudi bertanya karena mereka TIDAK TAHU..jelas?

sinonim
bisa dipahami juga arwah dalam artian
umum
roh dalam artian spesifik misalnya roh
peramal, roh abu hanan, dsb
pelajari bibel lebih baik maka jawabanmu gak bakal ada artinyah..
mengapa harus dibedakan antara arwah dengan roh?kalow jawabanmu berdasarkan otot yah ntar sayah kasi kuliah khusus tentang roh ala bibel..


justeru itu aku tanya konsepmu..
api kan kasat mata ada fisiknya, lalu
dijadikan setan oleh ilahmu..
kok fisiknya jadi gak ada????
cacat logika..
sekalipun api ada fisik,apakah ada api dibungkus dalam kantung kaca?ini sama dengan bertanya kalow manusia berasal dari debu,mengapa bagian dalam tubuh manusia gak ada debu?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 30, 2015 9:51 pm

@abu hanan wrote:
bukan masalah kompetensi tetapi karena bibel buntu..

penjelasan yang gak buntu seperti apa??

lebih baik manusia tidak mengatakan apa yang emang tidak diberikan ilmu oleh tuhan..untuk itulah rabbi yahudi bertanya karena mereka TIDAK TAHU..jelas?

lebih baik jangan sok ngaku nabi..
rabbi tahu manusia punya 3 unsur: tubuh, jiwa, dan roh


pelajari bibel lebih baik maka jawabanmu gak bakal ada artinyah..
mengapa harus dibedakan antara arwah dengan roh?kalow jawabanmu berdasarkan otot yah ntar sayah kasi kuliah khusus tentang roh ala bibel..

silakan!

cacat logika..
sekalipun api ada fisik,apakah ada api dibungkus dalam kantung kaca?ini sama dengan bertanya kalow manusia berasal dari debu,mengapa bagian dalam tubuh manusia gak ada debu?

manusia mati kembali jadi 'debu'
lha setan???
logikamu yang abnormal ternyata
[/quote]

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 30, 2015 10:42 pm


ROH

Para penulis Alkitab menggunakan kata Ibrani ruʹakh atau kata Yunani pneuʹma sewaktu menulis tentang ”roh”. Alkitab sendiri menunjukkan arti kata-kata itu. Misalnya, Mazmur 104:29 mengatakan, ”Apabila Engkau [Yehuwa] mengambil roh [ruʹakh] mereka, mereka mati, dan mereka kembali kepada debu.” Dan, dalam Yakobus 2:26 dikatakan bahwa ”tubuh tanpa roh [pneuʹma] adalah mati”. Maka, dalam ayat-ayat itu, ”roh” memaksudkan sesuatu yang memberikan kehidupan kepada tubuh. Tanpa roh, tubuh mati. Karena itu, dalam Alkitab kata ruʹakh tidak hanya diterjemahkan sebagai ”roh” tetapi juga sebagai ”tenaga”, atau ”daya kehidupan”. Misalnya, mengenai Air Bah pada zaman Nuh, Allah menyatakan, ”Aku akan mendatangkan air bah ke atas bumi untuk membinasakan dari bawah langit semua makhluk yang memiliki daya [ruʹakh] kehidupan yang aktif.” (Kejadian 6:17; 7:15, 22) Jadi, ”roh” memaksudkan daya yang tidak kelihatan (pancaran kehidupan) yang memberikan kehidupan kepada semua makhluk hidup.

versi goa hira mana?
apa tetep BUNTU?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 30, 2015 11:01 pm

Tubuh adalah unsur lahiriah manusia, unsur daging yang dapat dilihat, didengar, disentuh, dan sebagainya.

Jiwa adalah unsur batiniah manusia yang tidak dapat dilihat. Jiwa manusia meliputi beberapa unsur, pikiran, emosi (perasaaan) dan kehendak. Dengan pikirannya, manusia dapat berpikir, Dengan perasaannya manusia dapat mengasihi dan dengan kehendaknya, manusia dapat memilih.

Roh adalah prinsip kehidupan manusia. Roh adalah nafas yang dihembuskan oleh Allah ke dalam manusia dan kembali kepada Allah, kesatuan spiritual dalam manusia. Roh adalah sifat alami manusia yang 'immaterial' yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan Allah, yang juga adalah Roh.

* 1 Tesalonika 5:23
Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.


Kata "Roh" diterjemahkan dari kata Ibrani רוח - RÛAKH, dan Yunani πνευμα – PNEUMA. Roh atau kehidupan vital, prinsip kehidupan manusia. Roh adalah nafas yang dihembuskan oleh Allah ke dalam manusia dan kembali kepada Allah, kesatuan spiritual dalam manusia.

* Yohanes 6:63
Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.


silakan apa itu 'ruh' versi goa hira..
apa juga masih tetep BUNTU?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 30, 2015 11:10 pm



roh kudus = jibril
mosok dari cahaya dijadikan roh???
penjelasan warasnya gimana..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by bukajalan on Tue Mar 31, 2015 1:44 am

sampah by sayah

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by dee-nee on Tue Mar 31, 2015 4:36 am

@SEGOROWEDI wrote:Tubuh adalah unsur lahiriah manusia, unsur daging yang dapat dilihat, didengar, disentuh, dan sebagainya.

Jiwa adalah unsur batiniah manusia yang tidak dapat dilihat. Jiwa manusia meliputi beberapa unsur, pikiran, emosi (perasaaan) dan kehendak. Dengan pikirannya, manusia dapat berpikir, Dengan perasaannya manusia dapat mengasihi dan dengan kehendaknya, manusia dapat memilih.

Roh adalah prinsip kehidupan manusia. Roh adalah nafas yang dihembuskan oleh Allah ke dalam manusia dan kembali kepada Allah, kesatuan spiritual dalam manusia. Roh adalah sifat alami manusia yang 'immaterial' yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan Allah, yang juga adalah Roh.

Tubuh : ok

Jiwa : unsur batiniah itu apa sih maksudnya ??

Roh : nafas yang dihembuskan Allah itu gimana sih maksudnya ??
underline : apa maksud "roh memungkinkan manusia berkomukasi dengan Allah yang juga roh"
underline merah : Roh Allah itu maksudnya gimana ??  

jadi maksud mas wedi ... ketika manusia sedang komunikasi dengan Allah
itu artinya roh sedang komukasi dengan roh ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by dee-nee on Tue Mar 31, 2015 4:38 am

@bukajalan wrote:
coba tanya wujud TUHAN masing-masing. Dari situlah awalnya. Tentu hanya TUHAN yang tahu. dan dari KEMAHATAHUAN TUHAN itu, TUHAN menjelaskan (memberi dengan GRATIS) wujud ROH/ROH-Nya dalam MENIFESTASI ukuran manusia

Fakta ajaran :  
TUHAN yang sebelah (diluar islam) bisa menjelaskan menurut menifestasi-NYA dan atau utusan - NYA (para nabi/rasul). Tetapi di DUNIA ini dan di INDONESIA  ini, ISLAM  …  BUNTU TOTAL baik TUHAN-nya atau rasul-NYA

pembuktian lagi
Kristen, Budah, Hindu dll bisa menjelaskan wujud TUHAN mereka masing2 dalam konteks ROH


ISLAM ... urusan Allah W T C atau I S I I I I H H H H ... slimah pada naik kafahhhh atau nunggu naek upah sorga MEMBUNUH KAFIRUN ...


merah : gimana Budha dan Hindu menjelaskan wujud Tuhan mereka masing2 dalam konteks roh
silahkan jelaskan dari sudut pandang Budha dan Hindu ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 31, 2015 6:04 am

@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:Tubuh adalah unsur lahiriah manusia, unsur daging yang dapat dilihat, didengar, disentuh, dan sebagainya.

Jiwa adalah unsur batiniah manusia yang tidak dapat dilihat. Jiwa manusia meliputi beberapa unsur, pikiran, emosi (perasaaan) dan kehendak. Dengan pikirannya, manusia dapat berpikir, Dengan perasaannya manusia dapat mengasihi dan dengan kehendaknya, manusia dapat memilih.

Roh adalah prinsip kehidupan manusia. Roh adalah nafas yang dihembuskan oleh Allah ke dalam manusia dan kembali kepada Allah, kesatuan spiritual dalam manusia. Roh adalah sifat alami manusia yang 'immaterial' yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan Allah, yang juga adalah Roh.

Tubuh : ok

Jiwa : unsur batiniah itu apa sih maksudnya ??

Roh : nafas yang dihembuskan Allah itu gimana sih maksudnya ??
underline : apa maksud "roh memungkinkan manusia berkomukasi dengan Allah yang juga roh"
underline merah : Roh Allah itu maksudnya gimana ??  

jadi maksud mas wedi ... ketika manusia sedang komunikasi dengan Allah
itu artinya roh sedang komukasi dengan roh ??

- sip
- unsur-unsurnya kan sudah disebutin
- nafas maknanya kehidupan; karena Allah adalah Roh maka pada hakikatnya komunikasi kita dengan-Nya adalah secara rohani; roh kitalah yang berkomunikasi dan mengenal Roh Allah; Roh Allah ya Roh Allah, roh kita roh manusia
- poin 3

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by ngayarana on Tue Mar 31, 2015 5:02 pm

@SW....
Saya ingin coba menyimpulkan keterangan kamu, tapi kok saya liat ada kontradiksi antara 1 keterangan dengan keterangan lain.....?
saya ambil contoh :
pada Pos #97 kamu mengatakan:

Roh merupakan salah satu dari 3 aspek dalam diri kita selain tubuh dan jiwa. Roh adalah bagian dari diri kita yang paling dalam, bagian yang mempunyai potensi untuk memahami dan berhubungan dengan Allah. Allah menciptakan manusia dengan memberikan tiga unsur utama ini di dalam diri manusia.

Tubuh/raga (dijadika dari tanah liat), jiwa (ialah kehidupannya/nyawa), sedang roh (yang dapat merasa, mendengar, melihat, memikirkan dsb.) 1 Tesalonika 5:23; Kejadian 2:17; Bilangan 16:22.

Jiwa terdiri dari emosi, kehendak, dan pikiran kita. Tubuh semua orang mengetahui apa yang dimaksud dengan tubuh. Kita berbeda degan binatang karena kita dalah makhluk yang memiliki roh. Binatang memiliki jiwa, walaupun tidak semaju sebagaimana jiwa manusia. Tentu saja binatang mempunyai emosi, kehendak, dan akal budi yang berbeda tingkatannya. Manusia adalah makhluk yang memiliki roh, yang mampu mengenal Allah.
anda mengatakan pada yang biru, manuasia terdiri dari 3 unsur yang seperti kamu terangkan di atas (biru)

Manusia berbeda dengan Binatang, karena binatang hanya memiliki jiwa, tapi tidak memiliki Roh (merah)

Tapi dalam kesempatan lain kamu bicara juga roh, dengan pengertian berikut:
Pos #110
Para penulis Alkitab menggunakan kata Ibrani ruʹakh atau kata Yunani pneuʹma sewaktu menulis tentang ”roh”. Alkitab sendiri menunjukkan arti kata-kata itu. Misalnya, Mazmur 104:29 mengatakan, ”Apabila Engkau [Yehuwa] mengambil roh [ruʹakh] mereka, mereka mati, dan mereka kembali kepada debu.” Dan, dalam Yakobus 2:26 dikatakan bahwa ”tubuh tanpa roh [pneuʹma] adalah mati”. Maka, dalam ayat-ayat itu, ”roh” memaksudkan sesuatu yang memberikan kehidupan kepada tubuh. Tanpa roh, tubuh mati. Karena itu, dalam Alkitab kata ruʹakh tidak hanya diterjemahkan sebagai ”roh” tetapi juga sebagai ”tenaga”, atau ”daya kehidupan”. Misalnya, mengenai Air Bah pada zaman Nuh, Allah menyatakan, ”Aku akan mendatangkan air bah ke atas bumi untuk membinasakan dari bawah langit semua makhluk yang memiliki daya [ruʹakh] kehidupan yang aktif.” (Kejadian 6:17; 7:15, 22) Jadi, ”roh” memaksudkan daya yang tidak kelihatan (pancaran kehidupan) yang memberikan kehidupan kepada semua makhluk hidup.
Disini kamu mendefinisikan Roh dengan Daya hidup atau tenaga, dan semua makhluk memiliki Roh itu (daya hidup atau tenaga) itu (ungu), dan di pertegas dengan Bold

Coba kamu bandingkan, satu sisi Binatang tidak mempunyai Roh , tapi di sisi lain anda bilang seluruh makhluk hidup mempunyai Roh

Jadi mana sebenarnya yang benar menurut Bibel....?

Satu lagi.....

Pos #101

malaikat dan iblis itu roh
Allah juga adalah ROH
Lalu apa bedanya Malaikat, Iblis dan Allah, kalo sama sama Roh....?
apa tulisannya doang yang beda....? ehmm
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by dee-nee on Wed Apr 01, 2015 4:39 am

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:Tubuh adalah unsur lahiriah manusia, unsur daging yang dapat dilihat, didengar, disentuh, dan sebagainya.

Jiwa adalah unsur batiniah manusia yang tidak dapat dilihat. Jiwa manusia meliputi beberapa unsur, pikiran, emosi (perasaaan) dan kehendak. Dengan pikirannya, manusia dapat berpikir, Dengan perasaannya manusia dapat mengasihi dan dengan kehendaknya, manusia dapat memilih.

Roh adalah prinsip kehidupan manusia. Roh adalah nafas yang dihembuskan oleh Allah ke dalam manusia dan kembali kepada Allah, kesatuan spiritual dalam manusia. Roh adalah sifat alami manusia yang 'immaterial' yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan Allah, yang juga adalah Roh.

Tubuh : ok

Jiwa : unsur batiniah itu apa sih maksudnya ??

Roh : nafas yang dihembuskan Allah itu gimana sih maksudnya ??
underline : apa maksud "roh memungkinkan manusia berkomukasi dengan Allah yang juga roh"
underline merah : Roh Allah itu maksudnya gimana ??  

jadi maksud mas wedi ... ketika manusia sedang komunikasi dengan Allah
itu artinya roh sedang komukasi dengan roh ??

- sip
1. unsur-unsurnya kan sudah disebutin
2. nafas maknanya kehidupan; karena Allah adalah Roh maka pada hakikatnya komunikasi kita dengan-Nya adalah secara rohani; roh kitalah yang berkomunikasi dan mengenal Roh Allah; Roh Allah ya Roh Allah, roh kita roh manusia
3. poin 3

1. jadi jiwa/batiniah = pikiran, emosi (perasaaan) dan kehendak ...... lalu roh termasuk dalam unsur batiniah ga ??

2. balik ke pertanyaan saya sebelumnya : nafas yang dihembuskan Allah itu gimana sih maksudnya ??

kata mas wedi : nafas = kehidupan ... artinya roh=nafas=kehidupan
kata mas wedi juga : Allah adalah Roh (artinya Allah = nafas = kehidupan)

>>> jadi .... sesuai kalimat underline hijau

maka pemahamannya menjadi : "roh/nafas/kehidupan dihembuskan oleh Allah (roh/nafas/kehidupan) ke dalam manusia dan kembali kepada Allah (roh/nafas/kehidupan)"

>>> nah ini prosesnya gimana ?? realnya seperti apa yang disebut dengan "kehidupan dihembuskan oleh kehidupan ... nafas dihembuskan oleh nafas" ?? (italic underline)

- roh=nafas=kehidupan >>> balik ke pertanyaan yang merah .... roh=nafas=kehidupan termasuk unsur batiniah ga ??

- lalu nafas disini sama atau tidak dengan manusia yang bernafas dengan paru2 ??

biru : komunikasi secara rohani itu maksudnya gimana ?? >>> sebelumnya disebut roh=nafas=kehidupan ... Allah juga disebut roh=nafas=kehidupan >>> jadi apa yang dimaksud dengan "roh=nafas=kehidupan  yang berkomunikasi dengan roh=nafas=kehidupan " ??

3. belum clear sebelum no 2 juga clear

pertanyaan saya adalah yang warna ungu ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 01, 2015 7:10 am

@ngayarana wrote:@SW....
Saya ingin coba menyimpulkan keterangan kamu, tapi kok saya liat ada kontradiksi antara 1 keterangan dengan keterangan lain.....?
saya ambil contoh :
pada Pos #97 kamu mengatakan:

Roh merupakan salah satu dari 3 aspek dalam diri kita selain tubuh dan jiwa. Roh adalah bagian dari diri kita yang paling dalam, bagian yang mempunyai potensi untuk memahami dan berhubungan dengan Allah. Allah menciptakan manusia dengan memberikan tiga unsur utama ini di dalam diri manusia.

Tubuh/raga (dijadika dari tanah liat), jiwa (ialah kehidupannya/nyawa), sedang roh (yang dapat merasa, mendengar, melihat, memikirkan dsb.) 1 Tesalonika 5:23; Kejadian 2:17; Bilangan 16:22.

Jiwa terdiri dari emosi, kehendak, dan pikiran kita. Tubuh semua orang mengetahui apa yang dimaksud dengan tubuh. Kita berbeda degan binatang karena kita dalah makhluk yang memiliki roh. Binatang memiliki jiwa, walaupun tidak semaju sebagaimana jiwa manusia. Tentu saja binatang mempunyai emosi, kehendak, dan akal budi yang berbeda tingkatannya. Manusia adalah makhluk yang memiliki roh, yang mampu mengenal Allah.
anda mengatakan pada yang biru, manuasia terdiri dari 3 unsur yang seperti kamu terangkan di atas (biru)

Manusia berbeda dengan Binatang, karena binatang hanya memiliki jiwa, tapi tidak memiliki Roh (merah)

Tapi dalam kesempatan lain kamu bicara juga roh, dengan pengertian berikut:
Pos #110
Para penulis Alkitab menggunakan kata Ibrani ruʹakh atau kata Yunani pneuʹma sewaktu menulis tentang ”roh”. Alkitab sendiri menunjukkan arti kata-kata itu. Misalnya, Mazmur 104:29 mengatakan, ”Apabila Engkau [Yehuwa] mengambil roh [ruʹakh] mereka, mereka mati, dan mereka kembali kepada debu.” Dan, dalam Yakobus 2:26 dikatakan bahwa ”tubuh tanpa roh [pneuʹma] adalah mati”. Maka, dalam ayat-ayat itu, ”roh” memaksudkan sesuatu yang memberikan kehidupan kepada tubuh. Tanpa roh, tubuh mati. Karena itu, dalam Alkitab kata ruʹakh tidak hanya diterjemahkan sebagai ”roh” tetapi juga sebagai ”tenaga”, atau ”daya kehidupan”. Misalnya, mengenai Air Bah pada zaman Nuh, Allah menyatakan, ”Aku akan mendatangkan air bah ke atas bumi untuk membinasakan dari bawah langit semua makhluk yang memiliki daya [ruʹakh] kehidupan yang aktif.” (Kejadian 6:17; 7:15, 22) Jadi, ”roh” memaksudkan daya yang tidak kelihatan (pancaran kehidupan) yang memberikan kehidupan kepada semua makhluk hidup.
Disini kamu mendefinisikan Roh dengan Daya hidup atau tenaga, dan semua makhluk memiliki Roh itu (daya hidup atau tenaga) itu (ungu), dan di pertegas dengan Bold

Coba kamu bandingkan, satu sisi Binatang tidak mempunyai Roh , tapi di sisi lain anda bilang seluruh makhluk hidup mempunyai Roh

Jadi mana sebenarnya yang benar menurut Bibel....?

Satu lagi.....

Pos #101

malaikat dan iblis itu roh
Allah juga adalah ROH
Lalu apa bedanya Malaikat, Iblis dan Allah, kalo sama sama Roh....?
apa tulisannya doang yang beda....? ehmm

dalam konteks roh sebagai daya kehidupan, semua mahluk punya
tetapi roh dalam konteks pemahaman dan pengenalan akan Allah, hanya manusia yang punya
artinya roh (dan jiwa) pada binatang tidak semaju/sesempurna roh manusia..

Roh Allah
roh setan/iblis/malaikat
roh manusia ngayarana

semua itu roh, tapi bukan roh yang sama

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 01, 2015 7:23 am

@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:Tubuh adalah unsur lahiriah manusia, unsur daging yang dapat dilihat, didengar, disentuh, dan sebagainya.

Jiwa adalah unsur batiniah manusia yang tidak dapat dilihat. Jiwa manusia meliputi beberapa unsur, pikiran, emosi (perasaaan) dan kehendak. Dengan pikirannya, manusia dapat berpikir, Dengan perasaannya manusia dapat mengasihi dan dengan kehendaknya, manusia dapat memilih.

Roh adalah prinsip kehidupan manusia. Roh adalah nafas yang dihembuskan oleh Allah ke dalam manusia dan kembali kepada Allah, kesatuan spiritual dalam manusia. Roh adalah sifat alami manusia yang 'immaterial' yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan Allah, yang juga adalah Roh.

Tubuh : ok

Jiwa : unsur batiniah itu apa sih maksudnya ??

Roh : nafas yang dihembuskan Allah itu gimana sih maksudnya ??
underline : apa maksud "roh memungkinkan manusia berkomukasi dengan Allah yang juga roh"
underline merah : Roh Allah itu maksudnya gimana ??  

jadi maksud mas wedi ... ketika manusia sedang komunikasi dengan Allah
itu artinya roh sedang komukasi dengan roh ??

- sip
1. unsur-unsurnya kan sudah disebutin
2. nafas maknanya kehidupan; karena Allah adalah Roh maka pada hakikatnya komunikasi kita dengan-Nya adalah secara rohani; roh kitalah yang berkomunikasi dan mengenal Roh Allah; Roh Allah ya Roh Allah, roh kita roh manusia
3. poin 3

1. jadi jiwa/batiniah = pikiran, emosi (perasaaan) dan kehendak ...... lalu roh termasuk dalam unsur batiniah ga ??

2. balik ke pertanyaan saya sebelumnya : nafas yang dihembuskan Allah itu gimana sih maksudnya ??

kata mas wedi : nafas = kehidupan ... artinya roh=nafas=kehidupan
kata mas wedi juga : Allah adalah Roh (artinya Allah = nafas = kehidupan)

>>> jadi .... sesuai kalimat underline hijau

maka pemahamannya menjadi : "roh/nafas/kehidupan dihembuskan oleh Allah (roh/nafas/kehidupan) ke dalam manusia dan kembali kepada Allah (roh/nafas/kehidupan)"

>>> nah ini prosesnya gimana ?? realnya seperti apa yang disebut dengan "kehidupan dihembuskan oleh kehidupan ... nafas dihembuskan oleh nafas" ?? (italic underline)

- roh=nafas=kehidupan >>> balik ke pertanyaan yang merah .... roh=nafas=kehidupan termasuk unsur batiniah ga ??

- lalu nafas disini sama atau tidak dengan manusia yang bernafas dengan paru2 ??

biru : komunikasi secara rohani itu maksudnya gimana ?? >>> sebelumnya disebut roh=nafas=kehidupan ... Allah juga disebut roh=nafas=kehidupan >>> jadi apa yang dimaksud dengan "roh=nafas=kehidupan  yang berkomunikasi dengan roh=nafas=kehidupan " ??

3. belum clear sebelum no 2 juga clear

pertanyaan saya adalah yang warna ungu ...

1. yang batiniah itu jiwa, roh unsur selain jiwa dan raga
2. nafas dan dihembuskan jangan diartikan harfiah, kek kita bernafas/menghembuskan nafas, intinya: kehidupan itu berasal dari Allah; teknisnya gimana saya gak tahu.. tapi kalau Allah bilang jadi, pasti jadi.. Allah bilang hidup, pasti hidup..
komunikasi secara rohani ya roh kita yang berdialog dengan (Roh) Allah, bahkan mungkin tanpa kita ucapkan apalagi pakai gerakan-gerakan fisik tubuh tertentu...
3. coba aja dipahami esensinya; kalau soal terminologi kadang terbatas; kecuali kalu niatnya cuman muter-muter

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Wed Apr 01, 2015 11:53 am

bukan niat muter2 tapi karena bibel gak bisa kasi penjelasan PASTI..maka jadilah "roh" itu berdasarkan pemahaman dari struktur kalimat..

yang gak pasti PASTI ruwet..kalo uda ruwet PASTI buntu..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by dee-nee on Thu Apr 02, 2015 10:55 am

@SEGOROWEDI wrote:
1. yang batiniah itu jiwa, roh unsur selain jiwa dan raga
2. nafas dan dihembuskan jangan diartikan harfiah, kek kita bernafas/menghembuskan nafas, intinya: kehidupan itu berasal dari Allah; teknisnya gimana saya gak tahu.. tapi kalau Allah bilang jadi, pasti jadi.. Allah bilang hidup, pasti hidup..
komunikasi secara rohani ya roh kita yang berdialog dengan (Roh) Allah, bahkan mungkin tanpa kita ucapkan apalagi pakai gerakan-gerakan fisik tubuh tertentu...
3. coba aja dipahami esensinya; kalau soal terminologi kadang terbatas; kecuali kalu niatnya cuman muter-muter

1. pertanyaan saya ... roh=nafas=kehidupan termasuk unsur batiniah atau tidak ?? ... YA atau TIDAK

2. jawaban mas wedi yang merah itu sebetulnya sudah terjawab dalam ayat

Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit" (QS 17:85)

apa menurut mas wedi ... Allah juga tidak tahu bagaimana teknisnya ketika Allah menghembuskan/meniupkan ruh-Nya ?? ....
toh buktinya pengetahuan mas wedi tentang ruh memang hanya sedikit ... selebihnya adalah pengetahuan yang mutlak hanya milik Allah  

belum lagi kalau saya tanya yang underline dibawahnya
>>> saya tanya "komunikasi secara rohani itu maksudnya gimana ??" >>> mas wedi jawab roh kita berdialog dengan roh Allah bahkan mungkin tanpa kita ucapkan apalagi pakai gerakan-gerakan fisik tubuh

>>> sebetulnya antara manusia dan manusia pun kadang ada yang disebut ikatan batin antara saudara kembar (misalnya) ... antara ibu dan anak dsb ... mereka pun komunikasi tanpa ucapan dan gerakan >>> apakah ini disebut komunikasi secara rohani juga ??

3. dan dengan jawaban mas wedi yang TERBATAS dan seadanya seperti itu ... mas wedi tetap menolak kalimat yang tertulis dalam (QS 17:85)

Apalagi yang bisa mas wedi lakukan coba ... selain bermodal kalimat "pahami aja esensinya ... jangan muter2"

>>> lah esensi apa ?? wong saya memang ga ngerti maksudnya kok ... jelaskan saja kalau memang mampu
faktanya ... ketika saya tanya "prosesnya gimana ?? realnya seperti apa" >>> mas wedi stuck dengan kalimat "teknisnya gimana saya gak tahu" dan "terminologi [u]kadang terbatas"

apa mungkin Muhammad menjawab pertanyaan Quraisy seperti mas wedi ?? >>>
Quraisy : Hey Muhammad ... apa yang kau ketahui tentang ruh ??
Jawab Muhammad : Teknisnya saya ga tau ... udah pahami aja esensinya ... ga usah muter2 ... soal terminologi kan kadang terbatas

-----------------------------

balik ke link http://www.laskarislam.com/t9026p150-siapakah-sosok-zul-qarnayn-dimaksud-dalam-alquran-qs-18-83-98 post #228
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by bukajalan on Sat Apr 04, 2015 8:38 am

koq #13 di doeleteh oepenyeh yoeng soeleh ?

klo maksud TS ini mengapologikan konsep ROH yang buntu (urusan alloh swt) atas jawaban muhammad saw terhadap pertanyaan kaum yahudi, tentu mbah jenggot harus bisa brfikir latar kebelakang pandangan agama Yahudi/Abrahamik/Samawi tentang “KONSEP ROH”, mengapa ?
sebab kaum yahudi penganut kepercayaan yahudi/Abrahamik/Samawi mereka tahu betul apa itu “KONSEP ROH” dalam pandangan agama Yahudi/Abrahamik/Samawi. Seiring dengan datangnya kepercayaan baru dari Arab Saudi yg mengklaim keturunan Abraham/ismail membawa/menganut kepercayaan Abraham, Ismail dan nabi2 sebelumnya, maka brasalasan penganut Abrahamik/Samawi yag sudah ada duluan (yahudi) MEMBANDINGKAN/MENGETES sejauh mana pengetahuan “KONSEP ROH”, dalam pandangan nabi/agama baru dari Arab Saudi yang mengklaim dirinya/mereka serumpun dgn kepercayaan Abrahamik/Samawi

pengetahuan/PANDANGAN “KONSEP ROH” dalam Alkitab PL/PB SEJALAN dengan pandangan agama Abrahamik/Samawi dan nabi2 seblumnya sesuai judul ts mabah jenggot

Alquran ? ...



bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by bukajalan on Sat Apr 04, 2015 9:19 am

@abu hanan wrote:bukan niat muter2 tapi karena bibel gak bisa kasi penjelasan PASTI..maka jadilah "roh" itu berdasarkan pemahaman dari struktur kalimat..

yang gak pasti PASTI ruwet..kalo uda ruwet PASTI buntu..
menurut Alkitab
Roh Tuhan itu ditiupkan/diberikan dengan cuma-cuma ke mbah abu agar bisa hidup
kalau pemahaman ditiupkan sebatas 02 kami maklumi batasan elmo kitab versi arab saudi

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Sat Apr 04, 2015 10:16 am

jalan..
Roh Tuhan itu ditiupkan/diberikan
dengan cuma-cuma ke mbah abu agar
bisa hidup
kalow bibel bilang BELI pun,sayah tanya juga "berapa harga roh tuhan?"
lumayan..diobral di tanah abang pasti laku keras..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 11 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik