FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

UMP dan Buruh

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Wed Nov 21, 2012 12:04 pm

Pemerintah telah menetapkan Undang - Undang Republik Indonesia no. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan yang merupakan patokan dasar jika ada masalah ketenagakerjaan. Tetapi kenyataannya undang - undang tersebut sampai sekarang belum bisa memecahkan persoalan yang ada. Undang - undang tersebut menjelaskan bahwa buruh harus diupah minimum sesusai upah minimum regional (UMR) yang berdasarkan kebutuhan hidup layak sehari-hari. Isi tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Masalah perburuhan yang terjadi kebanyakan adalah masalah upah yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Kebanyakan perusahaan mengupah berdasarkan upah minimum regional atau dibawahnya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa upah minimum regional merupakan “pembatas” kesejahteraan buruh. Memang, pemerintah memerlukan upah minimum untuk melindungi buruh sehingga perusahaan tidak seenaknya menetapkan upah, tetapi kenyataannya, upah minimum yang ditetapkan tidak sesuai dengan keadaan para buruh.

Namun sangat disayangkan bahwa pemerintah selama ini hanya memperhatikan kesejahteraan aparat negara saja tanpa memberikan perhatian terhadap kesejahteraan buruh. Selama ini gaji buruh hanya diserahkan pada keputusan dewan pengupahan propinsi bersama dengan pengusaha. Yang mana gaji buruh atau UMR selalu ada dibawah angka riil kebutuhan hidup minimum. Karena dasar pengitungannya adalah dengan standar hidup yang rendah dan dengan asumsi pekerja tersebut berstatus lajang.

Gaji buruh di indonesia terutama bagi buruh yang sudah berkeluarga hanya habis untuk memenuhi kebutuhan makan dan kebutuhan dasar sehari-hari saja, tidak ada sisa untuk menabung ataupun untuk biaya sekolah anak-anaknya.
Padahal kalau dihitung, mayoritas rakyat Indonesia adalah bekerja sebagai karyawan swasta/buruh.

bagemana menurut anda?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by Foxhound on Wed Nov 21, 2012 12:54 pm

@abu hanan wrote:Kebanyakan perusahaan mengupah berdasarkan upah minimum regional atau dibawahnya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa upah minimum regional merupakan “pembatas” kesejahteraan buruh.

Memang, pemerintah memerlukan upah minimum untuk melindungi buruh sehingga perusahaan tidak seenaknya menetapkan upah, tetapi kenyataannya, upah minimum yang ditetapkan tidak sesuai dengan keadaan para buruh.

Ini sebenarnya, adalah pendapat konyol.

Yang namanya upah, ya tentunya adalah tawaran hasil akan pekerjaan yang diberikan kepada buruh. Sebenarnya kalau buruh adalah tenaga ahli, pekerja keras, yang bisa menunjukkan kualitas pekerjaannya. Maka pengusaha akan merasa sayang kalau buruh tersebut harus pergi meninggalkan pekerjaannya dan ditarik oleh kompetitornya yang berani bayar lebih tinggi.

UMK tinggi, tidak akan menaikkan taraf kehidupan buruh. Yang terjadi akan meningkatkan laju inflasi, dan pada akhirnya UMK tidak akan cukup lagi. Karena kenaikkan buruh akan diikuti oleh kenaikan barang-barang. Inflasi yang tinggi, juga berarti tidak ada perlindungan pada mata uang negara. Tidak ada perlindungan pada mata uang negara berarti rating investasi menurun karena investor luar negeri harus selalu siap mengalami devaluasi modal yang ditanamnya bahkan ketika mencapai break even.

Yang bisa menaikkan taraf kehidupan buruh sebenarnya adalah penyediaan lapangan pekerjaan. Kalau lapangan pekerjaan banyak, maka bargain buruh akan naik. Dan dengan demikian supply buruh akan lebih kecil dari demand, sehingga mau tidak mau, mereka akan dibayar di atas UMK.

Penyediaan lapangan pekerjaan, terkait dengan investasi luar yang masuk.... di mana beberapa sekarang tertunda gara-gara buruh melakukan demonstrasi anarkis dan memaksakan kehendak.

Spanyol, adalah contoh yang jelas sebenarnya. Spanyol mengalami krisis, bukan karena malas, bukan karena tidak produktif. Spanyol mengalami krisis karena ekonominya maju terlalu cepat, sehingga segala sesuatu menjadi mahal, dan kemudian taraf hidup layak mereka menjadi naik dan lebih mahal dari negara sekitar. Dan akibatnya, tenaga kerja Spanyol, menjadi tidak laku untuk dijual. Karena tidak laku dijual, maka muncul banyak pengangguran.

Kalau UMK Indonesia lebih tinggi dari negara2 ASean yang lain, sementara investor2 Eropa dan China sudah mulai melirik Asia Tenggara, maka bisa dipastikan Indonesia juga akan mengalami hal yang serupa dgn Spanyol.

avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by musicman on Wed Nov 21, 2012 3:46 pm

Saya termasuk pekerja yg malah biasa dan malah khawatir (unhappy?) dengan kondisi UMP yg melonjak Drastis.
Ketika berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, alamat Inflasi akan berpeluang membengkak ngga terkendali bener2 deh..


Coba difikirkan masak2:
1. UMP yg melonjak ngga terkendali secara Extreme (kalau ngga salah sampai -/+ 40 % yah..CMIIW..) dimana jumlah produksi mau ngga mau akan terpangkas akibat perusahaan yg semakin ngos2an dengan post gaji tinggi mendadak, mengakibatkan bbrp barang akan langka dan otomatis menaikan harga barang tsb secara signifikan.

2. Ekspansi uang yg beredar dari BI (pemerinah) otomatis juga akan semakin "luber" dan celakanya lebih cepat daripada yg diserap oleh dunia Usaha.



dan sayangnya..

kenapa pemerintah khususnya pemda Jakarta ..kok blm memperlihatkan strategi apa untuk meredam segala kemungkinan terburuk dari keputusannya sendiri yah?


Terakhir diubah oleh musicman tanggal Wed Nov 21, 2012 3:53 pm, total 1 kali diubah
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by F-22 on Wed Nov 21, 2012 3:51 pm

UMP buruh skrg ini adalah hal yg SUPER KONYOL krn cuma berdasarkan TEKANAN buruh yg demo. Bahkan buruh yg ndak mau demo pun sampe DIPAKSA utk ikut demo.

Sebenarnya keadaan riil disini belum bisa memberi upah buruh sebesar 2.2 jt. Kenapa gw bisa ngomong gini? Krn masih banyak tenaga kerja informal/semi-informal spt penjaga toko, tenaga adminstrasi dll yg digaji di bawah 1 jt.

Gw setuju kalo buruh pabrik diupah lebih tinggi dr pegawai toko krn tentunya pabrik lebih profitable, tapi kalo sampe 2-3x lipat apa ya masuk akal???

Sdh menjadi rumus paten, jika faktor2 laen tetap, gaji buruh BERBANDING TERBALIK dg investasi. Semakin upah buruh naek ndak terkendali semakin malas investor asing masuk & semakin besar kemungkinannya industri disini direlokasi ke tempat laen spt vietnam dll.

UMP skrg yg terlalu tinggi itu sebenarnya bukan menunjukan ekonomi kita sdh mantep tapi cuma hasil peraturan yg DIPAKSAKAN oleh buruh.

Padahal masih buanyaaak pengangguran yg bersedia digaji berapapun asal bisa bekerja.

Jadi sebenarnya UMP skrg adalah hasil pemaksaan yg SANGAT EGOIS dr kaum buruh. Mereka ndak memikirkan bgmn nasib saudara2 mereka yg pengangguran & sulit mendapat kerja krn secara alamiah arus investasi masuk akan berkurang akibat pemaksaan UMP yg ngawur.

Lagipula kalo pabrik tempat mereka bekerja sampe tutup atau relokasi ke negara laen, yg kena dampaknya juga buruh sendiri.

Serba susah memang berhadapan dg buruh yg mengandalkan otot dlm mencapai tujuan.

basi
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Wed Nov 21, 2012 4:20 pm

paman fox wrote:Ini sebenarnya, adalah pendapat konyol.
tetapi itulah kenyataannya paman.seperti yang bro f22 tulis;
UMP buruh skrg ini adalah hal yg SUPER KONYOL krn cuma berdasarkan TEKANAN buruh yg demo. Bahkan buruh yg ndak mau demo pun sampe DIPAKSA utk ikut demo.
yang sayah tebalin itu juga fakta dilapangan..tanpa mau tau yg dipaksa demo ber-status apa?outsource/sukarelawan atow uda karyawan tetap?

coba deh kalo buruh mikir agak panjang dikit seperti pengalaman perusahaan besar di surabaya,karyawan yg demo dipersilahkeun tidak masuk kerja dan boleh pilih kerja lagi sesuai perjanjian awal atow undur diri...pilihan ketiga ; perusahaan meminta pailit.

fakta ; karyawan perusahaan tersebut balik kerja normal..

kemarin ketika ngopi di warkop,beberapa sopir mengatakan ;
lebih baik anaknyah SMA aja daripada sekolah tinggi2 tapi gaji sama dengan buruh atow mungkin lebih parah berada di bawah UMP..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Wed Nov 21, 2012 4:22 pm

paman fox wrote:Yang bisa menaikkan taraf kehidupan buruh sebenarnya adalah penyediaan lapangan pekerjaan. Kalau lapangan pekerjaan banyak, maka bargain buruh akan naik. Dan dengan demikian supply buruh akan lebih kecil dari demand, sehingga mau tidak mau, mereka akan dibayar di atas UMK.
iyah bisa juga dan kemudahan dalam perolehan modal dari lembaga keuangan.


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Sun Nov 24, 2013 5:09 pm

bila honor dokter puskesmas < dari upah buruh,kira2 apa yang akan dipikirkan buruh?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Sun Nov 24, 2013 5:11 pm

@F-22 wrote:
Serba susah memang berhadapan dg buruh yg mengandalkan otot dlm mencapai tujuan.

basi
2 good 


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Mon Nov 25, 2013 1:22 pm

bil aguru honorer berdemo dengan otot seperti layaknya buruh,tentu pemimpin daerah akan mudah mengatasi karena tau otak guru lebih mudah diajak bicara daripada otot buruh..
kalow para guru memutuskan untuk menjadi buruh,lalu siapa yang jadi pengajar di kelas?

gubernur lebih mudah membuat perda tentang umk tetapi gak pernah ada kemajuan tentang penggajian guru/dosen/dokter puskesmas..

ada apa denganmu wahai buruh2?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by aajawas25 on Mon Nov 25, 2013 3:00 pm

jika bicara sesuatu seperti Upah Minimum yang diukur berdasarkan sejumlah uang , sulit/tidak akan ada titik temu yang akan memuaskan fihak yang terkait.
Karena Uang adalah sesuatu yang tidak nyata dimana makna sebenarnya adalah Mata Uang.


aajawas25
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 233
Kepercayaan : Islam
Location : mataram
Join date : 13.11.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Thu Nov 28, 2013 1:54 pm

Kita usulkan ikuti UMP-lah, masa seorang dokter sekolahnya mahal . Jadi 2013 kita usulkan ke sana sebagian masuk subsidi, karena kalau hanya dari BLU (Badan Layanan Umum) nggak cukup, jadi minimal UMP ditambah jasa medik dan jasa pelayanan medik," jelas Dien.
gak diusulkan berarti gaji dokter < UMP..
http://www.kabar24.com/nasional/read/20130109/9/124356/honor-dokter-puskesmas-jakarta-anggarkan-kenaikan-menjadi-rp4-juta

dan hari ini masih ada lanjutan demo buruh di surabaya..duh ototnyah..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by SEGOROWEDI on Thu Nov 28, 2013 4:36 pm


buruh gak nanggung risiko apa-apa
yang nanggung pengusahanya
aneh kalau nuntut-nuntut

di sisi lain..
saya tak perlu dituntut-tuntut
tapi gaji pegawai-pegawai saya sangat jauh di atas ump/umr
saya berbisnis bukan demi uang, uang hanya dampak

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Fri Nov 29, 2013 1:45 pm

@SEGOROWEDI wrote:
buruh gak nanggung risiko apa-apa
yang nanggung pengusahanya
aneh kalau nuntut-nuntut

di sisi lain..
saya tak perlu dituntut-tuntut
tapi gaji pegawai-pegawai saya sangat jauh di atas ump/umr
saya berbisnis bukan demi uang, uang hanya dampak
yang lebih lucu adalah pemerintah meWAJIBkan pengusaha taat aturan..lha kalow pengusaha pailit/merugi,apakah pemerintah ikut merasakan?aneh bener deh..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Sat May 03, 2014 12:10 pm

hampir tak masuk akal..modal otot,upah naik meski 5-20%..
para tenaga medis dari perawat sampe bidan gak ada suara,bila mereka demo tentu menkes akan berkata : aku bunuh kalian..

buruh benar2 luar biasa besar ototnyah..hingga pemerintah tunduk,pengusaha tunduk..
seorang sarjana hukum,masa kerja 15 taun di sebuah lembaga hukum menerima upah total 2.2 jt..dan buruh cukup demo tiap taun uda mampu meraih 2 jt per bulan..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Mon Dec 15, 2014 12:22 pm

makin rumit mengamati logika buruh..
pusing


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Mon Feb 08, 2016 2:58 pm

Penutupan tiga pabrik Toshiba dan Panasonic di Indonesia membawa dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak lebih dari 2.500 karyawan. Hal ini terimbas dari lesunya penjualan produk elektronik dua perusahaan raksasa asal Jepang itu akibat penurunan daya beli masyarakat.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja (KSPI) Said Iqbal mengungkapkan, Toshiba telah menutup pabrik televisi di Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat. Padahal satu pabrik ini yang tersisa dari enam perusahaan Toshiba lain yang sudah tutup sebelumnya dalam 10 tahun terakhir.

"Yang tutup ini adalah pabrik televisi Toshiba terbesar di Indonesia, selain di Jepang. Karyawan yang di PHK lebih dari 900 orang," tegasnya saat Konferensi Pers di Jakarta, Selasa, 2 Februari 2016.

Said mengatakan, penutupan pabrik bakal dieksekusi pada April 2016. Saat ini, sedang terjadi proses negosiasi pesangon antara manajemen perusahaan dengan serikat pekerja pabrik tersebut.

Perusahaan lainnya, kata Said yang ikut terhantam pemburukan ekonomi adalah Panasonic lighting. Sebanyak dua pabriknya resmi ditutup, seperti Panasonic Lighting Indonesia (PLI) di Pasuruan, Jawa Timur di awal Januari ini dan satu pabrik lainnya di Kawasan Industri Bekasi pada Februari 2016.

"Pabrik di Pasuruan mempekerjakan lebih dari 600 orang dan sudah di PHK. Sedangkan pabrik yang di Bekasi PHK hampir 1.000 lebih karyawan," ucap Said.

Dari data yang diterima, sampai Rabu ini tercatat buruh yang terkena PHK mencapai 2.145 orang dari dua perusahaan elektronik ternama itu.

Berikut data rinci jumlah PHK di Toshiba dan Panasonic versi KSPI, yaitu:

1. Sebanyak 865 orang terkena PHK di PT Toshiba Consumer products Indonesia. Pabrik ini beralamat di Jalan Citanduy Raya Park Plot 5G di kawasan EJIP Industrial Cikarang Selatan.

Perusahaan memulai perundingan pesangon dengan serikat pekerja pada 5 Januari 2016. Pengusaha menyatakan penutupan perusahaan bukan karena persoalan kenaikan upah, tapi karena daya beli masyarakat menurun secara domestik dan global. Perusahaan ini memproduksi televisi dan mesin cuci untuk pasar domestik dan dunia.

2. Sekitar 2. 480 buruh terkena PHK di PT Panasonic Gobel Eco Solutions Manufacturing Indonesia (PT PESGMFID) yang berlokasi di kawasan Industri Ejip Industrial Park Plot 3d Cikarang, Bekasi. Perusahaan ini memproduksi alat-alat listrik dan lampu yang dipasarkan mayoritas ke pasar domestik.

Rencananya perundingan nilai pesangon akan selesai di akhir Februari. Penutupan dikatakan bukan karena persoalan kenaikan upah.

3. Sebanyak 3. 800 buruh kena PHK di pabrik PT Panasonic Lighting Indonesia (PT PLI) yang berlokasi di kawasan Industri PIER Jalan Rembang Industri Raya 47 di Pasuruan.

Perusahaan ini memproduksi lighting yang ditujukan ke pasar domestik dan global. Proses perundingan pesangon sudah selesai pada September 2015 dan serikat pekerja secara resmi melaporkan proses PHK selesai pada Januari 2016 ini.


Alasan di balik tutupnya pabrik Panasonic

Menanggapi hal ini, Chairman Panasonic Gobel Group, Rachmat Gobel menegaskan pihaknya tengah melakukan rasionalisasi. Panasonic, lanjut Gobel akan merestrukturisasi tiga pabrik lampu yang dimilikinya di Indonesia.

"Panasonic enggak tutup pabriknya, kita itu melakukan rasionalisasi pabrik lighting," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta.

‎Sebagai gambaran, lanjut Rachmat, saat ini Panasonic mempunyai sejumlah pabrik dengan berbagai macam produk. Antara lain pabrik alat rumah tangga, produk energi seperti baterai, produk alat kesehatan, produk alat kelistrikan seperti lampu, bohlam, dan lighting feature, serta pabrik komponen yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau.

"Pabrik lighting yang ada bohlam lampu, tadinya ada tiga di Indonesia, yaitu Panasonic, Philips dan Osram. Nah setahu saya sekarang mereka sudah tidak ada, satu-satunya tinggal Panasonic," kata dia.

Menurut Rachmat, ‎sesuai dengan perkembangan zaman, produk lampu bohlam mulai digantikan dengan produk lampu light emitting diode (LED), maka Panasonic memutuskan untuk mengalihkan produksinya ke lampu LED. Tiga pabrik lampu Panasonic yang ada yaitu di Cikarang, Cileungsi dan Pasuruan akan dilebur menjadi dua pabrik yang bakal memproduksi lampu LED.

"Kita lakukan rasionalisasi dan restrukturisasi dan dua pabrik dijadikan satu menjadikan pabrik yang punya teknologi dan added value (nilai tambah). Karena trennya teknologinya mulai ke LED, kita mulai masuk ke sana," kata dia.

Rachmat mengungkapkan, rencananya Panasonic akan menutup pabrik lampu yang ada di Cikarang, Jawa Barat. Sedangkan yang akan dipertahankan yaitu pabrik yang berlokasi di Pasuruan dan Cileungsi.

"Pabriknya memang ada tiga lokasi, itu kita jadikan satu. Salah satu tempat ditutup, karena kan efisien, yang biasanya dilakukan di tiga pabrik kini gabung. Yang dihentikan di Cikarang. Di Pasuruan belum, satu lagi di Cileungsi. Itu biasa dalam manajemen, Panasonic kan punya komitmen di Indonesia jadi produk yang kita ciptakan mengikuti perkembangan zaman," kata Mantan Menteri Perdagangan ini.

PHK Karyawan

Rachmat mengakui adanya dampaknya dari restrukturisasi tersebut. Perusahaan terpaksa melakukan pengurangan pekerja di pabrik yang dilebur tersebut.

Saat ini Panasonic memiliki sekitar 20 ribu pekerja. Lantaran adanya rencana rasionalisasi ini, perusahaan terpaksa melakukan pengurangan tenaga kerja sekitar 1.000 orang.

"Itu otomatis karena kita lakukan rasionalisasi mesin dan added value kan teknologinya lebih advance, pasti terjadi (pengurangan tenaga kerja) tidak bisa tidak. Panasonic punya karyawan mencapai lebih dari 20 ribu orang, ‎ini cuma sekitar 1.500 atau 1.000 orang sekian lah," ujarnya.

Namun demikian, jika program restrukturisasi pabrik ini telah berjalan dengan baik dan kembali terjadi peningkatan produksi, maka bukan tidak mungkin akan ada penyerapan tenaga kerja yang lebih besar.

"Bahkan dengan adanya peningkatan produksi dari produk baru nanti, nanti mungkin ada penambahan tenaga kerja kembali," kata dia.

Rachmat berpesan, serikat pekerja agar tidak selalu melakukan tuntutan tanpa peningkatan produktivitas dan memikirkan keberlangsungan perusahaan.

‎"Tapi yang penting industrinya jalan, serikat pekerja hanya menuntut tidak perduli industrinya jalan atau tidak. Yang kita perlukan bangun industrinya dulu, karena kan ada industrinya dulu baru ada serikat pekerja. Sekarang saya turunkan (jumlah pekerja), tapi kalau ada peningkatan produksinya nanti akan saya tambah lagi. Tapi kan industrinya harus dikembangkan dulu," tandasnya.



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Mon Feb 08, 2016 2:59 pm

Toshiba PHK karyawan

alah satu perusahaan elektronik asal Jepang, Toshiba, dikabarkan melakukan pengurangan tenaga kerjanya. Kabarnya pengurangan tenaga kerja ini sebagai dampak dari penutupan pabrik di Indonesia.

Manager HRD PT Toshiba Consumer Products Indonesia, Uis Al-Qarni membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan soal pengurangan tenaga kerja ini sebenarnya sudah diumumkan sejak akhir tahun lalu.

"Iya benar, sudah dari Desember, sudah ada pengumumannya. Itu sekitar 40 persen dari 900 pekerja (hasil sementara), dari lini televisi dan mesin cuci," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Namun demikian, Uis mengatakan pabrik televisi dan mesin cuci akan tetap ada. Lantaran, pabrik tersebut akan diakuisisi oleh perusahaan asal Hongkong, Skywards. Sehingga kepemilikannya akan beralih dari Toshiba ke Skywards. Namun menurut Uis tidak semua pekerja akan diberhentikan.

"Ini sahamnya diakuisisi oleh perusahaan lain Skywards. Pengurangan tenaga kerja hanya sebentar, mungkin akan ditambah lagi oleh Skywards karena mereka akan ada lagi produk baru yang akan ‎diproduksi di sini," kata dia.

Uis menyatakan, proses pengurangan tenaga kerja saat ini masih berlangsung. Kini tengah ada perundingan antara pihak manajemen dan pekerja. Namun dia memastikan ‎saat ini semua karyawan masih bekerja secara normal.

"Sejauh ini proses PHK lancar, sedang ada perundingan untuk penyelesaian, dan biasanya itu wajar. Ada pemintaan karyawan seperti apa dan kemampuan perusahaan seperti apa, lancar tidaknya kamilihat dari waktu, ini prosesnya baru sebulan. Masih pembicaraan dasar saja. Sampai sekarang masih 100 persen, kalau 900 pekerja mungkin ini nanti akan ditentukan di akhir Maret," tutur dia.

Kalah saing dari China

Bos Panasonic Gobel Indonesia, Rachmat Gobel mengakui salah satu pabriknya tutup dan sejumlah karyawan di PHK. Salah satu alasannya adalah produk yang kalah bersaing dengan produk impor China.

Pabrik yang ditutup adalah Panasonic Lighting Indonesia yang memproduksi bohlam lampu. Pabrik tersebut akan ditutup karena produknyan tak lagi memiliki daya saing. Panasonic akan mengubah tren dengan membuat lampu light emitting diode (LED).

"Sekarang Panasonic sudah tidak bisa lagi membuat karena memang produk itu tidak ada daya saing lagi, karena kita tidak mampu menghadapi barang impor dari China," ungkap dia.

Rachmat menjelaskan, dengan melakukan rasionalisasi dan restrukturisasi pabrik-pabrik yang dioperasikan oleh Panasonic ini, maka perusahaan akan bisa fokus kepada produksi produk yang sesuai dengan perkembangan jaman dan permintaan pasar.

"Kita lakukan rasionalisasi dan restrukturisasi dan dua pabrik dijadikan satu menjadikan pabrik yang punya teknologi dan adedd value. Karena trennya teknologinya mulai ke LED, kita mulai masuk ke sana," kata dia.

Sementara itu Kepala BKPM Franky Sibarani mengaku telah memperoleh informasi bahwa Panasonic dan Toshiba melakukan restrukturisasi sebagai upaya efisiensi di tengah persaingan industri elektronik yang ketat di Tanah Air.

"Dari informasi yang diterima, ada yang menyampaikan memang ada restrukturisasi," ujarnya saat ditemui dalam konferensi pers Realisasi Komitmen Investasi Januari 2016 di Gedung BKPM, Jakarta.

Dia menjelaskan, restrukturisasi perusahaan terpaksa dilakukan Panasonic dan Toshiba karena kalah bersaing dengan produk elektronik dari China. Akhirnya, perusahaan tersebut berencana memproduksi barang elektronik jenis lain.

"Dari sisi kompetisi, produk mereka kalah dengan China, tapi bukan berarti mati. Mereka switch (pindah) ke produk lain," ia menerangkan.

Meski Panasonic dan Toshiba melakukan efisiensi, Franky tetap yakin industri elektronik di Indonesia masih bertumbuh dengan baik. Buktinya, kata Franky, izin prinsip komitmen investasi di sektor mesin dan elektronik meningkat 106 persen pada periode Januari 2016.(Ndw/Ahm)

http://bisnis.liputan6.com/read/2427664/cerita-di-balik-penutupan-pabrik-panasonic-dan-toshiba


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Mon Feb 08, 2016 3:00 pm

dan mungkinkah gelombang out of the country ini juga terkait erat dengan hobi demo dari para buruh?


#buruh #ump


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by njlajahweb on Mon Feb 08, 2016 7:50 pm

sekilas info,
mungkin harus ada kesadaran dari tiap-tiap individu untuk tetap melakukan bagiannya tanpa menuntut orang lain untuk melakukan bagianya, juga tetap belajar mencukupkan diri dalam kehidupan sehari-hari dengan apa-apa yang ada, serta tetap melakukan usaha yang terbaik dalam tanggungjawab lahir dan batin pada Tuhan dan sesama manusia.
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8787
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Sun Feb 14, 2016 1:51 am

ford,general motor,toshiba dan panasonic..apakah mereka terkena imbas buruknya perekonomian global?ataukah mereka gagal bersaing?

ford..rekaman history adakah di negara ini?apakah ford hanya melirik sekilas lalu mecoba peruntungan..bila sukses maka bikin pabik..bila gagal yah kabuuuuuuuuuurrrrrr..

general motor..apakah ada yang salah?chevrolet captiva kok bisa kenceng penjualan ketika launching?

dua pabrikan motor itu kok serasa tanggung berinvestasi..dan diatas semua itu,sayah sendiri meragukan kalo perekonomian nasional bener2 buruk sampe 2 pabrik itu kabur..toh pabrikan jepang juga enjoy ajah berjualan di lapak2..

toshiba dan panasonic?kita wait and see..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by njlajahweb on Sun Feb 14, 2016 2:46 am

sekilas info,
kalau menurut saya,
pabrik krupuk, pabrik es batu, pabrik kertas minyak(pembungkus makanan), pabrik minyak goreng, akan lebih bisa bertahan dari pada pabrik mobil.


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Sun Feb 14, 2016 2:24 pm, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8787
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by njlajahweb on Sun Feb 14, 2016 3:13 am

sekilas info,
untuk para buruh yang di PHK, mungkin akan lebih baik kalau wirausaha dulu dengan modal yang seminimal mungkin, sembari menunggu ada panggilan dari lamaran kerja.

#misalnya seperti beberapa alternatif-alternatif wirausaha dibawah ini:

jual krupuk, jual krepek singkong, buka lahan parkir dirumah, jasa poles akik, jasa cuci sepeda motor, jasa pijat, jasa ojek, jual gantungan kunci, jual stiker, jual sayur, jual pentol kanji, jual esbatu, jual gorengan, jual makanan kecil, jual jajan pasar, bikin sangkar burung, jasa tambal ban, jual tape, jual brem, jual tempe, jual tahu, jual air, jual minyak, bisnis barang second, bisnis eceran, bikin tempat ayam (yang bentuknya seperti tas), bikin kerajinan tangan, bikin cenderamata, bikin pernak-pernik, bikin barang kreatif yang berbahan dasar daur ulang sampah(namun yang memiliki daya jual dan layak dibeli), bikin tempat sampah dari ban, bikin kertas hvs dari koran bekas, bikin pot bunga, bikin barang kreatif dari bahan dasar barang bekas, bikin keset cantik, bikin kerpus, bikin boneka lucu, bikin bunga tiruan dari bahan dasar kertas bekas, bikin arang dari batok kelapa, bikin pupuk ternak, bikin pupuk kompos, bikin pigora, bikin kios kecil, jual koran;asongan, bikin warung kopi, buka jasa pembayaran air/listrik, buka servis(jika anda punya skill), buka jasa binatu, buka jasa cuci baju, buka jasa jahitan, buka jasa kurir, buka les, membuat tas dari tumbuhan enceng gondok, jual pakan ternak, jual belalang goreng, membuat blinjo dari rumput teki, buka jagung bakar, jual sate jamur, jual kripik dari daun tumbuhan yang bisa dimakan, jual bolpen, membuka wirausaha lain sesuai skill anda, dll.

#bagi yang di PHK, yang masih kurang modal untuk wirausaha,
alternatifnya bisa dengan:

menjual barang-barang bekas, menjual perhiasan, menjual koran-koran bekas, menjual kardus-kardus, menjual barang elektronik bekas seperti kipas angin, menjual kepingan vcd bekas, vcd player, HP bekas, cpu bekas, lelang barang, menjual /menyewakan tanah warisan (jika diizinkan), jual buku bekas, dll.
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8787
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Kemenaker: Pekerja yang Dirumahkan Harus Tetap Dapat Upah

Post by njlajahweb on Fri Oct 14, 2016 10:01 am

sekilas info...

http://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3033497/kemenaker-pekerja-yang-dirumahkan-harus-tetap-dapat-upah

Jakarta - Beberapa perusahaan lebih memilih merumahkan atau meliburkan karyawannya untuk sementara waktu daripada melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Namun perusahaan harus tetap memberikan upah kepada para pekerja yang dirumahkan meski upah yang diberikan tak sampai 100%.

"Karyawan yang dirumahkan itu tetap ada hak-haknya yang harus dipenuhi. Upah tetap harus dikasih. Uang makan dan uang transport itu tergantung kesepakatan bipartit antara perusahaan dengan karyawan," kata Direktur Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) ditemui usai acara di Kantor Pusat DPN Apindo, Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Terkait lama waktu perusahaan merumahkan karyawan, merupakan kesepakatan antara pekerja dengan perusahaan. Menurutnya tidak ada aturan terkait batas waktu maksimal para pekerja ini harus 'libur'.

"Nggak ditentukan (aturan) berapa lama waktunya. Lama waktunya merumahkan Itu kesepakatan bipartit," kata Sahat.

APINDO sepakat hak-hak karyawan yang dirumahkan tidak boleh terabaikan. Perusahaan harus memenuhi kewajibannya sesuai kesepakatan bipartit dengan pekerja.

"Pekerja yang dirumahkan harus penuhi hak-haknya. PHK itu betul-betul kalau perusahaan sudah tidak mampu menjalankan usahanya. Ini dilema sebetulnya. PHK itu sakit juga buat kita. Perusahaan kan juga harus melihat, kemampuannya membayar kewajiban pesangon PHK yang bisa mencapai ratusan miliar. PHK di Indonesia itu rumusannya paling tinggi di dunia," jelas Anton J Supit, Ketua DPN Apindo.

Dilema pengusaha, seperti dikatakan Anton artinya perusahaan di satu sisi berada di kondisi tidak mampu menghasilkan keuntungan sekaligus menanggung rugi akibat produknya tidak terserap pasar. Di sisi lain, untuk melakukan PHK biayanya tidak sedikit. Merumahkan karyawan pun jadi jalan tengah.

"Pesangon untuk yang terkena PHK itu ketentuan pemerintah kan ada tunjangan rumah, pengobatan dan prestasi masa kerja. Kalau mau PHK, perusahaan itu mesti saving. Saya kasih contoh, kalau sebuah perusahaan mau PHK 8.000 karyawan dengan masa kerja 20 tahun itu butuh biaya Rp 600 miliar untuk pesangon. Cost-nya besar sekali. Memang sedih dan dilema PHK ini," ujar Anton
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8787
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by abu hanan on Fri Nov 25, 2016 10:32 am

buruh wrote:Ribuan buruh kembali akan melakukan aksi demo di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat terkait kenaikan upah. Tuntutan ini juga merupakan bentuk penolakan para buruh pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menjelaskan, ada tujuh alasan buruh menolak PP Pengupahan. Di antaranya, ia menyebutkan, upah yang tidak dibayar ketika buruh melakukan kegiatan serikat pekerja. Kemudian, kenaikan upah minimum dipatok dengan formula inflasi dan pertumbuhan ekonomi secara nasional.

“Ini artinya kenaikan upah minimum tidak lebih dari 10 persen setiap tahunnya. Padahal kebutuhan buruh selalu dinamis,” kata Iqbal dalam keterangannya, Jumat 20 November 2015.
gak susah2 ikutin jenjang strata..tiap tahun minta kenaikan..

mengapa buruh gak demo aja sendiri2 di depan perusahaan masing2?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: UMP dan Buruh

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik