FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Ismail Adalah Keturunan Abraham

Halaman 4 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Wed Dec 05, 2012 6:36 pm

First topic message reminder :

Selama Ini orang kristen menganggap bahwa Ismail bukanlah keturunan Abraham dikarenakan mereka berpegang pada Kejadian 21 : 12
" 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.
21:13 "Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu""


Tetapi dalam 1 Tawarikh 1 : 28 - 31 menyebutkan Ismail  dan anak2nya sebagai keturunan Abraham

keturunan Abraham

"1:28 Anak-anak Abraham ialah Ishak dan Ismael. 1:29 Inilah keturunan mereka: anak sulung Ismael ialah Nebayot, lalu Kedar, Adbeel, Mibsam, 1:30 Misyma, Duma, Masa, Hadad, Tema, 1:31 Yetur, Nafish dan Kedma; mereka itulah anak-anak Ismael."


2 cerita 2 keterangan  ehmm

*pembahasan tingkat lanjut bisa diambil dari kejadian 21 : 12-13 versi Bahasa Inggris*



Terakhir diubah oleh Orang_Pinggiran tanggal Fri Dec 07, 2012 12:44 am, total 2 kali diubah
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down


Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Wed Dec 12, 2012 11:50 am

@oglikom wrote:@Atas
Jangan jadi tim hore-hore dilapaknya sendiri seperti orang DUNGU yang tidak paham dengan bahasa IBUNYA sendiri. usil

Daripada orang nggak punya pendirian karena takut kalah debat, padahal sudah jelas mentoknya..
kalo gw jadi elu mending ganti ID, malu2in kapirun aja ngakak
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Wed Dec 12, 2012 12:01 pm

Lah dari kitab kejadian, kalau ngartiinnya bener aja udah kejawab..

ENDE (1969)
12. Tetapi Allah bersabda kepada Ibrahim: "Djangan sedih hati atas segala sesuatu jang telah dikatakan Sara mengenai anak itu dan sahajamu; dengarkanlah suaranja, sebab dalam Ishak akan terwudjudkan keturunan bagimu;
13. sedangkan anak sahaja itu akan Kubuat djadi suatu bangsa djuga, sebab ia adalah keturunanmu"

(Ini alkitab yang langsung diterjemahkan dari bahasa asli)

Udah Jelas, siapa yang tidak mau mengakui Ismail dan Siapa yang mengakui Ismail..

Sarah nggak mau mengakui Ismail, tapi justru Allah yang mengakui Ismail..
jadi doktrin kristen itu cuman tepu tepu basi
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by jakajayagiri-2 on Tue Dec 18, 2012 10:21 am

@Mbah Ringgo wrote:Ijinkan si mbah ikut berkomentar cu.
Point penting di sini adalah memahami Kejadian 21 :12-13

orang nasrani pasti akan mengartikan sesuai dengan doktrin greja, bahwa anak perjanjian adalah ishak. tapi mari kita cermati lagi..

si mbah akan coba mengurai apa yang dibawakan TS.
Dalam bahasa Inggris:
12 But God said to Abraham, "Do not be distressed because of the lad and your maid; whatever Sarah tells you, listen to her, for through Isaac your descendants shall be named.
13 And of the son of the maid I will make a nation also, because he is your descendant."

(12. Tetapi Allah berfirman kepada Ibrahim, “Janganlah kamu tertekan karena anak itu serta hambamu. Semua yang dikatakan Sarah kepadamu haruslah kaudengar, karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.
13.Namun, anak dari hamba perempuan itu pun akan Kujadikan suatu bangsa, karena ia juga keturunanmu.)

Yang Perlu bahasa aslinya ada di sini:
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל-אַבְרָהָם, אַל-יֵרַע בְּעֵינֶיךָ עַל-הַנַּעַר וְעַל-אֲמָתֶךָ--כֹּל אֲשֶׁר תֹּאמַר אֵלֶיךָ שָׂרָה, שְׁמַע בְּקֹלָהּ: כִּי בְיִצְחָק, יִקָּרֵא לְךָ זָרַע.
וְגַם אֶת-בֶּן-הָאָמָה, לְגוֹי אֲשִׂימֶנּוּ: כִּי זַרְעֲךָ, הוּא.



yang perlu dicermati adalah:
1. yang ditulis miring.
listen to her, for through Isaac your descendants shall be named.
(Semua yang dikatakan Sarah kepadamu haruslah kaudengar, karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.)

dalam kisah itu Tuhan sebagai pembicara, Abraham yang diajak bicara dan Sarah yang dibicarakan..
maka akan sangat ceroboh bila menilai kalimat
karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.)
sebagai pengakuan Tuhan. orang yang mengerti bahasa tentulah tau bila kata "Disebut" menunjuk kepada orang ke 3 (yg dibicarakan). dalam hal ini adalah sarah.

maka kesimpulan yang benar adalah: Sarahlah yang tidak mau mengakui keturunan Abraham selain Ishak

sementara cukup segitu dulu, bersambung
Tidak hanya Sarah, Tuhan pun menyetujui pemikiran Sarah. Maka Tuhan memerintahkan kepada Abraham supaya mendengarkan (dan melaksanakan) apa yg dimau oleh Sarah.
JIKA Tuhan tidak setuju, pasti Tuhan tidak akan memerintahkan Abraham mendengarkan perkataan Sarah.
Jadi sejak saat itu, anak yg diakui (oleh Sarah, oleh Abraham, dan juga tentunya oleh Tuhan) sbg keturunan Abraham adalah Ishak. Dan krn ada kata "disebut" maka berarti pula itu merupakan declare kepada siapapun.
Bagaimana dgn Ismael, krn memang Ismael secara biologis juga merupakan keturunan Abraham Tuhan tidak akan menutup mata, Ismael pun diberkati. Tapi tidak diperkenankan untuk selanjtnya disebut sebagai keturunan Abraham


jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by keroncong on Wed Jan 09, 2013 2:11 am

Dari Surah Ash Shaffat (37) ayat 99 sampai dengan ayat 113 :

99 Dan Ibrahim berkata: Sesungguhnya aku pergi menghadap Tuhanku dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku.

100. Wahai Tuhanku, anugerahilah aku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh;

101. Maka Kami gembirakan dia dengan (kelahiran) seorang anak yang amat sabar.

102. Maka tatkala anak itu telah sampai pada usia dapat membantu bapaknya, berkatalah Ibrahim : 'Wahai anakku sayang, sesungguhnya aku melihat didalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Untuk itu bagaimanakah pendapatmu ?' Anaknya menjawab: 'Hai Bapakku, laksanakanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu. InsyaAllah engkau akan mendapati aku termasuk golongan orang-orang yang sabar'.

103. Maka tatkala keduanya (bapak dan anak) telah menyerahkan diri (kepada Allah) dan Ibrahim telah merebahkan anaknya diatas pipinya (ditempat penyembelihan dan hampir menyembelihnya).

104. Maka Kami panggillah dia, 'Wahai Ibrahim' (Janganlah engkau lanjutkan perbuatan itu.)

105. Sungguh, engkau telah membenarkan (melaksanakan perintahKu dalam) mimpi itu. Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik."

106. "Sesungguhnya (perintah penyembelihan) ini benar-benar suatu ujian yang nyata,

107. Dan Kami tebus sembelihan itu dengan sembelihan yang agung,

108. dan Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian) dikalangan orang-orang yang datang kemudian.

109. Yaitu, Kesejahteraan yang senantiasa dilimpahkan atas Ibrahim."

110. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik,

111. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.

112. Dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq, seorang Nabi yang termasuk orang-orang yang saleh,

113. Dan Kami limpahkan keberkatan atasnya (Ismail) dan atas Ishaq. Dan diantara anak cucu mereka berdua, ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang zhalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata."

Ibrahim adalah seorang Nabi yang mumpuni dan penuh berkah dari Allah, dimana beliau sejak kecilnya didalam pencarian jati diri kebenaran sosok Tuhannya, telah mempergunakan kekuatan akal pikirannya serta hati nuraninya, dimulai dari ketidak puasannya terhadap berhala-berhala yang dibuat oleh bapaknya sendiri dan dijadikan sesembahan kaumnya masa itu (Qs. 37:83-93), juga ketidak puasannya terhadap hal-hal yang semula dianggapnya Tuhan namun kemudian dinisbihkannya sendiri karena bertentangan dengan akal pikiran serta hati nurani (Lihat kisah Ibrahim dalam pencarian Tuhan pada Qs. 6:75-79)

Keberimanan Ibrahim kepada Allah yang Esa yang tidak terbagi menjadi potongan-potongan kecil kemakhlukan telah membuatnya berlepas diri terhadap kaumnya dan bahkan juga bapaknya (Qs. 60:4 dan Qs. 19:41-48) yang sampai pada puncaknya penghancuran seluruh berhala sesembahan mereka (Qs. 21:57-58) sehingga dikorbankanlah Ibrahim kedalam satu hukuman pembakaran yang berkat rahmat dari Allah, keselamatan dilimpahkan kepada Nabi agung ini dan api tidak mampu menembus kulitnya yang mulia itu. (QS. 21:61-69)

Cerita tentang Ibrahim as dibakar oleh Raja Nimrod juga bisa didapati dalam "The Writings of Abraham" (Bab 42-43), sebuah kitab yang dipakai oleh orang-orang Mormon. Naskah atau kitab itu cukup menarik untuk diketahui, bisa dilihat di http://www.absalom.com/mormon/rigby/index.html

Selain itu, kisah Ibrahim (Abraham) yang hendak dibakar oleh kaumnya itu juga dapat diketemukan di kitab Sheivet Mussar (bab 52). Teks lengkap mengenai Abraham dari kedua naskah ini
dapat dibaca di: http://www.tiac.net/users/bpilant/netzach/abraham.html

Selanjutnya keberimanan yang tulus dan penuh tanpa syarat setelah beliau mendapatkan kebenaran tersebut dengan Allah, Ibrahim kembali diuji oleh Allah, setelah sekian lamanya beliau berumah tangga dengan Sarah tidak ada tanda-tanda istrinya ini akan menjadi hamil, sehingga diluar statusnya selaku seorang Nabi, Ibrahim tetaplah seorang manusia yang memiliki keinginan untuk mempunyai keturunan sebagai suatu fitrah yang ada pada diri setiap laki-laki dan suami kepada masa depan penerusnya.

Ibrahim berdoa kepada Allah agar beliau dianugerahi seorang anak yang saleh (Qs. 37:99-100), dan pada bagian ayat berikutnya dijelaskan bahwa permintaan Ibrahim ini dikabulkan oleh Allah dengan diberinya seorang putra yang telah lama dinanti-nantikannya melalui istri keduanya Hajar, Bible dalam Kitab Kejadian 16:11 telah pula menegaskan dan menguatkan kisah yang dipaparkan oleh Qur'an ini.

"And again: Behold, said he, thou art with child, and thou shalt bring forth a son: and thou shalt call his name Ismael, because the Lord hath heard thy affliction."
(Genesis 16:11 from Douay)

Sarah sebagai istri pertama dari Ibrahim telah memberikan persetujuan kepada suaminya untuk menikahi Hajar (Kejadian 16:2-3), dari Hajar ini lahirlah putra pertama Ibrahim yang bernama Ismail disaat usia Ibrahim kala itu 86 tahun (Kejadian 16:16).

"And Sarai said unto Abram, Behold now, Lord hath restrained me from bearing: I pray thee, go in unto my maid; it may be that I may obtain children by her. And Abram hearkened to the voice of Sarai. And Sarai Abram's wife took Hagar her maid the Egyptian, after Abram had dwelt ten years in the land of Canaan, and GAVE HER TO HER HUSBAND ABRAM TO BE HIS WIFE."
(Genesis 16:2-3 from "The Restored Name King James Version of the Scriptures")

"And Abram was fourscore and six years old, when Hagar bare Ishmael to Abram."
(Genesis 16:16 from "The Restored Name King James Version of the Scriptures")

Kisah ini bersesuaian dengan al-Qur'an pada surah 37:101, dan Bible pada kitab Kejadian 21:5 menceritakan bahwa Ibrahim juga akhirnya mendapatkan keturunan dari Sarah, yaitu Ishak, dimana pada kala itu usia Ibrahim sudah mencapai 100 tahun.

Jadi beda antara usia Ismail dan Ishak adalah 14 tahun.
Suatu perbedaan usia yang cukup jauh.

Pada ayat al-Qur'an berikutnya, yaitu surah 37:102, disebutkan bahwa tatkala usia anak yang dilahirkan pertama tersebut, dalam hal ini adalah Ismail sudah mencapai usia yang cukup untuk mengerti, maka Allah mengadakan ujian bagi Ibrahim antara kecintaannya terhadap Allah dan kecintaannya terhadap anak yang selama ini sudah dia nanti-nantikan.

Kisah ini jika kita kembalikan pada Bible, sangat bersesuaian, dimana pada usia Ismail yang sudah lebih dari 10 tahun itu, beliau sudah cukup mengerti untuk berpikir dan tengah meranjak menuju kepada fase kekedewasan.

Ibrahim yang mendapatkan perintah dari Allah itu, melakukan dialog tukar pikiran dengan putranya mengenai pengorbanan yang diminta oleh Allah terhadap diri anaknya ini. Dan kisah yang ini sama sekali bertentangan dengan kisah Bible yang menyebutkan Ibrahim telah membohongi putranya.

"He said to him: Take thy only begotten son Isaac, whom thou lovest, and go into the land of vision: and there thou shalt offer him for a holocaust upon one of the mountains which I will show thee."
(Genesis 22:2 from Douay)

Dari sini kita lihat sudah, bahwa Kitab Kejadian 22:2 sudah mengalami distorsi dengan penyebutan anak tunggal itu adalah Ishak (Isaac).

Pada Kejadian 16:16 diterangkan pada waktu Hagar memperanakkan Ismail bagi Abram, ketika itu umur Ibrahim 86 tahun. Pada kejadian 21:5 disebutkan pada waktu Ishak lahir maka umur Ibrahim 100 tahun. Berdasarkan kedua ayat itu, maka anak Ibrahim yang lahir lebih dahulu ialah Ismail; Jika Kejadian 22:2 menerangkan bahwa firman Tuhan kepada Ibrahim untuk mengorbankan "anak tunggal", jelas pada waktu itu anak Ibrahim baru satu orang.

Adapun anak yang baru seorang ini sudah tentu anak yang lahir pertama atau yang lahir lebih dahulu. Dan anak Ibrahim yang lahir pertama ini ialah Ismail. Jadi Kejadian 22:2 yang menyebutkan "anak tunggal" itu Ishak, jelas merupakan sisipan atau penggantian yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

Apabila pada Kejadian 16:16 dan Kejadian 21:5 anak Ibrahim pada waktu itu sudah dua orang, yaitu Ismail dan Ishak ... mengapa pada Kejadian 22:2 disebutkan "anak tunggal" ?

Yang berarti bahwa anak Ibrahim baru satu orang, lalu kemana anak yang satunya lagi ? Padahal kedua anak tersebut masih sama-sama hidup, sehingga pada waktu Sarah (ibu Ishaq) wafat, kedua anak Ibrahim itu, yakni Ismail dan Ishaq sama-sama hadir mengurus jenasah Sarah.

Jadi seharusnya ayat yang menerangkan kelahiran Ishaq itu letaknya sesudah ayat pengorbanan, sehingga setelah ayat pengorbanan lalu diikuti oleh ayat kelahiran Ishak. Inilah yang disebut dengan "tahrif" oleh al-Qur'an, yaitu mengubah letak ayat dari tempatnya yang asli ketempat lain sebagaimana yang disitir oleh Surah An Nisa' ayat 46 :

"Diantara orang-orang Yahudi itu, mereka mengubah perkataan dari tempatnya ..."

Dengan begitu semakin jelas saja bahwa Bible mengandung tahrif (pengubahan, penambahan, pengurangan dsb), dan jelas pula bahwa kitab yang sudah diubah-ubah itu tidak dapat dikatakan otentik dari Tuhan melainkan merupakan kitab yang terdistorsi oleh ulah tangan-tangan manusia.

Setelah ternyata Ibrahim lebih mengutamakan kecintaan dan kepatuhannya kepada Allah, maka Allah melimpahkan rahmat-Nya yang sangat besar kepada Ibrahim juga Allah telah meluluskan doa Ibrahim sebelumnya agar memperoleh anak yang saleh, yaitu putra tunggalnya, Ismail.

Ismail ini juga mengikuti jejak langkah bapaknya selaku manusia yang menyerahkan diri kepada Allah secara penuh tanpa syarat yang kelak akan menjadi salah seorang penerus kenabian Ibrahim sebagaimana dinyatakan didalam AlQur'an pada Qs. 19:54, Qs. 4:163, Qs. 6:86, Qs. 21:85, Qs. 38:48 dan bagi Ismail sendiri juga didalam Bible pun dinyatakan bahwa Allah telah mengabulkan permintaan Ibrahim akan hal diri Ismail dan bahkan dijadikan Allah keturunan Ismail ini sebagai suatu bangsa yang besar (Lihat Kejadian 17:20, Kejadian 21:13 dan Kejadian 21:18 => Secara panjang lebar pembahasannya silahkan baca artikel : Tafsir Kitab Kejadian).

Setelah kisah pengorbanan putra tunggalnya kala itu tersebut, Ibrahim kembali digirangkan oleh Allah dengan mendapatkan seorang putra dari Sarah dimana waktu itu, baik menurut al-Qur'an sendiri maupun Bible, sebelumnya Sarah sempat merasakan pesimis mengingat usianya yang sudah lanjut, sementara Ibrahim sendiri sudah memiliki putra dari Hajar 14 tahun sebelumnya, dikala usia Ibrahim 86 tahun.

al-Qur'an Surah Ibrahim (14) ayat ke-39 melukiskan betapa Ibrahim merasa bersyukur sekali dengan dua putranya ini (yaitu Ismail dan Ishak) sebagai suatu karunia baginya yang sudah berusia lanjut.

Pengusiran Ismail dan Ibunya, Hajar yang dilakukan oleh Sarah sebagaimana yang dimuat didalam Bible terjadi pada waktu Ishak disapihkan karena ketakutan Sarah akan ikut terjatuhnya warisan ketangan Ismail yang juga merupakan putra dari Ibrahim (Lihat Kejadian 21:8-10).

"And the child grew and was weaned: and Abraham made a great feast on the day of his weaning. And when Sara had seen the son of Agar the Egyptian playing with Isaac her son, she said to Abraham: Cast out this bondwoman, and her son: for the son of the bondwoman shall not be heir with my son Isaac."
(Genesis 21:8-10 From Douay)

Hal ini sebenarnya bertentangan dengan apa yang dikatakan oleh Bible dalam ayat lainnya yaitu Ulangan 21:15-17.

"And the water was spent in the bottle, and she cast the child under one of the shrubs. And she went, and sat her down over against him a good way off, as it were a bowshot: for she said, Let me not see the death of the child. And she sat over against him, and lift up her voice, and wept. And Elohim heard the voice of the lad; and the angel of Elohim called Hagar out of heaven, and said unto her, What aileth thee, Hagar? fear not; for Elohim hath heard the voice of the lad where he is."
(Genesis 21:15-17 from "The Restored Name King James Version of the Scriptures")

Kenapa bertentangan ?
Ishak ketika disapih berusia sekitar 2 tahun, sementara Ismail 16 tahun dan saat terjadi pengusiran atas Ismail dan ibunya ini telah terjadi konflik baru dalam ayat-ayat Bible, Kejadian 21:8-10 bertentangan dengan Kejadian 21:14-21.

Dimana dalam ayat itu digambarkan seolah-olah Ismail masih berupa seorang bayi yang digendong dibahu ibunya, dan disebut dengan istilah budak, kemudian Ismail yang menurut Bible sendiri saat itu sudah berusia 16 tahun yang notabene sudah cukup dewasa kembali digambarkan bagai anak kecil yang mesti dibaringkan dibawah pokok serumpun (Kejadian 21:15) lalu diperintahkan untuk diangkat, digendong (Kejadian 21:18)

Masa iya sih Hagar yang seorang perempuan harus menggendong seorang anak laki-laki "dewasa" yang berusia 16 tahun, apa tidak terbalik seharusnya Ismail yang menggendong Hagar ?

Kemudian disambung pada Kejadian 21:20 seolah Ismail masih sangat belia sekali sehingga dikatakan "...maka disertai Allah akan budak itu sehingga besarlah dia, lalu ia pun duduklah dalam padang belantara dan menjadi seorang pemanah".

Jadi dari sini saja sudah kelihatan telah terjadi kerusakan dan manipulasi sejarah dan fakta yang ada pada ayat-ayat Bible.

Dalam satu perdiskusian agama dimilis isnet beberapa tahun yang lampau, seorang rekan Kristen membantah kalimat "untuk diangkat, digendong ... " yang termuat didalam Bible adalah dalam bentuk kiasan, jadi disana jangan diartikan secara harfiah, karena maksud yang ada pada ayat itu bahwa nasib hidup dan makan dari Ismail ada dipundak Hagar.

Padahal jika kita mau melihat kedalam konteks ayat-ayat aslinya, akan nyatalah bahwa apa yang dimaksudkan dengan bentuk kiasan tersebut sama sekali tidak menunjukkan seperti itu.

Mari kita kupas :

Kejadian 21:14
Maka bangunlah Ibrahim pada pagi-pagi hari, lalu diambilnya roti dan sebuah kirbat yang berisi air, diberikannya kepada Hagar, ditanggungkannya pada bahunya dan anak tersebut, lalu disuruhnya pergi. Maka berjalanlah ia lalu sesatlah ia dalam padang birsjeba.
(Alkitab LAI terbitan Djakarta 1963)

Didalam Bible berbahasa Inggris saya kutipkan adalah demikian :

"And Abraham rose up early in the morning, and took bread, and a bottle of water, and gave it unto Hagar, putting it on her shoulder, and THE CHILD, and sent her away: and she departed, and wandered in the wilderness of Beer-sheba.
(Genesis 21:14 from "The Restored Name King James Version of the Scriptures")

"So Abraham rose up in the morning, and taking bread and a bottle of water, put it upon her shoulder, and delivered the boy, and sent her away. And she departed, and wandered in the wilderness of Bersabee."
(Genesis 21:14 from Douay)

Jadi jelas bahwa Ibrahim mengambil roti dan sebuah kirbat yang berisi air lalu memberikannya kepada Hagar dengan meletakkan keduanya itu diatas pundak Hagar bersama Ismail yang jelas sudah lebih dulu ada dalam dukungannya lalu menyuruh Hagar pergi.

Lihat kalimat bahasa Inggris tidak menyebutkan Hagar dan Ismail tetapi hanya menyebutkan kata "...and sent HER away: and SHE departed, and wandered"

Jadi jelas yang diusir dan berjalan serta tersesat disana adalah Hagar sendirian, sebab Ismail ada dalam gendongan Hagar, bukankah mustahil anak berusia 16 tahun digendong ?

Lalu kita lanjutkan pada kalimat berikutnya :
"Hatta, setelah habislah air yang didalam kirbat itu, maka dibaringkannyalah budak itu dibawah pokok serumpun." (Alkitab LAI terbitan Djakarta 1963: Kej. 21:15)

"And the water was spent in the bottle, and SHE CAST THE CHILD under one of the shrubs."
(From "The Restored Name King James Version of the Scriptures")

"And when the water in the bottle was spent, SHE CAST THE BOY under one of the trees that were there. " (From Douay)

Jadi semakin jelas, ketika air didalam kirbat sebagai bekal sudah habis, lalu Ismail (yang secara jelas disebut sebagai THE CHILD dan THE BOY) yang digendong itu diturunkan dari tubuhnya dan dibaringkan dibawah pohon.

Apakah masih mau bersikeras dengan mengatakan kalau kata "menggendong atau memikul" THE CHILD disana bukan dalam arti yang sebenarnya ?

Lalu kita lihat sendiri pada ayat-ayat berikutnya dimana Hagar akhirnya mendapatkan mata air dan memberi minum kepada anaknya (THE CHILD) yang menangis kehausan lalu anak tersebut dibawah bimbingan Tuhan meranjak dewasa, jadi anak itu pada masa tersebut belumlah dewasa, padahal usianya kala itu sudah hampir 17 tahun.

Bagi Ishak sendiri, beliau pun dijanjikan oleh Allah menjadi seorang Nabi yang hanif sebagaimana ayah dan juga saudara tuanya, Ismail, dimana nantinya dari Ishak ini akan terlahir Ya'qub yang kelak menjadi bapak bagi bangsa Israil.

Kepada rekan-rekan dari kalangan Nasrani saya meminta maaf, saya bukan hendak menggurui anda-anda semua atau juga hendak mengadakan pelecehan, tetapi kita sekarang berbicara masalah kebenaran dan keobjektivitasan yang bisa sama-sama kita saksikan.

Saya dapat memahami jika anda dari kaum Nasrani tetap pada pendirian bahwa al-Qur'an salah dan Bible sajalah yang benar, sebab memang dasar pijakan kaum Nasrani ada pada Bible sehingga apapun keyakinan anda maka tidak akan jauh dari apa yang dikatakan oleh Bible.

"Kebenaran itu adalah dari Tuhan-mu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu." (Qs. Al-Baqarah 2:147)

"Sesungguhnya telah datang dari Tuhanmu bukti-bukti yang terang; maka barangsiapa melihat (kebenaran itu), maka manfa'atnya bagi diri sendiri; dan barangsiapa buta (tidak melihat kebenaran itu), maka kemudharatannya kembali kepadanya."
(Qs. Al-An'am 6:104)

"Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada."
(Qs. 22:46)

"Dan sesungguhnya Kami telah menjadikan isi neraka itu beberapa banyak dari Jin dan manusia, yang mempunyai hati tetapi tidak untuk mengerti dengannya, mempunyai mata tidak untuk melihat dengannya dan mempunyai telinga tidak dipergunakan untuk mendengarkan; mereka itu seperti binatang, malah mereka lebih sesat." (Qs. 7:179)

"Sekalipun melihat, mereka tidak melihat. Sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti." (Matius 13:13)
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 09, 2013 7:29 am

ichreza wrote:Dari Surah Ash Shaffat (37) ayat 99 sampai dengan ayat 113 :

99 Dan Ibrahim berkata: Sesungguhnya aku pergi menghadap Tuhanku dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku.

100. Wahai Tuhanku, anugerahilah aku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh;

101. Maka Kami gembirakan dia dengan (kelahiran) seorang anak yang amat sabar.

102. Maka tatkala anak itu telah sampai pada usia dapat membantu bapaknya, berkatalah Ibrahim : 'Wahai anakku sayang, sesungguhnya aku melihat didalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Untuk itu bagaimanakah pendapatmu ?' Anaknya menjawab: 'Hai Bapakku, laksanakanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu. InsyaAllah engkau akan mendapati aku termasuk golongan orang-orang yang sabar'.

103. Maka tatkala keduanya (bapak dan anak) telah menyerahkan diri (kepada Allah) dan Ibrahim telah merebahkan anaknya diatas pipinya (ditempat penyembelihan dan hampir menyembelihnya).

104. Maka Kami panggillah dia, 'Wahai Ibrahim' (Janganlah engkau lanjutkan perbuatan itu.)

105. Sungguh, engkau telah membenarkan (melaksanakan perintahKu dalam) mimpi itu. Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik."

106. "Sesungguhnya (perintah penyembelihan) ini benar-benar suatu ujian yang nyata,

107. Dan Kami tebus sembelihan itu dengan sembelihan yang agung,

108. dan Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian) dikalangan orang-orang yang datang kemudian.

109. Yaitu, Kesejahteraan yang senantiasa dilimpahkan atas Ibrahim."

110. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik,

111. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.

112. Dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq, seorang Nabi yang termasuk orang-orang yang saleh,

113. Dan Kami limpahkan keberkatan atasnya (Ismail) dan atas Ishaq. Dan diantara anak cucu mereka berdua, ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang zhalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata."

semua cerita itu..
hasil diktean jibril atau aloh mendongeng langsung ke muhammad?
basi

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Jack Saw on Wed Jan 09, 2013 12:42 pm


semua cerita itu..
hasil diktean jibril atau aloh mendongeng langsung ke muhammad?
basi [/quote]

tepatnya doneng Muhammad ke pengikutnya... ehmm

Jack Saw
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Male
Posts : 7
Kepercayaan : Atheis
Location : medan
Join date : 09.01.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Jack Saw on Wed Jan 09, 2013 12:44 pm

@SEGOROWEDI wrote:
ichreza wrote:Dari Surah Ash Shaffat (37) ayat 99 sampai dengan ayat 113 :

99 Dan Ibrahim berkata: Sesungguhnya aku pergi menghadap Tuhanku dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku.

100. Wahai Tuhanku, anugerahilah aku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh;

101. Maka Kami gembirakan dia dengan (kelahiran) seorang anak yang amat sabar.

102. Maka tatkala anak itu telah sampai pada usia dapat membantu bapaknya, berkatalah Ibrahim : 'Wahai anakku sayang, sesungguhnya aku melihat didalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Untuk itu bagaimanakah pendapatmu ?' Anaknya menjawab: 'Hai Bapakku, laksanakanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu. InsyaAllah engkau akan mendapati aku termasuk golongan orang-orang yang sabar'.

103. Maka tatkala keduanya (bapak dan anak) telah menyerahkan diri (kepada Allah) dan Ibrahim telah merebahkan anaknya diatas pipinya (ditempat penyembelihan dan hampir menyembelihnya).

104. Maka Kami panggillah dia, 'Wahai Ibrahim' (Janganlah engkau lanjutkan perbuatan itu.)

105. Sungguh, engkau telah membenarkan (melaksanakan perintahKu dalam) mimpi itu. Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik."

106. "Sesungguhnya (perintah penyembelihan) ini benar-benar suatu ujian yang nyata,

107. Dan Kami tebus sembelihan itu dengan sembelihan yang agung,

108. dan Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian) dikalangan orang-orang yang datang kemudian.

109. Yaitu, Kesejahteraan yang senantiasa dilimpahkan atas Ibrahim."

110. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik,

111. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.

112. Dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq, seorang Nabi yang termasuk orang-orang yang saleh,

113. Dan Kami limpahkan keberkatan atasnya (Ismail) dan atas Ishaq. Dan diantara anak cucu mereka berdua, ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang zhalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata."

semua cerita itu..
hasil diktean jibril atau aloh mendongeng langsung ke muhammad?
basi

dongeng Muhammad ke pengikutnya.. ehmm

Jack Saw
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Male
Posts : 7
Kepercayaan : Atheis
Location : medan
Join date : 09.01.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Mbah Ringgo on Tue Feb 05, 2013 1:40 am

@jakajayagiri-2 wrote:
@Mbah Ringgo wrote:Ijinkan si mbah ikut berkomentar cu.
Point penting di sini adalah memahami Kejadian 21 :12-13

orang nasrani pasti akan mengartikan sesuai dengan doktrin greja, bahwa anak perjanjian adalah ishak. tapi mari kita cermati lagi..

si mbah akan coba mengurai apa yang dibawakan TS.
Dalam bahasa Inggris:
12 But God said to Abraham, "Do not be distressed because of the lad and your maid; whatever Sarah tells you, listen to her, for through Isaac your descendants shall be named.
13 And of the son of the maid I will make a nation also, because he is your descendant."

(12. Tetapi Allah berfirman kepada Ibrahim, “Janganlah kamu tertekan karena anak itu serta hambamu. Semua yang dikatakan Sarah kepadamu haruslah kaudengar, karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.
13.Namun, anak dari hamba perempuan itu pun akan Kujadikan suatu bangsa, karena ia juga keturunanmu.)

Yang Perlu bahasa aslinya ada di sini:
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל-אַבְרָהָם, אַל-יֵרַע בְּעֵינֶיךָ עַל-הַנַּעַר וְעַל-אֲמָתֶךָ--כֹּל אֲשֶׁר תֹּאמַר אֵלֶיךָ שָׂרָה, שְׁמַע בְּקֹלָהּ: כִּי בְיִצְחָק, יִקָּרֵא לְךָ זָרַע.
וְגַם אֶת-בֶּן-הָאָמָה, לְגוֹי אֲשִׂימֶנּוּ: כִּי זַרְעֲךָ, הוּא.



yang perlu dicermati adalah:
1. yang ditulis miring.
listen to her, for through Isaac your descendants shall be named.
(Semua yang dikatakan Sarah kepadamu haruslah kaudengar, karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.)

dalam kisah itu Tuhan sebagai pembicara, Abraham yang diajak bicara dan Sarah yang dibicarakan..
maka akan sangat ceroboh bila menilai kalimat
karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.)
sebagai pengakuan Tuhan. orang yang mengerti bahasa tentulah tau bila kata "Disebut" menunjuk kepada orang ke 3 (yg dibicarakan). dalam hal ini adalah sarah.

maka kesimpulan yang benar adalah: Sarahlah yang tidak mau mengakui keturunan Abraham selain Ishak

sementara cukup segitu dulu, bersambung
Tidak hanya Sarah, Tuhan pun menyetujui pemikiran Sarah. Maka Tuhan memerintahkan kepada Abraham supaya mendengarkan (dan melaksanakan) apa yg dimau oleh Sarah.
JIKA Tuhan tidak setuju, pasti Tuhan tidak akan memerintahkan Abraham mendengarkan perkataan Sarah.
Jadi sejak saat itu, anak yg diakui (oleh Sarah, oleh Abraham, dan juga tentunya oleh Tuhan) sbg keturunan Abraham adalah Ishak. Dan krn ada kata "disebut" maka berarti pula itu merupakan declare kepada siapapun.
Bagaimana dgn Ismael, krn memang Ismael secara biologis juga merupakan keturunan Abraham Tuhan tidak akan menutup mata, Ismael pun diberkati. Tapi tidak diperkenankan untuk selanjtnya disebut sebagai keturunan Abraham

Kalau dicermati memang Tuhan menyetujui kalau sarah hanya mau menganggap Ishak sebagai keturunan Abraham.. Tapi itu hanya berlaku untuk sarah tentunya.
dan Tuhan sendiri yang menyamakan kedudukan Ismail dengan Ishak yaitu di di ayat 13"Namun, anak dari hamba perempuan itu pun akan Kujadikan suatu bangsa, karena ia juga keturunanmu.)"

dimata Tuhan dan Abraham Ismail = ishak
dimata Sarah Ishak > Ismail..

begitu kan Ayatnya?

Mbah Ringgo
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 39
Kepercayaan : Islam
Location : Kota Tua
Join date : 08.12.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by SEGOROWEDI on Tue Feb 05, 2013 8:06 am


tetep akan dijadikan suatu bangsa karena Tuhan itu maha kasih
tetapi tidak berarti Tuhan harus membatalkan janjinya pada abraham-sarai
bahkan janji itu diulang lagi sekalipun ismael sudah lahir
jadi anak perjanjian jelas bukan ismael

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by jakajayagiri-2 on Wed Feb 06, 2013 4:45 pm

@Mbah Ringgo wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@Mbah Ringgo wrote:Ijinkan si mbah ikut berkomentar cu.
Point penting di sini adalah memahami Kejadian 21 :12-13

orang nasrani pasti akan mengartikan sesuai dengan doktrin greja, bahwa anak perjanjian adalah ishak. tapi mari kita cermati lagi..

si mbah akan coba mengurai apa yang dibawakan TS.
Dalam bahasa Inggris:
12 But God said to Abraham, "Do not be distressed because of the lad and your maid; whatever Sarah tells you, listen to her, for through Isaac your descendants shall be named.
13 And of the son of the maid I will make a nation also, because he is your descendant."

(12. Tetapi Allah berfirman kepada Ibrahim, “Janganlah kamu tertekan karena anak itu serta hambamu. Semua yang dikatakan Sarah kepadamu haruslah kaudengar, karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.
13.Namun, anak dari hamba perempuan itu pun akan Kujadikan suatu bangsa, karena ia juga keturunanmu.)

Yang Perlu bahasa aslinya ada di sini:
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל-אַבְרָהָם, אַל-יֵרַע בְּעֵינֶיךָ עַל-הַנַּעַר וְעַל-אֲמָתֶךָ--כֹּל אֲשֶׁר תֹּאמַר אֵלֶיךָ שָׂרָה, שְׁמַע בְּקֹלָהּ: כִּי בְיִצְחָק, יִקָּרֵא לְךָ זָרַע.
וְגַם אֶת-בֶּן-הָאָמָה, לְגוֹי אֲשִׂימֶנּוּ: כִּי זַרְעֲךָ, הוּא.



yang perlu dicermati adalah:
1. yang ditulis miring.
listen to her, for through Isaac your descendants shall be named.
(Semua yang dikatakan Sarah kepadamu haruslah kaudengar, karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.)

dalam kisah itu Tuhan sebagai pembicara, Abraham yang diajak bicara dan Sarah yang dibicarakan..
maka akan sangat ceroboh bila menilai kalimat
karena yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut sebagai keturunanmu.)
sebagai pengakuan Tuhan. orang yang mengerti bahasa tentulah tau bila kata "Disebut" menunjuk kepada orang ke 3 (yg dibicarakan). dalam hal ini adalah sarah.

maka kesimpulan yang benar adalah: Sarahlah yang tidak mau mengakui keturunan Abraham selain Ishak

sementara cukup segitu dulu, bersambung
Tidak hanya Sarah, Tuhan pun menyetujui pemikiran Sarah. Maka Tuhan memerintahkan kepada Abraham supaya mendengarkan (dan melaksanakan) apa yg dimau oleh Sarah.
JIKA Tuhan tidak setuju, pasti Tuhan tidak akan memerintahkan Abraham mendengarkan perkataan Sarah.
Jadi sejak saat itu, anak yg diakui (oleh Sarah, oleh Abraham, dan juga tentunya oleh Tuhan) sbg keturunan Abraham adalah Ishak. Dan krn ada kata "disebut" maka berarti pula itu merupakan declare kepada siapapun.
Bagaimana dgn Ismael, krn memang Ismael secara biologis juga merupakan keturunan Abraham Tuhan tidak akan menutup mata, Ismael pun diberkati. Tapi tidak diperkenankan untuk selanjtnya disebut sebagai keturunan Abraham

Kalau dicermati memang Tuhan menyetujui kalau sarah hanya mau menganggap Ishak sebagai keturunan Abraham.. Tapi itu hanya berlaku untuk sarah tentunya.
dan Tuhan sendiri yang menyamakan kedudukan Ismail dengan Ishak yaitu di di ayat 13"Namun, anak dari hamba perempuan itu pun akan Kujadikan suatu bangsa, karena ia juga keturunanmu.)"

dimata Tuhan dan Abraham Ismail = ishak
dimata Sarah Ishak > Ismail..

begitu kan Ayatnya?
Ayat ttg Ishak sangat jelas berlaku untuk umum:
Kej. 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak

Ismael memang anak (keturunan) Abraham. Tapi selanjutnya, anak2 dan cucu2 Ismael tidak lagi berhak menyandang sebutan keturanan Abraham. Kenapa?
...sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak

Apa konsekuensinya?
Perjanjian yg sebelumnya dibuat oleh Allah dgn Abraham hanya berlaku bagi keturunan yang berasal dari Ishak

Kenapa Ismael tetap diberkati? Krn Tuhan itu adil. Ismael sdh kadung terlahir sbg keturunan biologis Abraham, tentu saja berhak untuk diberkati. Tapi untuk menjadi pewaris perjanjian Tuhan kpd Abraham, tidak bisa. Krn perjanjian itu hanya berlaku bagi yang berasal dari Ishak

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Orang_Pinggiran on Sat Feb 09, 2013 12:35 am

@atas..
perasaan udah dijelasin makna disebut dan kusebut di atas, ini malah mbalik lagi...

kasian ni kristen, didoktrin biar hanya mengakui ishak tapi bukti tidak cukup
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by SEGOROWEDI on Sat Feb 09, 2013 8:34 am


janji Tuhan diulangi lagi sekalipun ismael sudah lahir
jadi jelas ismael bukan anak perjanjian, bukan ketrurunan abraham-sarai
seperti yang dijanjikan Tuhan..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ismail Adalah Keturunan Abraham

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 4 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik