FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Planet dan Matahari beredar pada Orbit-nya

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Planet dan Matahari beredar pada Orbit-nya

Post by Admin on Fri Aug 05, 2011 2:48 am

First topic message reminder :


Tatkala merujuk kepada matahari dan bulan di dalam Al Qur’an, ditegaskan bahwa masing-masing bergerak dalam orbit atau garis edar tertentu.

“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” (Al Qur’an, 21:33)

Disebutkan pula dalam ayat yang lain bahwa matahari tidaklah diam, tetapi bergerak dalam garis edar tertentu:

“Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (Al Qur’an, 36:38)

Fakta-fakta yang disampaikan dalam Al Qur’an ini telah ditemukan melalui pengamatan astronomis di zaman kita. Menurut perhitungan para ahli astronomi, matahari bergerak dengan kecepatan luar biasa yang mencapai 720 ribu km per jam ke arah bintang Vega dalam sebuah garis edar yang disebut Solar Apex. Ini berarti matahari bergerak sejauh kurang lebih 17.280.000 kilometer dalam sehari. Bersama matahari, semua planet dan satelit dalam sistem gravitasi matahari juga berjalan menempuh jarak ini. Selanjutnya, semua bintang di alam semesta berada dalam suatu gerakan serupa yang terencana.

Keseluruhan alam semesta yang dipenuhi oleh lintasan dan garis edar seperti ini, dinyatakan dalam Al Qur’an sebagai berikut:

Demi langit yang mempunyai jalan-jalan.” (Al Qur’an, 51:7)

Terdapat sekitar 200 milyar galaksi di alam semesta yang masing-masing terdiri dari hampir 200 bintang. Sebagian besar bintang-bintang ini mempunyai planet, dan sebagian besar planet-planet ini mempunyai bulan. Semua benda langit tersebut bergerak dalam garis peredaran yang diperhitungkan dengan sangat teliti. Selama jutaan tahun, masing-masing seolah “berenang” sepanjang garis edarnya dalam keserasian dan keteraturan yang sempurna bersama dengan yang lain. Selain itu, sejumlah komet juga bergerak bersama sepanjang garis edar yang ditetapkan baginya.

Garis edar di alam semesta tidak hanya dimiliki oleh benda-benda angkasa. Galaksi-galaksi pun berjalan pada kecepatan luar biasa dalam suatu garis peredaran yang terhitung dan terencana. Selama pergerakan ini, tak satupun dari benda-benda angkasa ini memotong lintasan yang lain, atau bertabrakan dengan lainnya. Bahkan, telah teramati bahwa sejumlah galaksi berpapasan satu sama lain tanpa satu pun dari bagian-bagiannya saling bersentuhan.

Dapat dipastikan bahwa pada saat Al Qur’an diturunkan, manusia tidak memiliki teleskop masa kini ataupun teknologi canggih untuk mengamati ruang angkasa berjarak jutaan kilometer, tidak pula pengetahuan fisika ataupun astronomi modern. Karenanya, saat itu tidaklah mungkin untuk mengatakan secara ilmiah bahwa ruang angkasa “dipenuhi lintasan dan garis edar” sebagaimana dinyatakan dalam ayat tersebut. Akan tetapi, hal ini dinyatakan secara terbuka kepada kita dalam Al Qur’an yang diturunkan pada saat itu: karena Al Qur’an adalah firman Allah.


DIKUTIP DARI :
http://www.keajaibanalquran.com/astronomy_orbits.html
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://www.laskarislam.com

Kembali Ke Atas Go down


Re: Planet dan Matahari beredar pada Orbit-nya

Post by hamba tuhan on Mon Jul 30, 2012 1:29 am

@aliumar wrote:
Gue lebih condong membahas ALquran
anda golongan inkarussunnah? senang

Abu Dzar Ra berkata bahwa pada suatu hari Nabi Muhammad Rasulullah Saw pernah bersabda: "Tahukah kalian ke manakah matahari ini pergi (terbenam)?" Mereka berkata: "Alloh dan Rasul-Nya-lah yang lebih mengetahui?" Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya matahari ini pergi beredar (terbenam) sehingga sampai ke tempat peredarannya di bawah ‘Arsy (singgasana Allah), lalu dia (matahari) bersujud. Dia (matahari) tetap selalu seperti itu sehingga dikatakan kepadanya: 'Hai matahari, bangunlah! Kembalilah seperti semula engkau datang (terbit)!’, maka dia pun kembali dan terbit dari tempat terbitnya, kemudian dia beredar sehingga sampai ke tempat peredarannya di bawah ‘Arsy, lalu dia bersujud.

nak aliumar... copas kesini dunk matan hadits asli beserta rawi2nya... tuh byk dlm kurungnya masih.... silahkan copas dunk.....
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Planet dan Matahari beredar pada Orbit-nya

Post by hamba tuhan on Mon Jul 30, 2012 1:43 am

@aliumar wrote:
BELIAU berada di bumi, yang seolah2 yang jalan adalah Mataharinya dari timur kebarat. Istilah ini adalah umum bagi semua manusia bahwa, "matahari terbit dari sebelah timur, dan tenggelam ke sebelah barat" -
Apakah pernyataan "matahari terbenam di laut berlumpur hitam"(Qs 18:86) juga merupakan pernyataan berdasarkan perspektif manusia?
Berarti Quran bukan dari sisi Allah dong, krn isinya berasal dari sisi perspektif manusia, yg tidak tepat.
Mereka akan bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Dzulqarnain. Katakanlah: "Aku akan bacakan kepadamu cerita tentangnya". Sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepadanya di (muka) bumi, dan Kami telah memberikan kepadanya jalan (untuk mencapai) segala sesuatu,
maka diapun menempuh suatu jalan. Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbenamnya matahari , dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan dia mendapati di situ segolongan umat. Kami berkata: "Hai Dzulqarnain,kamu boleh menyiksa atau boleh berbuat kebaikan terhadap mereka". (QS. 18:83-86)

mau gak kalo saya yg jelasin neh nak aliumar.... ini sungguh firman Allah yg cukup mantap loh.... membahas mslah kutub utara dan kutub selatan......
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Planet dan Matahari beredar pada Orbit-nya

Post by aliumar on Mon Jul 30, 2012 1:51 am

Kamu membahas SAINS berdasarkan Alquran atau Hadist? kalau Alquran sudah pasti Firman Allah tanpa ada sedikitpun tulisan tangan Nabi Muhamamd, sementara HADIST itu adalah sejarah yang di tulis oleh manusia, dan bisa saja salah. Alquran jelas sekali Firman Allah yang tidak pernah salah, dan sanggahanmu semua CUMA bermuara di hadist dan TIDAK SANGGUB MENYANGGAH ALQURAN. Jangan bangga dulu..
Kalau di quran dikatakan "matahari sepenggalahan NAIK", Apakah itu juga merupakan pernyataan berdasarkan perspektif manusia di bumi?
Berarti Quran bukan dari sisi Allah dong, krn isinya berasal dari sisi perspektif manusia (di bumi), yg tidak tepat, krn matahari sebenarnya tidak bergerak NAIK di langit bumi.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Planet dan Matahari beredar pada Orbit-nya

Post by Sombrero on Mon Jul 30, 2012 2:20 am

@aliumar wrote:
Kamu membahas SAINS berdasarkan Alquran atau Hadist? kalau Alquran sudah pasti Firman Allah tanpa ada sedikitpun tulisan tangan Nabi Muhamamd, sementara HADIST itu adalah sejarah yang di tulis oleh manusia, dan bisa saja salah. Alquran jelas sekali Firman Allah yang tidak pernah salah, dan sanggahanmu semua CUMA bermuara di hadist dan TIDAK SANGGUB MENYANGGAH ALQURAN. Jangan bangga dulu..
Kalau di quran dikatakan "matahari sepenggalahan NAIK", Apakah itu juga merupakan pernyataan berdasarkan perspektif manusia di bumi?
Berarti Quran bukan dari sisi Allah dong, krn isinya berasal dari sisi perspektif manusia (di bumi), yg tidak tepat, krn matahari sebenarnya tidak bergerak NAIK di langit bumi.
Nah, disini kamu harus mengkasifikasikan ayat2 dalam alquran, TIDAK BISA kamu mencomot ayat yang lain terus di oplos dan dibuat Hujjah KETIKA kita sedang membahas SAINS? ini pemaksaan namanya, gue nggak masalah di paksa juga, asal yang maksa masih punya naluri bukan hewani, hehehehe..... semisal ada ayat alquran mengatakan :

MATAHARI TERIBIT sebagaimana dalam surah :


Al kafi : 90 : "dia telah sampai ke tempat terbit matahari (sebelah timur) dia mendapati matahari
itu menyinari segolongan umat yang kami tidak menjadikan bagi mereka sesuatu yang melindunginya dari (cahaya) matahariitu,

Apakah kamu ingin MEMBANTAH dengan mengatakan alquran telah salah karena menulis. "Matahari terbit?"? karena menurut SAINS sesungguhnya matahari tidak bergerak apalagi TERBIT? karena susungguhnya yang bergerak adalah bumi, kaaaaan? kalau mau hujjah jangan pake cara pokrol yah? sama seperti hadist yang kamu sebutkan diatas, KAMU selalu mencari2 kalimat yang sebenarnya membahas NON SAINS terus di oplos...debat pokrol gue juga bisa cuy...



"mintak tolong bisa ndak? Beliin gue H20 yah, yang gelas kecil....." hahahaa..mentang2 anak professor, kagak kenal istilah air mineral, kenalnya istilah SAINS, trus...gue jamin, si emak2 yang jualan bakalan bengong.."jenis musik apaan tuh H20?"




Sombrero
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 16
Posts : 535
Location : JAKARTA
Join date : 06.07.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Planet dan Matahari beredar pada Orbit-nya

Post by aliumar on Mon Jul 30, 2012 4:16 pm

Apakah kamu ingin MEMBANTAH dengan mengatakan alquran telah salah karena menulis. "Matahari terbit?"? karena menurut SAINS sesungguhnya matahari tidak bergerak apalagi TERBIT? karena susungguhnya yang bergerak adalah bumi, kaaaaan? kalau mau hujjah jangan pake cara pokrol yah? sama seperti hadist yang kamu sebutkan diatas, KAMU selalu mencari2 kalimat yang sebenarnya membahas NON SAINS terus di oplos...debat pokrol gue juga bisa cuy...
TIDAK BISA kamu mencomot ayat yang lain terus di oplos dan dibuat Hujjah KETIKA kita sedang membahas SAINS
Berarti ajaran Islam (quran+hadist) tidak sesuai dgn fakta kebenaran sains dong senang

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Planet dan Matahari beredar pada Orbit-nya

Post by Sombrero on Mon Jul 30, 2012 4:39 pm

@aliumar wrote:
Apakah kamu ingin MEMBANTAH dengan mengatakan alquran telah salah karena menulis. "Matahari terbit?"? karena menurut SAINS sesungguhnya matahari tidak bergerak apalagi TERBIT? karena susungguhnya yang bergerak adalah bumi, kaaaaan? kalau mau hujjah jangan pake cara pokrol yah? sama seperti hadist yang kamu sebutkan diatas, KAMU selalu mencari2 kalimat yang sebenarnya membahas NON SAINS terus di oplos...debat pokrol gue juga bisa cuy...
TIDAK BISA kamu mencomot ayat yang lain terus di oplos dan dibuat Hujjah KETIKA kita sedang membahas SAINS
Berarti ajaran Islam (quran hadist) tidak sesuai dgn fakta kebenaran sains dong

Tolong bedakan antara Alquran dan Hadist, walau keduanya adalah Pusaka milik islam....Alquran dalah 100% Firman Allah, sebagaimana diskusi kita, ternyata kamu tidak bisa menyanggah kebenaran sains didalamnya dan sementara kamu memakai uji materi SAINS dari Hadist, dan hadist adalah sebuah sejarah, bisa saja sejaran salah, karena yang menulis adalah manusia.

BERBEDA BUKAN?

Kembali pada judul diatas, bahwa thema diskusi ini membahas tentang ALQURAN VS SAINS, bukan hadist yang dijadikan gacoan, bukan?

ISLAM TERBUKTI BENAR? (bagaimana dengan alkitab, dilain kesempatan gue mau diskusi ama kamu tentang :"Apa sih yang disumbangkan ALkitab untuk bidang sains?" )

berani???





Sombrero
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 16
Posts : 535
Location : JAKARTA
Join date : 06.07.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Planet dan Matahari beredar pada Orbit-nya

Post by hamba tuhan on Mon Jul 30, 2012 5:39 pm

@aliumar wrote:
Kamu membahas SAINS berdasarkan Alquran atau Hadist? kalau Alquran sudah pasti Firman Allah tanpa ada sedikitpun tulisan tangan Nabi Muhamamd, sementara HADIST itu adalah sejarah yang di tulis oleh manusia, dan bisa saja salah. Alquran jelas sekali Firman Allah yang tidak pernah salah, dan sanggahanmu semua CUMA bermuara di hadist dan TIDAK SANGGUB MENYANGGAH ALQURAN. Jangan bangga dulu..
Kalau di quran dikatakan "matahari sepenggalahan NAIK", Apakah itu juga merupakan pernyataan berdasarkan perspektif manusia di bumi?
Berarti Quran bukan dari sisi Allah dong, krn isinya berasal dari sisi perspektif manusia (di bumi), yg tidak tepat, krn matahari sebenarnya tidak bergerak NAIK di langit bumi.
Waktu Matahari Naik Sepenggalah... disinilah kita gunakan otak yg mateng buat telaah apa maksud dari Matahari Naik Sepenggalah, apa sebab Matahari Naik Sepenggalah dalam pandangan manusia..... makanya kita manusia hrs bisa mencari jawabannya dgn memakai otak......
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Planet dan Matahari beredar pada Orbit-nya

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik