FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Syirik yang "imut2"

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Syirik yang "imut2"

Post by abu hanan on Mon Oct 10, 2011 5:50 pm

Pemahaman atas konsep luhur ‘dari-Nya’, ‘kehendak-Nya’, dan ‘kepada-Nya’, merupakan langkah praktis untuk menerapkan ajaran Islam pada semua aspek kehidupan kita ini. Sebagian dari kita, dengan sadar maupun tanpa disadari, terkadang melakukan syirik pada amal yang dilakukannya. Awal perbuatan kita adalah ‘dari-Nya’, dapat kita lakukan karena ‘kehendak-Nya’, untuk kembali ‘kepada-Nya’. Benih2 syirik mulai tumbuh manakala ‘kepada-Nya’ berganti haluan menjadi ‘kepada ciptaan-Nya’.

monggoh..dilanjutkan..@sun moon kang terutama.



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by sun-moon on Fri Oct 14, 2011 11:16 am

abu hanan wrote:Pemahaman atas konsep luhur ‘dari-Nya’, ‘kehendak-Nya’, dan ‘kepada-Nya’, merupakan langkah praktis untuk menerapkan ajaran Islam pada semua aspek kehidupan kita ini. Sebagian dari kita, dengan sadar maupun tanpa disadari, terkadang melakukan syirik pada amal yang dilakukannya. Awal perbuatan kita adalah ‘dari-Nya’, dapat kita lakukan karena ‘kehendak-Nya’, untuk kembali ‘kepada-Nya’. Benih2 syirik mulai tumbuh manakala ‘kepada-Nya’ berganti haluan menjadi ‘kepada ciptaan-Nya’.

monggoh..dilanjutkan..@sun moon kang terutama.

hehehe....ini mirip2 dengan yang dibahas ama temen saya tuh di link ini:
http://isyfatihah.wordpress.com/2011/09/19/hijab-dan-sumur/
dan analogi ini:
"sepanjang wujud sang gelas nya belumlah pecah dan kembali terurai menjadi pasir silika yang halus, maka akan menjadi syirik imut nan halus bilamana sang gelas itu menyatakan dirinya sebagai hakikat pasir silika dan unsur pembentuknya yang qadim..."

umpan lambung...silahkan dilanjut sundul atau dioper-oper lagi...
:lkj:
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by Admin on Fri Oct 14, 2011 1:57 pm

Itu makanya didalam kalimat ke-Tauhida-an ''Laa ilaaha illallooh''
Adalah bentuk kalimat negatif (-) ditunjukkan dengan kata la=tidak, dan dengan arti lengkapnya kalimat tersebut ''tidak/tiada Tuhan selain Allah''
Nah, itu menunjukkan kehidupan kita (manusia2) ini yg selalu rentan dengan yang namanya perbuatan syirik...
Jadi dengan kalimat itu kita akan selalu diingatkan untuk tidak menduakan Allah, sekecil apa-pun itu termasuk seperti hal-nya meyakini seseorang sebagai pembaya rizky bagi diri-nya, dll...
Na'udzubillah

:surban:
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://www.laskarislam.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by Ichwanzein on Fri Oct 14, 2011 2:16 pm

Admin wrote:Itu makanya didalam kalimat ke-Tauhida-an ''Laa ilaaha illallooh''
Adalah bentuk kalimat negatif (-) ditunjukkan dengan kata la=tidak, dan dengan arti lengkapnya kalimat tersebut ''tidak/tiada Tuhan selain Allah''
Nah, itu menunjukkan kehidupan kita (manusia2) ini yg selalu rentan dengan yang namanya perbuatan syirik...
Jadi dengan kalimat itu kita akan selalu diingatkan untuk tidak menduakan Allah, sekecil apa-pun itu termasuk seperti hal-nya meyakini seseorang sebagai pembaya rizky bagi diri-nya, dll...
Na'udzubillah

:surban:
Mungkin itu maksudnya Sholat 5 waktu!
maksudnya, sehari semalam Muslimin diharuskan membaca Shyahadattein minimal 9 kali
Isya' @ 2kali
Shubuh @ 1kali
Dzuhur @ 2kali
Ashar @ 2kali
Maghrib @ 2 kali
untuk mengobati Musyrik imut" tadi!

Mohon di ceurahkeun...
avatar
Ichwanzein
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 77
Location : Cilincingston
Join date : 06.10.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by sun-moon on Fri Oct 14, 2011 3:19 pm

Syahadattein wrote:
Admin wrote:Itu makanya didalam kalimat ke-Tauhida-an ''Laa ilaaha illallooh''
Adalah bentuk kalimat negatif (-) ditunjukkan dengan kata la=tidak, dan dengan arti lengkapnya kalimat tersebut ''tidak/tiada Tuhan selain Allah''
Nah, itu menunjukkan kehidupan kita (manusia2) ini yg selalu rentan dengan yang namanya perbuatan syirik...
Jadi dengan kalimat itu kita akan selalu diingatkan untuk tidak menduakan Allah, sekecil apa-pun itu termasuk seperti hal-nya meyakini seseorang sebagai pembaya rizky bagi diri-nya, dll...
Na'udzubillah

:surban:
Mungkin itu maksudnya Sholat 5 waktu!
maksudnya, sehari semalam Muslimin diharuskan membaca Shyahadattein minimal 9 kali
Isya' @ 2kali
Shubuh @ 1kali
Dzuhur @ 2kali
Ashar @ 2kali
Maghrib @ 2 kali
untuk mengobati Musyrik imut" tadi!

Mohon di ceurahkeun...

:3: statement itu adalah 'nafi isbat' dalam syahadat...itu betul... tepuk tangan

maka akur sama pak RT (admin),,, peng-aku-an apapun dari diri selaku makhluk harus dicoret atau di 'nafi' kan,,,karena sesungguhnya (hakikatnya), semuanya adalah perogratif & milik-Nya (yang di 'isbat' kan)
:3: :3: :3:
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by hamba tuhan on Fri Oct 14, 2011 3:34 pm

sun-moon wrote:
Syahadattein wrote:
Admin wrote:Itu makanya didalam kalimat ke-Tauhida-an ''Laa ilaaha illallooh''
Adalah bentuk kalimat negatif (-) ditunjukkan dengan kata la=tidak, dan dengan arti lengkapnya kalimat tersebut ''tidak/tiada Tuhan selain Allah''
Nah, itu menunjukkan kehidupan kita (manusia2) ini yg selalu rentan dengan yang namanya perbuatan syirik...
Jadi dengan kalimat itu kita akan selalu diingatkan untuk tidak menduakan Allah, sekecil apa-pun itu termasuk seperti hal-nya meyakini seseorang sebagai pembaya rizky bagi diri-nya, dll...
Na'udzubillah

:surban:
Mungkin itu maksudnya Sholat 5 waktu!
maksudnya, sehari semalam Muslimin diharuskan membaca Shyahadattein minimal 9 kali
Isya' @ 2kali
Shubuh @ 1kali
Dzuhur @ 2kali
Ashar @ 2kali
Maghrib @ 2 kali
untuk mengobati Musyrik imut" tadi!

Mohon di ceurahkeun...

:3: statement itu adalah 'nafi isbat' dalam syahadat...itu betul... tepuk tangan

maka akur sama pak RT (admin),,, peng-aku-an apapun dari diri selaku makhluk harus dicoret atau di 'nafi' kan,,,karena sesungguhnya (hakikatnya), semuanya adalah perogratif & milik-Nya (yang di 'isbat' kan)
:3: :3: :3:

ehm... nafi isbat ya kang SM..... kalo menurut saya hamba tuhan yg faqir ilmu ini dikalimat Laa ilaaha tetap kita isbatkan bahwa Allah itu ada yg tdk ada Tuhan lain tapi Allah ada....

:surban: :surban:
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by abu hanan on Fri Oct 14, 2011 4:15 pm

ehmm

@sun moon kang wal HT

ituh adah yg lagih nungguh penjelasan yg mencerahkan darih syirik imut kok malah nge-bahas "LAA"..
ayuh,balik rumah...
kasihan noh..
karenah TS lagih asyik minum kopih....berduah andah ajah yg jelasin.
ketiwi


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by hamba tuhan on Fri Oct 14, 2011 4:17 pm

abu hanan wrote: ehmm

@sun moon kang wal HT

ituh adah yg lagih nungguh penjelasan yg mencerahkan darih syirik imut kok malah nge-bahas "LAA"..
ayuh,balik rumah...
kasihan noh..
karenah TS lagih asyik minum kopih....berduah andah ajah yg jelasin.
ketiwi

heheee.... iya deh kang abu, oya... syirik imut itu digolongkan kesyirik khafi(tersembunyi) gak ya abu?????
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by sun-moon on Fri Oct 14, 2011 4:30 pm

hamba tuhan wrote:
sun-moon wrote:
Syahadattein wrote:
Admin wrote:Itu makanya didalam kalimat ke-Tauhida-an ''Laa ilaaha illallooh''
Adalah bentuk kalimat negatif (-) ditunjukkan dengan kata la=tidak, dan dengan arti lengkapnya kalimat tersebut ''tidak/tiada Tuhan selain Allah''
Nah, itu menunjukkan kehidupan kita (manusia2) ini yg selalu rentan dengan yang namanya perbuatan syirik...
Jadi dengan kalimat itu kita akan selalu diingatkan untuk tidak menduakan Allah, sekecil apa-pun itu termasuk seperti hal-nya meyakini seseorang sebagai pembaya rizky bagi diri-nya, dll...
Na'udzubillah

:surban:
Mungkin itu maksudnya Sholat 5 waktu!
maksudnya, sehari semalam Muslimin diharuskan membaca Shyahadattein minimal 9 kali
Isya' @ 2kali
Shubuh @ 1kali
Dzuhur @ 2kali
Ashar @ 2kali
Maghrib @ 2 kali
untuk mengobati Musyrik imut" tadi!

Mohon di ceurahkeun...

:3: statement itu adalah 'nafi isbat' dalam syahadat...itu betul... tepuk tangan

maka akur sama pak RT (admin),,, peng-aku-an apapun dari diri selaku makhluk harus dicoret atau di 'nafi' kan,,,karena sesungguhnya (hakikatnya), semuanya adalah perogratif & milik-Nya (yang di 'isbat' kan)
:3: :3: :3:

ehm... nafi isbat ya kang SM..... kalo menurut saya hamba tuhan yg faqir ilmu ini dikalimat Laa ilaaha tetap kita isbatkan bahwa Allah itu ada yg tdk ada Tuhan lain tapi Allah ada....

:surban: :surban:
:lkj: jempol lagi buat bro HT....muantaff...
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by abu hanan on Fri Oct 14, 2011 4:39 pm

hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote: ehmm

@sun moon kang wal HT

ituh adah yg lagih nungguh penjelasan yg mencerahkan darih syirik imut kok malah nge-bahas "LAA"..
ayuh,balik rumah...
kasihan noh..
karenah TS lagih asyik minum kopih....berduah andah ajah yg jelasin.
ketiwi

heheee.... iya deh kang abu, oya... syirik imut itu digolongkan kesyirik khafi(tersembunyi) gak ya abu?????
rahasia.....kaloh dijabarin sejak awal kan gak laku tuh jempol ama kopih susunyah...
ketawa guling ketawa guling ketawa guling
jempol @sun moon kang ntar lagih habis....dikasih bungkunyah kopih aja kang >>gantiin jempol..
ketawa guling ketawa guling


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by hamba tuhan on Fri Oct 14, 2011 4:40 pm

sun-moon wrote:
hamba tuhan wrote:
sun-moon wrote:
Syahadattein wrote:
Admin wrote:Itu makanya didalam kalimat ke-Tauhida-an ''Laa ilaaha illallooh''
Adalah bentuk kalimat negatif (-) ditunjukkan dengan kata la=tidak, dan dengan arti lengkapnya kalimat tersebut ''tidak/tiada Tuhan selain Allah''
Nah, itu menunjukkan kehidupan kita (manusia2) ini yg selalu rentan dengan yang namanya perbuatan syirik...
Jadi dengan kalimat itu kita akan selalu diingatkan untuk tidak menduakan Allah, sekecil apa-pun itu termasuk seperti hal-nya meyakini seseorang sebagai pembaya rizky bagi diri-nya, dll...
Na'udzubillah

:surban:
Mungkin itu maksudnya Sholat 5 waktu!
maksudnya, sehari semalam Muslimin diharuskan membaca Shyahadattein minimal 9 kali
Isya' @ 2kali
Shubuh @ 1kali
Dzuhur @ 2kali
Ashar @ 2kali
Maghrib @ 2 kali
untuk mengobati Musyrik imut" tadi!

Mohon di ceurahkeun...

:3: statement itu adalah 'nafi isbat' dalam syahadat...itu betul... tepuk tangan

maka akur sama pak RT (admin),,, peng-aku-an apapun dari diri selaku makhluk harus dicoret atau di 'nafi' kan,,,karena sesungguhnya (hakikatnya), semuanya adalah perogratif & milik-Nya (yang di 'isbat' kan)
:3: :3: :3:

ehm... nafi isbat ya kang SM..... kalo menurut saya hamba tuhan yg faqir ilmu ini dikalimat Laa ilaaha tetap kita isbatkan bahwa Allah itu ada yg tdk ada Tuhan lain tapi Allah ada....

:surban: :surban:
:lkj: jempol lagi buat bro HT....muantaff...
:nono: :nono:
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by Admin on Mon Oct 17, 2011 3:00 pm

Rasulullah menjelaskan, riya' adalah ''syirkul ashgar'' (bentuk kemusyrikan yang paling kecil). Dalam hadist riwayat Imam Ibnu Khuzaimah, Rasulullah menjelaskan bahwa orang-orang yang riya' dalam menghafal Al-Qur'an, bersedekah, dan berjuhad akan menjadi kayu bakar pertama api neraka..

Wallahu a'lam
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://www.laskarislam.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by sun-moon on Mon Oct 17, 2011 10:18 pm

Admin wrote:Rasulullah menjelaskan, riya' adalah ''syirkul ashgar'' (bentuk kemusyrikan yang paling kecil). Dalam hadist riwayat Imam Ibnu Khuzaimah, Rasulullah menjelaskan bahwa orang-orang yang riya' dalam menghafal Al-Qur'an, bersedekah, dan berjuhad akan menjadi kayu bakar pertama api neraka..

Wallahu a'lam

betul @pak RT (admin),
simple nya, riya' = membanggakan diri secara berlebihan...muji diri (narsis)...ingin menjadi 'yang paling'....
berarti sama halnya dengan mencoret atau menggantikan Yang Maha menjadi dirinya 'yang paling',,,,,implementasi lain adalah menggantikan konsep 'alhamdulillah' dengan alhamdu-ana
hehehehe...
meleset...ngelunjak bin celutak...
automatically,,,,menjadi syirik kecil.... :3:
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by abu hanan on Tue Oct 18, 2011 1:06 pm

sun-moon wrote:
Admin wrote:Rasulullah menjelaskan, riya' adalah ''syirkul ashgar'' (bentuk kemusyrikan yang paling kecil). Dalam hadist riwayat Imam Ibnu Khuzaimah, Rasulullah menjelaskan bahwa orang-orang yang riya' dalam menghafal Al-Qur'an, bersedekah, dan berjuhad akan menjadi kayu bakar pertama api neraka..

Wallahu a'lam

betul @pak RT (admin),
simple nya, riya' = membanggakan diri secara berlebihan...muji diri (narsis)...ingin menjadi 'yang paling'....
berarti sama halnya dengan mencoret atau menggantikan Yang Maha menjadi dirinya 'yang paling',,,,,implementasi lain adalah menggantikan konsep 'alhamdulillah' dengan alhamdu-ana
hehehehe...
meleset...ngelunjak bin celutak...
automatically,,,,menjadi syirik kecil.... :3:
indikasih imutnyah syirik apah dunk???


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by sun-moon on Fri Oct 21, 2011 11:05 am

abu hanan wrote:
sun-moon wrote:
Admin wrote:Rasulullah menjelaskan, riya' adalah ''syirkul ashgar'' (bentuk kemusyrikan yang paling kecil). Dalam hadist riwayat Imam Ibnu Khuzaimah, Rasulullah menjelaskan bahwa orang-orang yang riya' dalam menghafal Al-Qur'an, bersedekah, dan berjuhad akan menjadi kayu bakar pertama api neraka..

Wallahu a'lam

betul @pak RT (admin),
simple nya, riya' = membanggakan diri secara berlebihan...muji diri (narsis)...ingin menjadi 'yang paling'....
berarti sama halnya dengan mencoret atau menggantikan Yang Maha menjadi dirinya 'yang paling',,,,,implementasi lain adalah menggantikan konsep 'alhamdulillah' dengan alhamdu-ana
hehehehe...
meleset...ngelunjak bin celutak...
automatically,,,,menjadi syirik kecil.... :3:
indikasih imutnyah syirik apah dunk???

"lupa diri"
baik di sektor/sayap kanan maupun di sektor/sayap kiri....
sehingga 'bola' nya nyasar (sesat)...
hehehehe :3:
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by abu hanan on Sat Oct 22, 2011 11:44 pm

sun-moon wrote:
abu hanan wrote:indikasih imutnyah syirik apah dunk???

"lupa diri"
baik di sektor/sayap kanan maupun di sektor/sayap kiri....
sehingga 'bola' nya nyasar (sesat)...
hehehehe :3:
pendek banged seh...

jikah engkauh hendak menujuh pencipta alam makah pergilah darih seluruh alam menujuh ke pencipta alam.

wa inna ilaa robbikal muntahaa
sesungguhnya tuhanmu adalah puncak darih segala tujuan,akhir dari segala permulaan.

syirik adalah alam makhluk/wilayah manusia,lepaskan diri/jiwa darih menambatkan hatih padah manusiah.
eh..sun moon kang tolong dunk jabarin kamsudnyah sayah....
sayah mo bikin kupih duluh sama gantih popok anak...
:3gk:


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by sun-moon on Sun Oct 23, 2011 1:22 pm

abu hanan wrote:
sun-moon wrote:
abu hanan wrote:indikasih imutnyah syirik apah dunk???

"lupa diri"
baik di sektor/sayap kanan maupun di sektor/sayap kiri....
sehingga 'bola' nya nyasar (sesat)...
hehehehe :3:
pendek banged seh...

jikah engkauh hendak menujuh pencipta alam makah pergilah darih seluruh alam menujuh ke pencipta alam.

wa inna ilaa robbikal muntahaa
sesungguhnya tuhanmu adalah puncak darih segala tujuan,akhir dari segala permulaan.

syirik adalah alam makhluk/wilayah manusia,lepaskan diri/jiwa darih menambatkan hatih padah manusiah.
eh..sun moon kang tolong dunk jabarin kamsudnyah sayah....
sayah mo bikin kupih duluh sama gantih popok anak...
:3gk:

hehehe...
sabar kangmas syeh gus abu... :3:
konteksnya adalah tentang: "batas"....
tapi, ngomong2, ini tret koq terasa sepi ya mas...
masak yg mancing ikan cuma kita berduaan nieh?
xixixixixi
:3:
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by abu hanan on Tue May 29, 2012 4:19 pm

kangen sun moon mode on...
binar


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Syirik yang "imut2"

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik