FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by erusi on Sun Nov 11, 2012 9:06 am

First topic message reminder :


Lagi permasalahan ayat di dalam bible kristian itu. Sekarang kita lihat pula ayat Genesis 5:6. Ianya adalah ayat yang memaklumkan umur Seth ketika melahirkan anaknya iaitu Enos. Terlebih dahulu kita lihat di dalam beberapa kitab terjemahan di bawah. Linknya http://mlbible.com/genesis/5-6.htm

Maka Set itu hidup seratus lima tahun lamanya, lalu beranak Enos.
Indonesia - Terjemahan Lama

Seth lived one hundred five years, and became the father of Enosh.
World English Bible

Justeru kitab terjemahan menyebutkan umur Seth ketika melahirkan Enos adalah 105 tahun. Sekarang kita lihat pula apa yng dituliskan di dalam manuskript-manuskript Greek dan Hebrew bagi ayat Genesis 5:6 ini.

Kitab Greek
Sekarang kita lihat pula dalam kitab Septuaginta Greek bagi ayat Genesis 5:6 di link http://www.ellopos.net/elpenor/physis/septuagint-genesis/5.asp

Ianya dituliskan seperti di bawah.

Ἔζησεν δὲ Σηθ διακόσια καὶ πέντε ἔτη καὶ ἐγέννησεν τὸν Ενως.

Di dalam link yang sama juga disertakan terjemahan bagi Septuaginta Greek ini iaitu seperti di bawah,

Now Seth lived two hundred and five years, and begot Enos.

Justeru manuskript Septuaginta Greek menyebutkan bahawa umur Seth ketika melahirkan Enos adalah 205 tahun dan bukannya 105 tahun seperti dinyatakan oleh kitab-kitab terjemahan. Sekarang kita lihat lagi ayat Genesis 5:6 ini di dalam kitab Greek yang lain iaitu Apostolic Bible Polyglot di link http://apostolic.interlinearbible.org/genesis/5.htm

Ianya dituliskan seperti di bawah.

έζησε δε Σηθ πέντε και διακόσια έτη και εγέννησε
lived And Seth five and two hundred years, and he procreated

τον Ενώς
Enos


Justeru jelas bahawa kitab Greek mencatatkan umur Seth ketika melahirkan Enos adalah 205 tahun.


Kitab Hebrew
Sekarang kita lihat pula ayat Genesis 5:6 di dalam manuskript Hebrew. Linknya http://biblos.com/genesis/5-6.htm

Ianya tertulis di bawah

וַֽיְחִי־ lived
שֵׁ֕ת Seth
חָמֵ֥שׁ and five
שָׁנִ֖ים years
וּמְאַ֣ת hundred
שָׁנָ֑ה years
וַיּ֖וֹלֶד and became
אֶת־
אֱנֽוֹשׁ׃ of Enosh


Di dalam link yang sama disertakan kitab terjemahannya iaitu
KJV with Strong's
And Seth lived an hundred __ and five years and begat Enos

Justeru manuskript Hebrew ini tidak menyamai manuskript Greek. Ini kerana manuskript menyebutkan umur Seth ketika melahirkan Enos adalah 205 tahun, manakala manuskript Hebrew pula menyebutkan umur Seth ketika melahirkan Enos adalah 105 tahun. Justeru kitab mana yang benar-benar menyamai autograph bagi ayat Genesis 5:6 ini? Dipersilakan pihak kristian menjawabnya dengan mengemukakan bukti-bukti yang bersifat pasti. Apa-apa pun ini adalah lagi satu bukti bahawa manuskript bible itu sudah mengalami pengubahan dan kesalahan.





erusi
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 281
Kepercayaan : Islam
Location : Ipoh Malaysia
Join date : 11.09.12
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down


Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by EHAN on Wed Nov 14, 2012 9:19 am

@bezat wrote:@Ehan,

Sebaiknya anda mempelajari dulu apa maksud manuskrip dan terutama DSS, sehingga diskusi nya tidak seperti menggatang angin.

Shukran.
ya,, anda sendiri mengatakan,, ada manuskrip asli berupa gulungan,, saya hanya menyanggah,, jaman nabi musa,, 10 perintah Allah di tulis di batu ( tabut ),,, saya bawa tulisan ucapan doctor,,
anda yang ngaco atau saya,,, manuskrip anda juga salinan + tambahan2 revisi + tidak murni..

contoh kecil ya ayat yang di bahas di treat ini... basi basi
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by SEGOROWEDI on Fri Nov 16, 2012 6:13 pm

@EHAN wrote:manuskrip anda juga salinan + tambahan2 revisi + tidak murni..

teks ratusan bahkan ribuan tahun ya harus disolan-salin dong..
mana ada media tulis yang awet selama itu?
ehmm

*tuduhan ngawur
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by EHAN on Fri Nov 16, 2012 6:23 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@EHAN wrote:manuskrip anda juga salinan + tambahan2 revisi + tidak murni..

teks ratusan bahkan ribuan tahun ya harus disolan-salin dong..
mana ada media tulis yang awet selama itu?
ehmm

*tuduhan ngawur
ehmm
ehh we,, saudara seiman lu yang bilang ada teks asli, protes sama dia,, saya nga nuduh,, bukti yang berbicara.. basi basi
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by SEGOROWEDI on Fri Nov 16, 2012 6:32 pm


teks asli itu ya yang disolan-salin itu..
wajar to kalau teks asli tertentu ada bagian yang rusak sehingga ketika disalin tidak akurat, berbeda dengan salinan teks lain..
itu alami dan manusiawi saja..

tapi secara substansi/pokok ajaran..
apa masalahnya 105/205??
piss

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by EHAN on Fri Nov 16, 2012 6:40 pm

teks asli itu ya yang disolan-salin itu..
wajar to kalau teks asli tertentu ada bagian yang rusak sehingga ketika disalin tidak akurat, berbeda dengan salinan teks lain..
itu alami dan manusiawi saja..
ohh bener itu,, saudara lu aneh ya,, masa dia bilang ada teks asli...nga akurat ( cacat )


tapi secara substansi/pokok ajaran..
apa masalahnya 105/205?
1 abad brooo bedanya. bukan 1 menit, 1 jam, atau 1 hari.. lain waktu lain cerita lain keadaan,,
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by SEGOROWEDI on Fri Nov 16, 2012 6:48 pm

@EHAN wrote:ohh bener itu,, saudara lu aneh ya,, masa dia bilang ada teks asli...nga akurat ( cacat )

kalau tulisan ada yang luntur, sehingga tidak jelas..
kan wajar saja penyalin menyalinnya tidak sama dengan sebelum luntur
itu alami dan manusiawi, justeru tuduhan merubah/merevisi itu yang konyoll

@EHAN wrote:1 abad brooo bedanya. bukan 1 menit, 1 jam, atau 1 hari.. lain waktu lain cerita lain keadaan,,

toh cuman soal umur..
apa pengaruhnya pada substansi pengajaran?
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by EHAN on Fri Nov 16, 2012 6:54 pm

kalau tulisan ada yang luntur, sehingga tidak jelas..
kan wajar saja penyalin menyalinnya tidak sama dengan sebelum luntur
itu alami dan manusiawi, justeru tuduhan merubah/merevisi itu yang konyoll
ya mbok di bahas dulu, jadi nga beda2 biar satu,,, jadi nga cacat,,

toh cuman soal umur..
apa pengaruhnya pada substansi pengajaran?
ketiwi bagaimana mau di percaya ajarannya kalau ada cacat,,,
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by janganbilangbilang on Fri Nov 16, 2012 7:16 pm

@SEGOROWEDI wrote:
teks asli itu ya yang disolan-salin itu..
wajar to kalau teks asli tertentu ada bagian yang rusak sehingga ketika disalin tidak akurat, berbeda dengan salinan teks lain..
itu alami dan manusiawi saja..

tapi secara substansi/pokok ajaran..
apa masalahnya 105/205??
piss

lantas roh kudus dimana...??? piss
kok bisa rusak..?? kok gak terjaga..?? kok tidak akurat..?? katanya kitab tuhan toh..?? mosok ada salahnya..?? usil
avatar
janganbilangbilang
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 71
Posts : 507
Kepercayaan : Islam
Location : Sulawesi
Join date : 09.04.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by SEGOROWEDI on Fri Nov 16, 2012 7:25 pm

@EHAN wrote:ya mbok di bahas dulu, jadi nga beda2 biar satu,,, jadi nga cacat,,
ketiwi bagaimana mau di percaya ajarannya kalau ada cacat,,,

- tugas penyalin hanya menyalin, lagian rausan/rbuan tahun yang lalu mana ada konggres-konggresan, naif banget kamu..
piss
- asal tahu duduk persoaloannya, no problemo.. (alami dan manusiawi, tidak perlu main bakar-bakaran teks kitab suci kek yang dilakukan usman, bodoh banget..)
piss

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by SEGOROWEDI on Fri Nov 16, 2012 7:28 pm

@janganbilangbilang wrote:
lantas roh kudus dimana...??? piss
kok bisa rusak..?? kok gak terjaga..?? kok tidak akurat..?? katanya kitab tuhan toh..?? mosok ada salahnya..?? usil

pokok pengajarannya tetep terjaga kok..
atas sejarah pewarisan sepanjang ribuan tahun, tidak ada teks yang mengalahkan alkitab dalam hal akurasi dan validitas..
*bandingkan dengan teks quran yang baru kemarin sore dibikin sudah hangus jadi abu..
piss

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by EHAN on Fri Nov 16, 2012 7:41 pm

- tugas penyalin hanya menyalin, lagian rausan/rbuan tahun yang lalu mana ada konggres-konggresan, naif banget kamu..
penyalin sok tahu,, nga tanya2 dulu,, jadi domba tersesat deh,,,
asal tahu duduk persoaloannya, no problemo.. (alami dan manusiawi, tidak perlu main bakar-bakaran teks kitab suci kek yang dilakukan usman, bodoh banget..)
benar banget,, harus tahu duduk persoalannya,, daripada bikin bingung umat,, di ambil keputusan bersama, musyawarah ( maju banget pemikirannya),, di hancur dialek yang lain... pakai 1, biar umat satu bahasa.. Umar cerdas euii...

nga seperti penyalin, nga tanya2, main tebak2 buah manggis aja,,dudul banget keputusannya basi
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by SEGOROWEDI on Fri Nov 16, 2012 7:45 pm

@EHAN wrote:penyalin sok tahu,, nga tanya2 dulu,, jadi domba tersesat deh,,,

tanya siapa? lha wong ahlinya adalah dia..
piss

@EHAN wrote:di hancur dialek yang lain... pakai 1, biar umat satu bahasa.. Umar cerdas euii...

punya hafsa dialek apa?
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by EHAN on Fri Nov 16, 2012 7:55 pm

tanya siapa? lha wong ahlinya adalah dia..
ahlinya ja blepotan,, lalai,, masa injil sampai rusak baru disalin lagi,, ketahuan cuma disimpan, tapi nga di baca,, eh tahu2 rusak... penyalin dudul,,

UMAR CERDAS,, NGA AMBIL KEPUTUSAN SENDIRI WALAU IA SEORANG PEMIMPIN...

punya hafsa dialek apa?
ngetessss....
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by SEGOROWEDI on Fri Nov 16, 2012 8:07 pm

@EHAN wrote:ahlinya ja blepotan,, lalai,, masa injil sampai rusak baru disalin lagi,, ketahuan cuma disimpan, tapi nga di baca,, eh tahu2 rusak... penyalin dudul,,

mana belepotannya?
pokok pengajarannya tidak berubah sedikitpun, itu sangat luar biasa atas teks yang terwariskan ribuan tahun
nice info

@EHAN wrote:UMAR CERDAS,, NGA AMBIL KEPUTUSAN SENDIRI WALAU IA SEORANG PEMIMPIN...

menurutku bodohnya gak ketulungan..
soal dialek aja diribetin, malah naskah-naska quran asli dibakari..
kalau saja muhammad masih hidup, bisa dipancung dia..

ayo jawab:
musaf hafsa berdialek apa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by EHAN on Fri Nov 16, 2012 8:15 pm

mana belepotannya?
pokok pengajarannya tidak berubah sedikitpun, itu sangat luar biasa atas teks yang terwariskan ribuan tahun
105 apa 205,, blepotan banget yang ngurus,,, sok tahu pula lagiii panas

menurutku bodohnya gak ketulungan..
soal dialek aja diribetin, malah naskah-naska quran asli dibakari..
kalau saja muhammad masih hidup, bisa dipancung dia..

kalau yang baca arab juga nga maslah,, tapi kalau non arab,,, kalau muhammad hidup,, di kasih JEMMPOLLL.. bisa memandang masalah yang bisa buat umat kebingungan,,, UMAR CERDAS...

musaf hafsa berdialek apa?
MALLASS,, knp? nga terima.. lu aja tantangan saya aja belum jawab.. malah ngasih tantangan baru... weeeeweee, wewe.
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by bezat on Sat Nov 17, 2012 12:24 pm

@EHAN wrote:
@bezat wrote:@Ehan,

Sebaiknya anda mempelajari dulu apa maksud manuskrip dan terutama DSS, sehingga diskusi nya tidak seperti menggatang angin.

Shukran.
ya,, anda sendiri mengatakan,, ada manuskrip asli berupa gulungan,, saya hanya menyanggah,, jaman nabi musa,, 10 perintah Allah di tulis di batu ( tabut ),,, saya bawa tulisan ucapan doctor,,
anda yang ngaco atau saya,,, manuskrip anda juga salinan + tambahan2 revisi + tidak murni..

contoh kecil ya ayat yang di bahas di treat ini... basi basi

Menggunakan cara pikir anda : harusnya anda MAMPU MEMBERIKAN REKAMAN suara Jibril pada Muhammad untuk membuktikan keaslian quran, bukan cuman KLAIM DOANG.

bezat
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 152
Kepercayaan : Protestan
Location : Kota Kafir
Join date : 05.10.12
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by SEGOROWEDI on Sat Nov 17, 2012 1:04 pm

@EHAN wrote:105 apa 205,, blepotan banget yang ngurus,,, sok tahu pula lagiii

gak ngefek apa-apa, intinya ratusan tahun..
piss

@EHAN wrote:kalau yang baca arab juga nga maslah,, tapi kalau non arab,,, kalau muhammad hidup,, di kasih JEMMPOLLL.. bisa memandang masalah yang bisa buat umat kebingungan,,, UMAR CERDAS...

non arab tinggal diterjemahin dong..
dialek gak masalah kan?, maka bodoh banget kalau naskah asli malah dibakar
untung muhammad sudah mati, kalau masih hidup bakal dipancung dia
ehmm

@EHAN wrote:MALLASS,, knp? nga terima.. lu aja tantangan saya aja belum jawab.. malah ngasih tantangan baru... weeeeweee, wewe.

dialek quraisy kan?
ngapain usman bikin dialek quraisy yang baru?

piss piss

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by erusi on Thu Feb 21, 2013 9:44 pm

@SEGOROWEDI wrote:
keduanya turunan/salinan/terjemahan..
jadi bisa saja akhirnya menghasilkan teks yang 'berbeda' karena sepanjang sejarah pewarisannya teks sumbernya mengalami kerusakan oleh faktor alam, sehingga ketika disalin bisa saja salah apakah angka terdepan tersebut '1' atau '2'.. ini hal yang alamiah dan manusiawi saja..
ehmm

Jadi sekarang kamu sudah mengakui bahawa antara manuskript-manuskript bible itu sendiri sudah wujud perbezaan. Justeru ini menunjukkan manuskript bible itu sudah mengalami pengubahan jika dibandingkan dengan autographnya, kerana jika tiada sebarang pengubahan maka tidak akan wujud sebarang perbezaan dari segi maknanya.

Justeru kita akan menemukan tiada sebarang kepastian jika kita merujuk kepada bible kerana sifatnya yang sudah mengalami pengubahan itu. Inilah satu permasalahan bible kristian yang tidak mampu dinafikan oleh penganut kristian itu sendiri. Sehingga bila-bila, penganut kristian itu sendiri tidak dapat mempastikan manakah ayat Genesis 5:6 yang benar dan manakah yang palsu. Justeru tiada kepastian yang dapat disandarkan jika merujuk kepada bible kristian itu.

erusi
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 281
Kepercayaan : Islam
Location : Ipoh Malaysia
Join date : 11.09.12
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by Paradise OK on Sat Aug 09, 2014 8:40 pm

5:6 Setelah Set hidup seratus lima tahun, ia memperanakkan Enos

kealpaan penyalinan ulang sehingga ada perbedaan angka itu manusiawi plus keadaan manuskripnya yg telah dimakan usia, toch tdk mengubah makna bahwa :

Set memperanakan Enos, maka Enos disebut anak Set
Saat set memperanakan Enos usianya > 100 tahun, suatu hal yg mustahil di abad sekarang

hal yg perlu dipertanyakan adalah seumpamanya ketika satu versi menyebutkan Set/person yg sama memperanakan Muhammad saw



Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Permasalahan ayat Genesis 5:6 dalam bible kristian

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik