FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Halaman 2 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by mang odoy on Tue Nov 06, 2012 5:17 am

First topic message reminder :

Terkait....KENEKADAN seorang netter Kristen yang MUNTAH DARAH debat masalah eksekusi Yesus korelasinya dengan An-Nisa 157...di tret ini..
http://www.laskarislam.com/t560p350-mang-odoy-vs-segorowedi-debat-seru-seputar-penyaliban

@mang odoy wrote:@SEGOROWEDI


kan sudah saya jawab dari dulu..
bukan penggalan dan isa bukan YESUS

Terus...menurut jeng nduss.....Isa di Al-Quran itu punya masalah/keterkaitan gak dengan ke KRISTENAN...??
monggo dijawab dulu..


saya tanya kisah isa di quran (anisa)
- siapa yang hendak mengeluarkan sumsum nabi isa?
- dan apa alasannya?


ADA/TIDAK?

jawab dulu nyong...pertanyaan gw diatas....

@mang odoy wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:Terus...menurut jeng nduss.....Isa di Al-Quran itu punya masalah/keterkaitan gak dengan ke KRISTENAN...??
monggo dijawab dulu..

gak

Lhaa...terus...ngapain lu pentang omong di forum ini...?????
Kalow emang Nabi Isa di Quran bukan Yesus di Bible...???



Hayoo...lanjutt ngocehnya dimari nduss ku sayang...

naksir


Terakhir diubah oleh mang odoy tanggal Sun Nov 11, 2012 7:35 am, total 1 kali diubah

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down


Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by mang odoy on Wed Nov 14, 2012 3:26 am

@Uriel


si odong wrote:
mangkanya....jawab dulu pertanyaan gw yang ini dul...

1. Kristen sekte mana aja yang TIDAK MENGAKUI bahwa Isa di Quran BUKAN Yesus di Kitab Kanonik.

Silahkan tampilkan referensi yang jelas...
Sanggup...??
lha...
1.Emang kristen sekte mane yang ngajarin isa=yesus di doktrinnya???katolik??

advent??calvin???bla bla bla???
silahkan tampilkan referensi yang jelas
apa lagi elo bilang elo ahli kristolog

yeuhhh...baca ku maneh jangg.... !! piss

1. KATOLIK

http://www.hidupkatolik.com/2012/06/26/nabi-isa

Rahmat Mulyono, Jombang

Pertama, memang benar apa yang dikatakan oleh Injil Lukas sangat mirip dengan apa yang ditulis dalam Al-Qur’an. Untuk membantu pembaca lain yang belum tahu, saya akan menyajikan di sini teks-teks dari kedua sumber.

Tentang pengandungan Yesus (Nabi Isa) secara ajaib dari Roh Kudus: "Dan Maryam putri Imran, yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan kepadanya sebahagian daripada ruh (ciptaan) Kami dan ia telah membenarkan kalimat-kalimat Tuhannya dan kitab-kitab-Nya dan adalah dia termasuk orang-orang yang taat." (At Tahrim 66:12).

(Jibril) berkata, "Aku hanyalah utusan Tuhanmu untuk memberikan kepadamu seorang anak laki-laki yang suci." Maryam berkata: "Bagaimana akan ada bagiku seorang anak, sedang aku belum pernah disentuh seorang laki-laki pun (suami) dan tiadalah aku perempuan jahat."

(Jibril) berkata, "Demikianlah." Tuhanmu berfirman, "Hal itu mudah bagi-Ku," Kami hendak menjadikannya sebagai tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami, dan adalah urusan itu telah ditetapkan." (Surat Maryam 19:19-21).

Yang dimaksud "menjadikan-Nya suatu tanda bagi manusia" adalah bahwa kelahiran Nabi Isa akan menjadi suatu wahyu bagi umat manusia sebab Dia lahir tanpa ayah manusiawi. Ungkapan "sebagai rahmat dari kami" berarti bahwa umat manusia akan diberkati oleh perwujudan tanda ini. Itulah kehendak yang sudah ditetapkan Allah.

Ayat-ayat Al-Qur'an di atas sangat mirip dengan ayat-ayat Injil Lukas, yaitu: Kata Maria kepada malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?" Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah yang mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kau lahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah" (Luk 1:34-35).

Lalu, Simeon memberkati mereka dan berkata kepada Maria, ibu Anak itu: "Sesungguhnya Anak itu ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan... supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang" (Luk 2:34-35).

Kedua, Al-Qur’an memang mengindikasikan bahwa Maryam dan Nabi Isa itu dilindungi dari dosa, karena dia dilindungi dari s*t*n. "Sesungguhnya aku telah menamakannya Maryam dan aku memohon perlindungannya dan keturunannya kepada Engkau dari s*t*n yang terkutuk" (Al Imran 3:36). Kitab-kitab Perjanjian Baru memberikan kesaksian bahwa Yesus itu tidak berdosa (tentang ketidakberdosaan Yesus, lihat Majalah HIDUP No 32, 8 Agustus 2010). Keadaan tak berdosa ini adalah pengecuali yang diberikan hanya kepada Maryam dan Nabi Isa, anak Maryam.

Kesucian Nabi Isa juga dikatakan oleh Malaikat Jibril pada teks di atas: "Aku . . . memberikan kepadamu seorang anak laki-laki yang suci" (Maryam 19:19). "Suci" di sini artinya bahwa anak itu (Nabi Isa) tidak berdosa, kudus, dan murni. Karena itu, Nabi Isa juga tidak bercela dan sempurna.

Kepada Nabi Isa telah diberikan kuasa khusus dan Dia dipenuhi dengan Ruhul Kudus: "Dan Kami beri Isa putra Maryam beberapa keterangan (mukjizat) serta Kami perkuat Dia dengan Ruhulqudus (Jibril)" (Al Baqarah/Sapi Betina 2:253). Kekudusan Nabi Isa dinyatakan pula dengan menyebut Dia sebagai utusan Allah: "Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu adalah utusan Allah, dan (dijadikan) dengan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) ruh dari pada-Nya" (An Nisa 4:171).

Ketiga, kemiripan perwahyuan tentang pengandungan dan kelahiran serta kesucian Nabi Isa, bisa dijadikan titik tolak untuk lebih mendekatkan diri dengan saudara-saudari kita yang Muslim. Mungkin banyak hal tentang Nabi Isa yang belum saling diketahui oleh pihak lain. Pengetahuan yang lebih baik tentang kepercayaan saudara-saudari yang lain akan membuka jalan pada keakraban dan kerjasama dalam masyarakat. Semoga!



2. KRISTEN ADVENT BANGUN

http://www.sinarpelangi.com/mengoreksi-kebenaran/

Jika Anda baru mengetahui buku Mengoreksi Kebenaran ini, berikut uraiannya,

Kalau pendeta mengajak umat Kristiani untuk percaya kepada Alkitab, mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat yang telah mati untuk menebus dosa-dosa manusia dan akan kembali untuk menjadi hakim, itu sudah biasa.

Seorang pendeta Kristen Advent asal Manado, Robert P. Walean, Sr, menggagas “Islam Hanif.” Dengan gagasannya ini beliau menyeru tidak hanya umat Kristiani tapi juga umat Islam untuk,

•Meyakini bahwa Yesus Kristus yang dalam al-Qur’an disebut Isa al-Masih adalah Tuhan yang patut disembah selain Allah dan satu-satunya Juru Selamat sejati. Kalau begitu beliau hendak menggeser kedudukan Nabi Muhammad yang oleh umat Muslim dipercaya sebagai satu-satunya juru syafaat di hari kiamat.

•Beribadah di hari Sabat (Sabtu) dianggap wajib bukan hanya bagi umat Yahudi tapi juga bagi umat Kristiani dan Islam. Kalau begitu beliau menggeser kedudukan hari Jumat yang selama ini dianggap sebagai hari suci bagi umat Muslim.
•Kitab Taurat dan Injil (dan juga Zabur) oleh umat Muslim dipercaya telah dipalsukan dan tidak ada yang asli. Namun menurut Robert Walean, Taurat dan Injil masih terpelihara.
•Tidak kalah menariknya, beliau juga mengajak umat Muslim untuk percaya Trinitas (percaya bahwa Allah dalam tiga pribadi: Bapa, Putra, Roh Kudus). Kalau begitu beliau hendak meruntuhkan konsep monotheisme (tauhid) radikal yang merupakan konsep yang selama ini paling dipegang teguh dalam Islam.
Semuanya itu dipaparkan dengan menunjukkan kebenaran ayat-ayat al-Qur’an.


===================================================

kumaha jang....???
masih mau MUNAFIK......

usil

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by mang odoy on Wed Nov 14, 2012 3:35 am

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
amit amit jabang bayiiiii kristen yang satu ini...

DILADENI sebelah mana nya nyong...???

noo jawab dulu,,,,, si BAMBANG PERMANA dengan www.sarapanpagi.org nya itu KRISTEN atow KONG HU CHU...

malah cengengesan kaya kambinng lagi horni luh..... !!

ini antara kamu dan aku, bukan antara aku dan bp (atau siapapun)
apa dasarmu mengatakan Yesus = isa?

ayo dijawab, jangan ngacir terus sambil mewek..
ngece

nooo...BUKTI BUKTI..pelan namun pasti sudah TERSAJI...dan akan terus memenuhi lembar demi lembar di tret ini...

Kalo mau MEWEK sendiri dan MUNAFIK sendiri...MENGINGKARI bahwa Nabi Isa di Al-Quran DIAKUI oleh Manusia KRISTEN sebagai Yesus di Kitab Kanonik.....ya itu hak eluh....

Gw disini cuman mau membuktikan......kalo ada Muslim atow Kristen yang MENOLAK FAKTA dan DATA tentang hal ini...maka mereka adalah seorang yang MUNAFIK..!!

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 14, 2012 7:39 am

@mang odoy wrote:
nooo...BUKTI BUKTI..pelan namun pasti sudah TERSAJI...dan akan terus memenuhi lembar demi lembar di tret ini...

Kalo mau MEWEK sendiri dan MUNAFIK sendiri...MENGINGKARI bahwa Nabi Isa di Al-Quran DIAKUI oleh Manusia KRISTEN sebagai Yesus di Kitab Kanonik.....ya itu hak eluh....

Gw disini cuman mau membuktikan......kalo ada Muslim atow Kristen yang MENOLAK FAKTA dan DATA tentang hal ini...maka mereka adalah seorang yang MUNAFIK..!!

ring sidah siap..
ring announcer sudah memanggil kedua petarung..
wasit sudah siap dan penontong sudah membludak..

eeee... si petinju malah cuman bisa MEWEK
dan terkencing-kencing di atas ring..
nangis ngece ngece

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 14, 2012 7:44 am

@mang odoy wrote:
Seorang pendeta Kristen Advent asal Manado, Robert P. Walean, Sr, menggagas “Islam Hanif.” Dengan gagasannya ini beliau menyeru tidak hanya umat Kristiani tapi juga umat Islam untuk,

•Meyakini bahwa Yesus Kristus yang dalam al-Qur’an disebut Isa al-Masih adalah Tuhan yang patut disembah selain Allah dan satu-satunya Juru Selamat sejati.[/size] Kalau begitu beliau hendak menggeser kedudukan Nabi Muhammad yang oleh umat Muslim dipercaya sebagai satu-satunya juru syafaat di hari kiamat

kamu mengamini atau tidak?
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by mang odoy on Wed Nov 14, 2012 10:01 am

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
nooo...BUKTI BUKTI..pelan namun pasti sudah TERSAJI...dan akan terus memenuhi lembar demi lembar di tret ini...

Kalo mau MEWEK sendiri dan MUNAFIK sendiri...MENGINGKARI bahwa Nabi Isa di Al-Quran DIAKUI oleh Manusia KRISTEN sebagai Yesus di Kitab Kanonik.....ya itu hak eluh....

Gw disini cuman mau membuktikan......kalo ada Muslim atow Kristen yang MENOLAK FAKTA dan DATA tentang hal ini...maka mereka adalah seorang yang MUNAFIK..!!

ring sidah siap..
ring announcer sudah memanggil kedua petarung..
wasit sudah siap dan penontong sudah membludak..

eeee... si petinju malah cuman bisa MEWEK
dan terkencing-kencing di atas ring..
nangis ngece ngece

Gw dah kasih bukti-bukti...dan akan terus MENGALIR di tret ini..

Nah...sekarang giliran eluh....mana BUKTI-BUKTI untuk memperkuat hujjah eluh..bahwa.

"Nabi Isa di Al-Quran adalah BUKAN YESUS di Kitab Kanonik...!!"

Silahkan.....kalo modal cuman SMS ...penonton pengen MUNTAH baca postingan eluh ...

boong

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by mang odoy on Wed Nov 14, 2012 10:07 am

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
Seorang pendeta Kristen Advent asal Manado, Robert P. Walean, Sr, menggagas “Islam Hanif.” Dengan gagasannya ini beliau menyeru tidak hanya umat Kristiani tapi juga umat Islam untuk,

•Meyakini bahwa Yesus Kristus yang dalam al-Qur’an disebut Isa al-Masih adalah Tuhan yang patut disembah selain Allah dan satu-satunya Juru Selamat sejati.[/size] Kalau begitu beliau hendak menggeser kedudukan Nabi Muhammad yang oleh umat Muslim dipercaya sebagai satu-satunya juru syafaat di hari kiamat

kamu mengamini atau tidak?
ehmm

POINT dari pernyataan pendeta satress diatas...bukan masalah KETUHANAN..
Tapi sebagai BUKTI untuk mulut besar si uriel"....yang petantang petenteng minta bukti dari kalangan KRISTEN ADVENT...dan gw dah buktikan...

Jadi...POINT yang ingin gw sumpelin ke mata eluh adalah yang ini...

"Meyakini bahwa Yesus Kristus yang dalam al-Qur’an disebut Isa al-Masih"

dan bukan kelanjutan dari kalimat diatas, yang ini..

Tuhan yang patut disembah selain Allah dan satu-satunya Juru Selamat sejati

Jangan belagu o2n lu yee.... awas

Hayohh...mana BUKTI-BUKTI dari eluh...bahwa

"Nabi Isa di Al-Quran adalah BUKAN YESUS di Kitab Kanonik...!!"



Terakhir diubah oleh mang odoy tanggal Wed Nov 14, 2012 10:10 am, total 1 kali diubah

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 14, 2012 10:09 am

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
Seorang pendeta Kristen Advent asal Manado, Robert P. Walean, Sr, menggagas “Islam Hanif.” Dengan gagasannya ini beliau menyeru tidak hanya umat Kristiani tapi juga umat Islam untuk,

•Meyakini bahwa Yesus Kristus yang dalam al-Qur’an disebut Isa al-Masih adalah Tuhan yang patut disembah selain Allah dan satu-satunya Juru Selamat sejati.[/size] Kalau begitu beliau hendak menggeser kedudukan Nabi Muhammad yang oleh umat Muslim dipercaya sebagai satu-satunya juru syafaat di hari kiamat

kamu mengamini atau tidak?
ehmm

ayo jawab!
katanya SAMA...
ehmm
paling meweknya malah tambah kenceng..
ngece

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by mang odoy on Wed Nov 14, 2012 10:14 am

@SEGOROWEDI wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
Seorang pendeta Kristen Advent asal Manado, Robert P. Walean, Sr, menggagas “Islam Hanif.” Dengan gagasannya ini beliau menyeru tidak hanya umat Kristiani tapi juga umat Islam untuk,

•Meyakini bahwa Yesus Kristus yang dalam al-Qur’an disebut Isa al-Masih adalah Tuhan yang patut disembah selain Allah dan satu-satunya Juru Selamat sejati.[/size] Kalau begitu beliau hendak menggeser kedudukan Nabi Muhammad yang oleh umat Muslim dipercaya sebagai satu-satunya juru syafaat di hari kiamat

kamu mengamini atau tidak?
ehmm

ayo jawab!
katanya SAMA...
ehmm
paling meweknya malah tambah kenceng..
ngece

SAMA dalam SOSOK..... tapi BEDA dalam PANDANGAN...
pan udah jelas..Al-Quran MEMBANTAH abis abisan akan kehantuan Nabi Isa yang dianggap tuhan oleh mahluk mahluk setress sekelas eluh..

Si Paulus aja tidak menganggap Yesus Tuhan...nih baca..

1 Timothy 2:

(5) For there [is only] one God, and [only] one Mediator between God and men, the Man Christ Jesus,


Kalo mefet ketembok....keluar dah jurus 'belagu o2n nya"....

basi

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 14, 2012 10:20 am

@mang odoy wrote:
SAMA dalam SOSOK..... tapi BEDA dalam PANDANGAN...
pan udah jelas..Al-Quran MEMBANTAH abis abisan akan kehantuan Nabi Isa yang dianggap tuhan oleh mahluk mahluk setress sekelas eluh..

Si Paulus aja tidak menganggap Yesus Tuhan...nih baca..

1 Timothy 2:

(5) For there [is only] one God, and [only] one Mediator between God and men, the Man Christ Jesus,


Kalo mefet ketembok....keluar dah jurus 'belagu o2n nya"....
basi

kalau separo-separo ya namanya tidak sama dong!
piss

lagi..
- Yesus lahir di palungan
- isa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by mang odoy on Wed Nov 14, 2012 10:27 am

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
SAMA dalam SOSOK..... tapi BEDA dalam PANDANGAN...
pan udah jelas..Al-Quran MEMBANTAH abis abisan akan kehantuan Nabi Isa yang dianggap tuhan oleh mahluk mahluk setress sekelas eluh..

Si Paulus aja tidak menganggap Yesus Tuhan...nih baca..

1 Timothy 2:

(5) For there [is only] one God, and [only] one Mediator between God and men, the Man Christ Jesus,


Kalo mefet ketembok....keluar dah jurus 'belagu o2n nya"....
basi

kalau separo-separo ya namanya tidak sama dong!
piss

lagi..
- Yesus lahir di palungan
- isa?

Masalah kelahiran...Quran sudah jelas menyebutkan...di surah Maryam :16...dijelaskan bahwa Maryam pergi KE TIMUR....dan arah TIMUR dari Jerusalem.... bukanlah BETLEHEM...karena kalow diliat di peta atow pake GOOGLE EARTH sekalipun....Kota Betlehem ada di SEBELAH SELATAN JERUSALEM.

Pun begitu dengan masalah Pohon Korma dan Sungai. Betlehem sama sekali tidak memenuhi syarat. Situs yang dipercaya tempat brojolnya Yesus pun baru ditunjuk dan dibangun pada taun kurang lebih 326 Masehi oleh si Constantine dan Ibunya.

Al-Quran MENGKLARIFIKASI kekibulan kekibulan yang ada di Kitab Kanonik....yang dalam penyusunannyapun...banyak mengadopsi dari THE BIBLE OF "Q"...!! sebuah gospel yang disusun pada jaman awal oleh murid murid terdekat Yesus yang penyalinannya dihentikan karena pengaruh Gereja Jerusalem sudah KALAH PAMOR oleh Gereja Antiokhia pimpinan si Paulus.

Kembali ke topik...

"MANA BANTAHAN-BANTAHAN DARI ELUH...BAHWA NABI ISA DI QURAN BUKAN YESUS DI KITAB KANONIK....SESUAI DENGAN KENYATAAN YANG BEREDAR DARI KALANGAN KRISTEN SENDIRI....DAN BUKAN SECARA PEROARANGAN DARI ELUH...????"

Silahkan.... nge SMS mulu....keriting tuh jari...

basi

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 19, 2012 11:55 am

- Yesus lahir di palungan
- isa lahir di tmur, entah tmur mana.. pokoknya dibawah kurma

bererti TIDAK SAMA lagi......
panas

lagi:
- Yesus berayahkan Yusuf
- isa?
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by mang odoy on Tue Dec 04, 2012 11:50 pm

@SEGOROWEDI wrote:- Yesus lahir di palungan
- isa lahir di tmur, entah tmur mana.. pokoknya dibawah kurma

bererti TIDAK SAMA lagi......
panas

lagi:
- Yesus berayahkan Yusuf
- isa?
ehmm

Perbedaan kisah antara Bible dan Quran terkait Yesus/Nabi Isa...tidak berarti bahwa 2 orang itu adalah SOSOK YANG BERBEDA...

Quran MENGKLARIFIKASI...apa dan bagaimana yang sesungguhnya terjadi pada sosok Yesus di Bible....

Tapi nyatanya...Walow sudah berfungsi sebagai KLARIFIKASI....masih banyak ustat yang ceramah dengan lantangnya bahwa "NABI ISA LAHIR DI BETLEHEM".....

Bukti bukti diatas sudah MENGIBARKAN BENDERA KEBESARAN gw kalo NABI YESUS DI BIBLE adalah NABI ISA DI AL-QURAN.....

Sedangkan bendera luhh...???
Cuman daleman warna pink yang ada gambar Paulus lagi maen gundu.....

ketawa guling

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by ramayana on Sun Dec 09, 2012 1:28 pm

muslimlah yang percaya Yesus adalah Isa.

Kristen ga pernah percaya..

lha ibunya aja maryam saudara harun kok hahahaha..
padahal saudara harun adalah miryam. inilah kalau jibril salah info ke Muhammad hahahaha..

Yesus juga mati disalib. ga kayak Isa yang ga mati disalib.

bapaknya Maria bukan imran. kalau bapaknya miryam emang amran. hahahaha..

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by BiasaSaja on Sun Dec 09, 2012 2:22 pm

gue nonton dulu deh!! Bakal rame keknya ne pliss
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by putramentari on Sun Dec 09, 2012 2:49 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
NGOMEL tanda TAK MAMPU...
bawa kesini aja buktinya...kalo KEKERISTENAN SECARA GLOBAL...tidak mengakui bahwa Nabi Isa binti Maryam di Al-Quran adalah Yesus di Kitab Kanonik..
hayooo cepetan...!!

kristen gak pernah ngurusi isa binti maryam..
anak haram jadah yang dilahirkan seorang penzinah di bawah pohon kurmah

Di dalam sejarah bangsa israel hanya ada satu orang Perawan "Maryam/
Maria" yang lalu di anugerahi oleh Allah seorang Putera, Isa as, tanpa melalui
hubungan dengan seorang pria. Dan lebih dari seperempat bagian di dalam AlQuran
menceritakan kesesatan umat yang menganggap Isa as sebagai tuhan. Bila anda
tidak mengangganya sama, maka kepada siapa lagi ayat AlQuran tersebut ditujukan
?, karena tidak akan ada lagi umat sesat yang menganggap Isa as sebagai tuhan,
selain Kristen.

avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by ramayana on Sun Dec 09, 2012 4:02 pm

@putramentari wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
NGOMEL tanda TAK MAMPU...
bawa kesini aja buktinya...kalo KEKERISTENAN SECARA GLOBAL...tidak mengakui bahwa Nabi Isa binti Maryam di Al-Quran adalah Yesus di Kitab Kanonik..
hayooo cepetan...!!

kristen gak pernah ngurusi isa binti maryam..
anak haram jadah yang dilahirkan seorang penzinah di bawah pohon kurmah

Di dalam sejarah bangsa israel hanya ada satu orang Perawan "Maryam/
Maria" yang lalu di anugerahi oleh Allah seorang Putera, Isa as, tanpa melalui
hubungan dengan seorang pria. Dan lebih dari seperempat bagian di dalam AlQuran
menceritakan kesesatan umat yang menganggap Isa as sebagai tuhan. Bila anda
tidak mengangganya sama, maka kepada siapa lagi ayat AlQuran tersebut ditujukan
?, karena tidak akan ada lagi umat sesat yang menganggap Isa as sebagai tuhan,
selain Kristen.


1. tidak ada dalam sejarah israel ada Maria seorang perawan yang melahirkan anak.

2. Tidak pernah ada dalam ajaran kristen yang mengatakan Isa binti maryam binti imran sebagai Tuhan.

3. Yesus dalam ajaran Kristen adalah Firman TUHAN yang menjadi manusia. dan nama YESUS artinya TUHAN YHWH menyelamatkan. jadi menyebut YESUS=menyebut nama TUHAN.

4. Yesus disalib. Isa tidak!

5. Maryam saudara harun alias suku lewi, Maria suku yehuda keturunan daud!

6. Maria punya suami, Maryam tidak

7. Maria melahirkan di kandang domba, maryam dibawah pohon kurma

8. Yesus ga bisa ngomong saat dalam buaian, Isa bisa ngomong.

apanya yang sama??

sudah jelas salah satu kitab adalah kibulan!!

terserah.. kitab mana yang di percayai. kitab karangan 1 orang yang katanya dapat bisikan jibril, atau kitab yang sudah ratusan tahun ditulis sebelumnya.

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by putramentari on Sun Dec 09, 2012 5:54 pm

@ramayana wrote:muslimlah yang percaya Yesus adalah Isa.

Kristen ga pernah percaya..

lha ibunya aja maryam saudara harun kok hahahaha..
padahal saudara harun adalah miryam. inilah kalau jibril salah info ke Muhammad hahahaha..

Yesus juga mati disalib. ga kayak Isa yang ga mati disalib.

bapaknya Maria bukan imran. kalau bapaknya miryam emang amran. hahahaha..


kayaknya udah jadul banget argument ini :

27. Maka Maryam membawa anak itu kepada kaumnya dengan menggendongnya. Kaumnya
berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan sesuatu yang amat
mungkar.
28. Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali
bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina",

gak baca, itu adalah panggilan kaumnya kepada maryam, apakah panggilan tersebut bermakna sebenarnya

ne contoh di injil tentang panggilan kepada seseorang :

Yoh_1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

apa lantas yesus keturunan BINATANG
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by MeRoNGoS on Sun Dec 09, 2012 6:47 pm

Kalau secara kisah historis sudah beda, walau mengalami kejadian yg mirip, apa lantas mau dikatakan mereka adalah 2 pribadi yang sama ? Jelas tidak bisa cuy !

Kok Islam ni sampai mewek2 begini mengemis2 minta diakui Isa itu Yesus ?
Ga pede kali ni agama ck ck ck

Kalau kalian masih ngotot Isa dan Yesus adalah orang yang sama, kenapa kalian ngga mengikuti ajaran Yesus ?
Dan kenapa pula kisah Yesus yang tercatat sudah ada sebelum Muhammad menulisnya, malah diaku-aku PALSU ama gerombolan siberat dari Arab ini ? Lantas meng-laim bahwa cerita mereka yang benar ! Konyol ngga sih ?
Yang namanya plagiat itu ngelunjaknya jangan kebangetan usil

Contoh kasus :
Sama seperti cerita tentang asal nama Surabaya, diceritakan berasal dari legenda tentang pertarungan antara Suro dan Boyo, dan hal ini telah diketahui berabad2.....
Ujug2 datang manusia dari Perancis mengatakan bahwa asal kata Suroboyo yang benar itu telah dipalsukan, yang benar asal kata SUROBOYO adalah dari kata SERBEJE, berasal dari pertarungan SER dan BEJE

Uda liat sekarang ? Islam dalam hal mengusung tema tentang Yesus adalah dagelan !
Sudah untung itu wong Perancis nda dikeplak sama wong asli suroboyo
cubit

Yang ada malah Islam diketawain aja ama Kristen kalau masih berani ngusung cerita Yesus versi Quran lantas ngebuka congor lebar2 dan berkata : "CERITA KAMI YANG ASLI DAN BENAR"

Kalau Islam masih ngotot menyamakan Isa dan Yesus, berarti nih agama pengidap Inferior Syndrome, termasuk pengikutnya

MeRoNGoS
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 65
Kepercayaan : Protestan
Location : Surabaya
Join date : 17.11.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by putramentari on Sun Dec 09, 2012 8:02 pm

@MeRoNGoS wrote:Kalau secara kisah historis sudah beda, walau mengalami kejadian yg mirip, apa lantas mau dikatakan mereka adalah 2 pribadi yang sama ? Jelas tidak bisa cuy !

Kok Islam ni sampai mewek2 begini mengemis2 minta diakui Isa itu Yesus ?
Ga pede kali ni agama ck ck ck

Kalau kalian masih ngotot Isa dan Yesus adalah orang yang sama, kenapa kalian ngga mengikuti ajaran Yesus ?
Dan kenapa pula kisah Yesus yang tercatat sudah ada sebelum Muhammad menulisnya, malah diaku-aku PALSU ama gerombolan siberat dari Arab ini ? Lantas meng-laim bahwa cerita mereka yang benar ! Konyol ngga sih ?
Yang namanya plagiat itu ngelunjaknya jangan kebangetan

Contoh kasus :
Sama seperti cerita tentang asal nama Surabaya, diceritakan berasal dari legenda tentang pertarungan antara Suro dan Boyo, dan hal ini telah diketahui berabad2.....
Ujug2 datang manusia dari Perancis mengatakan bahwa asal kata Suroboyo yang benar itu telah dipalsukan, yang benar asal kata SUROBOYO adalah dari kata SERBEJE, berasal dari pertarungan SER dan BEJE

Uda liat sekarang ? Islam dalam hal mengusung tema tentang Yesus adalah dagelan !
Sudah untung itu wong Perancis nda dikeplak sama wong asli suroboyo


Yang ada malah Islam diketawain aja ama Kristen kalau masih berani ngusung cerita Yesus versi Quran lantas ngebuka congor lebar2 dan berkata : "CERITA KAMI YANG ASLI DAN BENAR"

Kalau Islam masih ngotot menyamakan Isa dan Yesus, berarti nih agama pengidap Inferior Syndrome, termasuk pengikutnya

posisi muslim disini jelas untuk mengkoreksi ALkitab :

QS
5:48




وَأَنزَلْنَا
إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ
وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ۖ فَاحْكُم بَيْنَهُم بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ ۖ وَلَا
تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ ۚ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنكُمْ
شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً
وَلَٰكِن لِّيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ إِلَى
اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ فِيهِ
تَخْتَلِفُونَ [٥:٤٨]

Dan Kami telah
turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang
sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian
terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa
yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan
meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara
kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki,
niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu
terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya
kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang
telah kamu perselisihkan itu,

﴿٤٨﴾
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by mang odoy on Sun Dec 09, 2012 9:24 pm

@ramayana wrote:muslimlah yang percaya Yesus adalah Isa.

Kristen ga pernah percaya..

lha ibunya aja maryam saudara harun kok hahahaha..
padahal saudara harun adalah miryam. inilah kalau jibril salah info ke Muhammad hahahaha..

bapaknya Maria bukan imran. kalau bapaknya miryam emang amran. hahahaha.


.


DAVID = DAUD
SULAEMAN = SOLOMON

ODOY = ODHY..

???? masih mo dipermasalahkan..???

Yesus juga mati disalib. ga kayak Isa yang ga mati disalib.

jiahhh ktinggalan kereta ternyata "juara' yang satu ini...

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by putramentari on Sun Dec 09, 2012 9:29 pm

@mang odoy,

ane nimbrung di trit panjenengan, gak papa ya
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by mang odoy on Sun Dec 09, 2012 9:37 pm

@putramentari wrote:@mang odoy,

ane nimbrung di trit panjenengan, gak papa ya

hajar miriingg blehhh....hi hi hi..

hantam pake Pukulan Sinar Matahari....wkwkwkwk

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by putramentari on Sun Dec 09, 2012 10:01 pm

@ramayana wrote:

3. Yesus dalam ajaran Kristen adalah Firman TUHAN yang menjadi manusia. dan nama YESUS artinya TUHAN YHWH menyelamatkan. jadi menyebut YESUS=menyebut nama TUHAN.



Yesus : יהושׁוּע

Isaiah : ישׁעיה

Isaiah malahan menyelamatkan TUHAN YHWH

apa gak hebat tuch Isaiah ( YESAYA )

avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by ramayana on Sun Dec 09, 2012 10:18 pm

@putramentari wrote:
@ramayana wrote:

3. Yesus dalam ajaran Kristen adalah Firman TUHAN yang menjadi manusia. dan nama YESUS artinya TUHAN YHWH menyelamatkan. jadi menyebut YESUS=menyebut nama TUHAN.



Yesus : יהושׁוּע

Isaiah : ישׁעיה

Isaiah malahan menyelamatkan TUHAN YHWH

apa gak hebat tuch Isaiah ( YESAYA )


gan, kita focus dulu. berarti udah klir ya.. Isa ama Yesus beda?

isaiah..

Isaiah ( /aɪˈzeɪ.ə/ or UK /aɪˈzaɪ.ə/;[2] Hebrew: יְשַׁעְיָהוּ, Modern Yeshayahu Tiberian Yəšạʻyā́hû ; Greek: Ἠσαΐας, Ēsaïās ; Arabic: شعيا Shaiya;[1] "Yahu is salvation"[3]) was a prophet who lived in the 8th-century BC Kingdom of Judah.[4][5] Jews and Christians consider the Book of Isaiah a part of their Biblical canon; he is the first listed (although not the earliest) of the neviim akharonim, the latter prophets.[6]

http://en.wikipedia.org/wiki/Isaiah

dimana lebih hebatnya? sama aja kan?

tetapi yang beda adalah Nama YESUS diberi langsung oleh TUHAN via malaikat.
ROH YESUS adalah ROH KUDUS.

dan ada ayat ini..

Yoh. 17:12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.


Nama YESUS itu bukan hebat hebatan arti. TETAPI memang TUHAN sendiri yang memberikan NAMA DIA didalam nama YESUS.
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by ramayana on Sun Dec 09, 2012 10:35 pm

@putramentari wrote:
@ramayana wrote:muslimlah yang percaya Yesus adalah Isa.

Kristen ga pernah percaya..

lha ibunya aja maryam saudara harun kok hahahaha..
padahal saudara harun adalah miryam. inilah kalau jibril salah info ke Muhammad hahahaha..

Yesus juga mati disalib. ga kayak Isa yang ga mati disalib.

bapaknya Maria bukan imran. kalau bapaknya miryam emang amran. hahahaha..


kayaknya udah jadul banget argument ini :

27. Maka Maryam membawa anak itu kepada kaumnya dengan menggendongnya. Kaumnya
berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan sesuatu yang amat
mungkar.
28. Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali
bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina",

gak baca, itu adalah panggilan kaumnya kepada maryam, apakah panggilan tersebut bermakna sebenarnya

ne contoh di injil tentang panggilan kepada seseorang :

Yoh_1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

apa lantas yesus keturunan BINATANG

ente bilang jadul kok masih aja ente ga ngerti..

Anak domba itu emang sebutan. untuk pengorbanan.

lha Isa itu dari maryam saudara harun anak imran!!

di Alkitab ada miryam saudara harun anak amram!!

jadi mohamad ceritanya keliru antara miryam dan maria. kenapa?

karena emang dalam bahasa aslinya nama mereka mirip.

Kel. 15:20 Lalu Miryam, nabiah itu, saudara perempuan Harun, mengambil rebana di tangannya, dan tampillah semua perempuan mengikutinya memukul rebana serta menari-nari.

ini dari wiki. http://en.wikipedia.org/wiki/Miriam

Miriam (Hebrew: מִרְיָם, Modern Miryam Tiberian Miryām ; Arabic: مريم (Maryam); see Miriam (given name)) was the sister of Moses and Aaron, and the daughter of Amram and Jochebed. She appears first in the Book of Exodus in the Hebrew Bible.

Ini Maria/Mary inu YESUS. http://en.wikipedia.org/wiki/Mary_(mother_of_Jesus)
Mary (Hebrew: מִרְיָם, Miriam; Aramaic: Maryām; Arabic: مريم, Maryam), variously called Saint Mary, Mother Mary, the Virgin Mary, the Theotokos, the Blessed Virgin Mary, Mary, Mother of God, and, in Islam, as Maryam, mother of Isa.

ente lihat? Miriam dan Maria dalam bahasa arab bunyinya sama.

dan ada orang yang ga bisa bedakan, terus buat kitab.. dan hasilnya adalah...... hahahahahaha..

ane tambahin yang amram.

Bil. 26:59 Dan nama isteri Amram ialah Yokhebed, anak perempuan Lewi, yang dilahirkan bagi Lewi di Mesir; dan bagi Amram perempuan itu melahirkan Harun dan Musa dan Miryam, saudara mereka yang perempuan.

dari wiki. http://en.wikipedia.org/wiki/Amram
In the Book of Exodus, Amram (Hebrew: עַמְרָם, Modern Amram Tiberian ʻAmrām ; Friend of the most high/The people are exalted) Arabic عمران Imran, is the father of Aaron, Moses, and Miriam and the husband of Jochebed.[1]

bisa disimpulkan?? ada yang ga bisa bedakan Miriam dan maria. hahahahaha...


Terakhir diubah oleh ramayana tanggal Sun Dec 09, 2012 10:42 pm, total 2 kali diubah
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: SEGOROWEDI : Isa di 4:157..BUKAN "Yesus" di Yohanes 19:33

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik