FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by muslim_netral on Mon Feb 25, 2013 7:48 pm

2013

Kisah Yesus Tingkatkan Muallaf Spanyol!

Vicente Mota Alfaro

Tiga belas tahun yang lalu Vicente Mota Alfaro adalah salah seorang pemeluk Kristen yang taat yang secara rutin mendatangi kelas Minggu dan membaca Injil setiap harinya. Namun hari ini, dia tidak hanya seorang Muallaf, namun dia adalah Imam Masjid dari Pusat Kebudayaan Islam Valensia (CCIV) .

Selain merupakan Muallaf pertama yang dipersilakan mengimami setiap kali sholat berjamaah, dia juga merupakan anggota Dewan Kepengurusan CCIV sejak 2005. Pemimpin kelompok Muslim Valensia menetapkan Alfaro sebagai Imam besar, dan berterima kasih atas kerja kerasnya.

“Dia pantas kami pilih karena kehebatan pengetahuan agamanya”, kata El-Taher Edda Sekretaris Umum Liga Islam bagian Dialog dan Perdamaian.

Dia meyakini Alfaro telah menyebarkan pesan yang nyata mengenai Muallaf yang bergabung dalam kekuatan Islam.

Beberapa media setempat tidak lama lalu melaporkan adanya peningkatan jumlah Muallaf di Spanyol yang signifikan, tanpa adanya pertentangan dari pihak manapun.

Diperkirakan Muslim Spanyol berjumlah 1.5 juta dari 40 juta penduduk keseluruhan.

Islam merupakan agama terbesar kedua setelah Kristen, dan telah mendapatkan pengakuan hukum sejak Juli 1967.

Ketika masyarakat bertanya kepada Alfaro bagaimana dia dapat menjadi seorang Muallaf, dia akan memberikan jawaban yang sederhana.

“Allah telah menjadikan Islam sebagai agama dan hidupku”, katanya mantap.

Saat itu Alfaro berusia 20 tahun dan masih berkuliah ketika dia memutuskan untuk menjadi Muallaf.

“Saya membaca Al-Quran, saya menemukan kebenaran tentang Yesus (Nabi Isa) dan saya putuskan menjadi Muallaf”.

Pada awalnya dia adalah seorang pemeluk Kristen yang taat.

“Dulunya saya rutin pergi ke Gereja tiap Minggu dan membaca Injil setiap harinya”.

“Pada saat itu saya tidak tahu sama sekali mengenai Islam”.

Dia mempunyai seorang tetangga Muslim Algeria yang memperkenalkannya pada Islam.

“Ketika berbincang-bincang dia mengatakan bahwa seluruh umat manusia adalah keturunan Adam dan Hawa, dan semuanya merupakan anak dari Nabi Ibrahim”, kenangnya.

“Saya terkejut mengetahui bahwa dalam Islam juga mengenal Adam, Hawa, dan Ibrahim”.

Perbincangan tersebut rupanya membuat Alfaro muda semakin ingin mengetahui tentang Islam.

“Selanjutnya, saya meminjam salinan Al-Quran dari perpustakaan”.

Dia membawanya pulang dan membaca salinan Al-Quran tersebut dengan teliti.

Namun titik balik bagi Alfaro datang ketika dia membaca kisah tentang Yesus (Nabi Isa) dan kejadian penyaliban.

“Sebelumnya yang saya ketahui adalah Yesus merupakan anak Tuhan yang diutus ke dunia untuk menebus dosa umat manusia, dan sebetulnya hal tersebut cukup mengganggu saya”.

“Dan saya temukan jawabannya dalam Al-Quran. Yesus tidak pernah disiksa ataupun disalib”.

Muslim meyakini Nabi Isa sebagai salah satu Rasul yang diberi penghormatan lebih.

Dalam Islam, Nabi Isa tidak mengalami penyaliban, namun diangkat ke surga dan akan diturunkan kembali pada akhir zaman untuk memerangi Dajjal Al-Masih dan akan membawa kemenangan dan kejayaan bagi Islam.

Dan kisah tersebut merubah keyakinan Alfaro untuk menjadi seorang Muallaf bernama Mansour.

“Dengan cepat saya menyadari bahwa Al-Quran adalah Kitab Tuhan yang sesungguhnya, dan saya tidak pernah menyesal menjadi seorang Muallaf”.

Vicente Mota Alfaro, dulunya adalah seorang pemeluk Kristen yang taat dan kisah kebenaran Yesus (Nabi Isa) dalam Al-Quran telah membawanya ke jalan yang terang. Menurut sebuah laporan media, jumlah Muallaf di Spanyol mengalami peningkatan pesat.
avatar
muslim_netral
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 232
Kepercayaan : Islam
Location : Bandung
Join date : 14.02.13
Reputation : 52

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by ramayana on Mon Feb 25, 2013 10:10 pm

hahahaahaha.. nete kok seneng berita gini?
ntar dikasih berita dari save maryam tentang murtadin indo langsung mules! atau laporan majalah times? hehehehe..

atau cerita menter agama tentang dropnya jumlah muslim di indo? termasuk di garut? hehehehehe..

ane cuman komentari ini..

Dalam Islam, Nabi Isa tidak mengalami penyaliban, namun diangkat ke surga dan akan diturunkan kembali pada akhir zaman untuk memerangi Dajjal Al-Masih dan akan membawa kemenangan dan kejayaan bagi Islam

tidak sesuai ayat quran! ini dia beneran belajar kisah Yesus di quran ga sih??? mosok kayak gini bisa salah?

jangan jangan ente juga ga tau kalau kalimat diatas ada yang salah ya?

ente ini kok seperti muslimah yang galau.. butuh hiburan banyak berita mualaf hahahahaha..
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by muslim_netral on Mon Feb 25, 2013 11:43 pm

Emang ada yang salah jek?
Ini kan kategori mualaf, emang harus diisi apa? kidung agung?
avatar
muslim_netral
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 232
Kepercayaan : Islam
Location : Bandung
Join date : 14.02.13
Reputation : 52

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by ramayana on Mon Feb 25, 2013 11:47 pm

muslim_netral wrote:Emang ada yang salah jek?
Ini kan kategori mualaf, emang harus diisi apa? kidung agung?
kagak salah.. ane cuma heran ente hobi masalah ginian.

yang trit kemaren gimana? hehehehe

kidung agung itu di paksa menerima kalau nabi mohamad ada di dalamnya lho. kebangetan si ahmad deedat ini. muslim menghina kitab porno tapi maksa ada nama nabi mohamad didalamnya. hahahahahahaha..
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by muslim_netral on Mon Feb 25, 2013 11:59 pm

Ente panas yah, yang masuk Islam banyak yang berlatarbelakang orang2 berpendidikan, profesor, sarjana, artis, orang eropa, sedangkan yang masuk kristen orang2 pedalaman terbelakang dan orang2 miskin yang lapar
avatar
muslim_netral
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 232
Kepercayaan : Islam
Location : Bandung
Join date : 14.02.13
Reputation : 52

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by ramayana on Tue Feb 26, 2013 12:05 am

muslim_netral wrote:Ente panas yah, yang masuk Islam banyak yang berlatarbelakang orang2 berpendidikan, profesor, sarjana, artis, orang eropa, sedangkan yang masuk kristen orang2 pedalaman terbelakang dan orang2 miskin yang lapar
wuih... emang berbeda ya harga jiwa manusia itu?

dimata TUHAN orang miskin dan bodoh adalah berharga.

ambil saja semua profesor doktor, phd, artis terkenal, orang eropa amerika, atau siapapun deh yang ente anggap manusia kelas tinggi.

ada firman.. siapa yang meninggikan diri akan di rendahkan.
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by muslim_netral on Tue Feb 26, 2013 12:18 am

ramayana wrote:
wuih... emang berbeda ya harga jiwa manusia itu?

dimata TUHAN orang miskin dan bodoh adalah berharga.

ambil saja semua profesor doktor, phd, artis terkenal, orang eropa amerika, atau siapapun deh yang ente anggap manusia kelas tinggi.

ada firman.. siapa yang meninggikan diri akan di rendahkan.

Bukan ke sana arahnya, orang yang masuk Islam itu sekarang kebanyakan karena menimbang-nimbang dengan akal dan berfikir, bukan karena kebodohan atau kelaparan, orang berpendidikan bisa membedakan mana agama yang masuk nalar dan mana yang tidak.
avatar
muslim_netral
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 232
Kepercayaan : Islam
Location : Bandung
Join date : 14.02.13
Reputation : 52

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by SEGOROWEDI on Tue Feb 26, 2013 7:18 am

muslim_netral wrote:Bukan ke sana arahnya, orang yang masuk Islam itu sekarang kebanyakan karena menimbang-nimbang dengan akal dan berfikir, bukan karena kebodohan atau kelaparan, orang berpendidikan bisa membedakan mana agama yang masuk nalar dan mana yang tidak.

pertimbangan apa sehingga islam layak dimualapi?
- ajaran aloh yang tinggi nilai etika-moralnya
- perbuatan muhammad yang tinggi nilai etika-moralnya


silakan digelar dimari!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by muslim_netral on Tue Feb 26, 2013 9:15 am

SEGOROWEDI wrote:

pertimbangan apa sehingga islam layak dimualapi?
- ajaran aloh yang tinggi nilai etika-moralnya
- perbuatan muhammad yang tinggi nilai etika-moralnya


silakan digelar dimari!

Lha itu buktinya banyak orang-orang berpendidikan yang masuk Islam? Ente kayaknya gak punya gelar, makanya sulit masuk Islam.... usil
avatar
muslim_netral
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 232
Kepercayaan : Islam
Location : Bandung
Join date : 14.02.13
Reputation : 52

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by SEGOROWEDI on Tue Feb 26, 2013 9:43 am



mana nih:
- ajaran aloh yang tinggi nilai etika-moralnya
- perbuatan muhammad yang tinggi nilai etika-moralnya


sehingga islam layak dimualapi..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by ramayana on Fri Mar 01, 2013 5:23 pm

muslim_netral wrote:
ramayana wrote:
wuih... emang berbeda ya harga jiwa manusia itu?

dimata TUHAN orang miskin dan bodoh adalah berharga.

ambil saja semua profesor doktor, phd, artis terkenal, orang eropa amerika, atau siapapun deh yang ente anggap manusia kelas tinggi.

ada firman.. siapa yang meninggikan diri akan di rendahkan.

Bukan ke sana arahnya, orang yang masuk Islam itu sekarang kebanyakan karena menimbang-nimbang dengan akal dan berfikir, bukan karena kebodohan atau kelaparan, orang berpendidikan bisa membedakan mana agama yang masuk nalar dan mana yang tidak.
akalu bisa di timbang dengan akal.. tolong dong kasih ane pemikiran yang masuk akal.. apa kebaikan ajaran islam?
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by muslim_netral on Fri Mar 01, 2013 7:19 pm

ramayana wrote:
akalu bisa di timbang dengan akal.. tolong dong kasih ane pemikiran yang masuk akal.. apa kebaikan ajaran islam?

Menurutmu apa kebaikan dari ajaran Islam?
avatar
muslim_netral
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 232
Kepercayaan : Islam
Location : Bandung
Join date : 14.02.13
Reputation : 52

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by ramayana on Fri Mar 01, 2013 9:38 pm

muslim_netral wrote:
ramayana wrote:
akalu bisa di timbang dengan akal.. tolong dong kasih ane pemikiran yang masuk akal.. apa kebaikan ajaran islam?

Menurutmu apa kebaikan dari ajaran Islam?
ga ada!! makanya ane nanya hahahahahahaha..

kalau ada tentu ane bisa lihat dari hidup para muslim..

ane pernah bilang.. ane ga tau sama sekali ajaran buddha. tapi dilihat dari hidup orang buddha dan biksu.. ane percaya ajarannya sangat baik.

bahksa saat ane ke jepang, ane heran, agama buddha ama shinto bisa berdampingan sangat baik.
orang jepang berkata.. 80% orang jepang beragama shinto. dan 80% beragama buddha.

artinya mereka diikuti banyak orang jepang. ada idiom di jepang.. orang jepang lahir dan nikah secara shinto, mati secara buddha.

luar biasa kan agama agama ini?
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by muslim_netral on Fri Mar 01, 2013 10:18 pm

ramayana wrote:
ga ada!! makanya ane nanya hahahahahahaha..

kalau ada tentu ane bisa lihat dari hidup para muslim..

ane pernah bilang.. ane ga tau sama sekali ajaran buddha. tapi dilihat dari hidup orang buddha dan biksu.. ane percaya ajarannya sangat baik.

bahksa saat ane ke jepang, ane heran, agama buddha ama shinto bisa berdampingan sangat baik.
orang jepang berkata.. 80% orang jepang beragama shinto. dan 80% beragama buddha.

artinya mereka diikuti banyak orang jepang. ada idiom di jepang.. orang jepang lahir dan nikah secara shinto, mati secara buddha.

luar biasa kan agama agama ini?
Itulah yang aku heran, kenapa ummat Islam bisa milyaran yah, dan bisa nyaman, ajaib, tapi agama "baik" ummatnya sedikit
avatar
muslim_netral
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 232
Kepercayaan : Islam
Location : Bandung
Join date : 14.02.13
Reputation : 52

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by ramayana on Fri Mar 01, 2013 11:21 pm

muslim_netral wrote:
ramayana wrote:
ga ada!! makanya ane nanya hahahahahahaha..

kalau ada tentu ane bisa lihat dari hidup para muslim..

ane pernah bilang.. ane ga tau sama sekali ajaran buddha. tapi dilihat dari hidup orang buddha dan biksu.. ane percaya ajarannya sangat baik.

bahksa saat ane ke jepang, ane heran, agama buddha ama shinto bisa berdampingan sangat baik.
orang jepang berkata.. 80% orang jepang beragama shinto. dan 80% beragama buddha.

artinya mereka diikuti banyak orang jepang. ada idiom di jepang.. orang jepang lahir dan nikah secara shinto, mati secara buddha.

luar biasa kan agama agama ini?
Itulah yang aku heran, kenapa ummat Islam bisa milyaran yah, dan bisa nyaman, ajaib, tapi agama "baik" ummatnya sedikit
iya jumlah banyak tapi hanya 1 golongan yg ke surga hahahahaha..
nyaman?? sunni dan syiah saling bunuh itu nyaman? emang di negara islam mana sih yang nyaman?

baik atau buruk ga dilihat dari jumlah. jaman nuh yang baik cuman keluarga nuh.. lainnya dihabisi hahahahaha..

setidaknya di jepang ane sangat damai!! sayangnya ane cinta ibu pertiwi hahahaha..
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by muslim_netral on Fri Mar 01, 2013 11:56 pm

ramayana wrote:
iya jumlah banyak tapi hanya 1 golongan yg ke surga hahahahaha..
nyaman?? sunni dan syiah saling bunuh itu nyaman? emang di negara islam mana sih yang nyaman?

baik atau buruk ga dilihat dari jumlah. jaman nuh yang baik cuman keluarga nuh.. lainnya dihabisi hahahahaha..

setidaknya di jepang ane sangat damai!! sayangnya ane cinta ibu pertiwi hahahaha..

Kita itu hidup untuk saling bunuh, itu sudah hukum alam, kalau tidak membunuh nanti terbunuh, dunia sudah diciptakan untuk medan perang, kalaupun tidak ada Islam, bunuh membunuh jalan terus, baik itu manusia lawan manusia, binatang lawan manusia, lawan tumbuhan, itulah hidup, untungnya muslim sudah punya cara membunuh sesuai tuntunan Allah SWT, selama manusia lebih dari satu, membunuh pasti ada, jadi hadapilah kenyataan pahit ini....
avatar
muslim_netral
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 232
Kepercayaan : Islam
Location : Bandung
Join date : 14.02.13
Reputation : 52

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 05, 2013 7:55 am

muslim_netral wrote:Kita itu hidup untuk saling bunuh, itu sudah hukum alam, kalau tidak membunuh nanti terbunuh, dunia sudah diciptakan untuk medan perang, kalaupun tidak ada Islam, bunuh membunuh jalan terus, baik itu manusia lawan manusia, binatang lawan manusia, lawan tumbuhan, itulah hidup, untungnya muslim sudah punya cara membunuh sesuai tuntunan Allah SWT, selama manusia lebih dari satu, membunuh pasti ada, jadi hadapilah kenyataan pahit ini....

terbukti kalau ajaran se tan
sebab bagi Tuhan, membunuh itu dosa, bahkan 'marah' saja sudah sama dengan membunuh


SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by Hamba Kecil on Mon Dec 30, 2013 4:01 am

@Ramayana
kidung agung itu di paksa menerima kalau nabi mohamad ada di dalamnya lho. kebangetan si ahmad deedat ini. muslim menghina kitab porno tapi maksa ada nama nabi mohamad didalamnya. hahahahahahaha.. wrote:

Bung Ram ud pernah liat ini belum?
Kalo belum silahkan ditonton
http://www.youtube.com/watch?v=gYNskGe5XEU
avatar
Hamba Kecil
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 185
Kepercayaan : Islam
Location : Palembang
Join date : 09.01.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by SEGOROWEDI on Mon Dec 30, 2013 7:44 am



gak sah galau lihat orang lain
tetapi pikirkan diri sendiri dan teliti sendiri: siapa yang kita ikuti
Tuhan/setan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by Mutiara on Wed Jan 08, 2014 3:22 pm

setan itulah penghuni patung yesus di gereja...
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 08, 2014 3:25 pm


gak usah kalap, mut..
lebih baik fokus ke diri sendiri..
dan kita teliti/uji apakah yang kita ikuti benar-benar Tuhan
atau setan yang mengaku tuhan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by Mutiara on Wed Jan 08, 2014 3:29 pm

yang kalap elo lah,......lebay....

ada bukan tuhan kamu kira tuhan...
ada lukisan nangis darah, kamu kagum, heboh...
ada patung yesus berkedip genit, kamu geer...

wkwkwk kaum kristen...korban tipu daya setan...
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 08, 2014 3:37 pm



coba deh mut...
TUNJUKIN APA YANG LAYAK DIMUALAPI DARI ISLAM/MUHAMMAD?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by ritara on Thu Jan 09, 2014 1:53 am

kebenaran untuk menyembah tuhan yang sebenarnya
avatar
ritara
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 170
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 09.01.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by SEGOROWEDI on Thu Jan 09, 2014 7:33 am


tahu dari mana ilahnya muhammad adalah Tuhan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUALLAF SPANYOL MENINGKAT PESAT

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik