FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Ruh,dalam pandangan Bibel

Halaman 8 dari 11 Previous  1, 2, 3 ... 7, 8, 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Fri Nov 02, 2012 10:19 am

First topic message reminder :

sayah ingin bertanya tentang ruh menurut bibel...karena al quran uda menyatakan : ruh adalah urusan tuhan.

pertanyaan sayah;
1.dimana ruh manusia sebelum diijinkan masuk ke jasad/daging?

2.satu itu dulu aja deh....

3.yah sementara cuman itu...

4.segala sampah bakal sayah deleted gak pake konfirmasi....sayah harap jawaban adalah berdasarkan bibel..bukan yang lain...keputusan gereja/pendapat pemuka agama kristen juga boleh..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down


Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by bukajalan on Mon Apr 06, 2015 12:51 pm

yg mana ?
Tuhan menghukum ada alasannya, menghukum pengikut iblis (roh) menurut waktu yg ditetapkan-Nya sendiri
ada peristiwa sodom & gomora
hari kiyamat
semua ditunggangbalikkan dgn api, tentu ada alasannya cuma satu krn pengikut iblis (roh)
krn si pengikut iblis (roh) itu : ngawini anak 6 taon, nyuruh membunuh, ngerampok, rampas istri anaknya sendiri, peristri tantenya sendiri, nyembah batu dll, maka Tuhan menghukum dgn cara yang sama atau dgn cara Tuhan (roh) sendiri
kamu mau protes ?


Terakhir diubah oleh bukajalan tanggal Mon Apr 06, 2015 1:08 pm, total 1 kali diubah

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Mon Apr 06, 2015 1:04 pm

cari ajah di perjanjian lama..moso disuapin?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by bukajalan on Mon Apr 06, 2015 1:09 pm

udah dijawab di atas, edited

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by ngayarana on Mon Apr 06, 2015 1:53 pm

@bukajalan....
Bisa bantu jawab pertanyaan saya bila memang bibel gak buntu tentang Roh...
Jujur saya belum puas atas jawaban sejawat anda.....
http://www.laskarislam.com/t4098p100-ruhdalam-pandangan-bibel#161665
@ngayarana wrote:@SW....
Saya ingin coba menyimpulkan keterangan kamu, tapi kok saya liat ada kontradiksi antara 1 keterangan dengan keterangan lain.....?
saya ambil contoh :
pada Pos #97 kamu mengatakan:

Roh merupakan salah satu dari 3 aspek dalam diri kita selain tubuh dan jiwa. Roh adalah bagian dari diri kita yang paling dalam, bagian yang mempunyai potensi untuk memahami dan berhubungan dengan Allah. Allah menciptakan manusia dengan memberikan tiga unsur utama ini di dalam diri manusia.

Tubuh/raga (dijadika dari tanah liat), jiwa (ialah kehidupannya/nyawa), sedang roh (yang dapat merasa, mendengar, melihat, memikirkan dsb.) 1 Tesalonika 5:23; Kejadian 2:17; Bilangan 16:22.

Jiwa terdiri dari emosi, kehendak, dan pikiran kita. Tubuh semua orang mengetahui apa yang dimaksud dengan tubuh. Kita berbeda degan binatang karena kita dalah makhluk yang memiliki roh. Binatang memiliki jiwa, walaupun tidak semaju sebagaimana jiwa manusia. Tentu saja binatang mempunyai emosi, kehendak, dan akal budi yang berbeda tingkatannya. Manusia adalah makhluk yang memiliki roh, yang mampu mengenal Allah.
anda mengatakan pada yang biru, manuasia terdiri dari 3 unsur yang seperti kamu terangkan di atas (biru)

Manusia berbeda dengan Binatang, karena binatang hanya memiliki jiwa, tapi tidak memiliki Roh (merah)

Tapi dalam kesempatan lain kamu bicara juga roh, dengan pengertian berikut:
Pos #110
Para penulis Alkitab menggunakan kata Ibrani ruʹakh atau kata Yunani pneuʹma sewaktu menulis tentang ”roh”. Alkitab sendiri menunjukkan arti kata-kata itu. Misalnya, Mazmur 104:29 mengatakan, ”Apabila Engkau [Yehuwa] mengambil roh [ruʹakh] mereka, mereka mati, dan mereka kembali kepada debu.” Dan, dalam Yakobus 2:26 dikatakan bahwa ”tubuh tanpa roh [pneuʹma] adalah mati”. Maka, dalam ayat-ayat itu, ”roh” memaksudkan sesuatu yang memberikan kehidupan kepada tubuh. Tanpa roh, tubuh mati. Karena itu, dalam Alkitab kata ruʹakh tidak hanya diterjemahkan sebagai ”roh” tetapi juga sebagai ”tenaga”, atau ”daya kehidupan”. Misalnya, mengenai Air Bah pada zaman Nuh, Allah menyatakan, ”Aku akan mendatangkan air bah ke atas bumi untuk membinasakan dari bawah langit semua makhluk yang memiliki daya [ruʹakh] kehidupan yang aktif.” (Kejadian 6:17; 7:15, 22) Jadi, ”roh” memaksudkan daya yang tidak kelihatan (pancaran kehidupan) yang memberikan kehidupan kepada semua makhluk hidup.
Disini kamu mendefinisikan Roh dengan Daya hidup atau tenaga, dan semua makhluk memiliki Roh itu (daya hidup atau tenaga) itu (ungu), dan di pertegas dengan Bold

Coba kamu bandingkan, satu sisi Binatang tidak mempunyai Roh , tapi di sisi lain anda bilang seluruh makhluk hidup mempunyai Roh

Jadi mana sebenarnya yang benar menurut Bibel....?

Satu lagi.....

Pos #101

malaikat dan iblis itu roh
Allah juga adalah ROH
Lalu apa bedanya Malaikat, Iblis dan Allah, kalo sama sama Roh....?
apa tulisannya doang yang beda....? ehmm
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by bukajalan on Mon Apr 06, 2015 3:07 pm

yg saya tampilkan ini udah2 diulang2 oleh pk SW
Allah (roh) adalah ROH KUDUS
malaikat (roh) suruhan ROH KUDUS
iblis (roh) musuh/penentang ROH KUDUS
anda (roh anda), tinggal milih mau ikut ROH KUDUS atau iblis (roh)


bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by ngayarana on Mon Apr 06, 2015 4:40 pm

Ya berarti gak ada bedanya Toh....
Allah, Malaikat, Iblis dan Saya.....
Sama sama Punya Roh.....

Jadi roh itu Apa......?
Dan sampai sekarang gak bisa jawabkan....?, anda buka Jalan, cuma yang anda buka Jalan Buntu Juga....

Dan pertanyaan tentang Hewan bagaimana...?, apa mereka punya Roh atau Tidak...?
Kok gak disentuh...?
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by bukajalan on Mon Apr 06, 2015 4:49 pm

definisi roh ?, tergantung roh itu punya siapa

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by ngayarana on Mon Apr 06, 2015 5:05 pm

Ya jelaskan saja Definisi masing masing kepunyaannya itu, kalo memang Bibel gak Buntu.....

Oh Iya pertanyaan pertama, masih belum di sentuh Tuh...... ketiwi
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by bukajalan on Mon Apr 06, 2015 5:41 pm

#180
pertanyaan pertamamu back to postingan2 sblmnya

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by frontline defender on Mon Apr 06, 2015 7:59 pm

@bukajalan wrote:"seperti" burung merpati VS "roh burung merpati", jumplaitan kan ?
dan jangan ummi seperti junjunganmu menganggap burung merpati adalah roh
kamu tahu yang gw komplain itu pernyataanmu bahwa yang namanya roh menurut Alkitab itu definisinya jelas yaitu hanya dapat terlihat kalau termanifestasi dalam wujud daging, jadi mau persis plek kek burung merpati ataupun cuman agak mirip doank, tetep aja ayat itu membantah pernyataanmu dengan menyatakan bahwa yang namanya roh menurut Alkitab itu definisinya nggak jelas terserah wartawannya yang ngomong karena dalam ayat tsb penampakan mirip burung merpati pun nyatanya juga dibilang roh!

ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by bukajalan on Mon Apr 06, 2015 8:01 pm

"seperti" ...

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by bukajalan on Mon Apr 06, 2015 8:04 pm

Tuhan itu wujudnya roh
Tuhan nyiptain bumi & isinya
asal ente jangan bilang Tuhan (roh) itu bumi & isinya

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by frontline defender on Mon Apr 06, 2015 8:52 pm

@bukajalan wrote:"seperti" ...
mau seperti/persis plek/beda tipis, tetep aja yang kliatan kek gitu wujud roh nya, sehingga dengan demikian tetep aja definisi roh menurut Alkitab itu nggak jelas/terserah wartawannya/nggak lebih bener dari jawabannya Nabi Muhammad dalam kisah ujian kenabian dari Yahudi berpikiran nggak logis!

ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by Syalom aleykhem on Mon Apr 06, 2015 8:56 pm

menurut Alkitab Allah itu Roh Kudus

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 24
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by ngayarana on Tue Apr 07, 2015 10:07 am

@bukajalan wrote:#180
pertanyaan pertamamu back to postingan2 sblmnya
Tetap tidak bisa memberikan jawaban apa apa....
Ruh.., dalam Pandangan Bible ternyata Buntu......
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by Syalom aleykhem on Tue Apr 07, 2015 7:34 pm

menurut Alkitab Allah itu Roh Kudus

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 24
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by Syalom aleykhem on Tue Apr 07, 2015 9:13 pm

SEKILAS PANDANG ...

Trikhotomi adalah pandangan bahwa natur manusia terdiri dari tiga bagian, yaitu tubuh, jiwa dan roh. Pandangan ini berdasarkan pada pengertian bahwa, Allah menciptakan manusia, dengan memberikan tiga unsur utama di dalam diri manusia yaitu tubuh, jiwa dan roh

Tubuh
adalah unsur lahiriah manusia, unsur daging yang dapat dilihat, didengar, disentuh, dan sebagainya.

Jiwa
adalah unsur batiniah manusia yang tidak dapat dilihat. Jiwa manusia meliputi beberapa unsur, pikiran, emosi (perasaaan) dan kehendak. Dengan pikirannya, manusia dapat berpikir, Dengan perasaannya manusia dapat mengasihi dan dengan kehendaknya, manusia dapat memilih.

Roh
adalah prinsip kehidupan manusia. Roh adalah nafas yang dihembuskan oleh Allah ke dalam manusia dan kembali kepada Allah, kesatuan spiritual dalam manusia. Roh adalah sifat alami manusia yang 'immaterial' yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan Allah, yang juga adalah Roh.

di bawah ini ayat yang mengandung "trikhotomi" dan dipakai sebagai "dasar pengertian trikhotomi dalam Alkitab" :

1 Tesalonika 5:23
Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Ibrani 4:12
Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam daripada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum,; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Hanya ada satu ayat Perjanjian Lama yang memuat kata Ibrani בשר - BASAR (tubuh), נפש - NEFESY (jiwa), dan רוח - RÛAKH (roh), tetapi tidak menyatakan bahwa susunan/ struktur manusia itu terdiri atas tiga unsur ini :

Ayub 12:10
bahwa di dalam tangan-Nya terletak nyawa (NEFESY) segala yang hidup dan nafas (RUAKH) setiap manusia (BASAR)?

...

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 24
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by Cain2nd on Tue Apr 07, 2015 9:14 pm

@Syalom aleykhem wrote:menurut Alkitab Allah itu Roh Kudus

Keknya s****t ga punya "ROH" bro, taunya dzat. Itu juga ga ngerti definisinya mreka.

Kek melempar mutiara kepada babi bro.
avatar
Cain2nd
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 16
Posts : 163
Kepercayaan : Lain-lain
Location : THE DEVIL's DEN
Join date : 13.01.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by Syalom aleykhem on Tue Apr 07, 2015 11:18 pm

@Cain2nd wrote:
@Syalom aleykhem wrote:menurut Alkitab Allah itu Roh Kudus

Keknya s****t ga punya "ROH" bro, taunya dzat. Itu juga ga ngerti definisinya mreka.

Kek melempar mutiara kepada babi bro.
biarkan babi menginjak2 bahkan memuntahkan
kembali ke iman masing-masing dengan bahasa KASIH

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 24
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by frontline defender on Wed Apr 08, 2015 5:41 am

@Syalom aleykhem wrote:menurut Alkitab Allah itu Roh Kudus
roh yang kelihatan secara material berwujud kek burung (kalau dipikir2 ngapain juga Tuhan butuh tubuh Yesus kalau RohNya aja udah kelihatan)? padahal katanya roh itu immaterial nggak bisa dilihat! jadi jelasnya itu gimana?

mana
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by Cain2nd on Wed Apr 08, 2015 5:07 pm

@Syalom aleykhem wrote:
@Cain2nd wrote:
@Syalom aleykhem wrote:menurut Alkitab Allah itu Roh Kudus

Keknya s****t ga punya "ROH" bro, taunya dzat. Itu juga ga ngerti definisinya mreka.

Kek melempar mutiara kepada babi bro.
biarkan babi menginjak2 bahkan memuntahkan
kembali ke iman masing-masing dengan bahasa KASIH

Yup bener bro, gapapa tuh mutiara di injak2 atau bahkan di muntahkan oleh babi, yang penting kita sudah berusaha dengan hati yang tulus bagaikan merpati pliss

sapa tau aja ada manusia yang tercampur di dalam kawanan babi itu bro. piss
avatar
Cain2nd
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 16
Posts : 163
Kepercayaan : Lain-lain
Location : THE DEVIL's DEN
Join date : 13.01.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by dee-nee on Thu Apr 09, 2015 7:13 am

wakakakakakaka ....
malah ngerumpi

ketawa guling ketawa guling
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by Syalom aleykhem on Fri Apr 10, 2015 8:44 am

@frontline defender wrote:
@Syalom aleykhem wrote:menurut Alkitab Allah itu Roh Kudus
roh yang kelihatan secara material berwujud kek burung (kalau dipikir2 ngapain juga Tuhan butuh tubuh Yesus kalau RohNya aja udah kelihatan)? padahal katanya roh itu immaterial nggak bisa dilihat! jadi jelasnya itu gimana?

mana
Roh Allah ('immaterial') berinkarnasi menjadi daging (material)

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 24
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by frontline defender on Fri Apr 10, 2015 2:23 pm

pas mewujud jadi mirip burung kan nggak berinkarnasi jadi daging! ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Fri Apr 10, 2015 2:35 pm

@abu hanan wrote:bukan niat muter2 tapi karena bibel gak bisa kasi penjelasan PASTI..maka jadilah "roh" itu berdasarkan pemahaman dari struktur kalimat..

yang gak pasti PASTI ruwet..kalo uda ruwet PASTI buntu..

penjelasan secara definisi? ya tentu tidak..
tetapi bisa dipahami apa itu tubuh, jiwa dan roh

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 8 dari 11 Previous  1, 2, 3 ... 7, 8, 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik