FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Halaman 5 dari 14 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 9 ... 14  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by frontline defender on Sat Dec 29, 2012 12:30 pm

First topic message reminder :

http://agama.kompasiana.com/2011/01/30/adam-adam-by-ibnu-arabi/

aku berjalan mengelilingi ka’bah bersama-sama kelompok manusia yang wajah-wajahnya tidak aku kenali

mereka berkali-kali mengucapkan 2 baris syair

baris satu tentang yang kuingat sedangkan baris yang lain ialah yang kulupakan

satu syair yang kuingat ialah demikian, “bertahun-tahun kami berputar-putar, seperti kalian berputar, mengelilingi rumah (ka’bah) ini, kita semua, masing-masing dari kita….”

seorang dari mereka berbicara kepadaku, menyebut dirinya dengan nama-nama yang aku sendiri tidak mengenalnya.

dia berkata, ”aku adalah salah seorang dari nenek moyangmu”

aku bertanya kepadanya, “telah berapa lama anda meninggal?”

dia menjawab, ”empat puluh ribu tahun dan sekian tahun.”

aku bertanya kepadanya, ”Adam sendiri tidak hidup selama itu”

dia menjawab, ”Adam mana yang anda bicarakan? apakah anda berbicara tentang orang terdekat anda atau tentang orang lain?"

kemudian aku kutip kembali hadits Nabi SAW bersabda, ”Tuhan menciptakan seratus ribu Adam. Nenek moyang itu kepada siapa aku kembali boleh jadi hanya salah satu dari mereka”

avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down


Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Tue Jun 03, 2014 9:44 am

@abu hanan wrote:es mosi anda bilang?
kalow anda cermati mr kedung,3 point dari anda uda terwakili di
tetapi hadits ribuan adam tuh gimana situasi perawi dan sanad?
lantas anda berkata "mungkin allah ingin gak ada orang rewel bla bla"..
apakah pantas statement anda untuk pertanyaan sayah tentang perawi dan matan?

Pantas saja wan Abu, karena anda kan percaya sama Ibnu 'Arabi, seorang Sufi besar dan Khaatamal Aulia pada zamannya, karena yang beliau alami pada hakikatnya adalah firman Allah. Tetapi, jika anda tidak percaya kepada Ibnu 'Arabi, maka anda boleh rewel menanyakan perawi, sanad dan matan hadits itu dengan cara melakukan investigasi terhadap kebenaran hadits itu. Jadi, ada dua cara untuk memahaminya:
1. Percaya/Beriman kepada firman Allah yang Dia wahyukan kepada Ibnu 'Arabi
2. Lakukan investigasi terhadap hadits itu dengan melihat perawi, sanad dan matannya.
Kedua hal itu bukan KESIMPULAN EMOSIONAL.

KESIMPULAN EMOSIONAL adalah kesimpulan yang mengandung vonis terhadap pihak lain, contohnya:
1. Anda mendustakan hadits
2. Anda tidak berhak menggunakan hadits sebagai argumentasi
3. Anda mendustakan ayat-ayat Allah
4. Anda kafir, sesat dan menyesatkan dan lain sebagainyah.

Tidak jarang KESIMPULAN EMOSIONAL ini mengakibatkan PERTUMPAHAN DARAH. Jadi sebaiknya dihindari, karena Allah Ar-Rahman-ar-Rahiim memberi wewenang kepada umat Islam yang beriman dan beramal shaleh hanya untuk saling menasihati tentang KEBENARAN, dengan SABAR dan KASIH SAYANG (As-Asr) atau BIJAKSANA (An-Nahl 16:125/126)

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 03, 2014 1:48 pm


terjemahan ini salah ya DUNG?
]2:35] Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini37. yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.


kecuali kamu punya bukti di bumi juga ada surga..


Terakhir diubah oleh SEGOROWEDI tanggal Sat Jun 07, 2014 8:06 am, total 1 kali diubah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Tue Jun 03, 2014 2:08 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
trus ini gimana..

]2:35] Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini37. yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.

Di Al Baqarah 2:30/31 Adam dijadikan Khalifah di bumi, di 2/35/36 Adam dan istrinya diperintah untuk tinggal di Jannah/Taman, suatu tempat di bumi juga.

kok ngomong gini:'
Adam as dijadikan Allah sebagai Khalifah di bumi, bukan di surga.
kan surga di bumi juga..

Adam as dijadikan Allah sebagai Khalifah di bumi, bukan di surga yang di akhirat.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 03, 2014 3:58 pm


ada 2 surga:
surga di bumi dan surga di akhirat
referensinya mana?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Tue Jun 03, 2014 4:20 pm

@SEGOROWEDI wrote:
ada 2 surga:
surga di bumi dan surga di akhirat
referensinya mana?

Lihat lagi komentar sebelumnya.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 03, 2014 4:23 pm



]2:35] Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini37. yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.


gak ada disebut surga di bumi..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Tue Jun 03, 2014 4:55 pm

Baca lagi Al Baqarah 2:30/31

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by abu hanan on Tue Jun 03, 2014 6:09 pm

mr kedung..
sayah tidak katakan percaya atow mendustai ibnu arabi..tetapi hadits ibnu arabi yang sayah tanyakan..
ketika riwayat dan matan tidak diketahui,dan ibnu arabi tidak diketahui juga apakah benar berkata seperti itu atow orang lain bicara pake nama ibnu arabi maka tak sepatutnyah anda berkata : allah tidak menghendaki kerewelan..

dan berdasarkan frase kata "rotqon" maka sementara ini sayah berkesimpulan bahwa hadits itu false..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Tue Jun 03, 2014 7:26 pm

@abu hanan wrote:mr kedung..
sayah tidak katakan percaya atow mendustai ibnu arabi..tetapi hadits ibnu arabi yang sayah tanyakan..
ketika riwayat dan matan tidak diketahui,dan ibnu arabi tidak diketahui juga apakah benar berkata seperti itu atow orang lain bicara pake nama ibnu arabi maka tak sepatutnyah anda berkata : allah tidak menghendaki kerewelan..

dan berdasarkan frase kata "rotqon" maka sementara ini sayah berkesimpulan bahwa hadits itu false..

Jadi, anda menyimpulkan bahwa hadits ini FALSE dengan pertimbangan BELUM diketahui perawi, sanad dan matannya.

Sementara, saya menyimpulkan bahwa hadits ini TRUE dengan pertimbangan bahwa hadits ini SUDAH didukung oleh firman Allah berupa kasysyaf/ru'ya kepada Ibnu 'Arabi, seorang Sufi besar dan Khaatamal Aulia pada zamannya.

Menurut Rasulullah saw: "Ikhtilaafi ummati rahmah", maka kita serahkan kedua kesimpulan ini kepada Allah dan Rasul-Nya (An-Nisa 4:59/60)

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by abu hanan on Wed Jun 04, 2014 6:13 am

anggap ajah hadits ini benar..
gimana anda menjelaskan proses penciptan dan kiamatnyah juga?
silahkeun..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Wed Jun 04, 2014 11:52 am

@abu hanan wrote:anggap ajah hadits ini benar..
gimana anda menjelaskan proses penciptan dan kiamatnyah juga?
silahkeun..

Proses penciptaan siapa?
Kiamat yang mana?

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by abu hanan on Wed Jun 04, 2014 11:57 am

lha gimana sih?
setiap hadits penciptaan setidaknya ada penjelasan logis tentang proses..kalow ada 100 ribu adam maka gimana awal dan akhir dari setiap satu adam?
gimana alam semesta atow kehidupan di bumi untuk tiap satu adam?..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Wed Jun 04, 2014 12:14 pm

@abu hanan wrote:lha gimana sih?
setiap hadits penciptaan setidaknya ada penjelasan logis tentang proses..kalow ada 100 ribu adam maka gimana awal dan akhir dari setiap satu adam?
gimana alam semesta atow kehidupan di bumi untuk tiap satu adam?..

Proses penciptaan siapa? Penciptaan Adam sebagai manusia, atau ketika Allah menjadikan Adam sebagai Khalifah-Nya di bumi?
Kiamat yang mana? Kiamat yang berarti Kebangkitan atau yang berarti Kehancuran Alam Semesta?

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by abu hanan on Wed Jun 04, 2014 12:35 pm

piye toh iki?
ada 100 rb adam diciptakan..
itu bermakna apa bagimu wahai tuan kedung al jabari (JAwa BArat Indonesa)???


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Wed Jun 04, 2014 12:47 pm

@abu hanan wrote:piye toh iki?
ada 100 rb adam diciptakan..
itu bermakna apa bagimu wahai tuan kedung al jabari (JAwa BArat Indonesa)???

Bahasa Al Qur'an:
Allah menciptakan manusia / Adam / Abu Hanan / Kedunghalang / SEGO dlsb.
Allah menjadikan seorang Khalifah di bumi

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 04, 2014 1:14 pm

@Kedunghalang wrote:Baca lagi Al Baqarah 2:30/31

itu kan penugasannya..
referensi dari mana ada 2 surga: di umi dan di akhirat?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Wed Jun 04, 2014 4:29 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:Baca lagi Al Baqarah 2:30/31

itu kan penugasannya..
referensi dari mana ada 2 surga: di umi dan di akhirat?

- Adam dijadikan Allah sebagai Khalifah-Nya di bumi (Al Baqarah 2:30/31), lalu disuruh tinggal di suatu tempat di bumi yang disebut Jannah/Taman (Al Baqarah 2:35/36). Setelah tergelincir karena godaan syetan, kemudian Adam disuruh ke luar dari Jannah/Taman, tetapi tetap masih di bumi  (Al Baqarah 2:36/37). Menurut Al Qur'an, orang yang sudah wafat dan sudah berada di dalam sorga, maka dia tidak akan dikeluarkan darinya (Al Hijr 15:48/49).

- Yunus 10:64/65 & Ham Mim As Sajdah 41:30/31-31/32.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 05, 2014 9:13 am

@Kedunghalang wrote:
- Adam dijadikan Allah sebagai Khalifah-Nya di bumi (Al Baqarah 2:30/31), lalu disuruh tinggal di suatu tempat di bumi yang disebut Jannah/Taman (Al Baqarah 2:35/36). Setelah tergelincir karena godaan syetan, kemudian Adam disuruh ke luar dari Jannah/Taman, tetapi tetap masih di bumi  (Al Baqarah 2:36/37).

tahu dari mana kalau jannah di bumi??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Thu Jun 05, 2014 9:22 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:
- Adam dijadikan Allah sebagai Khalifah-Nya di bumi (Al Baqarah 2:30/31), lalu disuruh tinggal di suatu tempat di bumi yang disebut Jannah/Taman (Al Baqarah 2:35/36). Setelah tergelincir karena godaan syetan, kemudian Adam disuruh ke luar dari Jannah/Taman, tetapi tetap masih di bumi  (Al Baqarah 2:36/37).

tahu dari mana kalau jannah di bumi??

Al Baqarah 2:30/31

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 05, 2014 9:40 am


itu kan lokasi penugasannya...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Thu Jun 05, 2014 9:46 am

@SEGOROWEDI wrote:
itu kan lokasi penugasannya...
,

Setelah ditugasi sebagai Khalifah (Al Baqarah 2:30/31), lalu disuruh tinggal di jannah/taman (Al Baqarah 2:35/36), kedua-duanya di bumi.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 05, 2014 9:55 am

@Kedunghalang wrote:Setelah ditugasi sebagai Khalifah (Al Baqarah 2:30/31), lalu disuruh tinggal di jannah/taman (Al Baqarah 2:35/36), kedua-duanya di bumi.

[2:35] Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini37. yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.


tidak membuktikan jannah/taman itu di bumi..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Thu Jun 05, 2014 10:04 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:Setelah ditugasi sebagai Khalifah (Al Baqarah 2:30/31), lalu disuruh tinggal di jannah/taman (Al Baqarah 2:35/36), kedua-duanya di bumi.

[2:35] Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini37. yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.


tidak membuktikan jannah/taman itu di bumi..

Ditegaskan lagi oleh ayat lain, Al 'Araf 7:24/25 bahwa manusia hidup dan mati hanya di bumi.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 05, 2014 10:21 am


itu kan setelah adam diturunkan ke bumi..
maka anak-cucunya (termasuk adam sendiri) hidup dan matinya di bumi
TIDAK ADA BUKTI JANNAH/TAMAN ITU DI BUMI
di ayat tersebut juga tidak di tulis SURGA DI BUMI
tafsiran-mu aneh..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Kedunghalang on Thu Jun 05, 2014 10:28 am

@SEGOROWEDI wrote:
itu kan setelah adam diturunkan ke bumi..
maka anak-cucunya (termasuk adam sendiri) hidup dan matinya di bumi
TIDAK ADA BUKTI JANNAH/TAMAN ITU DI BUMI
di ayat tersebut juga tidak di tulis SURGA DI BUMI
tafsiran-mu aneh..

Tidak ada Adam diturunkan ke bumi, karena Adam diutus (dijadikan Khalifah) Allah di bumi.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hadits 100.000 Adam dari Ibnu Arabi

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 14 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 9 ... 14  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik