FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by brandal edan on Fri Mar 15, 2013 5:39 pm

ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS



Kisah pembuatan dan penyembahan patung anak lembu emas diceritakan secara singkat baik dalam Alkitab maupun Alquran. Adapun kisah tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut (dimulai dari Alquran):


Versi Alquran

Nabi Musa as berjanji kepada Bani Israel yang ditinggalkan di bawah pimpinan Nabi Harun as bahwa ia tidak akan meninggalkan mereka lebih lama dari tiga puluh hari, dalam perjalananya ke Thur Sina (Gunung Sinai) untuk bermunajat dengan Tuhan. Akan tetapi berhubung dengan adanya perintah Allah kepada Musa untuk melengkapi jumlah hari puasanya menjadi empat puluh hari, maka janjinya itu tidak dapat ditepati dan kedatangannya kembali ke tengah-tengah mereka tertunda menjadi sepuluh hari lebih lama drp yang telah dijanjikan.

Bani Israel merasa kecewa dan menyesalkan kelambatan kedatangan Musa kembali ke tengah-tengah mereka. Mereka menggerutu dan mengomel dengan melontarkan kata-kata kepada Musa seolah-olah ia telah meninggalkan mereka dalam kegelapan dan dalam keadaan yang tidak menentu. Mereka merasa seakan-akan telah kehilangan pimpinan yang biasanya memberi bimbingan dan petunjuk-petunjuk kepada mereka.

Umatnya yang ditinggalkan bersama dengan Harun merasa kepergian Musa terlalu lama. Karena itu, mereka kemudian meminta Harun untuk membuat sesuatu sebagai tuhan dan sesembahan mereka. Harun menolak permintaan Bani Israel ini.

Namun, Harun tak kuasa melawan desakan kaumnya yang terus memaksakan diri untuk membuat sebuah patung sebagai tuhan dan sesembahan mereka. Hingga akhirnya, melalui sebuah pengkhianatan salah seorang diantara Bani Israel, yaitu Samiri, Bani Israel berhasil membuat sebuah patung berupa anak lembu (sapi). Patung anak lembu itu terbuat dari emas.

Ketika keluar dari Mesir, banyak kaum Bani Israel yang membawa perhiasan mereka. Perhiasan-perhiasan itu kemudian dibakar hingga meleleh, lalu oleh Samiri dibuatkan patung anak lembu. Ketika Musa kembali, dia sangat kaget melihat perilaku umatnya itu. Musa pun marah. Cerita ini selengkapnya dapat dilihat pada QS. Thaha [20] : 85-98 dan QS. al-A'raf [7] : 148-154.

Tidak dijelaskan siapa Samiri, namun oleh karena ia tidak mau bertaubat (tetap menyembah berhala), Musa pun mengusirnya dari Bani Israel (QS. 20:97-98).

Patung yang dibuat oleh Samiri ini bisa melenguh (bersuara) apabila angin masuk ke dalamnya, hal ini konon disebabkan oleh genggaman tanah yang diambil Samiri dari jejak rasul (Jibril) yang dibakar bersama-sama dengan perhiasan-perhiasan itu sehingga membuatnya bisa melenguh.

Keterangan Hadits

Hadits di bawah ini mengandung tambahan dan perincian terkait dengan penyembahan Bani Israel terhadap patung anak lembu yang terbuat dari emas ciptaan Samiri dan apa yang dilakukan oleh Musa terhadap patung anak sapi tersebut, bagaimana dia menenggelamkannya di air dan bagaimana Bani Israel saling membunuh:

Ketika Musa bersegera kepada Tuhannya, Samiri mengumpulkan perhiasan semampunya: perhiasan Bani Israil. Dia mencetaknya menjadi anak sapi, kemudian dia memasukkan segenggam (dari jejak rasul) ke dalam perutnya. Ternyata ia menjadi anak sapi yang bersuara. Maka Samiri berkata kepada mereka, "Ini adalah Tuhan kalian dan Tuhan Musa." Harun berkata kepada mereka, "Wahai kaum, bukankah Tuhan kalian telah memberi janji baik kepada kalian?" Ketika Musa kembali kepada Bani Israil yang telah disesatkan oleh Samiri, Musa memegang kepala saudaranya, maka Harun berkata apa yang dikatakan Musa kepada Samiri, "Apa yang membuatmu melakukan ini?" Samiri menjawab, "Aku mengambil segenggam dari jejak rasul, lalu aku melemparkannya. Demikianlah nafsuku membujukku."

Lalu Musa mendatangi anak sapi itu. Dia meletakkan serutan dan menyerutnya di tepi sungai. Maka tidak seorang pun yang minum dari air itu yang menyembah anak sapi kecuali wajahnya menguning seperti emas.

Mereka berkata kepada Musa, "Bagaimana taubat kami?" Musa menjawab, "Sebagian dari kalian membunuh sebagian yang lain." Lalu mereka mengambil pisau. Maka mulailah seorang membunuh bapaknya dan saudaranya tanpa peduli, hingga yang terbunuh berjumlah tujuh puluh ribu. Lalu Allah mewahyukan kepada Musa, "Perintahkan mereka agar berhenti. Aku telah mengampuni yang terbunuh dan memaafkan yang hidup."


Diriwayatkan oleh Hakim dalam Mustadrak dari Ali, 2/412, no. 3434; dalam Kitabut Tafsir (tafsir surat Thaha).


Versi Alkitab

Berbeda dengan penjelasan Alquran dan hadits, dalam Taurat Israel, Nabi Harun justru menjadi penyebab Bani Israel membuat patung tersebut. Berikut kutipannya:

Ketika bangsa itu melihat, bahwa Musa mengundur-undurkan turun dari gunung itu, maka berkumpullah mereka mengerumuni Harun dan berkata kepadanya: "Mari, buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir--kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia." Lalu, berkatalah Harun kepada mereka, ''Tanggalkanlah anting-anting emas yang ada pada telinga istrimu, anakmu laki-laki dan perempuan, dan bawalah semuanya kepadaku.'' Seluruh bangsa itu pun menanggalkan anting-anting emas yang ada pada telinga mereka dan membawanya kepada Harun. Harun menerimanya dari tangan mereka, lalu dibentuk dengan pahat, dan dibuatlah anak lembu tuangan. Kemudian, berkatalah mereka, ''Hai, Bani Israil, inilah Allahmu yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir.'' Ketika Harun melihat itu, didirikannyalah mezbah di depan anak lembu itu. Berserulah Harun, katanya: "Besok hari raya bagi TUHAN!" Dan keesokan harinya pagi-pagi maka mereka mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan, sesudah itu duduklah bangsa itu untuk makan dan minum; kemudian bangunlah mereka dan bersukaria. (Keluaran 32:1-6)

Dan ketika ia dekat ke perkemahan itu dan melihat anak lembu dan melihat orang menari-nari, maka bangkitlah amarah Musa; dilemparkannyalah kedua loh itu dari tangannya dan dipecahkannya pada kaki gunung itu. Sesudah itu diambilnyalah anak lembu yang dibuat mereka itu, dibakarnya dengan api dan digilingnya sampai halus, kemudian ditaburkannya ke atas air dan disuruhnya diminum oleh orang Israel. (Keluaran 32:19-20)


Harun, baik dalam Alkitab maupun Alquran, adalah seorang nabi dan rasul/utusan Tuhan bersama-sama dengan Musa yang membawa misi kepada Bani Israel dan Firaun serta untuk membebaskan perbudakan bangsa Israel dan membawa mereka keluar dari tanah Mesir. Bahkan dalam Alkitab, selain sebagai seorang nabi dan rasul, Harun juga dipercaya oleh Tuhan untuk memegang jabatan imam bagi umat Israel:

Demikianlah TUHAN telah berfirman kepada Musa dan Harun, serta mengutus mereka kepada orang Israel dan kepada Firaun, raja Mesir, dengan membawa perintah supaya orang Israel dibawa keluar dari Mesir. (Keluaran 6:13)

Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu. (Keluaran 7:1)

Lalu Harun mengulurkan tangannya ke atas segala air di Mesir, maka bermunculanlah katak-katak, lalu menutupi tanah Mesir. (Keluaran 8:6)

Harun mengulurkan tangannya dengan tongkatnya dan memukulkannya ke debu tanah, maka nyamuk-nyamuk itu hinggap pada manusia dan pada binatang. Segala debu tanah menjadi nyamuk di seluruh tanah Mesir. (Keluaran 8:17)

"Engkau harus menyuruh abangmu Harun bersama-sama dengan anak-anaknya datang kepadamu, dari tengah-tengah orang Israel, untuk memegang jabatan imam bagi-Ku--Harun dan anak-anak Harun, yakni Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar. (Keluaran 28:1)



Secara ringkas, perselisihan kisah ini dapat dirangkum dalam tabel berikut:


TABEL PERSELISIHAN KISAH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS


VERSI ALKITAB VERSI ALQURAN/HADITS
Pembuat Patung
Nabi Harun, seorang imam dan rasul/utusan Tuhan bersama-sama dengan Musa Samiri, seorang penyembah berhala
Perkataan Harun
''Tanggalkanlah anting-anting emas yang ada pada telinga istrimu, anakmu laki-laki dan perempuan, dan bawalah semuanya kepadaku (untuk dibuatkan patung anak lembu emas).'' (Keluaran 32:2)

Ketika Harun melihat itu, didirikannyalah mezbah di depan anak lembu itu. Berserulah Harun, katanya: "Besok hari raya bagi TUHAN (patung anak lembu emas)!" (Keluaran 32:5)
Dan Musapun melemparkan luh-luh (Taurat) itu dan memegang (rambut) kepala saudaranya (Harun) sambil menariknya ke arahnya, Harun berkata:"Hai anak ibuku, sesungguhnya kaum ini telah menganggapku lemah dan hampir-hampir mereka membunuhku, sebab itu janganlah kamu menjadikan musuh-musuh gembira melihatku, dan janganlah kamu masukkan aku ke dalam golongan orang-orang yang zalim." (QS. 7:150)

"Hai kaumku, sesungguhnya kamu hanya diberi cobaan dengan anak lembu itu dan sesungguhnya Tuhanmu ialah (Allah) Yang Maha Pemurah, maka ikutilah aku dan ta'atilah perintahku." (QS. 20:90)
Tindakan Musa
Musa membakar dan menggiling sampai halus patung tersebut kemudian menaburkannya ke atas air dan menyuruh orang Israel meminum airnya. (Keluaran 32:20) Musa membakar dan menyerut patung tersebut di tepi sungai (dekat laut) dan melarang orang Israel yang menyembahnya meminum airnya, kecuali mukanya akan menguning seperti emas. (QS. 20:97 dan HR. Hakim)


Kesimpulan

Harun adalah penerima dan pelayan firman Tuhan bersama-sama dengan Musa untuk Bani Israel. Keduanya melarang keras penyembahan kepada patung (berhala) di lingkungan Bani Israel sebagaimana larangan Tuhan dalam Taurat Israel (Keluaran 19:24 - 20:7) yang sama-sama mereka pegang teguh. Kalau saja pembuatan patung tersebut dilakukan Harun sebelum ia diangkat menjadi nabi, mungkin masih bisa diterima, tetapi oleh karena hal itu dilakukannya setelah ia diangkat menjadi nabi, rasul, dan imam bagi umat Israel, maka cerita versi Alkitab tersebut sesungguhnya hanyalah sebuah fitnah yang amat keji kepada Nabi Harun.





Terakhir diubah oleh brandal edan tanggal Mon Mar 25, 2013 11:32 am, total 2 kali diubah (Reason for editing : referensi lemah, sehinggu perlu diralat untuk menghindari kontroversi yang tidak substansial.)
avatar
brandal edan
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 84
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 05.12.12
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by Revolt on Fri Mar 15, 2013 6:25 pm

Yang bilang HARUN itu nabi hanya ISLAM hahahaha.
avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by ramayana on Fri Mar 15, 2013 6:44 pm

@brandal edan wrote:
ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS



Kisah pembuatan dan penyembahan patung anak lembu emas diceritakan secara singkat baik dalam Alkitab maupun Alquran. Adapun kisah tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut (dimulai dari Alquran):


Versi Alquran

Nabi Musa as berjanji kepada Bani Israel yang ditinggalkan di bawah pimpinan Nabi Harun as bahwa ia tidak akan meninggalkan mereka lebih lama dari tiga puluh hari, dalam perjalananya ke Thur Sina (Gunung Sinai) untuk bermunajat dengan Tuhan. Akan tetapi berhubung dengan adanya perintah Allah kepada Musa untuk melengkapi jumlah hari puasanya menjadi empat puluh hari, maka janjinya itu tidak dapat ditepati dan kedatangannya kembali ke tengah-tengah mereka tertunda menjadi sepuluh hari lebih lama drp yang telah dijanjikan.

Bani Israel merasa kecewa dan menyesalkan kelambatan kedatangan Nabi Musa kembali ke tengah-tengah mereka. Mereka menggerutu dan mengomel dengan melontarkan kata-kata kepada Nabi Musa seolah-olah ia telah meninggalkan mereka dalam kegelapan dan dalam keadaan yang tidak menentu. Mereka merasa seakan-akan telah kehilangan pimpinan yang biasanya memberi bimbingan dan petunjuk-petunjuk kepada mereka.

Umatnya yang ditinggalkan bersama dengan Nabi Harun merasa kepergian Musa terlalu lama. Karena itu, mereka kemudian meminta Nabi Harun untuk membuat sesuatu sebagai sesembahan mereka. Nabi Harun menolak permintaan Bani Israel ini.

Namun, Nabi Harun tak kuasa melawan desakan kaumnya yang terus memaksakan diri untuk membuat sebuah patung sebagai sesembahan. Hingga akhirnya, melalui sebuah pengkhianatan salah seorang penyusup, yaitu Samiri, Bani Israel berhasil membuat sebuah patung berupa anak lembu (sapi). Patung anak lembu itu terbuat dari emas.

Ketika keluar dari Mesir, banyak kaum Bani Israel yang membawa perhiasan mereka. Perhiasan-perhiasan itu kemudian dibakar hingga meleleh, lalu oleh Samiri dibuat patung anak lembu. Ketika Musa kembali, dia sangat kaget melihat perilaku umatnya itu. Musa pun marah. Cerita ini selengkapnya dapat dilihat pada QS. Thaha [20] : 85-98 dan QS. al-A'raf [7] : 148-154.

Samiri adalah salah seorang umat Nabi Musa yang berasal dari suku Assamirah. Ulah dan perbuatan Samiri inilah yang menyebabkan umat Nabi Musa tersesat dan menyembah berhala (patung anak lembu).

Patung yang dibuat oleh Samiri ini bisa melenguh (bersuara) apabila angin masuk ke dalamnya, hal ini konon disebabkan karena genggaman tanah yang diambil Samiri dari jejak rasul (Jibril) sehingga membuatnya bisa melenguh.

Kendati perbuatan mereka ini sudah ditentang oleh Nabi Harun, Bani Israel tidak memedulikannya. Mereka tetap ngotot dan memaksakan diri untuk membuat patung tersebut sebagai tuhan dan sesembahan mereka.

Keterangan Hadits

Hadits di bawah ini mengandung tambahan dan perincian terkait dengan penyembahan Bani Israel terhadap patung anak lembu yang terbuat dari emas ciptaan Samiri dan apa yang dilakukan oleh Musa terhadap patung anak sapi tersebut, bagaimana dia menenggelamkannya di air dan bagaimana Bani Israel saling membunuh:

Ketika Musa bersegera kepada Tuhannya, Samiri mengumpulkan perhiasan semampunya: perhiasan Bani Israil. Dia mencetaknya menjadi anak sapi, kemudian dia memasukkan segenggam (dari jejak rasul) ke dalam perutnya. Ternyata ia menjadi anak sapi yang bersuara. Maka Samiri berkata kepada mereka, "Ini adalah Tuhan kalian dan Tuhan Musa." Harun berkata kepada mereka, "Wahai kaum, bukankah Tuhan kalian telah memberi janji baik kepada kalian?" Ketika Musa kembali kepada Bani Israil yang telah disesatkan oleh Samiri, Musa memegang kepala saudaranya, maka Harun berkata apa yang dikatakan Musa kepada Samiri, "Apa yang membuatmu melakukan ini?" Samiri menjawab, "Aku mengambil segenggam dari jejak rasul, lalu aku melemparkannya. Demikianlah nafsuku membujukku."

Lalu Musa mendatangi anak sapi itu. Dia meletakkan serutan dan menyerutnya di tepi sungai. Maka tidak seorang pun yang minum dari air itu yang menyembah anak sapi kecuali wajahnya menguning seperti emas.

Mereka berkata kepada Musa, "Bagaimana taubat kami?" Musa menjawab, "Sebagian dari kalian membunuh sebagian yang lain." Lalu mereka mengambil pisau. Maka mulailah seorang membunuh bapaknya dan saudaranya tanpa peduli, hingga yang terbunuh berjumlah tujuh puluh ribu. Lalu Allah mewahyukan kepada Musa, "Perintahkan mereka agar berhenti. Aku telah mengampuni yang terbunuh dan memaafkan yang hidup."


Diriwayatkan oleh Hakim dalam Mustadrak dari Ali, 2/412, no. 3434; dalam Kitabut Tafsir (tafsir surat Thaha).


Versi Alkitab

Berbeda dengan penjelasan Alquran dan hadits, dalam Taurat Israel, Nabi Harun justru menjadi penyebab Bani Israel membuat patung tersebut. Berikut kutipannya:

Ketika bangsa itu melihat, bahwa Musa mengundur-undurkan turun dari gunung itu, maka berkumpullah mereka mengerumuni Harun dan berkata kepadanya: "Mari, buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir--kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia." Lalu, berkatalah Harun kepada mereka, ''Tanggalkanlah anting-anting emas yang ada pada telinga istrimu, anakmu laki-laki dan perempuan, dan bawalah semuanya kepadaku.'' Seluruh bangsa itu pun menanggalkan anting-anting emas yang ada pada telinga mereka dan membawanya kepada Harun. Harun menerimanya dari tangan mereka, lalu dibentuk dengan pahat, dan dibuatlah anak lembu tuangan. Kemudian, berkatalah mereka, ''Hai, Bani Israil, inilah Allahmu yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir.'' Ketika Harun melihat itu, didirikannyalah mezbah di depan anak lembu itu. Berserulah Harun, katanya: "Besok hari raya bagi TUHAN!" Dan keesokan harinya pagi-pagi maka mereka mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan, sesudah itu duduklah bangsa itu untuk makan dan minum; kemudian bangunlah mereka dan bersukaria. (Keluaran 32:1-6)

Dan ketika ia dekat ke perkemahan itu dan melihat anak lembu dan melihat orang menari-nari, maka bangkitlah amarah Musa; dilemparkannyalah kedua loh itu dari tangannya dan dipecahkannya pada kaki gunung itu. Sesudah itu diambilnyalah anak lembu yang dibuat mereka itu, dibakarnya dengan api dan digilingnya sampai halus, kemudian ditaburkannya ke atas air dan disuruhnya diminum oleh orang Israel. (Keluaran 32:19-20)


Harun, baik dalam Alkitab maupun Alquran, adalah seorang nabi dan rasul/utusan Tuhan bersama-sama dengan Musa yang membawa misi kepada Bani Israel dan Firaun serta untuk membebaskan perbudakan bangsa Israel dan membawa mereka keluar dari tanah Mesir. Bahkan dalam Alkitab, selain sebagai seorang nabi dan rasul, Harun juga dipercaya oleh Tuhan untuk memegang jabatan imam bagi umat Israel:

Demikianlah TUHAN telah berfirman kepada Musa dan Harun, serta mengutus mereka kepada orang Israel dan kepada Firaun, raja Mesir, dengan membawa perintah supaya orang Israel dibawa keluar dari Mesir. (Keluaran 6:13)

Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu. (Keluaran 7:1)

Lalu Harun mengulurkan tangannya ke atas segala air di Mesir, maka bermunculanlah katak-katak, lalu menutupi tanah Mesir. (Keluaran 8:6)

Harun mengulurkan tangannya dengan tongkatnya dan memukulkannya ke debu tanah, maka nyamuk-nyamuk itu hinggap pada manusia dan pada binatang. Segala debu tanah menjadi nyamuk di seluruh tanah Mesir. (Keluaran 8:17)

"Engkau harus menyuruh abangmu Harun bersama-sama dengan anak-anaknya datang kepadamu, dari tengah-tengah orang Israel, untuk memegang jabatan imam bagi-Ku--Harun dan anak-anak Harun, yakni Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar. (Keluaran 28:1)



Secara ringkas, perselisihan kisah ini dapat dirangkum dalam tabel berikut:


TABEL PERSELISIHAN KISAH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS


VERSI ALKITAB VERSI ALQURAN/HADITS
Pembuat Patung
Nabi Harun, seorang imam dan rasul/utusan Tuhan bersama-sama dengan Musa Samiri, seorang penyusup dan penyembah berhala
Perkataan Harun
''Tanggalkanlah anting-anting emas yang ada pada telinga istrimu, anakmu laki-laki dan perempuan, dan bawalah semuanya kepadaku (untuk dibuatkan patung anak lembu emas).'' (Keluaran 32:2)

Ketika Harun melihat itu, didirikannyalah mezbah di depan anak lembu itu. Berserulah Harun, katanya: "Besok hari raya bagi TUHAN (patung anak lembu emas)!" (Keluaran 32:5)
Dan Musapun melemparkan luh-luh (Taurat) itu dan memegang (rambut) kepala saudaranya (Harun) sambil menariknya ke arahnya, Harun berkata:"Hai anak ibuku, sesungguhnya kaum ini telah menganggapku lemah dan hampir-hampir mereka membunuhku, sebab itu janganlah kamu menjadikan musuh-musuh gembira melihatku, dan janganlah kamu masukkan aku ke dalam golongan orang-orang yang zalim." (QS. 7:150)

"Hai kaumku, sesungguhnya kamu hanya diberi cobaan dengan anak lembu itu dan sesungguhnya Tuhanmu ialah (Allah) Yang Maha Pemurah, maka ikutilah aku dan ta'atilah perintahku." (QS. 20:90)
Tindakan Musa
Musa membakar dan menggiling sampai halus patung tersebut kemudian menaburkannya ke atas air dan menyuruh orang Israel meminum airnya. (Keluaran 32:20) Musa membakar dan menyerut patung tersebut di tepi sungai (dekat laut) dan melarang orang Israel yang menyembahnya meminum airnya, kecuali mukanya akan menguning seperti emas. (QS. 20:97 dan HR. Hakim)


Kesimpulan

Harun adalah penerima dan pelayan firman Tuhan bersama-sama dengan Musa untuk Bani Israel. Keduanya melarang keras penyembahan kepada patung (berhala) di lingkungan Bani Israel sebagaimana larangan Tuhan dalam Taurat Israel (Keluaran 19:24 - 20:7) yang sama-sama mereka pegang teguh. Kalau saja pembuatan patung tersebut dilakukan Harun sebelum ia diangkat menjadi nabi, mungkin masih bisa diterima, tetapi oleh karena hal itu dilakukannya setelah ia diangkat menjadi nabi, rasul, dan imam bagi umat Israel, maka cerita versi Alkitab tersebut sesungguhnya hanyalah sebuah fitnah yang amat keji kepada Nabi Harun.



bro.. apa ada suku as samirah di jaman itu? jangan malu maluin ah...
malah memperlihatkan kalau cerita di islam salah..
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by brandal edan on Mon Mar 25, 2013 11:39 am

to ramayana:

Terima kasih atas masukannya. Referensinya memang lemah.
Untuk menghindari kontroversi yang tidak substansial, telah dilakukan edit teks di atas (versi Alquran), antara lain:

Tidak dijelaskan siapa Samiri, namun oleh karena ia tidak mau bertaubat (tetap menyembah berhala), Musa pun mengusirnya dari Bani Israel (QS. 20:97-98).

Substansinya adalah siapakah orang yang pantas membuat patung sesembahan umat Israel tersebut?
avatar
brandal edan
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 84
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 05.12.12
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by wildan99Islam on Mon Mar 25, 2013 8:30 pm

@Revolt wrote:Yang bilang HARUN itu nabi hanya ISLAM hahahaha.

Masalah buat loh??! bosen
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by Revolt on Mon Mar 25, 2013 9:07 pm

@wildan99Islam wrote:
@Revolt wrote:Yang bilang HARUN itu nabi hanya ISLAM hahahaha.

Masalah buat loh??! bosen

Harun itu orang Yahudi, dan jabatannya HANYA IMAM bukan nabi.

Ngerti dan paham belum nak?? alquranmu salah tulis tuh nak, dan ngeklaim sebagai kitab yang sempurna?? yang bikinnya emang kocak hahahaha.
avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by brandal edan on Mon Mar 25, 2013 11:12 pm

to revolt:

Pernah baca Bibel gak? Atau hanya denger doktrin bullsh*t pendeta dan pastur?

Apa maksud ayat-ayat Bibel ini:

Demikianlah TUHAN telah berfirman kepada Musa dan Harun, serta mengutus mereka kepada orang Israel dan kepada Firaun, raja Mesir, dengan membawa perintah supaya orang Israel dibawa keluar dari Mesir. (Keluaran 6:13)

Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu. (Keluaran 7:1)

Rumus: Rasul (Arab) = Utusan (Indonesia)

Jika seseorang sudah diutus Tuhan untuk mengemban misi-Nya, maka ia adalah Rasul Tuhan (= Utusan Tuhan).

Dan jika seseorang adalah Rasul Tuhan, maka pastilah ia seorang nabi, dan tidak akan mungkin membuat patung sesembahan yang sangat bertentangan dengan misi kerasulannya. Tuhanpun pasti akan menegur dan mencegahnya.

Hal ini berbeda dengan kasus Paulus dari Tarsus yang menjadi Rasul atas pengakuannya sendiri, tidak ada firman Tuhan maupun perintah Yesus kepada Paulus untuk mengemban misi-misi-Nya, kecuali bualan yang ia buat-buat sendiri dalam surat-suratnya.


Terakhir diubah oleh brandal edan tanggal Tue Mar 26, 2013 3:30 am, total 2 kali diubah (Reason for editing : melengkapi/menjelaskan)
avatar
brandal edan
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 84
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 05.12.12
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by wolfie on Tue Mar 26, 2013 9:11 am


Brandal edan wrote:
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu. (Keluaran 7:1)

Rumus: Rasul (Arab) = Utusan (Indonesia)

Jika seseorang sudah diutus Tuhan untuk mengemban misi-Nya, maka ia adalah Rasul Tuhan (= Utusan Tuhan).
slim
disitu kata nabi berarti menjadi JURU BICARA.
Musa Menjadi juru bicara YAHWH, Harun menjadi juru bicara Musa

perhatikan dong kata NABIMU itu!
Kata -MU- ditujukan untuk Musa

yes
avatar
wolfie
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 396
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 19.06.12
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 26, 2013 9:35 am

Ketika keluar dari Mesir, banyak kaum Bani Israel yang membawa perhiasan mereka. Perhiasan-perhiasan itu kemudian dibakar hingga meleleh, lalu oleh Samiri dibuatkan patung anak lembu. Ketika Musa kembali, dia sangat kaget melihat perilaku umatnya itu. Musa pun marah. Cerita ini selengkapnya dapat dilihat pada QS. Thaha [20] : 85-98 dan QS. al-A'raf [7] : 148-154.

itu hasil diktean jibril atau apaan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by wildan99Islam on Tue Mar 26, 2013 2:13 pm

@Revolt wrote:
@wildan99Islam wrote:
@Revolt wrote:Yang bilang HARUN itu nabi hanya ISLAM hahahaha.

Masalah buat loh??! bosen

Harun itu orang Yahudi, dan jabatannya HANYA IMAM bukan nabi.

Ngerti dan paham belum nak?? alquranmu salah tulis tuh nak, dan ngeklaim sebagai kitab yang sempurna?? yang bikinnya emang kocak hahahaha.

"Dan kami telaj menganugerahkan sebagian Rahmat Kami kepadanya, yaitu bahwa saudaranya Harun, Sebagai Nabi" QS.Maryam : 53
Kakak, Harun itu di Al-Qur'an sebagai nabi. Memang Harun orang Yahudi, karena dia itu Kakak-nya nabi Musa A.S, Nabi Harun lahir 3 tahun sebelum Nabi Musa dilahirkan. Nabi Musa meminta kepada Allah agar Nabi Musa dibantu pendakwahannya bersama nabi Harun. Karena Nabi Musa tidak begitu fasih berbicara. Mungkin di Al-Kitab beda, karena Al-Kitab itu sudah dirubah isinya.

"Sungguh, pada kisah-kisah mereka terdapat pengajaran bagi orang yang berakal. Al-Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan kitab yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai penunjuk rahmat bagi orang-orang yang Beriman" QS.Yusuf : 111, sudah mengerti kak? yes
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by wildan99Islam on Tue Mar 26, 2013 2:17 pm

@SEGOROWEDI wrote:Ketika keluar dari Mesir, banyak kaum Bani Israel yang membawa perhiasan mereka. Perhiasan-perhiasan itu kemudian dibakar hingga meleleh, lalu oleh Samiri dibuatkan patung anak lembu. Ketika Musa kembali, dia sangat kaget melihat perilaku umatnya itu. Musa pun marah. Cerita ini selengkapnya dapat dilihat pada QS. Thaha [20] : 85-98 dan QS. al-A'raf [7] : 148-154.

itu hasil diktean jibril atau apaan?

"Sungguh, pada kisah-kisah mereka terdapat pengajaran bagi orang yang berakal. Al-Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan kitab yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai penunjuk rahmat bagi orang-orang yang Beriman" QS.Yusuf : 111

itu bukan diktean Jibril, tapi langung berasal dari Allah SWT, dan diwahyukan melalui Jibril awas
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 26, 2013 2:33 pm

@wildan99Islam wrote:"Sungguh, pada kisah-kisah mereka terdapat pengajaran bagi orang yang berakal. Al-Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan kitab yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai penunjuk rahmat bagi orang-orang yang Beriman" QS.Yusuf : 111

itu bukan diktean Jibril, tapi langung berasal dari Allah SWT, dan diwahyukan melalui Jibril awas

cara mewahyukannya gimana: didikte, dibisiki, didongengi?
kapan dan dimana?

trus..
kitab sebelumnya yang dibenarkan itu kitab apa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by wildan99Islam on Tue Mar 26, 2013 4:55 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@wildan99Islam wrote:"Sungguh, pada kisah-kisah mereka terdapat pengajaran bagi orang yang berakal. Al-Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan kitab yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai penunjuk rahmat bagi orang-orang yang Beriman" QS.Yusuf : 111

itu bukan diktean Jibril, tapi langung berasal dari Allah SWT, dan diwahyukan melalui Jibril awas

cara mewahyukannya gimana: didikte, dibisiki, didongengi?
kapan dan dimana?

trus..
kitab sebelumnya yang dibenarkan itu kitab apa?

sepertinya Jibril langsung menyampaikannya secara Lisan kepada nabi Muhammad, pada saat Jibril mendatangi nabi Muhammad dan menyampiakn wahyu pertama, Jibril langsung menyampaikannya secara lisan, yaitu surah Al-'Alaq : 1-5. Wallahu'alam..

Kitab-kitab yang pernah Allah turunkan, seperti Zabur, Injil, dan Taurat. Tetapi Injil dan Taurat sudah hampir tidak ada yang Asli.
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by Revolt on Tue Mar 26, 2013 5:32 pm

@wildan99Islam wrote:
@Revolt wrote:
@wildan99Islam wrote:
@Revolt wrote:Yang bilang HARUN itu nabi hanya ISLAM hahahaha.

Masalah buat loh??! bosen

Harun itu orang Yahudi, dan jabatannya HANYA IMAM bukan nabi.

Ngerti dan paham belum nak?? alquranmu salah tulis tuh nak, dan ngeklaim sebagai kitab yang sempurna?? yang bikinnya emang kocak hahahaha.

"Dan kami telaj menganugerahkan sebagian Rahmat Kami kepadanya, yaitu bahwa saudaranya Harun, Sebagai Nabi" QS.Maryam : 53
Kakak, Harun itu di Al-Qur'an sebagai nabi. Memang Harun orang Yahudi, karena dia itu Kakak-nya nabi Musa A.S, Nabi Harun lahir 3 tahun sebelum Nabi Musa dilahirkan. Nabi Musa meminta kepada Allah agar Nabi Musa dibantu pendakwahannya bersama nabi Harun. Karena Nabi Musa tidak begitu fasih berbicara. Mungkin di Al-Kitab beda, karena Al-Kitab itu sudah dirubah isinya.

"Sungguh, pada kisah-kisah mereka terdapat pengajaran bagi orang yang berakal. Al-Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan kitab yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai penunjuk rahmat bagi orang-orang yang Beriman" QS.Yusuf : 111, sudah mengerti kak? yes
Begini ya nak...coba di gunakan sedikit ya pikiranmu yg masih fresh itu..
Kita di sini sedang MEMBANDINGKAN ANTARA AJARAN ISLAM DGN YAHUDI KAN?
Nah coba kamu pikirkan ya:
1. Harun itu orang yahudi, yg mengalami dan yg lebih akurat mencatatnya sudah tentu orang yahudi. Mana yg lebih bisa dipercaya antara catatan yahudi yg mengalami langsung dibandingkan dgn orang yg katanya dapat wahyu dari suatu mahluk yg tidak pernah menampakkan wujudnya di hadapan para pengikutnya?
2. Coba kamu gunakan searh engine menurut sejarah kapan orang SAMIRI baru ada? Jaman musa ataukah jauh sesudah jaman musa.
3. Tuhan Israel tidak pernah menurunkan yg namanya kitab suci.
4. Katamu ke 3 kitab itu ga ada lg yg asli, jadi alloh mu sudah berdusta bahwa dia akan menjaga firmannya.
5. Mana yang asli antara alquran Sunni dgn alquran Syiah?

Silakan di cari dan di baca2 dulu ya sekalian dipahami. Ok?
Susah jg make hp nulis.
avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by wildan99Islam on Tue Mar 26, 2013 8:09 pm

@Revolt wrote:
Begini ya nak...coba di gunakan sedikit ya pikiranmu yg masih fresh itu..
Kita di sini sedang MEMBANDINGKAN ANTARA AJARAN ISLAM DGN YAHUDI KAN?
Nah coba kamu pikirkan ya:
1. Harun itu orang yahudi, yg mengalami dan yg lebih akurat mencatatnya sudah tentu orang yahudi. Mana yg lebih bisa dipercaya antara catatan yahudi yg mengalami langsung dibandingkan dgn orang yg katanya dapat wahyu dari suatu mahluk yg tidak pernah menampakkan wujudnya di hadapan para pengikutnya?

jadi kakak lebih percaya ke Orang yahudi yang sering berdusta, berbuat keji, dan selalu berbuat maksiat? karena Allah tidak pernah menampakkan wujudnya? tidaaaak

"Dan orang-orang yang tidak mengetahui berkata, :"Mengapa Allah tidak berbicara dengan kita? Atau datang tanda-tanda kepada kita??" Demikian pula orang-orang sebelum mereka telah berkata seperti ucapan mereka itu. Hati mereka serupa, sesungguhnya telah Kami jelaskan tanda-tanda kepada orang yang yakin" Al-Baqarah : 118

avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by brandal edan on Tue Mar 26, 2013 9:10 pm

to wolfie:

Seorang Rasul Tuhan sudah pasti seorang nabi karena predikat/derajat/pangkatnya lebih tinggi dari nabi. Harun adalah Rasul Tuhan, artinya Harun adalah juga seorang nabi.

Pernah baca kitab 1 Raja-raja? Nih baca ayatnya:

Lalu raja Israel mengumpulkan para nabi, kira-kira empat ratus orang banyaknya, kemudian bertanyalah ia kepada mereka: "Apakah aku boleh pergi berperang melawan Ramot-Gilead atau aku membatalkannya?" Jawab mereka: "Majulah! Tuhan akan menyerahkannya ke dalam tangan raja." (1 Raja-raja 22:6)

Nabi sebanyak 400 orang dikumpulkan? Entah bener apa enggak, yang jelas ayat di atas mengilustrasikan bahwa predikat nabi itu tidak sepenting predikat rasul (utusan).

Jadi apabila seseorang menjadi utusan Tuhan, maka ia otomatis juga seorang nabi. Misalnya: Rasul Harun, Rasul Elia, dan lain-lain, meskipun mereka tidak secara tekstual disebut sebagai nabi.

Silahkan baca daftar nabi-nabi menurut bangsa Israel pada link berikut: http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_nabi_agama_Abrahamik

Ada nama Harun gak di situ? Mau ngeles lagi gak ya hehehe...
avatar
brandal edan
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 84
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 05.12.12
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by wolfie on Wed Mar 27, 2013 9:23 am

@atas
good, paling tidak dengan malu2 kucing engkau sudah sadar bahwa ayat ini
:Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu. (Keluaran 7:1)

Rumus: Rasul (Arab) = Utusan (Indonesia)

Jika seseorang sudah diutus Tuhan untuk mengemban misi-Nya, maka ia adalah Rasul Tuhan (= Utusan Tuhan).
tidak menunjukkan Harun sebagai nabi dari segi apapun.


Lalu raja Israel mengumpulkan para nabi, kira-kira empat ratus orang banyaknya, kemudian bertanyalah ia kepada mereka: "Apakah aku boleh pergi berperang melawan Ramot-Gilead atau aku membatalkannya?" Jawab mereka: "Majulah! Tuhan akan menyerahkannya ke dalam tangan raja." (1 Raja-raja 22:6)

Nabi sebanyak 400 orang dikumpulkan? Entah bener apa enggak, yang jelas ayat di atas mengilustrasikan bahwa predikat nabi itu tidak sepenting predikat rasul (utusan).
Saya ngga faham maksudmu.
Apa yg mengindikasikan bahwa rasul lebih penting dari predikat nabi dari bunyi ayat itu?

Jadi apabila seseorang menjadi utusan Tuhan, maka ia otomatis juga seorang nabi. Misalnya: Rasul Harun, Rasul Elia, dan lain-lain, meskipun mereka tidak secara tekstual disebut sebagai nabi.

Silahkan baca daftar nabi-nabi menurut bangsa Israel pada link berikut: http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_nabi_agama_Abrahamik

Ada nama Harun gak di situ? Mau ngeles lagi gak ya hehehe...


anda ini kasih sumber tapi kok ngga baca semua?

http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_nabi_agama_Abrahamik
Yahudi juga menggunakan teks keagamaan lain selain Alkitab Ibrani untuk menyebutkan nabi-nabi. Selain itu, para rabi Yahudi Ortodoks menggunakan kriteria berbeda dalam menempatkan beberapa orang sebagai nabi, seperti Henokh yang tidak dianggap nabi dalam Yahudi. Perjanjian Baru mungkin saja menyebut beberapa orang sebagai nabi meskipun mereka tidak disebutkan sebagai nabi dalam Alkitab Ibrani; sebagai contoh, Habel, Daniel, Henokh, dan Yohanes Pembabtis disebutkan dalam Perjanjian baru sebagai orang yang bernubuat, walaupun secara umum tidak dianggap sebagai nabi


mau ngelak apa lagi?
avatar
wolfie
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 396
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 19.06.12
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by isaku on Wed Mar 27, 2013 10:13 am

@atas
mampir kemari mas http://www.laskarislam.com/t5686-nabi-menurut-kristen-yahudi, butuh pencerahan juga nih... gw jg bingung pusing

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by brandal edan on Tue Apr 02, 2013 6:33 pm

Ya udah terserah ente sajalah...

Pertanyaan terakhir:

Jadi siapa yang lebih pantas membuat patung untuk sesembahan umat Israel? Pilih salah satu:

(a) Rasul Harun, seorang pelayan dan pengemban misi Allah
(b) Samiri, seorang penyembah berhala

avatar
brandal edan
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 84
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 05.12.12
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by Revolt on Tue Apr 02, 2013 6:51 pm

Keluaran 28 :(1) Engkau harus menyuruh abangmu Harun bersama-sama dengan anak-anaknya datang kepadamu, dari tengah-tengah orang Israel, untuk memegang jabatan imam bagi-Ku--Harun dan anak-anak Harun, yakni Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar.

harun bukan nabi.

Yang membuat patung lembu emas > HARUN.

Kapan Samiri ada??
avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by brandal edan on Sat Apr 06, 2013 12:53 am

Betul sekali, Harun adalah seorang imam:

1. Seorang imam yang menerima firman Tuhan untuk disampaikan kepada umat Israel,

2. Seorang imam yang menerima mukjizat dari Tuhan untuk diperagakan di wilayah kekuasaan Firaun.

Imam yang sangat hebat pastinya, jauh lebih hebat dari pada 400 orang nabi yang dikumpulkan oleh seorang raja Israel (1Raja-raja 2:6).

Sayangnya, seorang imam yang dipilih Tuhan telah mendurhakai Tuhannya sendiri dengan membuat patung dan menyuruh umat Israel menyembahnya. Mantap!
avatar
brandal edan
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 84
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 05.12.12
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by Revolt on Sun Apr 07, 2013 1:36 pm

@brandal edan wrote:Betul sekali, Harun adalah seorang imam:

1. Seorang imam yang menerima firman Tuhan untuk disampaikan kepada umat Israel,

2. Seorang imam yang menerima mukjizat dari Tuhan untuk diperagakan di wilayah kekuasaan Firaun.

Imam yang sangat hebat pastinya, jauh lebih hebat dari pada 400 orang nabi yang dikumpulkan oleh seorang raja Israel (1Raja-raja 2:6).

Sayangnya, seorang imam yang dipilih Tuhan telah mendurhakai Tuhannya sendiri dengan membuat patung dan menyuruh umat Israel menyembahnya. Mantap!

Sep deh mau mengakui juga akhirnya, cabut tuh perkataanmu kalau HARUN adalah nabi.
avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by roel_kisser on Mon Apr 15, 2013 10:18 am

Samiri itu sekarang ganti nama jadi Uncle Sam ehmm
avatar
roel_kisser
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Posts : 18
Location : jakarta
Join date : 15.08.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by isaku on Mon Apr 15, 2013 11:12 am

@Revolt wrote:Sep deh mau mengakui juga akhirnya, cabut tuh perkataanmu kalau HARUN adalah nabi.
Maksudnya mau minta Tuhan Israel nyabut perkataannya?

Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu. (Keluaran 7:1)

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by SEGOROWEDI on Mon Apr 15, 2013 11:48 am

@wildan99Islam wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@wildan99Islam wrote:"Sungguh, pada kisah-kisah mereka terdapat pengajaran bagi orang yang berakal. Al-Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan kitab yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai penunjuk rahmat bagi orang-orang yang Beriman" QS.Yusuf : 111

itu bukan diktean Jibril, tapi langung berasal dari Allah SWT, dan diwahyukan melalui Jibril awas

cara mewahyukannya gimana: didikte, dibisiki, didongengi?
kapan dan dimana?

trus..
kitab sebelumnya yang dibenarkan itu kitab apa?

sepertinya Jibril langsung menyampaikannya secara Lisan kepada nabi Muhammad, pada saat Jibril mendatangi nabi Muhammad dan menyampiakn wahyu pertama, Jibril langsung menyampaikannya secara lisan, yaitu surah Al-'Alaq : 1-5. Wallahu'alam..

Kitab-kitab yang pernah Allah turunkan, seperti Zabur, Injil, dan Taurat. Tetapi Injil dan Taurat sudah hampir tidak ada yang Asli.

ketemunya jibril kok hanya sekali di goa hira doang
dapatnya juga cuman al alaq 1-5, itupun tanpa saksi
trus ayat-ayat laiin (termasuk kisah adam sampai isa) dimana ketemunya?
mosok jibril mendongeng??

trus aslinya yang di quran gitu?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALKITAB DAN ALQURAN BERSELISIH TENTANG PATUNG ANAK LEMBU EMAS

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik