FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by Admin on Sun Oct 09, 2011 4:13 pm

1. Siapa Yang Memberi Nama "Yesus"?
Menurut Matius 1:20-25, malaikat Tuhan bertemu dengan Yusuf dan memerintahkan Yusuf untuk memberi nama "Yesus" kepada anak yang akan dilahirkan oleh Maria. Tetapi menurut Lukas 1:28-35, malaikat Tuhan bertemu dengan Maria dan memerintahkannya untuk memberi nama "Yesus" pada anak yang akan dilahirkannaya.

2. Zaman Kelahiran Yesus.
Menurut Matius 2:1-8, Yesus dilahirkan pada zaman raja Herodes, tetapi menurut Lukas 2:1-20, Yesus dilahirkan pada zaman kaisar Agustus (sesudah zaman Herodes), yakni ketika diadakan sensus penduduk di Yedea.

3. Masa Kecil Yesus.
Menurut Matius 2:1-15, sesudah Yesus dilahirkan maka ia langsung dilarikan bersama ibunya oleh Yusuf ke Mesir sampai raja Herodes mati. Tetapi menurut Lukas 2:6-46, sesudah Yesus dilahirkan, ia dibawa ke Yerusalem kemudian ke Nazareth dan tinggal di sana selama 12 tahun.

4. Silsilah Yesus.
Menurut Matius 1:2-16, silsilah Yesus dari Abraham hingga Yesus terdiri atas 40 keturunan, tetapi menurut Lukas 3:23-34, silsilah Yesus dari Abraham hingga Yesus terdiri atas 56 keturunan. Disamping itu juga, nama-nama keturunan dalam kedua silsilah Yesus tersebut hampir semuanya berbeda.

5. Masa Berlaku Hukum Taurat.
Menurut Matius 5:17-20, hukum Taurat berlaku hingga hari kiamat dan barangsiapa yang hidupnya tidak lebih baik dari ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, maka ia tidak akan masuk ke dalam kerajaan surga. Tetapi menurut Lukas 16:16, hukum Taurat berlaku sampai kepada zaman Yohanes Pembaptis.
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://www.laskarislam.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by SEGOROWEDI on Sun Nov 20, 2011 8:00 pm

@Admin wrote:[color=black]1. Siapa Yang Memberi Nama "Yesus"?
Menurut Matius 1:20-25, malaikat Tuhan bertemu dengan Yusuf dan memerintahkan Yusuf untuk memberi nama "Yesus" kepada anak yang akan dilahirkan oleh Maria. Tetapi menurut Lukas 1:28-35, malaikat Tuhan bertemu dengan Maria dan memerintahkannya untuk memberi nama "Yesus" pada anak yang akan dilahirkannaya.

kontradiksinya dimana
keduanya diperintahkan untuk memberi nama anaknya 'Yesus'

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by Admin on Sun Nov 20, 2011 10:05 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Admin wrote:[color=black]1. Siapa Yang Memberi Nama "Yesus"?
Menurut Matius 1:20-25, malaikat Tuhan bertemu dengan Yusuf dan memerintahkan Yusuf untuk memberi nama "Yesus" kepada anak yang akan dilahirkan oleh Maria. Tetapi menurut Lukas 1:28-35, malaikat Tuhan bertemu dengan Maria dan memerintahkannya untuk memberi nama "Yesus" pada anak yang akan dilahirkannaya.

kontradiksinya dimana
keduanya diperintahkan untuk memberi nama anaknya 'Yesus'

1. Siapa Yang Memberi Nama "Yesus"?

Matius 1:20-25
1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. 1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." 1:22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: 1:23 "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" --yang berarti: Allah menyertai kita. 1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, 1:25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

Lukas 1;28-35
1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau."
1:29 Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu.
1:30 Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan."
1:34 Kata Maria kepada malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?"
1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.


Masih belum nyadar kontradiksinya dimana..
??
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://www.laskarislam.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 22, 2011 9:02 am

@Admin wrote:
1. Siapa Yang Memberi Nama "Yesus"?

Matius 1:20-25
1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. 1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." 1:22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: 1:23 "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" --yang berarti: Allah menyertai kita. 1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, 1:25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

Lukas 1;28-35
1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau."
1:29 Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu.
1:30 Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan."
1:34 Kata Maria kepada malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?"
1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.


Masih belum nyadar kontradiksinya dimana..
??

yang memberi nama ortunya
sama-sama memberinya nama 'Yesus'

mana pertentangannya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by Admin on Tue Nov 22, 2011 10:33 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Admin wrote:
1. Siapa Yang Memberi Nama "Yesus"?

Matius 1:20-25
1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. 1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." 1:22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: 1:23 "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" --yang berarti: Allah menyertai kita. 1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, 1:25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

Lukas 1;28-35
1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau."
1:29 Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu.
1:30 Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan."
1:34 Kata Maria kepada malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?"
1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.


Masih belum nyadar kontradiksinya dimana..
??

yang memberi nama ortunya
sama-sama memberinya nama 'Yesus'

mana pertentangannya?

Yang berkontradiksi adalah Proses penyampaian nama yang akan diberi kepada si baby (baca Yesus), apakah melalui Yusuf atau Maria...tidak ada ayat yg menjelasakan kepada kedua-duanya...
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://www.laskarislam.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by SEGOROWEDI on Thu Nov 24, 2011 9:44 am

@Admin wrote:Yang berkontradiksi adalah Proses penyampaian nama yang akan diberi kepada si baby (baca Yesus), apakah melalui Yusuf atau Maria...tidak ada ayat yg menjelasakan kepada kedua-duanya...

Maria disuruh menamakan 'Yesus'
Yusuf juga disuruh menamakan 'Yesus'
Pertentangannya dimana?
lol

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by sun-moon on Fri Nov 25, 2011 5:21 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Admin wrote:Yang berkontradiksi adalah Proses penyampaian nama yang akan diberi kepada si baby (baca Yesus), apakah melalui Yusuf atau Maria...tidak ada ayat yg menjelasakan kepada kedua-duanya...

Maria disuruh menamakan 'Yesus'
Yusuf juga disuruh menamakan 'Yesus'
Pertentangannya dimana?
lol

tuh boss, saya bantu 'underline' pertanyaan/yg dipermasalahkan TS.
harus tegas salah satu donk boss...
via Maria saja?
atau
via Yusuf saja?

yg bener yg mana?
kalau anda bersikukuh "maria & yusuf" atau "maria saja boleh" - "yusuf saja boleh"
yah...gak aci itu namanya boss....
denied dahulu masalah nama 'Yesus' nya....karena keduanya jelas namanya sama, yaitu 'Yesus'...
tapi.....
"via" nya ini yang dipermasalahkan....
versi PB-1 menyatakan bahwa: "malaikat datang ke Yusuf"
versi PB-2 menyatakan bahwa: "malaikat datang ke Maria"

apa ada versi lain mengatakan: "malaikat datang kepada keduanya yaitu: yusuf dan maria" --> kan tidak ada tuh.....

jadi nyang bener nyang mana boss? PB-1 atau PB-2? atau mesti di edit tuh salah satu? LoL
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by SEGOROWEDI on Fri Nov 25, 2011 5:53 pm

@sun-moon wrote:
tuh boss, saya bantu 'underline' pertanyaan/yg dipermasalahkan TS.
harus tegas salah satu donk boss...
via Maria saja?
atau
via Yusuf saja?

yg bener yg mana?
kalau anda bersikukuh "maria & yusuf" atau "maria saja boleh" - "yusuf saja boleh"
yah...gak aci itu namanya boss....
denied dahulu masalah nama 'Yesus' nya....karena keduanya jelas namanya sama, yaitu 'Yesus'...
tapi.....
"via" nya ini yang dipermasalahkan....
versi PB-1 menyatakan bahwa: "malaikat datang ke Yusuf"
versi PB-2 menyatakan bahwa: "malaikat datang ke Maria"

apa ada versi lain mengatakan: "malaikat datang kepada keduanya yaitu: yusuf dan maria" --> kan tidak ada tuh.....
jadi nyang bener nyang mana boss? PB-1 atau PB-2? atau mesti di edit tuh salah satu? LoL

kalau simbokmu disuruh simbahmu menamakanmu sun-moon
kalau bapakmu juga disuruh simbahmu menamakanmu sun-moon

pertentangannya dimana?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by sun-moon on Fri Nov 25, 2011 9:09 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@sun-moon wrote:
tuh boss, saya bantu 'underline' pertanyaan/yg dipermasalahkan TS.
harus tegas salah satu donk boss...
via Maria saja?
atau
via Yusuf saja?

yg bener yg mana?
kalau anda bersikukuh "maria & yusuf" atau "maria saja boleh" - "yusuf saja boleh"
yah...gak aci itu namanya boss....
denied dahulu masalah nama 'Yesus' nya....karena keduanya jelas namanya sama, yaitu 'Yesus'...
tapi.....
"via" nya ini yang dipermasalahkan....
versi PB-1 menyatakan bahwa: "malaikat datang ke Yusuf"
versi PB-2 menyatakan bahwa: "malaikat datang ke Maria"

apa ada versi lain mengatakan: "malaikat datang kepada keduanya yaitu: yusuf dan maria" --> kan tidak ada tuh.....
jadi nyang bener nyang mana boss? PB-1 atau PB-2? atau mesti di edit tuh salah satu? LoL

kalau simbokmu disuruh simbahmu menamakanmu sun-moon
kalau bapakmu juga disuruh simbahmu menamakanmu sun-moon

pertentangannya dimana?
cara berpikir dan logika anda memang 'rada-rada' ya...? xixixixi
anda bersikukuh pada "hasil akhir: sebuah nama yg sama"
padahal, yang dipermasalahkan adalah bukanlah itu. T.E.T.A.P.I. adalah 'sejarah' pemberian nama itu yang 'kontra' atau arti lain adalah: bertentangan atau b.e.r.b.e.d.a. (bisa membaca & berpikir rasional & logis gak sih?)
anda memberikan analogi nama saya (sun-moon), berasal dari si mbokku & bapakku.
itu bukan analogi yg bener sesuai TS duonk mas/mbak...
analoginya yg 'matching' begino:
"PB-1 mengatakan nama sun-moon berasal dari si mboknya"
"PB-2 mengatakan nama sun-moon berasal dari si bapaknya"

--> jadi, mas/mbak segorowedi, bukan masalah 'nama sun-moon' nya, tapi, "asalnya pemberian nama itu dari mana?" --> pilih salah satu, pb-1 atau pb-2 yg benar/confirmed...--> karena jelas disini ternyata pb-1 & Pb-2 tidak saling menguatkan, malah bertentangan...(nyang bener yg mana? yusuf? atau maria?) --> ttg 'yesus' mah gak ditanyain mas/mbak...jadi gak usah ikutan dulu, duduk dulu aja di bangku cadangan....LoL

dari malaikatnya --> sama. (malaikat/gabriel)
via (bapak atau ibunya) ---> berbeda. ---> nah, disini lho masalahnya om/tante/mas/mbak...
nama yg diberikan ---> sama. (Yesus)

--> anda berarti tidak faham/mengerti/menangkap; apa yang ditanyakan (inti pertanyaan), ini bahaya mas/mbak....karena akan memperlihatkan betapa "cerdasnya" anda...
haduh......
tolong.....
cape dehh....
ketawa guling

((((jadi, penasaran nih, coba si doi mau ngejawab gimana lagi..? ahahaha))))
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by Blueberry on Sat Nov 26, 2011 6:07 pm

maaf nech....sy ikutan....
dr berbagai topik permasalahan yg dibahas di sini...saya selalu menyimak dan membaca dan mengikuti...ternyata saudara segorowedi, hanya pinter memutar balikkan kata, pura2 ngga tahu...jadi terkesan diskusi ini sia2...cape dech

Blueberry
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Posts : 3
Join date : 25.11.11
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 29, 2011 7:48 am

@sun-moon wrote:
cara berpikir dan logika anda memang 'rada-rada' ya...? xixixixi
anda bersikukuh pada "hasil akhir: sebuah nama yg sama"
padahal, yang dipermasalahkan adalah bukanlah itu. T.E.T.A.P.I. adalah 'sejarah' pemberian nama itu yang 'kontra' atau arti lain adalah: bertentangan atau b.e.r.b.e.d.a. (bisa membaca & berpikir rasional & logis gak sih?)
anda memberikan analogi nama saya (sun-moon), berasal dari si mbokku & bapakku.
itu bukan analogi yg bener sesuai TS duonk mas/mbak...
analoginya yg 'matching' begino:
"PB-1 mengatakan nama sun-moon berasal dari si mboknya"
"PB-2 mengatakan nama sun-moon berasal dari si bapaknya"

--> jadi, mas/mbak segorowedi, bukan masalah 'nama sun-moon' nya, tapi, "asalnya pemberian nama itu dari mana?" --> pilih salah satu, pb-1 atau pb-2 yg benar/confirmed...--> karena jelas disini ternyata pb-1 & Pb-2 tidak saling menguatkan, malah bertentangan...(nyang bener yg mana? yusuf? atau maria?) --> ttg 'yesus' mah gak ditanyain mas/mbak...jadi gak usah ikutan dulu, duduk dulu aja di bangku cadangan....LoL

dari malaikatnya --> sama. (malaikat/gabriel)
via (bapak atau ibunya) ---> berbeda. ---> nah, disini lho masalahnya om/tante/mas/mbak...
nama yg diberikan ---> sama. (Yesus)

--> anda berarti tidak faham/mengerti/menangkap; apa yang ditanyakan (inti pertanyaan), ini bahaya mas/mbak....karena akan memperlihatkan betapa "cerdasnya" anda...
haduh......
tolong.....
cape dehh....
ketawa guling

((((jadi, penasaran nih, coba si doi mau ngejawab gimana lagi..? ahahaha))))

asalnya malah dari malaikat
malaikat menyruh menamakan dia 'yesus' baik kepada maria maupun yusuf
pertentanganya dimana?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 29, 2011 7:50 am

@Blueberry wrote:maaf nech....sy ikutan....
dr berbagai topik permasalahan yg dibahas di sini...saya selalu menyimak dan membaca dan mengikuti...ternyata saudara segorowedi, hanya pinter memutar balikkan kata, pura2 ngga tahu...jadi terkesan diskusi ini sia2...cape dech

banyak muslim yang pinter
yang sedikit adalah yang menggunakan logika/akal sehatnya
aku disini untuk menunjukkan itu

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by Ichwanzein on Tue Nov 29, 2011 8:13 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Blueberry wrote:maaf nech....sy ikutan....
dr berbagai topik permasalahan yg dibahas di sini...saya selalu menyimak dan membaca dan mengikuti...ternyata saudara segorowedi, hanya pinter memutar balikkan kata, pura2 ngga tahu...jadi terkesan diskusi ini sia2...cape dech

banyak muslim yang pinter
yang sedikit adalah yang menggunakan logika/akal sehatnya
aku disini untuk menunjukkan itu

buat Bro Segorowedi,
maaf sebelumnya, mungkin saya hanya numpang baca-baca di lapak maree. bukan mendiskriminasikan anda yang Nasshoro namun model debat anda memang seperti kurang menghormati lawan debat anda, meskipun kata-kata kasar (semoga) belum pernah terlontar, tapi memang terkesan tidak menghormati debat anda sendiri!
saran saya, ajakLah teman seUkhuwah anda untuk berdebat disini dengan kata-kata sopan seperti anda. saya suka kata sopannya.
lagipula, ini kan lapak tandingan MaLL sebelah tuh nyang di bikin sama Kafirun waL Murtadin, nah kenapa konco" anda ga gabung ajja di maree!?
Sekiian, terimakasih
:lkj:
avatar
Ichwanzein
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 77
Location : Cilincingston
Join date : 06.10.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 29, 2011 8:26 am

@Ichwanzein wrote:
buat Bro Segorowedi,
maaf sebelumnya, mungkin saya hanya numpang baca-baca di lapak maree. bukan mendiskriminasikan anda yang Nasshoro namun model debat anda memang seperti kurang menghormati lawan debat anda, meskipun kata-kata kasar (semoga) belum pernah terlontar, tapi memang terkesan tidak menghormati debat anda sendiri!
saran saya, ajakLah teman seUkhuwah anda untuk berdebat disini dengan kata-kata sopan seperti anda. saya suka kata sopannya.
lagipula, ini kan lapak tandingan MaLL sebelah tuh nyang di bikin sama Kafirun waL Murtadin, nah kenapa konco" anda ga gabung ajja di maree!?
Sekiian, terimakasih
:lkj:

kesan bisa salah lho..
soal mall sebelah, saya belum pernah belanja ke sana
masuk aja kagak pernah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by Ichwanzein on Tue Nov 29, 2011 8:37 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Ichwanzein wrote:
buat Bro Segorowedi,
maaf sebelumnya, mungkin saya hanya numpang baca-baca di lapak maree. bukan mendiskriminasikan anda yang Nasshoro namun model debat anda memang seperti kurang menghormati lawan debat anda, meskipun kata-kata kasar (semoga) belum pernah terlontar, tapi memang terkesan tidak menghormati debat anda sendiri!
saran saya, ajakLah teman seUkhuwah anda untuk berdebat disini dengan kata-kata sopan seperti anda. saya suka kata sopannya.
lagipula, ini kan lapak tandingan MaLL sebelah tuh nyang di bikin sama Kafirun waL Murtadin, nah kenapa konco" anda ga gabung ajja di maree!?
Sekiian, terimakasih
:lkj:

kesan bisa salah lho..
soal mall sebelah, saya belum pernah belanja ke sana
masuk aja kagak pernah

barti anda setuju, jika Kesan pun bisa Benar!
heeheh, saya mengikuti kok debat anda di maree....
:afro: :afro: :afro:
avatar
Ichwanzein
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 77
Location : Cilincingston
Join date : 06.10.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 29, 2011 9:54 am

@Ichwanzein wrote:
barti anda setuju, jika Kesan pun bisa Benar!
heeheh, saya mengikuti kok debat anda di maree....
:afro: :afro: :afro:

bisa benar/bisa salah, maka tidak usah mendiskreditkan apalagi menghakimi seseorang

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by abu hanan on Tue Nov 29, 2011 1:10 pm

@segoro wedi
apakah andah memilih nick namae "kucing lapar"?
maaf,saya bertanyah sepertih ituh karenah gaya bahasah andah "mengesankan" sepertih ituh (kucing lapar).



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by reloopDejee on Thu Apr 12, 2012 1:43 pm

memang susah berdebat dengan orang yg kebanyakkan dogma agama..sampai2 mengalahkan pikiran logisnya dalam mengartikan injil...
oh ya ..bukannya kitab suci itu di turunkan ke umat dengan menggunakan bahasa yang sangat jelas supaya tidak terjadi kebingungan?? sampai hal2 pertanyaan yg sangat mudah di mengerti masih saja pura2 nggak mengerti...anehh..
nangis
avatar
reloopDejee
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Male
Posts : 5
Join date : 12.04.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by EbisuSensei on Mon Jun 18, 2012 8:58 am

Kotradiksi poin kedua:

a. Matius mengatakan bahwa Yesus lahir pada saat herodes agung masih hidup.

b. Lukas menyatakan bahwa Yesus lahir pada saat herodes agung sudah meninggal.

* Sumber wiki.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by Paradise OK on Tue Aug 26, 2014 8:54 pm

@Admin wrote:1. Siapa Yang Memberi Nama "Yesus"?
Menurut Matius 1:20-25, malaikat Tuhan bertemu dengan Yusuf dan memerintahkan Yusuf untuk memberi nama "Yesus" kepada anak yang akan dilahirkan oleh Maria. Tetapi menurut Lukas 1:28-35, malaikat Tuhan bertemu dengan Maria dan memerintahkannya untuk memberi nama "Yesus" pada anak yang akan dilahirkannaya.
Malaikat menjumpai Yusuf dan Maria pada waktu/tempat yg berbeda
dan pada waktu/tempat yg sama saat Yesus lahir, Yusuf dan Maria "sama-sama" memberi nama bayi kudus itu Yesus

Bukanlah hal yang mustahil jika Malaikat datang kepada kedua belah pihak; kepada Maria dan kepada Yusuf tunangannya. Ini penting sekali karena Yusuf adalah “future husban” untuk Maria, maka penjelasan akan seorang Anak yang akan dilahirkan ini juga penting diberitahan secara langsung kepada Yusuf juga.
2. Zaman Kelahiran Yesus.
Menurut Matius 2:1-8, Yesus dilahirkan pada zaman raja Herodes, tetapi menurut Lukas 2:1-20, Yesus dilahirkan pada zaman kaisar Agustus (sesudah zaman Herodes), yakni ketika diadakan sensus penduduk di Yedea.
Tuduhan kontradiksi diatas rangkumannya sbb :

Menurut Injil Lukas 2:1-8 Yesus lahir pada masa kekuasaan Kaisar Agustus yang saat itu yang sedang melaksanakan sensus penduduk (7M=579 Romawi).

Menurut Matius 2:1,10,11 yesus lahir dalam masa pemerintahan raja Herodus yang disebut Herodus Agung yang memerintah tahun 37 SM-4 M (749 Romawi)

Ada sensus yang pertama dilaksanakan dalam masa pemerintahan Kaisar Agustus yaitu pada tahun 4SM :

SENSUS KIRENIUS :

Pada masa-masa dulu, kejanggalan catatan sejarah ini menjadi masalah bagi peneliti Alkitab. Meskipun demikian belum lama ini ditemukan tulisan kuno yang mengungkapkan bahwa terdapat nama Kirenius menduduki jabatan DUA KALI sebagai Prokonsul Siria.
Injil Lukas, menjelaskan bahwa pendaftaran yang dimaksud adalah pendaftaran (sensus) "pertama kali" yaitu tahun 4SM.

Seorang arkeologis terkemuka bernama Jerry Vardaman telah menemukan sebuah koin dengan nama Kirenius di atasnya. Ini menunjuk Kirenius sebagai prokonsul Siria dan Kilikia dari tahun 11 SM sampai dengan setelah kematian Herodes.

Dengan demikian maka ada 2 nama Kirenius:

Satu yang memerintah hingga 4 SM, dan satu lagi yang memerintah setelah 6 M.
Ada kemungkinan Kirenius adalah orang yang sama, ada kemungkinan juga adalah 2 orang yang bernama sama.
Suatu hal yang biasa bila banyak orang memiliki nama Roma yang sama. Namun periode masa jabatan Kirenius tersebut sudah bisa membuktikan bahwa sensus yang dimaksudkan dalam Injil Lukas ini pasti berlangsung selama pemerintahan Kirenius yang lebih awal.

Jadi, yang dimaksudkan dalam Lukas 2 adalah Pendaftaran/Sensus pada tahun 4 S.M. yang umumnya dikenal sebagai tahun kelahiran Yesus, sehingga tidak ada konflik dengan kisah orang Majus dan Raja Herodes dalam Injil Matius.
3. Masa Kecil Yesus.
Menurut Matius 2:1-15, sesudah Yesus dilahirkan maka ia langsung dilarikan bersama ibunya oleh Yusuf ke Mesir sampai raja Herodes mati. Tetapi menurut Lukas 2:6-46, sesudah Yesus dilahirkan, ia dibawa ke Yerusalem kemudian ke Nazareth dan tinggal di sana selama 12 tahun.
Perbedaan apa yang tertulis dalam kitab Matius dan Lukas ini bukanlah sebuah kontradiksi.
Injil Matius ditulis untuk orang percaya bangsa Yahudi. Latar Belakang Yahudi dari Injil ini tampak dalam banyak hal, sehingga dalam beberapa peristiwa, Matius menuliskannya dengan lebih detail. Namun kedua kitab tersebut menyatakan bahwa masa kecil Yesus adalah di Nazaret.

Penulisan tentang masa kecil Yesus pernah tinggal di Mesir ini adalah sangat penting; sebab ini menggenapi Nubuat yang tertulis dalam Hosea 11: 1 “Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu.”

Dan kemudian penggenapannya adalah dalam kitab Matius 2: 15 “dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku."

Sekalipun demikian, Injil Matius ini tidak semata-mata untuk orang Yahudi saja. Seperti amanat Yesus sendiri, Injil Matius pada hakikatnya ditujukan kepada seluruh umat manusia serta dengan seksama menyatakan lingkup universal Injil (mis. Mat 2:1-12; Mat 8:11-12; Mat 13:38; Mat 21:43; Mat 28:18-20).

Disinilah mengapa ada 4 Injil (Matius, Markus, Lukas, Yohanes), Karena masing-masing Injil mempunyai maksud tujuan yang berbeda, yang mempertajam isi Injil itu sendiri dan semuanya saling melengkapi dan memperkaya pemahaman kita tentang Yesus.
4. Silsilah Yesus.
Menurut Matius 1:2-16, silsilah Yesus dari Abraham hingga Yesus terdiri atas 40 keturunan, tetapi menurut Lukas 3:23-34, silsilah Yesus dari Abraham hingga Yesus terdiri atas 56 keturunan. Disamping itu juga, nama-nama keturunan dalam kedua silsilah Yesus tersebut hampir semuanya berbeda.
perbedaan nama-mana dalam Silsilah yang ditulis oleh Matius dan Lukas itu berbeda karena Matius mencatat Silsilah Yesus melalui garis Yusuf (ayah Yesus secara Hukum Yahudi). Sedangkan Lukas mencatat Silsilah Yesus dari garis Maria yang melahirkanNya.
5. Masa Berlaku Hukum Taurat.
Menurut Matius 5:17-20, hukum Taurat berlaku hingga hari kiamat dan barangsiapa yang hidupnya tidak lebih baik dari ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, maka ia tidak akan masuk ke dalam kerajaan surga. Tetapi menurut Lukas 16:16, hukum Taurat berlaku sampai kepada zaman Yohanes Pembaptis.
 
Matius 5:18
Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi

Tinjauan ayat 18 :

Iota adalah huruf Ibrani yod atau waw, yang artinya “titik” dan garis kecil. huruf ini dalam tulisan Ibrani sering boleh saja dilihangkan.

selama belum lenyap langit dan bumi ini” artinya pada masa ini --> ini menunjukkan keabadian Taurat itu. ditiadakan: Yunani parelthê dari kata parerkhomai adalah kata yang sama dengan lenyap.

semuanya terjadi : genêtai dari kata ginomai. Kata ini sering dipakai oleh Matius untuk sesuatu yang terjadi sebagai penggenapan nubuat (Matius 1:22, 21:4, 24:6, 26:54, 56) sbb:

Mat 1:22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi
Mat 21:4 Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi
Mat 24:6 Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya.
Mat 26:54 Jika begitu, bagaimanakah akan digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci, yang mengatakan, bahwa harus terjadi demikian?
Mat 26:56 Akan tetapi semua ini terjadi supaya genap yang ada tertulis dalam kitab nabi-nabi." Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri.

Pada Matius 24:34-35 sejajar dengan Matius 5:18 :

24:34 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi

24:35 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu

Kata ginomai dan parerkhomai sama-sama dipakai dalam ayat diatas. Maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa pada masa ini tidak akan ada yang dilenyapkan dari Firman yang tertulis dalam Perjanjian Lama. Sampai semua yang dinubuatkan dalam Perjanjian Lama tentang Mesias sudah terjadi, dengan begitu artinya yang sepenuhnya sudah nyata.

Tinjauan ayat 19 :

Matius 5:19
Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.


Ayat diatas memperluas prinsip dari apa yang “digenapi” dengan datangnya Kristus, ke sikap para murid terhadap hukum Taurat.  meniadikan (memperlunak), yang dilakukan oleh orang-orang Farisi. Dengan cara penafsiran mereka yang kasuistik, mereka membuat Hukum Taurat itu dapat gampang dilaksanakan karena memperlemah (memperlunak) kuasa moral Hukum Taurat itu.

segala perintah menunjuk kepada Hukum Taurat PL dan hal-hal yang segera menyusul, yakni rumusan Kristus yang lebih dalam tentang Hukum Taurat yang menunjukkan kepada penggenapan sesungguhnya (Matius 5:38, Matius 22:34-40 dst)

menduduki tempat yang paling rendah….., menduduki tempat yang paling tinggi….. artinya secara harfiah akan disebut “tak berarti”, akan disebut “besar”.


Lanjut ayat 20 :

Matius 5:20
LAI TB :
Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

LAI TL :
Karena Aku berkata kepadamu: Jikalau tiada kebenaranmu terlebih daripada kebenaran segala ahli Taurat dan orang Parisi, sekali-kali tiada dapat kamu masuk ke dalam kerajaan surga

Disini padanan dikaiosunê “kebenaran” dalam terjemahan lama (TL) lebih tepat daripada “hidup keagamaan” di (TB). Keagamaan berbau kepada inisyatif manusia, justru kurang tepat menggambarkan syarat masuk surga.
lebih benar : lebih benar, bukan lebih besar! Ahli-ahli Taurat yang adalah orang-orang yang menganggap dirinya sebagai pengajar Hukum Taurat, dan Farisi adalah orang-orang yang mengaku mengerjakan hukum Taurat. Masuk ke dalam Kerajaan Surga itu tergantung pada hubungan dengan Allah dan ini harus diperlihatkan dalam kehidupan dan ajaran yang bersifat mendalam. Kita dituntut untuk melakukan kebenaran itu sebagai syarat untuk masuk ke dalam Kerajaan Surga.

Sebagai kelanjutan dari Matius 5:19; Tuhan Yesus merangkumkan rumusan baru mengenai Hukum Taurat, lex talionis (Ulangan 19:21).:

Matius 5:38,
"Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

Tidak selesai sampai disitu, Tuhan Yesus kristus kembali memberikan rumusan baru yang dikenal sebagai HUKUM KASIH :

Matius 22:34-40
22:34 Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka
22:35 dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia:
22:36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

Artinya, prinsip hukum Taurat tetap dilaksanakan dalam iman kristiani. Tetapi pelaksanaannya telah disempurnakan, dirumuskan ulang, direformulasikan sekaligus direvitalisasikan oleh Tuhan Yesus Kristus.

Tuhan Yesus memberi pengajaran yang sederhana dan jelas; meskipun kelihatannya sederhana, tetapi hukum diatas mencakup seluruh hukum Taurat!
Bahwa jika kita mengasihi Allah, maka kita akan melakukan prinsip-prinsip bahwa TUHAN adalah satu-satunya sesembahan kita, dan pelaksanaan ini akan selaras dengan hukum ke 1-5 dalam Dasa Titah. Jika kita mengasihi sesama, tentu kita tidak boleh membunuh (hukum ke 6); berzinah (hukum ke 7) dan seterusnya. Dan semuanya akan selaras dengan (hukum 6-10)

10 Hukum yang menulis ”Jangan ini, jangan itu” harus kita akui, memang cenderung negatif. Ini berbeda gaya dengan apa yang dirumuskan Yesus tentang Hukum Kasih yang lebih positif ”Hendaklah begini atau begitu”. Dasa Titah memberi peringatan bahwa orang telah salah jalan, sedangkan Hukum Kasih memberi petunjuk, ke mana orang mesti putar haluan.

Tuhan Yesus merangkum 10 Hukum/ Dasa Titah itu menjadi 2 point yang sederhana. Pelaksanaan Hukum Kasih sudah mencerminkan seluruh hukum Taurat (ayat 40).

Firman dalam PL tetap merupakan Firman Allah bagi orang percaya, sebab semuanya adalah dasar dari Perjanjian Baru.  Kita tidak akan bisa mengerti arti "kurban Yesus" tanpa melihat dan memahami dosa asal yang diperbuat Adam-Hawa. Kita tidak akan mengerti terminologi "Anak Domba Allah" tanpa mempelajari prinsip-prinsip pengampunan dosa yang ada di Perjanjian Lama, kurban bakaran, kurban pengampunan dosa dll.

Dengan demikian, Hukum Taurat tidak pernah “dibatalkan”, tetapi Yesus telah menggenapinya dan menyempurnakannya. "Menggenapi" tidak harus berarti "Menyudahi". Pada beberapa keterangan Alkitab "Menggenapi" berarti "Memenuhi, sesuai dengan, melaksanakan dengan baik".

Matius 3: 15
Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya.

Roma 13:10
Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.




Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik