FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Halaman 9 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by abu hanan on Thu Jan 03, 2013 11:35 pm

First topic message reminder :

Sayah banyak baca dan terlibat langsung...bahwa kristen adalah agama anti kekerasan.betulkah?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down


Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 04, 2013 1:06 pm


mosok nabi penakut?
sudah nyiapain 2 pedang gak berani melawan
padahal ditangkap untuk dihukum mati secara salib

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by abu hanan on Wed Dec 04, 2013 1:13 pm

@jaya wrote:
@abu hanan wrote:aku datang tidak untuk membawa damai melainkan pedang...

gimana tafsirnyah?

Sebelum anda dan saya sampai pada tafsiran, anda saya minta membuktikan secara archeologis/historis bahwa Yesus pernah memiliki pedang (dlm arti hurufiah:Pedang adalah sejenis senjata tajam yang memiliki bilah panjang. Pedang dapat memiliki dua sisi tajam atau hanya satu sisi tajam saja).
yesus tidak (atow belum) diriwayatkan pernah membawa pedang..apa yang menjadi masalah?
karena yesus,meski tak bawa pedang,tetapi menganjurkan orang membeli pedang..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by abu hanan on Wed Dec 04, 2013 1:15 pm

@SEGOROWEDI wrote:
mosok nabi penakut?
sudah nyiapain 2 pedang gak berani melawan
padahal ditangkap untuk dihukum mati secara salib
lha terus apa dunk kamsut yesus pake marah2 ke petrus?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 04, 2013 1:16 pm

nunggu timing apalagi, bu?
nunggu berapa lawan yang ia berani melawannya?
padahal jelas risiko ditangkap untuk dihukum mati


SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 04, 2013 1:17 pm

@abu hanan wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
mosok nabi penakut?
sudah nyiapain 2 pedang gak berani melawan
padahal ditangkap untuk dihukum mati secara salib
lha terus apa dunk kamsut yesus pake marah2 ke petrus?
kok menggok, bu?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by ramayana on Wed Dec 04, 2013 7:54 pm

@abu hanan wrote:@ramayana
ane nanya: bisa ga manusia menolak hidayah? jawabnya berdasar quran ga bisa!
hidayah adalah pemberian tuhan ram..seperti alat pernafasan..emang ada manusia bisa menolak alat pernafasan bawaan lahir?bandingkan dengan PAKSA..tuh bukan yesus yang MEMAKSA,tetapi perintah yesus pada manusia untuk MEMAKSA manusia lain..moso gak bisa bedakan perintah dan kado?

YESUS adalah Firman dan ROH KUDUS. ini kata Injil dan ini di benarkan quran!
kalau ente ga bisa buktikan kepalsuan Injil.. hentikan omong kosongmu yg berkata YESUS bukan TUHAN!
injil yang mana sih ram?kitab kanon atow apokrif atow injil yang dibawa isa?

ente bandingkan aja YESUS ama "Tuhan" lain. bandingkan ajarannya.
ajaran yesus gak komplit..4 sehat 5 sempurna dan ajaran yesus adalah 3 sehat kurang sempurna..
jawab yang tegas bu! hidayah ini bisa di tolak ga?

di cerita Injil.. paksa adalah perintah raja kepada prajurit. bisa menolak ga rakyatnya? bisa! tetapi akan ada implikasinya. di hukum!
makannya kalau rakyat jelata menuruti perintah raja lebih baik.

toh buktinya pembesar ga menuruti undangan raja.

paksanya juga hanya di suruh pesta bu! enak kan? pesta juga sebentar.. setelah itu bisa pulang dan melakukan apa aja! iya kan? hahahahahaha..


jawab ya! hidayah bisa di tolak ga????? jawab yg tegas aja ga becus!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by abu hanan on Thu Dec 05, 2013 1:08 pm

jawab ya! hidayah bisa di tolak ga????? jawab yg tegas
amplop deh ram..malu bener sayah versus ramayana..cerna habis tuh tulisan atas..

hidayah adalah pemberian tuhan ram..seperti alat pernafasan..emang ada manusia bisa menolak alat pernafasan bawaan lahir?
tetapi PAKSALAH adalah perintah yesus agar kristen MEMAKSA non kristen..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by SEGOROWEDI on Sun Dec 08, 2013 12:04 pm


gimana bu?
nabi kok penakut, dah siap-siap perang bawa 2 pedang
musuh datang kok malah memble?? belum timingnya, katamu..
mo nunggu kapan lagi bu? padahal risiko ditangkap pasti dibunuh..
teorimu dangkal semua, bu

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by abu hanan on Mon Dec 09, 2013 1:13 pm

@SEGOROWEDI wrote:
gimana bu?
nabi kok penakut, dah siap-siap perang bawa 2 pedang
musuh datang kok malah memble?? belum timingnya, katamu..
mo nunggu kapan lagi bu? padahal risiko ditangkap pasti  dibunuh..
teorimu dangkal semua, bu
lho yang bilang nabi penakut itu siapa sih?sayah bisa pastikan bahwa nabi bakal enggan mati konyol..lha emang yesus gak boleh lawan romawi saat itu pake alasan apa?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by SEGOROWEDI on Mon Dec 09, 2013 1:32 pm


lha itu..
malah gak melawan, lalu disalib? apa gak konyol..
kalau niatnya perang..

timing tepat buat melawan/perang itu yang kek gimana, bu????

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by ramayana on Wed Dec 18, 2013 10:11 pm

@abu

sudah ente jawab sendiri!!! makanya jangan ngeyel!! ga malu ente??

@abu wrote:hidayah adalah pemberian tuhan ram..seperti alat pernafasan..emang ada manusia bisa menolak alat pernafasan bawaan lahir?

kenapa sekarang ente jawab ga bisa di tolak??? hahahahahahahahahahahaha

abu wrote:tetapi PAKSALAH adalah perintah yesus agar kristen MEMAKSA non kristen..
emang ente ini tukang fitnah ga tau malu!!
kapan ada perintah kalau kristen harus maksa non kristen???

yang di paksa rakyatnya sendiri!! bukan rakyat kerajaan lain!!! ga mutu emang ente bu!





avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by abu hanan on Mon Dec 23, 2013 3:16 pm

kapan ada perintah kalau kristen harus maksa non kristen???
baca ayat cermati ayat ram..

hidayah adalah pemberian..
PAKSA adalah???


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by SEGOROWEDI on Mon Dec 23, 2013 3:37 pm

@abu hanan wrote:
kapan ada perintah kalau kristen harus maksa non kristen???
baca ayat cermati ayat ram..

hidayah adalah pemberian..
PAKSA adalah???

sudah saya jelaskan kan, bu?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by jaya on Thu Jan 23, 2014 3:08 pm

Fakta bahwa teroris di zaman ini kebanyakan muslim. Bisa saja tidak ada kaitannya dgn agama islam, namun kenyataan lain adalah semua teroris ini menyebut nama Allah swt ketika mulai sedang dan selesai melakukan aksinya. Boleh jadi ini menyebabkan citra buruk bagi islam yang digembargemborkan sebgai agama damai.
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by abu hanan on Sun May 11, 2014 6:14 pm

yesus dan pedang adalah kenyataan yang disalahtafsirkan sebagai kiasan..
sungguh,lelucon jenis apa inih?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by jaesuechong on Mon Dec 08, 2014 3:06 pm

@abu hanan wrote:buat baca2....kesalahan penganut atow ajaran?

http://original.antiwar.com/eland/2009/02/14/battling-christian-terrorists/
Baru-baru ini, militer Uganda meminta bantuan pemerintahan Bush untuk pergi ke Kongo setelah para teroris Kristen (yang saya akan anggap "Christianists"). Menurut New York Times, kemudian-Presiden George W. Bush, ironisnya seorang Kristen agresif berorientasi sendiri, menyetujui bantuan militer AS kepada militer Uganda untuk menghapus kekerasan saudara agamanya. Militer AS membantu merencanakan dan membiayai Uganda lintas-perbatasan operasi bekerja sama dengan pemerintah Kongo. Sayangnya, operasi itu ceroboh buruk dan sebanyak 900 warga sipil tak berdosa membayar harga dengan kehidupan mereka. Lebih banyak cacat, diperkosa, dan memiliki desa mereka dihancurkan.

Uganda AS-dibantu dirusak dan invasi Kongo taman memungkinkan LRA rute Christianists melarikan diri dan kemudian tidak menjaga desa Kongo dekatnya. Sebagai tanggapan terhadap invasi, Christianists pergi pada perang salib, brutal pemecatan desa demi desa di timur laut Kongo. Para Christianists membakar desa-desa, membunuh warga sipil Kongo heinously bersalah, dan memperkosa banyak perempuan. Para teroris Kristen bahkan mencoba untuk memutar dari kepala anak-anak kecil dan menculik anak-anak yang lebih tua untuk bertarung di wajib militer tentara LRA (budak). Lebih buruk lagi, pasukan Christianist telah berpisah dan tetap mengamuk tersebut.
kyknya udah jelas itu bukan berlandaskan agama tetapi politik dan fundamental defenses.
jangan dikaitkan langsung pada perang salib doonk.. kan ketahuan banget kalo @ts nya ngaco.

jaesuechong
KOPRAL
KOPRAL

Male
Age : 21
Posts : 48
Kepercayaan : Islam
Location : air molek
Join date : 07.12.14
Reputation : 1

http://trulyislam.blogspot.sg

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by abu hanan on Mon Mar 09, 2015 6:17 am

justru berbasis agama..teroris kristen tetap akan mendasarkan perbuatan pada agama lalu dibungkus dengan sejumlah kedok agar tak nampak sebagai tindakan teror..

mengapa tak ada militan kristen yang seradikal isis?ada beberapa kemungkinan jawaban untuk itu,dan satu hal yang jadi perhatian adalah baik bibel maupun yesus tak pernah menyerukan bersatu dalam satu pimpinan/khalifah..
lantas sejumlah penafsiran pun lahir dan membidani kelahiran sejumlah sekte baik advent,sy,protestan dll..atas perbedaan2 pandangan itulah yang dapat dijadikan alasan kuat mengapa militan kristen tak punya nyali segede isis..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 09, 2015 9:59 am

@abu hanan wrote:yesus dan pedang adalah kenyataan yang disalahtafsirkan sebagai kiasan..
sungguh,lelucon jenis apa inih?

lha Yesus aja gak pernah perang/membunuh orang..
bawa pedang (beneran) juga kagak pernah
demikian juga pengikunya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 09, 2015 10:02 am

@abu hanan wrote:justru berbasis agama..teroris kristen tetap akan mendasarkan perbuatan pada agama lalu dibungkus dengan sejumlah kedok agar tak nampak sebagai tindakan teror..

mengapa tak ada militan kristen yang seradikal isis?ada beberapa kemungkinan jawaban untuk itu,dan satu hal yang jadi perhatian adalah baik bibel maupun yesus tak pernah menyerukan bersatu dalam satu pimpinan/khalifah..
lantas sejumlah penafsiran pun lahir dan membidani kelahiran sejumlah sekte baik advent,sy,protestan dll..atas perbedaan2 pandangan itulah yang dapat dijadikan alasan kuat mengapa militan kristen tak punya nyali segede isis..

mengapa tak ada teroris kristen?
karena tak ada dasarnya di alkitab

beda dengan isis dkk.
apa yang dilakukan persis yang dilakukan muhammad
dasarnya alquran bikinannya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by abu hanan on Mon Mar 09, 2015 3:03 pm

yesus gak pernah bawa pedang?lha wong kisah 2 taun dan yang sesuai selera ajah yang direkam..
bila yesus kasi perintah "bawa pedang" tapi yesus gak pernah bawa pedang yah samah artinyah tunjuk yesus sebagai munafik ato minimal pengecut..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 09, 2015 3:30 pm

lha 'pedang' dimaksud adalah kiasan..
maknanya: menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat
menjadi murid/pengikut-Nya mengundang risiko bahkan mendatangkan bahaya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by abu hanan on Mon Mar 09, 2015 9:52 pm

sw..
kiasan?mengafa selalu berkelit "kiasan"?dan gak perlu diberitahukan melalui kiasan..mengafa?sejak yesus tampil sebenarnyah murid2 uda paham jika menjadi pengikut yesus pasti bawa konsekuensi termasuk bahaya..

lukas 22:36
Jawab mereka: “Suatupun tidak.” Kata-Nya kepada mereka: “Tetapi sekarang ini, siapa yang mempunyai pundi-pundi, hendaklah ia membawanya, demikian juga yang mempunyai bekal; dan siapa yang tidak mempunyainya hendaklah ia menjual jubahnya dan membeli pedang .

lha itu suruh bawa pedang buat apa?kupas bambu buat layang2?

kalow yesus emang larang penggunaan pedang maka larangan itu harusnyah ADA sebelum telinga imam besar putus..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by Paradise OK on Mon Mar 09, 2015 10:13 pm

baca ayat selanjutnya
22:37 Sebab Aku berkata kepada kamu, bahwa nas Kitab Suci ini harus digenapi pada-Ku: Ia akan terhitung di antara pemberontak-pemberontak. Sebab apa yang tertulis tentang Aku sedang digenapi."

Ia sendiri akan dihukum sebagai penjahat, terhitung diantara pemberontak-pemberontak, begitulah bahasa yang dipakai untuk menggambarkan Hamba Tuhan dalam :
Yesaya 53:12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.



Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 10, 2015 10:42 am

@abu hanan wrote:sw..
kiasan?mengafa selalu berkelit "kiasan"?dan gak perlu diberitahukan melalui kiasan..mengafa?sejak yesus tampil sebenarnyah murid2 uda paham jika menjadi pengikut yesus pasti bawa konsekuensi termasuk bahaya..

lukas 22:36
Jawab mereka: “Suatupun tidak.” Kata-Nya kepada mereka: “Tetapi sekarang ini, siapa yang mempunyai pundi-pundi, hendaklah ia membawanya, demikian juga yang mempunyai bekal; dan siapa yang tidak mempunyainya hendaklah ia menjual jubahnya dan membeli pedang .

lha itu suruh bawa pedang buat apa?kupas bambu buat layang2?

kalow yesus emang larang penggunaan pedang maka larangan itu harusnyah ADA sebelum telinga imam besar putus..

kan hanya disuruh bawa pundi-pundi dan bekal bu..
dan hanya bagi yang gak punya pundi-pndi dan bekal aja yang disuruh jual jubah buat beli pedang
peruntukan pedang dimaksud tentu terkait dengan pundi-pundi dan bekal
ketika oleh petrus diperuntukkan lain (menetak kuping 'musuh') maka dilarang keras oleh Yesus..
hebatnya: telinga yang putus oleh Yesus langsung dipulihkan
wow

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: radikal atow fundamentalis?kalo gak bisa disebut teroris

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 9 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik