FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

sanad dan matan hadist

Halaman 2 dari 13 Previous  1, 2, 3, ... 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

sanad dan matan hadist

Post by keroncong on Sat Nov 03, 2012 6:47 pm

First topic message reminder :

Sanad Hadis

Sanad atau thariq ialah jalan yang dapat menghubungkan matnul hadits kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw. Misalnya, seperti kata Al-Bukhari: "Telah memberitakan kepadaku Muhammad bin Al-Mutsanna, ujarnya: 'Abdul Wahhab ats-Tsaqafi telah mengabarkan kepadaku, ujarnya: 'Telah bercerita kepadaku Ayyub atas pemberitaan Abi Qilabah dari Anas dari Nabi Muhammad saw., sabdanya, 'Tiga perkara, yang barang siapa mengamalkannya, niscaya memperoleh kelezatan iman. Yakni, (1) Allah dan rasul-Nya hendaklah lebih dicintai daripada selainnya. (2) Kecintaannya kepada seseorang tidak lain karena Allah semata-mata, dan (3) keengganannya kembali kepada kekufuran, seperti keengganannya dicampakkan ke neraka'."

Maka, matnul hadits "stalasun" sampai dengan "an yuqdzafa finnar" diterima oleh Al-Bukhari melalui sanad pertama (Muhammad ibnul Mutsanna), sanad kedua (Abdul Wahhab ats-Tsaqafi), sanad ketiga (Ayyub), sanad keempat (Abi Qilabah) , dan seterusnya sampai sanad yang terakhir: Anas r.a., seorang sahabat yang langsung menerima sendiri dari Nabi Muhammad saw.

Dalam hal ini juga dapat dikatakan bahwa sabda Nabi tersebut disampaikan oleh sahabat Anas r.a. sebagai rawi pertama, kepada Abu Qilabah. Kemudian, Abu Qilabah sebagai rawi kedua menyampaikan kepada Ats-Tsaqafi, dan Ats-Tsaqafi sebagai rawi ketiga menyampaikan kepada Muhammad Ibnul Mutsanna, hingga sampai kepada Al-Bukhari sebagai rawi terakhir. Dengan demikian, Al-Bukhari itu menjadi sanad pertama dan rawi terakhir bagi kita.

Dalam bidang ilmu hadits, sanad itu merupakan neraca untuk menimbang sahih atau tidaknya suatu hadis. Andaikata salah seorang dalam sanad-sanad itu ada yang fasik atau yang tertuduh dusta, maka daiflah hadis itu, hingga tidak dapat dijadikan hujah untuk menetapkan suatu hukum

Matan (Matnul) Hadis

Yang disebut dengan matnul hadits ialah pembicaraan (kalam) atau materi berita yang diover oleh sanad yang terakhir, baik pembicaraan itu sabda Rasulullah saw., sahabat, ataupun tabi'in; baik isi pembicaraan itu tentang perbuatan Nabi maupun perbuatan sahabat yang tidak disanggah oleh Nabi. Misalnya, perkataan sahabat Anas bin Malik r.a., "Kami bersalat bersama-sama Rasulullah saw. pada waktu udara sangat panas. Apabila salah seorang dari kami tidak sanggup menekankan dahinya di atas tanah, maka ia bentangkan pakaiannya, lantas sujud di atasnya."

Perkataan sahabat yang menjelaskan perbuatan salah seorang sahabat yang tidak disanggah oleh Rasulullah saw. (Kunna sampai dengan fasajada 'alaihi) disebut matnul hadits.

Sumber: Diadaptasi dari Ikhtisar Mushthalahul Hadits, Drs. Fatchur Rahman


Terakhir diubah oleh keroncong tanggal Fri Apr 15, 2016 12:25 pm, total 1 kali diubah
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down


Re: sanad dan matan hadist

Post by mystery on Fri Mar 25, 2016 8:31 am

Dalam bidang ilmu hadits, sanad itu merupakan neraca untuk menimbang sahih atau tidaknya suatu hadis. Andaikata salah seorang dalam sanad-sanad itu ada yang fasik atau yang tertuduh dusta, maka daiflah hadis itu, hingga tidak dapat dijadikan hujah untuk menetapkan suatu hukum.

Paham ndak?
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Fri Mar 25, 2016 8:52 am

tahu dusta/tidak darimana?
wong hanya pesan berantai 1 orang ke 1 orang berikutnya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by mystery on Fri Mar 25, 2016 9:21 am

tau dari biografi nya Ulama periwayat hadits..
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Fri Mar 25, 2016 11:52 am

M ====> A =====> B ===== > C ======> D ======> E ======> F
bagaimana kalau A atau B atau C atau D atau E atau F
bohong/ngarang?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Fri Mar 25, 2016 8:57 pm

yg ada bukti manuskrip saja dituduh palsu
yg gak ada bukti apa2 langsung diimani paling kredibel

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Fri Mar 25, 2016 10:20 pm

alquran tak kalah parah..
hanya M

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sat Mar 26, 2016 5:50 am

@SEGOROWEDI wrote:alquran tak kalah parah..
hanya M
Ga usah ributin Al Qur'an gor......
Walaupun seluruh mushaf Al Qur'an dimusnahkan, muslim ga akan kebingungan.....
Wong yang hafal seluruh isi Al Qur'an jumlahnya jutaan...tinggal dicetak lagi aja.

Nah..beda kalo seluruh Alkitab yang dimusnahkan. Loe dan seukuwah loe pasti pada kelimpungan,  wong yang hafal 1 bab aja belom tentu ada...
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sat Mar 26, 2016 6:57 am

masalah di sumber, cher..
yang hanya omongan (1) orang

hafal..
yang dihafalkan musaf tulisan siapa?
yang ditulis jadi musaf hafalan siapa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sat Mar 26, 2016 7:50 am

@SEGOROWEDI wrote:masalah di sumber, cher..
yang hanya omongan (1) orang

hafal..
yang dihafalkan musaf tulisan siapa?
yang ditulis jadi musaf hafalan siapa?

Memang kenapa ???  I orang juga kredibilitasnya sudah teruji,  rekam jejaknya bagus,  ga pernah terlibat kasus apapun.
Jadi secara personal ga ada yang perlu dipermasalahkan.

Al Qur'an diturunkan berupa suara yang di dengar oleh Muhammad SAW, dan disampaikan kepada para sahabatnya melalui lisan. Sebagian. sahabat ada yang mencatat berupa tulisan, dan banyak dari mereka menghapal dalam kepalanya.
Jadi kalo ada catatan yang hilang, ga masalah.  Toh para penghafal Alquran sejak zaman Muhammad SAW sudah ada.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sat Mar 26, 2016 10:05 am

teruji dimana? tukang jarah dan bantai
wong banyak ayat2 untuk kepentingan pribadi..

kapan dengar suaranya?
lalu disampaikan ke siapa orangnya? lalu siapa orang yang mencatatnya? ayat atau sura apa, dengar dimana, disampaikan pada siapa? lalu ditulis oleh siapa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sat Mar 26, 2016 10:42 am

@SEGOROWEDI wrote:teruji dimana? tukang jarah dan bantai
wong banyak ayat2 untuk kepentingan pribadi..

kapan dengar suaranya?
lalu disampaikan ke siapa orangnya? lalu siapa orang yang mencatatnya? ayat atau sura apa, dengar dimana, disampaikan pada siapa? lalu ditulis oleh siapa?

Jangan ngawur, gor....
Dalam kondisi perang, kalo tidak membantai.. kita yang akan dibantai, jadi jangan naif lah...
Dan sudah wajar pula yang memenangkan peperangan berhak atas pampasan perang.
Kalo ga percaya baca aja PL.

Disampaikan ke para sahabatnya...yang sering mencatat seperti Zaid bin Tsabit, Muawiyah bin Abi Sufyan dll.
Kalo yang menghapal salah satunya Abdullah bin Mas'ud.
Kalo mau info lebih lengkap nanti gue cari lagi
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sat Mar 26, 2016 10:52 am

perang dengan siapa?
orang pedagang2 quraishy dijarahi kok
khaybar juga perampokan di pagi buta

ayat/sura apa? denger dimana? disampaikan ke siapa? ditulis oleh siapa? yang jelas dong...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sat Mar 26, 2016 12:18 pm

hasil tulisan zaid mana manuskripnya? sura apa dan ayat berapa?
demikian juga tulisan muawiyah...

yang dihafal abdullah mas'ud tulisan siapa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sat Mar 26, 2016 10:15 pm

@SEGOROWEDI wrote:hasil tulisan zaid mana manuskripnya? sura apa dan ayat berapa?
demikian juga tulisan muawiyah...

yang dihafal abdullah mas'ud tulisan siapa?

Begini ya gorrr....judul tritnya kan matan dan sanad hadist....
Kalo yang dibahas Al Qur'an berarti OOT...

Tapi kalo loe mau tau gimana caranya penyusunan Al Qur'an.....
Neh, gue kasih link nye, loe bisa baca sendiri...

http://kristolog.com/2013/07/09/rekaman-dan-penyusunan-al-quran/

https://www.google.co.id/url?url=http://www.kelasabil.com/kelas/pai/quran/quran-sejarah&rct=j&sa=U&ved=0ahUKEwjc9-Twz97LAhURH44KHYzpCi0QFgggMAM&sig2=Tc0-31UJeHA9jLae1UPDIA&q=sejarah+penyusunan+al+quran&usg=AFQjCNFGD3vSTTDNMhq-86CdpahNno_BFw

Selamat membaca...
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Sat Mar 26, 2016 10:40 pm

@cherish wrote:
@SEGOROWEDI wrote:teruji dimana? tukang jarah dan bantai
wong banyak ayat2 untuk kepentingan pribadi..

kapan dengar suaranya?
lalu disampaikan ke siapa orangnya? lalu siapa orang yang mencatatnya? ayat atau sura apa, dengar dimana, disampaikan pada siapa? lalu ditulis oleh siapa?

Jangan ngawur, gor....
Dalam kondisi perang, kalo tidak membantai.. kita yang akan dibantai, jadi jangan naif lah...
Dan sudah wajar pula yang memenangkan peperangan berhak atas pampasan perang.
Kalo ga percaya baca aja PL.

Disampaikan ke para sahabatnya...yang sering mencatat seperti Zaid bin Tsabit, Muawiyah bin Abi Sufyan dll.
Kalo yang menghapal salah satunya Abdullah bin Mas'ud.
Kalo mau info lebih lengkap nanti gue cari lagi
mana mushaf Zaid bin Tsabit ?, paling tidak salinan2nya

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Sat Mar 26, 2016 10:50 pm

@cherish wrote:
@SEGOROWEDI wrote:hasil tulisan zaid mana manuskripnya? sura apa dan ayat berapa?
demikian juga tulisan muawiyah...

yang dihafal abdullah mas'ud tulisan siapa?

Begini ya gorrr....judul tritnya kan matan dan sanad hadist....
Kalo yang dibahas Al Qur'an berarti OOT...

Tapi kalo loe mau tau gimana caranya penyusunan Al Qur'an.....
Neh, gue kasih link nye, loe bisa baca sendiri...

http://kristolog.com/2013/07/09/rekaman-dan-penyusunan-al-quran/

https://www.google.co.id/url?url=http://www.kelasabil.com/kelas/pai/quran/quran-sejarah&rct=j&sa=U&ved=0ahUKEwjc9-Twz97LAhURH44KHYzpCi0QFgggMAM&sig2=Tc0-31UJeHA9jLae1UPDIA&q=sejarah+penyusunan+al+quran&usg=AFQjCNFGD3vSTTDNMhq-86CdpahNno_BFw

Selamat membaca...
setelah dibaca mana manuskrip mushaf2 itu ?, paling tidak salinan2nya

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sun Mar 27, 2016 12:55 am

kapan dan dimana didikte ayat gak jelas..
sura atau ayat apa diberitahu ke siapa orangnya gak jelas 
sura atau ayat apa dihafal siapa orangnya gak jelas
sura atau ayat hafalan siapa ditulis siapa gak jelas
manuskrip tulisan siapa gak ada bekasnya


Terakhir diubah oleh SEGOROWEDI tanggal Sun Mar 27, 2016 6:24 am, total 1 kali diubah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Sun Mar 27, 2016 1:52 am

gak jelas & gak ada bekasnya itu diklaim paling kredibel

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sun Mar 27, 2016 7:20 am

@SEGOROWEDI wrote:kapan dan dimana didikte ayat gak jelas..
sura atau ayat apa diberitahu ke siapa orangnya gak jelas 
sura atau ayat apa dihafal siapa orangnya gak jelas
sura atau ayat hafalan siapa ditulis siapa gak jelas
manuskrip tulisan siapa gak ada bekasnya

Udah dikasih link, ga dibaca ya....
Apa isi linknya mau di copas semuanya.......

Masih mau OOT ya....
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sun Mar 27, 2016 7:33 am

@YADAH wrote:
@cherish wrote:
@SEGOROWEDI wrote:hasil tulisan zaid mana manuskripnya? sura apa dan ayat berapa?
demikian juga tulisan muawiyah...

yang dihafal abdullah mas'ud tulisan siapa?

Begini ya gorrr....judul tritnya kan matan dan sanad hadist....
Kalo yang dibahas Al Qur'an berarti OOT...

Tapi kalo loe mau tau gimana caranya penyusunan Al Qur'an.....
Neh, gue kasih link nye, loe bisa baca sendiri...

http://kristolog.com/2013/07/09/rekaman-dan-penyusunan-al-quran/

https://www.google.co.id/url?url=http://www.kelasabil.com/kelas/pai/quran/quran-sejarah&rct=j&sa=U&ved=0ahUKEwjc9-Twz97LAhURH44KHYzpCi0QFgggMAM&sig2=Tc0-31UJeHA9jLae1UPDIA&q=sejarah+penyusunan+al+quran&usg=AFQjCNFGD3vSTTDNMhq-86CdpahNno_BFw

Selamat membaca...
setelah dibaca mana manuskrip mushaf2 itu ?, paling tidak salinan2nya
Kalo loe mau liat salah satunya ada di museum Topkapi Turki

https://www.google.co.id/url?url=http://lajnah.kemenag.go.id/artikel/189-mengenal-jumlah-salinan-mushaf-usmani&rct=j&sa=U&ved=0ahUKEwiAsqzBzd_LAhUCj44KHYLyAp0QFghWMBA&sig2=R87qm8l_ZJZBY9trmyv9tg&q=4+mushaf+usman+&usg=AFQjCNGdq4zspPye9Qk1VWuulOjni9GBsw
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Sun Mar 27, 2016 8:53 am

@cherish wrote:
@YADAH wrote:
@cherish wrote:
@SEGOROWEDI wrote:hasil tulisan zaid mana manuskripnya? sura apa dan ayat berapa?
demikian juga tulisan muawiyah...

yang dihafal abdullah mas'ud tulisan siapa?

Begini ya gorrr....judul tritnya kan matan dan sanad hadist....
Kalo yang dibahas Al Qur'an berarti OOT...

Tapi kalo loe mau tau gimana caranya penyusunan Al Qur'an.....
Neh, gue kasih link nye, loe bisa baca sendiri...

http://kristolog.com/2013/07/09/rekaman-dan-penyusunan-al-quran/

https://www.google.co.id/url?url=http://www.kelasabil.com/kelas/pai/quran/quran-sejarah&rct=j&sa=U&ved=0ahUKEwjc9-Twz97LAhURH44KHYzpCi0QFgggMAM&sig2=Tc0-31UJeHA9jLae1UPDIA&q=sejarah+penyusunan+al+quran&usg=AFQjCNFGD3vSTTDNMhq-86CdpahNno_BFw

Selamat membaca...
setelah dibaca mana manuskrip mushaf2 itu ?, paling tidak salinan2nya
Kalo loe mau liat salah satunya ada di museum Topkapi Turki

https://www.google.co.id/url?url=http://lajnah.kemenag.go.id/artikel/189-mengenal-jumlah-salinan-mushaf-usmani&rct=j&sa=U&ved=0ahUKEwiAsqzBzd_LAhUCj44KHYLyAp0QFghWMBA&sig2=R87qm8l_ZJZBY9trmyv9tg&q=4+mushaf+usman+&usg=AFQjCNGdq4zspPye9Qk1VWuulOjni9GBsw
1. alquran yg anda pake sekarang berdasarkan mushaf usmani ?
2. para ulama sdh beda pendapat soal jumlah salinan mushaf usmani

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Sun Mar 27, 2016 9:01 am

Imam Bukhari telah menghabiskan waktu 16 tahun utk meneliti 1 juta hadis, terdiri dri 80.000 perawi, serta wawancara langsung dgn kl 1000 perawai yg msh hidup. dri 1 juta hadis itu Imam Bukhari menemukan 99,3 % hadis yg beredar pd era Imam Bukhari adalah hadis yg meragukan bahkan palsu, sisanya 0,7 % (7.275) hadis dapat diverifikasi keabsahannya berdasarkan rantai perawinya


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Imam_Bukhari


YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sun Mar 27, 2016 9:59 am

@cherish wrote:
@SEGOROWEDI wrote:kapan dan dimana didikte ayat gak jelas..
sura atau ayat apa diberitahu ke siapa orangnya gak jelas 
sura atau ayat apa dihafal siapa orangnya gak jelas
sura atau ayat hafalan siapa ditulis siapa gak jelas
manuskrip tulisan siapa gak ada bekasnya

Udah dikasih link,  ga dibaca ya....
Apa isi linknya mau di copas semuanya.......

Masih mau OOT  ya....

hanya perbandingan, malah soal ini yang jamu respon..
yadah #29 direspon!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sun Mar 27, 2016 10:59 am

@SEGOROWEDI wrote:M ====> A =====> B ===== > C ======> D ======> E ======> F
bagaimana kalau A atau B atau C atau D atau E atau F
bohong/ngarang?

Dari F sampe Muhammad SAW itu namanya sanad hadist.
Sedangkan isi hadist disebut matan

Para ahli hadist, seperti imam Bukhari, iman Muslim, imam Tirmidzi dll memverifikasi hadist berdasarkan sanad dan matanya hadist.

Apabila suatu hadist diketahui salah satu sanadnya orang yg punya ingatan lemah atau pernah berbohong maka hadist tersebut dimasukan dlm kualifikasi hadist dloif(lemah) dan bisa juga hadist palsu.

Sedangkan bila sanad nya tidak ada yang tercela dan ingatannya tidak bermasalah bisa ada 2 kemungkinan :
- bila matannya sesuai/tidak menyalahi Al Qur'an disebut hadist shoheh
- bila matannya tidak sejalan/bertentangan dengan AL Qur'an disebut hadist dloif bisa juga palsu.

Sebenarnya hadist bisa digolongkan atas beberapa kualifikasi, tetapi saya sederhanakan hanya menjadi 3, yaitu shoheh, dloif dan palsu.

Mungkin ada rekan muslim yang mau menambahkan
ketiwi
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by mystery on Sun Mar 27, 2016 11:19 am

2 good 2 good

paling ditanya, mana buktinya kalau nggak bohong?

ketiwi ketiwi
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 13 Previous  1, 2, 3, ... 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik