FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Islam dan Kreativitas

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Islam dan Kreativitas

Post by Andi Cactusa on Thu Jan 10, 2013 3:36 pm

First topic message reminder :

Islam dan Kreativitas

...Pada hari Minggu, 2 Desember 2012, bung Ichreza membuka thread berjudul “teladan bisnis Rasulullah.” Isinya berupa artikel karangan Dr Muhammad Safi’i Antonio. Dalam artikel itu dikisahkan sepak-terjang ringkas Muhammad dalam dunia bisnis. Lihat: http://www.laskarislam.com/t4570-teladan-bisnis-rasulullah yang sudah digembok.
...Dari dialog dengan bung Ichreza, ada yang sangat menarik perhatian saya untuk diulas lebih lanjut. Berikut ini dialog saya dengan bung Ichreza. Saya kutip yang perlu saja sebagai pengantar ke masalah utama.

@Andi Cactusa wrote:Bung Ichreza,

...Untuk kedua kalinya saya ingin bertanya: Mengapa anda seringkali memuat copasan tanpa menyertakan url-nya?
...Untuk moderator: Apakah bung Ichreza anggota yang sangat khusus sehingga diperbolehkan terus-menerus melanggar peraturan LI ini?
...Bila bung Ichreza tidak mencantumkan sumbernya, maka isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung-jawab anda. Artinya atau implementasinya, semua tanggapan terhadap postingan anda harus anda respons atau jawab.
ichreza wrote:PERTAMA, saya tidak mengcopas. tapi artikel ini saya dapat dari isi komputer saya sendiri, bukan hasil copas dari internet.
@Andi Cactusa wrote:...Lagi-lagi anda membuat saya terpana. Rupanya anda manusia pertama di dunia ini yang memiliki komputer yang tanpa bantuan manusia dapat membaca buku, majalah, koran, mengakses internet dan kemudian menyimpannya di hard-disk. Komputer anda mencantumkan nama penulisnya, Muhammad Safi’i Antonio, tetapi lupa mencantumkan sumbernya. Begitu kah?
ichreza wrote:KEDUA, yang dilarang di LI adalah menghadirkan link tanpa artikel. kalau artikel tanpa link itu boleh.
@Andi Cactusa wrote:...Peraturan yang saya kutip berikut kiranya tidak bermakna seperti yang anda maksud.
Pelampiran Sumber Referensi (link).

Setiap Referensi (bukan bersumber pribadi), WAJIB menyertakan "Link Sumber"-nya (bila berasal dari web Netral atau Web Islam) dan menyerta isi/Copy-Paste/Garis Besar/Kesimpulan.
http://www.laskarislam.com/t959-peraturan-dan-panduan-umum

...Atau, tolong berikan kalau ada peraturan lain di LI ini yang sejalan dengan pernyataan anda, siapa tahu belum saya lihat.
ichreza wrote:1. sebagian besar artikel di LI adalah materi yg saya save di komputer saya sebagai database. url link sumber tidak bisa muncul ketika anda menyimpan sebuah halaman. seingat saya ini adalah artikel dari forum swaramuslim.net, salah satu webforum kristologi yang pertama dan terbesar di Indonesia daam kurun waktu 2003-2008. forum swaramuslim adalah salah satu inspirator LI. di mana web tersebut sudah hilang, mungkin karena dihack oleh dedengkot FFI yang tidak suka dengan kehadiran forum tersebut.
@Andi Cactusa wrote:Bung Ichreza,
...Saya tidak bermaksud menjatuhkan atau menyakiti perasaan anda. Hanya kebetulan anda salah satu yang paling mencolok memuat tulisan yang bukan karangan anda sendiri, tanpa menyebutkan sumbernya. Lalu saya jadikan kasus sebagai bahan pemikiran dan pembelajaran, agar mutu LI ini semakin meningkat, semakin menarik dan semakin bonafid atau kredibel.
...Walau pun tulisan itu sudah anda simpan di komputer anda, bukan berarti tulisan itu menjadi milik anda. Copyright tulisan itu tetap di tangan bung Antonio atau media yang pertama memublikasikannya. Saya yakin anda sering membaca peringatan, “Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi tulisan ini tanpa menyebutkan sumbernya.”
...Di penutup artikel itu masih anda cantumkan nama Muhammad Safi’i Antonio. Jelas bahwa pemilik hak cipta artikel itu adalah bung Antonio, bukan anda. Andaikata kita berada di negara yang sangat ketat menerapkan Undang-undang Hak Cipta, seperti di Eropa atau USA, anda bisa dituntut dan dimasukkan ke penjara.
...Saya sarankan, bila anda memuat suatu artikel yang bukan karangan anda sendiri, tetapi kutipan, usahakan mencari dan mencantumkan sumbernya. Tulisan bung Antonio itu misalnya, saya lihat banyak di berbagai situs. Anda perlu menutup pintu bagi prasangka bahwa tulisan atau artikel bersangkutan telah anda ubah.
...Bung Abu Hanan beberapa waktu yang lalu di thread saya, “Menilik Gaya Kepemimpinan Muhammad,” mengutip terjemahan uraian pakar (Lewin cs.) dalam bahasa Indonesia, tanpa menyebutkan sumbernya. Saya meminta dia memberikan sumbernya, karena uraian tersebut berbeda dengan yang saya baca dalam bahasa Inggris. Hal seperti itu bisa menimbulkan berbagai prasangka di pikiran saya, yang seharusnya tidak perlu terjadi.
ichreza wrote:2. anda menyalahtafsirkan peraturan tersebut. yg dimaksud harus melampirkan link adalah jika bukan bersumber dari data pribadi. sedangkan apa yg di database komputer saya adalah data pribadi.

@Andi Cactusa wrote:...Kiranya uraian saya di atas juga sekaligus menanggapi point ke-2 ini. Tulisan atau artikel itu tetap bukan milik anda dan bukan bersumber dari data pribadi anda. Bila anda mengkleim itu sebagai milik anda, maka anda sudah melakukan perbuatan mencuri.
ichreza wrote:ok. bung andi.....F.Noya....sepertinya anda seorang akademisi...

anda begitu kritis sekali dengan masalah keilmiahan. saya menghargai pendapat anda. niat saya di sini hanya menyiarkan agama islam. saya mengerti, di dunia akademis memang wajib mencantumkan sumber rujukan secara lengkap. akan tetapi dalam dunia keislaman, tidak ada hak cipta atau hak copyright. apa yang ditulis dan diproduksi dalam dunia islam adalah milik umat islam. apa yang disumbangkan Dr Syafii Antonio kepada umat adalah untuk umat islam dan sepenuhnya menjadi milik umat islam. dalam hukum islam tidak ada copyright, karena copyright hanya milik Allah.
...Khusus bagi rekan-rekan netter muslim, tolong perhatikan kalimat yang dibold dan berwarna biru. Apakah pernyataan atau statement itu benar dan anda amini? Akan lebih solid lagi bila anda dukung dengan ayat-ayat dari AQ atau hadits. Terima kasih.


Terakhir diubah oleh Andi Cactusa tanggal Thu Jan 10, 2013 4:07 pm, total 1 kali diubah
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down


Re: Islam dan Kreativitas

Post by Guest on Fri Jan 18, 2013 12:39 pm

@suara hati wrote:
Benar bahwa Islam bukan yang pertama dalam sejarah keilmuan manusia...dan kenyataan juga bahwa Islam bukan umat pertama yang muncul...! Duluan ada keilmuan yang dipelopori Cina atau Yunani...bahkan duluan agama Kristen muncul (yang belakangan belajar dari muslim). Nah...Islam tampil menyesuaikan dengan timing nya. Mempelajari,menerjemahkan dan mengembangkan ilmu manusia sebelumnya (misal Cina atau Yunani)...dan kemudian diteruskan oleh umat didepannya yaitu mis : Eropa Kristen.
Baru ini post mu yang RADA waras

Seperti post mu diatas .... Pada dasarnya , Islam mengenal SAINS setelah mereka menumbangkan Persia
Hal ini tidak mengherankan ... Persia jauh jauh hari sudah punya tradisi keilmuwan selama ribuan tahun

Dan ingat sindiran raja Yizgard III saat membalas surat Umar :
Atas nama Azhura Mazda .... Saat MOYANG MU masih MAKAN KADAL ....kami sudah melakukan segala hal , melakukan banyak KEBAIKAN ....

Hal itu berlanjut sampai hari ini .... yang namanya SAINS dalam Islam kebanyakan di kuasai oleh KAUM SHIAH - Iran !!!
Sementara anda anda dari kelompok PEMAKAN KADAL ( Sunni ) => Tidak punya tradisi SAINS

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by Andi Cactusa on Fri Jan 18, 2013 12:56 pm

@suara hati wrote:Benar bahwa Islam bukan yang pertama dalam sejarah keilmuan manusia...dan kenyataan juga bahwa Islam bukan umat pertama yang muncul...! Duluan ada keilmuan yang dipelopori Cina atau Yunani...bahkan duluan agama Kristen muncul (yang belakangan belajar dari muslim). Nah...Islam tampil menyesuaikan dengan timing nya. Mempelajari,menerjemahkan dan mengembangkan ilmu manusia sebelumnya (misal Cina atau Yunani)...dan kemudian diteruskan oleh umat didepannya yaitu mis : Eropa Kristen.
...Baik lah. Saya kira kita sudah sepakat bahwa ilmu itu mengalami transformasi dari tangan ke tangan dan dari generasi ke generasi.
...Walau pun kesimpulan itu pantas dipertanyakan. Untuk jaman dahulu saya duga seringkali suatu ide baru yang lebih maju bukan kelanjutan atau pengembangan dari pemikiran yang sudah ada sebelumnya. Karena di masa itu belum ada mesin cetak, bahasa dan aksara internasional, dokumentasi yang rapi dan alat komunikasi yang cepat dan meluas seperti di jaman modern. Maksudnya, sangat mungkin suatu inovasi di Mesir tidak diilhami oleh pemikiran yang sudah ada ke arah itu sebelumnya di Iran, apalagi inovasi di Cina dengan ide yang di TimTeng.
@suara hati wrote:Tentang 10 inovasi itu, saya belum bisa jawab..apakah itu masalah record yang hilang atau belum tampil atau hidden atau apa...saya belum tahu.
...Saya kurang faham maksud anda. Karena saya tidak mengajukan pertanyaan mengenai validitas ke 10 inovasi itu. Saya juga tidak berminat tertambat dan berputar-putar pada hal itu. Bisa saja data yang disajikan oleh EncBrit tidak 100% akurat. Tetapi akan jarang yang menilainya ngawur, karena mereka memiliki panel ahli yang tidak diragukan otoritasnya.
@suara hati wrote:Tapi berdasar banyak penulis baik muslim maupun non muslim, peran Islam terhadap kebangkitan Ilmu (sangat termasuk Eropa)...sangat besar. Itulah mengapa saya tidak sefaham dengan pendapat miring bahwa Islam itu tidak kreatif atau iklim Islam itu tidak kondusif.

Akan mundur nya dunia Islam dari panggung ilmu...bisa ditinjau dari banyak titik yang kompleks, mulai dari isu isu penafsiran internal dan sebagainya.
...Ok, saya dukung statement pertama di atas. Agar kita tidak membuang waktu untuk hal yang debatable tanpa ujung. Kita beralih saja ke statement ke-dua yang lebih penting.
...Saya kira kurang tepat mengatakan dunia Islam mundur dari panggung ilmu. Akan lebih pas kalau dikatakan dunia Islam (muslim) tertinggal oleh dunia Barat di panggung ilmu atau science. Ilmu sangat erat tautannya dengan kreativitas yang melahirkan inovasi.
...Data yang disajikan oleh EncyBrit juga mendukungnya. Sebelum era Islam, lumayan banyak inovasi besar lahir TimTeng dan Turki. Tetapi setelah adanya agama Islam, tidak ada lagi inovasi yang berarti. Dari negeri kita, yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, juga belum ada inovasi yang berarti.
...Anda mulai saja memberikan pandangan atau pendapat anda. Agar kita telaah bersama-sama.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by suara hati on Fri Jan 18, 2013 1:57 pm

@jaya wrote:
Pernyataan Anda yg saya bold, itulah bukti bahwa islam memang tidak kondusif bagi berkembangnya kreativitas dan keilmuan.
Pada zaman Eropa Kristen belajar (berguru) ke Islam...situasi nya pasti kondusif untuk pengembangan ilmu. Teramat banyak penulis muslim dan non muslim yang mengakui peran penting Islam dalam keilmuan dunia adalah kenyataan sejarah yang tidak bisa dipungkiri.

Benar bahwa sekarang umumnya dunia Islam sedang tertinggal dan bisa saja sedang tidak kondusif akibat berbagai faktor namun sumbangan Islam dalam sejarah keilmuan dunia tidak bisa dihapus bro.


suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by suara hati on Fri Jan 18, 2013 2:04 pm

duren sawit wrote:
Baru ini post mu yang RADA waras

Seperti post mu diatas .... Pada dasarnya , Islam mengenal SAINS setelah mereka menumbangkan Persia
Hal ini tidak mengherankan ... Persia jauh jauh hari sudah punya tradisi keilmuwan selama ribuan tahun
Silakan saja membunyikan nada minor, tapi nasehat saya adalah jangan mencoba mengingkari kenyataan sejarah bahwa peran Islam mengajari dunia Kristen itu sudah terjadi, syukuri saja nikmat Tuhan (nikmat Kristen belajar dari Islam) itu. Gitu bro

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by Andi Cactusa on Fri Jan 18, 2013 2:06 pm

duren swt wrote:Hal itu berlanjut sampai hari ini .... yang namanya SAINS dalam Islam kebanyakan di kuasai oleh KAUM SHIAH - Iran !!!
Sementara anda anda dari kelompok PEMAKAN KADAL ( Sunni ) => Tidak punya tradisi SAINS
...Penerima hadian Nobel fisika Abdus Salam meninggalkan negeri tercintanya Pakistan, karena kaum Sunni tidak mengakui Ahmadiyah yang dianutnya termasuk Islam. Di Indonesia dia tanpa sungkan dan rasa malu dibanggakan, tetapi warga Ahmadiyah dikucilkan bahkan ada yang "disate".
...Sampai meninggalnya bermukim di London. Setelah mati dan tidak berguna lagi baru kembali ke negerinya. Batu nisannya saja diluluh-lantakkan. Sungguh bodoh dan perilaku yang tiada terperikan rendahnya!
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by suara hati on Fri Jan 18, 2013 2:43 pm

Sebelum menanggapi lebih lanjut, saya tegaskan bahwa peran Islam dalam keilmuan dunia telah dicatat oleh sejarah dan teramat banyak ilmuwan non muslim yang menyatakan itu.

duren sawit wrote:
Sampai meninggalnya bermukim di London. Setelah mati dan tidak berguna lagi baru kembali ke negerinya. Batu nisannya saja diluluh-lantakkan. Sungguh bodoh dan perilaku yang tiada terperikan rendahnya!
Saya turut prihatin dengan kejadian itu...!
Tanggapan saya atas quote bung Andi Cactusa dibawah ini mengarah ke penjelasan kenapa itu bisa terjadi.

@Andi Cactusa wrote:
Saya kira kurang tepat mengatakan dunia Islam mundur dari panggung ilmu. Akan lebih pas kalau dikatakan dunia Islam (muslim) tertinggal oleh dunia Barat di panggung ilmu atau science. Ilmu sangat erat tautannya dengan kreativitas yang melahirkan inovasi.
Mundur yang saya maksud bukan menarik diri. Bolehlah sekarang dikatakan dunia Islam tertinggal dari Barat. Bolehlah dikatakan bahwa dunia Islam sedang tidak kondusif bagi kemajuan ilmu sehingga inovasi sulit terbentuk...tapi itu bukan kondisi ideal yang diajarkan Islam. Umumnya umat Islam sedang mengalami pemahaman yang keliru tentang Islam itu sendiri...namun bukan dari sisi akidah. Dan pemahaman keliru ini melanda sebagian besar ulama (itu menurut saya).


suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by Guest on Fri Jan 18, 2013 2:48 pm

@suara hati wrote:
duren sawit wrote:
Baru ini post mu yang RADA waras

Seperti post mu diatas .... Pada dasarnya , Islam mengenal SAINS setelah mereka menumbangkan Persia
Hal ini tidak mengherankan ... Persia jauh jauh hari sudah punya tradisi keilmuwan selama ribuan tahun
Silakan saja membunyikan nada minor, tapi nasehat saya adalah jangan mencoba mengingkari kenyataan sejarah bahwa peran Islam mengajari dunia Kristen itu sudah terjadi, syukuri saja nikmat Tuhan (nikmat Kristen belajar dari Islam) itu. Gitu bro
Hahaha ... nasehati aja para sodaramu dari kaum pemakan kadal

Heran deh dengan muslim ini
Pada post sebelumnya anda setuju dengan berkesimpulan bahwa inlmu pengetahuan adalah sesuatu yang BERKEMBANG

Bahkan saya TIDAK MENGATAKAN Shiah NGAJARIN Sunni !!

Lha biarpun diajarin .... namun klo OTAKNYA cuma lepel KADAL , ya tetap aja jadi manusia DOGOL

Ga ada istilah MENGAJARI dalam mencari ilmu
Yang ada malah istilah MENCURI ilmu


Walau merupakan hadis dhoif ... di Islam terkenal jargon " Belajar sampai kenegri China "
Lantas .... dari mana jalannya elo berkesimpulan bahwa Islam NGAJARIN Kristen ??
Emanknya Islam pernah buka sekolah BAGI BAGI ILMU kepada Kristen

Kembali kepada pemikiran waras :
Siapapun bisa jadi pintar
Siapapun bisa jadi ilmuwan
Orang kaya punya kesempatan " lebih " untuk mencari ilmu
Namun orang miskin pun banyak yang berhasil " MENCURI " ilmu

Semua tergantung mentalitas , kultur ybs

Kristen pintar ???
Itu karena MEMANG MAU BELAJAR ...
Ga dikasih ilmu pun dia akan MENCURI ILMU !!


Yang harus anda pikirkan adalah FAKTA :
Mengapa kaum muslim PEMAKAN KADAL - Sunni seperti anda TIDAK PUNYA KULTUR menjadi ilmuwan
PADAHAL
Anda anda semua SUDAH BERGAUL / DIAJARIN kaum Persia - Shiah
Kita lihat faktanya :
Arab Saudi , Kuwait , Malaysia , Brunei = > PEMAKAN KADAL kaya raya yang tetap aja tidak punya budaya ilmiah

Walau SUDAH diajari ...
Walau SUDAH kaya raya ...
NAMUN Sunni TETAP AJA TUOLOL
Karena MEMANG TIDAK PUNYA BUDAYA BELAJAR !!
Atau mungkin otaknya memang ga mampu !!
Atau mungkin lebih senang jadi kaum pemakan kadal


Oya ... satu hal yang perlu anda ketahui
Di FFI saya adalah kapir yang berseberangan dengan bung Andi MASALAH kepesimisan beliau akan kemajuan bangsa Indonesia

Saya termasuk kapir yang optimis bangsa Indonesia ( yang muslim sekalipun ) TETAP bisa maju ... tentu ... asal saja mau belajar




Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by suara hati on Fri Jan 18, 2013 2:56 pm

@duren sawit
Maaf saya tidak membaca postingan anda sampai habis...karena sia sia saja diskusi dengan anda.

@bung Andi Cactusa,bung Jaka dan lain lain
Saya menunggu anda ...


Terakhir diubah oleh suara hati tanggal Fri Jan 18, 2013 3:11 pm, total 2 kali diubah

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by Guest on Fri Jan 18, 2013 3:05 pm

@SH

Hahaha
Itu membuktikan kebenaran tuduhanku bahwa anda sebagai Sunni memang tidak punya tradisi BELAJAR alis masih ORI sebagai KAUM PEMAKAN KADAL

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by Andi Cactusa on Fri Jan 18, 2013 4:55 pm

@suara hati wrote:@bung Andi Cactusa
Saya menunggu anda ...
...Kok, kita jadi saling menunggu? Apa belum anda baca permintaan saya agar anda memulai mengajukan pendapat, pandangan atau analisis tentang ketertinggalan muslim dalam ilmu pengetahuan?
...Ini saya kutip lagi:
@Andi Cactusa wrote:...Data yang disajikan oleh EncyBrit juga mendukungnya. Sebelum era Islam, lumayan banyak inovasi besar lahir TimTeng dan Turki. Tetapi setelah adanya agama Islam, tidak ada lagi inovasi yang berarti. Dari negeri kita, yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, juga belum ada inovasi yang berarti.
...Anda mulai saja memberikan pandangan atau pendapat anda. Agar kita telaah bersama-sama.
...Apakah jawaban anda adalah yang berikut ini?
@suara hati wrote:Mundur yang saya maksud bukan menarik diri. Bolehlah sekarang dikatakan dunia Islam tertinggal dari Barat. Bolehlah dikatakan bahwa dunia Islam sedang tidak kondusif bagi kemajuan ilmu sehingga inovasi sulit terbentuk...tapi itu bukan kondisi ideal yang diajarkan Islam. Umumnya umat Islam sedang mengalami pemahaman yang keliru tentang Islam itu sendiri...namun bukan dari sisi akidah. Dan pemahaman keliru ini melanda sebagian besar ulama (itu menurut saya).
...Sejak anda muncul di thread saya, terkesan bahwa anda cenderung menggunakan jurus “silat lidah”. Sudah saya usahakan menggunakan istilah dan kalimat yang umum dan mudah difahami, tetapi anda hampir selalu mengelak menggunakan istilah yang saya ajukan. Lalu anda balas dengan kalimat yang kurang jelas dan mengambang. Akibatnya saya jadi bingung menanggapinya.
...Baiklah saya ulas kalimat anda yang di atas, agar anda dan pembaca bisa memahami mengapa saya sering bingung.

“Mundur yang saya maksud bukan menarik diri.”
...Sebelumnya saya katakan muslim kurang tepat dikatakan mundur dalam ilmu, tetapi lebih pas dikatakan tertinggal dari dunia Barat. Bukan kah anda sendiri ngotot bahwa muslim terus berkiprah, bahkan pernah hebat, dalam ilmu pengetahuan? Ilmu pengetahuan muslim tertinggal bisa karena berhenti atau mandeg, tetapi bisa juga karena kecepatannya kalah dibanding kecepatan perkembangan ilmu pengetahuan dunia Barat. Lalu, mengapa tidak anda terima dan gunakan saja istilah “tertinggal” yang juga sudah digunakan oleh banyak cendekiawan muslim itu? Kalimat anda “Mundur yang saya maksud bukan menarik diri,” malah tidak menjelaskan apa pun. Saya tidak ada menduga bahwa mundur identik dengan menarik diri! Terkesan bahwa anda tidak bersedia menerima istilah yang saya ajukan. Seolah-olah anda bependirian: “Pokoknya saya tidak sependapat dengan anda!”, tidak perduli jadi membingungkan, aneh atau bahkan kacau-balau. Kalau demikian, bagaimana diskusi kita bisa menjadi lancar dan bermutu?

“Bolehlah sekarang dikatakan dunia Islam tertinggal dari Barat. Bolehlah dikatakan bahwa dunia Islam sedang tidak kondusif bagi kemajuan ilmu sehingga inovasi sulit terbentuk...tapi itu bukan kondisi ideal yang diajarkan Islam.”
...Apa yang anda maksud dengan “dunia Islam sedang tidak kondusif bagi kemajuan ilmu” mungkin hanya jelas bagi anda tapi kabur bagi saya. Sehingga tidak jelas pula korelasinya dengan inovasi. Disambung dengan “...tapi itu bukankondisi ideal yang diajarkan Islam,” tetap masih belum jelas apa yang harus saya tanggapi.

“Umumnya umat Islam sedang mengalami pemahaman yang keliru tentang Islam itu sendiri...namun bukan dari sisi akidah. Dan pemahaman keliru ini melanda sebagian besar ulama (itu menurut saya).”
...Lagi-lagi, saya tidak memahami apa isi dari kalimat di atas karena terlalu umum. Seharusnya anda uraikan umat Islam mana yang salah faham, apa yang disalah-fahami dan bagaimana korelasi atau pengaruh sebab-akibatnya dengan ilmu pengetahuan, kreativitas dan inovasi.
...Secara umum saya nilai jawaban atau respons anda kurang memadai sehingga belum dapat saya tanggapi. Tolong berikan dengan lebih jelas, rinci dan mudah difahami. Pertanyaannya ialah: Mengapa sebelum Islam lahir, banyak inovasi besar lahir di Timur Tengah dan Turki, tetapi setelah ada Islam dengan jumlah penganut sudah melampaui satu milyar, tidak melahirkan satu pun inovasi besar?
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by suara hati on Mon Jan 21, 2013 9:30 am

@Andi Cactusa wrote:
Sejak anda muncul di thread saya, terkesan bahwa anda cenderung menggunakan jurus “silat lidah”. Sudah saya usahakan menggunakan istilah dan kalimat yang umum dan mudah difahami, tetapi anda hampir selalu mengelak menggunakan istilah yang saya ajukan. Lalu anda balas dengan kalimat yang kurang jelas dan mengambang. Akibatnya saya jadi bingung menanggapinya.
Sebenarnya bukan silat lidah...mana yang kurang jelas diulangi saja pertanyaannya.

@Andi Cactusa wrote:
Sebelumnya saya katakan muslim kurang tepat dikatakan mundur dalam ilmu, tetapi lebih pas dikatakan tertinggal dari dunia Barat. Bukan kah anda sendiri ngotot bahwa muslim terus berkiprah, bahkan pernah hebat, dalam ilmu pengetahuan? Ilmu pengetahuan muslim tertinggal bisa karena berhenti atau mandeg, tetapi bisa juga karena kecepatannya kalah dibanding kecepatan perkembangan ilmu pengetahuan dunia Barat
Dalam konteks itu sebenarnya pemakaian kata mundur dan tertinggal bisa saja dipergunakan walaupun dengan interpretasi yang agak berbeda.
Pengertian mundur dan tertinggal bisa menjadi agak repot kalau mau diartikan eksak secara bahasa. Tampaknya anda menginginkan pendalaman dalam pengertian bahasa. Sementara saya mengartikan 'mundur' dan 'tertinggal' dalam pemahaman spontan. (...seperti biasanya.... anda akan bingung lagi jika saya pakai kata 'spontan').

Mundur bisa berarti mundur ke arah awal...'mundur ke belakang'
Mundur bisa berarti menarik diri.
Mundur bisa berarti akselerasi yang menurun
Tertinggal bisa berarti 'kelupaan sehingga tertinggal'
Tertinggal bisa berarti akselerasi atau kecepatan yang dilampaui oleh pihak lain.

Diskusi dengan anda sepertinya menjadi sulit, karena anda mudah atau pura pura bingung..Anda sering mempertanyakan pemakaian bahasa pihak lain yang sebenarnya diucapkan atau ditulis dalam pengertian spontan atau umum. Saya mulai ragu untuk menjawab anda. Anda terkesan kaku untuk berbahasa. Bukan berari jika anda menyebut saya 'gebleg' berarti anda luwes...bukan itu.

@Andi Cactusa wrote:
Pertanyaannya ialah: Mengapa sebelum Islam lahir, banyak inovasi besar lahir di Timur Tengah dan Turki, tetapi setelah ada Islam dengan jumlah penganut sudah melampaui satu milyar, tidak melahirkan satu pun inovasi besar?
Inovasi yang dilakukan muslim sudah seabreg dan tentang inovasi di Timur Tengah dan Turki sudah saya jawab "tidak tahu" di #49.
Di MajalahInovasi misalnya tertulis tentang Al Jazari dan robotika, ini link nya :
http://majalahinovasi.com/al-jazari-the-engineer-penemu-konsep-robotika-modern/

@Andi Cactusa wrote:
tetapi bisa juga karena kecepatannya kalah dibanding kecepatan perkembangan ilmu pengetahuan dunia Barat.
Saya tidak setuju dikatakan kecepatan perkembangan ilmu pengetahuan Barat mengalahkan Islam...alasannya....(mungkin lain waktu saja).

Sayang sekali saya tidak dapat melanjutkan diskusi ini, sebab saya merasa tidak bebas menulis...pembuat thread sering bingung terhadap penjelasan saya dan cenderung memiliki tafsir kata yang kaku.

Silakan saja netter lain.

Regards




suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by oglikom on Mon Jan 21, 2013 10:31 am

Tidak ada tercatat ada wanita yang hebat sekelas konglomerat setelah Siti Khatijah meninggal.
Ini sudah cukup membuktikan bahwa Islam masih kalah dengan jaman Jahiliyah.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by Guest on Mon Jan 21, 2013 11:15 am

@oglikom wrote:Tidak ada tercatat ada wanita yang hebat sekelas konglomerat setelah Siti Khatijah meninggal.
Ini sudah cukup membuktikan bahwa Islam masih kalah dengan jaman Jahiliyah.
Ada kok
Namanya Umm Nidal ... RAHIM nya di pake sebagai pabrik suicide bomber dengan produktifitas tertinggi di planet bumi

Hahaha


Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 11:37 am

saya akui memang saya sebagai muslim, tentang ketertinggalan diberbagai bidang memang nyata adanya, terlepas dari setuju atau tidak ini bukanlah soal,

ada beberapa hal mestinya yang harus dikoreksi sebagai muslim, emang sulit untuk menerima kenyataan bahwa umat muslim tertinggal dari kemajuan zaman dan kreatifitas, walaupun banyak hal yang notabene muslim memiliki prestasi namun masih sangatlah sedikit dibanding umat diluar muslim,

ada hal yang paling mendasar untuk membuka masalah muslim dan kreatifitas sendiri, hal yang pertama adalah evaluasi diri ditujukan buat muslim sendiri, kita fokus dulu masalah dan saya mengakui memang untuk saat ini muslim masih tertinggal jauh dari agama luar sana, ada beberapa hal penghambat ini cukup banyak semuanya ada 10, namun saya akan bahas dulu 1 point saja ini evaluasi untuk islam tentunya

1.Melangkah dari format dan simbol menuju hakikat dan substansi

ini bahasan yang pertama, sungguh sejak lama energi umat islam habis untuk memikirkan islam dari segi formalitas yang jauh dari substansi, dan sibuk dengan bentuk bukan hakikat, hingga kini umat tertuju pada hal-hal yang sebenarnya sudah "selesai", dan "diselesaikan" oleh salafusshalih terdahulu, namun entah mengapa mayoritas umat islam rentan terjerumus ke dalam konflik berkepanjangan hanya karena masalah-masalah yang tidak terlalu substansial hingga tidak sempat memikirkan ajaran ajaran islam lainnya, terutana yang berkaitan dengan kehidupan,,

ada beberapa substansi islam yang dapat dilihat sebagai berikut inilah deskripsi islam dan substansinya yang saya sharing disini

a. akidah maka substansinya adalah tauhid
b.Ibadah maka substansinya adalah keikhlasan
c.Pedoman Muamalah (interaksi sosial) substansinya adalag kepercayaan
d. Akhlak substansinya adalah kasih sayang
e. Syariat substansinya adalah keadilan
f. Amal substansinya adalah Amal Sempurna
g. Hadharah, (peradaban) substansinya adalah keseimbangan
h. Hubungan bermasyarakat substansinya adalah persaudaraan
i. suluk (prilaku) substansinya adalah perasaan

kutipan yang diatas inilah yang terjadi : umat berdebat untuk masalah furu.iyah, namun tidak terusik misalkan ketika sumber daya alam kita digerus neokolonialisme atas nama penanaman modal asing, padahal kalo umat islam bisa memaksimalkan sumber daya ini pun dapat memajukan islam sendiri tapi sayang sekali para pemimpin umat pun tak berdaya dan hanya diam melihat mayoritas umat islam berada dalam kehidupan yang dibawah standar hidup layak


Al-Qaradawi menegaskan "Maka siapapun yang menghilangkan unsur tauhid dalam akidah, keikhlasan dalam ibadah, kepercayaan dalam berinteraksi, kasih sayang dalam tuntutan moral, keadilan dalam syariat, kesempurnaan dalam beramal, perasaan dalam beretika, persaudaraan dalam berinteraksi sosial, dan keseimbangan dalam peradaban, maka berarti telah menghilangkan substansi islam , kendati seseorang berpegang teguh pada simbol simbol dan formalitas yang berbau islam"

disini, harusnya umat islam harus memahami bahwa islam bukan hanya simbol. sebagai mana iman dan ketakwaan bukan sekedar formalitas saja.

jika benar umat islam ingin mengejar ketertinggalan maka harusnya iman, islam dan takwa harus bisa menjadi

1. kekuatan petunjuk
2.kekuatan pendorong
3. Kekuatan Pengontrol
4.kekuatan pemberi ketenangan
maaf mas andi, saya cuman sekedar sharing yang saya bisa, karena saya merasa ilmu saya masih cetek dibanding member-member lain disini, jadi kalo misalkan banyak kekurangan mohon maaf, hanya sekedar ingin berekspresi dengan ilmu yang masih sedikit, jadi masih perlu bimbingan yang lebih terperinci dari member member forum semua

salam

zadah1989

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by Guest on Mon Jan 21, 2013 11:58 am

@zadah1989 wrote: namun entah mengapa mayoritas umat islam rentan terjerumus ke dalam konflik berkepanjangan hanya karena masalah-masalah yang tidak terlalu substansial hingga tidak sempat memikirkan ajaran ajaran islam lainnya, terutana yang berkaitan dengan kehidupan,,
Masalah yang Ushul ( pokok ) dalam Islam = Sok teung NGATUR ORANG LAIN

Q 8.39. Dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah dan supaya agama itu semata-mata untuk Allah . Jika mereka berhenti (dari kekafiran), maka sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.

Sementara urusan internal adalah yang yang furu

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 12:15 pm

duren swt wrote:
@zadah1989 wrote: namun entah mengapa mayoritas umat islam rentan terjerumus ke dalam konflik berkepanjangan hanya karena masalah-masalah yang tidak terlalu substansial hingga tidak sempat memikirkan ajaran ajaran islam lainnya, terutana yang berkaitan dengan kehidupan,,
Masalah yang Ushul ( pokok ) dalam Islam = Sok teung NGATUR ORANG LAIN

Q 8.39. Dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah dan supaya agama itu semata-mata untuk Allah . Jika mereka berhenti (dari kekafiran), maka sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.

Sementara urusan internal adalah yang yang furu

hah kamu ren, udah kebanyakan nongkrong di FFI, pasti semua orang yang notabene orang bukan islam mencap bahwa islam adalah agama yang menganut kekerasan, jadi keinget surat hud,,, emang susah dech kalo berdebat sama orang yang benar benar benci banget sama agama islam, susahnya minta ampun, aku mengerti sekaranga,, ternyata segitu yach orang orang non muslim, emang Allah sudah ngasih tau kok, tentang hal itu......

masalahnya adalah saya membahas islam dan kreatifitas, kenapa islam ketinggalan, bukan ngebahas perang perang dan perang,,,, #hadeeeeeeeeeeeeeeeeeuuuuuuh
cape dechh......., salah satunya itu masalah yang gak substansiaal, tuch baca kutipan dari Al-Qordhowi yang aku tagin dimari,, ..susah kalo udah di brainwashed oleh media non muslim, gak mau yang namanya tabayun dulu #payah,,,,,, piss repot kalo berdebat dan sharing dengan orang yang "pinter" seperti anda

maaf membaca aja aku sulit piss

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by Guest on Mon Jan 21, 2013 12:25 pm

@zadah1989 wrote:
hah kamu ren, udah kebanyakan nongkrong di FFI, pasti semua orang yang notabene orang bukan islam mencap bahwa islam adalah agama yang menganut kekerasan, jadi keinget surat hud,,, emang susah dech kalo berdebat sama orang yang benar benar benci banget sama agama islam, susahnya minta ampun, aku mengerti sekaranga,, ternyata segitu yach orang orang non muslim, emang Allah sudah ngasih tau kok, tentang hal itu......
Kalau saya memang salah ... ya bantah aja , Itupun klo nte mampu ...
Klo ga mampu , berarti analisis saya benar

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by zadah1989 on Mon Jan 21, 2013 12:31 pm

duren swt wrote:
@zadah1989 wrote:
hah kamu ren, udah kebanyakan nongkrong di FFI, pasti semua orang yang notabene orang bukan islam mencap bahwa islam adalah agama yang menganut kekerasan, jadi keinget surat hud,,, emang susah dech kalo berdebat sama orang yang benar benar benci banget sama agama islam, susahnya minta ampun, aku mengerti sekaranga,, ternyata segitu yach orang orang non muslim, emang Allah sudah ngasih tau kok, tentang hal itu......
Kalau saya memang salah ... ya bantah aja , Itupun klo nte mampu ...
Klo ga mampu , berarti analisis saya benar

iya saya paham mas duren, saya tidak bilang saya menjawab bahwa analisis anda salah, saya juga belum bisa membenarkan atau membantah,karena masalah perang, dan yang lainnya gak ada hubungannya dengan thread di topik ini,, muslim dan kreatifitas yang notabene ketinggalan,,, udah banyak tuh thread thread tentang islam dianggap teroris di forum ini, karena menurut al-qur'an surat hud anda seperti demikian,,,,,
jadi kenapa saya harus marah atau kesal, lagi pula Allah swt sudah menjawabnya kok,,,,,,
di Al-Qur'an

maaf membaca saja aku sulit mas ren piss

zadah1989
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 93
Kepercayaan : Islam
Location : indonesia
Join date : 05.01.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by Andi Cactusa on Tue Jan 22, 2013 1:26 pm

...Walau pun bung suara hati sudah mengundurkan diri dari thread ini, ada baiknya bila saya teruskan menanggapi tulisannya. Semoga ada pelajaran yang dapat ditarik dari dialog kami.
@suara hati wrote:Sebenarnya bukan silat lidah...mana yang kurang jelas diulangi saja pertanyaannya.
...Suatu perdebatan akan bermutu apabila argumentasi yang bertentangan dibenturkan satu dengan yang lain. Biasa disebut “head to head argumentation.” Ibarat ingin mengetahui kekuatan dua truk, pertemukan saja kepalanya dan kemudian saling mendorong. Akan terlihat truk mana yang lebih kuat.
...Dari pengamatan saya di FFI mau pun di LI ini, netter muslim seringkali menghindar dari cara berdebat seperti itu. Misalnya, saya mengatakan, “Muhammad adalah maling atau pencuri.” Muslim menjawabnya, “Islam berdasarkan tauhid, sedang Kristen bertuhan tiga.” Cara berdebat seperti itu lah yang saya nilai termasuk “silat lidah” atau “debat kusir.”
...Cara bung suara hati berdebat, tidak terkecuali. Misalnya di thread saya yang satu lagi, sudah saya tegaskan dari awal bahwa gaya kepemimpinan adalah menyangkut hubungan dan interaksi antara pemimpin dan yang dipimpinnya. Bolak balik masih dia tanya, proses konvensi Nicea, pembentukan gereja dan lainnya yang irrelevan.
@Andi Cactusa wrote:Sebelumnya saya katakan muslim kurang tepat dikatakan mundur dalam ilmu, tetapi lebih pas dikatakan tertinggal dari dunia Barat. Bukan kah anda sendiri ngotot bahwa muslim terus berkiprah, bahkan pernah hebat, dalam ilmu pengetahuan? Ilmu pengetahuan muslim tertinggal bisa karena berhenti atau mandeg, tetapi bisa juga karena kecepatannya kalah dibanding kecepatan perkembangan ilmu pengetahuan dunia Barat
@suara hati wrote:Dalam konteks itu sebenarnya pemakaian kata mundur dan tertinggal bisa saja dipergunakan walaupun dengan interpretasi yang agak berbeda.
Pengertian mundur dan tertinggal bisa menjadi agak repot kalau mau diartikan eksak secara bahasa. Tampaknya anda menginginkan pendalaman dalam pengertian bahasa. Sementara saya mengartikan 'mundur' dan 'tertinggal' dalam pemahaman spontan. (...seperti biasanya.... anda akan bingung lagi jika saya pakai kata 'spontan').

Mundur bisa berarti mundur ke arah awal...'mundur ke belakang'
Mundur bisa berarti menarik diri.
Mundur bisa berarti akselerasi yang menurun
Tertinggal bisa berarti 'kelupaan sehingga tertinggal'
Tertinggal bisa berarti akselerasi atau kecepatan yang dilampaui oleh pihak lain.
...Konsintensi sangat penting dalam suatu perdebatan yang terdiri dari beberapa serie. Bung suara hati mengatakan bahwa muslim mundur dalam bidang ilmiah, tetapi di bagian terakhir berkata bahwa inovasi yang dilakukan muslim sudah seabreg. Sebelumnya, bersama dengan bung Abu Hanan, juga sudah mengajukan beberapa nama muslim yang hebat dalam ilmu pengetahuan. Anehnya, tetap ngotot memertahankan istilah mundurnya. Padahal istilah tertinggal (kalah cepat dengan kemajuan ilmu di Barat) justru mendukung atau sejalan dengan pendapat bung suara hati sendiri.
...Bung suara hati berdalih, bahwa dia menggunakan pemahaman “spontan”. Terang saja saya tidak memahami maksudnya, karena belum pernah saya dengar ada "istilah berdasarkan hasil pemikiran” dan “istilah berdasarkan pemahaman spontan.”
...Dalam perdebatan tertulis, setiap kata apalagi istilah, sebaiknya menggunakan yang sudah umum atau baku. Kalau menggunakan istilah dengan makna karangan sendiri, seharusnya dijelaskan.
@suara hati wrote:Diskusi dengan anda sepertinya menjadi sulit, karena anda mudah atau pura pura bingung..Anda sering mempertanyakan pemakaian bahasa pihak lain yang sebenarnya diucapkan atau ditulis dalam pengertian spontan atau umum. Saya mulai ragu untuk menjawab anda. Anda terkesan kaku untuk berbahasa. Bukan berari jika anda menyebut saya 'gebleg' berarti anda luwes...bukan itu.
...Begini lah tipikal orang yang tidak pernah mengakui kekurangannya. Dia yang kurang piawai menuangkan pemikirannya ke dalam tulisan, lawan debatnya yang disalahkan atau dinilai kurang mampu memahaminya. Mungkin, mayoritas muslim menderita "penyakit" seperti ini, terutama bila sedang berdialog dengan kafir.
Tentu saja sikap seperti itu akan menghambat pengidapnya memperbaiki diri atau meningkatkan kemampuan berpikirnya.
...Kelebihan perdebatan tertulis dibanding perdebatan live adalah tersedianya waktu yang sangat memadai untuk berpikir dan merevisi tulisan sebelum memostingnya. Tidak sepatutnya ada pengertian atau istilah spontan.
...Saya tidak menolak kalau lawan debat menilai saya kaku dalam berbahasa. Karena saya memang selalu berusaha memilih kata atau istilah yang tidak multi-interpreted. Walau sudah berusaha begitu, masih saja terjadi kesalah-fahaman, seperti dengan bung suara hati.
@Andi Cactusa wrote:Pertanyaannya ialah: Mengapa sebelum Islam lahir, banyak inovasi besar lahir di Timur Tengah dan Turki, tetapi setelah ada Islam dengan jumlah penganut sudah melampaui satu milyar, tidak melahirkan satu pun inovasi besar?
@suara hati wrote:Inovasi yang dilakukan muslim sudah seabreg dan tentang inovasi di Timur Tengah dan Turki sudah saya jawab "tidak tahu" di #49.
Di MajalahInovasi misalnya tertulis tentang Al Jazari dan robotika, ini link nya :
http://majalahinovasi.com/al-jazari-the-engineer-penemu-konsep-robotika-modern/
...Pernyataan di atas yang saya maksukan tidak konsisten dengan pernyataan sebelumnya.
@Andi Cactusa wrote:tetapi bisa juga karena kecepatannya kalah dibanding kecepatan perkembangan ilmu pengetahuan dunia Barat.
@suara hati wrote:Saya tidak setuju dikatakan kecepatan perkembangan ilmu pengetahuan Barat mengalahkan Islam...alasannya....(mungkin lain waktu saja).

Sayang sekali saya tidak dapat melanjutkan diskusi ini, sebab saya merasa tidak bebas menulis...pembuat thread sering bingung terhadap penjelasan saya dan cenderung memiliki tafsir kata yang kaku.

Silakan saja netter lain.

Regards
...Dapakah pembaca lihat kontroversi dalam kalimat-kalimat bung suara hati di atas? Pertama dia katakan “lain waktu saja.” Artinya, dia akan nongol lagi memberi alasannya. Tetapi segera disusul dengan, “Sayang sekali saya tidak dapat melanjutkan diskusi ini,..”
...Mungkin itu yang dia juluki "gaya menulis spontan", yang isinya saling bertentangan. Entahlah, saya serahkan saja kepada pembaca menilainya.
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by BiasaSaja on Wed Jan 23, 2013 9:32 pm

Kalau menurut gue sih, dia sedang mencontoh alloh swt dan nabi agungnya bro. usil
Plin plan bin kontradiksi
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by Andi Cactusa on Wed Jan 23, 2013 10:14 pm

@BiasaSaja wrote:Kalau menurut gue sih, dia sedang mencontoh alloh swt dan nabi agungnya bro. usil
Plin plan bin kontradiksi
...Oh. Begitu ya, bung BiasaSaja!?
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by abu hanan on Tue Mar 05, 2013 6:59 am

bicara kreativitas dan semangat menuntut ilmu sebenarnyah wajib dalam ajaran islam..sayah gak mungkir dari kenyataan jika dewasa ini muslim mengalami kemunduran-malas dan hal negatif lainnya adalah karena gak paham isi islam atow malas melaksanakan isi ajaran.

islam melarang "menunda pekerjaan" tetapi dalam prakteknyah muslim sering melanggarnya dg berbagai alasan..dan jeleknya bahwa alasan tersebut juga gak bisa diterima secara syar'i..
contoh;SKS,belajar semalam karena besok ujian..apa yg menjadikan siswa muslim doyan SKS?

sebuah hadits ;
muslim akan mundur jika uda terjangkiti cinta dunia dan takut mati...

belajar dan banyak membaca adalah wajib..urusan material adalah belakangan.siapkah kalian,wahai kaum muslimin?

hari ini,TS mengkritik perilaku kalian dan wajib bagi kalian kembali ke islam dan buktikan TS salah di kehidupan nyata.

@TS
maaf sayah menumpang pidato karena gemas terhadap MALAS sbg virus utama kaum sayah...

terima kasih atas pengertian anda.


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 05, 2013 7:08 am

@abu hanan wrote:belajar dan banyak membaca adalah wajib..urusan material adalah belakangan.siapkah kalian,wahai kaum muslimin?

muhammad aja umi..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 05, 2013 7:43 am


nasib si umi gimana, mbah?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by Andi Cactusa on Tue Mar 05, 2013 9:43 am

@zadah1989 wrote:ada beberapa substansi islam yang dapat dilihat sebagai berikut inilah deskripsi islam dan substansinya yang saya sharing disini

a. akidah maka substansinya adalah tauhid
b.Ibadah maka substansinya adalah keikhlasan
c.Pedoman Muamalah (interaksi sosial) substansinya adalag kepercayaan
d. Akhlak substansinya adalah kasih sayang
e. Syariat substansinya adalah keadilan
f. Amal substansinya adalah Amal Sempurna
g. Hadharah, (peradaban) substansinya adalah keseimbangan
h. Hubungan bermasyarakat substansinya adalah persaudaraan
i. suluk (prilaku) substansinya adalah perasaan

kutipan yang diatas inilah yang terjadi : umat berdebat untuk masalah furu.iyah, namun tidak terusik misalkan ketika sumber daya alam kita digerus neokolonialisme atas nama penanaman modal asing, padahal kalo umat islam bisa memaksimalkan sumber daya ini pun dapat memajukan islam sendiri tapi sayang sekali para pemimpin umat pun tak berdaya dan hanya diam melihat mayoritas umat islam berada dalam kehidupan yang dibawah standar hidup layak
...Di masa awal saya kuliah, seorang professor Amerika berujar, "Success made of 99% perspiration and only 1% inspiration." Belakangan baru saya ketahui bahwa ungkapan itu adalah ucapan Thomas Alva Edison, yang merupakan inventor terhebat ke-tiga sepanjang masa, "Genius is one percent inspiration, ninety-nine percent perspiration.” Sampai sekarang, sudah puluhan tahun, saya selalu mengingat, menghayatinya dan menekankannya kepada putra-putri saya.
...Memang belum banyak yang saya baca, tetapi sejauh ini belum pernah saya temukan penekanan bahwa bekerja keras termasuk ke dalam substansi ajaran Islam. Yang selalu nomor satu adalah tauhid yang tidak ada artinya bagi science hingga inovasi.
...Apa bekerja-keras memang tidak penting sehingga tidak ditekankan dalam ajaran Islam?
avatar
Andi Cactusa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 784
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 08.10.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam dan Kreativitas

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik