FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by zadah1989 on Wed Jan 09, 2013 10:32 am

First topic message reminder :



Tanpa bermaksud untuk mendramatisasi tentang orang Israel dan atau orang Yahudi, saya ingin berbagi informasi yang saya peroleh dari membaca terjemahan H. Maaruf Bin Hj Abdul Kadir(guru besar berkebangsaan Malaysia) dari Universitas Massachuset
USA tentang penelitian yang dilakukan oleh DR.Stephen Carr Leon. Penelitian DR Leon ini adalah tentang pengembangan kualitas hidup orang Israel atau orang Yahudi.

Mengapa Orang Yahudi rata-rata pintar? Studi yang dilakukan mendapatkan fakta-fakta sebagai berikut:
Ternyata, bila seorang wanita Yahudi Hamil, maka sang ibu segera saja meningkatkan aktivitasnya membaca, menyanyi dan bermain piano serta mendengarkan musik klasik. Tidak itu saja, mereka juga segera memulai untuk mempelajari matematika lebih intensif dan juga membeli lebih banyak lagi buku tentang matematika. mempelajarinya, dan bila ada yang tidak diketahui dengan baik, mereka tidak segan-segan untuk datang ke orang lain yang tahu matematika untuk mempelajarinya. Semua itu dilakukannya untuk anaknya yang masih didalam kandungan.

Setelah anak lahir, bagi sang ibu yang menyususi bayinya itu, mereka memilih lebih banyak makan kacang, korma dan susu. Siang hari, makan roti dengan ikan yang tanpa kepala serta salad. Daging ikan dianggap bagus untuk otak dan kepala ikan harus dihindari karena mengandung zat kimia yang tidak baik untuk pertumbuhan otak si anak. Disamping itu sang ibu diharuskan banyak makan minyak ikan (code oil lever).

Menu diatur sedemikian rupa sehingga didominasi oleh ikan. Bila ada daging, mereka tidak akan makan daging bersama-sama dengan ikan, karena mereka percaya dengan makan ikan dengan daging hasilnya tidak bagus untuk pertumbuhan. Makan ikan seyogyanya hanya makan ikan saja, bila makan daging , hanya makan daging saja, tidak dicampur. Makan pun, mereka mendahulukan makan buah-buahan, baru makan roti atau nasi. Makan nasi dulu baru kemudian makan buah, dipercaya akan hanya membuat ngantuk dan malas berkerja.

Yang istimewa lagi adalah: Di Isarel, merokok itu tabu! Mereka memiliki hasil penelitian dari ahli peneliti tentang Genetika dan DNA yang meyakinkan bahwa nekotin akan merusak sel utama yang ada di otak manusia yang dampaknya tidak hanya kepada si perokok akan tetapi juga akan mempengaruhi “gen” atau keturunannya. Pengaruh yang utama adalah dapat membuat orang dan keturunannya menjadi “bodoh” atau “dungu”. Walaupun, kalau kita perhatikan, maka penghasil rokok terbesar di dunia ini adalah orang Yahudi! Tetapi yang merokok, bukan orang Yahudi.

Anak-anak, selalu diprioritaskan untuk makan buah dulu baru makan nasi atau roti dan juga tidak boleh lupa untuk minum pil minyak ikan. Mereka juga harus pandai bahasa, minimum 3 bahasa harus dikuasainya, yaitu Hebrew, Arab dan bahasa Inggris. Anak-anak juga diwajibkan dan dilatih piano dan biola. Dua instrument ini dipercaya dapat sangat efektif meningkatkan IQ mereka. Irama musik terutama musik klasik dapat menstimulasi sel otak. Sebagian besar dari musikus genius dunia adalah orang Yahudi.

Satu dari 6 anak Yahudi, diajarkan matematik dengan konsep yang berkait langsung dengan bisnis dan perdagangan. Ternyata salah satu syarat untuk lulus dari Perguruan Tinggi bagi yang Majoring-nya Bisnis, adalah, dalam tahun terakhir, dalam satu kelompok mahasiswa (terdiri dari 10 orang), harus menjalankan perusahaan. Mereka hanya dapat lulus setelah perusahaannya mendapat untung 1 juta US Dollar. Itulah sebabnya, maka lebih dari 50 % perdagangan di dunia dikuasai oleh orang Yahudi. Design “Levis” terakhir diciptakan oleh satu Universitas di Israel, fakultas “business and fashion“.

Olah raga untuk anak-anak, diutamakan adalah Menembak, Memanah dan Lari. Menembak dan Memanah, akan membentuk otak cemerlang yang mudah untuk “fokus” dalam berpikir !

Di New York, ada pusat Yahudi yang mengembangkan berbagai kiat berbisnis kelas dunia. Di sini terdapat banyak sekali kegiatan yang mendalami segi-segi bisnis sampai kepada aspek-aspek yang mempengaruhinya. Dalam arti mempelajari aspek bisnis yang berkaitan juga dengan budaya bangsa pangsa pasar mereka. Pendalaman yang bergiat nyaris seperti laboratorium, “research and development” khusus perdagangan dan bisnis ini dibiayai oleh para konglomerat Yahudi. Tidak mengherankan bila kemudian kita melihat keberhasilan orang Yahudi seperti terlihat pada: Starbuck, Dell Computer, Cocacola, DKNY, Oracle. pusat film Hollywood, Levis dan Dunkin Donat.

Khusus tentang rokok, negara yang mengikuti jejak Israel adalah Singapura. Di Singapura para perokok diberlakukan sebagai warga negara kelas dua. Semua yang berhubungan dengan perokok akan dipersulit oleh pemerintahnya. Harga rokok 1 pak di Singapura adalah 7 US Dollar, bandingkan dengan di Indonesia yang hanya berharga 70 sen US Dollar. Pemerintah Singapura menganut apa yang telah dilakukan oleh peneliti Israel, bahwa nikotin hanya akan menghasilkan generasai yang “Bodoh” dan “Dungu”.

Percaya atau tidak, tentunya terserah kita semua. Namun kenyataan yang ada terlihat bahwa memang banyak sekali orang yahudi yang pintar! Tinggal, pertanyaannya adalah, apakah kepintarannya itu banyak manfaatnya bagi peningkatan kualitas hidup umat manusia secara keseluruhan.

semoga bermanfaat, terimakasih om mod , mimim dan admin
mohon maaf kalo saya salah masuk lapak
sekedar untuk berbagi saja

salam kenal buat semuanya...
kalo ada kekurangan mohon ditambahin
kalo kelebihan mohon dikoreksi
dan kalo tidak sesuai dengan topik hapus saja ya.....

salam..... piss

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down


Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by zadah1989 on Sun Jan 20, 2013 11:43 pm

duren swt wrote:
@zadah1989 wrote:tumah tentang perbedaan tafsir untuk surat At Tahrim(66):1-6 yang ada di tafsir Jalalain dan tafsir Ibnu Katsir .
Gini aja dehh

Tolong elo bukain trit At Tahrim ... elo ADU aja gw melawan si Abu Hanan / Musicman di sono

Ane ga perlu Jalalain dan Ibnu Katsir ... CUMA dengan modal Bukhari dan Nasai ajahhh ane bakal injek injek mereka berdua

Klo ane yang buka tritnya ... jelas akan di buang si Abu Hanan ke tong sampah hahaha

Ayo panggil mereka berdua ...elo pasti dapet tontonan gratis deh

iya saya mengerti kok, saya lihat anda member yang paling kritis di forum ini, bukan saya membangga banggakan namun saya telah mempelajari beberapa trit yang anda kirim di forum ini, orang seperti duren sangat dibutuhkan untuk kritikan membanngun dan keberlangsungan forum li ini. namun disisi lain saya juga dapat postingan postingan yang memperkuat tauhid saya , dan inilah tujuan saya bergabung di forum ini, memangnya hadist bukhori yang mana yang bisa meluluh lantahkan mereka, boleh share donk di mari kutipannya, saya juga pengen tahu,
oh gitu yah, kalo gak salah masalah at-tahrim ini juga pernah dibahas di forum tetangga,
aduh mas duren jangan diaduin donk nanti kepalanya benjol piss

belum berani saya bikin trit, soalnya saya kan masih member bodoh yang belum mengerti apa apa dibanding mas duren,,, tapi nanti saya coba buka trit...... mudah mudahan gak kena ke tong sampah......

ayoo mana bukhori dan nasai yang jadi peganganmu sini posting disini, biar saya pelajari

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by MBA on Sun Jan 20, 2013 11:50 pm

@Andi Cactusa wrote:...Ada cara atau pendekatan lain menjawab pertanyaan judul thread ini. Yakni dengan menjawab pertanyaan: "Mengapa orang Arab rata-rata dungu?"

Dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, tulisan tersebut akan binasa karena ulah si tukang sampah (baca: Abu Hanan)
avatar
MBA
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 23
Posts : 309
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250
Join date : 09.10.12
Reputation : 15

http://indonesia.faithfreedom.org/forum/alasan-kuat-mengapa-musl

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 12:00 am

@MBA wrote:
@Andi Cactusa wrote:...Ada cara atau pendekatan lain menjawab pertanyaan judul thread ini. Yakni dengan menjawab pertanyaan: "Mengapa orang Arab rata-rata dungu?"

Dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, tulisan tersebut akan binasa karena ulah si tukang sampah (baca: Abu Hanan)


lho MBA kok malah "muji muji" moderator, yang saya tanyakan kan hadist bukhori dan nasai yang mana yang jadi pegangan, ech malah "muji-muji" moderator

salam kenal mas MBA, senang bisa berjumpa dengan anda di malam yang gelap ini

"HAYO MANA BUKHORI dan NASAI buat pembelaan anda tentang At-Tahrim 1-6...

ehmm

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by MBA on Mon Jan 21, 2013 12:23 am

@zadah1989 wrote:
lho MBA kok malah "muji muji" moderator, yang saya tanyakan kan hadist bukhori dan nasai yang mana yang jadi pegangan, ech malah "muji-muji" moderator

salam kenal mas MBA, senang bisa berjumpa dengan anda di malam yang gelap ini

"HAYO MANA BUKHORI dan NASAI buat pembelaan anda tentang At-Tahrim 1-6...

ehmm

Kamu ini orang yang aneh ya?
Memangnya saya lagi nanggapin kamu di trid ini?
Saya nanggapin tulisan Bung Andi Cactusa dan nggak berurusan dengan permintaanmu




Terakhir diubah oleh MBA tanggal Mon Jan 21, 2013 12:35 am, total 1 kali diubah
avatar
MBA
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 23
Posts : 309
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250
Join date : 09.10.12
Reputation : 15

http://indonesia.faithfreedom.org/forum/alasan-kuat-mengapa-musl

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 12:34 am

@MBA wrote:
@zadah1989 wrote:
lho MBA kok malah "muji muji" moderator, yang saya tanyakan kan hadist bukhori dan nasai yang mana yang jadi pegangan, ech malah "muji-muji" moderator

salam kenal mas MBA, senang bisa berjumpa dengan anda di malam yang gelap ini

"HAYO MANA BUKHORI dan NASAI buat pembelaan anda tentang At-Tahrim 1-6...

ehmm

Kamu ini orang yang aneh ya?
Memangnya saya lagi nanggapin kamu di trid ini?
Saya kan nanggapin tulisan Bung Andi Cactusa dan nggak berurusan dengan permintaanmu



iya saya mengerti apa dasar anda kenapa bilang orang arab dungu? . atau mas andi yang bilang orang arab dungu? apa dasar anda mengatakan hal tersebut, apa karena kebencian anda terhadap suatu sekte agama tertentu

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by MBA on Mon Jan 21, 2013 12:40 am

Kamu nggak bisa membaca dengan baik? buta huruf?
Kapan saya bilang orang Arab dungu di trid ini?

Yang saya lakukan disini cuma sekadar mengingatkan kalau saja tulisan yang diminta bung Andi Cactusa dimuat disuatu tempat, tulisan tersebut bisa hilang karena perbuatan Abu Hanan!

Paham kamu?
avatar
MBA
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 23
Posts : 309
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250
Join date : 09.10.12
Reputation : 15

http://indonesia.faithfreedom.org/forum/alasan-kuat-mengapa-musl

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 1:37 am

@MBA wrote:Kamu nggak bisa membaca dengan baik? buta huruf?
Kapan saya bilang orang Arab dungu di trid ini?

Yang saya lakukan disini cuma sekadar mengingatkan kalau saja tulisan yang diminta bung Andi Cactusa dimuat disuatu tempat, tulisan tersebut bisa hilang karena perbuatan Abu Hanan!

Paham kamu?

baik saya minta maaf saya mengaku salah , semoga bro MBA yang baik hati mau memaafkan saya, maaf "Membaca saja aku sulit"

salam....

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by MBA on Mon Jan 21, 2013 1:56 am

@zadah1989 wrote:

baik saya minta maaf saya mengaku salah , semoga bro MBA yang baik hati mau memaafkan saya, maaf "Membaca saja aku sulit"

salam....

No problemo bro
Saya sangat menghargai sikap ksatria seperti ini, saya salut
Jarang-jarang muslim di forum ini bisa berbuat seperti apa yang anda perbuat diatas

2 good
avatar
MBA
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 23
Posts : 309
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250
Join date : 09.10.12
Reputation : 15

http://indonesia.faithfreedom.org/forum/alasan-kuat-mengapa-musl

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by Andi Cactusa on Mon Jan 21, 2013 8:11 am

@zadah1989 wrote:iya saya mengerti apa dasar anda kenapa bilang orang arab dungu? . atau mas andi yang bilang orang arab dungu? apa dasar anda mengatakan hal tersebut, apa karena kebencian anda terhadap suatu sekte agama tertentu
...Dasarnya? Tulisan anda sendiri di awal thread ini!
...Apa ada yang pintar kalau tidak ada yang dungu? Apa ada siang kalau tidak ada malam? Apa ada utara kalau tidak ada selatan? Dan banyak lagi pertentangan seperti itu dapat kita buat.
...Kalau anda mengatakan orang Yahudi rata-rata pintar, lalu yang dungu siapa (sebagai pembanding)? Bukankah orang Arab yang menjadi tetangga atau hidup bersama mereka yang paling cocok?
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 10:14 am

@Andi Cactusa wrote:
@zadah1989 wrote:iya saya mengerti apa dasar anda kenapa bilang orang arab dungu? . atau mas andi yang bilang orang arab dungu? apa dasar anda mengatakan hal tersebut, apa karena kebencian anda terhadap suatu sekte agama tertentu
...Dasarnya? Tulisan anda sendiri di awal thread ini!
...Apa ada yang pintar kalau tidak ada yang dungu? Apa ada siang kalau tidak ada malam? Apa ada utara kalau tidak ada selatan? Dan banyak lagi pertentangan seperti itu dapat kita buat.
...Kalau anda mengatakan orang Yahudi rata-rata pintar, lalu yang dungu siapa (sebagai pembanding)? Bukankah orang Arab yang menjadi tetangga atau hidup bersama mereka yang paling cocok?

okeh saya bisa terima, jika kedunguan sebagai pembanding untuk kepintaran, saya ingin menanyakan, apakah salah jika ada hal-hal diluar islam jika itu baik adanya kenapa tidak untuk dipelajari sekedar referensi dan pelajaran, saya sekedar sharing kepintaran yang notabene bukan islam, bukankah ilmu itu bisa didapat dari mana saja, selama itu tidak menganggu akidah dan keyakinan seseorang, walaupun dari non muslim sekalipun, yang penting jangan sampai mengganggu "TAUHID" bukankah ilmuitu sangatlah luas bukan saja dari islam saja, dari non islampun seperti yahudi banyak-ilmu-ilmu yang layak dipelajari oleh umat islam, karena mempelajari ilmu itu adalah baik adanya..,

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by oglikom on Mon Jan 21, 2013 10:37 am

Pertanyaannya, kenapa bangsa yang dilaknat Alloh ini bisa lebih pintar dari umatnya sendiri (ARAB)?

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 10:59 am

@oglikom wrote:Pertanyaannya, kenapa bangsa yang dilaknat Alloh ini bisa lebih pintar dari umatnya sendiri (ARAB)?

mas ogli betul kurang lebih seperti itu apakah mas bersedia membahasnya, saya tidak berani menyebutkan kata -kata se ekstrem itu toch kalo misalkan itu ditujukan ke umat islam setidaknya agak sedikit kurang bagus, tapi karena anda yang mengatakan demikian saya setuju, karena anda yang bilang demikian ,, jadi bisakah dibahas... saya sangat butuh pencerahan tentang yahudi ini,, saya tunggu jawabannya

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 11:07 am

@oglikom wrote:Pertanyaannya, kenapa bangsa yang dilaknat Alloh ini bisa lebih pintar dari umatnya sendiri (ARAB)?

mas ogli betul kurang lebih seperti itu apakah mas bersedia membahasnya, saya tidak berani menyebutkan kata -kata se ekstrem itu toch kalo misalkan itu ditujukan ke umat islam setidaknya agak sedikit kurang bagus, tapi karena anda yang mengatakan demikian saya setuju, karena anda yang bilang demikian ,, jadi bisakah dibahas... saya sangat butuh pencerahan tentang yahudi ini,, saya tunggu jawabannya

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by sun-moon on Mon Jan 21, 2013 11:08 am

@zadah89
bila berkenan, comment saya adalah:
Bangsa Yahudi (bangsa keturunan Israel/nabi Yakub) memang dinyatakan dalam kitab suci sebagai bangsa yang diunggulkan atau dengan kata lain pilihan, tentunya disertai fakta bahwa banyak para nabi dan rasul lahir dari garis Yakub/Israel ini, lebih banyak dibandingkan dengan kaum/bangsa/ras yang lain. Selain para nabi dan rasul yang jelas disebut status/derajatnya, ada juga beberapa yang tidak disebut dengan jelas sebagai ‘berpangkat nabi’ namun namanya diabadikan dalam nama surah dan dikenal sebagai orang yang mulia/teladan juga, sebut saja contohnya: Ali imron dan putrinya: Maryam (ibunda Isa/Yesus). Artinya memang dari sejak mula terbentuk sebagai suatu bangsa, bangsa Yahudi ini telah banyak melahirkan ‘tenaga pengajar’/’guru-guru besar’ nya (para nabi/rasul/orang-orang mulia/yg cerdas dll). Jadi untuk urusan kemajuan ilmu pengetahuan/sains/tech dan ekonomi/berdagang dll, tidak perlu diragukan lagi memang merekalah ahlinya dan salah satu yang mewarisinya di dunia ini.
Hanya saja....
Tidak hanya oleh Islam (nabi Muhammad), bahkan oleh para nabi/rasul (tenaga pengajar/guru-guru besar)nya pun kaumnya itu dikritik dan selalu diingatkan untuk selalu melakukan perbaikan terhadap ‘kelemahan’ bangsa ini. Apa itu? Yang utama adalah ‘selalu berkeras hati’ thd ajarannya yg utama yaitu ketauhidan dan keimanan yg lurus, bandel & membangkang thd ‘guru’nya (nabinya), dan bahkan lebih jauh sempat membunuh para nabinya itu (contoh Zakaria & Yahya/Yohanes).
Jadi, maksud para guru besar nya adalah bahwa umatnya itu diharapkan mengutamakan yang utama (kembali kpd jalan ketauhidan yg benar/lurus) dan menempatkan yang ‘aksesoris’ proporsional sbg yg secondary. Namun saat ini, kenyataannya terbalik, justru yg ‘aksesoris’ dikejar sbg skill yg utama, dan memang mereka paling unggul/hebat saat ini.
Sehingga, di awal artikel TS yg kita lihat/pandang adalah hanya dari 1 segi, yaitu 'aksesoris' mereka yg memang unggul itu...
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by oglikom on Mon Jan 21, 2013 11:11 am

@zadah1989 wrote:
@oglikom wrote:Pertanyaannya, kenapa bangsa yang dilaknat Alloh ini bisa lebih pintar dari umatnya sendiri (ARAB)?

mas ogli betul kurang lebih seperti itu apakah mas bersedia membahasnya, saya tidak berani menyebutkan kata -kata se ekstrem itu toch kalo misalkan itu ditujukan ke umat islam setidaknya agak sedikit kurang bagus, tapi karena anda yang mengatakan demikian saya setuju, karena anda yang bilang demikian ,, jadi bisakah dibahas... saya sangat butuh pencerahan tentang yahudi ini,, saya tunggu jawabannya
Memang kenyataannya begithu, umat satu ini dimusuhi dan dilaknat menjadi "monyet" tetapi kenyataannya banyak penemuannya yang memberikan manfaat dalam segala bidang bagi semua umat termasuk umat Alloh itu sendiri.

Sedangkan Islam dengan aqidah dari Alloh membuat kerusakan tatanan sosial dengan "Al wara Wal-bara" nya.



oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by Guest on Mon Jan 21, 2013 11:11 am

@zadah1989 wrote:memangnya hadist bukhori yang mana yang bisa meluluh lantahkan mereka, ,
Ya adalah

@zadah1989 wrote: boleh share donk di mari kutipannya, saya juga pengen tahu,
Saya ini debater BUKAN babu mu
Klo pengentau ya buat tritnya lah

@zadah1989 wrote:
oh gitu yah, kalo gak salah masalah at-tahrim ini juga pernah dibahas di forum tetangga,
Ya udah ...elo kan tau hadis Nasai dan Bukhari nya
belum berani saya bikin trit, soalnya saya kan masih member bodoh
Memang hanya orang bodoh yang ga murtad dari Islam



Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 11:50 am

@oglikom wrote:
@zadah1989 wrote:
@oglikom wrote:Pertanyaannya, kenapa bangsa yang dilaknat Alloh ini bisa lebih pintar dari umatnya sendiri (ARAB)?

mas ogli betul kurang lebih seperti itu apakah mas bersedia membahasnya, saya tidak berani menyebutkan kata -kata se ekstrem itu toch kalo misalkan itu ditujukan ke umat islam setidaknya agak sedikit kurang bagus, tapi karena anda yang mengatakan demikian saya setuju, karena anda yang bilang demikian ,, jadi bisakah dibahas... saya sangat butuh pencerahan tentang yahudi ini,, saya tunggu jawabannya
Memang kenyataannya begithu, umat satu ini dimusuhi dan dilaknat menjadi "monyet" tetapi kenyataannya banyak penemuannya yang memberikan manfaat dalam segala bidang bagi semua umat termasuk umat Alloh itu sendiri.

Sedangkan Islam dengan aqidah dari Alloh membuat kerusakan tatanan sosial dengan "Al wara Wal-bara" nya.



saya setuju dengan pendapat anda, namun ada juga yang belum setujunya, namun secara keseluruhan ke kritisan mas layak saya pertimbangkan banyak hal yang membahas tentang Al-Wara Wal-Bara ini, banyak pendapat dan banyak penafsiran namun saya tidak fokus tentang ini, saya hanya ingin fokus ke topik saja, kenapa mungkin untuk topik tersebut akan saya bahas di thread baru,,,,

mungkin mas bisa ikut nimbrung berbagi wawasan tentang Al-Wara wal baranya di thread selanjutnya.....
belum lagi pr yang mas duren ajukan tentang at-tahrim. nanti saya juga akan buatkan threadnya......


zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 12:04 pm

@sun-moon wrote:@zadah89
bila berkenan, comment saya adalah:
Bangsa Yahudi (bangsa keturunan Israel/nabi Yakub) memang dinyatakan dalam kitab suci sebagai bangsa yang diunggulkan atau dengan kata lain pilihan, tentunya disertai fakta bahwa banyak para nabi dan rasul lahir dari garis Yakub/Israel ini, lebih banyak dibandingkan dengan kaum/bangsa/ras yang lain. Selain para nabi dan rasul yang jelas disebut status/derajatnya, ada juga beberapa yang tidak disebut dengan jelas sebagai ‘berpangkat nabi’ namun namanya diabadikan dalam nama surah dan dikenal sebagai orang yang mulia/teladan juga, sebut saja contohnya: Ali imron dan putrinya: Maryam (ibunda Isa/Yesus). Artinya memang dari sejak mula terbentuk sebagai suatu bangsa, bangsa Yahudi ini telah banyak melahirkan ‘tenaga pengajar’/’guru-guru besar’ nya (para nabi/rasul/orang-orang mulia/yg cerdas dll). Jadi untuk urusan kemajuan ilmu pengetahuan/sains/tech dan ekonomi/berdagang dll, tidak perlu diragukan lagi memang merekalah ahlinya dan salah satu yang mewarisinya di dunia ini.
Hanya saja....
Tidak hanya oleh Islam (nabi Muhammad), bahkan oleh para nabi/rasul (tenaga pengajar/guru-guru besar)nya pun kaumnya itu dikritik dan selalu diingatkan untuk selalu melakukan perbaikan terhadap ‘kelemahan’ bangsa ini. Apa itu? Yang utama adalah ‘selalu berkeras hati’ thd ajarannya yg utama yaitu ketauhidan dan keimanan yg lurus, bandel & membangkang thd ‘guru’nya (nabinya), dan bahkan lebih jauh sempat membunuh para nabinya itu (contoh Zakaria & Yahya/Yohanes).
Jadi, maksud para guru besar nya adalah bahwa umatnya itu diharapkan mengutamakan yang utama (kembali kpd jalan ketauhidan yg benar/lurus) dan menempatkan yang ‘aksesoris’ proporsional sbg yg secondary. Namun saat ini, kenyataannya terbalik, justru yg ‘aksesoris’ dikejar sbg skill yg utama, dan memang mereka paling unggul/hebat saat ini.
Sehingga, di awal artikel TS yg kita lihat/pandang adalah hanya dari 1 segi, yaitu 'aksesoris' mereka yg memang unggul itu...

ya memang saya baru mengulasnya satu segi tentang pengurusan anak bayi dan sebagainya, karena saya masih butuh ilmu dari mas moon tentang segi yang lainnya, yang saya belum ketahui, untuk masalah Ibu Isa/Yesus <== "ini bisa jadi panjang meluber wed aja kewalahan ngehadapin mang odoy,, makanya saya cut dulu disini saya tetep masih fokuk ke yahudinya,, walaupun ada beberapa ayat al-qur'an tentang yahudi juga, saya tidak akan dibahas dimari, mungkin di thread baru bisa kita buka,,,

lalu bagaimana di dalam kemajuan teknologi, perdagangan, pemerintahan, militer, apakah ada, saya tunggu jawabannya?

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by Andi Cactusa on Mon Jan 21, 2013 12:20 pm

@zadah1989 wrote:
@Andi Cactusa wrote:
@zadah1989 wrote:iya saya mengerti apa dasar anda kenapa bilang orang arab dungu? . atau mas andi yang bilang orang arab dungu? apa dasar anda mengatakan hal tersebut, apa karena kebencian anda terhadap suatu sekte agama tertentu
...Dasarnya? Tulisan anda sendiri di awal thread ini!
...Apa ada yang pintar kalau tidak ada yang dungu? Apa ada siang kalau tidak ada malam? Apa ada utara kalau tidak ada selatan? Dan banyak lagi pertentangan seperti itu dapat kita buat.
...Kalau anda mengatakan orang Yahudi rata-rata pintar, lalu yang dungu siapa (sebagai pembanding)? Bukankah orang Arab yang menjadi tetangga atau hidup bersama mereka yang paling cocok?

okeh saya bisa terima, jika kedunguan sebagai pembanding untuk kepintaran, saya ingin menanyakan, apakah salah jika ada hal-hal diluar islam jika itu baik adanya kenapa tidak untuk dipelajari sekedar referensi dan pelajaran, saya sekedar sharing kepintaran yang notabene bukan islam, bukankah ilmu itu bisa didapat dari mana saja, selama itu tidak menganggu akidah dan keyakinan seseorang, walaupun dari non muslim sekalipun, yang penting jangan sampai mengganggu "TAUHID" bukankah ilmuitu sangatlah luas bukan saja dari islam saja, dari non islampun seperti yahudi banyak-ilmu-ilmu yang layak dipelajari oleh umat islam, karena mempelajari ilmu itu adalah baik adanya..,
...Apa anda sungkan, rikuh atau takut membandingkan orang Yahudi dengan Arab? Sehingga tanggapan anda melantur hingga ke tauhid andalan muslim itu. Lalu, dari mana anda percaya dan yakin bahwa orang Yahudi memang rata-rata pintar?
...Gunakan saja point demi point atau aspek demi aspek yang sudah anda uraikan itu untuk membandingkan Yahudi versus Arab, bila anda sungguh ingin menarik pelajaran darinya.
...Baik lah, saya bantu ada, dengan mengambil dari tulisan awal anda sendiri. Dalam aspek apa saja perlu dibandingkan antara Yahudi dan Arab.
1. Apa yang dilakukan oleh wanita Yahudi dan Arab ketika hamil,
2. Makanan si ibu semasa menyusui bayinya,
3. Kebiasaan atau sikap terhadap rokok,
4. Apa yang diajarkan kepada anak-anak,
5. Apa olah raga yang menjadi prioritas,
6. Bagaimana sikap dan apresiasi mereka terhadap pendidikan dan pelatihan.
...Salah satu aspek sudah diajukan dan diulas oleh bung Duren SWT, yakni rasa tanggung-jawab terhadap anak. Muhammad, yang menjadi panutan orang Arab dan muslim, menitipkan putranya ke tukang besi sehingga meninggal, mungkin karena radang pernafasan.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by Guest on Mon Jan 21, 2013 12:21 pm

@sun-moon wrote:dan bahkan lebih jauh sempat membunuh para nabinya itu (contoh Zakaria & Yahya/Yohanes).
Dalam semistik ... Zakaria dan Yohannes itu BUKAN nabi

Lagi pula yang bunuh si Yohannes BUKAN Jahudi tapi Romawi
Jesus juga dalam Kristen dibunuh oleh Pilatus

Satu satunya nabi yang di bunuh Jahudi adalah Muhammad => Di racun pakai kaki kambing

2 good

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 12:47 pm

@Andi Cactusa wrote:
@zadah1989 wrote:
@Andi Cactusa wrote:
@zadah1989 wrote:iya saya mengerti apa dasar anda kenapa bilang orang arab dungu? . atau mas andi yang bilang orang arab dungu? apa dasar anda mengatakan hal tersebut, apa karena kebencian anda terhadap suatu sekte agama tertentu
...Dasarnya? Tulisan anda sendiri di awal thread ini!
...Apa ada yang pintar kalau tidak ada yang dungu? Apa ada siang kalau tidak ada malam? Apa ada utara kalau tidak ada selatan? Dan banyak lagi pertentangan seperti itu dapat kita buat.
...Kalau anda mengatakan orang Yahudi rata-rata pintar, lalu yang dungu siapa (sebagai pembanding)? Bukankah orang Arab yang menjadi tetangga atau hidup bersama mereka yang paling cocok?

okeh saya bisa terima, jika kedunguan sebagai pembanding untuk kepintaran, saya ingin menanyakan, apakah salah jika ada hal-hal diluar islam jika itu baik adanya kenapa tidak untuk dipelajari sekedar referensi dan pelajaran, saya sekedar sharing kepintaran yang notabene bukan islam, bukankah ilmu itu bisa didapat dari mana saja, selama itu tidak menganggu akidah dan keyakinan seseorang, walaupun dari non muslim sekalipun, yang penting jangan sampai mengganggu "TAUHID" bukankah ilmuitu sangatlah luas bukan saja dari islam saja, dari non islampun seperti yahudi banyak-ilmu-ilmu yang layak dipelajari oleh umat islam, karena mempelajari ilmu itu adalah baik adanya..,
...Apa anda sungkan, rikuh atau takut membandingkan orang Yahudi dengan Arab? Sehingga tanggapan anda melantur hingga ke tauhid andalan muslim itu. Lalu, dari mana anda percaya dan yakin bahwa orang Yahudi memang rata-rata pintar?
...Gunakan saja point demi point atau aspek demi aspek yang sudah anda uraikan itu untuk membandingkan Yahudi versus Arab, bila anda sungguh ingin menarik pelajaran darinya.
...Baik lah, saya bantu ada, dengan mengambil dari tulisan awal anda sendiri. Dalam aspek apa saja perlu dibandingkan antara Yahudi dan Arab.
1. Apa yang dilakukan oleh wanita Yahudi dan Arab ketika hamil,
2. Makanan si ibu semasa menyusui bayinya,
3. Kebiasaan atau sikap terhadap rokok,
4. Apa yang diajarkan kepada anak-anak,
5. Apa olah raga yang menjadi prioritas,
6. Bagaimana sikap dan apresiasi mereka terhadap pendidikan dan pelatihan.
...Salah satu aspek sudah diajukan dan diulas oleh bung Duren SWT, yakni rasa tanggung-jawab terhadap anak. Muhammad, yang menjadi panutan orang Arab dan muslim, menitipkan putranya ke tukang besi sehingga meninggal, mungkin karena radang pernafasan.

nah justru itu yang saya tanyakan, sayang disini tidak ada orang yahudi, kalo masalah rasa tanggung jawab muhammad saya setuju mas,, nah inilah yang saya tanyakan tentang saya postingan disini, adakah dari kalian yang mengetahui hal hal ini, itulan tujuan saya hadir di threadi ini, maka disini terlepas dari ada benar dan tidak benar, ,, saya mohon pencerahannya,,, makanya saya ingin membicarakannya dengan member senior disini,

masalah perbandingan antara yahudi dan arab, nanti saya akan bukta thread baru,,
yang penting untuk sementara saya minta penjealsan tentang maslah yang telah saya posting dimari., terserah anda mau bilang ngeyel atau muter muter, tapi memang itulah yang saya butuhkan ...

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 12:55 pm



Apa yang dilakukan wanita yahudi ketika hamil......?

Ternyata, bila seorang wanita Yahudi Hamil, maka sang ibu segera saja meningkatkan aktivitasnya membaca, menyanyi dan bermain piano serta mendengarkan musik klasik. mempelajari matematika lebih dan juga membeli lebih banyak lagi buku tentang matematika. mempelajarinya, dan bila ada yang tidak diketahui dengan baik, mereka tidak segan-segan untuk datang ke orang lain yang tahu matematika untuk mempelajarinya. Semua itu dilakukannya untuk anaknya yang masih didalam kandungan.

Apa yang dilakukan ketika sang anak yahudi lahir ?
menyususi bayinya
apa yang dimakan oleh seorang ibu yahudi ketika melahirkan

banyak makan kacang, korma dan susu. Siang hari, makan roti dengan ikan yang tanpa kepala serta salad. Daging ikan dianggap bagus untuk otak dan kepala ikan harus dihindari karena mengandung zat kimia yang tidak baik untuk pertumbuhan otak si anak. Disamping itu sang ibu diharuskan banyak makan minyak ikan (code oil lever).

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by Guest on Mon Jan 21, 2013 12:58 pm

@Andi Cactusa wrote:...Baik lah, saya bantu ada, dengan mengambil dari tulisan awal anda sendiri. Dalam aspek apa saja perlu dibandingkan antara Yahudi dan Arab.
1. Apa yang dilakukan oleh wanita Yahudi dan Arab ketika hamil,
2. Makanan si ibu semasa menyusui bayinya,
3. Kebiasaan atau sikap terhadap rokok,
4. Apa yang diajarkan kepada anak-anak,
5. Apa olah raga yang menjadi prioritas,
6. Bagaimana sikap dan apresiasi mereka terhadap pendidikan dan pelatihan.
Benernya ITULAH poin yang ingin saya gali dari si Zadah dengan memberi hadis CARA Muhammad merawat anak diatas

Muslim ( sejak jaman Muhammad dan merupakan kebiasaan pagan Quraish ) ... SELALU menitipkan anak pada orang lain !!

Muhammad sendiri di masa kecilnya dititipkan pada orang lain
Muslim jaman sekaranpun punya kebiasaan yang mirip : yaitu anak anak tidur di surau ATAU diasramakan di ponpes

Disana mereka mendapat pendidikan dan kasih sayang BUKAN dari orang tua
Bahkan ga jarang mereka di didik secara SEKSUAL ada usia dini ( disodomi gurunya dll )

Nahhh ini yang harus menjadi fokus bung Zadah :
Mengapa MAYORITAS muslim GA pinter

Apa karena sewaktu kecil sering disodomi di ponpes

piss

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 1:31 pm

duren swt wrote:
@Andi Cactusa wrote:...Baik lah, saya bantu ada, dengan mengambil dari tulisan awal anda sendiri. Dalam aspek apa saja perlu dibandingkan antara Yahudi dan Arab.
1. Apa yang dilakukan oleh wanita Yahudi dan Arab ketika hamil,
2. Makanan si ibu semasa menyusui bayinya,
3. Kebiasaan atau sikap terhadap rokok,
4. Apa yang diajarkan kepada anak-anak,
5. Apa olah raga yang menjadi prioritas,
6. Bagaimana sikap dan apresiasi mereka terhadap pendidikan dan pelatihan.
Benernya ITULAH poin yang ingin saya gali dari si Zadah dengan memberi hadis CARA Muhammad merawat anak diatas

Muslim ( sejak jaman Muhammad dan merupakan kebiasaan pagan Quraish ) ... SELALU menitipkan anak pada orang lain !!

Muhammad sendiri di masa kecilnya dititipkan pada orang lain
Muslim jaman sekaranpun punya kebiasaan yang mirip : yaitu anak anak tidur di surau ATAU diasramakan di ponpes

Disana mereka mendapat pendidikan dan kasih sayang BUKAN dari orang tua
Bahkan ga jarang mereka di didik secara SEKSUAL ada usia dini ( disodomi gurunya dll )

Nahhh ini yang harus menjadi fokus bung Zadah :
Mengapa MAYORITAS muslim GA pinter

Apa karena sewaktu kecil sering disodomi di ponpes

piss

negatif mulu ni orang.... @duren duren ,

saya akui emang semua Mayoritas Muslim gak pinter saya akui, memang untuk saat ini muslim banyak yang "BELUM PINTER",, sebelum saya membahas ketidak punteran ini saya sedikit mengulas tentang kehidupan pesantren dan kenapa dititipkan ke orang lain,,

perbedaan sistem pendidikan pesantren dengan sistem pendidikan seperti sekolah sangatlah berbeda,,,, dipesantren ada beberapa banyak jurusan jurusan dalam mendalami ilmu agama

contohnyanih,,,,
1. Pesantren Salafiyah
2. Pesantren Qiroah
3. Pesantren Tauhid
4. Pesantren Nahwu dan Shorof,,
jadi mana dulu yang di dalami,,


memang betul , masalah seks di kalangan pesantren masih tabu tidak seperti dikaummu yang "Pake TATO salib", ngelakuin adegan seks di film film layar lebar"(gak malu tuh)=lihat film layar lebar "SKANDAL"

dipondok pesantren mereka fokus terhadap ilmu yang mereka ajarkan oleh gurunya, gak ada keluaran pesantren yang setahun dapat segala bisa,, jangankan masalah seks masalah berjumpa dengan wanitapun ada aturan yang mendasar, masalah perkara di sodomi dan sebagainya saya tidak mau komentari itu kan bentuk "KESUKAAN" anda terhadap orang orang kalangan pesartren,

#kata siapa dipesantren tidak dipelajari masalah seks, berbakti kepada orang tua,,, apa dasar anda berkata demikian mas duren ???

salahnya di muslim itu adalah ke engganan untuk bersatu, karena ada beberapa
hal organisasi masyarakat islam di indonesia misalnya

ada NU,PERSIS,MUHAMMADIYAH,SYARIKAT ISLAM dan sebagainya yang masing masing memiliki pemikiran masing masing tentang masalah ini,, sebetulnya saya katakan mereka "EGOIS", kenapa saya bilang egois karena mereka sering meributkan masalah fiqih atau ibadah yang berbeda, padahal menurut pandangan muslim yang bodoh seperti saya kalo seluruh ormas islam., antara ustad satu dan dengan yang lainnya sama sama bersatu, dan fokus memcari kemajuan untuk umatnya, bangsanya dan negaranya, insya allah islam rahmatan lil alamin akan tercapai islam adalah rahmat bagi seluruh alam akan nyata dalam kehiduapan di indonesia,,,

ini lemahnya islam rasa persatuan dan solidaritas masih perlu ditingkatkan, hal ini berbeda dengan umat "ANDA" yang memiliki solidaritas sangat bagus,

itulah sebabnya umat "ISLAM" belum pinter menurut jawaban anda,,

maaf membaca aja aku sulit..
masih banyak kekurangan, maklum lah ilmu saya masih jauh dari anda mas..... 2 good

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by Guest on Mon Jan 21, 2013 1:44 pm

@zadah1989 wrote:dipondok pesantren mereka fokus terhadap ilmu yang mereka ajarkan oleh gurunya, gak ada keluaran pesantren yang setahun dapat segala bisa,, jangankan masalah seks masalah berjumpa dengan wanitapun ada aturan yang mendasar, masalah perkara di sodomi dan sebagainya saya tidak mau komentari itu kan bentuk "KESUKAAN" anda terhadap orang orang kalangan pesartren,
Anda ini ngerti FOKUS dalam berdebat ga ya

Yang anda komentari malah NGALOR NGIDUL keluar dari fokus bahasan kita

Fokusnya adalah :
Demi menciptakan anak anak yang cerdas ....
- Apa CARA MENDIDIK ANAK dengan method PAGAN Quraish dari abad ke 7 ... masih sesuai dengan sistem pendidikan anak di jaman modern ini ??
Ato
- CARA JAHUDI seperti yang anda paparkan diatas KAH yang lebih unggul ??

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa orang Yahudi rata-rata pintar?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik