FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Versi Al quran: hafs dan warsh!

Halaman 6 dari 11 Previous  1, 2, 3 ... 5, 6, 7 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Sun Feb 24, 2013 11:22 am

First topic message reminder :

melihat adanya beberapa versi alquran yang mana sudah menyangkut beda arti..
pak cik di forum ini.. http://www.laskarislam.com/t4062p25-permasalahan-ayat-genesis-53-dalam-bible-kristian#64909

mempermasalahkan perbedaan terjemahan di Alkitab septuaginta alias alkitab terjemahan yunani dari bible hebrew.
padahah terjemahan di indonesia aja banyak kesalahan.

apakah berarti alquran bahasa indonesia tidak kredible???

JAKARTA (Arrahmah.com) – Setelah diskusi dan debat panjang, Kemenag (Kementrian Agama) akhirnya mengakui kesalahan terjemah Al Qur’an versi Departemen Agama. Hal ini terungkap setelah Majelis Mujahidin (MM) menggelar pertemuan dengan Kemenag di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jum’at (29/04/2011) lalu. Kemenag akhirnya berencan mengeluarkan terjemah Al Qur’an edisi revisi.

Terjemah Al Qur’an keliru bisa halalkan kumpul kebo

Akibat kesalahan fatal pada terjemahan Al Qur’an versi Departemen Agama (Depag, kini Kementerian Agama/Kemenag) bisa memicu orang menjadi teroris. Bahkan, terjemahan yang tidak pas itu dikhawatirkan juga bisa membuat orang menghalalkan pelacuran. Kemenag pun akhirnya mengakui kesalahan terjemah Al Qur’an versi Depag dan berencana akan mengeluarkan Al Qur’an terjemah edisi revisi.

Kesimpulan di atas terangkum setelah Majelis Mujahidin (MM) mengadakan Dialog Keagamaan tentang Terjemah Al Qur’an dengan Kemenag di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jum’at (29/04/2011) lalu. MM sebagai lembaga yang selama ini mengupayakan penegakan hukum Islam di Indonesia, adalah pihak yang telah menemukan ribuan kekeliruan penterjemahan Al Qur’an versi Depag tersebut.

Pada pertemuan itu, pihak MM antara lain diwakili Amir MM Muhammad Thalib, Ketua Lajnah Tanfidziyah (LT) Irfan S. Awwas, Wakil Ahlul Halli wal ‘Aqdi (Ahwa MM) Abu Muhammad Jibril Abdurrahman, Sekjen MM Shabbarin Syakur dan Amir MM Jabodetabek, Laode Agus Salim. Sementara pihak Kemenag diwakili sekitar 20 orang. Di antaranya, Prof. DR. Ali Mustafa Ya’qub, Prof. DR. Ahsin Sakho (Rektor Institut Ilmu al-Qur’an), dan DR. Muchlis Hanafi.

Seharusnya terjemah tafsiriyah bukan harfiyah

Acara dialog antara MM dan Kemenag dimulai pukul 9 pagi yang diawali dengan ramah tamah. Pada kesempatan pertama, Amir MM Ustadz Muhammad Thalib menjelaskan ayat-ayat Al Qur’an mana saja yang telah diteliti kekeliruannya oleh MM.

Kesempatan berikutnya, Ketua Lajnah Tanfidziyah, Ustadz Irfan S Awwas menjelaskan bahwa terjemah versi Depag yang kini beredar di Indonesia sekarang, adalah terjemah harfiyah. Mestinya, yang lebih aman terjemah yang diterapkan adalah terjemah tafsiriyah. Yakni, tak sekadar menerjemahkan, tapi juga dengan menjelaskan ayat-ayat yang diterjemahkan tersebut dari sisi-sisi yang penting. Terutama pada ayat-ayat yang berpotensi menimbulan salah pengertian bagi si pembacanya. Apalagi bila si pembaca sama sekali tidak mengerti bahasa Arab, tapi punya semangat Islam yang tinggi.

“Misalnya pada terjemah surah at-Taubah, ayat 5. “Maka apabila sudah habis bulan-bulan Haram itu, maka bunuhlah orang-orang musyrik itu dimana saja kalian jumpai mereka.” Kalau orang hanya membaca ayat ini, kan bisa membunuh semua orang musyrik dimanapun,” contohnya.

Kesalahpahaman lainnya, jelas Irfan, juga bisa dilihat pada terjemah surah al-Ahzaab ayat 51. “…Dan siapa-siapa yang kamu ingini untuk menggaulinya kembali dari perempuan yang telah kamu cerai, maka tidak ada dosa bagimu…”. “Ayat ini, kan memunculkan anggapan, kumpul kebo antara mantan suami dan istri tidak berdosa. Padahal ini jelas perzinaan,” tegasnya.

Kemenag akhirnya mengakui adanya kesalahan

Kemenag melalui jubirnya yang diwakili oleh DR. H. Muchlis Hanafi beserta staf dan jajarannya di awal diskusi belum bisa mengakui adanya kesalahan pada terjemah Al Qur’an versi Depag tersebut, walau pun satu ayat. Diskusi sempat hangat dan tegang selama 4 jam dengan saling mengadu argumentasi.

Kesempatan berikutnya untuk bicara adalah Ustadz Abu Jibriel selaku wakil Ahwa MM. Setelah mengucapkan terima kasih atas undangan Kemenag kepada MM, Ustadz Abu Jibriel memberikan beberapa masukan, diantaranya :

Pihak Kemenag sensitive di dalam menanggapi masalah kesalahan terjemah Al Qur’an Depag dan mau untuk merevisinya jika memang terbukti terdapat kesalahan
Pihak Kemenag jujur di dalam menanggapi masukan dari MM, antara lain tidak ada fihak-fihak yang merasa dan menganggap hanya terjemahannya yang paling benar. Selain itu harus ada kejujuran mengakui jika MM itu benar maka harus dikatakan benar dan begitu pula sebaliknya.
Setelah itu, Ustadz Abu Jibriel memberikan beberapa opsi terkait perdebatan yang menghangat dalam dialog, yakni : menarik seluruh terjemah Al Qur’an versi Depag yang salah dari peredaran, atau diadakan debat publik yang lebih luas untuk menguji mana terjemahan yang lebih benar, MM akan membawa masalah ini ke pengadilan atas kesalahan terjemahan Al Qur’an versi Depag. Namun, apabila Depag bersedia merevisi, maka kedua opsi sebelumnya tidak dibutuhkan lagi.

Saran dari Ustadz Abu Jibriel ini akhirnya bisa diterima, dimana fihak Kemenagpun akhirnya mengakui bahwa memang telah terjadi kesalahan pada terjemahan Al Qur’an versi Depag, terutama sekali yang terdapat pada terjemah surah al-Ahzaab ayat 51. “…Dan siapa-siapa yang kamu ingini untuk menggaulinya kembali dari perempuan yang telah kamu cerai, maka tidak ada dosa bagimu…”.

Kalau terjemahan ayat ini di’telan’ lalu dilaksanakan begitu saja, maka akan memunculkan anggapan, kumpul kebo antara mantan suami dan istri tidak berdosa. Padahal ini jelas perzinaan. Di akhir dialog, fihak Kemenag akan menjadikan masukan MM sebagai bahan pertimbangan revisi terjamah Al Qur’an versi Depag.

Wallahu’alam bis showab!

(M Fachry/arrahmah.com)

http://kesalahanquran.wordpress.com/2013/01/31/kemenag-akhirnya-mengakui-kesalahan-terjemah-al-quran/

Polemik Terjemah Al-Qur`an



Terjemah al-Qur`an Kementerian Agama (Kemenag) digugat. Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) menilai terjemah al-Qur`an berusia 46 tahun itu telah menimbulkan banyak masalah di negeri ini. Kesalahan terjemah Kemenag diklaim telah memicu aksi terorisme, liberalisme, aliran sesat, hingga kerusakan moral di masyarakat.

MMI menuntut Kemenag menarik seluruh terjemahannya dan menggantinya dengan terjemah tafsiriyah seperti yang dibuat MMI.

Namun, Kemenag menilai hal itu perbedaan pandangan semata, dan mempersilahkan MMI menerbitkan sendiri versi terjemahannya.

31 Oktober lalu, MMI meluncurkan Al-Qur`an Tarjamah Tafsiriyah, karya Amirul Mujahidin, Dr Muhammad Thalib. Sebuah terjemah al-Qur`an 30 juz yang berbeda sama sekali dengan terjemah versi Kemenag.

Thalib mengaku menemukan 3.229 kesalahan pada terjemah versi Kemenag. Kesalahan bertambah menjadi 3.400 pada edisi revisi tahun 2010. Dari 114 surat al-Qur`an yang diterjemah oleh Kemenag, hanya 6 surat yang lolos tashih ala MMI.

TIM LAPORAN UTAMA

http://www.hidayatullah.com/majalah.php?mjl_id=317


selain itu juga adanya banyak variasi dari quran tulisan arab. yang paling besar adalah verso hafs dan warsh. selain itu ada dori dan qalun serta beberapa variasi.

perbedaam warsh dan hafs setidaknya seperti link ini..

http://allah-semata.org/forum/index.php?topic=86.0

coba pak cik!! apa bedanya kesalahan septuagint ama alquran?



Terakhir diubah oleh ramayana tanggal Wed May 01, 2013 11:58 am, total 2 kali diubah
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down


Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Tue Apr 16, 2013 3:58 pm

@ramayana wrote:
LAYTH SALEH AL-SHAIBAN is an author of various books and articles on
Islam, founder of Progressive Muslims, and co-founder of Islamic Reform. Layth
works in a financial institution as a financial adviser, and lives in Saudi Arabia.

http://www.studyquran.org/resources/Quran_Reformist_Translation.pdf
okey, orang itu mungkin orang arab.
tapi bagian mana yang menyatakan dia ahli bahasa/tata bahasa?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by Revolt on Tue Apr 16, 2013 4:02 pm

@EbisuSensei wrote:
@ramayana wrote:
LAYTH SALEH AL-SHAIBAN is an author of various books and articles on
Islam, founder of Progressive Muslims, and co-founder of Islamic Reform. Layth
works in a financial institution as a financial adviser, and lives in Saudi Arabia.

http://www.studyquran.org/resources/Quran_Reformist_Translation.pdf
okey, orang itu mungkin orang arab.
tapi bagian mana yang menyatakan dia ahli bahasa/tata bahasa?

ITU ULAMA......mikir dikitlah.....
avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Tue Apr 16, 2013 4:05 pm

previous
Bisa di cantumkan dikit nggak?
Bagian mana yang menyatakan bahwa dia ulama.

Kalo emang ya saya akui ya kok..

soalnya saya pake harus nginstall adobe dulu.

maksudnya biar diskusinya lancar aja sih
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Tue Apr 16, 2013 4:07 pm

@EbisuSensei wrote:
@ramayana wrote:
LAYTH SALEH AL-SHAIBAN is an author of various books and articles on
Islam, founder of Progressive Muslims, and co-founder of Islamic Reform. Layth
works in a financial institution as a financial adviser, and lives in Saudi Arabia.

http://www.studyquran.org/resources/Quran_Reformist_Translation.pdf
okey, orang itu mungkin orang arab.
tapi bagian mana yang menyatakan dia ahli bahasa/tata bahasa?
orang ini emang bodoh tingkat akut!
layth saleh sampai meneliti quran kuno..

terserah entelah! ente pasti ga lihat link itu ya..
ente mau belajar atau ga terserah.

ane share link tersebut di forum quran.. terserah kalian mau melihat atau gak! kebenaran tetaplah kebenaran!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by Revolt on Tue Apr 16, 2013 4:11 pm

Maaf deh kepadamu ebisu, kecepatan baca saya. Revisi, revisi !!
Memang bukan ulama dia, tetapi sudah baca toh FATWA ULAMA ARAB SAUDI yang di copas bung RAMA bahwa MEMANG BENAR BEDA ARTI??




Terakhir diubah oleh Revolt tanggal Tue Apr 16, 2013 4:13 pm, total 1 kali diubah
avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Tue Apr 16, 2013 4:12 pm

bentar yo, ini masih ane buka..

oh ya, tahu kan yang saya maksud dengan ahli bahasa/tata bahasa arab?

Seperti ahi bahasa indonesia misalkan.

Sekolahnya pasti di jurusan sastra.

Lah dia pendidikannya dimana?
Itu yang perlu anda jelaskan juga.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Tue Apr 16, 2013 4:28 pm

@EbisuSensei wrote:bentar yo, ini masih ane buka..

oh ya, tahu kan yang saya maksud dengan ahli bahasa/tata bahasa arab?

Seperti ahi bahasa indonesia misalkan.

Sekolahnya pasti di jurusan sastra.

Lah dia pendidikannya dimana?
Itu yang perlu anda jelaskan juga.
baru kali ini ane tau.. kalau yg bisa mengatakan salah atau benar suatu ayat quran adalah dari tata bahasa arab!! bukan ulama atau cendekiawan islam. jadi ga guna ada fatwa memang beda arti!

yang berhak adalah ahli tata bahasa arab! hahahahahaha..

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Tue Apr 16, 2013 4:41 pm

previous

Jalan pikiranmu gimana sih @ram?

Secara legal, jelas orang yang punya pendidikan tentang bahasa, yang bisa mengatakan orang lain berbicara dalam bahasa yang salah atau benar.

Orang yang cuman jago memijat otot apakah langsung bisa jadi dokter?

Oh ya, pada halaman berapa, ada keterangan bahwa dia adalah ulama/bekas ulama ya?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Tue Apr 16, 2013 4:57 pm

@EbisuSensei wrote:previous

Jalan pikiranmu gimana sih @ram?

Secara legal, jelas orang yang punya pendidikan tentang bahasa, yang bisa mengatakan orang lain berbicara dalam bahasa yang salah atau benar.

Orang yang cuman jago memijat otot apakah langsung bisa jadi dokter?

Oh ya, pada halaman berapa, ada keterangan bahwa dia adalah ulama/bekas ulama ya?

mestinya saat buat kitab.. nabi harus minta ahli bahasa arab buat menyusun quran.. atau jibril mestinya mina tolong ahli bahasa arab hahahaha..

yang bisa bahas quran adalah ulama. dan menurut hukum islam, fatwa adalah petunjuk yg harus di ikuti. ga perduli ahli bahasa bilang salah, kalau fatwa bilang benar ya benar!

dan fatwa saudi telah mengatakan bahwa itu memang beda arti!

ga usah ahli bahasa indonesia kalau membedakan berperang dan terbunuh adalah arti kata yang berbeda!!

kalau ente ga percaya fatwa saudi ya terserah.. carilah ahli bahasa arab.. biar hidupmu mendapat kebenaran hehehe..
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Tue Apr 16, 2013 5:06 pm

to @ramayana

YANG BILANG QURAN, ENTAH VERSI APAPUN, ADA KESALAHAN !!

pikiranmu piye tho @ram, moco tulisanku ra?

opo ke ngombe yo? kok nglantur neng endi2, rak iso fokus neng tekonanku.

Masalah perbedaan, itu adalah gaya!
Orang bergaya kok dibilang salah.
Sadar kalo kamu nyeleneh nggak?
Tapi kamu sekarang ini dalam kondisi sadar kan?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Tue Apr 16, 2013 5:20 pm

@EbisuSensei wrote:

YANG BILANG QURAN, ENTAH VERSI APAPUN, ADA KESALAHAN !!
maksude opo? sing mabuk sopo kang?
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Tue Apr 16, 2013 5:32 pm

to @ramayana

@ramayana wrote:
maksude opo? sing mabuk sopo kang?

Untuk menjelaskan, kita kembali ke post ini:

to @ramayana

Sekarang saya pake istilah gaya bacaan ya, rasanya kok lebih pas dan penyegaran.

Perbedaan gaya bacaan pada Al-Quran, sudah bermula sejak diturunkan.
Apa yang dibakar pada saat khalifah Ustman, adalah lembaran2 yang sudah rusak, dan tercerai berai.
Bukannya meniadakan beda versi.

Dan semua gaya bacaan yang ada, adalah asli.

paham?


Terakhir diubah oleh EbisuSensei tanggal Tue Apr 16, 2013 6:09 pm, total 1 kali diubah
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by abu hanan on Tue Apr 16, 2013 7:32 pm

abu hanan malah bilang pasif aktif!
telan ajah ludah ram...

http://www.laskarislam.com/t5490-kenapa-level-ane-masih-75-aturannya-gimana-trit-hafs-dan-warsh#67984
qatala
And many a prophet fought (qatala) ... 3.146
And many a prophet was killed (qutila) ... 3.146.

yang bener bertempur atau terbunuh??
yang ngepost duluan TERBUNUH siapa yah?
terbunuh tuh bentuk kata pasif/aktif dalam basa endonesah?


قَاتَلَ
= kata kerja AKTIF bentuk lampau ...3/146

فَقُتِلَ
= kata kerja PASIF bentuk lampau..74/19 dan huruf FA/ﻑ adalah IMBUHAN yang berarti maka-kemudian-lalu..

nabi memerangi kafirin formatnyah Nabi = Subjek,memerangi=predikat,kafirin=objek
nabi diperangi kafirin formatnyah Nabi = Objek,diperangi=predikat,kafirin=subjek
===>gak ada beda..sama dengan
kucing memakan ayam
ayam dimakan kucing


nah yang tulisan miring apakah ada kesalahan sesuai dengan Bahasa Indonesia EYD?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by aliumar on Fri Apr 19, 2013 1:23 am

Jujur aja, saya sendiri juga awam, tapi sok tahu pada awal saya mulai membaca sedikit masalah beda versi ini. Ternyata kuncinya ada di definisi qiraat sabah.
Pandangan yg mengkaitkan variansi ahruf dgn al-qiraat al-sab/qiraat sabah ("tujuh bacaan") cukup bermasalah. Pandangan ini biasanya dinisbatkan kepada org awam, krn tidak satu pun ulama yg memegangnya. Al-Sayuthi mengutip Abu Syamah yg menegaskan bahwa pemaknaan semacam itu lebih menunjukan kebodohan yang memalukan *11.
Sumber: Rekonstruksi sejarah Alquran, karangan Taufik Adnan Amal, halaman 342.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Fri Apr 19, 2013 7:01 am

to @aliumar

Saya tidak jelas, kesimpulan apa yang anda tuju.

Begini saja, apa yang menjadi keberatan anda, dari pernyataan saya berikut ini:

Sekarang saya pake istilah gaya bacaan ya, rasanya kok lebih pas dan penyegaran.

Perbedaan gaya bacaan pada Al-Quran, sudah bermula sejak diturunkan.
Apa yang dibakar pada saat khalifah Ustman, adalah lembaran2 yang sudah rusak, dan tercerai berai.
Bukannya meniadakan beda versi.

Dan semua gaya bacaan yang ada, adalah asli.

paham?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Fri Apr 19, 2013 8:52 am

@abu hanan wrote:
abu hanan malah bilang pasif aktif!
telan ajah ludah ram...

http://www.laskarislam.com/t5490-kenapa-level-ane-masih-75-aturannya-gimana-trit-hafs-dan-warsh#67984
qatala
And many a prophet fought (qatala) ... 3.146
And many a prophet was killed (qutila) ... 3.146.

yang bener bertempur atau terbunuh??
yang ngepost duluan TERBUNUH siapa yah?
terbunuh tuh bentuk kata pasif/aktif dalam basa endonesah?


قَاتَلَ
= kata kerja AKTIF bentuk lampau ...3/146

فَقُتِلَ
= kata kerja PASIF bentuk lampau..74/19 dan huruf FA/ﻑ adalah IMBUHAN yang berarti maka-kemudian-lalu..

nabi memerangi kafirin formatnyah Nabi = Subjek,memerangi=predikat,kafirin=objek
nabi diperangi kafirin formatnyah Nabi = Objek,diperangi=predikat,kafirin=subjek
===>gak ada beda..sama dengan
kucing memakan ayam
ayam dimakan kucing


nah yang tulisan miring apakah ada kesalahan sesuai dengan Bahasa Indonesia EYD?
si abu emnag tukang taqqiya forum ini. salah satu yang no wahid! ane ngomong ada dasarnya.

sekarang dia bilang ane yg mengatakan aktif pasif krn ane menterjemahkan were killed jadi terbunuh??

ane nanya deh bu. ente ama fatwa saudi tinggi mana derajat kesahihannya?? kalau fatwa yg juga ane dukung mengatakan itu beda arti.. antara versi qiraat.. lalu kenapa ente bilangs ama? hanya aktif pasif?

ente ini hanay di forum ini punya "kuasa" sehingga bisa seenaknya. taqqiya ga akan ada yg delete posting ente dengan kata.. by sayah!!

apakah kata berperang.. pasifnya terbunuh?? yg beg0 siapa??

apakah kata aktif memukul.. pasifnya jadi terjatuh?
apakah kata berperang pasifnya terbunuh??

apalagi ada yg namanya kaidah bahasa arab! kata aktif ada subyek! pasif ga ada!!
sedang antara wars dan hafs.. hanya dibedakan denagn perbedaan kata qatala dan qutila. yg lain sama!

ente diatas udah kasih contoh yg benar.

saya membaca buku.
dibaca buku.
ini kaidah arab!!

kok mbalik lagi..

kucing memakan ayam
ayam dimakan kucing

kalau ente mau samakan dengan warsh dan hafs mestinya jadi..

kucing menyerang ayam
kucing terbunuh ayam

sama ga artinya??
krn subyek dan kalimat lain tidak berubah!

jangan taqqiya lagi bu? ga malu ama ebi sensei? hahahahaha
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Fri Apr 19, 2013 9:03 am

@EbisuSensei wrote:to @ramayana


Sekarang saya pake istilah gaya bacaan ya, rasanya kok lebih pas dan penyegaran.

Perbedaan gaya bacaan pada Al-Quran, sudah bermula sejak diturunkan.
Apa yang dibakar pada saat khalifah Ustman, adalah lembaran2 yang sudah rusak, dan tercerai berai.
Bukannya meniadakan beda versi.

Dan semua gaya bacaan yang ada, adalah asli.

paham?
ente ini juga payah! jangan tiru abu deh.. apa ente ga malu ama kelakuan abu idola ente? hahahaha
ngaku ga tau apa apa.. ya belajar!!

Apa yang dibakar pada saat khalifah Ustman, adalah lembaran2 yang sudah rusak, dan tercerai berai.
Bukannya meniadakan beda versi.
ente belajar lagi deh.. apa bener yg ente bilang??

usman membakar krn quran selain beda beda bacanya.. juga banyak yg beda arti. selain setiap sahabat memegang mushaf yg berbeda. dimana berbeda juga sirah sirahnya. udah ane kasih link diatas dibaca!! makanya ga pinter pinter!
agama sendiri kok ga tau apa apa..

dan ane kasih tau ya.. gaya bahasa itu ada seratus lebih!! hanya ama kalifah setelah usman (ente baca link ane) hanya 7 yang diakui! itu untuk menyamakan dengan ayat yg berkata di turunkan dengan 7 huruf! ini kalau kita bicara cara membaca.

diperkirakan ada 140 cara membaca yg berbeda. usman memcoba menyamakan dengan membuat pembacaan quran dengan cara dialek quraisy. alias 1 cara membaca! tetapi gagal! hebat kan usman? melenyapkan yg dikatakan quran emang resmi 7 huruf..

baca bro!! biar nambah ilmu!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by EbisuSensei on Fri Apr 19, 2013 9:19 am

to @ramayana


usman membakar krn quran selain beda beda bacanya.. juga banyak yg beda arti. selain setiap sahabat memegang mushaf yg berbeda. dimana berbeda juga sirah sirahnya. udah ane kasih link diatas dibaca!! makanya ga pinter pinter!
agama sendiri kok ga tau apa apa..
Bagaimana bisa dibilang seperti itu..?
Faktanya gaya bacaannya masih ada kok..

Sebelum peristiwa pembakaran yang kamu maksud, ada peristiwa peperangan yang terjadi. Dimana banyak menelan korban para penghapal Al Quran. Maka Syaidinah Ustman ra, memutuskan untuk membukukan Quran. Sedangkan teks2 yang tercerai berai dan sudah rusak dimusnahkan.
Maka lebih tepat bila saya sebut upaya Ustman ra. tersebut adalah menghancurkan teks2 Al Quran yang sudah rusak.

Terserah kamu mau bilang apa.

Mau kamu bilang Ustman ra ingin menyatukan gaya bacaanlah, atau apalah terserah.
Faktanya gaya bacaan tersebut masih ada.

Kita bicara fakta sekarang saja, okeey....


Lagipula umat Islam sudah diberikan petunjuk, untuk menguji keaslian sebuah Kitab Suci, yang berasal dari Yang Maha Kuasa.

Dan saya lihat kamu nggak berani membahas sedikitpun.
Seperti orang yang lari dari kenyataan.

Orientalis2 dan Paganistan2 paling hanya akan memelas:
"Kalo mau membahas Kitab Suci, kewarasannya/nalarnya dilepas dulu dong..
Kita bahas menggunakan halusinasi saja, ya?"
ketiwiketiwi
I D I I I I H....
T E R L A L U U U U H....
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by aliumar on Fri Apr 19, 2013 12:02 pm

Saya tidak jelas, kesimpulan apa yang anda tuju.
Silahkan baca buku: Rekonstruksi sejarah Alquran, karangan Taufik Adnan Amal, khususnya halaman 342.
Bisa baca lewat google.
Disitu jelas dikatakan bahwa spt pendapat kamu yg mengkaitkan perbedaan varian ahruf dgn al-qiraat al-sab/qiraat sabah ("tujuh bacaan"), ternyata itu merupakan suatu kebodohan yg memalukan. Dan yg menyatakan itu adalah ulama Arab, yg bhs ibunya adalah bhs Arab.

Perbedaan gaya bacaan pada Al-Quran, sudah bermula sejak diturunkan.
Apa yang dibakar pada saat khalifah Ustman, adalah lembaran2 yang sudah rusak, dan tercerai berai.
Bukannya meniadakan beda versi.
Jika benar bukan meniadakan beda versi, lantas DIMANA eksistensi sisanya 5 versi ahruf yg lain? kenapa cuma tersisa 2 versi aja ya, (yaitu hafs dan warsh)?
Bukankah Allah mu menurunkan Quran dalam 7 versi ahruf? DAN, bukankah Tuhan mu berjanji akan menjaga/memelihara apa yg telah diturunkanNya (Al Hijr:9) ?

sudah baca FATWA ULAMA ARAB SAUDI yang di copas bung RAMA bahwa MEMANG BENAR BEDA ARTI??

seorang ulama, dalam mengeluarkan suatu fatwa, tentu tidak sembarangan. Ia tentu sudah mempelajarinya terlebih dahulu dari berbagai segi keilmuan, termasuk dari segi perihal tata bahasa.

Jadi jika pada akhirnya ulama arab mem-fatwakan bahwa memang BERBEDA ARTI, itu artinya sudah diteliti termasuk dari segi tata bahasa arab, bahwa itu MEMANG BERBEDA ARTI.

nabi memerangi kafirin formatnyah Nabi = Subjek,memerangi=predikat,kafirin=objek
nabi diperangi kafirin formatnyah Nabi = Objek,diperangi=predikat,kafirin=subjek
===>gak ada beda
Ga ada beda? wah pasti dulu pelajaran Bhs Indo nya jeblok dech.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by aliumar on Fri Apr 19, 2013 12:20 pm

Dan anehnya, jika perbedaan hafs dan warsh perihal kata "qutila" dan "qatala" (perihal aktif-pasif) dikarenakan perbedaan dialek yg digunakan antar 2 versi tsb (versi hafs dan versi warsh), lantas Kenapa hanya satu ayat ini saja mereka (kedua versi tsb) berbeda? padahal penggunaan kata qatala tsb ada di ayat2 lain.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by abu hanan on Fri Apr 19, 2013 12:41 pm

nabi memerangi kafirin formatnyah
Nabi = subjek,memerangi=predikat,kafirin=objek

nabi diperangi kafirin formatnyah
Nabi = Objek,diperangi=predikat,kafirin=subjek
===>gak ada beda..sama dengan
kucing memakan ayam
ayam dimakan kucing
emang ada perbedaan formatnyah dengan kucing-ayam?

dibaca dulu dunk kalow kurang jelas yah tanya...

kalow kata "ayam" dihilangkan agar sesuai dengan ayat asli (kata "kafirin" kan gak ada)..berarti ;
nabi memerangi = subyek dan predikat
nabi diperangi.. = objek dan predikat
dari contoh biru,apakah bertentangan dengan EYD?

Kenapa hanya satu ayat ini saja mereka (kedua versi tsb) berbeda? padahal penggunaan kata qatala tsb ada di ayat2 lain
.apakah struktur kalimat pada ayat2 yan lain SAMA PERSIS dengan ayat ini?
kata QAATALA hanya ada dipake 1 kali di al quran..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by aliumar on Fri Apr 19, 2013 1:24 pm

emang ada perbedaan formatnyah dengan kucing-ayam?

dibaca dulu dunk kalow kurang jelas yah tanya...

kalow kata "ayam" dihilangkan agar sesuai dengan ayat asli (kata "kafirin" kan gak ada)..berarti ;
nabi memerangi = subyek dan predikat
nabi diperangi.. = objek dan predikat
dari contoh biru,apakah bertentangan dengan EYD?

(1) nabi memerangi = subyek dan predikat
(2) nabi diperangi.. = objek dan predikat

apakah secara ARTI, makna kalimat (1) = kalimat (2) ? jawab singkat to the point ya atau tidak.

secara format pun sudah beda. Yg satu subyek, yg satu lagi obyek.

apakah struktur kalimat pada ayat2 yan lain SAMA PERSIS dengan ayat ini?
kata QAATALA hanya ada dipake 1 kali di al quran..
struktur apa pada ayat 3:146 yg tidak ada di ayat2 lain, yg menyebabkan hanya di ayat tsb qatala bisa berubah jadi qutila?
Jgn sok ngerti ngomong struktur kalimat, tapi ga bisa menjelaskan dimana letak keunikan struktur kalimat di ayat tsb yg tidak ada di ayat lainnya, yg menyebabkan hanya di ayat tsb qatala bisa berubah jadi qutila.

Kalau struktur kalimatnya sama2 S-P-O, maka harusnya di ayat2 lain yg memiliki struktur yg sama, juga terjadi perubahan menjadi qutila, yg dikarenakan perbedaan dialek.

dan FYI: kata qatala dipakai sebanyak 54 kali. Sumber: Corpus quran, Link: http://corpus.quran.com/qurandictionary.jsp?q=qtl#%283:146:4%29

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by aliumar on Fri Apr 19, 2013 1:40 pm

qira'at dianggap Sahih apabila qira'at tersebut sesuai dengan rasm utsmani.
bawa kemari dalil quran atau hadist nya.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Fri Apr 19, 2013 2:31 pm

@abu hanan wrote:
nabi memerangi kafirin formatnyah
Nabi = subjek,memerangi=predikat,kafirin=objek

nabi diperangi kafirin formatnyah
Nabi = Objek,diperangi=predikat,kafirin=subjek
===>gak ada beda..sama dengan
kucing memakan ayam
ayam dimakan kucing
emang ada perbedaan formatnyah dengan kucing-ayam?

dibaca dulu dunk kalow kurang jelas yah tanya...

kalow kata "ayam" dihilangkan agar sesuai dengan ayat asli (kata "kafirin" kan gak ada)..berarti ;
nabi memerangi = subyek dan predikat
nabi diperangi.. = objek dan predikat
dari contoh biru,apakah bertentangan dengan EYD?

Kenapa hanya satu ayat ini saja mereka (kedua versi tsb) berbeda? padahal penggunaan kata qatala tsb ada di ayat2 lain
.apakah struktur kalimat pada ayat2 yan lain SAMA PERSIS dengan ayat ini?
kata QAATALA hanya ada dipake 1 kali di al quran..

si abu ini lebih hebat dari fatwa saudi.. bahkan si abu ini lebih hebat dari nabi.
lha ayat quran aja dilawan ama dia. udah jelas bilang murtadin di bunuh, dia bilang kagak! hahahaha..

ente ga ingat kaidah arab yang ente bawa???

nabi memerangi kafir.
diperangi kafir

ini yang bener! ente mau melenceng lagi? super dasyat ente bu hahahaha..

ente mau kaburin kaidah arab yg ente bawa balik ke pasif bahasa indo?
kalau pasif indo harus di balik bu hehehe..

kalau arab.. subyek harus hilang! padahak udah jelas.. kalau ente bilang nabi itu di kalimat aktif jadi subyek. kok di kalimat pasif jadi obyek? yang ga tau malu siapa?

ayo bu.. jangan pantang menyerah.. biar semakin kelihatan siapa ente hehehe..

ini juga dilihat banyak temen seukuwah ente lho.. tunjukkan kengawuranmu hahahaha..


Terakhir diubah oleh ramayana tanggal Fri Apr 19, 2013 2:48 pm, total 1 kali diubah
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by ramayana on Fri Apr 19, 2013 2:36 pm

@EbisuSensei wrote:to @ramayana


usman membakar krn quran selain beda beda bacanya.. juga banyak yg beda arti. selain setiap sahabat memegang mushaf yg berbeda. dimana berbeda juga sirah sirahnya. udah ane kasih link diatas dibaca!! makanya ga pinter pinter!
agama sendiri kok ga tau apa apa..
Bagaimana bisa dibilang seperti itu..?
Faktanya gaya bacaannya masih ada kok..

Sebelum peristiwa pembakaran yang kamu maksud, ada peristiwa peperangan yang terjadi. Dimana banyak menelan korban para penghapal Al Quran. Maka Syaidinah Ustman ra, memutuskan untuk membukukan Quran. Sedangkan teks2 yang tercerai berai dan sudah rusak dimusnahkan.
Maka lebih tepat bila saya sebut upaya Ustman ra. tersebut adalah menghancurkan teks2 Al Quran yang sudah rusak.

Terserah kamu mau bilang apa.

Mau kamu bilang Ustman ra ingin menyatukan gaya bacaanlah, atau apalah terserah.
Faktanya gaya bacaan tersebut masih ada.

Kita bicara fakta sekarang saja, okeey....


Lagipula umat Islam sudah diberikan petunjuk, untuk menguji keaslian sebuah Kitab Suci, yang berasal dari Yang Maha Kuasa.

Dan saya lihat kamu nggak berani membahas sedikitpun.
Seperti orang yang lari dari kenyataan.

Orientalis2 dan Paganistan2 paling hanya akan memelas:
"Kalo mau membahas Kitab Suci, kewarasannya/nalarnya dilepas dulu dong..
Kita bahas menggunakan halusinasi saja, ya?"
ketiwiketiwi
I D I I I I H....
T E R L A L U U U U H....

di suruh belajar malah semakin ngawur! apa emang kualitas ente seperti ini??

apa ente ga diketawain ama non muslim? muslim kok ga ada ilmu!

coba bayangkan ada muslim nulis gini..

Sebelum peristiwa pembakaran yang kamu maksud, ada peristiwa peperangan yang terjadi. Dimana banyak menelan korban para penghapal Al Quran. Maka Syaidinah Ustman ra, memutuskan untuk membukukan Quran. Sedangkan teks2 yang tercerai berai dan sudah rusak dimusnahkan.
Maka lebih tepat bila saya sebut upaya Ustman ra. tersebut adalah menghancurkan teks2 Al Quran yang sudah rusak.
ane kasian ama ente gan!
andai ente mau belajar dan buka link ane.. ga akan ente dipermalukan.

silahkan lihat.. atau ente google. dan lihatlah dimana kengawuran super dari ente...

ente ini muslim cap apa gan? agama sendiri ga tau apa apa.. modal ngawur ikut debat! ga malu kl ente ngatain agama lain?

ane ga berani bahas apa?? ente mabuk??
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Versi Al quran: hafs dan warsh!

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 6 dari 11 Previous  1, 2, 3 ... 5, 6, 7 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik