FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Halaman 13 dari 16 Previous  1 ... 8 ... 12, 13, 14, 15, 16  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by oglikom on Tue Dec 04, 2012 12:37 am

First topic message reminder :

Kita bisa lega bila Neraka yang harus didatangi hanya sementara walaupun harus merasakan sebagian tubuh kita hangus terbakar, seperti yang tertulis dalam:

Surah Maryam (19).71
Dan tidak ada seorangpun daripadamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.

Dalam ayat ini kita bisa mengetahui bahwa semua orang Islam harus mendatangi Neraka dulu yang merupakan ketetapan dari Tuhan nya.... panas

Tapi masih bisa menarik nafas lega setelah membaca kelanjutannya, pada:

Surah Maryam (19).72
Kemudian Kami akan menyelamatkan yang bertaqwa dan membiarkan orang-orang yang zalim didalam neraka dalam keadaan berlutut.

Namun bagi orang-orang zalim juga bisa bernafas lega bila membaca:
Surah Huud (11).106-107
Adapun orang-orang yang celaka, maka tempatnya didalam neraka, didalamnya mereka mengeluarkan nafas dan menariknya dengan (merintih).(107) Mereka kekal didalamnya selama ada langit dan bumi kecuali jika Rabbmu menghendaki yang (lain).

Orang zalim masih ada kesempatan bebas setelah Hari Akhir atau Kiamat, karena dikatakan hanya kekal selama ada langit dan bumi. Sedangkan kita tahu bahwa pengertian KIAMAT adalah langit dan bumi akan dihancurkan.

TETAPI INI yang benar-benar celaka bagi mereka yang sudah dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan kedalam surga Islam. Ternyata mengalami "keberuntungan" seperti mereka yang zalim.......yaitu menempati surga hanya seumur langit dan bumi.

Surah Huud (11).108
Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya didalam surga mereka kekal didalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain), sebagai karunia yang tiada putus-putusnya.

Ini suatu keberuntungan atau kemalangan silahkan memutuskan dalam renungan.


Terakhir diubah oleh oglikom tanggal Tue Dec 04, 2012 12:43 am, total 1 kali diubah

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down


Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Jagona on Mon Mar 03, 2014 11:27 am

@amara wrote:ngaco lagi loe.

Quran jelas bilang nabi Adam pun pernah di surga. Jadi surga SUDAH ADA, bahkan gambaran surga pun dijelaskan di banyak ayat, tak akan ada gambaran kalau barangnya belum ada. Cuma saat ini surga dan neraka itu masih ditutup, surga ditutup begitu nabi Adam turun ke bumi, dan baru akan dibuka kembali setelah kiamat terjadi dan pengadilan akherat selesai, semua ruh manusia menempati posisinya masing-masing ada yang ke surga dan ada yang ke neraka.

Nah, mana ayat Quran yang bilang surga dan neraka itu tidak ada?!

Neraka dan surga itu ada, tapi tak bisa dilihat oleh kasat mata manusia, makanya termasuk sebagai ghaib.

hi hi hi ............. lihat tuh yang ditebelin ............. itu pertanyaan yang aneh ........ surganya blon ada, malah nanya ayatnya ...................... koveg juga yaahhhh

siapa yang bilang surga dan neraka di tutup, emangnya kaya rumah idaman ..... hi hi hi ... yang ngaco itu siapa ndu ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by amara on Mon Mar 03, 2014 11:34 am

Ayat Quran mana yang bilang surga seperti ini:

QS 2. Al Baqarah
35. Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini[37], yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.
[37]. Pohon yang dilarang Allah mendekatinya tidak dapat dipastikan, sebab Al Quran dan Hadist tidak menerangkannya. Ada yang menamakan pohon khuldi sebagaimana tersebut dalam surat Thaha ayat 120, tapi itu adalah nama yang diberikan syaitan

belum ada heh?!


ngaco mulu loe, tentang ketetapan/takdir dan SYARIAT saja loe melarikan diri, gak mampu njawab tuh di tritnya, tertangkap basah elo salah.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Jagona on Tue Mar 04, 2014 11:08 am

@amara wrote:Ayat Quran mana yang bilang surga seperti ini:

QS 2. Al Baqarah
35. Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu [u]surga ini]/u], dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini[37], yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.
[37]. Pohon yang dilarang Allah mendekatinya tidak dapat dipastikan, sebab Al Quran dan Hadist tidak menerangkannya. Ada yang menamakan pohon khuldi sebagaimana tersebut dalam surat Thaha ayat 120, tapi itu adalah nama yang diberikan syaitan

belum ada heh?!


ngaco mulu loe, tentang ketetapan/takdir dan SYARIAT saja loe melarikan diri, gak mampu njawab tuh di tritnya, tertangkap basah elo salah.

aku kasih tahu yang ditebelin di atas harusnya bukan "surga" tetapi  kebun terjemahan dari JANNAH. ........ dan yang digedein, juga bukan "pohon" tetapi pertumbuhan terjemahan dari SYAJARAH ........ okey

trus ..... mana dalil yang meyatakan surga "ditutup" ...... jawab atuh neng kalo ada pertanyaan jangan maen ela-eloa aja ................. oeky

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by amara on Tue Mar 04, 2014 8:18 pm

ceh, tafsir ngaconya keluar lagi.

Jannah itu SURGA.

2. Al Baqarah



36. Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu[38] dan dikeluarkan dari keadaan semula[39] dan Kami berfirman: "Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan."


[38]. Adam dan Hawa dengan tipu daya syaitan memakan buah pohon yang dilarang itu, yang mengakibatkan keduanya keluar dari surga, dan Allah menyuruh mereka turun ke dunia. Yang dimaksud dengan syaitan di sini ialah Iblis yang disebut dalam surat Al Baqarah ayat 34 di atas.

[39]. Maksud keadaan semula ialah kenikmatan, kemewahan dan kemuliaan hidup dalam surga.


tur kamu pikir surga ini belum ada, mana BUKTInya?

22. Al Hajj

Balasan terhadap orang yang beriman dan beramal saleh


14. Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.

Allah menyediakan SURGA itu bagi manusia yang beriman dan beramal sholeh, sesuai ayat itu! kok dibilang surga tak ada, mana buktinya?!

elo menafsir KETETAPAN/takdir aja gak mampu, salah-salah melulu tafsiran loe ngaco.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Jagona on Wed Mar 05, 2014 10:08 am

@amara wrote:ceh, tafsir ngaconya keluar lagi.

Jannah itu SURGA.

2. Al Baqarah



36. Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu[38] dan dikeluarkan dari keadaan semula[39] dan Kami berfirman: "Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan."


[38]. Adam dan Hawa dengan tipu daya syaitan memakan buah pohon yang dilarang itu, yang mengakibatkan keduanya keluar dari surga, dan Allah menyuruh mereka turun ke dunia. Yang dimaksud dengan syaitan di sini ialah Iblis yang disebut dalam surat Al Baqarah ayat 34 di atas.

[39]. Maksud keadaan semula ialah kenikmatan, kemewahan dan kemuliaan hidup dalam surga.


tur kamu pikir surga ini belum ada, mana BUKTInya?

22. Al Hajj

Balasan terhadap orang yang beriman dan beramal saleh


14. Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.

Allah menyediakan SURGA itu bagi manusia yang beriman dan beramal sholeh, sesuai ayat itu! kok dibilang surga tak ada, mana buktinya?!

elo menafsir KETETAPAN/takdir aja gak mampu, salah-salah melulu tafsiran loe ngaco.

hi hi hi ................ neng jangan baca terjemahnya aja atuh ...... lihat tulisan arabnya ..... pada ayat 2/36 dan ayat 22/14 ditulis jannati yang harus diartikan dengan kebun, sedangkan pada ayat 47/15, anda lihat ditulis dengan "jannah" yang artinya surga .... ada bedanya kan ? ............. jangan asal menduga ............. okey

kalo anda ingin tahu kapan adanya surga dan neraka, teliti dan analisa ayat 14/48 ... key

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by SEGOROWEDI on Wed Mar 05, 2014 10:16 am


kebunnya di surga GO

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by amara on Fri Mar 07, 2014 2:29 pm

tumben bisa mikir dikit nih, agak lurusan dikit.

Jannah memang bisa diartikan kebun, tapi dalam konteks di ayat itu jannah itu adalah SURGA, dan para ulama itu tidak sembarangan menerjemahkan Quran.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by yakobus on Sun Mar 09, 2014 8:33 am

@amara wrote:ngaco lagi loe.

Quran jelas bilang nabi Adam pun pernah di surga. Jadi surga SUDAH ADA, bahkan gambaran surga pun dijelaskan di banyak ayat, tak akan ada gambaran kalau barangnya belum ada. Cuma saat ini surga dan neraka itu masih ditutup, surga ditutup begitu nabi Adam turun ke bumi, dan baru akan dibuka kembali setelah kiamat terjadi dan pengadilan akherat selesai, semua ruh manusia menempati posisinya masing-masing ada yang ke surga dan ada yang ke neraka.

Nah, mana ayat Quran yang bilang surga dan neraka itu tidak ada?!

Neraka dan surga itu ada, tapi tak bisa dilihat oleh kasat mata manusia, makanya termasuk sebagai ghaib.
Meracau bener nih anak!
Buktikan kalau surga dan neraka uda tercipta di masa Adam.

yakobus
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 118
Kepercayaan : Katolik
Location : Samaria
Join date : 07.06.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Jagona on Sun Mar 09, 2014 11:20 am

@SEGOROWEDI wrote:
kebunnya di surga GO

hi hi hi , bukan .................. di Planet Muntaha SEGO ............. key

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Jagona on Sun Mar 09, 2014 11:30 am

@amara wrote:tumben bisa mikir dikit nih, agak lurusan dikit.

Jannah memang bisa diartikan kebun, tapi dalam konteks di ayat itu jannah itu adalah SURGA, dan para ulama itu tidak sembarangan menerjemahkan Quran.

hi hi hi ........... dikit-dikit ... lama-lama ngegigit ............. key ............. aku juga gak sembarangan menyatakan surga belum diciptakan ALLAH ............... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by amara on Sun Mar 09, 2014 3:38 pm

mana bukti dan dalilnya bahwa surga itu belum ada?
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Jagona on Mon Mar 10, 2014 10:23 am

@amara wrote:mana bukti dan dalilnya bahwa surga itu belum ada?

1. karena surga dan neraka belum diciptakan, tentunya tidak ada dalil yang menyatakan ALLAH belum menciptakan surga dan neraka.
2. dalam alquran, surga dan neraka merupakan janji ALLAH yang pasti terlaksana.
3. ada ayat yang cemerlang yang menyatakan bahwa Bumi dan planet-planet dirubah menjadi surga-surga, hal ini terjadi pada saat peristiwa "SA'AH" ............ anda bisa pelajari ayat 14/48 ........................ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Kedunghalang on Mon Mar 10, 2014 12:47 pm

@Jagona wrote:
@amara wrote:mana bukti dan dalilnya bahwa surga itu belum ada?

1. karena surga dan neraka belum diciptakan, tentunya tidak ada dalil yang menyatakan ALLAH belum menciptakan surga dan neraka.
2. dalam alquran, surga dan neraka merupakan janji ALLAH yang pasti terlaksana.
3. ada ayat yang cemerlang yang menyatakan bahwa Bumi dan planet-planet dirubah menjadi surga-surga, hal ini terjadi pada saat peristiwa "SA'AH" ............ anda bisa pelajari ayat 14/48 ........................ okey

Menurut Al Qur'an, surga itu bagi Aulia Allah, yakni orang-orang yang beriman dan bertaqwa, mereka akan mendapat khabar suka dari Allah Al Mutakallim dalam kehidupan mereka di dunia ini dan di akhirat kelak (Yunus 10:62/63-64/65)

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 10, 2014 12:51 pm

@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
kebunnya di surga GO

hi hi hi , bukan .................. di Planet Muntaha SEGO ............. key

muntahan itu syurga GO
ada kebunnya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Kedunghalang on Mon Mar 10, 2014 1:08 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
kebunnya di surga GO

hi hi hi , bukan .................. di Planet Muntaha SEGO ............. key

muntahan itu syurga GO
ada kebunnya

Tidak ada Planet Muntaha, itu NGARANG.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 10, 2014 1:21 pm


muntahan itu syurga yang ada kebunnya/jannah..
gitu kan DUNG?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Kedunghalang on Mon Mar 10, 2014 1:29 pm

@SEGOROWEDI wrote:
muntahan itu syurga yang ada kebunnya/jannah..
gitu kan DUNG?

Kata siapa SEGO?

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Mutiara on Mon Mar 10, 2014 3:08 pm

@amara wrote:Ayat Quran mana yang bilang surga seperti ini:

QS 2. Al Baqarah
35. Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini[37], yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.
[37]. Pohon yang dilarang Allah mendekatinya tidak dapat dipastikan, sebab Al Quran dan Hadist tidak menerangkannya. Ada yang menamakan pohon khuldi sebagaimana tersebut dalam surat Thaha ayat 120, tapi itu adalah nama yang diberikan syaitan

belum ada heh?!


ngaco mulu loe, tentang ketetapan/takdir dan SYARIAT saja loe melarikan diri, gak mampu njawab tuh di tritnya, tertangkap basah elo salah.

betul, jannah di ayat itu adalah SURGA, bukan sekedar kebun. dan SURGA itu SUDAH ADA sejak nabi Adam, tak ada dalilnya surga belum pernah ada.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 11, 2014 1:00 pm

@Kedunghalang wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
muntahan itu syurga yang ada kebunnya/jannah..
gitu kan DUNG?

Kata siapa SEGO?

lha muntahan itu menurutmu apa?
kata si JAGO itu planet

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 11, 2014 1:05 pm

@Mutiara wrote:betul, jannah di ayat itu adalah SURGA, bukan sekedar kebun. dan SURGA itu SUDAH ADA sejak nabi Adam, tak ada dalilnya surga belum pernah ada.

kalau muntahan... eh muntaha?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by mutiiiara on Tue Mar 11, 2014 3:43 pm

tak ada, itu dongeng
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 11, 2014 3:51 pm


ceritain..
gimana adam-hawa bisa sampai ke bumi arab?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Kedunghalang on Tue Mar 11, 2014 4:37 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
muntahan itu syurga yang ada kebunnya/jannah..
gitu kan DUNG?

Kata siapa SEGO?

lha muntahan itu menurutmu apa?
kata si JAGO itu planet

Menurut Al Qur'an, Sidratul Muntaha itu yang didekatnya ada surga, tempat tinggal. (An-Najm 53:15/16).

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 11, 2014 4:41 pm


trus..
adam-hawa dimana DUNG: sorga atau muntaha?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Kedunghalang on Tue Mar 11, 2014 4:44 pm

@SEGOROWEDI wrote:
trus..
adam-hawa dimana DUNG: sorga atau muntaha?

OOT. Mas Adam suaminya Inul ada di Pondok Indah.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 13 dari 16 Previous  1 ... 8 ... 12, 13, 14, 15, 16  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik