FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

sanad dan matan hadist

Halaman 11 dari 13 Previous  1, 2, 3 ... 10, 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

sanad dan matan hadist

Post by keroncong on Sat Nov 03, 2012 6:47 pm

First topic message reminder :

Sanad Hadis

Sanad atau thariq ialah jalan yang dapat menghubungkan matnul hadits kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw. Misalnya, seperti kata Al-Bukhari: "Telah memberitakan kepadaku Muhammad bin Al-Mutsanna, ujarnya: 'Abdul Wahhab ats-Tsaqafi telah mengabarkan kepadaku, ujarnya: 'Telah bercerita kepadaku Ayyub atas pemberitaan Abi Qilabah dari Anas dari Nabi Muhammad saw., sabdanya, 'Tiga perkara, yang barang siapa mengamalkannya, niscaya memperoleh kelezatan iman. Yakni, (1) Allah dan rasul-Nya hendaklah lebih dicintai daripada selainnya. (2) Kecintaannya kepada seseorang tidak lain karena Allah semata-mata, dan (3) keengganannya kembali kepada kekufuran, seperti keengganannya dicampakkan ke neraka'."

Maka, matnul hadits "stalasun" sampai dengan "an yuqdzafa finnar" diterima oleh Al-Bukhari melalui sanad pertama (Muhammad ibnul Mutsanna), sanad kedua (Abdul Wahhab ats-Tsaqafi), sanad ketiga (Ayyub), sanad keempat (Abi Qilabah) , dan seterusnya sampai sanad yang terakhir: Anas r.a., seorang sahabat yang langsung menerima sendiri dari Nabi Muhammad saw.

Dalam hal ini juga dapat dikatakan bahwa sabda Nabi tersebut disampaikan oleh sahabat Anas r.a. sebagai rawi pertama, kepada Abu Qilabah. Kemudian, Abu Qilabah sebagai rawi kedua menyampaikan kepada Ats-Tsaqafi, dan Ats-Tsaqafi sebagai rawi ketiga menyampaikan kepada Muhammad Ibnul Mutsanna, hingga sampai kepada Al-Bukhari sebagai rawi terakhir. Dengan demikian, Al-Bukhari itu menjadi sanad pertama dan rawi terakhir bagi kita.

Dalam bidang ilmu hadits, sanad itu merupakan neraca untuk menimbang sahih atau tidaknya suatu hadis. Andaikata salah seorang dalam sanad-sanad itu ada yang fasik atau yang tertuduh dusta, maka daiflah hadis itu, hingga tidak dapat dijadikan hujah untuk menetapkan suatu hukum

Matan (Matnul) Hadis

Yang disebut dengan matnul hadits ialah pembicaraan (kalam) atau materi berita yang diover oleh sanad yang terakhir, baik pembicaraan itu sabda Rasulullah saw., sahabat, ataupun tabi'in; baik isi pembicaraan itu tentang perbuatan Nabi maupun perbuatan sahabat yang tidak disanggah oleh Nabi. Misalnya, perkataan sahabat Anas bin Malik r.a., "Kami bersalat bersama-sama Rasulullah saw. pada waktu udara sangat panas. Apabila salah seorang dari kami tidak sanggup menekankan dahinya di atas tanah, maka ia bentangkan pakaiannya, lantas sujud di atasnya."

Perkataan sahabat yang menjelaskan perbuatan salah seorang sahabat yang tidak disanggah oleh Rasulullah saw. (Kunna sampai dengan fasajada 'alaihi) disebut matnul hadits.

Sumber: Diadaptasi dari Ikhtisar Mushthalahul Hadits, Drs. Fatchur Rahman


Terakhir diubah oleh keroncong tanggal Fri Apr 15, 2016 12:25 pm, total 1 kali diubah
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down


Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Fri Apr 15, 2016 5:36 pm

Selama uang hasil korupnya masih ditangannya, berarti seluruh uangnya tercemar oleh uang haram tsb, alias ga bersih.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Fri Apr 15, 2016 5:49 pm

kl soal gak bersih...
mana ada orang yang bersih
bukannya kesana buat bersih2 diri

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Fri Apr 15, 2016 7:46 pm

Memang sih....yang namanya manusia ga luput dari dosa.
Tapi kalo beribadah ga boleh menggunakan sesuatu yang kotor/haram.

Sama hal nya kalo sholat tapi memakai pakaian dari hasil mencuri...gimana mau diterima sholatnya wong pakaian yang dikenakan nya aja barang haram.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sat Apr 16, 2016 12:45 am

trus gimana?
uang halal untuk naik haji, uang haram untuk keperluan lain
kan pahala haji besar tu.. untuk ganti dosa

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sat Apr 16, 2016 7:50 am

Peraturan Islam koq mau disamakan dengan peraturan Paulus....ya raiso to mas...
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sat Apr 16, 2016 8:06 am

malah oot
untuk case di atas gimana hukumnya'?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sat Apr 16, 2016 8:49 am

Kan udah dibilangin kopi kalo dicampur sianida ya...jadi racun
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sat Apr 16, 2016 8:51 am

gak dicampur kok..
beda rekening bahkan beda bank

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sat Apr 16, 2016 9:06 am

Mau beda rekening, beda mata uang atau beda yang lainnya...
Selama masih dalam penguasaan nya tetap jadi racun.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sat Apr 16, 2016 1:51 pm

wong gak dituang di kopi kok
meracun siapa..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sat Apr 16, 2016 4:33 pm

Kalo sianida (uang haram) ga dituang ke dalam kopi (harta halal) ya ga ada masalah donk...

Berarti orang tsb bukan koruptor, paham !!!
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sun Apr 17, 2016 7:20 am

uang korupsi di bank a
uang non korupsi di bank b
ia umroh pakai uang dari bank b
gimana?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sun Apr 17, 2016 7:56 am

Bolak balik aja terus...
Jawabannya noh di #259
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sun Apr 17, 2016 8:11 am

sianida jessica kalau hanya disimpan di laci, gimana??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sun Apr 17, 2016 8:48 am

Wong sianidanya dapat dari mencuri....
Tetap melanggar hukum toh...
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sun Apr 17, 2016 9:42 am

lha iya...
kl tetep di laci, kan gak mematikan siapapun

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sun Apr 17, 2016 2:01 pm

Poinnya kan kalo uang halal dicampur sama uang haram...

Campur disini ga harus ada dalam 1 rekening, jadi ketika ada uang haram yang dia simpan. Maka uang yang halal ikut tercemar.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sun Apr 17, 2016 2:07 pm

sudah dibilang gak dicampur..
uang halal untuk umroh
uang harsm untuk yang lsin

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sun Apr 17, 2016 2:17 pm

Yang buat umroh berarti udah mengandung sianida
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sun Apr 17, 2016 2:20 pm

wong gak dicampur/dituangi..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sun Apr 17, 2016 3:42 pm

Tercampur dalam hartanya seseorang
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sun Apr 17, 2016 3:53 pm

gak dicampur kok

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sun Apr 17, 2016 4:37 pm

Walau ga dicampur... Tapi ketika orang tsb mengambil harta yang bukan haknya, otomatis akan tercampur dengan sendirinya dengan hartanya yang halal. Paham !!
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sun Apr 17, 2016 7:09 pm

banknya beda, peruntukan juga beda, yang ngambil juga beda.

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sun Apr 17, 2016 8:39 pm

Yang ambil apa ??
Yang jelas donk !!
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 11 dari 13 Previous  1, 2, 3 ... 10, 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik