FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

kenapa semua nabi dari timur tengah

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

kenapa semua nabi dari timur tengah

Post by keroncong on Wed Dec 05, 2012 7:02 pm

Nabi dan rasul yang kita kenal itu sedikit sekali dibandingkan dengan jumlah mereka sesungguhnya. Dan 25 nabi dan rasu8l itu hanyalah mereka yang namanya disebutkan di dalam Al-Quran Al-Karim secara jelas. Meski di dalam Al-Quran Al-Karim, Allah SWT menyebutkan beberapa orang yang sebenarnya nabi tapi tidak disebutkan siapa nama mereka.

Misalnya di dalam surat Al-Kahfi, orang itu hanya disebutkan sebagai hamba yang shalih tanpa disebutkan identitasnya atau namanya. Para mufassir mengatakan bahwa hamba yang shalih itu adalah nabi Khidhr 'alaihissalam.

Begitu juga nabi untuk Bani Israil yang menyebutkan bahwa mereka akan dipimpin oleh seorang raja baru yang namanya Thalut. Nabi itu diceritakan dalam Al-Quran Al-Karim tapi tidak disebutkan namanya.

Allah SWT berfirman:

Dan rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu....(QS. An-Nisa: 164).

Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada yang tidak Kami ceritakan kepadamu..(QS. Al-Mu'min: 78).

Jadi karena jumlah yang kita ketahui itu sangat sedikit itu, kita tidak bisa mengatakan bahwa selain di Timur Tengah tidak ada nabi. Yang benar adalah bahwa riyawat nabi-nabi yang kita kenal memang umumnya yang tinggal di Timur Tengah. Terutama di wilayah Syam, karena itu, negeri itu disebut dengan Ardhul Anibya' atau negeri para nabi.

Tapi bukan berarti tertutup kemungkinan sama sekali di belahan bumi lainnya pernah ada nabi. Karena logika Al-Quran Al-Karim menyebutkan bahwa tidak mungkin ada suatu ummat atau kaum, kecuali Allah SWT telah mengirim kepada mereka nabi/ rasul. Sebagaimana firman Allah SWT:

Dan tidak ada suatu umatpun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan.(QS. Faathir: 24).

Sedangkan sunnah nabawiyah memberi informasi lebih detail tentang jumlah nabi dan rasul.

Abu Zar bertanya kepada Rasulullah SAW, "Berapakah jumlah para nabi." Beliau SAW menjawab, "Mereka berjumlah 124.000 orang, sebanyak 315 dari mereka adalah Rasul." (HR Ahmad dalam musnadnya dan Al-Bani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Dengan demikian, bisa kita gambarkan bahwa kalau yang kita kenal ini baru sekitar 25-an orang Nabi, maka selain mereka itu, ternyata masih ada begitu banyak nabi dan rasul sepanjang zaman. Jumlah yang sampai 124.000 itu tentu saja sangat banyak untuk bisa mengcover seluruh komunitas umat manusia, di mana pun mereka berada.

Sebab kita tahu bahwa setiap peradaban manusia itu datang ke dunia ini silih berganti. Terkadang sebuah peradaban bisa maju dan berkuasa di muka bumi, namun ada gilirannya peradaban itu runtuh tanpa meninggalkan jejak apapun. Sehingga orang-orang yang hidup sesudahnya sama sekali tidak pernah mengetahui keberadaan peradaban itu sebelumnya.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: kenapa semua nabi dari timur tengah

Post by frontline defender on Wed Dec 05, 2012 7:54 pm

kalau yang dijadikan contoh cerita dalam Kitab Suci adalah Bani Indonesia (dengan Nabi/Rasul Indonesia), wah ntar bisa2 ceritanya jadi kurang jelas, orang Indonesia kalau bikin pelanggaran kan biasanya nggak mau terang2an!

lol
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: kenapa semua nabi dari timur tengah

Post by EHAN on Wed Dec 05, 2012 8:06 pm

kalau menurut saya, mungkin di timur tengah,, merupakan umat yang paling jahil pada masa itu, perbuatan yang melampaui batasnya para raja2 sampai rakyatnya sangat berat,, sehingga kisah mereka yang di jadikan contoh bagi umat,,
itu sih pendapat pribadi.. piss
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: kenapa semua nabi dari timur tengah

Post by keroncong on Wed Dec 05, 2012 8:11 pm

@Ehan: pendapat ente juga sering ane denger dari pak ustad waktu pengajian.....
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: kenapa semua nabi dari timur tengah

Post by EHAN on Wed Dec 05, 2012 8:49 pm

ichreza wrote:@Ehan: pendapat ente juga sering ane denger dari pak ustad waktu pengajian.....

wah berarti pendapat saya kadaluarsa dong,,, hehehe
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: kenapa semua nabi dari timur tengah

Post by BiasaSaja on Sat Dec 08, 2012 6:09 pm

ene keknya salah judul deh....

Kenapa 99,99% nabi itu asalnya dari YAHUDI/ISRAEL cuman si muhammad yang berasal dari ARAB?? usil
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: kenapa semua nabi dari timur tengah

Post by frontline defender on Sat Dec 08, 2012 8:53 pm

lha arab tu juga bani Israil! & bukannya Yahudi juga Timur Tengah? ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: kenapa semua nabi dari timur tengah

Post by BiasaSaja on Sat Dec 08, 2012 8:59 pm

lah gue kan lebih spesifik judulnya, kenapa Nabi2 itu 99,99% datangnya dari bangsa yang katanya keturunan ANJING DAN BABI, tetapi cuman 1 dari ARAB??

avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: kenapa semua nabi dari timur tengah

Post by BiasaSaja on Sat Dec 08, 2012 9:00 pm

Sama2 TIMUR TENGAH tetapi beda BANGSA tuh.
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: kenapa semua nabi dari timur tengah

Post by frontline defender on Sat Dec 08, 2012 9:13 pm

itu kan kata elu aja, lha tiap2 kaum juga dapet Nabi/Rasul kok! ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: kenapa semua nabi dari timur tengah

Post by BiasaSaja on Sat Dec 08, 2012 9:18 pm

Berarti JUDUL treads ini memang SALAH BESAR DONG usil
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: kenapa semua nabi dari timur tengah

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik