FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

sanad dan matan hadist

Halaman 6 dari 13 Previous  1, 2, 3 ... 5, 6, 7 ... 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

sanad dan matan hadist

Post by keroncong on Sat Nov 03, 2012 6:47 pm

First topic message reminder :

Sanad Hadis

Sanad atau thariq ialah jalan yang dapat menghubungkan matnul hadits kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw. Misalnya, seperti kata Al-Bukhari: "Telah memberitakan kepadaku Muhammad bin Al-Mutsanna, ujarnya: 'Abdul Wahhab ats-Tsaqafi telah mengabarkan kepadaku, ujarnya: 'Telah bercerita kepadaku Ayyub atas pemberitaan Abi Qilabah dari Anas dari Nabi Muhammad saw., sabdanya, 'Tiga perkara, yang barang siapa mengamalkannya, niscaya memperoleh kelezatan iman. Yakni, (1) Allah dan rasul-Nya hendaklah lebih dicintai daripada selainnya. (2) Kecintaannya kepada seseorang tidak lain karena Allah semata-mata, dan (3) keengganannya kembali kepada kekufuran, seperti keengganannya dicampakkan ke neraka'."

Maka, matnul hadits "stalasun" sampai dengan "an yuqdzafa finnar" diterima oleh Al-Bukhari melalui sanad pertama (Muhammad ibnul Mutsanna), sanad kedua (Abdul Wahhab ats-Tsaqafi), sanad ketiga (Ayyub), sanad keempat (Abi Qilabah) , dan seterusnya sampai sanad yang terakhir: Anas r.a., seorang sahabat yang langsung menerima sendiri dari Nabi Muhammad saw.

Dalam hal ini juga dapat dikatakan bahwa sabda Nabi tersebut disampaikan oleh sahabat Anas r.a. sebagai rawi pertama, kepada Abu Qilabah. Kemudian, Abu Qilabah sebagai rawi kedua menyampaikan kepada Ats-Tsaqafi, dan Ats-Tsaqafi sebagai rawi ketiga menyampaikan kepada Muhammad Ibnul Mutsanna, hingga sampai kepada Al-Bukhari sebagai rawi terakhir. Dengan demikian, Al-Bukhari itu menjadi sanad pertama dan rawi terakhir bagi kita.

Dalam bidang ilmu hadits, sanad itu merupakan neraca untuk menimbang sahih atau tidaknya suatu hadis. Andaikata salah seorang dalam sanad-sanad itu ada yang fasik atau yang tertuduh dusta, maka daiflah hadis itu, hingga tidak dapat dijadikan hujah untuk menetapkan suatu hukum

Matan (Matnul) Hadis

Yang disebut dengan matnul hadits ialah pembicaraan (kalam) atau materi berita yang diover oleh sanad yang terakhir, baik pembicaraan itu sabda Rasulullah saw., sahabat, ataupun tabi'in; baik isi pembicaraan itu tentang perbuatan Nabi maupun perbuatan sahabat yang tidak disanggah oleh Nabi. Misalnya, perkataan sahabat Anas bin Malik r.a., "Kami bersalat bersama-sama Rasulullah saw. pada waktu udara sangat panas. Apabila salah seorang dari kami tidak sanggup menekankan dahinya di atas tanah, maka ia bentangkan pakaiannya, lantas sujud di atasnya."

Perkataan sahabat yang menjelaskan perbuatan salah seorang sahabat yang tidak disanggah oleh Rasulullah saw. (Kunna sampai dengan fasajada 'alaihi) disebut matnul hadits.

Sumber: Diadaptasi dari Ikhtisar Mushthalahul Hadits, Drs. Fatchur Rahman


Terakhir diubah oleh keroncong tanggal Fri Apr 15, 2016 12:25 pm, total 1 kali diubah
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down


Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Mon Apr 04, 2016 9:00 pm

@SEGOROWEDI wrote:



makanya belajar statistik, cher..
99,3% itu bahkan dengan margin error 1% tetep  termasuk sampah
apalagi pakai margin error stsndard 5% masuk sampah busuk
Jumlah hadist yang lolos verifikasi cuma 0.07℅ itukan menunjukan ketatnya proses penyaringan tsb.... Sehingga dapat dipastikan sudah bebas dari sampah.

Coba bandingkan dengan kitab loe,  yang sama sekali ga diverifikasi....
Ternyata banyak ayat2 sisipan alias ayat palsu. Jumlahnya pun gak tanggung2.
Menurut penelitian para sarjana kristen yang dirangkum dalam buku five gospels...
Ternyata yang benar2 ucapan Yesus dalam alkitab (4 kitab kanon + Injil Thomas) jumlahnya hanya 18℅ !!!  Sisanya ga jelas..

https://www.google.co.id/url?url=http://kristolog.com/2014/01/17/the-five-gospel/&rct=j&sa=U&ved=0ahUKEwiWurS7se_LAhXTxY4KHXD-BbkQFggYMAA&sig2=VhfRkaT6kBR4Oi26IN5T-Q&q=injil+five+gospel&usg=AFQjCNF7yWaqDLn7-9VCjCrHLFSwLdBLbg


Dan sampai sekarang sampah yang jumlahnya 82℅  tersebut masih  tetap di telen oleh segor dan seukuwah nya.
Makan sampah koq dijadikan hobby.....wkwkwk

seketat apapun..
hanya pemisahan antara sampah dan sampah busuk
apalagi gagal uji verifikasi karena hanya pesan berantai 1 orang

alkitab punya manuskrip 50 ribuan
bisa diverifikasi n crosscek
Lha iya....setelah diverifikasi.... Ternyata yang asli ucapan Yesus cuma 18%,  sisanya yang 82%.ternyata bukan ucapan. Yesus alias sampah.  Dan faktanya sampai hari ini  sampah itu masih loe telen........
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Mon Apr 04, 2016 9:06 pm

udah gak usah OOT
alquran 10000% juga ucapan/produk mulut muhammad..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Mon Apr 04, 2016 9:34 pm

@SEGOROWEDI wrote:udah gak usah OOT
alquran 10000% juga ucapan/produk mulut muhammad..
Memang Al Qur'an 100% keluar dari mulut Muhammad SAW,  sangat sesuai dengan  ayat di bawah ini :
Ulangan 18: 18
seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Mon Apr 04, 2016 9:39 pm

makin oot bin ngawur..
dari antara 12 suku bangsa israel kok menggok ke kuresh

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Mon Apr 04, 2016 9:53 pm

Mana ada diantara 12 suku Israel yang seperti Musa...
Perang lawan bangsa ini dan itu, dan bertindak sebagai panglima perang.

Yang ada melankolis dan dianiaya sama umatnya sendiri.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Mon Apr 04, 2016 9:59 pm

kriteria sama seenak jidhat ala goa ya...
berhentilah oot, cher!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Mon Apr 04, 2016 10:08 pm

mana kisah sama disaksikan dan ditulus banyak sanator?
mosok cuman anas doang..
bagaimana kalau anas ngibul? atau namanya hanya dicatut para sanator

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Tue Apr 05, 2016 9:10 pm

Siapa bilang perawi nya Anas doank....

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عُبَيْدٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ رَبِيعَةَ عَنْ الْمُغِيرَةِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ نِيحَ عَلَيْهِ يُعَذَّبُ بِمَا نِيحَ عَلَيْهِ

artinya”Barang siapa yang sengaja berdusta atas namaku, maka tempat tinggalnya adalah neraka”.

Hadis ini diriwayatkan oleh lebih dari enam puluh dua sahabat dengan teks yang sama, bahkan menurut As-Syuyuti diriwayatkan lebih dari dua ratus sahabat.

https://www.google.co.id/url?url=https://ilmukamu.wordpress.com/2011/10/24/pembagian-hadist-dari-segi-kuantitas-perawinya/&rct=j&gcjeid=17&sa=U&ved=0ahUKEwjX4Ozi1PfLAhWNH44KHVfBA-4QFggZMAA&sig2=sa9HfFeLFoOJF7UYs6-dFg&q=hadist+yang+banyak+perawinya&usg=AFQjCNEH4IlFkSw7vfKJmbliK3NRmaFNUA
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 06, 2016 6:50 am

> 62 sahabat siapa saja dan mana hadis2nya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Wed Apr 06, 2016 9:07 am

Halah.!!..disebutin juga kamu ga bakal kenal.
Dengan keterangan seperti itu, pertanyaan kamu sdh terjawab.

Hadistnya kan sudah ada diatas...tapi kalo ga jelas, neh gue kasih lagi..

artinya”Barang siapa yang sengaja berdusta atas namaku, maka tempat tinggalnya adalah neraka”.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 06, 2016 9:09 am

coba tampilin 5 aja...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Wed Apr 06, 2016 9:14 am

Memangnya ada yang kamu kenal. ???
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 06, 2016 9:42 am

justeru aku minta kamu nunjukin..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Wed Apr 06, 2016 10:35 am

Nunjukin yang mana. ???
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 06, 2016 11:00 am


5 diantaranya..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Wed Apr 06, 2016 11:15 am

Sahabat MUHAMMAD SAW. ???
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 06, 2016 1:30 pm


namanya siapa? hadisnya kek apa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Wed Apr 06, 2016 5:42 pm

Para sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits:

1. Abu Hurairah radhiallahu anhu, beliau meriwayatkan 5374 hadits.
2. Aisyah radhiallahu anha, beliau meriwayatkan 2210 hadits.
3. Anas bin Malik radhiallahu anhu, beliau meriwayatkan 2286 hadits.
4. Abdullah bin Abbas radhiallahu anhu, beliau meriwayatkan 6160 hadits [1].
5. Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma, beliau meriwayatkan 2630 hadits.
6. Jabir bin Abdillah radhiallahu anhu, beliau meriwayatkan 1540 hadits.
7. Abu Said Al-Khudri radhiallahu anhu, beliau meriwayatkan 1170 hadits.
8. Abdullah bin Mas'ud radhiallahu anhu, beliau meriwayatkan 848 hadits.
9. Abdullah bin Amr bin Al-Ash radhiallahu anhuma, beliau meriwayatkan 700 hadits.

Gimana.....cukup jelas kan. ????
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Wed Apr 06, 2016 9:19 pm

dari semua produk Islam Yaitu : Alquran, Hadis, Sejarah Islam dll,  yang terSAHIH adalah hadis versi Imam Bukhari dengan akurasi 99,3 % PALSU, jika METODOLOGI SAHIH hadis versi Imam Bukhari diterapkan pada AlQuran, Hadis non Bukhari dan Sejarah Islam lainnya, adalah tidak mustahil memperoleh statistika kebenaran > 80 % PALSU ... temuan peninggalan arkeologi saat ini mulai mendukung teori error sejarah Islam > 53 % ... bukti yg mengejutkan adalah ditemukan manuskrip AlQuran berumur lebih tua K.l. 130 tahun sebelum Nabi Muhammad lahir , alasan tidak dipublikasikan secara luas krn *...........* akurasi pembacaan manuskrip radiokaktif > 90 % ... (informasi lengkap bisa di googling) .... kebanyakan di *......* karena alasan informasi menyesatkan .... SAYA SETUJU karena saya warga Indonesia yang TOLERAN, kebijakan pemirsa untuk menyaring informasi ini agar tidak tersesat.



YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Wed Apr 06, 2016 10:44 pm

@YADAH wrote:
dari semua produk Islam Yaitu : Alquran, Hadis, Sejarah Islam dll,  yang terSAHIH adalah hadis versi Imam Bukhari dengan akurasi 99,3 % PALSU, jika METODOLOGI SAHIH hadis versi Imam Bukhari diterapkan pada AlQuran, Hadis non Bukhari dan Sejarah Islam lainnya, adalah tidak mustahil memperoleh statistika kebenaran > 80 % PALSU ... temuan peninggalan arkeologi saat ini mulai mendukung teori error sejarah Islam > 53 % ... bukti yg mengejutkan adalah ditemukan manuskrip AlQuran berumur lebih tua K.l. 130 tahun sebelum Nabi Muhammad lahir , alasan tidak dipublikasikan secara luas krn *...........* akurasi pembacaan manuskrip radiokaktif > 90 % ... (informasi lengkap bisa di googling) .... kebanyakan di *......* karena alasan informasi menyesatkan .... SAYA SETUJU karena saya warga Indonesia yang TOLERAN, kebijakan pemirsa untuk menyaring informasi ini agar tidak tersesat.


Bisa dimengerti.....karena memahaminya pake dogma usang ala gereja, sementara logika disembunyikan di kolong meja.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Wed Apr 06, 2016 10:48 pm

@cherish wrote:
@YADAH wrote:
dari semua produk Islam Yaitu : Alquran, Hadis, Sejarah Islam dll,  yang terSAHIH adalah hadis versi Imam Bukhari dengan akurasi 99,3 % PALSU, jika METODOLOGI SAHIH hadis versi Imam Bukhari diterapkan pada AlQuran, Hadis non Bukhari dan Sejarah Islam lainnya, adalah tidak mustahil memperoleh statistika kebenaran > 80 % PALSU ... temuan peninggalan arkeologi saat ini mulai mendukung teori error sejarah Islam > 53 % ... bukti yg mengejutkan adalah ditemukan manuskrip AlQuran berumur lebih tua K.l. 130 tahun sebelum Nabi Muhammad lahir , alasan tidak dipublikasikan secara luas krn *...........* akurasi pembacaan manuskrip radiokaktif > 90 % ... (informasi lengkap bisa di googling) .... kebanyakan di *......* karena alasan informasi menyesatkan .... SAYA SETUJU karena saya warga Indonesia yang TOLERAN, kebijakan pemirsa untuk menyaring informasi ini agar tidak tersesat.


Bisa dimengerti.....karena memahaminya pake dogma usang ala gereja,  sementara logika disembunyikan di kolong meja.
di atas itu INFORMASI bukan DOGMA
INFORMASI difilter pake akal sehat cher
tergantung AKAL SEHATMU yang mau DIAPAKAI atau TIDAK DIPAKAI, itu hakmu ....


YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by mystery on Wed Apr 06, 2016 10:59 pm

Lalu kalau palsu semua, yang asli mana? Bikinin siapa? Cetakan kapan? Kalau Nabi Muhammad juga palsu yang bikin ajaran islam siapa?
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Wed Apr 06, 2016 11:07 pm

@mystery wrote:Lalu kalau palsu semua, yang asli mana? Bikinin siapa? Cetakan kapan? Kalau Nabi Muhammad juga palsu yang bikin ajaran islam siapa?
pake FILTER saja, termasuk anda, itupun jika anda rela melepaskan kungkungan ajaran Arab Saudi abad ke-7

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by mystery on Wed Apr 06, 2016 11:08 pm

Kok malah ceramah, mbok ya dijawab. Udah baik lho saya nanya..
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Wed Apr 06, 2016 11:15 pm


di dunia maya banyak informasi seputar peninggalan arkeologi oleh para ilmuwan ... SLIM !!!... dst ....
.... SAYA SETUJU karena saya warga Indonesia yang TOLERAN, kebijakan pemirsa untuk menyaring (FILTERING) informasi ini agar tidak tersesat.

PAHAM,???

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 6 dari 13 Previous  1, 2, 3 ... 5, 6, 7 ... 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik