FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Halaman 1 dari 14 1, 2, 3 ... 7 ... 14  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by frontline defender on Sat Dec 29, 2012 12:30 pm

http://agama.kompasiana.com/2011/01/30/adam-adam-by-ibnu-arabi/

aku berjalan mengelilingi ka’bah bersama-sama kelompok manusia yang wajah-wajahnya tidak aku kenali

mereka berkali-kali mengucapkan 2 baris syair

baris satu tentang yang kuingat sedangkan baris yang lain ialah yang kulupakan

satu syair yang kuingat ialah demikian, “bertahun-tahun kami berputar-putar, seperti kalian berputar, mengelilingi rumah (ka’bah) ini, kita semua, masing-masing dari kita….”

seorang dari mereka berbicara kepadaku, menyebut dirinya dengan nama-nama yang aku sendiri tidak mengenalnya.

dia berkata, ”aku adalah salah seorang dari nenek moyangmu”

aku bertanya kepadanya, “telah berapa lama anda meninggal?”

dia menjawab, ”empat puluh ribu tahun dan sekian tahun.”

aku bertanya kepadanya, ”Adam sendiri tidak hidup selama itu”

dia menjawab, ”Adam mana yang anda bicarakan? apakah anda berbicara tentang orang terdekat anda atau tentang orang lain?"

kemudian aku kutip kembali hadits Nabi SAW bersabda, ”Tuhan menciptakan seratus ribu Adam. Nenek moyang itu kepada siapa aku kembali boleh jadi hanya salah satu dari mereka”

avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by frontline defender on Sat Dec 29, 2012 12:34 pm

QS. 2:30. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Sat May 24, 2014 12:22 am

Saya ingin membaca komentar dari muslimin yang lain tentang hadits tersebut.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Sat May 24, 2014 8:04 am


bikin adam yang 1 itu dulu aja dah..
jelasin gimana?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Sat May 24, 2014 1:00 pm

@SEGOROWEDI wrote:
bikin adam yang 1 itu dulu aja dah..
jelasin gimana?

Udah ada thread tersendiri tuh.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Sat May 24, 2014 1:07 pm


ini bicara proesnya..
bukan adam manusia pertama/kalifah pertama atau bukan
silakan!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Sat May 24, 2014 1:15 pm

@SEGOROWEDI wrote:
ini bicara proesnya..
bukan adam manusia pertama/kalifah pertama atau bukan
silakan!

Untuk Adam zaman ini, maka prosesnya dijelaskan dalam An-Nur 24:55/56.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Sat May 24, 2014 1:19 pm


yang ditanya adam 1

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Sat May 24, 2014 5:37 pm

@SEGOROWEDI wrote:
yang ditanya adam 1

Adam 1 bukan manusia 1, tapi Khalifah 1, udah ada thread tersendiri.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Sat May 24, 2014 10:58 pm

@Kedunghalang wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
yang ditanya adam 1

Adam 1 bukan manusia 1, tapi Khalifah 1, udah ada thread tersendiri.

iyaaa..
gimana adam 1 diciptakan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Sat May 24, 2014 11:04 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
yang ditanya adam 1

Adam 1 bukan manusia 1, tapi Khalifah 1, udah ada thread tersendiri.

iyaaa..
gimana adam 1 diciptakan?

Bahas di thread sebelah saja yaaaah.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Sat May 24, 2014 11:19 pm


di sebelah kan soal manusia/kalifah pertama atau bukan
disini mbahas bagaimana adam 1 diciptakan
terlepas manusia/kalifah pertama atau bukan
silakan!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Sat May 24, 2014 11:29 pm

@SEGOROWEDI wrote:
di sebelah kan soal manusia/kalifah pertama atau bukan
disini mbahas bagaimana adam 1 diciptakan
terlepas manusia/kalifah pertama atau bukan
silakan!

Udah di sana aja.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Sat May 24, 2014 11:33 pm


disini kan disebut ada 1000 adam
saya tanya: bagaimana adam 1 diciptakan?
saya tidak membahas adam 1 manusia/kalifah pertama atau bukan
kenapa maksa OOT ke sana?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Sat May 24, 2014 11:41 pm

@SEGOROWEDI wrote:
disini kan disebut ada 1000 adam
saya tanya: bagaimana adam 1 diciptakan?
saya tidak membahas adam 1 manusia/kalifah pertama atau bukan
kenapa maksa OOT ke sana?

Judulnya: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Sun May 25, 2014 8:23 am


lha iyaa..
menurut Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi
bagaimana adam 1 diciptakan!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Sun May 25, 2014 11:56 am

@SEGOROWEDI wrote:
lha iyaa..
menurut Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi
bagaimana adam 1 diciptakan!

Hadits itu tidak menceritakan penciptaan Adam 1. Sudah, jangan maksa, pindah aja ke thread sebelah.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Sun May 25, 2014 3:07 pm


disana gak dijawab, disini gak dijawab
nyungsep

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Sun May 25, 2014 9:56 pm

@SEGOROWEDI wrote:
disana gak dijawab, disini gak dijawab
nyungsep

Yang dibahas di sini haditsnya saja.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Mon May 26, 2014 4:58 pm


hadis adam 1 diciptakan kek apa??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Mon May 26, 2014 5:08 pm

@SEGOROWEDI wrote:
hadis adam 1 diciptakan kek apa??

Haditsnya shahih apa kagak? Itu yang dibahas di sini.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Mon May 26, 2014 5:31 pm


menurut hadis sahih..
gimana adam 1 diciptakan??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Mon May 26, 2014 6:03 pm

@SEGOROWEDI wrote:
menurut hadis sahih..
gimana adam 1 diciptakan??

Tidak dibahas di sini.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Mon May 26, 2014 6:09 pm



kenapa tidak?
terkait dengan ini...
@frontline defender wrote:
dia menjawab, Adam mana yang anda bicarakan? apakah anda berbicara tentang orang terdekat anda atau tentang orang lain?"

kemudian aku kutip kembali hadits Nabi SAW bersabda, Tuhan menciptakan seratus ribu Adam. Nenek moyang itu kepada siapa aku kembali boleh jadi hanya salah satu dari mereka”

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Mon May 26, 2014 6:11 pm



dan terkait dengan ini:
@frontline defender wrote:QS. 2:30. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".

itu adam ke berapa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 14 1, 2, 3 ... 7 ... 14  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik