FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Versi Al quran: hafs dan warsh!

Halaman 5 dari 11 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Sun Feb 24, 2013 11:22 am

First topic message reminder :

melihat adanya beberapa versi alquran yang mana sudah menyangkut beda arti..
pak cik di forum ini.. http://www.laskarislam.com/t4062p25-permasalahan-ayat-genesis-53-dalam-bible-kristian#64909

mempermasalahkan perbedaan terjemahan di Alkitab septuaginta alias alkitab terjemahan yunani dari bible hebrew.
padahah terjemahan di indonesia aja banyak kesalahan.

apakah berarti alquran bahasa indonesia tidak kredible???

JAKARTA (Arrahmah.com) – Setelah diskusi dan debat panjang, Kemenag (Kementrian Agama) akhirnya mengakui kesalahan terjemah Al Qur’an versi Departemen Agama. Hal ini terungkap setelah Majelis Mujahidin (MM) menggelar pertemuan dengan Kemenag di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jum’at (29/04/2011) lalu. Kemenag akhirnya berencan mengeluarkan terjemah Al Qur’an edisi revisi.

Terjemah Al Qur’an keliru bisa halalkan kumpul kebo

Akibat kesalahan fatal pada terjemahan Al Qur’an versi Departemen Agama (Depag, kini Kementerian Agama/Kemenag) bisa memicu orang menjadi teroris. Bahkan, terjemahan yang tidak pas itu dikhawatirkan juga bisa membuat orang menghalalkan pelacuran. Kemenag pun akhirnya mengakui kesalahan terjemah Al Qur’an versi Depag dan berencana akan mengeluarkan Al Qur’an terjemah edisi revisi.

Kesimpulan di atas terangkum setelah Majelis Mujahidin (MM) mengadakan Dialog Keagamaan tentang Terjemah Al Qur’an dengan Kemenag di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jum’at (29/04/2011) lalu. MM sebagai lembaga yang selama ini mengupayakan penegakan hukum Islam di Indonesia, adalah pihak yang telah menemukan ribuan kekeliruan penterjemahan Al Qur’an versi Depag tersebut.

Pada pertemuan itu, pihak MM antara lain diwakili Amir MM Muhammad Thalib, Ketua Lajnah Tanfidziyah (LT) Irfan S. Awwas, Wakil Ahlul Halli wal ‘Aqdi (Ahwa MM) Abu Muhammad Jibril Abdurrahman, Sekjen MM Shabbarin Syakur dan Amir MM Jabodetabek, Laode Agus Salim. Sementara pihak Kemenag diwakili sekitar 20 orang. Di antaranya, Prof. DR. Ali Mustafa Ya’qub, Prof. DR. Ahsin Sakho (Rektor Institut Ilmu al-Qur’an), dan DR. Muchlis Hanafi.

Seharusnya terjemah tafsiriyah bukan harfiyah

Acara dialog antara MM dan Kemenag dimulai pukul 9 pagi yang diawali dengan ramah tamah. Pada kesempatan pertama, Amir MM Ustadz Muhammad Thalib menjelaskan ayat-ayat Al Qur’an mana saja yang telah diteliti kekeliruannya oleh MM.

Kesempatan berikutnya, Ketua Lajnah Tanfidziyah, Ustadz Irfan S Awwas menjelaskan bahwa terjemah versi Depag yang kini beredar di Indonesia sekarang, adalah terjemah harfiyah. Mestinya, yang lebih aman terjemah yang diterapkan adalah terjemah tafsiriyah. Yakni, tak sekadar menerjemahkan, tapi juga dengan menjelaskan ayat-ayat yang diterjemahkan tersebut dari sisi-sisi yang penting. Terutama pada ayat-ayat yang berpotensi menimbulan salah pengertian bagi si pembacanya. Apalagi bila si pembaca sama sekali tidak mengerti bahasa Arab, tapi punya semangat Islam yang tinggi.

“Misalnya pada terjemah surah at-Taubah, ayat 5. “Maka apabila sudah habis bulan-bulan Haram itu, maka bunuhlah orang-orang musyrik itu dimana saja kalian jumpai mereka.” Kalau orang hanya membaca ayat ini, kan bisa membunuh semua orang musyrik dimanapun,” contohnya.

Kesalahpahaman lainnya, jelas Irfan, juga bisa dilihat pada terjemah surah al-Ahzaab ayat 51. “…Dan siapa-siapa yang kamu ingini untuk menggaulinya kembali dari perempuan yang telah kamu cerai, maka tidak ada dosa bagimu…”. “Ayat ini, kan memunculkan anggapan, kumpul kebo antara mantan suami dan istri tidak berdosa. Padahal ini jelas perzinaan,” tegasnya.

Kemenag akhirnya mengakui adanya kesalahan

Kemenag melalui jubirnya yang diwakili oleh DR. H. Muchlis Hanafi beserta staf dan jajarannya di awal diskusi belum bisa mengakui adanya kesalahan pada terjemah Al Qur’an versi Depag tersebut, walau pun satu ayat. Diskusi sempat hangat dan tegang selama 4 jam dengan saling mengadu argumentasi.

Kesempatan berikutnya untuk bicara adalah Ustadz Abu Jibriel selaku wakil Ahwa MM. Setelah mengucapkan terima kasih atas undangan Kemenag kepada MM, Ustadz Abu Jibriel memberikan beberapa masukan, diantaranya :

Pihak Kemenag sensitive di dalam menanggapi masalah kesalahan terjemah Al Qur’an Depag dan mau untuk merevisinya jika memang terbukti terdapat kesalahan
Pihak Kemenag jujur di dalam menanggapi masukan dari MM, antara lain tidak ada fihak-fihak yang merasa dan menganggap hanya terjemahannya yang paling benar. Selain itu harus ada kejujuran mengakui jika MM itu benar maka harus dikatakan benar dan begitu pula sebaliknya.
Setelah itu, Ustadz Abu Jibriel memberikan beberapa opsi terkait perdebatan yang menghangat dalam dialog, yakni : menarik seluruh terjemah Al Qur’an versi Depag yang salah dari peredaran, atau diadakan debat publik yang lebih luas untuk menguji mana terjemahan yang lebih benar, MM akan membawa masalah ini ke pengadilan atas kesalahan terjemahan Al Qur’an versi Depag. Namun, apabila Depag bersedia merevisi, maka kedua opsi sebelumnya tidak dibutuhkan lagi.

Saran dari Ustadz Abu Jibriel ini akhirnya bisa diterima, dimana fihak Kemenagpun akhirnya mengakui bahwa memang telah terjadi kesalahan pada terjemahan Al Qur’an versi Depag, terutama sekali yang terdapat pada terjemah surah al-Ahzaab ayat 51. “…Dan siapa-siapa yang kamu ingini untuk menggaulinya kembali dari perempuan yang telah kamu cerai, maka tidak ada dosa bagimu…”.

Kalau terjemahan ayat ini di’telan’ lalu dilaksanakan begitu saja, maka akan memunculkan anggapan, kumpul kebo antara mantan suami dan istri tidak berdosa. Padahal ini jelas perzinaan. Di akhir dialog, fihak Kemenag akan menjadikan masukan MM sebagai bahan pertimbangan revisi terjamah Al Qur’an versi Depag.

Wallahu’alam bis showab!

(M Fachry/arrahmah.com)

http://kesalahanquran.wordpress.com/2013/01/31/kemenag-akhirnya-mengakui-kesalahan-terjemah-al-quran/

Polemik Terjemah Al-Qur`an



Terjemah al-Qur`an Kementerian Agama (Kemenag) digugat. Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) menilai terjemah al-Qur`an berusia 46 tahun itu telah menimbulkan banyak masalah di negeri ini. Kesalahan terjemah Kemenag diklaim telah memicu aksi terorisme, liberalisme, aliran sesat, hingga kerusakan moral di masyarakat.

MMI menuntut Kemenag menarik seluruh terjemahannya dan menggantinya dengan terjemah tafsiriyah seperti yang dibuat MMI.

Namun, Kemenag menilai hal itu perbedaan pandangan semata, dan mempersilahkan MMI menerbitkan sendiri versi terjemahannya.

31 Oktober lalu, MMI meluncurkan Al-Qur`an Tarjamah Tafsiriyah, karya Amirul Mujahidin, Dr Muhammad Thalib. Sebuah terjemah al-Qur`an 30 juz yang berbeda sama sekali dengan terjemah versi Kemenag.

Thalib mengaku menemukan 3.229 kesalahan pada terjemah versi Kemenag. Kesalahan bertambah menjadi 3.400 pada edisi revisi tahun 2010. Dari 114 surat al-Qur`an yang diterjemah oleh Kemenag, hanya 6 surat yang lolos tashih ala MMI.

TIM LAPORAN UTAMA

http://www.hidayatullah.com/majalah.php?mjl_id=317


selain itu juga adanya banyak variasi dari quran tulisan arab. yang paling besar adalah verso hafs dan warsh. selain itu ada dori dan qalun serta beberapa variasi.

perbedaam warsh dan hafs setidaknya seperti link ini..

http://allah-semata.org/forum/index.php?topic=86.0

coba pak cik!! apa bedanya kesalahan septuagint ama alquran?



Terakhir diubah oleh ramayana tanggal Wed May 01, 2013 11:58 am, total 2 kali diubah
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down


Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Mon Apr 15, 2013 4:15 pm

@ abu. baca posting 73!

qatala..
Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.

qutila..

Dan berapa banyaknya nabi yang terbunuh bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.
artinya sama ga?

ente berusaha belokkan ke pasif aktif.. dengan mengatakan itu artinya di perangi dan memerangi. ane jujur lebih percaya link yg ane kasih di awal daripada ente.. memerangi dan terbunuh. kenapa?? ente tukang taqqiya!! ane lagi males cari pengertian qutila dan qatala.

ente membernarkan semua versi.. ente pura pura ga tau kalau jaman usman yang beda itu udah di hancurkan? hanya tinggal sama versi. versi quraisy! wong kitabnya aja cuman 1! dari 1 itu kemudian di perbanyak.. lha kok beda lagi sekarang.. lalu yang bener yang mana? qutila atau qatala?

@ ebi
ente udah jujur bilang emang ada versi quran! good! ini juga ane mau bilang. quran itu ga 1 versi.

mengenai angka.. ane kasih hitungan warisan yg udah banyak di bahas. ente suka angka? silahkan hitung disana.

ini trit versi quran. terserah ente bilang omong kosong.

kita tau sama tahu.. kualitas ente dan ane hehehehe..

yang ane bahas ama abu hanya 1 perbedaan hafs dan warsh.

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Mon Apr 15, 2013 4:46 pm

@ramayana wrote:
@ ebi
ente udah jujur bilang emang ada versi quran! good! ini juga ane mau bilang. quran itu ga 1 versi.

mengenai angka.. ane kasih hitungan warisan yg udah banyak di bahas. ente suka angka? silahkan hitung disana.

ini trit versi quran. terserah ente bilang omong kosong.

kita tau sama tahu.. kualitas ente dan ane hehehehe..

yang ane bahas ama abu hanya 1 perbedaan hafs dan warsh.

Padahal ane kan cuman ingin ente secara tegas menjawab ADA atau TIDAK ADA.
Dengan begitu anda tidak saya nilai sedang omong kosong.

Apakah bijak, seseorang ingin menunjukkan error pada Al Quran hanya dengan modal keras kepala dan modal dengkul?

Akhirnya harus saya akui juga, bahwa anda emang OMONG KOSONG DOANG.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Mon Apr 15, 2013 5:05 pm

@EbisuSensei wrote:
@ramayana wrote:
@ ebi
ente udah jujur bilang emang ada versi quran! good! ini juga ane mau bilang. quran itu ga 1 versi.

mengenai angka.. ane kasih hitungan warisan yg udah banyak di bahas. ente suka angka? silahkan hitung disana.

ini trit versi quran. terserah ente bilang omong kosong.

kita tau sama tahu.. kualitas ente dan ane hehehehe..

yang ane bahas ama abu hanya 1 perbedaan hafs dan warsh.


Padahal ane kan cuman ingin ente secara tegas menjawab ADA atau TIDAK ADA.
Dengan begitu anda tidak saya nilai sedang omong kosong.

Apakah bijak, seseorang ingin menunjukkan error pada Al Quran hanya dengan modal keras kepala dan modal dengkul?

Akhirnya harus saya akui juga, bahwa anda emang OMONG KOSONG DOANG.
lho.. ente udah akui ada beda versi kok bilang ane omong kosong!
tapi terserahlah.. ente anggap apa hahahahahaha.. ga penting amat.

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Mon Apr 15, 2013 5:16 pm

to @ramayana

Lhooo, gimana sih ente ram?
bukankah dari awal, emang sudah diterangkan adanya beda versi.

Tapi versi yang dimaksud disini adalah qiraat sabah.

Kok malah aneh ente?
Aseli, ane bingung dech.... pusingpusing

Gini aja, sekaran ane tanya, apakah kamu berpandangan satu qiraat bertentangan dengan qiraat yang lain.

ya/tidak?


NB:
Karena kamu keliatannya malah bingung ketika saya menggunakan kata "versi", maka istilahnya sekarang saya ganti dengan "qiraat".
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Mon Apr 15, 2013 5:27 pm

to @ramayana

lhoo, awakmu kok malah ngilang rek?

piye lhoo, garek njawab hooh po ra kok bingung lah opo?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Mon Apr 15, 2013 5:47 pm

@ ebi. buat ente mikir dikit..

hafs dan warsh bedanya apa? cara membacanya.. ente setuju ga?
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Mon Apr 15, 2013 5:54 pm

@ramayana wrote:@ ebi. buat ente mikir dikit..

hafs dan warsh bedanya apa? cara membacanya.. ente setuju ga?


Nggak hanya membacanya saja!
tapi lebih kompleks dan lebih rumit dari yang kamu pikirkan.
Dari pada muter2, bukankah lebih enak kalo langsung membahas pertentangan?

Dimana dimulai dari tulisan angka2 dulu, terus susunan surat, jumlah ayat, dsb.
Dimana orang yang awam bahasa Arab, lebih mudah mengerti.

Gimana?

SETUJU atau TIDAK?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Mon Apr 15, 2013 6:44 pm

@EbisuSensei wrote:
@ramayana wrote:@ ebi. buat ente mikir dikit..

hafs dan warsh bedanya apa? cara membacanya.. ente setuju ga?


Nggak hanya membacanya saja!
tapi lebih kompleks dari yang kamu pikirkan.
Dari pada muter2, bukankah lebih enak kalo langsung membahas pertentangan?

Dimana dimulai dari angka dulu, terus susunan surat, jumlah ayat, dsb.
Dimana orang yang awam bahasa Arab, lebih mudah mengerti.

Gimana?

NB:
saya tinggal bentar, ada urusan dikit.
ane ini mencoba membuat ente berpikir.. tapi rupaya ente emang ga bisa mikir.. ya udah. ane kasih ynag ini.

surah 57
ayat di warsh 23
ayat di hafs 24
type perbedaan:
"HUWA" atau "DIA" hilang

ane ga pernah klaim beda angka wong ane ga tau bahasa arab! tapi kalau ada kata di versi satu, yang mana di versi lain ga ada.. gmn? hahahahaha

kurang kuat apa coba?

ini yng sebenarnya ane minta ente mikir. ada ratusan ribu kata di quran. dan kalau orang yg biasa membaca hafs di beri quran warsh.. gimana bacanya? ya sama aja! tidak beda kan tulisan arabnya! demikian pula kalau di balik.

tetapi ternyata kenapa ada versi warsh dan hafs.. karena diantara ratusan ribu kata yang sama diantara ke2nya.. ada sekitar 90 kata yang berbeda! ada yang berupa pelafalan, ada yang arti, bahkan ada yang terdapat tambahan kata!

kalau ente mau bilang itu qiraah shabah... entelah yang omong kosong!!!!

ane bicara tentang sekitar 90 kata! bukan yang ratusan ribu kata diquran!

bisa dikatakan.. qiraah sab'ah adalah logat!

kalau ada kalimat.. aku akan pergi ke pasar bersama budi.

maka orang madura dan orang bali membacanya dengan logat berbeda. juga ama batak. tetapi arti kata adalah sama.

beda ama versi hafs dan warsh.. itu bukan qiraat sab'ah. ane bicara yang sekitar 90 kata.

wong ada kata yg beda. kalau itu emang qiraah sab'ah.. kenapa hanya sedikit yg beda? kenapa ga semua beda??

kalau quran itu sama.. kenapa ada versi warsh dan hafs? krn ada beberapa perbedaan kata.

silahkan dikoreksi bila salah.

sebagai bahan rujukan. http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/fullchapter/05120014-romdloni.pdf
di link ini di tunjukkan.. ada 1 ayat dan bagaimana pembacaannya menurut qalun dan warsh

jadi ayat di baca menurut pembacaan versi yang berbeda!

tapi yang kita bahas adalah versi cetakan dari quran hafs dan warsh yang berbeda beberapa katanya! bukan qiraatnya!


Terakhir diubah oleh ramayana tanggal Mon Apr 15, 2013 7:02 pm, total 1 kali diubah
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Mon Apr 15, 2013 6:59 pm

@ramayana wrote:
ane ini mencoba membuat ente berpikir.. tapi rupaya ente emang ga bisa mikir.. ya udah. ane kasih ynag ini.

surah 57
ayat di warsh 23
ayat di hafs 24
type perbedaan:
"HUWA" atau "DIA" hilang

ane ga pernah klaim beda angka wong ane ga tau bahasa arab! tapi kalau ada kata di versi satu, yang mana di versi lain ga ada.. gmn? hahahahaha

kurang kuat apa coba?

ini yng sebenarnya ane minta ente mikir. ada ratusan ribu kata di quran. dan kalau orang yg biasa membaca hafs di beri quran warsh.. gimana bacanya? ya sama aja! tidak beda kan tulisan arabnya! demikian pula kalau di balik.

tetapi ternyata kenapa ada versi warsh dan hafs.. karena diantara ratusan ribu kata yang sama diantara ke2nya.. ada sekitar 90 kata yang berbeda! ada yang berupa pelafalan, ada yang arti, bahkan ada yang terdapat tambahan kata!

kalau ente mau bilang itu qiraah shabah... entelah yang omong kosong!!!!

ane bicara tentang sekitar 90 kata! bukan yang ratusan ribu kata diquran!

bisa dikatakan.. qiraah sab'ah adalah logat!

kalau ada kalimat.. aku akan pergi ke pasar bersama budi.

maka orang madura dan orang bali membacanya dengan logat berbeda. juga ama batak. tetapi arti kata adalah sama.

beda ama versi hafs dan warsh.. itu bukan qiraat sab'ah. ane bicara yang sekitar 90 kata.

wong ada kata yg beda. kalau itu emang qiraah sab'ah.. kenapa hanya sedikit yg beda? kenapa ga semua beda??

kalau quran itu sama.. kenapa ada versi warsh dan hafs? krn ada beberapa perbedaan kata.

silahkan dikoreksi bila salah.

sebagai bahan rujukan. http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/fullchapter/05120014-romdloni.pdf
Jujur saya nggak paham.

Setahu saya sih, karena beda penunjukkan qiraat terhadap suatu kaum/suku, berarti ada juga perbedaan bahasa.

Karena saya tidak paham bahasa arab, kamu juga nggak paham bahasa arab, sedangkan bahasa arab itu banyak variasinya, meliputi bahasa, tata bahasa, penulisan, adat istiadat, dsb.

paham?

Maka saya ajak kamu untuk membahas yang kita mampu saja.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Mon Apr 15, 2013 7:04 pm

@EbisuSensei wrote:
Jujur saya nggak paham.

Setahu saya sih, karena beda penunjukkan qiraat terhadap suatu kaum/suku, berarti ada juga perbedaan bahasa.

Karena saya tidak paham bahasa arab, kamu juga nggak paham bahasa arab, sedangkan bahasa arab itu banyak variasinya, meliputi bahasa, tata bahasa, penulisan, adat istiadat, dsb.

paham?

Maka saya ajak kamu untuk membahas yang kita mampu saja.
silahkan ente baca lagi post ane diatas krn ada yang ane edit..

ane tulis lagi aja..

sebagai bahan rujukan. http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/fullchapter/05120014-romdloni.pdf
di link ini di tunjukkan.. ada 1 ayat dan bagaimana pembacaannya menurut qalun dan warsh

jadi ayat di baca menurut pembacaan versi yang berbeda!

tapi yang kita bahas adalah versi cetakan dari quran hafs dan warsh yang berbeda beberapa katanya! bukan qiraatnya!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Mon Apr 15, 2013 7:44 pm

@ramayana wrote:
silahkan ente baca lagi post ane diatas krn ada yang ane edit..

ane tulis lagi aja..

sebagai bahan rujukan. http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/fullchapter/05120014-romdloni.pdf
di link ini di tunjukkan.. ada 1 ayat dan bagaimana pembacaannya menurut qalun dan warsh

jadi ayat di baca menurut pembacaan versi yang berbeda!

tapi yang kita bahas adalah versi cetakan dari quran hafs dan warsh yang berbeda beberapa katanya! bukan qiraatnya!

Sudah saya katakan, kalau saya jujur tidak paham, sehingga saya tidak berani mempelajarinya tanpa guru di dekat saya, dalam mempelajari bahasa Arab.

Gini saja, kamu membaca pernyataan ini kan?
@abu hanan wrote:
kafir quraisy/kafir arab jaman ustman yang jagoan arab ajah gak ada yang bantah perbedaan versi lha kok orang asing basa arab kaya orientalis dan paganistan laen macam anda pada "bangga"...kasian banget..
Begini saja, bisakah anda tunjukkan, link ke ahli bahasa arab yang protes terhadap perbedaan ini. Dari situs Islam tentunya.

Nggak usah dari sumber non-Muslim dulu, kuatirnya nanti malah saya pusing sendiri membacanya.

Silahkan!
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Mon Apr 15, 2013 9:26 pm

gimana aturan pemulihan warning.. ane hanya bertanya. ane baru perhatikan ternyata ane masih ada peringatan..

sekedar menguji aturan forum ini..
topik inilah yg buat ane 2 kali kena warning.
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Mon Apr 15, 2013 9:46 pm

@EbisuSensei wrote:
@ramayana wrote:
silahkan ente baca lagi post ane diatas krn ada yang ane edit..

ane tulis lagi aja..

sebagai bahan rujukan. http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/fullchapter/05120014-romdloni.pdf
di link ini di tunjukkan.. ada 1 ayat dan bagaimana pembacaannya menurut qalun dan warsh

jadi ayat di baca menurut pembacaan versi yang berbeda!

tapi yang kita bahas adalah versi cetakan dari quran hafs dan warsh yang berbeda beberapa katanya! bukan qiraatnya!

Sudah saya katakan, kalau saya jujur tidak paham, sehingga saya tidak berani mempelajarinya tanpa guru di dekat saya, dalam mempelajari bahasa Arab.

Gini saja, kamu membaca pernyataan ini kan?
@abu hanan wrote:
kafir quraisy/kafir arab jaman ustman yang jagoan arab ajah gak ada yang bantah perbedaan versi lha kok orang asing basa arab kaya orientalis dan paganistan laen macam anda pada "bangga"...kasian banget..
Begini saja, bisakah anda tunjukkan, link ke ahli bahasa arab yang protes terhadap perbedaan ini. Dari situs Islam tentunya.

Nggak usah dari sumber non-Muslim dulu, kuatirnya nanti malah saya pusing sendiri membacanya.

Silahkan!
kalau ente ga paham, kenapa ente bilang ane omong kosong?

mengenai kata kata abu.. ente kok malah percaya dia.

kenapa jaman usman tidak ada yg protes? emang saat jaman siapa ada pemusnahan versi quran?
di jaman usman lah kemudian ada 1 versi quran. 1 versi ini benar benar 1 versi!! kenapa? krn hanya ada 1 buku atau 1 kitab quran! tidak mungkin kalaua hanya ada 1 kitab muncul 2 versi? maka jaman usman hanya ada 1 versi.

kalau ada 1 versi.. kenapa ente nanya, kok ga ada yg protes? lha mestinya kan ane yg nanya.. hanya ada 1 versi kok abu dan ente nanya knp ga ada yg protes??

masalahnya sekarang ini ada kitab cetakan quran versi hafs dan warsh. dan semua kata sama kecuali ada sekitar 90 kata yg berbeda. baik yg signifikan maupun yg tidak.

dan ini yg mengatakan bukan siapa siapa.. tetapi muslim sendiri di forum myquran. ini yg jadi dasar ane. meskipun ga bisa bahasa arab.. ane ga mau di kibuli ama abu..
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by abu hanan on Mon Apr 15, 2013 10:51 pm

@ramayana
picik banget sih mikirnyah ram?apa yang sayah urai dari awal bukan kibulin siapapun..kalow kafirin gak percaya yah silahkeun..kalow ada kafirin mau repot belajar basa arab yah tanya ajah ke dia tentang segala argumen sayah..bener/tidak..

al quran berarti bacaan..bukan tulisan yang dihafal..membaca dari hafalan berbeda dengan membaca pake tulisan..
firman disampaikan jibril secara lisan,nabi menyampaikan juga lisan baru kemudian dihafal oleh pendengar dan sebagian menuliskan..

sampe disini paham?

Adapun kelainan bacaan, sampai
sekarang masih ada, karena
bacaan-bacaan yang dirawikan dengan mutawatir dari Nabi terus dipakai oleh kaum Muslimin dan bacaan-bacaan tersebut tidaklah berlawanan dengan apa yang ditulis dalam Mushaf-mushaf
yang ditulis di masa Utsman itu..
jadi yang dibakar ustman adalah MUSHAF/tulisan2/lembaran2..ustman tidak memusnahkan cara baca secara menyeluruh tetapi mengarahkan ke satu cara baca untuk menghindari perselisihan internal muslim..

apakah ustman berhasil?sukses..karena cara bacanya sesuai dengan kaidah basa arab..cuman bacanyah ajah yang beda..
satu-satuh-shatuh->contoh mudah bagi yang mikir..
lemari-almari
yesus-ioshua

kalow yang pengen belajar;
1.qatala-qutila
2.kemudian huruf"ya" yang berfungsi sebagai kata ganti orang pertama/aku/kami..huruf ini dipake warsh..
3.bagi yang muslim bisa masuk ke muslim only..pantau ajah disana kelas basa arab..karena lebih mudah memindahkan isi forum daripada belajar tajwid




sehingga sayah bener2 heran deh..lha wong gak ngerti hukum tajwid versi warsh kok ngeyel banget..

apa mau promosi bibel lebih baik?hahaha..gimana mungkin?kata "yhwh" ajah gak ada satu orangpun di muka bumi saat ini tau cara ucap secara tepat..
Menurut Al-Dimyathi sebagaimana dikutip oleh Dr. Abdul Hadi al-Fadli bahwasanya qira’at adalah:
“Suatu ilmu untuk mengetahui cara pengucapan lafal-lafal al-Qur’an, baik yang disepakati maupun yang diikhtilapkan oleh para ahli qira’at, seperti hazf (membuang huruf), isbat
(menetapkan huruf), washl
(menyambung huruf), ibdal
(menggantikan huruf atau lafal
tertentu) dan lain-lain yang
didapat melalui indra pendengaran
nah HAZF itu uda menjawab "di sini ada huwa kok disanah gak ada?"..

->
ini rumahnya pak jono
ini rumah pak jono
pasti deh ramayana bilang;kalimat diatas gak sama.karena ada NYA di satu kalimat dan gak ada di kalimat lain..

btw...cape deh


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by abu hanan on Mon Apr 15, 2013 10:58 pm

qira'at dianggap Sahih apabila qira'at tersebut sesuai dengan rasm utsmani.


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Tue Apr 16, 2013 5:31 am

to @ramayana

anda ini pura2 bego bin kenthir bin rak-waras atau gimana?

emangnya saya minta anda membangkitkan orang mati di jaman khalifah Ustman, untuk bicara masalah ini?

dan kok malah ngelantur nggak karuan bin ancur2an.

Ok dah, saya tunggu tanggapan anda kepada post2 wak abu di atas.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Tue Apr 16, 2013 9:42 am

@EbisuSensei wrote:to @ramayana

anda ini pura2 bego bin kenthir bin rak-waras atau gimana?

emangnya saya minta anda membangkitkan orang mati di jaman khalifah Ustman, untuk bicara masalah ini?

dan kok malah ngelantur nggak karuan bin ancur2an.

Ok dah, saya tunggu tanggapan anda kepada post2 wak abu di atas.

kalau ente pikir.. siapa yg seperti ini?

bego bin kenthir bin rak-waras atau gimana?
ente yg minta ane bahas permintaan abu tentang jaman usman.. kok ente malah bilang ini..

emangnya saya minta anda membangkitkan orang mati di jaman khalifah Ustman, untuk bicara masalah ini?
yang minta bangkitkan orang mati siapa???? apa hubungannya?? ente baca lagi deh tanggepan ane!

udah ngaku ga tau apa apa, ngatain orang omong kosong. hahahahahaha..

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Tue Apr 16, 2013 10:01 am

@abu hanan wrote:@ramayana
picik banget sih mikirnyah ram?apa yang sayah urai dari awal bukan kibulin siapapun..kalow kafirin gak percaya yah silahkeun..kalow ada kafirin mau repot belajar basa arab yah tanya ajah ke dia tentang segala argumen sayah..bener/tidak..

al quran berarti bacaan..bukan tulisan yang dihafal..membaca dari hafalan berbeda dengan membaca pake tulisan..
firman disampaikan jibril secara lisan,nabi menyampaikan juga lisan baru kemudian dihafal oleh pendengar dan sebagian menuliskan..

sampe disini paham?

Adapun kelainan bacaan, sampai
sekarang masih ada, karena
bacaan-bacaan yang dirawikan dengan mutawatir dari Nabi terus dipakai oleh kaum Muslimin dan bacaan-bacaan tersebut tidaklah berlawanan dengan apa yang ditulis dalam Mushaf-mushaf
yang ditulis di masa Utsman itu..
jadi yang dibakar ustman adalah MUSHAF/tulisan2/lembaran2..ustman tidak memusnahkan cara baca secara menyeluruh tetapi mengarahkan ke satu cara baca untuk menghindari perselisihan internal muslim..

apakah ustman berhasil?sukses..karena cara bacanya sesuai dengan kaidah basa arab..cuman bacanyah ajah yang beda..
satu-satuh-shatuh->contoh mudah bagi yang mikir..
lemari-almari
yesus-ioshua

kalow yang pengen belajar;
1.qatala-qutila
2.kemudian huruf"ya" yang berfungsi sebagai kata ganti orang pertama/aku/kami..huruf ini dipake warsh..
3.bagi yang muslim bisa masuk ke muslim only..pantau ajah disana kelas basa arab..karena lebih mudah memindahkan isi forum daripada belajar tajwid




sehingga sayah bener2 heran deh..lha wong gak ngerti hukum tajwid versi warsh kok ngeyel banget..

apa mau promosi bibel lebih baik?hahaha..gimana mungkin?kata "yhwh" ajah gak ada satu orangpun di muka bumi saat ini tau cara ucap secara tepat..
Menurut Al-Dimyathi sebagaimana dikutip oleh Dr. Abdul Hadi al-Fadli bahwasanya qira’at adalah:
“Suatu ilmu untuk mengetahui cara pengucapan lafal-lafal al-Qur’an, baik yang disepakati maupun yang diikhtilapkan oleh para ahli qira’at, seperti hazf (membuang huruf), isbat
(menetapkan huruf), washl
(menyambung huruf), ibdal
(menggantikan huruf atau lafal
tertentu) dan lain-lain yang
didapat melalui indra pendengaran
nah HAZF itu uda menjawab "di sini ada huwa kok disanah gak ada?"..

->
ini rumahnya pak jono
ini rumah pak jono
pasti deh ramayana bilang;kalimat diatas gak sama.karena ada NYA di satu kalimat dan gak ada di kalimat lain..

btw...cape deh
ente kalau ga ngibul.. berarti ente ga pinter!

ane nemu penjelasan yang ringkas dan tepat. itu kalau hasil penelitian di ponpes yg ane kasih ga ente baca.

Pernah denger ato baca yg namanya Mushaf Hafs dan Warsh? bingung maksudnya apa? silakan dilanjut bacanya
baik Hafs[ah] maupun Wars adalah jenis bacaan (tajwidz) khusus yang dinasabkan pada periwayatnya.

bacaan Hafs berasal dari Hafs bin Sulaimaan bin Al Mughirah Al 'Asadi Al Kufi (lahir 90 H, meninggal 180 H). beliau adalah ulama qiraat dari Kufah yang belajar dari Aasim bin Bahdalah Abu An-Najud Al-Asadi, dikenal dengan Abu Bakar (bukan khalifah I). Aasim bin Bahdalah adalah syaikh para quraa di Kufah pada masa tabi'in. beliau terkenal karena keindahan suara, kejernihan, ilmu, dan ketakwaannya; meninggal pada tahun 127 Al-Hijarah.

bacaan Wars berasal dari Imam Warsh, yang memiliki nama asli Abu Said Usman bin Said Al Misriy. beliau belajar dari Imam Nafi' yang memberinya nama "Warsh" karena kulitnya yang putih. Imam Wars lahir di Mesir pada tahun 110 H dan belajar qiraat dari Imam Nafi' di Madinah. kemudian beliau kembali ke Mesir dan mengajar qiraat di sana. beliau meninggal tahun 197 H.

perbedaan bacaan muncul karena perbedaan warna suara orang per orang dan perbedaan logat/dialek dari suku2 Arab, atw memang beberapa Imam qiraat yg memiliki bacaan sendiri yg unik.

seperti kata KEHENDAK dalam bahasa Indonesia. orang2 melayu atw sumatra akan cederung menghilangkan konsonan "K" di akhir kata tersebut sehingga terdengar/terbaca KEHENDA', sedangkan suku2 lain akan tetap membaca konsonan terakhir "K" sehingga terdengar/terbaca KEHENDAK, dengan pengertian yg sama.

contoh perbedaan tajwidz/qiraat hafs dan warsh adalah

... وَمَنْ يُرْسِلُ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِ ...

QS Al An Kabuut 27;63 dan siapa (pula) kah yang mendatangkan angin sebagai kabar gembira sebelum (kedatangan) rahmat-Nya?

kata بُشْرًا boleh dibaca

بُشْراً/ busyraan (qiraah Hafs `an `Asim)

atw

نُشُراً/ nusyuraan (qiraah Warsh `an Nafi`)

dengan pengertian yg sama.
http://www.facebook.com/gamautahu/posts/371336362936788

ada 1 ayat. ada 2 cara membaca. dan katanya adalah kata yang sama. dengan baca yang beda! tetapi dengan oengertian atau arti yang sama! tetapi ada beberapa kata diantara versi quran mempunyai kata yang berbeda, dan arti yang berbeda!

satu. ada yg baca syatu. ada yg satuh.. atau catu. itu tergantung dialek dan logat masing masing.. yg ini kita sepakat?

tapi ente kemudian giring ke pasif dan aktif!! setelah gagal dalam satuh dan shatu hahahahaha..

buat ente mikir deh bu.. kenapa ane bilang ente ga bisa di percaya!
kalau qatala jadi qutila.. maka semua kata qatala di hafs harus jadi qutila di warsh. apakah berlaku seperti itu?
kaliamat aktif di hafs harus jadi pasif di warsh. apa seperti itu?

semua kata yg puluhan ribu di quran.. hanya sekitar 90 an kata yg beda antara hafs dan warsh. ini ente bilang qiraat??
qiraat itu cara membaca yg berbeda dari tulisan arab! bukan tulisan yang beda!!

mengenai huwa..

ini kutipan ente.

Menurut Al-Dimyathi sebagaimana dikutip oleh Dr. Abdul Hadi al-Fadli bahwasanya qira’at adalah:
“Suatu ilmu untuk mengetahui cara pengucapan lafal-lafal al-Qur’an, baik yang disepakati maupun yang diikhtilapkan oleh para ahli qira’at, seperti hazf (membuang huruf)

qiraat adalah cara pengucapan!! dan ada yg pengucapannya menghilangkan huruf! bukan menghilangkan kata!!


artinya..

ada tulisan: ini rumahnya pak jono..

ada yang baca: ini rumanya pa jono.
ada yang baca: ini rumahnya pak jono.
ada yang baca: ini rumehnye pak jono.
ada yang baca: ini romahnya pak jonoh.

jadi tulisannya satu.. yaitu versi usman.. cara bacanya yang beda.
tapi kasus kitab cetak warsh dan hafs berbeda!! ini ada beda kata dan tulisan di kitabnya!!

ada buku yang menulis.. ini rumahnya pak jono. ada buku yang menulis.. ini kandangnya pak jono.

tentu ada kesalahan dari salah satu buku ini!! yang bener yang mana?? yang pertama kali di tulisan ama penulisnya yang mana? rumah atau kandang??

sampai sini ente bisa mikir bu??
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Tue Apr 16, 2013 10:55 am

to @ramayana

bagus, berarti kamu paham permintaan saya kan?

Begini saja, bisakah anda tunjukkan, link ke ahli bahasa arab yang protes terhadap perbedaan ini. Dari situs Islam tentunya.

Nggak usah dari sumber non-Muslim dulu, kuatirnya nanti malah saya pusing sendiri membacanya.

tentu yang bilang ada kesalahan dalam salah satu bacaan.
kurang lebih seperti kutipan pernyataan anda berikut ini:
....tentu ada kesalahan dari salah satu buku ini!! yang bener yang mana?? yang pertama kali di tulisan ama penulisnya yang mana?....

Silahkan!


Terakhir diubah oleh EbisuSensei tanggal Tue Apr 16, 2013 11:28 am, total 2 kali diubah
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Tue Apr 16, 2013 12:20 pm

previous
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Tue Apr 16, 2013 12:23 pm

@EbisuSensei wrote:to @ramayana

bagus, berarti kamu paham permintaan saya kan?

Begini saja, bisakah anda tunjukkan, link ke ahli bahasa arab yang protes terhadap perbedaan ini. Dari situs Islam tentunya.

Nggak usah dari sumber non-Muslim dulu, kuatirnya nanti malah saya pusing sendiri membacanya.

tentu yang bilang ada kesalahan dalam salah satu bacaan.
kurang lebih seperti kutipan pernyataan anda berikut ini:
....tentu ada kesalahan dari salah satu buku ini!! yang bener yang mana?? yang pertama kali di tulisan ama penulisnya yang mana?....

Silahkan!
hahahaha.. berarti yang "parah" itu ente!
apa mungkin ada orang islam yang berani bilang ayat quran salah?? apa ada yg berani bilang kalau versi lain itu salah?
hanya usman yang berani hahahaha..

ini sama aja bilang kalau Alloh ga sanggup jaga quran! usman melakukan itu karena terpaksa. krn memang perbedaan quran sangat mencolok. krn ada mushaf yang tidak lengkap kitabnya. ada yg ga ada surah al fatihah. maka usma terpaksa membakar mushaf yg ga sesuai. Apa mau Alloh yg dianggap ga mampu menjaga quran?

ente baca deh ini.. setidaknye ente sedikit tahu sejarah quran.

http://superkoran.info/?p=3370

jadi kalau tidak ada ulama, imam, dll yg berani berkata ada quran yang salah.. lalu apa alasan yang dipakai??

ini dari fatwa saudi.

According to some Qira’at certain meanings may differ, yet this difference aims at achieving a goal in the Shari‘ah (Islamic law) or providing a benefit for people while remaining consistent in meaning, agreeing in objectives, forming a part of one complete, perfectly accurate legislation body, without the slightest blemish of conflict or contradiction among them.

fatwa saudi aja mengakui perbedaan arti kok.. abu hanan malah bilang pasif aktif! hahahahahahahaha...
tapi tentu saja di balut dengan alasan perbedaan ini untuk mencapai tujuan hukum syariah. ga tau ane maksudnya..

http://www.alifta.com/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&PageID=1045&PageNo=1&BookID=7

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Tue Apr 16, 2013 1:12 pm

@ramayana wrote:
hahahaha.. berarti yang "parah" itu ente!
apa mungkin ada orang islam yang berani bilang ayat quran salah?? apa ada yg berani bilang kalau versi lain itu salah?

Lha.. lha.. delusinya mulai keliatan.. ketiwiketiwi

okey, kalo begitu, silahkan yang dari ahli bahasa/tata-bahasa Arab tapi orang Arab.
yang non-Muslim

Silahkan!

Kalau TIDAK ADA, tinggal bilang TIDAK ADA.
Kalau ADA, tinggal bilang ADA, dan disertakan apa yang saya minta.
Nggak usah ditambahi kalimat2 milikmu sendiri.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Tue Apr 16, 2013 2:33 pm

semoga TUHAN mengampuni kebodohanmu..
@EbisuSensei wrote:
@ramayana wrote:
hahahaha.. berarti yang "parah" itu ente!
apa mungkin ada orang islam yang berani bilang ayat quran salah?? apa ada yg berani bilang kalau versi lain itu salah?

Lha.. lha.. delusinya mulai keliatan.. ketiwiketiwi

okey, kalo begitu, silahkan yang dari ahli bahasa/tata-bahasa Arab tapi orang Arab.
yang non-Muslim

Silahkan!

Kalau TIDAK ADA, tinggal bilang TIDAK ADA.
Kalau ADA, tinggal bilang ADA, dan disertakan apa yang saya minta.
Nggak usah ditambahi kalimat2 milikmu sendiri.

ane ga tega bilang orang lain kentir.. tapi cobalah untuk berpikir..

ini posting ane..

@ramayana wrote:


hahahaha.. berarti yang "parah" itu ente!
apa mungkin ada orang islam yang berani bilang ayat quran salah?? apa ada yg berani bilang kalau versi lain itu salah?
hanya usman yang berani hahahaha..

ini sama aja bilang kalau Alloh ga sanggup jaga quran! usman melakukan itu karena terpaksa. krn memang perbedaan quran sangat mencolok. krn ada mushaf yang tidak lengkap kitabnya. ada yg ga ada surah al fatihah. maka usma terpaksa membakar mushaf yg ga sesuai. Apa mau Alloh yg dianggap ga mampu menjaga quran?

ente baca deh ini.. setidaknye ente sedikit tahu sejarah quran.

http://superkoran.info/?p=3370

jadi kalau tidak ada ulama, imam, dll yg berani berkata ada quran yang salah.. lalu apa alasan yang dipakai??

ini dari fatwa saudi.

According to some Qira’at certain meanings may differ, yet this difference aims at achieving a goal in the Shari‘ah (Islamic law) or providing a benefit for people while remaining consistent in meaning, agreeing in objectives, forming a part of one complete, perfectly accurate legislation body, without the slightest blemish of conflict or contradiction among them.

fatwa saudi aja mengakui perbedaan arti kok.. abu hanan malah bilang pasif aktif! hahahahahahahaha...
tapi tentu saja di balut dengan alasan perbedaan ini untuk mencapai tujuan hukum syariah. ga tau ane maksudnya..

http://www.alifta.com/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&PageID=1045&PageNo=1&BookID=7

ente ga baca fatwa dari kerajaan saudi?? ini orang arab bukan?? ini muslim bukan?? ini malah para ulama! cendekiawan islam! kurang apa lagi??

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Tue Apr 16, 2013 2:44 pm

mereka bilang itu sebagai suatu kesalahan tidak?

YA/TIDAK?


NB:
Saya minta njawab YA atau TIDAK susahnya kok setengah modar.
Apakah perlu saya jelaskan arti kata "YA" maupun "TIDAK"?

Tau orang sizofren kan?
Salah satu ciri2nya, otaknya/pemikirannya seperti terbelah.
Sehingga, saat menjawab "YA" ataupun "TIDAK" terkesan malah mbingungi.

Saya inginnya kamu bukanlah orang yang seperti itu.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Tue Apr 16, 2013 3:51 pm

@EbisuSensei wrote:mereka bilang itu sebagai suatu kesalahan tidak?

YA/TIDAK?


NB:
Saya minta njawab YA atau TIDAK susahnya kok setengah modar.
Apakah perlu saya jelaskan arti kata "YA" maupun "TIDAK"?

Tau orang sizofren kan?
Salah satu ciri2nya, otaknya/pemikirannya seperti terbelah.
Sehingga, saat menjawab "YA" ataupun "TIDAK" terkesan malah mbingungi.

Saya inginnya kamu bukanlah orang yang seperti itu.
aneh.. udah jelas itu beda arti. kalau bukan kesalahan terus namanya apa??
dari 1 buku! hanya dari 1 buku versi usman.. terus ada banyak versi dan perbedaan arti.

udah jelas kalau fatwa bilang beda arti.. ente minta nanya ke arab non muslim? hahahaha.. lha menurut ente beda arti itu masalah ga? emang Aloh bisa jaga kata kata di quran ga?

kalau ente masih ga sadar krn ga bisa mikir.. ini ane kasih!!

Muslims claim to know the time, place, and occasion that each verse was revealed in…Yet between Hafs and Warsh they seems not to know even how many verses were originally revealed!

The question that presents itself is: “Which did Gabriel reveal?

ini contohnya.. mana yang benar? di banding dengan quran kuno..

di banding quran taskhen..

Hafs spells the word in 18:36 as “Minha” while Warsh spells as “MinhuMa”. The
example in the Tashkent showed it to be following Hafs in this regards

dibanding kufi script "gold quran"

Warsh uses “Alazeena” in 9:107, while Hafs uses “Walazeena”. The
Gold Quran was found to be with the “Waw” thus confirming Warsh..

Warsh uses “YartadD” in 5:53, while Hafs uses “Yartad”. The Gold
Quran confirms Warsh by having an extra letter “Dal”.

By Layth Al-Shaiban

bingung kan? saling berbeda? hahahaha

ane tambahin.. ini kesimpulannya..

I would say that amongst the 2 versions, and although Warsh appears to be more authentic,
the answer is that neither one is conforming 100% to the data analyzed and both have been
found to be with human errors/modifications.

ente ga tau artinya?? ente transate ke google sana!! hafs dan warsh ke 2 nya error!! hahahaha..
http://www.free-minds.org/sites/default/files/WhichQuran.pdf

siapa layth Al-shaiban ini??

LAYTH SALEH AL-SHAIBAN is an author of various books and articles on
Islam, founder of Progressive Muslims, and co-founder of Islamic Reform. Layth
works in a financial institution as a financial adviser, and lives in Saudi Arabia.

http://www.studyquran.org/resources/Quran_Reformist_Translation.pdf
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 11 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik