FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Ismail Adalah Keturunan Abraham

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Wed Dec 05, 2012 6:36 pm

First topic message reminder :

Selama Ini orang kristen menganggap bahwa Ismail bukanlah keturunan Abraham dikarenakan mereka berpegang pada Kejadian 21 : 12
" 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.
21:13 "Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu""


Tetapi dalam 1 Tawarikh 1 : 28 - 31 menyebutkan Ismail  dan anak2nya sebagai keturunan Abraham

keturunan Abraham

"1:28 Anak-anak Abraham ialah Ishak dan Ismael. 1:29 Inilah keturunan mereka: anak sulung Ismael ialah Nebayot, lalu Kedar, Adbeel, Mibsam, 1:30 Misyma, Duma, Masa, Hadad, Tema, 1:31 Yetur, Nafish dan Kedma; mereka itulah anak-anak Ismael."


2 cerita 2 keterangan  ehmm

*pembahasan tingkat lanjut bisa diambil dari kejadian 21 : 12-13 versi Bahasa Inggris*



Terakhir diubah oleh Orang_Pinggiran tanggal Fri Dec 07, 2012 12:44 am, total 2 kali diubah
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down


Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by SEGOROWEDI on Fri Dec 07, 2012 10:15 am

@Orang_Pinggiran wrote:
halah wed..
udah bis terjemahin ini apa belum?
main sms aja kamu
lol


secara biologis memang anak/keturunannya..
tetapi bukan dia anak yang dijanjikan Tuhan..
dan Tuhan itu maha kasih, maka anak tersebut juga diberi anugerah
tetapi tidak berarti Tuhan harus merubah/membatalkan janji-Nya
kepada abraham dan sarai..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Fri Dec 07, 2012 10:23 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:
halah wed..
udah bis terjemahin ini apa belum?
main sms aja kamu
lol


secara biologis memang anak/keturunannya..
tetapi bukan dia anak yang dijanjikan Tuhan..
dan Tuhan itu maha kasih, maka anak tersebut juga diberi anugerah
tetapi tidak berarti Tuhan harus merubah/membatalkan janji-Nya
kepada abraham dan sarai..

ditanya terjemahan bahasnya apa..
basi Tape Deh
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by putramentari on Fri Dec 07, 2012 10:38 am

@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
Keliru lagi. Anda cuma kekeuh pada satu kata saja "keturunan".
Hanya Ishak yg akan DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn hanya dia yg lahir atas restu Tuhan.
Ismael
memag faktanya keturunan Abraham, tapi Tuhan tidak berkenan kalau
Ismael DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn ismael lahir dr
hubungan yg tidak sesuai kehendak Tuhan.
De facto, keduanya adalah keturunan Abraham
De jure, hanya Ishak yg diakui Tuhan.
Buktinya, Ismael selalu disebut sbg "keturunan hambamu"
Penyebutan keturunanmu di bagian akhir ayat 13 adalah penjelasan de facto-nya saja.

bukan ane yang keukeh, tapi Tuhan yang kekeuh diayat 13, bahwa :

Kej 21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun keturunanmu."
Ya Tuhan kekeuh dgn penjelasan de facto. Krn hal itu tidak mungkin diingkari.
Tapi soal keabsahan pewarisan dinasti Abraham, hanya kpd Ishak Tuhan berkenan.
Alasannya kenapa sdh saya jelaskan berulang2.
Lagi2
anda cuma berkutat pada satu kata saja mengkatarakkan diri dan logika
thdp apa yg disebut sbg konteks. Makna dibalik yg tersurat.

satu kata seenak jidat yang diartikan berbeda oleh LAI demi mendiskreditkan Ismail
Lah..saya sdh ikuti irama Anda Mas. Abaikan perbedaan kata dr LAI. Gunakan saja satu kata"keturunan". Artinya pun sama. Tapi perbedaan bukan pada makna katanya. Perbedaan justru ada di subjeknya.
Ismael memang KETURUNAN Abraham, berasal dr hasil persetubuhan tidak sah bagi Tuhan.
Ishak memang KETURUNAN Abraham, berasal dr persetubuhan sah antara Abraham dan Sara.
Krn itulah, bagi Tuhan, yg BERHAK menyandang sebutan KETURUNAN (secara legal di hadapan Tuhan) Abraham hanyalah Ishak. Krn itu Ishak berhak jadi pewaris janji TUHAN bagi Abraham
ne lagi terbukti anda mendiskreditkan ismail, dg kalimat :
Ismael memang KETURUNAN Abraham, berasal dr hasil persetubuhan tidak sah bagi Tuhan.
Ishak memang KETURUNAN Abraham, berasal dr persetubuhan sah antara Abraham dan Sara.

yang nama udah melalui proses pernikahan, persetubuhan tentulah syah, wkwkwk

@jakajayagiri-2 wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
masih kurang jelas

masih gak malu bilang "Ismael selalu disebut sbg "keturunan hambamu" sementara di ayat 13 udah jelas disebut sebagai keturunan, dan bilang Hanya Ishak yg akan DISEBUT (so called) sbg keturunan Abraham. Krn hanya dia yg lahir atas restu Tuhan.sementara diayat 13 bukan hanya direstui malahan akan dibuat sebagai bangsa besar .
orang katarax sekalipun bisa melihat dengan jelas
Ismael dibuat sbg bangsa besar, itu bonus penghiburan mas. Yah namanya juga anak biologis. Wajar lah.
Tapi
hanya kepada Ishak dan keturunannyalah Tuhan berkenan melestarikan
janjinya kepada Abraham. Bukan sekedar sebagai bangsa yg besar, tetapi
inilah janji Tuhan:

Kejadian 15:
- Akan mempunyai keturunan sangat banyak
-
Memiliki tanah Kanaan mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang
besar itu, sungai Efrat: yakni tanah orang Keni, orang Kenas, orang
Kadmon, orang Het, orang Feris, orang Refaim, orang Amori, orang Kanaan,
orang Girgasi dan orang Yebus itu

Dan hanya kepada Ishak pula Tuhan mengulangi janji yg pernah disampaikan kepada Abraham:
Kej
26:4 Aku akan membuat banyak keturunanmu seperti bintang di langit; Aku
akan memberikan kepada keturunanmu seluruh negeri ini, dan oleh
keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat

Janji buat Ismael jauh dibanding janjiNYA kepada Abraham dan ahli warisnya yg sah.

memang mau adu warisan, point penting disini tentang disebut keturunan, gak usahmengalihkan fokus pembaca
FOKUS dlm pembahasan mengenai Abraham dan keturunannya memang PERJANJIAN TUHAN. Bukan soal kata KETURUNAN.
Jadi dr awal yg tidak fokus adalah Anda.

justru anda yang meneluarkan statement konyol : "Ismael selalu disebut sbg "keturunan hambamu" sementara di ayat 13 udah jelas disebut sebagai keturunan,makanya saya langsung telanjangin kebusukan LAI

@jakajayagiri-2 wrote:
yups logika berpikir yang sehat tapi sayangnya ngawur
Kalau jelas logika sehat ya pasti tidak ngawur.
Kesimpulan "yups logika berpikir yang sehat tapi sayangnya ngawur" itu jelas tidak logis (apalagi sehat)


tapi terbukti dengan ngawur dengan makna keturunan


Terakhir diubah oleh putramentari tanggal Sun Dec 09, 2012 8:06 pm, total 1 kali diubah
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by SEGOROWEDI on Fri Dec 07, 2012 12:28 pm


(alkitab) terjemahan kan juga sudah ada..
kalau hanya soal terjemahan..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Fri Dec 07, 2012 12:59 pm

Terjemahan kejadian 21 : 12-13 dari masa ke masa

TL (1954)
12. Tetapi firman Allah kepada Ibrahim: janganlah jahat kepada pemandanganmu barang yang telah dikatakan Sarah akan hal budak itu dan akan hal sahayamu; dengarlah olehmu akan katanya, karena dalam Ishaklah benihmu akan disebut.
13. Maka anak sahayamu itupun akan kujadikan suatu bangsa,karena iapun dari pada benihmu.

ENDE (1969)
12. Tetapi Allah bersabda kepada Ibrahim: "Djangan sedih hati atas segala sesuatu jang telah dikatakan Sara mengenai anak itu dan sahajamu; dengarkanlah suaranja, sebab dalam Ishak akan terwudjudkan keturunan bagimu;
13. sedangkan anak sahaja itu akan Kubuat djadi suatu bangsa djuga, sebab ia adalah keturunanmu"

TB (1974)
12. Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.
13. Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu.

FAYH (1989)
12. Tetapi Allah berfirman kepada Abraham, "Jangan gelisah mengenai anak dan budak perempuan itu. Lakukanlah apa yang diminta oleh Sara karena Ishaklah yang menjadi penggenap janji-Ku.
13.
Keturunan dari anak budak perempuan itu juga akan Kujadikan satu bangsa yang besar karena ia pun anakmu.

KSI (2000)
12. Tetapi Allah berfirman kepada Ibrahim, “Janganlah kesal hatimu karena anak itu serta hambamu. Semua yang dikatakan Sarah kepadamu haruslah kaudengar, karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.
13.
Namun, anak dari hamba perempuan itu pun akan Kujadikan suatu bangsa, karena ia juga keturunanmu.

MILT (2008)
12. Namun Allah berfirman kepada Abraham, "Biarlah hal itu tidak menjadi jahat di matamu, berkenaan dengan anak muda itu dan berkenaan dengan wanita pelayan itu; semua yang Sara katakan kepadamu, dengarkanlah keluhannya, karena yang akan disebut keturunan bagimu adalah dari Ishak.
13. Namun anak dari wanita pelayan itu pun, Aku akan mempersiapkannya sebagai suatu bangsa, karena dia juga keturunanmu.

Teks dan konteks dari tiap terjemahan ternyata berbeda beda..
kitab yang perlu diacungi jempol
2 good lol
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by SEGOROWEDI on Fri Dec 07, 2012 1:10 pm

secara substansial dan esensial tidak ada perbedaan
sama-sekali..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by jakajayagiri-2 on Sat Dec 08, 2012 9:58 am

@putramentari wrote:
ne lagi terbukti anda mendiskreditkan ismail, dg kalimat :
Ismael memang KETURUNAN Abraham, berasal dr hasil persetubuhan tidak sah bagi Tuhan.
Ishak memang KETURUNAN Abraham, berasal dr persetubuhan sah antara Abraham dan Sara.

yang nama udah melalui proses pernikahan, persetubuhan tentulah syah
Syah menurut manusia. Tapi tidak sah dihadapan Tuhan.
Kalau Tuhan setuju tidak akan seperti itu jadinya.



justru anda yang meneluarkan statement konyol : "Ismael selalu disebut sbg "keturunan hambamu" sementara di ayat 13 udah jelas disebut sebagai keturunan,makanya saya langsung telanjangin kebusukan LAI
Mau pakai kata anak, keturunan, dalam bahasa apapun, persoalan bukan di terjemahan kata demi kata. Persoalan ada pada konteks dgn memperhatikan pula latar belakangnya. Bukan arti kata yg membentuk konteks, tetapi kontekslah yg mempengaruhi pemaknaan suatu kata.

tapi terbukti dengan ngawur dengan makna keturunan
Ngawur hanya di mata org yg gak paham konteks dan latarbelakangnya. Bahkan luput dlm memahami inti kisahnya.
Terjebak pemaknaan satu kata saja.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by jakajayagiri-2 on Sat Dec 08, 2012 9:59 am

Diskusi ini tidak akan kemana2 selama yg muncul cuma pikiran: "pokoknya sama2 ada kata keturunan."

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Mbah Ringgo on Sat Dec 08, 2012 10:05 am

si mbah nandain ya cu..

ini pembahasannya kalau bisa diperluas, kan masih banyak hal bisa digali dari tema di atas

Mbah Ringgo
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 39
Kepercayaan : Islam
Location : Kota Tua
Join date : 08.12.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by putramentari on Sat Dec 08, 2012 2:34 pm

@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
ne lagi terbukti anda mendiskreditkan ismail, dg kalimat :
Ismael memang KETURUNAN Abraham, berasal dr hasil persetubuhan tidak sah bagi Tuhan.
Ishak memang KETURUNAN Abraham, berasal dr persetubuhan sah antara Abraham dan Sara.

yang nama udah melalui proses pernikahan, persetubuhan tentulah syah
Syah menurut manusia. Tapi tidak sah dihadapan Tuhan.
Kalau Tuhan setuju tidak akan seperti itu jadinya.

sayangnya dibuktikan di ayat 13 :
Kej 21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun keturunanmu."

mengenai syah dan tidak syah merupakan argumen anda saja atas kebencian terhadap Ismael
@jakajayagiri-2 wrote:
justru anda yang meneluarkan statement konyol : "Ismael selalu disebut sbg "keturunan hambamu" sementara di ayat 13 udah jelas disebut sebagai keturunan,makanya saya langsung telanjangin kebusukan LAI
Mau pakai kata anak, keturunan, dalam bahasa apapun, persoalan bukan di terjemahan kata demi kata. Persoalan ada pada konteks dgn memperhatikan pula latar belakangnya. Bukan arti kata yg membentuk konteks, tetapi kontekslah yg mempengaruhi pemaknaan suatu kata.

itulah yang mebuat terjemahan Alkitab jadi acakadul, baru dari inggris ke indonesia ajah udah di edit, gimana dari bahasa aslinya

@jakajayagiri-2 wrote:
tapi terbukti dengan ngawur dengan makna keturunan
Ngawur hanya di mata org yg gak paham konteks dan latarbelakangnya. Bahkan luput dlm memahami inti kisahnya.
Terjebak pemaknaan satu kata saja.

udah ah, capek dech, ngulang ngulang terus, malu ya kalo kebusukan LAI ane telanjang buletin
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Mbah Ringgo on Sun Dec 09, 2012 8:50 am

Ijinkan si mbah ikut berkomentar cu.
Point penting di sini adalah memahami Kejadian 21 :12-13

orang nasrani pasti akan mengartikan sesuai dengan doktrin greja, bahwa anak perjanjian adalah ishak. tapi mari kita cermati lagi..

si mbah akan coba mengurai apa yang dibawakan TS.
Dalam bahasa Inggris:
12 But God said to Abraham, "Do not be distressed because of the lad and your maid; whatever Sarah tells you, listen to her, for through Isaac your descendants shall be named.
13 And of the son of the maid I will make a nation also, because he is your descendant."

(12. Tetapi Allah berfirman kepada Ibrahim, “Janganlah kamu tertekan karena anak itu serta hambamu. Semua yang dikatakan Sarah kepadamu haruslah kaudengar, karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.
13.Namun, anak dari hamba perempuan itu pun akan Kujadikan suatu bangsa, karena ia juga keturunanmu.)

Yang Perlu bahasa aslinya ada di sini:
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל-אַבְרָהָם, אַל-יֵרַע בְּעֵינֶיךָ עַל-הַנַּעַר וְעַל-אֲמָתֶךָ--כֹּל אֲשֶׁר תֹּאמַר אֵלֶיךָ שָׂרָה, שְׁמַע בְּקֹלָהּ: כִּי בְיִצְחָק, יִקָּרֵא לְךָ זָרַע.
וְגַם אֶת-בֶּן-הָאָמָה, לְגוֹי אֲשִׂימֶנּוּ: כִּי זַרְעֲךָ, הוּא.



yang perlu dicermati adalah:
1. yang ditulis miring.
listen to her, for through Isaac your descendants shall be named.
(Semua yang dikatakan Sarah kepadamu haruslah kaudengar, karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.)

dalam kisah itu Tuhan sebagai pembicara, Abraham yang diajak bicara dan Sarah yang dibicarakan..
maka akan sangat ceroboh bila menilai kalimat
karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.)
sebagai pengakuan Tuhan. orang yang mengerti bahasa tentulah tau bila kata "Disebut" menunjuk kepada orang ke 3 (yg dibicarakan). dalam hal ini adalah sarah.

maka kesimpulan yang benar adalah: Sarahlah yang tidak mau mengakui keturunan Abraham selain Ishak

sementara cukup segitu dulu, bersambung

Mbah Ringgo
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 39
Kepercayaan : Islam
Location : Kota Tua
Join date : 08.12.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by oglikom on Sun Dec 09, 2012 10:01 am

@Mbah Ringgo wrote:Ijinkan si mbah ikut berkomentar cu.
Point penting di sini adalah memahami Kejadian 21 :12-13

orang nasrani pasti akan mengartikan sesuai dengan doktrin greja, bahwa anak perjanjian adalah ishak. tapi mari kita cermati lagi..

si mbah akan coba mengurai apa yang dibawakan TS.
Dalam bahasa Inggris:
12 But God said to Abraham, "Do not be distressed because of the lad and your maid; whatever Sarah tells you, listen to her, for through Isaac your descendants shall be named.
13 And of the son of the maid I will make a nation also, because he is your descendant."

(12. Tetapi Allah berfirman kepada Ibrahim, “Janganlah kamu tertekan karena anak itu serta hambamu. Semua yang dikatakan Sarah kepadamu haruslah kaudengar, karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.
13.Namun, anak dari hamba perempuan itu pun akan Kujadikan suatu bangsa, karena ia juga keturunanmu.)

Yang Perlu bahasa aslinya ada di sini:
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל-אַבְרָהָם, אַל-יֵרַע בְּעֵינֶיךָ עַל-הַנַּעַר וְעַל-אֲמָתֶךָ--כֹּל אֲשֶׁר תֹּאמַר אֵלֶיךָ שָׂרָה, שְׁמַע בְּקֹלָהּ: כִּי בְיִצְחָק, יִקָּרֵא לְךָ זָרַע.
וְגַם אֶת-בֶּן-הָאָמָה, לְגוֹי אֲשִׂימֶנּוּ: כִּי זַרְעֲךָ, הוּא.



yang perlu dicermati adalah:
1. yang ditulis miring.
listen to her, for through Isaac your descendants shall be named.
(Semua yang dikatakan Sarah kepadamu haruslah kau dengar, karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.)

dalam kisah itu Tuhan sebagai pembicara, Abraham yang diajak bicara dan Sarah yang dibicarakan..
maka akan sangat ceroboh bila menilai kalimat
karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.)
sebagai pengakuan Tuhan. orang yang mengerti bahasa tentulah tau bila kata "Disebut" menunjuk kepada orang ke 3 (yg dibicarakan). dalam hal ini adalah sarah.

maka kesimpulan yang benar adalah: Sarahlah yang tidak mau mengakui keturunan Abraham selain Ishak

sementara cukup segitu dulu, bersambung
Sepertinya pemahaman si mbah BENAR tapi tidak memperhatikan bahwa Abraham diperintahkan HARUSLAH MENDENGAR oleh Tuhan.
Tuhan MEMBENARKAN UCAPAN SARA supaya ABRAHAM melakukan semuanya itu.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Mbah Ringgo on Sun Dec 09, 2012 10:10 am

Si Mbah baru tau, ternyata yang agamanya tidak terdefinisi seperti cu oglikom, senang membahas kekristenan.
sebentar ya cu, mbah sudah siapkan jawabannya kok

Mbah Ringgo
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 39
Kepercayaan : Islam
Location : Kota Tua
Join date : 08.12.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by oglikom on Sun Dec 09, 2012 10:23 am

@Mbah Ringgo wrote:Si Mbah baru tau, ternyata yang agamanya tidak terdefinisi seperti cu oglikom, senang membahas kekristenan.
sebentar ya cu, mbah sudah siapkan jawabannya kok
Jangan heran Mbah karena cucu ini dulu lama di Kristen dan lama di Islam. piss

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by SEGOROWEDI on Sun Dec 09, 2012 1:00 pm

@Orang_Pinggiran wrote:
@SEGOROWEDI wrote:

para pembela anak babu..
mestinya protesnya ke Tuhan

- kenapa anak/keturuan yang dijanjikan harus dari rahim sarai, bukan hagar
- kenapa yang disebut anak tunggal ishak, bukan ismael
- kenapa yang perintahkan untuk dikorbankan ishak, bukan ismael

2 good

halah wed..
udah bis terjemahin ini apa belum?
main sms aja kamu
lol


kan sudah ada terjemahanya..
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Sun Dec 09, 2012 5:39 pm

@Jaka Jaya Jaya:
keliatan banget kalo menghindar dari Topik, dan semakin berat ketika bro PM sama Si Mbah ikut nimbrung
ehmm

@Putra Mentari
Tambahannya mantap bro, tapi mungkin perlu lebih slow penyampaiannya, biar yang Kristen2nya mudah mencerna. au sendiri lah
lol


@Om Segorowedi
kalau nggak mampu berargumen ke laut aja OM
ngakak

@Si Mbah
Terimakasih penjabarannya mbah, pake 3 bahasa segala, jadi gamblang
suka

@Oglikom
Kalau mau bantu netter2 kristen, harus lebih mantap argumennya
piss
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Mbah Ringgo on Tue Dec 11, 2012 1:24 pm

@Mbah Ringgo wrote:Ijinkan si mbah ikut berkomentar cu.
Point penting di sini adalah memahami Kejadian 21 :12-13

orang nasrani pasti akan mengartikan sesuai dengan doktrin greja, bahwa anak perjanjian adalah ishak. tapi mari kita cermati lagi..

si mbah akan coba mengurai apa yang dibawakan TS.
Dalam bahasa Inggris:
12 But God said to Abraham, "Do not be distressed because of the lad and your maid; whatever Sarah tells you, listen to her, for through Isaac your descendants shall be named.
13 And of the son of the maid I will make a nation also, because he is your descendant."

(12. Tetapi Allah berfirman kepada Ibrahim, “Janganlah kamu tertekan karena anak itu serta hambamu. Semua yang dikatakan Sarah kepadamu haruslah kaudengar, karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.
13.Namun, anak dari hamba perempuan itu pun akan Kujadikan suatu bangsa, karena ia juga keturunanmu.)

Yang Perlu bahasa aslinya ada di sini:
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל-אַבְרָהָם, אַל-יֵרַע בְּעֵינֶיךָ עַל-הַנַּעַר וְעַל-אֲמָתֶךָ--כֹּל אֲשֶׁר תֹּאמַר אֵלֶיךָ שָׂרָה, שְׁמַע בְּקֹלָהּ: כִּי בְיִצְחָק, יִקָּרֵא לְךָ זָרַע.
וְגַם אֶת-בֶּן-הָאָמָה, לְגוֹי אֲשִׂימֶנּוּ: כִּי זַרְעֲךָ, הוּא.



yang perlu dicermati adalah:
1. yang ditulis miring.
listen to her, for through Isaac your descendants shall be named.
(Semua yang dikatakan Sarah kepadamu haruslah kaudengar, karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.)

dalam kisah itu Tuhan sebagai pembicara, Abraham yang diajak bicara dan Sarah yang dibicarakan..
maka akan sangat ceroboh bila menilai kalimat
karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.)
sebagai pengakuan Tuhan. orang yang mengerti bahasa tentulah tau bila kata "Disebut" menunjuk kepada orang ke 3 (yg dibicarakan). dalam hal ini adalah sarah.

maka kesimpulan yang benar adalah: Sarahlah yang tidak mau mengakui keturunan Abraham selain Ishak

sementara cukup segitu dulu, bersambung
Lanjutan
2.Yang ditulis besar besar
12 But God said to Abraham, "Do not be distressed because of the lad and your maid; whatever Sarah tells you, listen to her, for through Isaac your descendants shall be named.
13 And of the son of the maid I will make a nation also, because he is your descendant." [/color]
Kata keturunan (descendant) dalam 2 ayat diatas menunjukkan kesamaan kedudukan. pada Ayat 12 yang mengatakan adalah sarah dan pada ayat 13 yang mengatakan adalah Tuhan (karena kata your descendant pastiu yang mengucapkan adalah orang pertama)

jadi adalah kesalahan bila doktrin kristiani mengatakan kalau Ismail tidak diakui secara rohani, karena ayat di atas menjelaskan dengan sangat jelas, justru Tuhanlah yang menyamakan kedudukan Ismail dengan ishak, walaupun sarah hanya mengakui ishak sebagai keturunan ibrahim

kalau penjelasan tata bahasa si mbah salah, silahkan dikoreksi

Mbah Ringgo
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 39
Kepercayaan : Islam
Location : Kota Tua
Join date : 08.12.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 11, 2012 1:55 pm



apa ini masih kurang jelas:

8 Bertambah besarlah anak itu dan ia disapih, lalu Abraham mengadakan perjamuan besar pada hari Ishak disapih itu.
9 Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri.
10 Berkatalah Sara kepada Abraham: ''Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.''
11 Hal ini sangat menyebalkan Abraham oleh karena anaknya itu.
12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: ''Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.
13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena ia pun anakmu.''


kalau mo protes..
proteslah ke TUhan..
piss

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Mbah Ringgo on Tue Dec 11, 2012 2:06 pm

@cu segorowedi.
nilai bahasamu berapa cu?
kata "disebut" itu merujuk ke kata ganti orang ke berapa cu?
kalau si mbah yang ngomong ke kamu, simbah akan bilang "kusebut" bukannya "disebut"
makanya kalau membaca itu dicermati cu, jangan terlalu bernafsu jadi top poster

Mbah Ringgo
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 39
Kepercayaan : Islam
Location : Kota Tua
Join date : 08.12.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 11, 2012 2:16 pm



@Mbah Ringgo wrote:@cu segorowedi.
nilai bahasamu berapa cu?
kata "disebut" itu merujuk ke kata ganti orang ke berapa cu?
kalau si mbah yang ngomong ke kamu, simbah akan bilang "kusebut" bukannya "disebut"
makanya kalau membaca itu dicermati cu, jangan terlalu bernafsu jadi top poster

lha yang harus menyebutnya keturunan abraham kan tidak hanya Allah, mbah
tetapi itu berlaku bagi kita-kita juga..
piss

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Wed Dec 12, 2012 12:36 am

ngakak
lagi2 OM SW mentok di pemahaman bahasa
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by oglikom on Wed Dec 12, 2012 12:49 am

@Mbah Ringgo wrote:@cu segorowedi.
nilai bahasamu berapa cu?
kata "disebut" itu merujuk ke kata ganti orang ke berapa cu?
kalau si mbah yang ngomong ke kamu, simbah akan bilang "kusebut" bukannya "disebut"
makanya kalau membaca itu dicermati cu, jangan terlalu bernafsu jadi top poster
Mbah belajar dulu sama cucunya yang SD mungkin bisa mengajari apa itu DM dan MD dalam bahasa Indonesia. ehmm

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Wed Dec 12, 2012 1:05 am

@atas
postingan lo bertolak belakang sama post #62

di atas bilang bener, dibawah bilang salah ngakak
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by oglikom on Wed Dec 12, 2012 8:48 am

@Atas
Jangan jadi tim hore-hore dilapaknya sendiri seperti orang DUNGU yang tidak paham dengan bahasa IBUNYA sendiri. usil

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 12, 2012 8:52 am



@Orang_Pinggiran wrote: ngakak
lagi2 OM SW mentok di pemahaman bahasa

sama-sekali gak ada yang salah dengan (tata) bahasa
tidak harus 'kusebut'
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik