FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

‘Imanuel’ adalah Hizkia, bukan yesus

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

‘Imanuel’ adalah Hizkia, bukan yesus

Post by putramentari on Sat Dec 08, 2012 2:41 pm

Yesaya 8:1-8
1. Dalamzaman Ahas bin Yotambin Uzia, raja Yehuda, maka Rezin, raja Aram, dengan Pekah bin Remalya, raja Israel, maju ke Yerusalemuntuk berperangmelawan kota itu, namun mereka tidak dapat mengalahkannya.
2. Lalu diberitahukanlah kepada keluarga Daud: “Aramtelah berkemah diwilayah Efraim,” maka hati Ahas dan hati rakyatnya gemetar ketakutan seperti pohon-pohon hutan bergoyang ditiup angin.
3. Kemudian aku menghampiri isteriku; ia mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku: “Namailah dia: Maher-Syalal Hash-Bas,
4. sebab sebelum anak itu tahu memanggil: Bapa! Ibu! maka kekayaan Damsyik dan jarahan Samaria akan diangkut di depan raja Asyur.”
5. TUHAN melanjutkan lagi firman-Nya kepadaku (Yesaya) :
6. Oleh karena bangsa ini telah menolak air Syiloah yangmengalir lamban, dan telah tawar hati terhadap Rezindan anak Remalya,
7. sebab itu, sesungguhnya, Tuhan akan membuat air sungai Efrat yang kuat dan besar, meluap-luap atas mereka, yaitu raja Asyur dengan segala kemuliaannya; air ini akan meluapmelampaui segenap salurannya dan akan mengalir melampaui segenap tebingnya,
8. serta menerobos masuk ke Yehuda, ibarat banjir yangmeluap-luap hingga sampai ke leher; dan sayapsayapnya yang dikembangkan akan menutup seantero negerimu, ya Imanuel! (Yesaya)”

Dari ayat-ayat diatas maka diketahui bahwa tanda dari Tuhan bahwa raja Asyur akan memasuki Yehuda adalah ketika anak kandung Yesaya yang diberi nama Maher-SyalalHash-Bas belumsampai bisa memanggil “ayah” atau “ibu” :
sebab sebelum anak itu tahu memanggil: Bapa! Ibu! maka kekayaan Damsyik dan jarahan Samaria akan diangkut di depan raja Asyur.”
yang artinya sekitar 7 bulan atau 1 tahun lagi atau mungkin lebih. Dan tanda yang diberikan Tuhan kepada Yesaya bahwa kekuasaan raja Asyur itu berakhir adalah dengan lahirnya seorang anak yang diberinama Imanuel oleh seorang perempuan muda (Abia):
dan orang itu adalah Hizkia seorang yang benar-benar keturunan dari Daud :
1. Daud
2. Salomo
4. Rehabeam
5. Abia
6. Asa
7. Yosafat
8. Yoram
9. Uzia
10. Yotam
11.Ahas
12.Hizkia
sesuai dengan nubuatnya :
Yesaya 7:13-14
13.Lalu berkatalah nabi Yesaya: “Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! Belumcukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamumelelahkan Allahku juga ?
14. Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu (Yesaya) suatu pertanda: Sesungguhnya,seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

dan perempuan muda yang dimaksud adalah Abia :

Hizkia berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja dan dua puluh sembilan tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Abia, anak Zakharia. (2 Tawarikh 29)

sedangAhas ayah Hizkia umur 20 tahun sudah menjadi raja :

Ahas berumur dua puluh tahun pada waktu ia menjadi raja dan enambelas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Ia tidakmelakukan apa yang benar dimata TUHAN, Allahnya, seperti Daud, bapa leluhurnya, (2 Raja Raja 16:2)

http://id.wikipedia.org/wiki/Hizkia

Kematian Raja Asyur
Hizkia berdoa di hadapan TUHAN dengan berkata: “Ya TUHAN, Allah Israel, yang bertakhta di atas kerubim! Hanya Engkau sendirilah Allah segala kerajaan di bumi; Engkaulah yangmenjadikan langit dan bumi. (2 Raja Raja 19:15)
Maka pada malam itu keluarlah Malaikat TUHAN, lalu dibunuh-Nyalah seratus delapan puluh lima ribu orang di dalamperkemahan Asyur. Keesokan harinya pagi-pagi tampaklah, semuanya bangkai orang-orangmati belaka! (2 Raja Raja 19:35)

Sebab itu berangkatlah Sanherib, raja Asyur, dan pulang, lalu tinggallah ia diNiniwe. (2 Raja Raja 19:36)

Pada suatu kali ketika ia sujud menyembah di dalamkuil Nisrokh, allahnya, maka Adramelekh dan Sarezer,anak-anaknya, membunuh dia (raja Asyur) dengan pedang, dan mereka meloloskan diri ke tanah Ararat. Kemudian Esarhadon, anaknya, menjadi raja menggantikan dia. (2 Raja Raja 19:37)

Pada hari-hari itu Hizkia jatuh sakit dan hampir mati. Lalu datanglah nabi Yesaya bin Amos, dan berkata kepadanya: “Beginilah firman TUHAN: Sampaikanlah pesan terakhir kepada keluargamu, sebab engkau akan mati, tidak akan sembuh lagi.” (2 Raja Raja 20:1)
Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada TUHAN: (2 Raja Raja 20:2)
Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku (Hizkia) telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik dimata-Mu. (2 Raja Raja 20:3)
Baliklah dan katakanlah kepada Hizkia, raja umat-Ku: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya Aku akan menyembuhkan engkau; pada hari yang ketiga engkau akan pergi ke rumah TUHAN. (2 Raja Raja 20:5)
Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur; Aku akan memagari kota ini oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku.” (2Raja Raja 20:6)

Jadi sama sekali bukan nubuat untuk kelahiran Yesus, sungguh salah alamat.

dan cekidot :

Maka TUHAN menyertai dia (Hizkia); ke manapun juga ia pergi berperang, ia beruntung. Ia memberontak kepada raja Asyur dan tidak lagi takluk kepadanya. (2 Raja Raja 18:7)


kenapa dia diberi gelar itu, karena :

2 Raja Raja 18:1-6
1. Maka dalamtahun ketiga zaman Hosea bin Ela, raja Israel, Hizkia, anakAhas raja Yehuda menjadi raja.
2. Ia berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja dan dua puluh sembilan tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Abi, anak Zakharia.
3. Ia melakukan apa yang benar dimata TUHAN, tepat seperti yang dilakukan Daud, bapa leluhurnya.
4. Dialah yangmenjauhkan bukit-bukit pengorbanan dan yangmeremukkan tugu-tugu berhala dan yang menebang tiang-tiang berhala dan yangmenghancurkan ular tembaga yang dibuat Musa, sebab sampai pada masa itu orang Israelmemangmasih membakar korban bagi ular itu yang namanya disebut Nehustan.
5. Ia percaya kepada TUHAN, Allah Israel, dan di antara semua raja-raja Yehuda, baik yang sesudah dia maupun yang sebelumnya, tidak ada lagi yang sama seperti dia.
6. Ia berpaut kepada TUHAN, tidakmenyimpang dari pada mengikuti Dia dan ia berpegang pada perintah perintah TUHAN yang telah diperintahkan-Nya kepada Musa.

Teliti lebih dalamtentang imanuel :
====
untuk seorang gadis Perawan (khusus) :

vehanna’ara me’od, tovat betulah lo ve’ish yeda’ah; vaĴ ered vaĴ emalle chaddah vaĴ a’al.
Anak gadis itu sangat cantik parasnya, seorang perawan, belumpernah bersetubuh dengan laki-laki; ia turun ke mata air itu dan mengisi buyungnya, lalu kembali naik. (Kejadian 24:16)
בְּתוּלָ֕ה = betulah = a virgin

untuk seorang perempuan muda (gadis) :
hinneh niĵ av ha’almah haiyoĵ et lish’ov, ve’amarti na hash·ki·ni- me’at- hammayim; mikkaddech.
Di sini aku berdiri di dekat mata air ini; kiranya terjadi begini: Apabila seorang gadis datang ke luar untuk menimba air dan aku berkata kepadanya: Tolong berikan aku minumair sedikit dari buyungmu itu, (Kejadian
24:43)
הָֽעַלְמָה֙ = youngwoman = gadis


dan inilah yang dipermasalahkan :
lachen adonai hu yiĴ en ovt; hinneh ha’almah harah veyoledet ben, vekarat shemov el.
Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. (Yesaya 7:14)
הָעַלְמָ֗ה = youngwoman = gadis

Jadi dengan demikian tidak ada nubuat yang menyebut spesifik seorang perawan, tetapi hanya seorang perempuan muda yangmelahirkan anak.

…As for Immanuel, “God is with us”, Isaiah might mean simply that any young pregnant woman in 734 BCE
would be able to name her child “God is with us” by the time he is born; but if a specific child is meant, then it might
be a son of Ahaz, possibly his successor Hezekiah (which is the traditional Jewish understanding)…wikipedia
…Adapun mengenai Immanuel, “Allah beserta kita”, pengertian pada Yesaya mungkin sederhana yaitu
setiap perempuan muda yangmengandung pada 734 SM dapat menamai anaknya “Allah beserta kita” pada
waktu ia dilahirkan, dan jika anak tertentu yang dimaksud, maka kemungkinan adalah anakAhas, yaitu
Hizkia sebagai penggantinya (yangmana merupakan pemahaman tradisional orang Yahudi)…

“almah” itu adalah untuk penyebutan wanita muda secara umum, perhatikan :
Amsal 30 : 19-20
derech han·ne·sher bashamayimderech nachash ĵ ur derech- o·niyah velev- yam; vederech gever be‘al·mah.
19 jalan rajawali di udara, jalan ular di atas cadas, jalan kapal di tengah-tengah laut, dan jalan seorang laki-laki dengan seorang gadis.
20. Inilah jalan perempuan yang berzinah: ia makan, lalu menyeka mulutnya, dan berkata: Aku tidak berbuat jahat.

Apa Maria mau dimasukkan kedalam gadis seperti diatas ?!

Jelas nubuat itu (Yesaya 7:14) bukan untuk Yesus, sebab Yesus dilahirkan seorang BETULAH (perawan).
Sedangkan ayat Yesaya 7:14 menggunakan kata עַלְמָה ‘ALMAH – wanita muda, itu jelas berbeda.dalamPB dengan jelas disebut :

“Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung…(Matius 1:23)
23. Behold, the virgin shall become pregnant…

Yesaya 7:13-14
13. Lalu berkatalah nabi Yesaya: “Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! Belumcukupkah kamu melelahkan
orang, sehingga kamumelelahkan Allahku juga?
Sebab Yesus bukan dari keturunan Daud :
14. Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

mari kita teliti :

Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. (Yesaya 7:14)

imanuel = Tuhan menyertai kita

artinya Tuhan menyertai orang-orang yang beriman (kita), bukan begitu ?!

dari ke-”kita”-an itumaka berarti tuhan menyertai orang-orang seperti Hizkia, Musa, dll :

Maka TUHAN menyertai dia (Hizkia); ke manapun juga ia pergi berperang, ia beruntung. Ia memberontak kepada raja Asyur dan tidak lagi takluk kepadanya. (2 Raja Raja 18:7)

Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalampekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orangMesir itu. (Kejadian 39:2)
Dan TUHAN berfirman kepada Yosua: “Pada hari inilah Aku mulai membesarkan namamu di mata seluruh orang Israel, supaya mereka tahu, bahwa seperti dahulu Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau. (Yosua 3:7)

Apa hubungan-nya dengan Yesus, bila tuhan telah menyertaimereka (kita) sejak dulu…


Lalu pada malam itu TUHAN menampakkan diri kepadanya serta berfirman: “Akulah Allah ayahmu Abraham; janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau; Aku akan memberkati engkau dan membuat banyak keturunanmu karena Abraham, hamba-Ku itu.” (Kejadian 26:24)

Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yakub: “Pulanglah ke negeri nenek moyangmu dan kepada kaummu, dan Aku akan menyertai engkau.” (Kejadian 31:3)

Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalampekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orangMesir itu. (Kejadian 39:2)

avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: ‘Imanuel’ adalah Hizkia, bukan yesus

Post by Mbah Ringgo on Sun Dec 09, 2012 7:24 am

Nandain ya cu

Mbah Ringgo
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 39
Kepercayaan : Islam
Location : Kota Tua
Join date : 08.12.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: ‘Imanuel’ adalah Hizkia, bukan yesus

Post by frontline defender on Sun Dec 09, 2012 9:34 am

up
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: ‘Imanuel’ adalah Hizkia, bukan yesus

Post by Paradise OK on Mon Oct 27, 2014 4:00 pm

@putramentari wrote:
Yesaya 7 : 14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu (Yesaya) suatu pertanda: Sesungguhnya,seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

dan perempuan muda yang dimaksud adalah Abia :
… dst …
Apa Maria mau dimasukkan kedalam gadis seperti diatas ?!

Jelas nubuat itu (Yesaya 7:14) bukan untuk Yesus, sebab Yesus dilahirkan seorang BETULAH (perawan).

Sedangkan ayat Yesaya 7:14 menggunakan kata עַלְמָה ‘ALMAH – wanita muda, itu jelas berbeda.dalam PB dengan jelas disebut :

“Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung…(Matius 1:23)

mengapa Yesaya tidak memakai kata בְּתוּלָה - BETULAH ?

LXX (Septuaginta) adalah terjemahan Perjanjian Lama ke dalam Bahasa Yunani. Terjemahan ini dibuat sekitar tahun 200 S.M. oleh 70 sarjana Ibrani. Dalam Yesaya 7:14, mereka menerjemahkan kata עַלְמָה - 'ALMAH sebagai παρθενος - parthenos dalam Bahasa Yunani.


Yesaya 7:14
LXX,
δια τουτο δωσει κυριος αυτος υμιν σημειον ιδου η παρθενος εν γαστρι εξει και τεξεται υιον και καλεσεις το ονομα αυτου εμμανουηλ


Translit,
DIA TOUTO KURIOS AUTOS HUMIN SÊMEION IDOU HÊ PARTHENOS EN GASTRI EKHEI KAI TEKHETAI HUION KALESEIS TO ONOMA EMMANOUÊL


Berdasarkan A Greek-English Lexicon of the New Testament and Other Early Christian Literature] (Leksikon Yunani - Inggris dari Perjanjian Baru dan Literatur Awal Kekristenan) kata παρθενος - parthenos berarti "perawan".

Kata ini dipakai dalam Perjanjian Baru dalam istilah Perawan Maria (Matius 1:23; Lukas 1:27) dan pada kesepuluh perawan dalam perumpamaan (Matius 25:1, 7,11). Jika ahli-ahli yang menterjemahkan LXX merupakan orang Ibrani itu telah menterjemahkan kata עַלְמָה - 'ALMAH menjadi perawan (παρθενος - parthenos), tentulah mereka memang mengerti apa yang dimaksudkan oleh teks Ibrani tersebut: yakni memang berarti perawan.

בְּתוּלָה - BETULAH, menurut lexicon Ibrani :
"young woman, virgin" unlike na`arah, betulah does imply virginity (Ex 22:16-17; but not definitely so that where the distinction is important it is spelled out as in Gen 24:16), a related noun means "virginity". In Amos at 8:13 "beautiful maids" are linked with bachurim "chosen youths" in 5:2 the expression is "Maid of Israel" (cities and sometimes countries are commonly personified as women in the Ancient Near East).

Pada Perjanjian Lama, ada 50 kali dipakai kata ini :
Kejadian 24:16, imamat 21:3, 21:14, Ulangan 22:19, 22:23, 22"28. 32: 25, 2 Sam 13"2, I raja 1:2, 2 raja 19:21, Yesaya 23:12, 37:22, 47:1, 62:5, Yeremia 14:17........dst....

Jadi, בְּתוּלָה - BETULAH juga berarti anak dara atau gadis perawan atau keperawanan.

Tapi dalam konteks Yesaya 7:14, memakai kata עַלְמָה - 'ALMAH (a virgin) bukan betulah (the virgin). dalam terjemahan bahasa indonesianya memakai kata "seorang perempuan muda" (yang masih perawan tentunya).

Mengapa Yesaya memilih untuk memakai kata עַלְמָה - 'ALMAH dan bukannya בְּתוּלָה - BETULAH ? Mungkin, hal ini karena ia ingin menekankan bawa perawan itu adalah seorang wanita yang masih muda. Jadi, apakah ayat ini masih merupakan nubuat? Tentu saja.

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: ‘Imanuel’ adalah Hizkia, bukan yesus

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik