FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Ismail Adalah Keturunan Abraham

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Wed Dec 05, 2012 6:36 pm

First topic message reminder :

Selama Ini orang kristen menganggap bahwa Ismail bukanlah keturunan Abraham dikarenakan mereka berpegang pada Kejadian 21 : 12
" 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.
21:13 "Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu""


Tetapi dalam 1 Tawarikh 1 : 28 - 31 menyebutkan Ismail  dan anak2nya sebagai keturunan Abraham

keturunan Abraham

"1:28 Anak-anak Abraham ialah Ishak dan Ismael. 1:29 Inilah keturunan mereka: anak sulung Ismael ialah Nebayot, lalu Kedar, Adbeel, Mibsam, 1:30 Misyma, Duma, Masa, Hadad, Tema, 1:31 Yetur, Nafish dan Kedma; mereka itulah anak-anak Ismael."


2 cerita 2 keterangan  ehmm

*pembahasan tingkat lanjut bisa diambil dari kejadian 21 : 12-13 versi Bahasa Inggris*



Terakhir diubah oleh Orang_Pinggiran tanggal Fri Dec 07, 2012 12:44 am, total 2 kali diubah
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down


Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by putramentari on Thu Dec 06, 2012 12:48 pm

@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:

Nah ketemu lagi kan...Anda selalu ngubek makna satu kata, dan selalu melepas konteksnya. Padahal sdh saya jelaskan.

Ismael memang anak Abraham. Fakta biologisnya memang demikian.
Tapi Tuhan hanya berkenan pada Ishak untuk disebut anak Abraham.

Kej 21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu."

makanya langsung terbantah dengan sendirinya


@jakajayagiri-2 wrote:

Sebetulnya LAI sdh sangat bijak menggunakan dua kata yg berbeda supaya perbedaan konteksnya segera dipahami.
Nyatanya buat org2 macam Anda penggunaan kata yg sama justru bikin bingung krn selalu tidak memperhatikan konteks.

itulah kebusukan bukannya kebijakan, tak lain untuk mendiskreditkan Ismael
Jadi Anda cuma mau terima ayat 13 tapi menolak ayat 12, begitu?
Pakai logika mas...jgn cuma pinginnya ayat mana.

justru anda yang awalnya hanya membawa ayat 12 ajah dan saya yang membuka kebusukan LAI diayat 13.

kedua ayat tersebut bisa diterima karena :

Kej 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.

ishak disebut keturunan, ya memang bener

Kej 21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun keturunanmu."

Ismailpun pun disebut keturunan

jadi fitnah anda yang mengatakan :Tuhan tidak berkenan menyebut menyebut ismail sebagai keturunan ibrahim, langsung nyungsep kelaut
Keliru lagi. Anda cuma kekeuh pada satu kata saja "keturunan".
Hanya Ishak yg akan DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn hanya dia yg lahir atas restu Tuhan.
Ismael memag faktanya keturunan Abraham, tapi Tuhan tidak berkenan kalau Ismael DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn ismael lahir dr hubungan yg tidak sesuai kehendak Tuhan.
De facto, keduanya adalah keturunan Abraham
De jure, hanya Ishak yg diakui Tuhan.
Buktinya, Ismael selalu disebut sbg "keturunan hambamu"
Penyebutan keturunanmu di bagian akhir ayat 13 adalah penjelasan de facto-nya saja.

bukan ane yang keukeh, tapi Tuhan yang kekeuh diayat 13, bahwa :

Kej 21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun keturunanmu."

masih kurang jelas

masih gak malu bilang "Ismael selalu disebut sbg "keturunan hambamu" sementara di ayat 13 udah jelas disebut sebagai keturunan, dan bilang Hanya Ishak yg akan DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn hanya dia yg lahir atas restu Tuhan.sementara diayat 13 bukan hanya direstui malahan akan dibuat sebagai bangsa besar .

orang katarax sekalipun bisa melihat dengan jelas



@jakajayagiri-2 wrote:
justru hukum yang baru itulah yang bisa menggugurkan tafsiran ngawur kristen mengenai posisi Ismail
Hukum baru tidak/belum berlaku bagi Abraham. So, tidak ada hubungannya.

terima atau tidak terima bukan masalah saya, itu hak prerogatif sampeyan
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by putramentari on Thu Dec 06, 2012 12:53 pm

@Orang_Pinggiran wrote:Saya melihat netter2 non Muslim mencoba menghindar dari point2 penting dalam pembahasan, kecewa saya

ane termasuk yang ngacau gak bro, kalo termasuk maafin ye, biar momod hapus ajah jawaban ane di trit sampeyan ini
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by jakajayagiri-2 on Thu Dec 06, 2012 4:03 pm

@putramentari wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:

Kej 21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu."

makanya langsung terbantah dengan sendirinya




itulah kebusukan bukannya kebijakan, tak lain untuk mendiskreditkan Ismael
Jadi Anda cuma mau terima ayat 13 tapi menolak ayat 12, begitu?
Pakai logika mas...jgn cuma pinginnya ayat mana.

justru anda yang awalnya hanya membawa ayat 12 ajah dan saya yang membuka kebusukan LAI diayat 13.

kedua ayat tersebut bisa diterima karena :

Kej 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.

ishak disebut keturunan, ya memang bener

Kej 21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun keturunanmu."

Ismailpun pun disebut keturunan

jadi fitnah anda yang mengatakan :Tuhan tidak berkenan menyebut menyebut ismail sebagai keturunan ibrahim, langsung nyungsep kelaut
Keliru lagi. Anda cuma kekeuh pada satu kata saja "keturunan".
Hanya Ishak yg akan DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn hanya dia yg lahir atas restu Tuhan.
Ismael memag faktanya keturunan Abraham, tapi Tuhan tidak berkenan kalau Ismael DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn ismael lahir dr hubungan yg tidak sesuai kehendak Tuhan.
De facto, keduanya adalah keturunan Abraham
De jure, hanya Ishak yg diakui Tuhan.
Buktinya, Ismael selalu disebut sbg "keturunan hambamu"
Penyebutan keturunanmu di bagian akhir ayat 13 adalah penjelasan de facto-nya saja.

bukan ane yang keukeh, tapi Tuhan yang kekeuh diayat 13, bahwa :

Kej 21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun keturunanmu."
Ya Tuhan kekeuh dgn penjelasan de facto. Krn hal itu tidak mungkin diingkari.
Tapi soal keabsahan pewarisan dinasti Abraham, hanya kpd Ishak Tuhan berkenan.
Alasannya kenapa sdh saya jelaskan berulang2.
Lagi2 anda cuma berkutat pada satu kata saja mengkatarakkan diri dan logika thdp apa yg disebut sbg konteks. Makna dibalik yg tersurat.

masih kurang jelas

masih gak malu bilang "Ismael selalu disebut sbg "keturunan hambamu" sementara di ayat 13 udah jelas disebut sebagai keturunan, dan bilang Hanya Ishak yg akan DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn hanya dia yg lahir atas restu Tuhan.sementara diayat 13 bukan hanya direstui malahan akan dibuat sebagai bangsa besar .
orang katarax sekalipun bisa melihat dengan jelas
Ismael dibuat sbg bangsa besar, itu bonus penghiburan mas. Yah namanya juga anak biologis. Wajar lah.
Tapi hanya kepada Ishak dan keturunannyalah Tuhan berkenan melestarikan janjinya kepada Abraham. Bukan sekedar sebagai bangsa yg besar, tetapi inilah janji Tuhan:

Kejadian 15:
- Akan mempunyai keturunan sangat banyak
- Memiliki tanah Kanaan mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat: yakni tanah orang Keni, orang Kenas, orang Kadmon, orang Het, orang Feris, orang Refaim, orang Amori, orang Kanaan, orang Girgasi dan orang Yebus itu

Dan hanya kepada Ishak pula Tuhan mengulangi janji yg pernah disampaikan kepada Abraham:
Kej 26:4 Aku akan membuat banyak keturunanmu seperti bintang di langit; Aku akan memberikan kepada keturunanmu seluruh negeri ini, dan oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat

Janji buat Ismael jauh dibanding janjiNYA kepada Abraham dan ahli warisnya yg sah.


terima atau tidak terima bukan masalah saya, itu hak prerogatif sampeyan
Menerima atau tidak, saya gunakan logika berfikir yg sehat

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by jakajayagiri-2 on Thu Dec 06, 2012 4:04 pm

@Orang_Pinggiran wrote:Saya melihat netter2 non Muslim mencoba menghindar dari point2 penting dalam pembahasan, kecewa saya nangis

Bagian mana yg saya hindari, silakan direview. Akan saya jawab.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by unpuputslalutersenyum on Thu Dec 06, 2012 4:22 pm

@Orang_Pinggiran wrote:Selama Ini orang kristen menganggap bahwa Ismail bukanlah keturunan Abraham dikarenakan mereka berpegang pada Kejadian 21 : 12
" 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.
21:13 "Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu""


Tetapi dalam 1 Tawarikh 1 : 28 - 31 menyebutkan Ismail dan anak2nya sebagai keturunan Abraham

keturunan Abraham

"1:28 Anak-anak Abraham ialah Ishak dan Ismael. 1:29 Inilah keturunan mereka: anak sulung Ismael ialah Nebayot, lalu Kedar, Adbeel, Mibsam, 1:30 Misyma, Duma, Masa, Hadad, Tema, 1:31 Yetur, Nafish dan Kedma; mereka itulah anak-anak Ismael."


2 cerita 2 keterangan ehmm


TEMA YANG ANEH ! SUDAH JELAS ISMAEL KETURUNAN ABRAHAM KOK DI PERMASALAHKAN, ORANG KRISTEN JUGA MENGATAKAN DAN MEMAHAMI ISMAEL ANAK JASMANI ABRAHAM.,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,ISMAEL ANAK ABRAHAM DARI HAMBANYA HAGAR BANGSA MESIR.SUDAH JELAS 1000% SO ??????????????????????????????????????????????????
SEKEDAR INFO AJA YA ? nice info nice info
avatar
unpuputslalutersenyum
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 35
Kepercayaan : Protestan
Location : Unjung Pandang ( Dulu )
Join date : 01.12.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Thu Dec 06, 2012 5:19 pm

@putramentari wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:Saya melihat netter2 non Muslim mencoba menghindar dari point2 penting dalam pembahasan, kecewa saya

ane termasuk yang ngacau gak bro, kalo termasuk maafin ye, biar momod hapus ajah jawaban ane di trit sampeyan ini

nggak kok, kecuali ejek2an yang sama oglikom piss

semoga momod juga menghapus yang ini setelah bung PM baca, karena hanya sebuah pemberitahuan dan nggak berhubungan dengan tema binar
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Thu Dec 06, 2012 5:33 pm

@Orang_Pinggiran wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:Selama Ini orang kristen menganggap bahwa Ismail bukanlah keturunan Abraham dikarenakan mereka berpegang pada Kejadian 21 : 12
" 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak."

Tetapi dalam 1 Tawarikh 1 : 28 - 31 menyebutkan Ismail dan anak2nya sebagai keturunan Abraham

keturunan Abraham

"1:28 Anak-anak Abraham ialah Ishak dan Ismael. 1:29 Inilah keturunan mereka: anak sulung Ismael ialah Nebayot, lalu Kedar, Adbeel, Mibsam, 1:30 Misyma, Duma, Masa, Hadad, Tema, 1:31 Yetur, Nafish dan Kedma; mereka itulah anak-anak Ismael."


2 cerita 2 keterangan ehmm
Sangat mudah.

1 Taw 1: 28-31 adalah menjelaskan garis keturunan secara biologis. Krn memang secara biologis Ismael adalah buah dr persetubuhan antara Abraham dgn Hagar.

Sedangkan Kejadian 21 menjelaskan bahwa meskipun secara biologis Ismael adalah keturunan Abraham, namun Tuhan tidak berkenan menyebut Ismael sbg keturunan Abraham (dgn segala konsekuensi yg mengikuti sebutan itu). Secara verbal pun Tuhan selalu menyebut Ismael sbg "anak hambamu" (hagar) bukan anakmu (abraham).

Keberadaan dua penjelasan itu justru membuat pemahaman ttg siapa ISmael menjadi lengkap.

Sekarang begini..
dalam kejadian 21:13 "Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu"
lanjutan dari ayat sebelumnya saya bawakan sekalian,

di kejadian 21 sangat jelas menyebutkan bahwa Ismail nantinya tidak disebut keturunan Abraham, tetapi hanya anak Abraham.
karena "yang akan disebut keturunan Abraham ialah yang berasal dari Ishak"

tetapi dalam 1 Tawarikh 1 terdapat ketidak konsistenan dimana Ismail dimasukkan sebagai keturunan Abraham..
padahal sebelumnya dalam kitab kejadian sudah jelas disebutkan bahwa
"yang akan disebut keturunan Abraham ialah yang berasal dari Ishak"


berarti penyebutan Ismail sebagai keturunan Abraham dalam 1 tawarikh 1, adalah sebuah pelanggaran terhadap kitab kejadian

silahkan dicermati..

Repot juga ketemu org yg model begini (lagi). Model yg memahami satu kata tanpa mau lihat konteksnya.
Sebetulnya sdh saya jelaskan mas, Kejadian menerangkan bahwa Ismael itu benar anak Abraham tetapi secara PENGAKUAN dr Tuhan tidak. Krn itu ISmael tidak berhak menjadi pewaris. Secara verbal Tuhan selalu menyebut Ismael "anak hambamu". Sebutan itu saja sdh menunjukkan bahwa Tuhan tidak berkenan atas Ismael, tapi tentu saja krn Tuhan adil, anak yg lahir dr persetubuhan tanpa restu Tuhan ini tetap saja diberkati.

Kalau dlm bahasa Inggris, jelas sekali bahwa 1 Tawarikh khusus menjelaskan silsilah biologis.
1:28 The sons of Abraham [were] Isaac and Ishmael.
1:29 These [are] their genealogies: The firstborn of Ishmael [was] Nebajoth; then Kedar, Adbeel, Mibsam,

Jadi, apakah secara biologis Ismael boleh disebut keturunan Abraham? Boleh. Ismael memang ANAK abraham secara biologis.
Kenapa dikatakan bukan keturunan Abraham? Dikatakan demikian dalam konteks hukum Tuhan.

Sdh tau bedanya kan sekarang?

Lagi lagi ketemu orang yang kemakan dogma.. tape dech..
mbok didalami secara adem ayem dan berwawasan toh..

Bila memang Alkitab Itu adalah firman Tuhan. dan di kitab Kejadian "sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak"
lalu kemudian di kitab tawarikh disebutkan bahwa Ismail adalah keturunan Abraham..

maka bisa disimpulkan kitab tawarikh adalah amandemen dari kitab kejadian..

karena Tuhan yang tadinya dikatakan tidak mengakui Ismail lalu kemudian mengakuinya di kitab yang lebih muda (tawarikh)

pengakuan di tawarikh tidak dapat diartikan hanya sebagai pengakuan biologis dikarenakan yang menyebut Ismail sebagai keturunan Abraham (menurut kristen) adalah Tuhan..

Ini baru pemahaman paling dasar loh, dari apa yang bisa diliat semua kristen Indonesia, yaitu Alkitab bahasa Indonesia belum sampai ke pemahaman bahasa kaya bung PM


nb.. Untuk momod, tolong dihapus obrolan ngga penting antara bung oglikom dan bung PM, karena melenceng dari topik lapor

yang Ini bung Jaya ehmm
betewe kaya merek rokok jadinya piss
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Thu Dec 06, 2012 5:41 pm

@unpuputslalutersenyum wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:Selama Ini orang kristen menganggap bahwa Ismail bukanlah keturunan Abraham dikarenakan mereka berpegang pada Kejadian 21 : 12
" 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.
21:13 "Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu""


Tetapi dalam 1 Tawarikh 1 : 28 - 31 menyebutkan Ismail dan anak2nya sebagai keturunan Abraham

keturunan Abraham

"1:28 Anak-anak Abraham ialah Ishak dan Ismael. 1:29 Inilah keturunan mereka: anak sulung Ismael ialah Nebayot, lalu Kedar, Adbeel, Mibsam, 1:30 Misyma, Duma, Masa, Hadad, Tema, 1:31 Yetur, Nafish dan Kedma; mereka itulah anak-anak Ismael."


2 cerita 2 keterangan ehmm


TEMA YANG ANEH ! SUDAH JELAS ISMAEL KETURUNAN ABRAHAM KOK DI PERMASALAHKAN, ORANG KRISTEN JUGA MENGATAKAN DAN MEMAHAMI ISMAEL ANAK JASMANI ABRAHAM.,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,ISMAEL ANAK ABRAHAM DARI HAMBANYA HAGAR BANGSA MESIR.SUDAH JELAS 1000% SO ??????????????????????????????????????????????????
SEKEDAR INFO AJA YA ? nice info nice info

masak harus ngulang lagi pusing

begini jeung..

menurut bibel terjemahan terbaru, yang Bilang Ismail bukan keturunan Abraham itu Tuhan (kej 21 : 12-13)

Yang bilang Ismail adalah keturunan Abraham juga Tuhan
(1 Tawarikh 1 : 28 - 31)

menurut bibel yang ngakuin Tuhan loh jeung, bukan cuma sekedar pengakuan biologis..

Kalo bibel itu adalah sebuah Undang2, berarti perintah yg baru adalah amandemen dari perintah lama..

Artinya, Kejadian 21 otomatis digugurkan sama 1 Tawarikh 1
(ini si saya ngikutin cara berpikir kristen)

jadi Si Ismail itu sudah dapat pengakuan penuh dari Tuhan, karena sudah diamandemen di 1 Tawarikh 1.

Ini baru pemahaman versi terjemahan baru loh, belum melakukan pembahasan lebih dalam lagi ehmm
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by jakajayagiri-2 on Thu Dec 06, 2012 6:03 pm

OK, ngulang (muter) lagi yah:
@Orang_Pinggiran wrote:
Lagi lagi ketemu orang yang kemakan dogma.. tape dech..
mbok didalami secara adem ayem dan berwawasan toh..

Bila memang Alkitab Itu adalah firman Tuhan. dan di kitab Kejadian "sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak"
lalu kemudian di kitab tawarikh disebutkan bahwa Ismail adalah keturunan Abraham..

maka bisa disimpulkan kitab tawarikh adalah amandemen dari kitab kejadian..
Gak usah sampai tawarikh. Di kejadian pun Ismael sdh dikatakan sbg keturunan Abraham.
Bagaimana memahami perbedaan Ishak dan Ismael dalam hal penggunaan kata keturunan, sdh saya jelaskan berulang2.

karena Tuhan yang tadinya dikatakan tidak mengakui Ismail lalu kemudian mengakuinya di kitab yang lebih muda (tawarikh)
Di Kitab kejadian pun sdh disebutkan bahwa Ismael juga keturunan Abraham. Tapi yg berhak menyandang sebutan (so called) keturunan Abraham adalah Ishak. Dan dgn begitu Ishak pula yg berhak menjadi pewaris janji Tuhan kepada Abraham. Dan terbukti, Tuhan MENGULANG janjiNya itu kepada Ishak.

pengakuan di tawarikh tidak dapat diartikan hanya sebagai pengakuan biologis dikarenakan yang menyebut Ismail sebagai keturunan Abraham (menurut kristen) adalah Tuhan..
Tuhan mengakui Ismael sbg keturunan biologis Abraham, tertulis sejak di kitab Kejadian. Dan itu yg kemudian tertulis dalam Tawarikh dalam bentuk silsilah.


jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by unpuputslalutersenyum on Thu Dec 06, 2012 11:51 pm

@Orang_Pinggiran wrote:Selama Ini orang kristen menganggap bahwa Ismail bukanlah keturunan Abraham dikarenakan mereka berpegang pada Kejadian 21 : 12
" 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.
21:13 "Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu""


Tetapi dalam 1 Tawarikh 1 : 28 - 31 menyebutkan Ismail dan anak2nya sebagai keturunan Abraham

keturunan Abraham

"1:28 Anak-anak Abraham ialah Ishak dan Ismael. 1:29 Inilah keturunan mereka: anak sulung Ismael ialah Nebayot, lalu Kedar, Adbeel, Mibsam, 1:30 Misyma, Duma, Masa, Hadad, Tema, 1:31 Yetur, Nafish dan Kedma; mereka itulah anak-anak Ismael."


2 cerita 2 keterangan ehmm

Oh ayat itu ? ga terima ya ? piss Standart di hadapan Allah dengan standar manusia tentu sangat berbanding jauh, Seorang gadis kecil memperhatikan seekor domba makan rumput dan berpikir betapa putihnya domba itu terlihat dalam latar yang hijau. Tapi ketika salju mulai turun ia berpikir, “Domba itu terlihat begitu kotor diantara putihnya salju”. Domba yang sama namun dengan latar yang berbeda. Allah emang mengakui ismael anak abraham, itu jelas karena Abrahamlah yg menghamili hagar,jelas Abraham adalah bapak ismael( bukan lo kan " or ping ? ) Tuhkan Allah Jujur, tapi Allah memilki rencana akan keturunan Abraham dan Allah memiliki High Standart untuk sebuah rencana. Karena ismael anak dari hamba, istilahnya anak haram kasarnya, dan bukan bagian dari rencana Allah melainkan rencana sara istri Abaraham yang menyodorkan hagar bagi Abraham, untuk menyenangkan hati si Abaraham.Karena Allah jujur, maka Allah mengakui Ismael emang benar anak Abraham, TETAPI BUKAN KETURUNAN YANG DI AKUI OLEH ALLAH, SEBAGAI KETURUNAN YANG NANTINYA AKAN MENJADI BAGIAN DARI RENCANA ALLAH.
avatar
unpuputslalutersenyum
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 35
Kepercayaan : Protestan
Location : Unjung Pandang ( Dulu )
Join date : 01.12.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Fri Dec 07, 2012 12:16 am

@jakajayagiri-2 wrote:OK, ngulang (muter) lagi yah:
@Orang_Pinggiran wrote:
Lagi lagi ketemu orang yang kemakan dogma.. tape dech..
mbok didalami secara adem ayem dan berwawasan toh..

Bila memang Alkitab Itu adalah firman Tuhan. dan di kitab Kejadian "sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak"
lalu kemudian di kitab tawarikh disebutkan bahwa Ismail adalah keturunan Abraham..

maka bisa disimpulkan kitab tawarikh adalah amandemen dari kitab kejadian..
Gak usah sampai tawarikh. Di kejadian pun Ismael sdh dikatakan sbg keturunan Abraham.
Bagaimana memahami perbedaan Ishak dan Ismael dalam hal penggunaan kata keturunan, sdh saya jelaskan berulang2.

karena Tuhan yang tadinya dikatakan tidak mengakui Ismail lalu kemudian mengakuinya di kitab yang lebih muda (tawarikh)
Di Kitab kejadian pun sdh disebutkan bahwa Ismael juga keturunan Abraham. Tapi yg berhak menyandang sebutan (so called) keturunan Abraham adalah Ishak. Dan dgn begitu Ishak pula yg berhak menjadi pewaris janji Tuhan kepada Abraham. Dan terbukti, Tuhan MENGULANG janjiNya itu kepada Ishak.

pengakuan di tawarikh tidak dapat diartikan hanya sebagai pengakuan biologis dikarenakan yang menyebut Ismail sebagai keturunan Abraham (menurut kristen) adalah Tuhan..
Tuhan mengakui Ismael sbg keturunan biologis Abraham, tertulis sejak di kitab Kejadian. Dan itu yg kemudian tertulis dalam Tawarikh dalam bentuk silsilah.


Wah wah.. baru dari kulit terluar aja sudah tidak bisa berpikir sesuai kronologis..

kalau sampai pemahaman bahasa dan tata bahasa si bagaimana? pusing


Point yang ditekankan dalam kitab kejadian terjemahan baru (walau sebenarnya translate dari bahasa Inggris ke Indonesia kaya pekerjaan anak SD)
Ishak = Keturunan Abraham
Ismail = Anak Abraham
dimana:
Keturunan sudah pasti disebut anak dan anak tidak selalu disebut keturunan.

pembedanya adalah: anak = hubungan biologis saja
keturunan = hubungan rohani plus biologis

Ini berdasarkan keterangan sampeyan loh..


sekarang yang jadi Pertanyaan, di kitab tawarikh,si Ismail disebut sebagai anak atau keturunan??
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Fri Dec 07, 2012 12:22 am

@unpuputslalutersenyum wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:Selama Ini orang kristen menganggap bahwa Ismail bukanlah keturunan Abraham dikarenakan mereka berpegang pada Kejadian 21 : 12
" 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.
21:13 "Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu""


Tetapi dalam 1 Tawarikh 1 : 28 - 31 menyebutkan Ismail dan anak2nya sebagai keturunan Abraham

keturunan Abraham

"1:28 Anak-anak Abraham ialah Ishak dan Ismael. 1:29 Inilah keturunan mereka: anak sulung Ismael ialah Nebayot, lalu Kedar, Adbeel, Mibsam, 1:30 Misyma, Duma, Masa, Hadad, Tema, 1:31 Yetur, Nafish dan Kedma; mereka itulah anak-anak Ismael."


2 cerita 2 keterangan ehmm

Oh ayat itu ? ga terima ya ? piss Standart di hadapan Allah dengan standar manusia tentu sangat berbanding jauh, Seorang gadis kecil memperhatikan seekor domba makan rumput dan berpikir betapa putihnya domba itu terlihat dalam latar yang hijau. Tapi ketika salju mulai turun ia berpikir, “Domba itu terlihat begitu kotor diantara putihnya salju”. Domba yang sama namun dengan latar yang berbeda. Allah emang mengakui ismael anak abraham, itu jelas karena Abrahamlah yg menghamili hagar,jelas Abraham adalah bapak ismael( bukan lo kan " or ping ? ) Tuhkan Allah Jujur, tapi Allah memilki rencana akan keturunan Abraham dan Allah memiliki High Standart untuk sebuah rencana. Karena ismael anak dari hamba, istilahnya anak haram kasarnya, dan bukan bagian dari rencana Allah melainkan rencana sara istri Abaraham yang menyodorkan hagar bagi Abraham, untuk menyenangkan hati si Abaraham.Karena Allah jujur, maka Allah mengakui Ismael emang benar anak Abraham, TETAPI BUKAN KETURUNAN YANG DI AKUI OLEH ALLAH, SEBAGAI KETURUNAN YANG NANTINYA AKAN MENJADI BAGIAN DARI RENCANA ALLAH.

sampean Ini ngawur, apa semua kristen itu emang cuma bisanya nelen dogma, nggak bisa nelen pemahaman basi


Menurut bibel terjemahan baru yang kayaknya diterjemahin dari bahasa inggris sama anak SD.
-kitab kejadian. Allah menolak menganggap Ismail sebagai keturunan Abraham, hanya menyebut sebagai anak saja

-Kitab tawarikh. Allah menyebut Ismail sebagai keturunan Abraham


kayaknya dari point ini, orang kristenlah yang ngga bisa nerima kalau ternyata Ismail itu memang sama kedudukannya dengan Ishak.
daripada ngikutin kata bibel, mending ngikutin kata pendeta / pastur yang mengartikannya ....... ya gitu dech piss
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by oglikom on Fri Dec 07, 2012 12:40 am

@Orang_Pinggiran
Jadi intinya anda menuntut persamaan HAK karena dalam Tawarikh Ismail juga di sebut sebagai keturunan Abraham.

Seharusnya anda melihat kenyataan saja sudah bisa mengerti bahwa hanya dari Ishak semua Nabi-Nabi dilahirkan.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Fri Dec 07, 2012 12:47 am

@oglikom wrote:@Orang_Pinggiran
Jadi intinya anda menuntut persamaan HAK karena dalam Tawarikh Ismail juga di sebut sebagai keturunan Abraham.

Seharusnya anda melihat kenyataan saja sudah bisa mengerti bahwa hanya dari Ishak semua Nabi-Nabi dilahirkan.

cie cie..
di atas ni orang udah ngga bisa jawab, eh main nongol pake OOT
tape dech Tape Deh
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by oglikom on Fri Dec 07, 2012 12:50 am

@Orang_Pinggiran wrote:
@oglikom wrote:@Orang_Pinggiran
Jadi intinya anda menuntut persamaan HAK karena dalam Tawarikh Ismail juga di sebut sebagai keturunan Abraham.

Seharusnya anda melihat kenyataan saja sudah bisa mengerti bahwa hanya dari Ishak semua Nabi-Nabi dilahirkan.

cie cie..
di atas ni orang udah ngga bisa jawab, eh main nongol pake OOT
tape dech Tape Deh
Coba sih tunjukkan dimana OOTnya dan mana yang tidak bisa dijawab?

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Fri Dec 07, 2012 1:07 am

@atas
#18
#20
situ menjawab tidak sesuai tema, Judul dan subforum..
kalau niat diskusi, fokus ke Ayat2 yang saya bawakan dari kitab kejadian dan tawarikh,karena ini tentang koreksi bibel tentang kisah Ismail dan Ishak. kalau nggak mampu, silahkan keluar dari tema ini.
toh ini juga bukan lagi bahas kepercayaan situ.
Tape Deh
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by putramentari on Fri Dec 07, 2012 1:13 am

@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
Jadi Anda cuma mau terima ayat 13 tapi menolak ayat 12, begitu?
Pakai logika mas...jgn cuma pinginnya ayat mana.

justru anda yang awalnya hanya membawa ayat 12 ajah dan saya yang membuka kebusukan LAI diayat 13.

kedua ayat tersebut bisa diterima karena :

Kej
21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu
karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara
kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.

ishak disebut keturunan, ya memang bener

Kej 21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun keturunanmu."

Ismailpun pun disebut keturunan

jadi
fitnah anda yang mengatakan :Tuhan tidak berkenan menyebut menyebut
ismail sebagai keturunan ibrahim, langsung nyungsep kelaut
Keliru lagi. Anda cuma kekeuh pada satu kata saja "keturunan".
Hanya Ishak yg akan DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn hanya dia yg lahir atas restu Tuhan.
Ismael
memag faktanya keturunan Abraham, tapi Tuhan tidak berkenan kalau
Ismael DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn ismael lahir dr
hubungan yg tidak sesuai kehendak Tuhan.
De facto, keduanya adalah keturunan Abraham
De jure, hanya Ishak yg diakui Tuhan.
Buktinya, Ismael selalu disebut sbg "keturunan hambamu"
Penyebutan keturunanmu di bagian akhir ayat 13 adalah penjelasan de facto-nya saja.

bukan ane yang keukeh, tapi Tuhan yang kekeuh diayat 13, bahwa :

Kej 21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun keturunanmu."
Ya Tuhan kekeuh dgn penjelasan de facto. Krn hal itu tidak mungkin diingkari.
Tapi soal keabsahan pewarisan dinasti Abraham, hanya kpd Ishak Tuhan berkenan.
Alasannya kenapa sdh saya jelaskan berulang2.
Lagi2
anda cuma berkutat pada satu kata saja mengkatarakkan diri dan logika
thdp apa yg disebut sbg konteks. Makna dibalik yg tersurat.

satu kata seenak jidat yang diartikan berbeda oleh LAI demi mendiskreditkan Ismail


@jakajayagiri-2 wrote:
masih kurang jelas

masih gak malu bilang "Ismael selalu disebut sbg "keturunan hambamu" sementara di ayat 13 udah jelas disebut sebagai keturunan, dan bilang Hanya Ishak yg akan DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn hanya dia yg lahir atas restu Tuhan.sementara diayat 13 bukan hanya direstui malahan akan dibuat sebagai bangsa besar .
orang katarax sekalipun bisa melihat dengan jelas
Ismael dibuat sbg bangsa besar, itu bonus penghiburan mas. Yah namanya juga anak biologis. Wajar lah.
Tapi
hanya kepada Ishak dan keturunannyalah Tuhan berkenan melestarikan
janjinya kepada Abraham. Bukan sekedar sebagai bangsa yg besar, tetapi
inilah janji Tuhan:

Kejadian 15:
- Akan mempunyai keturunan sangat banyak
-
Memiliki tanah Kanaan mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang
besar itu, sungai Efrat: yakni tanah orang Keni, orang Kenas, orang
Kadmon, orang Het, orang Feris, orang Refaim, orang Amori, orang Kanaan,
orang Girgasi dan orang Yebus itu

Dan hanya kepada Ishak pula Tuhan mengulangi janji yg pernah disampaikan kepada Abraham:
Kej
26:4 Aku akan membuat banyak keturunanmu seperti bintang di langit; Aku
akan memberikan kepada keturunanmu seluruh negeri ini, dan oleh
keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat

Janji buat Ismael jauh dibanding janjiNYA kepada Abraham dan ahli warisnya yg sah.

memang mau adu warisan, point penting disini tentang disebut keturunan, gak usahmengalihkan fokus pembaca



@jakajayagiri-2 wrote:
terima atau tidak terima bukan masalah saya, itu hak prerogatif sampeyan
Menerima atau tidak, saya gunakan logika berfikir yg sehat
yups logika berpikir yang sehat tapi sayangnya ngawur
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by oglikom on Fri Dec 07, 2012 1:24 am

Hehehe..mari kita ulang.
@Orang_Pinggiran wrote:
@oglikom wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:

agak heran juga saya, tercantum agama lain2 kok mumpuni banget kristennya (kalo diliat sekilas si gitu) lol

situ menyimpulkan seperti ini

"Jadi jangan keliru mengerti bahwa semua kitab adalah "FIRMAN TUHAN" karena sebagian adalah sejarah atau periwayatan. Seperti pada bagian kitab yang anda sebut."

okelah anggap saja sudah benar, bahwa tidak semua kitab adalah Firman Tuhan..
sebagian adalah tulisan pribadi si penulis yang disebut situ "sejarah atau periwayatan"

maka akan muncul pertanyaan selanjutnya, apakah dalam penulisan yang disebut "sejarah atau periwayatan" dalam bible, sang penulis tidak mendapat bimbingan Tuhan??
Sehingga membiarkan penulis untuk menuliskan Ismail sebagai keturunan, bukan sebagai anak saja..
Soal "mumpuni", tanya saja sama raja teori abal-aabal Mang Odoy.....hehehe.
Tidak ada yang salah antara keturunan dan anak memang sama cuma yang membedakan adalah:
Kemauan TUHAN (Ishak) dengan Kemauan manusia (Ismail).
@Orang_Pinggiran wrote:
ingat loh, di kitab kejadian, yang akan disebut keturunan itu cuma dari ishak..
masa Tuhan membiarkan saja kalau di tawarikh si ismail disebut keturunan Abraham?
padahal sudah jelas, antara anak dan keturunan itu kedudukannya berbeda

monggo
Keturunan yang menurunkan Nabi-Nabi itu yang membedakan Kedudukannya.

saya jarang komunikasi sama mang odoy piss

Tampaknya situ belum menjawab semua, tolong dijawab semua daulu ya, kalau bingung atau gimana, bilang aja, nanti bisa dilewati..

Sama Menambahkan:
situ kang bilang
"yang membedakan adalah:
Kemauan TUHAN (Ishak) dengan Kemauan manusia (Ismail)."


berarti yang di tawarikh itu kemauan manusia ya?
Lihat pertanyaan anda melenceng dari yang saya jelaskan.
KRONOLOGI untuk Ishak di sebut keturunan/anak perjanjian untuk Abraham karena sesuai dengan KEMAUAN dan JANJI Tuhan yaitu disuruh bersabar menanti.
Sedangkan Ismael lahir karena Sara tidak sabar dengan memberikan hambanya.

Jadi tidak ada hubungannya dengan kitab Tawarikh.
@Orang_Pinggiran wrote:
semua itu ide penulis, tanpa diacc sama Tuhan?

monggo dijawab lagi ehmm
Untuk yang ditulis didalam Tawarikh itu bukan soal di acc atau tidaknya tetapi meriwayatkan bahwa Ismail juga keturunan=anak Abraham.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Fri Dec 07, 2012 2:12 am

@atas
owh jadi bibel itu antara satu dan lainnya nggak berhubungan toh, malah baru tau
basi

silahkan dibaca lagi di kejadian 21. beda antara keturunan dan anak..
kan sudah jelas di situ, yang disebut keturunan itu dapat pengakuan rohani, dan yang ngga dapat pengakuan rohani hanya sebagai anak..

jadi jangan bilang keturunan = anak
tar bertentangan sama kejadian 21
lol
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by SEGOROWEDI on Fri Dec 07, 2012 7:43 am

@putramentari wrote:

satu kata seenak jidat yang diartikan berbeda oleh LAI demi mendiskreditkan Ismail

ismail memang terlahir dari budak
buah ketidak sabaran sarai menantikan janji Tuhan
seperti itulah adanya..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by jakajayagiri-2 on Fri Dec 07, 2012 7:46 am

@putramentari wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:

justru anda yang awalnya hanya membawa ayat 12 ajah dan saya yang membuka kebusukan LAI diayat 13.

kedua ayat tersebut bisa diterima karena :

Kej
21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu
karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara
kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.

ishak disebut keturunan, ya memang bener

Kej 21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun keturunanmu."

Ismailpun pun disebut keturunan

jadi
fitnah anda yang mengatakan :Tuhan tidak berkenan menyebut menyebut
ismail sebagai keturunan ibrahim, langsung nyungsep kelaut
Keliru lagi. Anda cuma kekeuh pada satu kata saja "keturunan".
Hanya Ishak yg akan DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn hanya dia yg lahir atas restu Tuhan.
Ismael
memag faktanya keturunan Abraham, tapi Tuhan tidak berkenan kalau
Ismael DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn ismael lahir dr
hubungan yg tidak sesuai kehendak Tuhan.
De facto, keduanya adalah keturunan Abraham
De jure, hanya Ishak yg diakui Tuhan.
Buktinya, Ismael selalu disebut sbg "keturunan hambamu"
Penyebutan keturunanmu di bagian akhir ayat 13 adalah penjelasan de facto-nya saja.

bukan ane yang keukeh, tapi Tuhan yang kekeuh diayat 13, bahwa :

Kej 21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun keturunanmu."
Ya Tuhan kekeuh dgn penjelasan de facto. Krn hal itu tidak mungkin diingkari.
Tapi soal keabsahan pewarisan dinasti Abraham, hanya kpd Ishak Tuhan berkenan.
Alasannya kenapa sdh saya jelaskan berulang2.
Lagi2
anda cuma berkutat pada satu kata saja mengkatarakkan diri dan logika
thdp apa yg disebut sbg konteks. Makna dibalik yg tersurat.

satu kata seenak jidat yang diartikan berbeda oleh LAI demi mendiskreditkan Ismail
Lah..saya sdh ikuti irama Anda Mas. Abaikan perbedaan kata dr LAI. Gunakan saja satu kata"keturunan". Artinya pun sama. Tapi perbedaan bukan pada makna katanya. Perbedaan justru ada di subjeknya.
Ismael memang KETURUNAN Abraham, berasal dr hasil persetubuhan tidak sah bagi Tuhan.
Ishak memang KETURUNAN Abraham, berasal dr persetubuhan sah antara Abraham dan Sara.
Krn itulah, bagi Tuhan, yg BERHAK menyandang sebutan KETURUNAN (secara legal di hadapan Tuhan) Abraham hanyalah Ishak. Krn itu Ishak berhak jadi pewaris janji TUHAN bagi Abraham

@jakajayagiri-2 wrote:
masih kurang jelas

masih gak malu bilang "Ismael selalu disebut sbg "keturunan hambamu" sementara di ayat 13 udah jelas disebut sebagai keturunan, dan bilang Hanya Ishak yg akan DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn hanya dia yg lahir atas restu Tuhan.sementara diayat 13 bukan hanya direstui malahan akan dibuat sebagai bangsa besar .
orang katarax sekalipun bisa melihat dengan jelas
Ismael dibuat sbg bangsa besar, itu bonus penghiburan mas. Yah namanya juga anak biologis. Wajar lah.
Tapi
hanya kepada Ishak dan keturunannyalah Tuhan berkenan melestarikan
janjinya kepada Abraham. Bukan sekedar sebagai bangsa yg besar, tetapi
inilah janji Tuhan:

Kejadian 15:
- Akan mempunyai keturunan sangat banyak
-
Memiliki tanah Kanaan mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang
besar itu, sungai Efrat: yakni tanah orang Keni, orang Kenas, orang
Kadmon, orang Het, orang Feris, orang Refaim, orang Amori, orang Kanaan,
orang Girgasi dan orang Yebus itu

Dan hanya kepada Ishak pula Tuhan mengulangi janji yg pernah disampaikan kepada Abraham:
Kej
26:4 Aku akan membuat banyak keturunanmu seperti bintang di langit; Aku
akan memberikan kepada keturunanmu seluruh negeri ini, dan oleh
keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat

Janji buat Ismael jauh dibanding janjiNYA kepada Abraham dan ahli warisnya yg sah.

memang mau adu warisan, point penting disini tentang disebut keturunan, gak usahmengalihkan fokus pembaca
FOKUS dlm pembahasan mengenai Abraham dan keturunannya memang PERJANJIAN TUHAN. Bukan soal kata KETURUNAN.
Jadi dr awal yg tidak fokus adalah Anda.

yups logika berpikir yang sehat tapi sayangnya ngawur
Kalau jelas logika sehat ya pasti tidak ngawur.
Kesimpulan "yups logika berpikir yang sehat tapi sayangnya ngawur" itu jelas tidak logis (apalagi sehat)


jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by oglikom on Fri Dec 07, 2012 8:42 am

@Orang_Pinggiran wrote:@atas
owh jadi bibel itu antara satu dan lainnya nggak berhubungan toh, malah baru tau
basi
silahkan dibaca lagi di kejadian 21. beda antara keturunan dan anak..
kan sudah jelas di situ, yang disebut keturunan itu dapat pengakuan rohani, dan yang ngga dapat pengakuan rohani hanya sebagai anak..
Nah, situ yang mempunyai dasar pemikiran yang berbeda.

'Pengakuan rohani' yang anda maksud adalah untuk orang Kristen sekarang yang menyebut Ishak sebagai ANAK PERJANJIAN.
Dan Ismail BUKAN karena hasil hubungan badan dengan BABU.....jelas.

Kalau yang anda protes adalah PENGAKUAN ROHANI orang Kristen terhadap Ishak itu hanya berdasarkan terjemahan kata KETURUNAN tidak sama dengan ANAK.....jelas sangat LEBAY.

Karena Ismail dan Ishak adalah KETURUNAN Abraham.

@Orang_Pinggiran wrote:
jadi jangan bilang keturunan = anak
tar bertentangan sama kejadian 21
lol
Tidak ada yang bertentangan kalau mau situ membaca keterangan diatas.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by SEGOROWEDI on Fri Dec 07, 2012 9:49 am



para pembela anak babu..
mestinya protesnya ke Tuhan

- kenapa anak/keturuan yang dijanjikan harus dari rahim sarai, bukan hagar
- kenapa yang disebut anak tunggal ishak, bukan ismael
- kenapa yang perintahkan untuk dikorbankan ishak, bukan ismael

2 good

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Fri Dec 07, 2012 9:57 am

@oglikom wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:@atas
owh jadi bibel itu antara satu dan lainnya nggak berhubungan toh, malah baru tau
basi
silahkan dibaca lagi di kejadian 21. beda antara keturunan dan anak..
kan sudah jelas di situ, yang disebut keturunan itu dapat pengakuan rohani, dan yang ngga dapat pengakuan rohani hanya sebagai anak..
Nah, situ yang mempunyai dasar pemikiran yang berbeda.

'Pengakuan rohani' yang anda maksud adalah untuk orang Kristen sekarang yang menyebut Ishak sebagai ANAK PERJANJIAN.
Dan Ismail BUKAN karena hasil hubungan badan dengan BABU.....jelas.

Kalau yang anda protes adalah PENGAKUAN ROHANI orang Kristen terhadap Ishak itu hanya berdasarkan terjemahan kata KETURUNAN tidak sama dengan ANAK.....jelas sangat LEBAY.

Karena Ismail dan Ishak adalah KETURUNAN Abraham.

@Orang_Pinggiran wrote:
jadi jangan bilang keturunan = anak
tar bertentangan sama kejadian 21
lol
Tidak ada yang bertentangan kalau mau situ membaca keterangan diatas.

post
#18
#20
belum ditanggapi..
nggak usah mangkir, ditanggapi dulu..

Kalau memang ndak dapat pengakuan rohani, masak dicantumkan (lagi) di tawarikh, sampeyan ini ngawur plus asal omong tanpa membawa bukti..
debat kusir aja masih bawa bukti, kalau situ disebut debat apa ya?
lol
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Fri Dec 07, 2012 10:06 am

@SEGOROWEDI wrote:

para pembela anak babu..
mestinya protesnya ke Tuhan

- kenapa anak/keturuan yang dijanjikan harus dari rahim sarai, bukan hagar
- kenapa yang disebut anak tunggal ishak, bukan ismael
- kenapa yang perintahkan untuk dikorbankan ishak, bukan ismael

2 good

halah wed..
udah bis terjemahin ini apa belum?
main sms aja kamu
lol

avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik