FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

sanad dan matan hadist

Halaman 12 dari 13 Previous  1, 2, 3 ... , 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

sanad dan matan hadist

Post by keroncong on Sat Nov 03, 2012 6:47 pm

First topic message reminder :

Sanad Hadis

Sanad atau thariq ialah jalan yang dapat menghubungkan matnul hadits kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw. Misalnya, seperti kata Al-Bukhari: "Telah memberitakan kepadaku Muhammad bin Al-Mutsanna, ujarnya: 'Abdul Wahhab ats-Tsaqafi telah mengabarkan kepadaku, ujarnya: 'Telah bercerita kepadaku Ayyub atas pemberitaan Abi Qilabah dari Anas dari Nabi Muhammad saw., sabdanya, 'Tiga perkara, yang barang siapa mengamalkannya, niscaya memperoleh kelezatan iman. Yakni, (1) Allah dan rasul-Nya hendaklah lebih dicintai daripada selainnya. (2) Kecintaannya kepada seseorang tidak lain karena Allah semata-mata, dan (3) keengganannya kembali kepada kekufuran, seperti keengganannya dicampakkan ke neraka'."

Maka, matnul hadits "stalasun" sampai dengan "an yuqdzafa finnar" diterima oleh Al-Bukhari melalui sanad pertama (Muhammad ibnul Mutsanna), sanad kedua (Abdul Wahhab ats-Tsaqafi), sanad ketiga (Ayyub), sanad keempat (Abi Qilabah) , dan seterusnya sampai sanad yang terakhir: Anas r.a., seorang sahabat yang langsung menerima sendiri dari Nabi Muhammad saw.

Dalam hal ini juga dapat dikatakan bahwa sabda Nabi tersebut disampaikan oleh sahabat Anas r.a. sebagai rawi pertama, kepada Abu Qilabah. Kemudian, Abu Qilabah sebagai rawi kedua menyampaikan kepada Ats-Tsaqafi, dan Ats-Tsaqafi sebagai rawi ketiga menyampaikan kepada Muhammad Ibnul Mutsanna, hingga sampai kepada Al-Bukhari sebagai rawi terakhir. Dengan demikian, Al-Bukhari itu menjadi sanad pertama dan rawi terakhir bagi kita.

Dalam bidang ilmu hadits, sanad itu merupakan neraca untuk menimbang sahih atau tidaknya suatu hadis. Andaikata salah seorang dalam sanad-sanad itu ada yang fasik atau yang tertuduh dusta, maka daiflah hadis itu, hingga tidak dapat dijadikan hujah untuk menetapkan suatu hukum

Matan (Matnul) Hadis

Yang disebut dengan matnul hadits ialah pembicaraan (kalam) atau materi berita yang diover oleh sanad yang terakhir, baik pembicaraan itu sabda Rasulullah saw., sahabat, ataupun tabi'in; baik isi pembicaraan itu tentang perbuatan Nabi maupun perbuatan sahabat yang tidak disanggah oleh Nabi. Misalnya, perkataan sahabat Anas bin Malik r.a., "Kami bersalat bersama-sama Rasulullah saw. pada waktu udara sangat panas. Apabila salah seorang dari kami tidak sanggup menekankan dahinya di atas tanah, maka ia bentangkan pakaiannya, lantas sujud di atasnya."

Perkataan sahabat yang menjelaskan perbuatan salah seorang sahabat yang tidak disanggah oleh Rasulullah saw. (Kunna sampai dengan fasajada 'alaihi) disebut matnul hadits.

Sumber: Diadaptasi dari Ikhtisar Mushthalahul Hadits, Drs. Fatchur Rahman


Terakhir diubah oleh keroncong tanggal Fri Apr 15, 2016 12:25 pm, total 1 kali diubah
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down


Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sun Apr 17, 2016 8:52 pm

isterinya atau anaknya..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Mon Apr 18, 2016 12:24 am

Jangankan istri dan anak nya, tetangga atau pembantu nya sekalipun yang ga ada hubungan keluarga tidak akan bisa merubah status uang haram menjadi halal
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Mon Apr 18, 2016 7:04 am

bukan soal berubahnya, tapi keterpisahannya...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Mon Apr 18, 2016 9:13 pm

Kalo dia sudah mengambil sesuatu yang bukan haknya, maka akan tercampur dengan miliknya yang halal
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Mon Apr 18, 2016 10:05 pm

sudah dibilang gak dicampur

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Tue Apr 19, 2016 8:23 am

Secara otomatis akan tercampur, paham !!!
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 19, 2016 8:34 am

g bisa..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Tue Apr 19, 2016 9:07 am

Why...??!!
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 19, 2016 9:25 am

absolutely separated..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Tue Apr 19, 2016 10:01 am

At the same person
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 19, 2016 10:05 am

different person kelless...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Tue Apr 19, 2016 11:52 am

What do you mean different Person ???
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 19, 2016 2:17 pm

misalnya..
yang haram masuk rekening isterinya atau anaknya untuk kebutuhan sehari2
yang halal masuk rekeningnya untuk umroh

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Tue Apr 19, 2016 8:27 pm

Kan udeh dibilangin berkali2, mau dimasukin ke rekening setan atau rekening jin, tetap aja ga ngaruh.

avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 19, 2016 8:30 pm

uang untuk umrohnya uang halal tu..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Tue Apr 19, 2016 8:55 pm

Halal tapi terkontaminasi uang haram.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 20, 2016 3:13 am

terpisah kok terkontaminasi

back to sanad!
apa susahnya sanator terakhir ngarang dari si anu
si anu dari si anu, si anu dari si anu, si anu dari anas

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Wed Apr 20, 2016 5:30 pm

Yang diverifikasi kan orang yang masuk dalam rangkaian sanad. Kalo ada yang pernah berbohong, langsung dibuang.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 20, 2016 5:35 pm

rangkaian orang2 bisa dikarang..
orang2 yang dicatut tersebut juga gak ditanyai/diverifikasi
bener/tidak cerita ke dia demikian...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Wed Apr 20, 2016 5:41 pm

Ga bisa, gorrr
Verifikasi nya ketat banget
Ada nama orang yang ga jelas asal usulnya, langsung di coret
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 20, 2016 5:46 pm

katakanlah sanator 1 sampai 5 orang2 zzuperr..
kan tinggal dicatut aja namanya ditempelin di depan cerita..
vetifikasi itu mesti ditanya sanator 4 bener kagak ngomong drmikian ke sanator 5, dst.

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Wed Apr 20, 2016 8:20 pm

Ga ada catut2an, yang namanya ada dalam rangkaian sanad, orang tersebut harus diketahui rekam jejaknya. Yang ga jelas langsung dicoret.

Saking ketatnya proses verifikasi tsb, sehingga yang bisa lolos cuma 7%. Sisanya 93% ga lolos.... Padahal mungkin dari 93% ada yg layak lolos, tapi karena ada sanat yang bermasalah, hadist tsb harus disingkirkan.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 21, 2016 6:53 am

penulis ketemu kagak dengan sanator 5?
dan memverifikasi kagak ke sanator 4?

nyatut gampang...
misalnya saya mengenal baik buya syafii maarif
lalu saya nulis: 
buya syafii bilang ke saya dari gus dur dari kiai hasyim ansyari blabla, kan bisa??

93% ternyata sampah berarti hadis hanya tumpukan sampah 
yang 7% didaur ulang

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Thu Apr 21, 2016 8:40 am

Penulis ketemu dengan sanat pertama

Buya Syafii seorang tokoh dan kredible... Lha kalo yang nulis loe, emang nya loe siapa ?? Bukan siapa2. Cuma penganut trinitas yang ga ada rekam jejaknya.

Sampah yang 93% udah dibuang, yang 7% sudah bersih dari sampah. Beda dengan kitab yang dikarang oleh manusia goa dan penyandang epilepsi. Yang 100% sampah.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 21, 2016 11:17 pm

gimana cerita dan caranya nemui 80.000 perawi??

poinnya:
nyatut nama2 beken gampang

wong terbukti 93% sampah, maka itu hanta tumpukan sampah.. lalu dikais2 dapat 7% yg bs didaur ulang

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 12 dari 13 Previous  1, 2, 3 ... , 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik