FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Penemuan Muslim Yang Terkemuka

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Penemuan Muslim Yang Terkemuka

Post by wildan99Islam on Wed Apr 03, 2013 4:57 pm



sumber : http://www.hariansobek.com/2011/05/10-penemuan-muslim-yang-menginspirasi.html
http://wardahe.wordpress.com/2012/03/28/para-ilmuwan-muslim-yang-mempelopori-penemuan-dari-ilmuwan-barat/

1. Mesin terbang

Abbas ibn Firnas adalah orang pertama yang membuat upaya nyata untuk membangun sebuah mesin terbang dan terbang. Ribuan tahun sebelum Wright bersaudara terbang dan sekalipun Leonardo Da Vinci yang mendesain mesin terbangnya.
Pada abad ke-9 ia merancang alat bersayap, kasar menyerupai kostum burung. Dalam percobaan yang paling terkenal dari atas menara masjid Agung Cordoba di Spanyol, di tahun 852 Firnas berharap terbang seperti burung. Tetapi ia menukik ke bawah dengan sedikit cidera di punggung karena dengan mantel yang bersifat sebagai parasut pertama ia sediakan untuk melindunginya.
Pada 875, usia 70 tahun, setelah Abbas ibn Firnas menyempurnakan sebuah mesin dari sutera dan bulu elang, dia mencoba lagi, melompat dari sebuah gunung. Dia terbang ke ketinggian yang signifikan dan tetap tinggi selama sepuluh menit, tetapi jatuh saat mendarat dengan benar, bahwa ternyata ia tidak diberi perangkat ekor sehingga akan memperlambat saat mendarat. Bandara internasional Baghdad dan sebuah kawah di Bulan diberi nama Abbas ibn Firnas.

2. Operasi Bedah

Banyak instrumen bedah modern didesain sama persis seperti yang pernah dirancang pada abad ke-10 oleh seorang ahli bedah Muslim bernama al-Zahrawi. Seperti pisau bedah, gergaji tulang, tang, gunting halus untuk bedah mata dan banyak dari 200 instrumen yang ia rancang akan kita kenali dalam peralatan kedokteran bedah modern.

Al Zahrawi menerbitkan sebuah buku ensiklopedia setebal 1.500 halaman ilustrasi operasi yang digunakan di Eropa sebagai referensi medis pada 500 tahun berikutnya. Di antara sekian banyak penemuan, Al Zahrawi dilaporkan melakukan operasi caesar pertama.
Pada abad ke-13, medis Muslim lain bernama Ibn Nafis menggambarkan sirkulasi darah, 300 tahun sebelum William Harvey menemukannya. Dokter Muslim juga menemukan obat bius dari campuran opium dan alkohol dan jarum berongga untuk menyedot katarak dari mata, ini merupakan sebuah teknik yang masih digunakan sampai sekarang.

3. Pulpen

Catatan sejarah awal dari sebuah pena yang menggunakan reservoir kembali ke abad 10. Pada 953, al-Mu’izz Ma’ad, Khalifah Fatimiyah Mesir, menuntut pena yang tidak akan menodai tangan atau pakaian, dan dilengkapi dengan tinta pena yang berada di reservoir (tabung penampung) dan dialirkan ke ujung pena itu. Pulpen ini mungkin disebut pena, tapi mekanismenya masih belum diketahui, dan hanya satu catatan yang telah ditemukan. Siapa muslim perancang pulpen itu sendiri saya belum mendapatkan sumbernya. Pena reservoir kemudian dikembangkan Tahun 1636 oleh orang jerman bernama Daniel Schwenter.

4. Universitas

Apakah Anda tau bahwa bahasa arab dari universitas adalah jami’ah?Pasti Anda tahu bahwa tempat sholat itu diberi nama masjid jami’. Ini membuktikan bahwa lebih dari satu milenium lalu, ilmu pengetahuan dan agama Islam telah duduk berdampingan.
Membangun pengetahuan dari Babilonia, Mesir, Yunani, Cina dan Peradaban India, Muslim mengembangkan budaya belajar di mana pikiran bertanya mencari kebenaran didasarkan pada ketelitian ilmiah dan eksperimen. Di hampir setiap bidang pengetahuan, Muslim membuat penemuan baru dan penemuan dengan hasil praktis yang membantu mengembangkan masyarakat.
Dalam tahun 859 putri muda bernama Fatima al-Firhi mendirikan universitas-pemberian gelar pertama di Fez, Maroko. Miryam, kakaknya, mendirikan sebuah masjid yang berdekatan dan bersama-sama menjadi kompleks Masjid al-Qarawiyyin dan Universitas yang masih beroperasi hampir 1.200 tahun kemudian.
Hal ini mengingatkan bahwa orang bahwa belajar adalah kewajiban bagi laki-laki dan perempuian yang merupakan inti dari tradisi Islam dan bahwa cerita tentang saudari al-Firhi akan inspirasi bagi para perempuan muda Muslim di seluruh dunia saat ini.

5. Penemuan Benua Amerika

Sering kita mengenal bahwa penemu benua amerika pertama kalinya adalah Christopher Columbus (1492). Tapi anggapan itu masih banyak yang menampiknya. Adalah Admiral Zheng He (Laksamana Cheng Ho) seorang muslim, 70 tahun lebih awal tiba di Amerika dibandingkan bendera Castilian Spanyol yang ditancapkan Colombus.
Penjelajahannya hingga mencapai benua Amerika mengambil waktu antara tahun 1421 dan 1423. Membawa armada 100 kapal dan sekitar 28,000 anak buah kapal. Armada kapal Zheng He berlayar menyusuri jalur selatan melewati Afrika dan sampai ke Amerika. menggunakan kapal yang 4 kali lebih besar dari pada kapal yang digunakan oleh Colombus.
Hal ini dibuktikan dalam seminar yang diselenggarakan oleh Royal Geographical Society di London 15 Maret 2002 oleh seorang ahli kapal selam dan sejarawan bernama Gavin Menzies.
Lain lagi dengan 2 peneliti seperti seorang sejarawan dan ahli geografi muslim Abul-HASSAN ALI IBN AL-Hussain Al-Masudi (871-957 M) menulis dalam bukunya Muruj Adh-dhahab wa maadin aljawhar (Padang rumput dan tambang emas dari jewells) bahwa pada masa pemerintahan Muslim Khalifah Spanyol Abdullah Ibn Muhammad (888-912 M), seorang Muslim navigator, Khashkhash Ibn Saeed Ibn Aswad, dari Cordova, Spanyol berlayar dari Delba (Palos) pada 889 M, menyeberangi Samudera Atlantik, mencapai wilayah yang tidak dikenal (ard majhoola) dan kembali dengan harta yang menakjubkan. Di Al-Masudi’s peta dunia ada luas dalam lautan kegelapan dan kabut yang disebut sebagai wilayah yang tidak dikenal (Amerika).
Sementara seorang sejarawan muslim Abu Bakr ibn UMAR AL-GUTIYYA meriwayatkan bahwa selama masa pemerintahan khalifah Islam di Spanyol, Hisham II (976-1009 M), seorang navigator Muslim, Ibnu Farrukh, dari Granada, berlayar dari Kadesh (Februari 999 M) ke Samudra Atlantik , mendarat di Gando (Great Canary pulau) mengunjungi Raja Guanariga, dan terus ke arah barat di mana ia melihat dua pulau, Capraria dan Pluitana. Ia tiba kembali di Spanyol Mei 999 Masehi.
Muslim berasimilasi dengan penduduk asli Amerika, Indian. Sehingga meninggalkan sejarah peradaban suku Indian yang berpakaian jubah menutup aurat dan jauh dari keliaran. Seperti suku Cheerokee yang memakai surban dikepalanya. Seorang sejarawan bernama Dr. Yousef Mroueh menghitung, di Amerika Utara ada sekurangnya 565 nama Islam pada nama kota, sungai, gunung, danau, dan desa. Di Amerika Serikat sendiri ada 484 dan di Canada ada 81. Coba search Mecca, Cordova, Mahomet, Kabah atau Andalusia akan terurai nama-nama tersebut ada di United States.

6. Kopi

seorang Arab bernama Khalid sedang merawat kambing di wilayah Kaffa di Ethiopia selatan, ketika ia melihat binatang itu menjadi lebih bergairah setelah makan “kacang” tertentu.Ia merebus “kacang” untuk membuat kopi pertama. Jejak pertama pada abad ke-9 minuman kopi adalah terungkapnya “kacang” tersebut diekspor dari Ethiopia ke Yaman di mana para sufi meminumnya untuk tetap terjaga sepanjang malam untuk berdoa pada acara-acara khusus. Pada abad ke-13 kacang yang disebut kopi tersebut tiba di Mekah dan Turki, dan barulah di abad ke-15 masuk juga Eropa tepatnya ke Venesia, Italia pada tahun 1645.
Kopi dibawa ke Inggris pada 1650 oleh seorang Turki bernama Pasqua Rosee yang membuka kedai kopi pertama di Lombard Street di kota London. Bahasa Arab kopi adalah “qahwa” menjadi “kahve” dalam bahasa Turki, maka di Italia disebut “caffe” dan kemudian bahasa Inggris disebut “coffee”.

7. Optik

Sekitar tahun 1000 Ibn al-Haitham membuktikan bahwa manusia melihat sesuatu oleh cahaya terpantul dari benda-benda dan memasuki mata, menepis teori Euclid dan Ptolemy’s yang sebelumnya mereka menyatakan bahwa cahaya itu dipancarkan dari mata itu sendiri. Fisikawan muslim besar ini juga menemukan fenomena kamera obscura, yang menjelaskan bagaimana mata melihat gambar tegak karena sambungan antara saraf optik dan otak.

8. Aljabar, Numerologi, Algoritma

Sistem penomoran yang ada di dunia modern tidak terlepas dari peran seorang muslim bernama al-Khawarizmi yang terekam dalam buku berjudul “Al-Jabr wa-al Muqabilah” yang berarti “Penalaran dan Perimbangan” sekitar tahun 825. Dari buku itulah ilmu dalam matematika yang dinamai Aljabar dipakai hingga sekarang. Buku karya ulama matematika yang menciptakan angka nol dari India ini diimpor ke Eropa 300 tahun kemudian oleh matematikawan Italia, Fibonacci.
Teori Algoritma dan teori Trigonometri banyak berasal dari dunia Muslim. Dan penemuan Al-Kindi mengenai analisis frekuensi yang diberikan semua kode dunia kuno larut dan menciptakan dasar kriptologi modern.

9. Catur

Suatu bentuk catur dimainkan di India kuno tapi permainan dikembangkan menjadi bentuk yang kita kenal sekarang di Persia. Dari sana menyebar ke arah barat ke Eropa – di mana diperkenalkan oleh bangsa Moor di Spanyol pada abad ke-10 – dan timur sejauh Jepang. Kata “benteng” berasal dari Persia “Rukh”, yang berarti kereta

10. Poros engkol dan kunci kombinasi

Poros engkol adalah perangkat yang diterjemahkan ke dalam gerakan berputar linier dan merupakan pusat dari banyak mesin di dunia modern, paling tidak mesin pembakaran internal. Salah satu penemuan mekanis terpenting dalam sejarah manusia, ia diciptakan oleh seorang insinyur Muslim cerdik yang dikenal dengan nama al-Jazari untuk mengangkat air untuk irigasi.
Kitab pengetahuannya tentang Perangkat Mekanikal Cerdik (1206) menunjukkan ia juga menemukan atau menyempurnakan penggunaan katup dan piston, menyusun beberapa jam mekanis pertama didorong oleh air dan beban, dan merupakan ayah dari robotika. Salah satu dari 50 penemuannya adalah kunci kombinasi.

Ilmuwan Islam Yang Terkemuka

Al Battani (wafat tahun 929) adalah ahli astronom terbesar Islam, mengetahui jarak bumi – matahari, alat ukur gaya gravitasi, alat ukur garis lintang dan busur bumi pada globe dengan ketelitian sampai 3 desimal, menerangkan bahwa bumi berputar pada porosnya, mengukur keliling bumi. ( jauh sebelum Galileo), tabel astronomi, orbit planet-planet..



Ibnu Al Haytsam (wafat tahun 1039) adalah pelopor di bidang optik dengan kamus optiknya (Kitab Al Manazhir) jauh sebelum Roger Bacon, Leonardo da Vinci, Keppler, dan Newton, penemu hukum pemantulan dan pembiasan cahaya (jauh sebelum Snellius), penemu alat ukur ketinggian bintang kutub, menerangkan pertambahan ukuran bintang-bintang dekat zenit.

Al Tusi (wafat tahun 1274) adalah astronom kawakan dari Damaskus yang melakukan penelitian tentang gerakan planet-planet, membuat model planet (planetarium) jauh sebelum Copernicus.


Jabir Ibnu Hayyan (wafat tahun 813) adalah ahli kimia dengan berbagai eksperimen, penemu sejumlah perlengkapan alat laboraturium modern, sistem penyulingan air, identifikasi alkali, asam, garam, mengolah asam sulfur, soda api, asam nitrihidrokhlorik pelarut logam dan air raksa (jauh sebelum Mary Mercurie), pembuat campuran komplek untuk cat.

Al Majriti (wafat tahun 1007) adalah seorang ahli yang membuktikan hukum ketetapan massa (900 tahun sebelum Lavoisier)



Al Jahiz (wafat tahun 869) adalah seorang ahli yang menulis penelitian tentang ilmu hewan (zoology) pertama kali.

Al Khazini (1121) adalah ahli kontruksi, pengarang buku tentang teknik pengukuran (geodesi) dan kontruksi keseimbangan, kaidah mekanis, hidrostatika, fisika, teori zat padat, sifat-sifat pengungkit/tuas, teori gaya gravitasi (jauh 900 tahun dari Newton)


Taqiuddin (1565) adalah perintis jam mekanis pertama dan alarmnya yang digerakkan dengan pegas.

Ibnu Nafis (wafat tahun 1288) adalah seorang ahli yang menulis dan menggambarkan tentang sirkulasi peredaran darah dalam tubuh manusia (Harvey 1628 dianggap pertama yang menemukannya).

Ibnu Majid (abad 15) adalah pemandu Vasco de Gamma dan menerbitkan buku panduan navigasi bagi pilot dan pelaut.

Al Mas’udi adalah seorang ahli menerbitkan ensiklopedi geografi yang membahas gempa bumi, formasi geologis, sifat dasar laut mati, evolusi geologi (jauh sebelum Maghelan dan Weber).

Yaqut Hawami (wafat tahun 1229) adalah seorang ahli membuat kamus geografi pertama berdasarkan abjad berisikan namakota dan tempat yang dikenal dan berisi informasi akurat mengenai ukuran bumi, zona iklim dan sifatnya, geografi matematika dan politik.

avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penemuan Muslim Yang Terkemuka

Post by ramayana on Wed Apr 03, 2013 5:19 pm

Dokter Muslim juga menemukan obat bius dari campuran opium dan alkohol

Bius sudah menjadi bagian yang sangat akrab dalam setiap tindakan bedah pasien di rumah sakit. Tapi tahukah Anda bahwa perjalanan sejarah lahirnya bius sudah berlangsung sejak masa prasejarah? Ramuan herbal untuk bius bernama Poppy opium telah dikenal manusia sejak 4.200 tahun sebelum masehi di Kekaisaran Sumeria.

Tanaman ini pertama kali digunakan untuk membius tercatat mulai 1.500 tahun sebelum masehi dan dibudidayakan pertama kali di Siprus kira-kira 1.100 tahun sebelum masehi. Dari Siprus, opium yang menjadi bahan baku material pembius ini kemudian masuk Cina pada 1.200 sampai 600 tahun sebelum masehi, lalu ke India pada 330 tahun sebelum masehi. Pada abad kedua di Cina ada seorang dokter bernama Hua Tuo yang menggunakan ganja untuk membius pasien yang harus menjalani operasi perut.

http://www.asalmulane.com/2011/11/mengenal-asal-muasal-obat-bius.html

yang lain cari sendiri bro. termasuk aljabar. dia asalnya dari Zoroaster. ga jelas apakah saat meneliti angka hindu dan menemukan aljabar dia udah mualaf. hanya terlihat saat menerbitkan buku, dia udah muslim.

semestinya di buktikan bro.. masuk islam, orang jadi tambah pintar atau tambah makmur ddari sebelumnya. mungkin akan banyak yg jadi mualaf mungkin. hehehe..
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penemuan Muslim Yang Terkemuka

Post by wildan99Islam on Wed Apr 03, 2013 5:49 pm

@ramayana wrote:
Dokter Muslim juga menemukan obat bius dari campuran opium dan alkohol

Bius sudah menjadi bagian yang sangat akrab dalam setiap tindakan bedah pasien di rumah sakit. Tapi tahukah Anda bahwa perjalanan sejarah lahirnya bius sudah berlangsung sejak masa prasejarah? Ramuan herbal untuk bius bernama Poppy opium telah dikenal manusia sejak 4.200 tahun sebelum masehi di Kekaisaran Sumeria.

Tanaman ini pertama kali digunakan untuk membius tercatat mulai 1.500 tahun sebelum masehi dan dibudidayakan pertama kali di Siprus kira-kira 1.100 tahun sebelum masehi. Dari Siprus, opium yang menjadi bahan baku material pembius ini kemudian masuk Cina pada 1.200 sampai 600 tahun sebelum masehi, lalu ke India pada 330 tahun sebelum masehi. Pada abad kedua di Cina ada seorang dokter bernama Hua Tuo yang menggunakan ganja untuk membius pasien yang harus menjalani operasi perut.

http://www.asalmulane.com/2011/11/mengenal-asal-muasal-obat-bius.html

yang lain cari sendiri bro. termasuk aljabar. dia asalnya dari Zoroaster. ga jelas apakah saat meneliti angka hindu dan menemukan aljabar dia udah mualaf. hanya terlihat saat menerbitkan buku, dia udah muslim.

semestinya di buktikan bro.. masuk islam, orang jadi tambah pintar atau tambah makmur ddari sebelumnya. mungkin akan banyak yg jadi mualaf mungkin. hehehe..
ok abang yana, kagum hehehe
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penemuan Muslim Yang Terkemuka

Post by Revolt on Wed Apr 03, 2013 6:31 pm

1. Archytas, Ancient Greece
According to Aulus Gellius, the Ancient Greek philosopher, mathematician, astronomer, statesman, and strategist, Archytas, (428–347 BC) was reputed to have designed and built the first artificial, self-propelled flying device, a bird-shaped model propelled by a jet of what was probably steam, said to have actually flown some 200 metres.[1][2] This machine, which its inventor called The Pigeon (Greek: Περιστέρα "Peristera"), may have been suspended on a wire or pivot for its flight.[3][4]

2.Berossus, a 3rd century BCE Assyrian philosopher wrote considerably about the traditional Babylonian medical techniques (principally in the archives of Borsippa) and went on to assert that the god Oannes taught the Sumerian people all that was to be known about civilization and that nothing new had been invented. This assertion seemed hyperbolic until analysis of Sumerian tablets showed that the Mesopotamian civilization had developed or invented numerous medical techniques thousands of years before they were re-developed or re-invented by the Europeans.[citation needed]

Some 4000 BCE the Sumerian civilization was established in Mesopotamia between the Tigris and Euphrates rivers, creating the oldest form of writing, cuneiform. Of the 30,000 or so cuneiform tablets that have been discovered, about 800 of them deal with medical themes (one of these being the first prescription known to have been written). The name of the first surgeon is Urlugaledin, from the 4000 BCE, whose personal seal depicts two knives encircled by medicinal plants. This seal is now housed in the Louvre.

The Sumerians saw sickness as a divine punishment imposed by different demons when an individual broke a rule. For this reason, to be a physician, one had to learn to identify approximately 6,000 possible demons that might cause health problems. To do this, the Sumerians employed divining techniques based on the flight of birds, position of the stars and the livers of certain animals. In this way, medicine was intimately linked to priests, relegating surgery to a second-class medical specialty.[13]

Nevertheless, the Sumerians developed several important medical techniques: in Ninevah archaeologists have discovered bronze instruments with sharpened obsidian resembling modern day scalpels, knives, trephines, etc. Hammurabi's Code itself contains specific legislation regulating surgeons and medical compensation as well as malpractice and victim's compensation:[14]

3.Ancient Egyptians had developed writing on papyrus scrolls when scribes used thin reed brushes or reed pens from the Juncus maritimus or sea rush.[3] In his book A History of Writing, Steven Roger Fischer suggests that on the basis of finds at Saqqara, the reed pen might well have been used for writing on parchment as long ago as the First Dynasty or about 3000 BC. Reed pens continued to be used until the Middle Ages although they were slowly replaced by quills from about the 7th century. The reed pen, generally made from bamboo, is still used in some parts of Pakistan by young students and is used to write on small boards made of timber

4. The World's first university was established in Takshasila in 700 BC. Students from all over the World studied more than 60 subjects.
Takshasila, also known as Taxila, important, ancient cultural and trade center and seat of learning, the capital of the famed region of Gandhara in the northwest of the Indian subcontinent.
Located in present day Pakistan, Takshasila stood on the major trade route from the northeast of India.
Takshasila had links to Southeast Asia and China, via Madhura and Ujjain in northern central India, through Gandhara to Persia and Greece.
During its history, it came under Persian and Greek control, as well as that of the Maurya dynasty and the Kushanas. The Mauryas facilitated trade by building a major road between Takshasila and their capital in Pataliputra in northeast India. The city was thus a meeting point of Eastern and Western cultures and attracted many artisans from northern India, who mingled with Greeks and Persians.
In Takshasila, silks from China, diverted from the Silk Route, cotton, sandalwood, and precious stones all changed hands.
Takshasila was also a great center for learning, where the study of the Vedas, the Buddhist sutras, and the sciences flourished, especially.

5. Masih di perdebatkan sampai sekarang bahkan di CINA sendiri.

6.Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu.

memangnya ISLAM SUDAH ADA?? Bangsa PAGAN IYA. Jadi penemunya ya PAGAN.

7. Optics began with the development of lenses by the ancient Egyptians and Mesopotamians, followed by theories on light and vision developed by ancient Greek and Indian philosophers, and the development of geometrical optics in the Greco-Roman world. The word optics is derived from the Greek term τα ὀπτικά which refers to matters of vision.

8. Sebelum zaman modern dan penyebaran ilmu pengetahuan ke seluruh dunia, contoh-contoh tertulis dari pengembangan matematika telah mengalami kemilau hanya di beberapa tempat. Tulisan matematika terkuno yang telah ditemukan adalah Plimpton 322 (matematika Babilonia sekitar 1900 SM),[1] Lembaran Matematika Rhind (Matematika Mesir sekitar 2000-1800 SM)[2] dan Lembaran Matematika Moskwa (matematika Mesir sekitar 1890 SM). Semua tulisan itu membahas teorema yang umum dikenal sebagai teorema Pythagoras, yang tampaknya menjadi pengembangan matematika tertua dan paling tersebar luas setelah aritmetika dasar dan geometri.

9. Tetap saja PENEMUNYA ADALAH ORANG INDIA, bisa mikir tidak??

10.The eccentrically mounted handle of the rotary handmill which appeared in 5th century BC Celtiberian Spain and ultimately spread across the Roman Empire constitutes a crank.[2][3][4] A Roman iron crankshaft of yet unknown purpose dating to the 2nd century AD was excavated in Augusta Raurica, Switzerland. The 82.5 cm long piece has fitted to one end a 15 cm long bronze handle, the other handle being lost.[5][1]

A ca. 40 cm long true iron crank was excavated, along with a pair of shattered mill-stones of 50−65 cm diameter and diverse iron items, in Aschheim, close to Munich. The crank-operated Roman mill is dated to the late 2nd century AD.[6] An often cited modern reconstruction of a bucket-chain pump driven by hand-cranked flywheels from the Nemi ships has been dismissed though as "archaeological fantasy".[7]

avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penemuan Muslim Yang Terkemuka

Post by wildan99Islam on Wed Apr 03, 2013 8:34 pm

Kayaknya no.4 seru tuh
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penemuan Muslim Yang Terkemuka

Post by wildan99Islam on Wed Apr 03, 2013 8:43 pm

no.5 silahkan lihat disini ya ^^

en.m.wikipedia.org/wiki/Zheng_He
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penemuan Muslim Yang Terkemuka

Post by Revolt on Wed Apr 03, 2013 8:56 pm

Kenapa dengan nomor 4?? Memangnya sudah ada ISLAM 700BC??

no.5 Masih di perdebatkan di CINA sana, dan lagi (kalau benar) memangnya kalau ga di suruh KAISAR CINA yang KAFIR memangnya jalan tuh Zheng He??

Mikir dong......
avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penemuan Muslim Yang Terkemuka

Post by wildan99Islam on Wed Apr 03, 2013 8:59 pm

no.5 di edit jadi

"untuk menambah pengetahuan tentang Chang Ho, silahkan masukkan link yang ada di bawah ini ke http"
en.m.wikipedia.org/wiki/Zheng_He

ribet juga ya pake hp
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penemuan Muslim Yang Terkemuka

Post by Revolt on Wed Apr 03, 2013 9:09 pm

Kalau yang lainnya GUGUR ya ?? hahahaha

Zheng He :
baca yang ini ya

http://jaeookl12.wordpress.com/2010/04/03/1421-did-zheng-he-really-discover-america-before-christopher-columbus/

http://news.nationalgeographic.com/news/2006/01/0123_060123_chinese_map.html

kamu pintar kan?? Ngerti bahasa inggris tidak?? Masih dipertanyakan tuh...

10 penemuan MUSLIM??? HOAX !!!


avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penemuan Muslim Yang Terkemuka

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik