FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Yesus bunuh diri???

Halaman 3 dari 14 Previous  1, 2, 3, 4 ... 8 ... 14  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Yesus bunuh diri???

Post by isaku on Fri Dec 21, 2012 4:41 pm

First topic message reminder :

Mau bertanya tentang konsep kristen, barangkali ada yg mau menjelaskan..

Yesus didefinisikan sebagai Tuhan sekaligus manusia.
sebagai Tuhan tentu saja mempunyai kuasa, kekuatan.
tapi Yesus membiarkan dirinya dibunuh.

Dengan keyakinan bahwa yesus punya kuasa, apakah yesus bisa disebut bunuh diri?

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down


Re: Yesus bunuh diri???

Post by Cak Yadi on Sat Feb 09, 2013 9:01 am

@Bung Jaka Taurat sudah dibatalkan. Batal artinya sudah diganti dengan yang lain.
Mat 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, SEBELUM SEMUANYA TERJADI
Luk 16:16 Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.
avatar
Cak Yadi
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 111
Kepercayaan : Katolik
Location : Solo
Join date : 06.02.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by isaku on Mon Feb 11, 2013 12:33 pm

@ cak Yadi
1. Darimana anda tahu kalau terjadi itu artinya kematian yesus? Menurut saya, terjadi itu maksudnya justru lenyapnya langit dan bumi. Ayat ini malah meruntuhkan argumen anda sendiri.
2. Pada ayat Luk, mengapa yohanes yg dijadikan sandaran berlaku tidaknya taurat?
3. Apa maksudnya setiap orang menggagahinya?

Menarik melihat perbedaan pandangan tentang taurat antara cak yadi dan mas JJG. Semoga Beliau berdua berbaik hati menjelaskan apakah pandangan tersebut adalah mainstream dalam katolik dan prostestan atau hanya pandangan pribadi masing2.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by Cak Yadi on Mon Feb 11, 2013 2:00 pm

@isaku wrote:@ cak Yadi
1. Darimana anda tahu kalau terjadi itu artinya kematian yesus? Menurut saya, terjadi itu maksudnya justru lenyapnya langit dan bumi. Ayat ini malah meruntuhkan argumen anda sendiri.
2. Pada ayat Luk, mengapa yohanes yg dijadikan sandaran berlaku tidaknya taurat?
3. Apa maksudnya setiap orang menggagahinya?

Menarik melihat perbedaan pandangan tentang taurat antara cak yadi dan mas JJG. Semoga Beliau berdua berbaik hati menjelaskan apakah pandangan tersebut adalah mainstream dalam katolik dan prostestan atau hanya pandangan pribadi masing2.
1. Kematian dan kebangkitan Yesus adalah nubuat para nabi yang ada dalam hukum Taurat yang belum tergenapi. Oleh karena itu Yesus datang untuk menggenapi hukum Taurat tersebut.
2. Yohanes adalah orang yang seusia dengan Yesus jadi masa berlaku Taurat ya sampai masa kehidupan Yesus
3. Menggagahinya bermakna berjuang/berebut.
Pandangan orang Kristen (termasuk katolik) kematian Yesus membatalkan hukum Taurat. Batal bermakna bahwa untuk menjadi anak-anak Allah tidak harus menjadi orang/bangsa/pengikut Yahudi.
avatar
Cak Yadi
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 111
Kepercayaan : Katolik
Location : Solo
Join date : 06.02.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by isaku on Tue Feb 12, 2013 3:15 pm

@atas
1. Makna terjadi yg anda jelaskan, karangan sendiri apa gimana?

Matius 5:17-18 " Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.""

Matius 5:17-19 "Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga."

Yesus memulainya dengan menyatakan dua buah fakta:

1. Jika anda berpikir ada bagian dari Taurat yang dibatalkan, maka anda salah (Matius 5:17-19)

2. Jika anda tidak mengerjakan Taurat dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, maka anda tidak akan memperoleh tempat di Kerajaan-Nya. (Matius 5:19-20)

Perhatikan kalimat pertama yang digunakan oleh Yesus adalah "JANGANLAH KAMU MENYANGKA". Yesus mengetahui sejak awal bahwa banyak pengikutnya akan berpikir bahwa Ia hendak mengakhiri hukum Taurat. Dan itu dikatakan-Nya tidak benar.

Terjadi = lenyapnya langit dan bumi

2. Mengapa Yohanes yang menjadi sandaran tidak berlakunya Taurat, masa alasan seumuran yesus. Mengapa bukan yesus yang menjadi patokan?

Batal bermakna bahwa untuk menjadi anak-anak Allah tidak harus menjadi orang/bangsa/pengikut Yahudi.
penafsiran sendiri ya... tanpa dasar....

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by Cak Yadi on Tue Apr 02, 2013 11:21 am

Hukum Taurat sudah batal sebagai pegangan satu-satunya pengikut Yesus setelah kematian Yesus.
Ef 2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,
avatar
Cak Yadi
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 111
Kepercayaan : Katolik
Location : Solo
Join date : 06.02.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by isaku on Wed Apr 03, 2013 9:20 am

@atas
ya.. Paulus, yang dari Yesus g ada Cak?

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 03, 2013 1:20 pm

@isaku wrote:@atas
ya.. Paulus, yang dari Yesus g ada Cak?

ADA

Yohanes 14:6
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by Cak Yadi on Thu Apr 04, 2013 12:40 pm

@isaku wrote:@atas
ya.. Paulus, yang dari Yesus g ada Cak?
Hukum Taurat yang semula rinci direformasi/dibatalkan oleh Yesus dengan Hukum Cinta Kasih yang menjiwai Hukum Taurat
Mateus 22:36-40
36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."
avatar
Cak Yadi
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 111
Kepercayaan : Katolik
Location : Solo
Join date : 06.02.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by isaku on Thu Apr 04, 2013 3:47 pm

@ Cak Yadi
yang Anda bawa malah menguatkan Taurat
36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by Cak Yadi on Fri Apr 05, 2013 9:30 am

@isaku wrote:@ Cak Yadi
yang Anda bawa malah menguatkan Taurat
36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
Dua Hukum Cinta Kasih memang ada di Hukum Taurat.
Jadi membatalkan Hukum Taurat adalah membatalkan Hukum Taurat yang detail menjadi Hukum Taurat yang umum yaitu Hukum Cinta Kasih. Jadi detail 2 Hukum Cinta Kasih diserahkan kepada masing-masing personal.
avatar
Cak Yadi
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 111
Kepercayaan : Katolik
Location : Solo
Join date : 06.02.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by isaku on Mon Apr 15, 2013 12:38 pm

@Cak Yadi wrote:
@isaku wrote:@ Cak Yadi
yang Anda bawa malah menguatkan Taurat
36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
Dua Hukum Cinta Kasih memang ada di Hukum Taurat.
Jadi membatalkan Hukum Taurat adalah membatalkan Hukum Taurat yang detail menjadi Hukum Taurat yang umum yaitu Hukum Cinta Kasih. Jadi detail 2 Hukum Cinta Kasih diserahkan kepada masing-masing personal.
tidak ada kata membatalkan disitu. ini adalah kesalahan fatal kristen menjelaskan ajaran Yesus

ditambah

Matius 5:17-18 " Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.""

Matius 5:17-19 "Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga."


maka menurut Yesus, yang disebut hukum kasih itu ada di dalam Taurat, menjalankannya adalah utama tapi tidak membatalkan yang lainnya.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by aco.setang on Tue Apr 16, 2013 1:01 am

walah...
dari jaman batu hitam berjoget, ampe hari ini...
masih berkutat di Hukum Taurat....?
Sukar No, memahami bahasa indonesia dalam ALKITAB
avatar
aco.setang
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 189
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 17.02.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by abu hanan on Thu Jul 25, 2013 1:32 am

dari sikap dan perkataan sih tampaknya emang ada unsur bunuh diri..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by SEGOROWEDI on Thu Jul 25, 2013 8:49 am

kalau bunuh diri..
gak perlu ditangkap dan diadili segala
kalau otaknya pada jalan..
GIMANA CARANYA BUNUH DIRI SECARA SALIB?
basi 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by alex77 on Thu Jul 25, 2013 9:15 am

to : TS & netter muslim..

apa anda bisa membedakan antara Pengorbanan dan Bunuh diri..?






alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by abu hanan on Thu Jul 25, 2013 2:01 pm

yesus membunuh diri untuk memenuhi/menyempurnakan nubuat sebelumnyah..ada unsur sengaja untuk mati..masalah pengorbanan kan bukan yesus sendiri yang omong..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by abu hanan on Thu Jul 25, 2013 2:02 pm

@abu hanan wrote:yesus membunuh diri untuk memenuhi/menyempurnakan nubuat sebelumnyah..ada unsur sengaja untuk mati..masalah pengorbanan kan bukan yesus sendiri yang omong..
"Untuk alasan ini Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali Tidak ada yang mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri."


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by alex77 on Thu Jul 25, 2013 2:13 pm

@abu hanan wrote:yesus membunuh diri untuk memenuhi/menyempurnakan nubuat sebelumnyah..ada unsur sengaja untuk mati..masalah pengorbanan kan bukan yesus sendiri yang omong..

menurut pak abu, seperti apa orang yang bunuh diri itu..?

itulah yang di emban Yesus ke dunia ini... menggenapi nubuat sebelumnya..
artinya Yesus berkorban untuk menggenapi nubuat tersebut..

Mrk. 10:33 kata-Nya: "Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati. Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah

saya ambil contoh tentang pemadam kebakaran..
Tugasnya adalah sebagai pemadam kebakaran dia sdh tau resiko apa yang akan di hadapinya
ketika terjadi kebakaran, dia menjalankan tugasnya, lalu meninggal krn tugas..
apa anda juga mau bilang Pemadam kebakaran itu bunuh diri..?

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by alex77 on Thu Jul 25, 2013 2:15 pm

@abu hanan wrote:
@abu hanan wrote:yesus membunuh diri untuk memenuhi/menyempurnakan nubuat sebelumnyah..ada unsur sengaja untuk mati..masalah pengorbanan kan bukan yesus sendiri yang omong..
"Untuk alasan ini Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali Tidak ada yang mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri."

itulah namanya pengorbanan yang tulus...

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by dhans on Thu Jul 25, 2013 3:18 pm

@alex77 wrote:
@abu hanan wrote:
@abu hanan wrote:yesus membunuh diri untuk memenuhi/menyempurnakan nubuat sebelumnyah..ada unsur sengaja untuk mati..masalah pengorbanan kan bukan yesus sendiri yang omong..
"Untuk alasan ini Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali Tidak ada yang mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri."

itulah namanya pengorbanan yang tulus...

pengorbanan tulus opo..?? wong kalian bilang yesus ga mati ko..trus terbang ke angkasa...
lah wong katanya yesus tuhan, mana bisa menderita penyiksaan, dan mati,...
akting dibilang tulus...


dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by abu hanan on Thu Jul 25, 2013 3:35 pm

@alex77 wrote:
@abu hanan wrote:yesus membunuh diri untuk memenuhi/menyempurnakan nubuat sebelumnyah..ada unsur sengaja untuk mati..masalah pengorbanan kan bukan yesus sendiri yang omong..

menurut pak abu, seperti apa orang yang bunuh diri itu..?

itulah yang di emban Yesus ke dunia ini... menggenapi nubuat sebelumnya..
artinya Yesus berkorban untuk menggenapi nubuat tersebut..

Mrk. 10:33 kata-Nya: "Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati. Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah

saya ambil contoh tentang pemadam kebakaran..
Tugasnya adalah sebagai pemadam kebakaran dia sdh tau resiko apa yang akan di hadapinya
ketika terjadi kebakaran, dia menjalankan tugasnya, lalu meninggal krn tugas..
apa anda juga mau bilang Pemadam kebakaran itu bunuh diri..?
petugas tau resiko dan yesus tau pasti (uda gak ada "kemungkinan") kalow dia bakal dihukum mati..

sayah tau jika sayah minum cairan A maka PASTI mati..
sayah tau jika sayah minum cairan A maka BERESIKO mati..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by SEGOROWEDI on Thu Jul 25, 2013 3:36 pm

@abu hanan wrote:yesus membunuh diri untuk memenuhi/menyempurnakan nubuat sebelumnyah..ada unsur sengaja untuk mati..masalah pengorbanan kan bukan yesus sendiri yang omong..

bunuh diri secara salib, ajarin dong bu!
basi 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by abu hanan on Thu Jul 25, 2013 4:10 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@abu hanan wrote:yesus membunuh diri untuk memenuhi/menyempurnakan nubuat sebelumnyah..ada unsur sengaja untuk mati..masalah pengorbanan kan bukan yesus sendiri yang omong..

bunuh diri secara salib, ajarin dong bu!
basi 
dipantek tuh kan teknis ajah toh..intinyah kan rela mati bunuh diri..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by SEGOROWEDI on Thu Jul 25, 2013 8:13 pm


mantek diri di kayu salib itu teknisnya gimana, bu?
ajarin..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by isaku on Thu Jul 25, 2013 9:08 pm

@abu hanan wrote:dari sikap dan perkataan sih tampaknya emang ada unsur bunuh diri..
jadi rame lagi piss 
wak abu wrote:"Untuk alasan ini Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali Tidak ada yang mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri."
betul... sebuah pengakuan bunuh diri, kok bisa ya???

alex wrote:to : TS & netter muslim..

apa anda bisa membedakan antara Pengorbanan dan Bunuh diri..?
tentu bisa, makanya kita uji, sejauh ini indikasi lebih mengarah ke bunuh diri.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yesus bunuh diri???

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 14 Previous  1, 2, 3, 4 ... 8 ... 14  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik