FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by putramentari on Thu Dec 13, 2012 6:58 pm

bermula dari pertanyaan :
@putramentari wrote:
@ramayana wrote:
@putramentari wrote:
@ramayana wrote:
@putramentari wrote:
apa ritual untuk lelaki dan wanita, hingga mereka disebut sebagai suami istri menurut Alkitab
yang jaman kapan? sudah jelas di jaman Abraham sangat simpel. sarah
kasih hambanya hagar ke abraham. jadilah istri. hanya begitu.ritual apa yang ente maksud? apakah sekedar pesta itu termasuk ritual? di pernikahan Abraham ga disebut ada pesta juga..
jaman abraham, musa dan yesus.
btw, gak papa khan ane nanya biar semuanya menjadi jelas
ane ga tau. yang ane tau, jaman abraham sarah kasih hagar.. udah dianggap istri.
ntar ane buatkan trit tersendiri mengenai istilah istri dan zinah ini, mungkin kristener lain ada yang lebih paham
padahal jelas di di kej 38:24, hal tersebut adalah persundalan alias Zinah
Kej 38:24 Sesudah kira-kira tiga bulan dikabarkanlah kepada Yehuda: "Tamar, menantumu, bersundal, bahkan telah mengandung dari persundalannya itu." Lalu kata Yehuda: "Bawalah perempuan itu, supaya dibakar."
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by BiasaSaja on Thu Dec 13, 2012 7:31 pm

Copasin ayatnya yang lengkap dong 1 pasal deh minimal pliss
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by ramayana on Thu Dec 13, 2012 8:40 pm

@putramentari wrote:bermula dari pertanyaan :
@putramentari wrote:
@ramayana wrote:
@putramentari wrote:
@ramayana wrote:
yang jaman kapan? sudah jelas di jaman Abraham sangat simpel. sarah
kasih hambanya hagar ke abraham. jadilah istri. hanya begitu.ritual apa yang ente maksud? apakah sekedar pesta itu termasuk ritual? di pernikahan Abraham ga disebut ada pesta juga..
jaman abraham, musa dan yesus.
btw, gak papa khan ane nanya biar semuanya menjadi jelas
ane ga tau. yang ane tau, jaman abraham sarah kasih hagar.. udah dianggap istri.
ntar ane buatkan trit tersendiri mengenai istilah istri dan zinah ini, mungkin kristener lain ada yang lebih paham
padahal jelas di di kej 38:24, hal tersebut adalah persundalan alias Zinah
Kej 38:24 Sesudah kira-kira tiga bulan dikabarkanlah kepada Yehuda: "Tamar, menantumu, bersundal, bahkan telah mengandung dari persundalannya itu." Lalu kata Yehuda: "Bawalah perempuan itu, supaya dibakar."

ini kenapa malah pindah kemari???

balik sana.. udah ane jawab disana!! pertanggung jawabkan fitnah ente disana..

http://www.laskarislam.com/t3434-mengapa-yesus-tidak-melakukan-rajam-kepada-pezina

mengenai ritual nikah.. kalau quran hebat, silahkan kasih gimana ritualnya.. katanya kitab yang lengkap dan sempurna.. kan ada semua tuh kisah musa, ibrahim ama Isa disana hahahaha..

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by putramentari on Sat Dec 15, 2012 5:17 pm

sebenarnya pertanyaan ini sangat sederhana :

ritual pernikahan yang dilakukan umat kristen sekarang ini berasal dari mana, ajaran yesus, musa atau malah ibrahim, monggo
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by ramayana on Wed Dec 26, 2012 5:06 pm

@putramentari wrote:sebenarnya pertanyaan ini sangat sederhana :

ritual pernikahan yang dilakukan umat kristen sekarang ini berasal dari mana, ajaran yesus, musa atau malah ibrahim, monggo
hahaahaha..
ane balik. emang ritual pernikahan islam dari mana? ajaran Musa, ibrahim, Isa atau mohamad??
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by putramentari on Thu Dec 27, 2012 11:10 am

@ramayana wrote:
@putramentari wrote:sebenarnya pertanyaan ini sangat sederhana :

ritual pernikahan yang dilakukan umat kristen sekarang ini berasal dari mana, ajaran yesus, musa atau malah ibrahim, monggo
hahaahaha..
ane balik. emang ritual pernikahan islam dari mana? ajaran Musa, ibrahim, Isa atau mohamad??

baru satu pertanyaan udah nyungsep, banyak banyak belajar lagi ajah lah nak
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by jakajayagiri-2 on Thu Dec 27, 2012 11:32 am

Ini topik overlap sama thread yg sdh ada. Ntar kalao dijawab dianggap ngulang2 di banyak thread. Habis itu kena semprit moderator...tapeee deh...

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by ramayana on Thu Dec 27, 2012 8:54 pm

@putramentari wrote:

baru satu pertanyaan udah nyungsep, banyak banyak belajar lagi ajah lah nak

ane itu jujur mbing.. ga tau bilang ga tau. wong emang ga ada di Alkitab kok.

makanya ane nanya balik! kalau ente ga tau jujur aja! jangan kayak kambing berjenggot. ga tau malu hehehe..
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by putramentari on Thu Dec 27, 2012 9:31 pm

@ramayana wrote:
@putramentari wrote:

baru satu pertanyaan udah nyungsep, banyak banyak belajar lagi ajah lah nak

ane itu jujur mbing.. ga tau bilang ga tau. wong emang ga ada di Alkitab kok.

makanya ane nanya balik! kalau ente ga tau jujur aja! jangan kayak kambing berjenggot. ga tau malu hehehe..

oh gak tau, ya udah, segitu ajeh pengetahuan ente.

--------------------->NEXT CHALLENGER
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by BiasaSaja on Fri Dec 28, 2012 6:52 pm

permintaan gue simpel banget nih,

Tuliskan 1 PASAL PENUH piss
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by putramentari on Fri Dec 28, 2012 10:52 pm

@BiasaSaja wrote:permintaan gue simpel banget nih,

Tuliskan 1 PASAL PENUH

elu ngomong apaan dul, pertanyaan saya sangat simple, ritual pernikahan kristen berdasarkan apa dan apa syarat syahnya pernikahan tersebut, mohon sertakan dalilnya
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by jakajayagiri-2 on Sat Dec 29, 2012 10:37 am

@putramentari wrote:
@BiasaSaja wrote:permintaan gue simpel banget nih,

Tuliskan 1 PASAL PENUH

elu ngomong apaan dul, pertanyaan saya sangat simple, ritual pernikahan kristen berdasarkan apa dan apa syarat syahnya pernikahan tersebut, mohon sertakan dalilnya
Syariat dalam arti tatacara dan ritual tidak ada.
Namun secara prinsip pernikahan kristen adalah:

1. persekutuan seumur hidup. Ketika seorang pria dan wanita memutuskan untuk bersatu dalam pernikahan harus tidak ada lagi pemisahan. Pernikahan adalah persekutuan seumur hidup.

2. Pernikahan harus monogami dengan kasih Kristus Yesus yang mempersatukan kasih diantara suami-istri. Seorang pria atau wanita tidak akan pernah menjadi satu daging seutuhnya apabila dalam kehidupan mereka terdapat "orang lain"

3. Pernikahan Kristen menuntut kesetiaan. Gambaran Alkitab mengenai pernikahan adalah tentang keintiman yang dalam dan abadi, hubungan yang sepadan, saling membahagiakan, dan memberi kesejahteraan. Sedangkan penyelewengan dalam pernikahan adalah pembalikan dari seluruh prinsip pernikahan kristiani.

4. Di dalam dan melalui pernikahan kristen nama Tuhan dimuliakan dan orang-orang lain melihat bahwa Tuhan hadir dalam rumah tangga. Dengan demikian, pernikahan adalah salah satu bentuk kesaksian tentang Tuhan.

Kej 2:18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.

Kej. 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging

Mat 19:4 Jawab Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan?
19:5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.


jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by putramentari on Sat Dec 29, 2012 2:07 pm

@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
@BiasaSaja wrote:permintaan gue simpel banget nih,

Tuliskan 1 PASAL PENUH

elu ngomong apaan dul, pertanyaan saya sangat simple, ritual pernikahan kristen berdasarkan apa dan apa syarat syahnya pernikahan tersebut, mohon sertakan dalilnya
Syariat dalam arti tatacara dan ritual tidak ada.
Namun secara prinsip pernikahan kristen adalah:

1. persekutuan seumur hidup. Ketika seorang pria dan wanita memutuskan untuk bersatu dalam pernikahan harus tidak ada lagi pemisahan. Pernikahan adalah persekutuan seumur hidup.

2. Pernikahan harus monogami dengan kasih Kristus Yesus yang mempersatukan kasih diantara suami-istri. Seorang pria atau wanita tidak akan pernah menjadi satu daging seutuhnya apabila dalam kehidupan mereka terdapat "orang lain"

3. Pernikahan Kristen menuntut kesetiaan. Gambaran Alkitab mengenai pernikahan adalah tentang keintiman yang dalam dan abadi, hubungan yang sepadan, saling membahagiakan, dan memberi kesejahteraan. Sedangkan penyelewengan dalam pernikahan adalah pembalikan dari seluruh prinsip pernikahan kristiani.

4. Di dalam dan melalui pernikahan kristen nama Tuhan dimuliakan dan orang-orang lain melihat bahwa Tuhan hadir dalam rumah tangga. Dengan demikian, pernikahan adalah salah satu bentuk kesaksian tentang Tuhan.

Kej 2:18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.

Kej. 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging

Mat 19:4 Jawab Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan?
19:5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.


jadi syarat untuk sepasang lelaki dan perempuan bisa disebut udah menikah, apa?
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by jakajayagiri-2 on Sat Dec 29, 2012 3:44 pm

@putramentari wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
@BiasaSaja wrote:permintaan gue simpel banget nih,

Tuliskan 1 PASAL PENUH

elu ngomong apaan dul, pertanyaan saya sangat simple, ritual pernikahan kristen berdasarkan apa dan apa syarat syahnya pernikahan tersebut, mohon sertakan dalilnya
Syariat dalam arti tatacara dan ritual tidak ada.
Namun secara prinsip pernikahan kristen adalah:

1. persekutuan seumur hidup. Ketika seorang pria dan wanita memutuskan untuk bersatu dalam pernikahan harus tidak ada lagi pemisahan. Pernikahan adalah persekutuan seumur hidup.

2. Pernikahan harus monogami dengan kasih Kristus Yesus yang mempersatukan kasih diantara suami-istri. Seorang pria atau wanita tidak akan pernah menjadi satu daging seutuhnya apabila dalam kehidupan mereka terdapat "orang lain"

3. Pernikahan Kristen menuntut kesetiaan. Gambaran Alkitab mengenai pernikahan adalah tentang keintiman yang dalam dan abadi, hubungan yang sepadan, saling membahagiakan, dan memberi kesejahteraan. Sedangkan penyelewengan dalam pernikahan adalah pembalikan dari seluruh prinsip pernikahan kristiani.

4. Di dalam dan melalui pernikahan kristen nama Tuhan dimuliakan dan orang-orang lain melihat bahwa Tuhan hadir dalam rumah tangga. Dengan demikian, pernikahan adalah salah satu bentuk kesaksian tentang Tuhan.

Kej 2:18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.

Kej. 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging

Mat 19:4 Jawab Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan?
19:5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.


jadi syarat untuk sepasang lelaki dan perempuan bisa disebut udah menikah, apa?
Kalau pertanyaannya sdh bicara syarat, berarti soal syariat.
Dalam hal ini, gereja (dlm konteks lembaga keagamaan) melakukan pemberkatan (atas nama dan di dalam nama Tuhan) untuk memenuhi sahnya persatuan kedua manusia di hadapan Tuhan. Dan krn setiap org kristen wajib mentaati hukum yg diberlakukan oleh pemerintahan yg berdaulat, maka pernikahan tsb juga wajib tunduk pada peraturan yg berlaku setempat.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by putramentari on Sat Dec 29, 2012 4:16 pm

@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
@BiasaSaja wrote:permintaan gue simpel banget nih,

Tuliskan 1 PASAL PENUH

elu ngomong apaan dul, pertanyaan saya sangat simple, ritual pernikahan kristen berdasarkan apa dan apa syarat syahnya pernikahan tersebut, mohon sertakan dalilnya
Syariat dalam arti tatacara dan ritual tidak ada.
Namun secara prinsip pernikahan kristen adalah:

1. persekutuan seumur hidup. Ketika seorang pria dan wanita memutuskan untuk bersatu dalam pernikahan harus tidak ada lagi pemisahan. Pernikahan adalah persekutuan seumur hidup.

2. Pernikahan harus monogami dengan kasih Kristus Yesus yang mempersatukan kasih diantara suami-istri. Seorang pria atau wanita tidak akan pernah menjadi satu daging seutuhnya apabila dalam kehidupan mereka terdapat "orang lain"

3. Pernikahan Kristen menuntut kesetiaan. Gambaran Alkitab mengenai pernikahan adalah tentang keintiman yang dalam dan abadi, hubungan yang sepadan, saling membahagiakan, dan memberi kesejahteraan. Sedangkan penyelewengan dalam pernikahan adalah pembalikan dari seluruh prinsip pernikahan kristiani.

4. Di dalam dan melalui pernikahan kristen nama Tuhan dimuliakan dan orang-orang lain melihat bahwa Tuhan hadir dalam rumah tangga. Dengan demikian, pernikahan adalah salah satu bentuk kesaksian tentang Tuhan.

Kej 2:18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.

Kej. 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging

Mat 19:4 Jawab Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan?
19:5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.


jadi syarat untuk sepasang lelaki dan perempuan bisa disebut udah menikah, apa?
Kalau pertanyaannya sdh bicara syarat, berarti soal syariat.
Dalam hal ini, gereja (dlm konteks lembaga keagamaan) melakukan pemberkatan (atas nama dan di dalam nama Tuhan) untuk memenuhi sahnya persatuan kedua manusia di hadapan Tuhan.

Gereja melakukan pemberkatan berdasarkan apa, apakah ada tuntunannya,


Dan krn setiap org kristen wajib mentaati hukum yg diberlakukan oleh pemerintahan yg berdaulat, maka pernikahan tsb juga wajib tunduk pada peraturan yg berlaku setempat.

jadi syarat pernikahan bukan berdasarkan firman Tuhan atau perkataan yesus, hanya aturan yang dibuat pemerintahan berlaku?

dan yang menentukan pernikahan tersebut syah atau tidak siapa, Tuhan atau pemerintah
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by jakajayagiri-2 on Sat Dec 29, 2012 4:40 pm

@putramentari wrote:
Gereja melakukan pemberkatan berdasarkan apa, apakah ada tuntunannya,

dan yang menentukan pernikahan tersebut syah atau tidak siapa, Tuhan atau pemerintah
Tuhan menetapkan hakikat pernkahan seperti apa.
Manusia (gereja dan pemerintahan) menyusun aturan2 agar hakikat pernikahan yg difirmankan Tuhan itu bisa dioperasionalkan. Gereja dalam konteks agama mengesahkan pernikahan. Pemerintah dalam konteks hukum sekuler mengesahkan pernikahan. Sepanjang kedua hal itu dilakukan dgn tidak melanggar hakikat pernikahan yg difirmankan Tuhan, tidak ada masalah. Krn sdh menjadi tugas manusia untuk mengatur setiap aspek kehidupannya dengan mengacu pada hakekat2 yg sdh difirmankan Tuhan. Gereja dan negara adalah wakil Tuhan dalam mengatur kehidupan manusia secara operasional.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by putramentari on Sat Dec 29, 2012 5:05 pm

@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:
Gereja melakukan pemberkatan berdasarkan apa, apakah ada tuntunannya,

dan yang menentukan pernikahan tersebut syah atau tidak siapa, Tuhan atau pemerintah
Tuhan menetapkan hakikat pernkahan seperti apa.
Manusia (gereja dan pemerintahan) menyusun aturan2 agar hakikat pernikahan yg difirmankan Tuhan itu bisa dioperasionalkan. Gereja dalam konteks agama mengesahkan pernikahan. Pemerintah dalam konteks hukum sekuler mengesahkan pernikahan. Sepanjang kedua hal itu dilakukan dgn tidak melanggar hakikat pernikahan yg difirmankan Tuhan, tidak ada masalah. Krn sdh menjadi tugas manusia untuk mengatur setiap aspek kehidupannya dengan mengacu pada hakekat2 yg sdh difirmankan Tuhan. Gereja dan negara adalah wakil Tuhan dalam mengatur kehidupan manusia secara operasional.

apa tolak ukur pernikahan itu syah atau tidak,dan dasar hukumnya apa menurut kristen, ne contohnya dalam islam bahwa tidak syah pernikahan tanpa adanya wali dan dua orang saksi
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by jakajayagiri-2 on Sat Dec 29, 2012 5:17 pm

@putramentari wrote:

apa tolak ukur pernikahan itu syah atau tidak,dan dasar hukumnya apa menurut kristen, ne contohnya dalam islam bahwa tidak syah pernikahan tanpa adanya wali dan dua orang saksi
Secara khusus tentu sesuai ketentuan gereja masing2 meskipun tidak ada perbedaan yg signifikan.
Secara umum tentu saja harus ada orgtua masing mempelai dan ada saksi, krn sahnya suatu peristiwa adalah jika ada saksi. Saksi ini juga untuk menjamin bahwa prinsip2 dasar dri hakikat pernikahan tidak dilanggar, yaitu bahwa pernikahan tsb dlm konsep monogami. Dan kemudian pernikahan tsb harus dicatatkan kepada pemerintah.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by putramentari on Sat Dec 29, 2012 10:23 pm

@jakajayagiri-2 wrote:
@putramentari wrote:

apa tolak ukur pernikahan itu syah atau tidak,dan dasar hukumnya apa menurut kristen, ne contohnya dalam islam bahwa tidak syah pernikahan tanpa adanya wali dan dua orang saksi
Secara khusus tentu sesuai ketentuan gereja masing2 meskipun tidak ada perbedaan yg signifikan.
Secara umum tentu saja harus ada orgtua masing mempelai dan ada saksi, krn sahnya suatu peristiwa adalah jika ada saksi. Saksi ini juga untuk menjamin bahwa prinsip2 dasar dri hakikat pernikahan tidak dilanggar, yaitu bahwa pernikahan tsb dlm konsep monogami. Dan kemudian pernikahan tsb harus dicatatkan kepada pemerintah.

kalo gitu bisa ane simpulkan ya :

Didalam Alkitab hanya menjelaskan tujuan dan hakikat pernikahan, sedangkan syariat dan tata cara pernikahan tidak ada tuntunannya melainkan hanya berdasarkan peraturan pemerintah

mengenai monogami atau polygami tidak usah dibahas karena Alkitab tidak melarang atau menganjurkan polygami atau monogami
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by jakajayagiri-2 on Sun Dec 30, 2012 9:03 am

@putramentari wrote:
kalo gitu bisa ane simpulkan ya :

Didalam Alkitab hanya menjelaskan tujuan dan hakikat pernikahan, sedangkan syariat dan tata cara pernikahan tidak ada tuntunannya melainkan hanya berdasarkan peraturan pemerintah
Syariatnya sesuai aturan gereja dan hukum negara. Pedoman tertingginya adalah prinsip2 dasar pernikahan yg dinyatakan dalam Alkitab:
1. persekutuan seumur hidup. Ketika seorang pria dan wanita memutuskan untuk bersatu dalam pernikahan harus tidak ada lagi pemisahan. Pernikahan adalah persekutuan seumur hidup.

2. Pernikahan harus monogami dengan kasih Kristus Yesus yang mempersatukan kasih diantara suami-istri. Seorang pria atau wanita tidak akan pernah menjadi satu daging seutuhnya apabila dalam kehidupan mereka terdapat "orang lain"

3. Pernikahan Kristen menuntut kesetiaan. Gambaran Alkitab mengenai pernikahan adalah tentang keintiman yang dalam dan abadi, hubungan yang sepadan, saling membahagiakan, dan memberi kesejahteraan. Sedangkan penyelewengan dalam pernikahan adalah pembalikan dari seluruh prinsip pernikahan kristiani.

4. Di dalam dan melalui pernikahan kristen nama Tuhan dimuliakan dan orang-orang lain melihat bahwa Tuhan hadir dalam rumah tangga. Dengan demikian, pernikahan adalah salah satu bentuk kesaksian tentang Tuhan.



mengenai monogami atau polygami tidak usah dibahas karena Alkitab tidak melarang atau menganjurkan polygami atau monogami
Kalau islam punya prinsip berbeda silakan saja. Tapi jgn pernah menyimpulkan Alkitab tidak membawa nilai2 monogami. Di atas pun sdh saya berikan referensinya:

Kej 2:18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.
Penolong yg sepadan. Bukan penolong2.

Kej. 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging
Keduanya menjadi satu daging. Kesatuan dan kesucian dua daging dalam satu daging akan tercemar jika ada daging lain.

Mat 19:4 Jawab Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan?
19:5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

Perempuan, bukan perempuan2. Istrinya, bukan istri2nya. Dua, bukan banyak.


jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by ramayana on Sun Dec 30, 2012 10:31 pm

@putramentari wrote:
@ramayana wrote:
@putramentari wrote:

baru satu pertanyaan udah nyungsep, banyak banyak belajar lagi ajah lah nak

ane itu jujur mbing.. ga tau bilang ga tau. wong emang ga ada di Alkitab kok.

makanya ane nanya balik! kalau ente ga tau jujur aja! jangan kayak kambing berjenggot. ga tau malu hehehe..

oh gak tau, ya udah, segitu ajeh pengetahuan ente.

--------------------->NEXT CHALLENGER
lha emang ga ada di Alkitab. ane disuruh apa? ngarang? hahahahaha.

lha kitab ente gimana? ada???
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by putramentari on Sun Dec 30, 2012 11:17 pm

@ramayana wrote:
@putramentari wrote:
@ramayana wrote:
@putramentari wrote:

baru satu pertanyaan udah nyungsep, banyak banyak belajar lagi ajah lah nak

ane itu jujur mbing.. ga tau bilang ga tau. wong emang ga ada di Alkitab kok.

makanya ane nanya balik! kalau ente ga tau jujur aja! jangan kayak kambing berjenggot. ga tau malu hehehe..

oh gak tau, ya udah, segitu ajeh pengetahuan ente.

--------------------->NEXT CHALLENGER
lha emang ga ada di Alkitab. ane disuruh apa? ngarang? hahahahaha.

lha kitab ente gimana? ada???

kalo udah nyungsep gak tau, mbok ya tau diri dikitlah, minggir sono
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by ramayana on Mon Dec 31, 2012 12:19 am

@putramentari wrote:
@ramayana wrote:
@putramentari wrote:
@ramayana wrote:
@putramentari wrote:

baru satu pertanyaan udah nyungsep, banyak banyak belajar lagi ajah lah nak

ane itu jujur mbing.. ga tau bilang ga tau. wong emang ga ada di Alkitab kok.

makanya ane nanya balik! kalau ente ga tau jujur aja! jangan kayak kambing berjenggot. ga tau malu hehehe..

oh gak tau, ya udah, segitu ajeh pengetahuan ente.

--------------------->NEXT CHALLENGER
lha emang ga ada di Alkitab. ane disuruh apa? ngarang? hahahahaha.

lha kitab ente gimana? ada???

kalo udah nyungsep gak tau, mbok ya tau diri dikitlah, minggir sono
ane itu kasih tau ente. ga ada di alkitab!!

ente mau ngajak debat ama siapa? ente mau cari tau dari siapa?? ga ada kok di paksa!

ane nanya, kitab ente ada ga? kenapa mbulet?

ini ama aja ane maksa ente cerita idris! ini perintah quran. ente bisa? ane yakin ga bisa krn emang ga ada cerita idris di quran.

beg0 ama gob bl0k kok dipelihara hehehe
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by putramentari on Mon Dec 31, 2012 1:36 am

@ramayana wrote:
@putramentari wrote:
@ramayana wrote:
@putramentari wrote:
@ramayana wrote:

ane itu jujur mbing.. ga tau bilang ga tau. wong emang ga ada di Alkitab kok.

makanya ane nanya balik! kalau ente ga tau jujur aja! jangan kayak kambing berjenggot. ga tau malu hehehe..

oh gak tau, ya udah, segitu ajeh pengetahuan ente.

--------------------->NEXT CHALLENGER
lha emang ga ada di Alkitab. ane disuruh apa? ngarang? hahahahaha.

lha kitab ente gimana? ada???

kalo udah nyungsep gak tau, mbok ya tau diri dikitlah, minggir sono
ane itu kasih tau ente. ga ada di alkitab!!

ente mau ngajak debat ama siapa? ente mau cari tau dari siapa?? ga ada kok di paksa!

ane nanya, kitab ente ada ga? kenapa mbulet?

ini ama aja ane maksa ente cerita idris! ini perintah quran. ente bisa? ane yakin ga bisa krn emang ga ada cerita idris di quran.

beg0 ama gob bl0k kok dipelihara hehehe

gak mutu, malahan melenceng dari pertanyaan
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by ramayana on Mon Dec 31, 2012 11:06 pm

@putramentari wrote:

gak mutu, malahan melenceng dari pertanyaan
lha ga ada di Alkitab, mau disuruh ngomong apa? ini yang beg0 dan bl00n siapa?

udah dikasih tau ga ada di Alkitab kok maksa. lha di kitab ente ada ga?

apa ane buat trit khusus bahas adat kawin versi quran?
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: silahkan bantu bro Bro Ramayana menjelaskan masalah Ritual Pernikahan menurut Ibrahim, Musa dan yesus

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik