FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

bersumpah atas nama nabi = syirik

Halaman 3 dari 3 Previous  1, 2, 3

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

bersumpah atas nama nabi = syirik

Post by keroncong on Sun Nov 04, 2012 2:08 am

First topic message reminder :

Bersumpah atas nama Nabi saw. atau nama makhluk selainnya merupakan suatu kemungkaran besar dan termasuk hal yang diharamkan dan bernuansa syirik, sehingga tidak boleh bagi seorangpun bersumpah kecuali atas nama Allah semata.

Imam Ibnu Abdil Barr rhm. meriwayatkan adanya ijma' (konsensus) tentang tidak bolehnya bersumpah atas nama selain Allah. Demikian pula, telah terdapat hadis-hadis yang sahih berasal dari Nabi saw. yang melarang hal itu dan mengategorikannya sebagai kesyirikan sebagaimana terdapat dalam kitab Ash-Shahihain dari Nabi saw. bahwasanya beliau bersabda, "Sesungguhnya Allah melarang kalian bersumpah atas nama nenek moyang kalian. Barang siapa ingin bersumpah, maka hendaknya bersumpah atas nama Allah atau lebih baik diam." Dalam lafaz lain disebutkan, "Maka janganlah dia bersumpah kecuali atas nama Allah." (HR. Bukhari dan Muslim).

Abu Dawud dan At-Tirmidzi telah mengeluarkan dengan sanad yang sahih dari Nabi saw., bahwasanya beliau bersabda, "Barang siapa yang bersumpah atas nama selain Allah, maka dia telah berbuat kekufuran dan kesyirikan." (HR. Tirmidzi).

Demikian pula telah terdapat hadis sahih bahwa beliau saw. bersabda, "Barang siapa bersumpah atas nama amanat (karena mensejajarkan dengan asma dan sifat Allah, pent.), maka dia bukan termasuk golongan kami." (HR. Abu Dawud).

Dan hadis-hadis tentang hal tersebut banyak sekali dan sudah diketahui. Oleh karena itu, adalah kewajiban bagi seluruh kaum muslimin untuk tidak bersumpah selain atas nama Allah semata dan tidak boleh bagi siapapun untuk bersumpah atas nama selain Allah siapapun dia, berdasarkan hadis-hadis yang telah disebutkan di atas, dan hadis-hadis yang lain. Juga bagi siapapun yang sudah terbiasa dengan hal itu untuk berhati-hati terhadapnya dan melarang keluarganya, teman-teman duduknya, serta orang yang lain dari melakukan hal itu dalam rangka melaksanakan sabda Nabi saw., "Barang siapa melihat suatu kemungkaran, maka hendaklah dia merubahnya dengan tangannya (wewenang yang dimiliki), jika tidak mampu melakukannya, maka dengan lisannya, dan jika tidak mampu melakukannya, maka dengan hatinya, dan ini adalah selemah-lemah iman." (Muslim).

Bersumpah atas nama selain Allah termasuk perbuatan syirik kecil berdasarkan hadis di atas. Namun bisa menjadi syirik besar bila di dalam hati orang yang bersumpah tertanam bahwa sesuatu yang dijadikannya sebagai sumpah tersebut berhak untuk diagungkan sebagaimana hak Allah atas hal itu, boleh disembah, atau dengan niat-niat kekufuran lainnya yang seperti itu.

Kita memohon kepada Allah agar menganugerahkan kepada kita kaum muslimin semuanya keselamatan dari hal itu dan mengaruniakan mereka pemahaman terhadap dinnya serta terbebas dari faktor-faktor yang dapat menyebabkan kemurkaan Alalh. Sesungguhnya dia Mahamendengar lagi Mahadekat.

Sumber: Kibat Ad-Da'wah, Juz II, hal. 28-29, dari fatwa syekh Bin Baz.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down


Re: bersumpah atas nama nabi = syirik

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 12, 2012 3:37 pm


masalahnya..
yang tidak menyahadati nabinua bukan cuman umat isa
tapi umat semua nabi-abi terdahulu, gak ada yang ,menyahadati nabinya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bersumpah atas nama nabi = syirik

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 12, 2012 3:40 pm

@erusi wrote:
Perintah mematuhi/mentaati rasul itu sudah dikira perintah syahadah. Ini kerana syahadah itu adalah memperakui atau menerima kenabian seseorang nabi itu. Mematuhi/mentaati rasul itu adalah hasilnya apa seseorang nabi itu diperakui kenabiannya. Justeru perintah mentaati Rasul itu bermakna perintah syahadah ke atas rasul tersebut.

taat/patuh memang harus..
tetapi menyahadatinya, gak pernah ada perintah dari aloh
cuman ke muhammad doang perintah itu ada
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bersumpah atas nama nabi = syirik

Post by erusi on Mon Nov 12, 2012 3:41 pm

@SEGOROWEDI wrote:
masalahnya..
yang tidak menyahadati nabinua bukan cuman umat isa
tapi umat semua nabi-abi terdahulu, gak ada yang ,menyahadati nabinya

Itu pemahaman yang salah. Sememangnya umat terdahulu meyahadati nabi mereka apabila mereka mengakui dan menerima nabi tersebut sebagai utusan Allah kepada mereka. Ini kerana syahadah itu bermaksud mengakui.

erusi
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 281
Kepercayaan : Islam
Location : Ipoh Malaysia
Join date : 11.09.12
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: bersumpah atas nama nabi = syirik

Post by abu hanan on Mon Nov 12, 2012 3:55 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@abu hanan wrote:
ukuran DARI DULU tuh pake standar mana?bibel?
atow gimana?kalow dari DULU tapi gak bawa keterangan selain DARI DULU kan juga es dawet alias ruwet...
http://www.laskarislam.com/t4297-syahadat-diantara-al-quran-dan-al-hadits#47052

quran kan juga memuat kisah dulu..
dari adam sampai isa, mana perintah aloh kepada nabi-nabi tersebut untuk disampaikan ke umatnya masing-masing bahwa mereka harus menyahadati dirinya?
selain menyahadati aloh..

ehmm
kalow anda menuntut SAMAH PERSIS seperti kalimat syahadat seperti muslim yah jangan harap bisa temukan.
tapi sodara2 sayah disini pasti akan memberi penjelasan bahwa syahadat adalah kesaksian bahwa apa yang dia ucapkan (kesaksian) membawa dampak/pengaruh tentang kesediaan/kerelaan untuk mengikuti apa yang terkandung dalam kesaksian tersebut.

contoh;ash shaf 14
sebagaimana Isa putra Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia, “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah?”
Para pengikut yang setia itu berkata, “Kamilah para penolong agama Allah.”


yang sayah garis bawahi itu HASIL dari syahadat mereka pada nabi isa aka yesus.

pak dhe sw wrote:masalahnya..
yang tidak menyahadati nabinua bukan cuman umat isa
tapi umat semua nabi-abi terdahulu, gak ada yang ,menyahadati nabinya
bukan gak ada..buginih loh pak dhe..........
kalow pengikutnyah gak ikutin nabi di masa itu yah artinyah mereka gak mau bersaksi atas kenabian beliow.

kalow umat di masa nabi itu memberi syahadat/kesaksian yah berarti mereka beriman pada beliow/nabi ybs.apapun yang disampaikan oleh sang nabi yah pengikutnyah mesti bilang SETUJU.gak boleh menyimpang dari kesaksian.

bugituh secara sederhananyah..........
dimana sayah post ttg abu bakar dan hindun bin utbah?lha pak dhe inih bikin orang muter2 lagih cari link....


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: bersumpah atas nama nabi = syirik

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 3 Previous  1, 2, 3

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik