FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

sanad dan matan hadist

Halaman 3 dari 13 Previous  1, 2, 3, 4 ... 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

sanad dan matan hadist

Post by keroncong on Sat Nov 03, 2012 6:47 pm

First topic message reminder :

Sanad Hadis

Sanad atau thariq ialah jalan yang dapat menghubungkan matnul hadits kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw. Misalnya, seperti kata Al-Bukhari: "Telah memberitakan kepadaku Muhammad bin Al-Mutsanna, ujarnya: 'Abdul Wahhab ats-Tsaqafi telah mengabarkan kepadaku, ujarnya: 'Telah bercerita kepadaku Ayyub atas pemberitaan Abi Qilabah dari Anas dari Nabi Muhammad saw., sabdanya, 'Tiga perkara, yang barang siapa mengamalkannya, niscaya memperoleh kelezatan iman. Yakni, (1) Allah dan rasul-Nya hendaklah lebih dicintai daripada selainnya. (2) Kecintaannya kepada seseorang tidak lain karena Allah semata-mata, dan (3) keengganannya kembali kepada kekufuran, seperti keengganannya dicampakkan ke neraka'."

Maka, matnul hadits "stalasun" sampai dengan "an yuqdzafa finnar" diterima oleh Al-Bukhari melalui sanad pertama (Muhammad ibnul Mutsanna), sanad kedua (Abdul Wahhab ats-Tsaqafi), sanad ketiga (Ayyub), sanad keempat (Abi Qilabah) , dan seterusnya sampai sanad yang terakhir: Anas r.a., seorang sahabat yang langsung menerima sendiri dari Nabi Muhammad saw.

Dalam hal ini juga dapat dikatakan bahwa sabda Nabi tersebut disampaikan oleh sahabat Anas r.a. sebagai rawi pertama, kepada Abu Qilabah. Kemudian, Abu Qilabah sebagai rawi kedua menyampaikan kepada Ats-Tsaqafi, dan Ats-Tsaqafi sebagai rawi ketiga menyampaikan kepada Muhammad Ibnul Mutsanna, hingga sampai kepada Al-Bukhari sebagai rawi terakhir. Dengan demikian, Al-Bukhari itu menjadi sanad pertama dan rawi terakhir bagi kita.

Dalam bidang ilmu hadits, sanad itu merupakan neraca untuk menimbang sahih atau tidaknya suatu hadis. Andaikata salah seorang dalam sanad-sanad itu ada yang fasik atau yang tertuduh dusta, maka daiflah hadis itu, hingga tidak dapat dijadikan hujah untuk menetapkan suatu hukum

Matan (Matnul) Hadis

Yang disebut dengan matnul hadits ialah pembicaraan (kalam) atau materi berita yang diover oleh sanad yang terakhir, baik pembicaraan itu sabda Rasulullah saw., sahabat, ataupun tabi'in; baik isi pembicaraan itu tentang perbuatan Nabi maupun perbuatan sahabat yang tidak disanggah oleh Nabi. Misalnya, perkataan sahabat Anas bin Malik r.a., "Kami bersalat bersama-sama Rasulullah saw. pada waktu udara sangat panas. Apabila salah seorang dari kami tidak sanggup menekankan dahinya di atas tanah, maka ia bentangkan pakaiannya, lantas sujud di atasnya."

Perkataan sahabat yang menjelaskan perbuatan salah seorang sahabat yang tidak disanggah oleh Rasulullah saw. (Kunna sampai dengan fasajada 'alaihi) disebut matnul hadits.

Sumber: Diadaptasi dari Ikhtisar Mushthalahul Hadits, Drs. Fatchur Rahman


Terakhir diubah oleh keroncong tanggal Fri Apr 15, 2016 12:25 pm, total 1 kali diubah
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down


Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Sun Mar 27, 2016 12:02 pm

@cherish wrote:
@SEGOROWEDI wrote:M ====> A =====> B ===== > C ======> D ======> E ======> F
bagaimana kalau A atau B atau C atau D atau E atau F
bohong/ngarang?

Dari F sampe Muhammad SAW itu namanya sanad hadist.
Sedangkan isi hadist disebut matan

Para ahli hadist, seperti imam Bukhari, iman Muslim, imam Tirmidzi dll memverifikasi hadist berdasarkan sanad dan matanya hadist.

Apabila suatu hadist diketahui salah satu sanadnya orang yg punya ingatan lemah atau pernah berbohong maka hadist tersebut dimasukan dlm kualifikasi hadist dloif(lemah) dan bisa juga hadist palsu.

Sedangkan bila sanad nya tidak ada yang tercela dan ingatannya tidak bermasalah bisa ada  2 kemungkinan :
- bila matannya sesuai/tidak menyalahi Al Qur'an disebut hadist shoheh
- bila matannya tidak sejalan/bertentangan dengan AL Qur'an disebut hadist dloif bisa juga palsu.

Sebenarnya hadist bisa digolongkan atas beberapa kualifikasi, tetapi saya sederhanakan hanya menjadi 3,  yaitu shoheh, dloif dan palsu.

Mungkin ada rekan muslim yang mau menambahkan
ketiwi
Imam Bukhari telah menghabiskan waktu 16 tahun utk meneliti 1 juta hadis, terdiri dri 80.000 perawi, serta wawancara langsung dgn kl 1000 perawai yg msh hidup. dri 1 juta hadis itu Imam Bukhari menemukan 99,3 % hadis yg beredar pd era Imam Bukhari adalah hadis yg meragukan bahkan palsu, sisanya 0,7 % (7.275) hadis dapat diverifikasi keabsahannya berdasarkan rantai perawinya


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Imam_Bukhari

Jika Imam Bukhari menemukan bahwa 99,3 % hadis harus ditolak, maka tentunya sejarah Nabi Muhammad dgn Islamnya yg muncul belakangan di era ini tidak bisa dipercaya 100 % akurasinya

contoh kasus, sejarah yang membingungkan :
pertama
dikatakan Nabi Muhammad dilahirkan pada saat tentara gajah menyerang Mekkah, hal ini bertentangan dgn sumber sejarah sekuler yaitu prasasti di Muraighan (Yaman) & catatan kronika Prokopios (Yunani). berdasarkan dua sumber sekuler tsb bahwa penyerangan tentara bergajah tersebut terjadi tahun 552 M, 20 tahun lebih awal dari kelahiran Nabi Muhammad tahun 570 M

kedua :
benarkah Nabi Muhammad sholat di Masjid Aqso ?
bukankah sejarah mencatat bahwa setelah pengusiran kaum Yahudi dari Yerusalem oleh penguasa Romawi, yg disebut Masjidil Aqso sdh rata dgn tanah & dijadikan dgn tempat pembuangan sampah untuk menghina kaum Yahudi. Tempat itu kembali bersih saat Umar menguasai Yerusalem, setelah Nabi Wafat. Apakah Nabi Muhammad sholat di reruntuhan bangunan, di alam terbuka dan di tengah2 timbunan sampah ?



YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Sun Mar 27, 2016 12:23 pm

@mystery wrote:2 good 2 good

paling ditanya, mana buktinya kalau nggak bohong?

ketiwi ketiwi
yg ada buktinya saja di tuduh palsu, apalagi tanpa bukti
Alquran yg ada di rumah anda sekarang mengikuti mushaf versi apa ?


YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sun Mar 27, 2016 7:29 pm

@YADAH wrote:
Imam Bukhari telah menghabiskan waktu 16 tahun utk meneliti 1 juta hadis, terdiri dri 80.000 perawi, serta wawancara langsung dgn kl 1000 perawai yg msh hidup. dri 1 juta hadis itu Imam Bukhari menemukan 99,3 % hadis yg beredar pd era Imam Bukhari adalah hadis yg meragukan bahkan palsu, sisanya 0,7 % (7.275) hadis dapat diverifikasi keabsahannya berdasarkan rantai perawinya


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Imam_Bukhari

Tuh... Loe tau sendiri...bagaimana ketatnya para ahli hadist memverifikasi. hadist yang mereka terima, jadi ga langsung ditelan mentah2.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sun Mar 27, 2016 7:35 pm

@cherish wrote:
@SEGOROWEDI wrote:M ====> A =====> B ===== > C ======> D ======> E ======> F
bagaimana kalau A atau B atau C atau D atau E atau F
bohong/ngarang?

Dari F sampe Muhammad SAW itu namanya sanad hadist.
Sedangkan isi hadist disebut matan

Para ahli hadist, seperti imam Bukhari, iman Muslim, imam Tirmidzi dll memverifikasi hadist berdasarkan sanad dan matanya hadist.

Apabila suatu hadist diketahui salah satu sanadnya orang yg punya ingatan lemah atau pernah berbohong maka hadist tersebut dimasukan dlm kualifikasi hadist dloif(lemah) dan bisa juga hadist palsu.

Sedangkan bila sanad nya tidak ada yang tercela dan ingatannya tidak bermasalah bisa ada  2 kemungkinan :
- bila matannya sesuai/tidak menyalahi Al Qur'an disebut hadist shoheh
- bila matannya tidak sejalan/bertentangan dengan AL Qur'an disebut hadist dloif bisa juga palsu.

Sebenarnya hadist bisa digolongkan atas beberapa kualifikasi, tetapi saya sederhanakan hanya menjadi 3,  yaitu shoheh, dloif dan palsu.

Mungkin ada rekan muslim yang mau menambahkan
ketiwi

anas sekalipun..
siapa yang menjamin ia tidak ngarang cerita/bohong?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Sun Mar 27, 2016 7:38 pm

@cherish wrote:
@YADAH wrote:
Imam Bukhari telah menghabiskan waktu 16 tahun utk meneliti 1 juta hadis, terdiri dri 80.000 perawi, serta wawancara langsung dgn kl 1000 perawai yg msh hidup. dri 1 juta hadis itu Imam Bukhari menemukan 99,3 % hadis yg beredar pd era Imam Bukhari adalah hadis yg meragukan bahkan palsu, sisanya 0,7 % (7.275) hadis dapat diverifikasi keabsahannya berdasarkan rantai perawinya


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Imam_Bukhari

Tuh... Loe tau sendiri...bagaimana ketatnya para ahli hadist memverifikasi. hadist yang mereka terima,  jadi ga langsung ditelan mentah2.
maka bisa jadi proporsional kebenaran informasi dalam Islam saat ini perlu dipertanyakan kebenarannya, termasuk sejarah Islam & Alquran

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Sun Mar 27, 2016 7:41 pm

@cherish wrote:
@YADAH wrote:
Imam Bukhari telah menghabiskan waktu 16 tahun utk meneliti 1 juta hadis, terdiri dri 80.000 perawi, serta wawancara langsung dgn kl 1000 perawai yg msh hidup. dri 1 juta hadis itu Imam Bukhari menemukan 99,3 % hadis yg beredar pd era Imam Bukhari adalah hadis yg meragukan bahkan palsu, sisanya 0,7 % (7.275) hadis dapat diverifikasi keabsahannya berdasarkan rantai perawinya


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Imam_Bukhari

Tuh... Loe tau sendiri...bagaimana ketatnya para ahli hadist memverifikasi. hadist yang mereka terima,  jadi ga langsung ditelan mentah2.

itu bukan ketat cher
tapi secara statistik hadis gak bisa dipercaya/valid

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sun Mar 27, 2016 9:29 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@cherish wrote:
@SEGOROWEDI wrote:M ====> A =====> B ===== > C ======> D ======> E ======> F
bagaimana kalau A atau B atau C atau D atau E atau F
bohong/ngarang?

Dari F sampe Muhammad SAW itu namanya sanad hadist.
Sedangkan isi hadist disebut matan

Para ahli hadist, seperti imam Bukhari, iman Muslim, imam Tirmidzi dll memverifikasi hadist berdasarkan sanad dan matanya hadist.

Apabila suatu hadist diketahui salah satu sanadnya orang yg punya ingatan lemah atau pernah berbohong maka hadist tersebut dimasukan dlm kualifikasi hadist dloif(lemah) dan bisa juga hadist palsu.

Sedangkan bila sanad nya tidak ada yang tercela dan ingatannya tidak bermasalah bisa ada  2 kemungkinan :
- bila matannya sesuai/tidak menyalahi Al Qur'an disebut hadist shoheh
- bila matannya tidak sejalan/bertentangan dengan AL Qur'an disebut hadist dloif bisa juga palsu.

Sebenarnya hadist bisa digolongkan atas beberapa kualifikasi, tetapi saya sederhanakan hanya menjadi 3,  yaitu shoheh, dloif dan palsu.

Mungkin ada rekan muslim yang mau menambahkan
ketiwi

anas sekalipun..
siapa yang menjamin ia tidak ngarang cerita/bohong?

Kan orang2 yang disebut dalam rantai penyampaian hadist,  diteliti lebih dulu oleh para ahli hadist apakah ingatannya kurang bagus atau orang tersebut Sholeh dalam beragama atau kah diketahui pernah melakukan perbuatan. Tercela.

Jadi para  musnad tersebut sudah melalui screening yang ketat.
Kalo ada sanad yang terputus juga dapat mempengaruhi kualifikasi hadist.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Sun Mar 27, 2016 9:41 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@cherish wrote:
@YADAH wrote:
Imam Bukhari telah menghabiskan waktu 16 tahun utk meneliti 1 juta hadis, terdiri dri 80.000 perawi, serta wawancara langsung dgn kl 1000 perawai yg msh hidup. dri 1 juta hadis itu Imam Bukhari menemukan 99,3 % hadis yg beredar pd era Imam Bukhari adalah hadis yg meragukan bahkan palsu, sisanya 0,7 % (7.275) hadis dapat diverifikasi keabsahannya berdasarkan rantai perawinya


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Imam_Bukhari

Tuh... Loe tau sendiri...bagaimana ketatnya para ahli hadist memverifikasi. hadist yang mereka terima,  jadi ga langsung ditelan mentah2.

itu bukan ketat cher
tapi secara statistik hadis gak bisa dipercaya/valid
Kamu memang aneh, gorrr....
Hadist yang sudah melalui proses verifikasi kamu tolak...
Tapi ada kitab yang ujug2 nongol abad Ke 3, padahal sumbernya hidup awal abad ke 1(ada miss sekitar 2 abad) malah langsung ditelan, padahal ga jelas siapa penulisnya.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Sun Mar 27, 2016 11:07 pm

99,3 % hadisnya palsu
0,7 % diterima keakuratannya
maka bisa jadi proporsional kebenaran informasi dalam Islam saat ini perlu dipertanyakan kebenarannya (hadis, sejarah Islam & Alquran)

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Mon Mar 28, 2016 1:15 am

@YADAH wrote:99,3 % hadisnya palsu
0,7 % diterima keakuratannya
maka bisa jadi proporsional kebenaran informasi dalam Islam saat ini perlu dipertanyakan kebenarannya (hadis, sejarah Islam & Alquran)
Kenapa ga bisa diterima..??  Toh yang palsukan dibuang...ga dipake
Apa hubungannya dgn Al Qur'an ???

Lha kitab loe yang jelas2 banyak mengandung ayat2 palsu (menurut sarjana kristen)...loe nya enjoy2 aja tuh....
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Mon Mar 28, 2016 1:40 am

dibuang gimane ? masih bertebaran tuh ...
alquran/hadis sama2 bersumber dri 1 orang diteruskan oleh para perawi
Alkitab ada manuskrip pembanding dijadikan patokan, Alquran ?

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 28, 2016 6:26 am




anas sekalipun..
siapa yang menjamin ia tidak ngarang cerita/bohong?

Kan orang2 yang disebut dalam rantai penyampaian hadist,  diteliti lebih dulu oleh para ahli hadist apakah ingatannya kurang bagus atau orang tersebut Sholeh dalam beragama atau kah diketahui pernah melakukan perbuatan. Tercela.

Jadi para  musnad tersebut sudah melalui screening yang ketat.
Kalo ada sanad yang terputus juga dapat mempengaruhi kualifikasi hadist.

gimana meneliti ingatan? kesolehan?
tetep tidak menjamin ia tidak ngarang cerita
ada/tidak kisah sama yang sumbernya bukan anas??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Mon Mar 28, 2016 6:49 am

@YADAH wrote:dibuang gimane ? masih bertebaran tuh ...
alquran/hadis sama2 bersumber dri 1 orang diteruskan oleh para perawi
Alkitab ada manuskrip pembanding dijadikan patokan, Alquran ?
ya... dari yang jutaan itu kan yang lolos cuma belasan ribu doank....
dari yang belasan ribu itu juga terkualifikasi lagi atas beberapa kategori.
di kitab loe mana ngerti sistim kayak gini....Wong asal telen !!

Al Qur'an ga pake perawi, broer... kan sudah dibuat mushaf sejak zaman khalifah Usman (sahabar Rasul SAW)
kalo hadist kan kayak kitab loe...baru disusun beberapa generasi kemudian.. bedanya kitab loe matannya ga jelas.

ga ada tuh alkitab dijadikan patokan,  Al Qur'an adalah wahyu ALLAH SWT..tidak ada penambahan dan pengurangan walaupun cuma satu huruf

surah Al Hijr 9

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَ إِنَّا لَهُ لَحافِظُونَ (9)

Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar- benar memeliharanya.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 28, 2016 8:28 am

99,3% sampah
berarti semua layak disampahkan, cher..

alquran semua sumbernya muhammad
langsung bikin statement ini itu
bahkan sebagian besar nyontek kisah di alkitab

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Tue Mar 29, 2016 1:29 am

@cherish wrote:
@YADAH wrote:dibuang gimane ? masih bertebaran tuh ...
alquran/hadis sama2 bersumber dri 1 orang diteruskan oleh para perawi
Alkitab ada manuskrip pembanding dijadikan patokan, Alquran ?
ya... dari yang jutaan itu kan yang lolos cuma belasan ribu doank....
dari yang belasan ribu itu juga terkualifikasi lagi atas beberapa kategori.
di kitab loe mana ngerti sistim kayak gini....Wong asal telen !!

Al Qur'an ga pake perawi, broer... kan sudah dibuat mushaf sejak zaman khalifah Usman (sahabar Rasul SAW)
kalo hadist kan kayak kitab loe...baru disusun beberapa generasi kemudian.. bedanya kitab loe matannya ga jelas.

ga ada tuh alkitab dijadikan patokan,  Al Qur'an adalah wahyu ALLAH SWT..tidak ada penambahan dan pengurangan walaupun cuma satu huruf

surah Al Hijr 9

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَ إِنَّا لَهُ لَحافِظُونَ (9)

Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar- benar memeliharanya.

bandingkan dgn informasi berikut :

Di sisi lain, temuan ini juga mengandung kontroversi lain. Hasil uji radiocarbon menunjukkan penggalan Al-Quran tersebut dipastikan berasal dari tahun 568 sampai 645 Masehi. Adapun Nabi Muhammad diyakini hidup antara tahun 570 sampai 632 Masehi. Nabi Muhammad baru menjadi Nabi pada usia 40 tahun, yakni sekitar tahun 610 Masehi. Dengan kata lain, bila tahun lahir manuskrip tersebut adalah sebelum 610 Masehi, itu berarti sebelum Nabi Muhammad resmi menjadi Nabi, sudah ada ayat-ayat yang sekarang dipercaya sebagai bagian Al-Quran. Ini bisa menjadi bahan penelitian baru.
...........

Sebelum manuskrip Al-Quran di Universitas Birmingham diuji radiocarbon, ada seorang Profesor asal Perancis, François Déroche, yang telah melakukan uji radiocarbon terhadap manuskrip Al-Quran yang terdapat di Perpustakaan Paris. Manuskrip itu, lanjut Mun’im, ditemukan dari sebuah masjid di Sana’a, Yaman, yang dibongkar pada tahun 1972. Bersama dua manuskrip Al-Quran itu, terdapat ribuan lembar manuskrip lainnya.

Dari uji radiocarbon terhadap manuskrip itu, Déroche menemukan asal-usul waktu yang berbeda. Yang menarik, salah satu manuskrip Al-Quran itu muncul diperkirakan pada tahun 433 sampai 599 M. Itu artinya, perkamen manuskrip Al-Quran itu muncul bahkan sebelum Nabi Muhammad lahir

Sumber :
Manuskrip Al-Quran Tertua di Inggris: Makna dan Kontroversinya
http://www.madinaonline.id/khazanah/manuskrip-al-quran-tertua-di-inggris-makna-dan-kontroversinya/

bandingkan dengan sumber berikut :

Terkuak, Sejarah di Balik Penemuan Alquran Tertua
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua?p=1
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua?p=2
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua?p=3

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Tue Mar 29, 2016 5:43 am

@YADAH wrote:
@cherish wrote:
@YADAH wrote:dibuang gimane ? masih bertebaran tuh ...
alquran/hadis sama2 bersumber dri 1 orang diteruskan oleh para perawi
Alkitab ada manuskrip pembanding dijadikan patokan, Alquran ?
ya... dari yang jutaan itu kan yang lolos cuma belasan ribu doank....
dari yang belasan ribu itu juga terkualifikasi lagi atas beberapa kategori.
di kitab loe mana ngerti sistim kayak gini....Wong asal telen !!

Al Qur'an ga pake perawi, broer... kan sudah dibuat mushaf sejak zaman khalifah Usman (sahabar Rasul SAW)
kalo hadist kan kayak kitab loe...baru disusun beberapa generasi kemudian.. bedanya kitab loe matannya ga jelas.

ga ada tuh alkitab dijadikan patokan,  Al Qur'an adalah wahyu ALLAH SWT..tidak ada penambahan dan pengurangan walaupun cuma satu huruf

surah Al Hijr 9

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَ إِنَّا لَهُ لَحافِظُونَ (9)

Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar- benar memeliharanya.

bandingkan dgn informasi berikut :

Di sisi lain, temuan ini juga mengandung kontroversi lain. Hasil uji radiocarbon menunjukkan penggalan Al-Quran tersebut dipastikan berasal dari tahun 568 sampai 645 Masehi. Adapun Nabi Muhammad diyakini hidup antara tahun 570 sampai 632 Masehi. Nabi Muhammad baru menjadi Nabi pada usia 40 tahun, yakni sekitar tahun 610 Masehi. Dengan kata lain, bila tahun lahir manuskrip tersebut adalah sebelum 610 Masehi, itu berarti sebelum Nabi Muhammad resmi menjadi Nabi, sudah ada ayat-ayat yang sekarang dipercaya sebagai bagian Al-Quran. Ini bisa menjadi bahan penelitian baru.
...........

Sebelum manuskrip Al-Quran di Universitas Birmingham diuji radiocarbon, ada seorang Profesor asal Perancis, François Déroche, yang telah melakukan uji radiocarbon terhadap manuskrip Al-Quran yang terdapat di Perpustakaan Paris. Manuskrip itu, lanjut Mun’im, ditemukan dari sebuah masjid di Sana’a, Yaman, yang dibongkar pada tahun 1972. Bersama dua manuskrip Al-Quran itu, terdapat ribuan lembar manuskrip lainnya.

Dari uji radiocarbon terhadap manuskrip itu, Déroche menemukan asal-usul waktu yang berbeda. Yang menarik, salah satu manuskrip Al-Quran itu muncul diperkirakan pada tahun 433 sampai 599 M. Itu artinya, perkamen manuskrip Al-Quran itu muncul bahkan sebelum Nabi Muhammad lahir

Sumber :
Manuskrip Al-Quran Tertua di Inggris: Makna dan Kontroversinya
http://www.madinaonline.id/khazanah/manuskrip-al-quran-tertua-di-inggris-makna-dan-kontroversinya/

bandingkan dengan sumber berikut :

Terkuak, Sejarah di Balik Penemuan Alquran Tertua
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua?p=1
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua?p=2
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua?p=3
Ga ada yang perlu dipermasalahkan,  broer.....
Yang diukurkan bukan tulisannya,  tapi media tempat tulisan itu dibuat.
Jadi bisa aje kulit kayu atau kulit binatangnya lebih dulu ada,  no problem....

Neh, gue kutip dari sumber loe :

Namun Oman juga mengingatkan bahwa uji radiocarbon itu punya keterbatasan. Uji radiocarbon itu hanya mengungkap aspek kodikologis atau medium yang digunakan untuk menulis manuskrip itu.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 29, 2016 8:50 am

M ====> A =====> B ===== > C ======> D ======> E ======> F
bagaimana kalau A atau B atau C atau D atau E atau F
bohong/ngarang?


anas sekalipun tidak ada jaminan ia tidak bohong/ngarang cerita..
ADA/TIDAK KISAH YANG SAMA DICERITAKAN OLEH BANYAK ORANG/SAKSI??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Tue Mar 29, 2016 5:25 pm

@SEGOROWEDI wrote:M ====> A =====> B ===== > C ======> D ======> E ======> F
bagaimana kalau A atau B atau C atau D atau E atau F
bohong/ngarang?


anas sekalipun tidak ada jaminan ia tidak bohong/ngarang cerita..
ADA/TIDAK KISAH YANG SAMA DICERITAKAN OLEH BANYAK ORANG/SAKSI??
Maksud loe Anas bin Malik ?? Kalo Anas bin Malik ga perlu diragukan lagi....
Beliau dekat dengan Rasulullah sejak masih kanak2, tak heran kalo banyak meriwayatkan hadits.

ADA namanya HADIST MUTAWATIR. Hadist Mutawatirpun terikat dengan ketentuan/syarat.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 29, 2016 5:45 pm


perlu diuji dengan ini...
ADA/TIDAK KISAH YANG SAMA DICERITAKAN OLEH BANYAK ORANG/SAKSI LAIN??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Tue Mar 29, 2016 8:08 pm

Kan udeh dibilangin ADAAAAAA !!!
NAMANYA. HADIST  MUTAWATIR,   GORRRRRR !!!!

Neh, oleh2 dari Wiki buat loe....

https://ms.m.wikipedia.org/wiki/Hadis_Mutawatir

Hadis Mutawatir, iaitu hadis yang memiliki banyak sanad dan mustahil perawinya berdusta atas Nabi Muhammad saw, sebab hadis itu diriwayatkan oleh banyak orang dan disampaikan kepada banyak orang. Contohnya, "Barangsiapa berdusta atas namaku dengan sengaja, maka tempatnya dalam neraka. " (H.R Bukhari, Muslim, Ad Darimi, Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmizi,. Abu Ha'nifah, Tabrani, dan Hakim).

Menurut para ulama hadis, hadis tersebut di atas diriwayatkan oleh lebih dari seratus orang sahabat Nabi dengan seratus sanad yang berlainan. Oleh sebab itu jumlah hadis Mutawatir tidak banyak. Keseluruhan daripada ayat-ayat al-Quran adalah mutawatir, manakala terdapat sebahagian hadis sahaja yang mutawatir. Hadis yang tidak mencukupi syarat-syarat mutawatir dikenali sebagai Hadis Ahad.

Gimane gorrrr....puassss....???
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Tue Mar 29, 2016 9:35 pm

@cherish wrote:
@YADAH wrote:
@cherish wrote:
@YADAH wrote:dibuang gimane ? masih bertebaran tuh ...
alquran/hadis sama2 bersumber dri 1 orang diteruskan oleh para perawi
Alkitab ada manuskrip pembanding dijadikan patokan, Alquran ?
ya... dari yang jutaan itu kan yang lolos cuma belasan ribu doank....
dari yang belasan ribu itu juga terkualifikasi lagi atas beberapa kategori.
di kitab loe mana ngerti sistim kayak gini....Wong asal telen !!

Al Qur'an ga pake perawi, broer... kan sudah dibuat mushaf sejak zaman khalifah Usman (sahabar Rasul SAW)
kalo hadist kan kayak kitab loe...baru disusun beberapa generasi kemudian.. bedanya kitab loe matannya ga jelas.

ga ada tuh alkitab dijadikan patokan,  Al Qur'an adalah wahyu ALLAH SWT..tidak ada penambahan dan pengurangan walaupun cuma satu huruf

surah Al Hijr 9

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَ إِنَّا لَهُ لَحافِظُونَ (9)

Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar- benar memeliharanya.

bandingkan dgn informasi berikut :

Di sisi lain, temuan ini juga mengandung kontroversi lain. Hasil uji radiocarbon menunjukkan penggalan Al-Quran tersebut dipastikan berasal dari tahun 568 sampai 645 Masehi. Adapun Nabi Muhammad diyakini hidup antara tahun 570 sampai 632 Masehi. Nabi Muhammad baru menjadi Nabi pada usia 40 tahun, yakni sekitar tahun 610 Masehi. Dengan kata lain, bila tahun lahir manuskrip tersebut adalah sebelum 610 Masehi, itu berarti sebelum Nabi Muhammad resmi menjadi Nabi, sudah ada ayat-ayat yang sekarang dipercaya sebagai bagian Al-Quran. Ini bisa menjadi bahan penelitian baru.
...........

Sebelum manuskrip Al-Quran di Universitas Birmingham diuji radiocarbon, ada seorang Profesor asal Perancis, François Déroche, yang telah melakukan uji radiocarbon terhadap manuskrip Al-Quran yang terdapat di Perpustakaan Paris. Manuskrip itu, lanjut Mun’im, ditemukan dari sebuah masjid di Sana’a, Yaman, yang dibongkar pada tahun 1972. Bersama dua manuskrip Al-Quran itu, terdapat ribuan lembar manuskrip lainnya.

Dari uji radiocarbon terhadap manuskrip itu, Déroche menemukan asal-usul waktu yang berbeda. Yang menarik, salah satu manuskrip Al-Quran itu muncul diperkirakan pada tahun 433 sampai 599 M. Itu artinya, perkamen manuskrip Al-Quran itu muncul bahkan sebelum Nabi Muhammad lahir

Sumber :
Manuskrip Al-Quran Tertua di Inggris: Makna dan Kontroversinya
http://www.madinaonline.id/khazanah/manuskrip-al-quran-tertua-di-inggris-makna-dan-kontroversinya/

bandingkan dengan sumber berikut :

Terkuak, Sejarah di Balik Penemuan Alquran Tertua
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua?p=1
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua?p=2
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua?p=3
Ga ada yang perlu dipermasalahkan,  broer.....
Yang diukurkan bukan tulisannya,  tapi media tempat tulisan itu dibuat.
Jadi bisa aje kulit kayu atau kulit binatangnya lebih dulu ada,  no problem....

Neh, gue kutip dari sumber loe :

Namun Oman juga mengingatkan bahwa uji radiocarbon itu punya keterbatasan. Uji radiocarbon itu hanya mengungkap aspek kodikologis atau medium yang digunakan untuk menulis manuskrip itu.
dgn metode uji radiocarbon terbarukan itu, akurasinya > 98,896 % (yang dipakai oleh ilmuwan saat ini), berarti ada nilai default error rate s/d 1,104 % yg tidak mempengaruhi angka perhitungan obyek yg diteliti
dgn metodologi itu (radiocarbon) pada media yg ditulis,  hasilnya bahwa manuskrip Al-Quran (Sana'a Yaman), ternyata sudah tampil sejak tahun 433 sampai 599 M, Jauh sebelum Muhammad lahir

nah ... lho .... ???


Terakhir diubah oleh YADAH tanggal Tue Mar 29, 2016 11:10 pm, total 2 kali diubah

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Tue Mar 29, 2016 9:39 pm

@cherish wrote:Kan udeh dibilangin ADAAAAAA !!!
NAMANYA. HADIST  MUTAWATIR,   GORRRRRR !!!!

Neh,  oleh2 dari Wiki buat loe....

https://ms.m.wikipedia.org/wiki/Hadis_Mutawatir

Hadis Mutawatir, iaitu hadis yang memiliki banyak sanad dan mustahil perawinya berdusta atas Nabi Muhammad saw, sebab hadis itu diriwayatkan oleh banyak orang dan disampaikan kepada banyak orang. Contohnya, "Barangsiapa berdusta atas namaku dengan sengaja, maka tempatnya dalam neraka. " (H.R Bukhari, Muslim, Ad Darimi, Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmizi,. Abu Ha'nifah, Tabrani, dan Hakim).

Menurut para ulama hadis, hadis tersebut di atas diriwayatkan oleh lebih dari seratus orang sahabat Nabi dengan seratus sanad yang berlainan. Oleh sebab itu jumlah hadis Mutawatir tidak banyak. Keseluruhan daripada ayat-ayat al-Quran adalah mutawatir, manakala terdapat sebahagian hadis sahaja yang mutawatir. Hadis yang tidak mencukupi syarat-syarat mutawatir dikenali sebagai Hadis Ahad.

Gimane gorrrr....puassss....???
PALSUNYA 99,3 %,
DITERIMA (sebagian meragukan) 0,7 %
sampai saat ini semuanya 99,3 % + 0,7 % = semua hadis Imam Bukhari adalah PALSU + meragukan + sahih
kecuali hanya apabila Imam Bukhari masih hidup saat ini DAPAT MEMASTIKAN mana yang SAHIH



YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Wed Mar 30, 2016 12:28 am

@YADAH wrote:
@cherish wrote:
@YADAH wrote:
@cherish wrote:
@YADAH wrote:dibuang gimane ? masih bertebaran tuh ...
alquran/hadis sama2 bersumber dri 1 orang diteruskan oleh para perawi
Alkitab ada manuskrip pembanding dijadikan patokan, Alquran ?
ya... dari yang jutaan itu kan yang lolos cuma belasan ribu doank....
dari yang belasan ribu itu juga terkualifikasi lagi atas beberapa kategori.
di kitab loe mana ngerti sistim kayak gini....Wong asal telen !!

Al Qur'an ga pake perawi, broer... kan sudah dibuat mushaf sejak zaman khalifah Usman (sahabar Rasul SAW)
kalo hadist kan kayak kitab loe...baru disusun beberapa generasi kemudian.. bedanya kitab loe matannya ga jelas.

ga ada tuh alkitab dijadikan patokan,  Al Qur'an adalah wahyu ALLAH SWT..tidak ada penambahan dan pengurangan walaupun cuma satu huruf

surah Al Hijr 9

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَ إِنَّا لَهُ لَحافِظُونَ (9)

Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar- benar memeliharanya.

bandingkan dgn informasi berikut :

Di sisi lain, temuan ini juga mengandung kontroversi lain. Hasil uji radiocarbon menunjukkan penggalan Al-Quran tersebut dipastikan berasal dari tahun 568 sampai 645 Masehi. Adapun Nabi Muhammad diyakini hidup antara tahun 570 sampai 632 Masehi. Nabi Muhammad baru menjadi Nabi pada usia 40 tahun, yakni sekitar tahun 610 Masehi. Dengan kata lain, bila tahun lahir manuskrip tersebut adalah sebelum 610 Masehi, itu berarti sebelum Nabi Muhammad resmi menjadi Nabi, sudah ada ayat-ayat yang sekarang dipercaya sebagai bagian Al-Quran. Ini bisa menjadi bahan penelitian baru.
...........

Sebelum manuskrip Al-Quran di Universitas Birmingham diuji radiocarbon, ada seorang Profesor asal Perancis, François Déroche, yang telah melakukan uji radiocarbon terhadap manuskrip Al-Quran yang terdapat di Perpustakaan Paris. Manuskrip itu, lanjut Mun’im, ditemukan dari sebuah masjid di Sana’a, Yaman, yang dibongkar pada tahun 1972. Bersama dua manuskrip Al-Quran itu, terdapat ribuan lembar manuskrip lainnya.

Dari uji radiocarbon terhadap manuskrip itu, Déroche menemukan asal-usul waktu yang berbeda. Yang menarik, salah satu manuskrip Al-Quran itu muncul diperkirakan pada tahun 433 sampai 599 M. Itu artinya, perkamen manuskrip Al-Quran itu muncul bahkan sebelum Nabi Muhammad lahir

Sumber :
Manuskrip Al-Quran Tertua di Inggris: Makna dan Kontroversinya
http://www.madinaonline.id/khazanah/manuskrip-al-quran-tertua-di-inggris-makna-dan-kontroversinya/

bandingkan dengan sumber berikut :

Terkuak, Sejarah di Balik Penemuan Alquran Tertua
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua?p=1
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua?p=2
http://news.liputan6.com/read/2403225/terkuak-sejarah-di-balik-penemuan-alquran-tertua?p=3
Ga ada yang perlu dipermasalahkan,  broer.....
Yang diukurkan bukan tulisannya,  tapi media tempat tulisan itu dibuat.
Jadi bisa aje kulit kayu atau kulit binatangnya lebih dulu ada,  no problem....

Neh, gue kutip dari sumber loe :

Namun Oman juga mengingatkan bahwa uji radiocarbon itu punya keterbatasan. Uji radiocarbon itu hanya mengungkap aspek kodikologis atau medium yang digunakan untuk menulis manuskrip itu.
dgn metode uji radiocarbon terbarukan itu, akurasinya > 98,896 % (yang dipakai oleh ilmuwan saat ini), berarti ada nilai default error rate s/d 1,104 % yg tidak mempengaruhi angka perhitungan obyek yg diteliti
dgn metodologi itu (radiocarbon) pada media yg ditulis,  hasilnya bahwa manuskrip Al-Quran (Sana'a Yaman), ternyata sudah tampil sejak tahun 433 sampai 599 M, Jauh sebelum Muhammad lahir

nah ... lho .... ???

Yang gue bold....judulnya jelas ASAL MANGAP.
Muhammad SAW lahir tahun 571 M, broer...koq loe bisa bilang jauh sebelum Muhammad lahir ??
Dan beliau menjadi rasul tahun 610 M.  Lagian kan yang diuji media tempat penulisannya...
Kalo loe bikin coretan di dinding batu candi Borobudur....apa berarti coretan loe itu umurnya sama dengan candi Borobudur ???  Open your mind, broer....
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by cherish on Wed Mar 30, 2016 12:32 am

@YADAH wrote:
@cherish wrote:Kan udeh dibilangin ADAAAAAA !!!
NAMANYA. HADIST  MUTAWATIR,   GORRRRRR !!!!

Neh,  oleh2 dari Wiki buat loe....

https://ms.m.wikipedia.org/wiki/Hadis_Mutawatir

Hadis Mutawatir, iaitu hadis yang memiliki banyak sanad dan mustahil perawinya berdusta atas Nabi Muhammad saw, sebab hadis itu diriwayatkan oleh banyak orang dan disampaikan kepada banyak orang. Contohnya, "Barangsiapa berdusta atas namaku dengan sengaja, maka tempatnya dalam neraka. " (H.R Bukhari, Muslim, Ad Darimi, Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmizi,. Abu Ha'nifah, Tabrani, dan Hakim).

Menurut para ulama hadis, hadis tersebut di atas diriwayatkan oleh lebih dari seratus orang sahabat Nabi dengan seratus sanad yang berlainan. Oleh sebab itu jumlah hadis Mutawatir tidak banyak. Keseluruhan daripada ayat-ayat al-Quran adalah mutawatir, manakala terdapat sebahagian hadis sahaja yang mutawatir. Hadis yang tidak mencukupi syarat-syarat mutawatir dikenali sebagai Hadis Ahad.

Gimane gorrrr....puassss....???
PALSUNYA 99,3 %,
DITERIMA (sebagian meragukan) 0,7 %
sampai saat ini semuanya  99,3 % + 0,7 % = semua hadis Imam Bukhari adalah PALSU + meragukan + sahih
kecuali hanya apabila Imam Bukhari masih hidup saat ini DAPAT MEMASTIKAN mana yang SAHIH


Kasih sumbernya donk...!
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by YADAH on Wed Mar 30, 2016 12:36 am

bertarikh tahun 433 M s/d 599 M, artinya JAUH SEBELUM Muhammad lahir (433 M) = 138 taon (571-433 M)  SAMPAI DENGAN umur 28 taon (599 - 571 M), malah sebelum jadi2an nabi ....Alqurannya sudah ada
yg diuji semuanya termasuk medianya,  begoetsssss amat siiiihhhhh  ....

sumber ???.... udah tuh di atas seukuwah....eh segodang maksudnya, tinggal akal sehat yg dipakai


YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: sanad dan matan hadist

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 13 Previous  1, 2, 3, 4 ... 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik