FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

An Nahl 69 MENGENAI MADU DAN KHASIATNYA

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

solved An Nahl 69 MENGENAI MADU DAN KHASIATNYA

Post by putramentari on Wed Dec 19, 2012 8:22 pm

KUPAS TUNTAS An Nahl 69 MENGENAI MADU DAN KHASIATNYA

An Nahl 69
ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِن بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِّلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَ‌ٰلِكَ لَآيَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

(69) Thumma Kulī Min Kulli Ath-Thamarāti Fāslukī Subula Rabbiki Dhululāan Yakhruju Min Buţūnihā Sharābun Mukhtalifun 'Alwānuhu Fīhi Shifā'un Lilnnāsi 'Inna Fī Dhālika La'āyatan Liqawmin Yatafakkarūna
69. kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

Al-Qur’an tidak mengatakan: ( مِنْ أَفْوَاهِها ) yang artinya: (dari mulutnya), tetapi ia datang dengan:( مِنْ بُطُوْنِهَا ) yang artinya: (dari perutnya).


Sekarang Timbul pertanyaan :

1. Apa jenis jenis minuman yang keluar dari perut lebah dan apa khasiatnya, karena Al Qur'an menyebutkan bahwa di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia.

2. Apa betul Minuman tersebut keluar dari perut Lebah, bukannya sari pati bunga itu dikunyah oleh lebah kemudian dimuntahkan menjadi madu.

Analisa Ilmiah :

1. Jenis jenis minuman yang keluar dari perut lebah dan apa khasiatnya

> Fakta membuktikan bahwa yang keluar dari perut lebah adalah bukan hanya madu tapi juga royal jelly, propolis, beeswax, dan racun lebah.

Berikut Defenisi dan khasiatnya :

*Royal jelly adalah cairan yang berasal dari perasan dua kelenjar makanan di kepala lebah, kedua kelenjar ini disebut dengan kelenjar royal jelly. Makanan lebah ratu sarat dengan senyawa kimia yang terdiri dari: 66% air, 12,5% Karbohidrat, 12% garam mineral, 3% zat lain yang belum diketahui jenisnya hingga saat sekarang. Royal Jelly ini kaya dengan vitamin dan hormon yang dapat mengaktifkan kelenjar prostat.
Di antara khasiat medis makanan ratu lebah (royal jelly): menyembuhkan tulang persendian, kanker darah dengan menurunkan tingkat kolesterol darah, menekan pengaruh bakteri, menjaga ginjal dari penyakit gula dan penyakit batu ginjal, mencegah penyumbatan sel-sel tubuh dan pembuluh nadi, mengobati penyakit jiwa, saraf, dan lemah syahwat, Menyembuhkan luka alat-alat pencernaan, mengaktifkan kinerja usus, mencegah kegemukan dan capek, mempercepat pertumbuhan anak, mengobati pelbagai penyakit wanita setelah melahirkan, mengencangkan kulit, menghilangkan keriput, meremajakan kulit, dan menjaga jantung dan otak dari stroke dan angina pektoris. (lihat: Abdullah Dabis al-Qarâfi, Mu’jizât as-Syifâ’ fi Muntajât an-Nahl min Tajârubihim, hlm. 35)

*Propolis adalah bahan seperti lilin yang dikumpulkan lebah pekerja dari pohon kapas atau sumber tumbuh-tumbuhan lainnya. Ia berguna mengecilkan lubang satuan rumah-rumah, menyusun bingkai dan atap rumah mereka, dan mencegah pembusukan hewan-hewan yang menyelinap masuk di satuan rumah-rumah mereka setelah terbunuh dengan sengatan. Propolis memiliki kemampuan meregenerasi dan menyembuhkan jaringan yang cedera.
Di antara khasiat medis propolis: obat bius lokal atau obat penenang, anti biotik yang dapat mengobati pelbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri-bakteri, mengobati penyakit cacar,gangguan persendian, rematik, kanker yang tidak terlalu parah, meremajakan sel-sel yang telah mati dan membusuk oleh bakteri (gangrene), menguatkan kekebalan tubuh, mengobati keracunan makanan, mengobati penyakit kolon dan penyakit-penyakit lain. (lihat: Hassan Syams Basya, wa fil Akbar Asrâr wa I’jâz, Muktamar Internasional ke delapan tentang Kemukjizatan Ilmiah dalam Al-Qur’an dan Sunnah, hlm. 214)

*Beeswax adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar beeswax yang terletak di bagian perut lebah, cairan ini langsung membeku jika telah bersentuhan dengan udara. Yang memproduksi cairan ini adalah para lebah pekerja, mereka memfungsikannya dalammembuat satuan-satuan rumah mereka yang berbentuk persegi enam. Setiap satuan rumah dibangun lebih dari 100 lebah pekerja.
Di antara khasiat medis beeswax: menjaga sistemtubuh, mengobati sakit dada, pembengkakan kulit, dan radang amandel, obat efektif terhadap luka bernanah dan pelbagai penyakit kulit,menghilangkan bau mulut dan penyakit-penyakit lain.Sekarang, beeswax telah menjadi bahan utama produk-produk kecantikan, salep, krem, alat pemutih, dan parfum. (lihat: Abdullah Dabis al-Qarâfi, Op. Cit, hlm. 48)

*Di antara penyakit yang dapat disembuhkan racun lebah: rematik, gangguan saraf, Sciatica,tekanan darah tinggi, dan migrain. Di samping itu, ia dapat menurunkan derajat panas, melebihi kemampuan obat penurun panas, seperti Aspirin atau asam asetilsalisilat (asetosal).
Komposisi senyawa kimia sengantan lebah:
1. asamformat, asamhydroklorida, dan histamine.
2. protein dengan kadar tinggi.
3. minyak volatil (volatile oil) dengan kadar tinggi, minyak ini yang menyebabkan rasa sakit dari sengatan lebah.
4. kalsium, tembaga, triptophan, dan belerang.
5. enzim phosphalipase A dan Hyaluronidase, kedua enzim ini menguatkan kekebalan tubuh.
6. fosfat magnesium 0.4%. (lihat: Ibid, hlm. 29)

2. Minuman tersebut keluar dari perut Lebah, Atau sari pati bunga itu dikunyah oleh lebah kemudian dimuntahkan menjadi madu

> Fakta membuktikan bahwa minuman tersebut keluar dari perut lebah atau ditampung dahulu didalam perut lebah di tempat penampungan khusus yaitu Honey sac dan bukannya langsung dimuntahkan kembali oleh lebah kemudian dimuntahkan menjadi madu
Sering terjadi kesalah pahaman di masyarakat seolah madu adalah kotoran lebah karena berasal dari perut lebah. Madu bukanlah kotoran lebah meskipun dalam prosesnya melalui perut lebah. Honey sac yang berada di perut lebah sebenarnya lebih merupakan tempat penyimpanan khusus untuk madu selama perjalanan lebah pekerja dari tempat pengambilan nectar sampai ke sarangnya. Selanjutnya nectar yang mayoritas berupa gula disakarida dalam bentuk sukrosa mengalami proses fisika dan kimia sekaligus selama perjalanannya di perut lebah dan dilanjutkan di sarang lebah.
Nectar yang diambil dari bunga-bunga tanaman mengandung gula dan kadar air yang tinggi (sekitar 60%), untuk menjadi madu kadar air ini harus diturunkan secara significant menjadi sekitar 20 % atau bahkan lebih rendah lagi. Proses fisika penurunan kadar air ini mulai terjadi pada saat lebah menjulurkan lidahnya (proboscis) untuk memindahkan Madu sedikit demi sedikit dari dalam perut madu (honey sac) ke sarang lebah. Didalam sarang lebah kadar air terus diturunkan lebih lanjut dengan laju penurunan yang lebih tinggi melalui putaran sayap-sayap lebah yang terus menerus mensirkulasikan hawa hangat ke seluruh ruangan dalamsarang lebah.
Proses kimia dari nectar menjadi Madu terjadi di dalam perut lebah ketika enzym invertase mengubah sukrosa (disakarida) menjadi glukosa dan fruktosa yang keduanya merupakan monosakarida.

Proses pemindahan Madu dari Honey sac ke sarang Lebah

Dalam ilmu biologi membedakan Tipe alat mulut untuk serangga, dan lebah termasuk

Tipe alat mulut mengunyah dan menghisap :

Tipe alat mulut ini diwakili oleh tipe alat mulut lebah madu Apis cerana (Hymenoptera, Apidae) merupakan tipe kombinasi yang struktur labrum dan mandibelnya serupa dengan tipe alat mulut menggigit mengunyah, tapi maksila dan labiumnya memanjang dan menyatu.

Glosa merupakan bagian dari labium yang berbentuk memanjang sedangkan ujungnya menyerupai lidah yang berbulu disebut flabelum yang dapat bergerak menyusup dan menarik untuk mencapai cairan nektar yang ada di dalam bunga.

dan fungsi lidah inilah yang digunakan oleh lebah untuk memindahkan madu dari honey sac ke sarang lebah yang dikenal dengan Proboscis, atau dengan kata lain :

PROBOSCIS : pemindahan Madu sedikit demi sedikit dari dalam perut madu (honey sac) ke sarang lebah.dengan cara menjulurkan lidah ke honey sac


edited by sayah
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

solved Re: An Nahl 69 MENGENAI MADU DAN KHASIATNYA

Post by frontline defender on Wed Dec 19, 2012 9:16 pm

Tipe alat mulut mengunyah dan menghisap :

Tipe alat mulut ini diwakili oleh tipe alat mulut lebah madu Apis cerana (Hymenoptera, Apidae) merupakan tipe kombinasi yang struktur labrum dan mandibelnya serupa dengan tipe alat mulut menggigit mengunyah, tapi maksila dan labiumnya memanjang dan menyatu.

Glosa merupakan bagian dari labium yang berbentuk memanjang sedangkan ujungnya menyerupai lidah yang berbulu disebut flabelum yang dapat bergerak menyusup dan menarik untuk mencapai cairan nektar yang ada di dalam bunga.

dan fungsi lidah inilah yang digunakan oleh lebah untuk memindahkan madu dari honey sac ke sarang lebah yang dikenal dengan Proboscis, atau dengan kata lain :

PROBOSCIS : pemindahan Madu sedikit demi sedikit dari dalam perut madu (honey sac) ke sarang lebah. dengan cara menjulurkan lidah ke honey sac
nice info 2 good
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik