FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

keutamaan air zam-zam

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

keutamaan air zam-zam

Post by darussalam on Tue Nov 06, 2012 3:51 pm

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Rasulullah saw beserta keluarga dan segenap sahabatnya serta seluruh kaum Muslimin yang mengikutinya. Amma ba'du.

Wahai kaum Muslimin,
Bertakwalah kepada Allah, dan ketauhilah sesungguhnya sebaik-baik penampilan seorang Muslimin berpegang teguh pada sunnah Rasulullah, akhlak dan keutamaan beliau. Dan disaat pelaksanaan haji seperti sekarang ini, bagi yang melaksanakannya, minum air zam zam adalah perbuatan yang menunjukkan kesempurnaan iman seseorang. Baru saja sebagian kaum muslimin Indonesia melaksanakan ibadah haji ke negeri dimana tempat turunnya wahyu Ilahi. Di negeri itulah dapat diperoleh air zam-zam. Manusia paling utama ialah orang yang mengamalkan tuntutan Rasulullah saw dan mengikuti jejak beliau. Barangsiapa berpegang teguh kepadanya dan mengamalkan petunjuk-petunjuknya, maka ia akan selamat dari segala fitnah dan sampai ketepi tujuan yang abadi dalam keadaan ridha dan bahagia. Para sahabat Rasul saw sangat gemar meminum air zam zam, dan mereka saling berebut meminumnya sepuas-puasnya, hingga Allah SWT memberi kemanfaatan yang banyak kepada mereka oleh sebab air zam zam. Dan perbuatan mereka ini semata-mata mengikuti jejak dan petunjuk Rasulullah saw.

Wahai hamba Allah,
Ketahuilah, bahwa dalam hal meminun air zam zam ada tatacara yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim. Ia harus memenuhi ketentuan-ketentuan yang ada jika hendak minum air yang penuh berkah ini. Ada sebuah riwayat yang diceritakan oleh Muhammad bin 'Abdu 'r-Rahman bin Abu Bakar, dia bercerita: Saya sedang berada di hadapan sahabat 'Abdu 'l-Lah bin 'Abbas ra., tiba-tiba datang seorang lelaki. Sahabat Ibnu 'Abbas bertanya, "Dari mana engkau datang?" Dia menjawab, "Dari telaga zam zam." lbnu 'Abbas bertanya, "Apakah engkau meminumnya sebagaimana mestinya?" Dia bertanya, "Bagaimana caranya?" Ibnu 'Abbas berkata, "Apabila engkau meminum air zamzam, menghadaplah ke arah kiblat, sebutlah nama Allah, bernapaslah tiga kali padanya dan minumlah hingga kenyang. Jika telah selesai bersyukurlah kepada Allah dengan memuji-Nya, karena Rasulullah saw. pernah bersabda:"Tanda antara kita dengan orang-orang munafik ialah, bahwa mereka tidak pernah minum air zamzam sekenyang-kenyangnya."

Wahai kaum Muslimin rahimakumullah!
Sesungguhnya tata cara yang paling baik ialah memakai etika yang baik lagi suci seperti telah disebutkan tadi, apabila seseorang hendak meminum air zam zam. Yakni, etika yang telah ditunjukkan oleh Rasulullah saw secara lengkap. Sebab, sunnah Rasulullah saw adalah bagaikan mutiara paling berharga yang di dalamnya terkandung akhlak mulia dan utama, yang dapat mengangkat jiwa seseorang ke arah kesempurnaan dan mengantarkannya meraih apa yang dicita-citakannya. Kami memohon taufik kepada Allah dan kami berserah diri kepada-Nya. Hanya kepada-Nya-lah kami memohon perlindungan.

Allah SWT telah berfirman yang artinya:
"Barangsiapa yang menaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah menaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka."
(An-Nisa': 80).

Sumber: Khutbah Jumat Masjidil Haram, Syekh Abdullah Ibnu Muhammad al-Khulaifi
avatar
darussalam
Co-Administrator
Co-Administrator

Male
Posts : 411
Kepercayaan : Islam
Location : Brunei Darussalam
Join date : 25.11.11
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik