FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Ruh,dalam pandangan Bibel

Halaman 4 dari 11 Previous  1, 2, 3, 4, 5 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Fri Nov 02, 2012 10:19 am

First topic message reminder :

sayah ingin bertanya tentang ruh menurut bibel...karena al quran uda menyatakan : ruh adalah urusan tuhan.

pertanyaan sayah;
1.dimana ruh manusia sebelum diijinkan masuk ke jasad/daging?

2.satu itu dulu aja deh....

3.yah sementara cuman itu...

4.segala sampah bakal sayah deleted gak pake konfirmasi....sayah harap jawaban adalah berdasarkan bibel..bukan yang lain...keputusan gereja/pendapat pemuka agama kristen juga boleh..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down


Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Tue Apr 09, 2013 8:34 pm

setan dan malaikat adalah nyawa adalah pendapat penganut bibel atow pendapat pribadi?



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by ramayana on Tue Apr 09, 2013 8:48 pm

@abu hanan wrote:setan dan malaikat adalah nyawa adalah pendapat penganut bibel atow pendapat pribadi?

nyawa dan roh sama ga?
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by ucup on Tue Apr 09, 2013 11:23 pm

@ramayana wrote:
@abu hanan wrote:setan dan malaikat adalah nyawa adalah pendapat penganut bibel atow pendapat pribadi?

nyawa dan roh sama ga?
roh alah, roh yesus dan roh kudus itu sama ga?
apa roh kudus bisa diliat lewat mata manusia normal?
avatar
ucup
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 285
Kepercayaan : Islam
Join date : 27.10.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 17, 2013 11:33 am

@abu hanan wrote:setan dan malaikat adalah nyawa adalah pendapat penganut bibel atow pendapat pribadi?

lha mana tubuhnya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 17, 2013 11:35 am

@ucup wrote:
roh alah, roh yesus dan roh kudus itu sama ga?
apa roh kudus bisa diliat lewat mata manusia normal?

- sama
- tidak

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Wed Apr 17, 2013 12:54 pm

Mzm. 88:10 (88-11) Apakah Kaulakukan keajaiban bagi orang-orang mati? Masakan arwah bangkit untuk bersyukur kepada-Mu?

Yes. 26:1 dan bumi akan melahirkan arwah kembali.

arwah diayat diatas apakah sama dengan RUH/ROH?

roh manusia itu roh ciptaan!

Za. 12:1 Ucapan ilahi. Firman TUHAN tentang Israel: Demikianlah firman TUHAN yang membentangkan langit dan yang meletakkan dasar bumi dan yang menciptakan roh dalam diri manusia:
lha terus malaikat dan setan itu termasuk makhluk hidup atow mati?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 17, 2013 2:41 pm

@abu hanan wrote:Mzm. 88:10 (88-11) Apakah Kaulakukan keajaiban bagi orang-orang mati? Masakan arwah bangkit untuk bersyukur kepada-Mu?

Yes. 26:1 dan bumi akan melahirkan arwah kembali.

arwah diayat diatas apakah sama dengan RUH/ROH?

roh manusia itu roh ciptaan!

Za. 12:1 Ucapan ilahi. Firman TUHAN tentang Israel: Demikianlah firman TUHAN yang membentangkan langit dan yang meletakkan dasar bumi dan yang menciptakan roh dalam diri manusia:
lha terus malaikat dan setan itu termasuk makhluk hidup atow mati?

- arwah itu roh (ketika berada dalam tubuh)
- malaikat dan setan itu roh; (mahluk hidup/mati tergantung definisi 'mahluk' dan definisi 'hidup')

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Wed Apr 17, 2013 5:04 pm

1.makhluk hidup ; bisa merasakan dan berpikir dan punya kehendak/perencanaan..hewan dan tumbuhan gak termasuk kategori hidup di trit ini..

2.makhluk mati ; lawan dari atas.hewan dan flora ikut kategori ini..

nah..malaikat dan setan termasuk kategori 1 atow 2?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 18, 2013 7:28 am

@abu hanan wrote:1.makhluk hidup ; bisa merasakan dan berpikir dan punya kehendak/perencanaan..hewan dan tumbuhan gak termasuk kategori hidup di trit ini..

2.makhluk mati ; lawan dari atas.hewan dan flora ikut kategori ini..

nah..malaikat dan setan termasuk kategori 1 atow 2?

1. merasakan dengan indera apa? berpikir/berkehendak/beencana dengan organ apa?
2. definisi 'mati' apa?

klirkan 1 dan 2!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by ucup on Mon Apr 22, 2013 12:31 am

@SEGOROWEDI wrote:
@ucup wrote:
roh alah, roh yesus dan roh kudus itu sama ga?
apa roh kudus bisa diliat lewat mata manusia normal?

- sama
- tidak
trus penulis bibel mana yg pernah berjumpa roh kudus....??
avatar
ucup
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 285
Kepercayaan : Islam
Join date : 27.10.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 23, 2013 12:39 pm

@ucup wrote:
trus penulis bibel mana yg pernah berjumpa roh kudus....??

Rohnya ada di dalam tubuh Yesus

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by engkong on Mon Aug 05, 2013 6:38 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@ucup wrote:
trus penulis bibel mana yg pernah berjumpa roh kudus....??

Rohnya ada di dalam tubuh Yesus

wah..wah.... kesurupan donk klo gitu
avatar
engkong
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 150
Kepercayaan : Islam
Location : betawi
Join date : 03.08.13
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Thu Aug 08, 2013 2:29 pm

sundul naik..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by Paradise OK on Tue Mar 17, 2015 8:28 am

@engkong wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@ucup wrote:
trus penulis bibel mana yg pernah berjumpa roh kudus....??

Rohnya ada di dalam tubuh Yesus

wah..wah.... kesurupan donk klo gitu
tidak ada nabi/penulis alkitab manapun kesurupan ketika menerima Roh Allah
selain
seorang sosok ngaku2 nabi, yg pernah kesurupan nrima wahyu dri mahkluk di goa hira

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by Paradise OK on Tue Mar 17, 2015 8:46 am

Roh Kudus (dalam bahasa Ibrani רוּחַ הַקֹּדֶשׁ - RUAKH HAQODESY).
Alkitab menyebutnya Roh Kudus adalah Roh Allah, Roh Kebenaran, Roh Tuhan, Roh Yesus, Roh Penghibur. Roh Kudus juga dilambangkan dengan nafas, angin, merpati, Jari Allah, Api. Kepelbagaian lambang ini membantu untuk menerangkan indentitas dan kerja Roh.

Karen Allah itu Roh adanya :

Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam 'roh' dan kebenaran.

Pekerjaan Roh dalam penciptaan

Kejadian 1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air


Membentuk manusia :

Kejadian 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup

Mencerahkan langit :

Ayub 26:13 Oleh nafas-Nya langit menjadi cerah, tangan-Nya menembus ular yang tangkas.

Memelihara kehidupan binatang dan membaharui permukaan bumi :

Mazmur 104:30 Apabila Engkau mengirim roh-Mu, mereka tercipta, dan Engkau membaharui muka bumi.

Amsal 20:27 Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya



Pekerjaan Roh dalam mengilhami pada nabi

Yeremia 31:33
Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku

Yesaya
63:10 etapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka

63:11 Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka





Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 17, 2015 9:41 am


(soal ROH) inikah yang membuat muhammad gagal membuktikan dirinya nabi??
selain termakan pertanyaan jebakan 1 dan 2

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Sun Mar 29, 2015 2:52 am

secara tetap dan mutlak,apakah ruh itu?
gimana bentuk ruh?

siapa berani jawab?kalow cuman kiasan-simbolis mah wkwkwkwk ajah..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Sun Mar 29, 2015 8:27 am


Roh merupakan salah satu dari 3 aspek dalam diri kita selain tubuh dan jiwa. Roh adalah bagian dari diri kita yang paling dalam, bagian yang mempunyai potensi untuk memahami dan berhubungan dengan Allah. Allah menciptakan manusia dengan memberikan tiga unsur utama ini di dalam diri manusia.

Tubuh/raga (dijadika dari tanah liat), jiwa (ialah kehidupannya/nyawa), sedang roh (yang dapat merasa, mendengar, melihat, memikirkan dsb.) 1 Tesalonika 5:23; Kejadian 2:17; Bilangan 16:22.

Jiwa terdiri dari emosi, kehendak, dan pikiran kita. Tubuh semua orang mengetahui apa yang dimaksud dengan tubuh. Kita berbeda degan binatang karena kita dalah makhluk yang memiliki roh. Binatang memiliki jiwa, walaupun tidak semaju sebagaimana jiwa manusia. Tentu saja binatang mempunyai emosi, kehendak, dan akal budi yang berbeda tingkatannya. Manusia adalah makhluk yang memiliki roh, yang mampu mengenal Allah.

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by dee-nee on Sun Mar 29, 2015 11:17 am

@kristener :

ruh terbuat dari apa ??
nebeng mbah abu : gimana bentuk ruh?
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Sun Mar 29, 2015 12:49 pm


itu konep muhammad, nduk..
misalnya setan bahan bakunya api, dsb.

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Sun Mar 29, 2015 2:25 pm

@sw..
anda tulis "tubuh terbuat dari tanah" dengan berbasis bibel..
dan roh terbuat dari apa?(basis bibel)..sayah gak butuh kiasan simbolik bla bla wkwk seperti tulisanmu diatas..


pertanyaan sayah..
apakah ruh/roh itu?
ketika anak sd ditanya "apakah tempe itu?" tentu dijawab terbuat dari dan diproses dengan bla bla..

jadi gimana nih?
bisakah kalian jelaskan seperti menjelaskan tempe?

jangan ulang2 bahwa roh adalah nafas kehidupan..terkait esmosi dsb..itu gathukisme ajah..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Sun Mar 29, 2015 2:44 pm

@abu hanan wrote:@sw..
anda tulis "tubuh terbuat dari tanah" dengan berbasis bibel..
dan roh terbuat dari apa?(basis bibel)..sayah gak butuh kiasan simbolik bla bla wkwk seperti tulisanmu diatas..

pertanyaan sayah..
apakah ruh/roh itu?
ketika anak sd ditanya "apakah tempe itu?" tentu dijawab terbuat dari dan diproses dengan bla bla..

jadi gimana nih?
bisakah kalian jelaskan seperti menjelaskan tempe?

jangan ulang2 bahwa roh adalah nafas kehidupan..terkait esmosi dsb..itu gathukisme ajah..

tubuh terbuat dari 'tanah' karena fisikal/ragawi..
jiwa dan roh kan bukan fisikal, mosok terbuat dari apa?
dengan penjelasan tersebut silakan definisikan sendiri, apa itu roh
gak pernah kuliah pakai sistem kbk ya BU?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Sun Mar 29, 2015 4:20 pm

yah berarti bibel gak bisa jawab "apakah itu roh"..sejumlah penjelasan tentang roh hanyalah sejauh pengamatan manusia dari term "roh" pada kalimat..
tetapi roh secara mutlak?nihil..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by SEGOROWEDI on Sun Mar 29, 2015 4:32 pm


apa itu roh sidah dijawab di #93
kekeliruanmu adalah: memaksakan minta jawaban fisikal

coba konsepmu:
setan terbuat dari api, mana wujud setan???

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by abu hanan on Sun Mar 29, 2015 7:40 pm

lha karena bibel buntu..sayah gak minta jawaban fisik dari roh..tetapi kemutlakan bahwa bibel mampu menjawab apakah itu roh..

amarah juga gak ada wujud tetapi setan?
apakah setan juga punya roh?
apa kata bibel tentang bahan baku setan?

Mazmur 104:30 Apabila Engkau mengirim roh-Mu, mereka tercipta, dan Engkau membaharui muka bumi.

sw wrote:
jiwa=kehidupan/nyawa..

gimana korelasi antara term roh di mazmur dengan kehidupan/nyawa seperti penjelasan sw


tentu akan menjadi lebih rumit di imamat 20/27;
Apabila seorang laki - laki atau perempuan dirasuk arwah atau roh peramal..

berdasarkan imamat..
apa sih beda arwah dengan roh?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ruh,dalam pandangan Bibel

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 4 dari 11 Previous  1, 2, 3, 4, 5 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik