FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by wildan99Islam on Sat Apr 06, 2013 7:44 pm

Sumber : http://makalahmajannaii.blogspot.com/2012/03/ibnu-sina_14.html



Ibnu Sina (980-1037) dikenal juga sebagai Avicenna di Dunia Barat adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia (sekarang sudah menjadi bagian Uzbekistan). Ia juga seorang penulis yang produktif dimana sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan pengobatan. Bagi banyak orang, beliau adalah "Bapak Pengobatan Modern" dan masih banyak lagi sebutan baginya yang kebanyakan bersangkutan dengan karya-karyanya di bidang kedokteran. Karyanya yang sangat terkenal adalah Qanun fi Thib yang merupakan rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad.
Ibnu Sina bernama lengkap Abū ‘Alī al-Husayn bin ‘Abdullāh bin Sīnā. Ibnu Sina lahir pada 980 di Afsyahnah daerah dekat Bukhara, sekarang wilayah Uzbekistan (kemudian Persia), dan meninggal pada bulan Juni 1037 di Hamadan, Persia (Iran).

Ibnu Sina merupakan Filosof besar Islam yang berhasil membangun system filsafat lengkap dan terperinci, suatu system telah mendominasi tradisi filsafat Muslim beberapa abad. Pengaruh ini terwujud bukan hanya karena ibnu sina memiliki system, tetapi karena system yang dimilikinya menampakan keaslian juga menunjukkan jiwa yang jenius dalam menentukan metode–metode serta diperlukan untuk merumuskan kembali pemikiran rasional murni dan tradisi intelektual ibnu sina atau untuk mewarisi dan dalam system keagamaan Islam. Diantara metode – metode dari pemikiran ibnu sina paling populer adalah:
Bidang kedokteran yaitu Penyakit T.B.C juga Chronis
Mengenai penyakit-penyakit berbahaya sangat mengganggu manusia zaman modern ini, sudah ditemukan dan sudah dicarikan pengobatannya oleh Ibnu sina pada seribu tahun lalu. Desmond Stewart menyebutkan penemuan-penemuan baru Ibnu Sina tentang menularnya penyakit T.B.C dan bisa membahayakan kesehatan manusia saat ini, begitu juga dengan penyakit Chrionis.

Di dalam buku “ Early Islam”, Stewart menerangkan : “ Ibnu Sina is Now credited with such personal contributions as recognizing the contagious nature of tuberculosis and describing certain skin diseases and psychological disorders. Among the latter was love sickness, the effects of which were described as loss of weight and strength, fever and various chronic ailments. The cure was quite simple, once the diagnosis was made to have the sufferer united with the one he or she was pining for. Ibnu Sina also observed that certain diseases can be spread by water and soil, and advanced view for his time. Outside the realm of pure medicine, he invented a saclike precision device that helped to improve the accuracy of instruments used for measuring angles and short lengths. He also made many investigations in the realm of physics, helping to lay the foundations of experimental science that was to develop in the 16 th and 17 th centuries”.

Makna: “ sekarang Ibnu Sina meninggalkan saham-saham pribadi mengenai pengakuan sifat menular dari penyakit T.B.C, selain itu ibnu sina menulis tentang cara mengobati penyakit-penyakit kulit dan penyakit gangguan jiwa. Diantara penyakit terakhir ini, ibnu sina telah menemukan sakit cinta (love sicknes), akibat hilangnya keseimbangan serta penjagaan diri, begitu juga dengan sakit demam panas juga penyakit-penyakit chronis. Pengobatannya sangat sederhana, yaitu setelah dilakukan pemeriksaan, maka si penderita dapat dipertemukan dengan orang yang dirinduinya, dari pria juga wanita"

Pengaruh Pelajaran Ibnu Sina

Pengaruh pemikiran filsafat Ibnu Sina seperti karya pemikiran dan telaahnya di bidang kedokteran tidak hanya tertuju pada dunia Islam tetapi juga merambah ke Eropa. Kontribusi ibnu sina terhadap pemikiran dan ilmu pengetahuan amatlah besar, diakui berpengaruh signifikan kepada para ilmuwan, pemikir dan filusuf generasi-generasi sesudahnya. Berkat prestasinya dalam ilmu medis, ibnu sina memperoleh julukan “Father of Doctors” (Bapak Para Dokter). Natsir Arsyad, menyebutkan bahwa dokter kawakan ibnu sina pernah dijuluki sebagai Medicorum Principal atau “Raja Diraja Dokter”, oleh kaum Latin Skolastik. Julukan lain pernah diberikan kepada ibnu sina, misalnya, adalah “Raja Obat”. Dalam dunia Islam sendiri, ia/ibnu sina dianggap sebagai zenith, puncak tertinggi dalam ilmu kedokteran.

George Sarton, menyatakan bahwa prestasi medis Ibnu Sina sedemikian lengkap sehingga mengecilkan sumbangan lainnya dari seluruh dunia, seolah-olah mereka hanya membuat penemuan lebih kecil, dan sementara itu penyelidikan orisinal menyusut beberapa abad setelah masa ibnu sina. Sarton juga menguraikan pengaruh Ibnu Sina sangat besar terhadap ruang lingkup juga perkembangan ilmu kedokteran Barat. Karya ilmiah (textbook) ibnu sina merupakan referensi dasar utama ilmu medis di Eropa dalam periode waktu lebih panjang dari buku-buku lainnya .

Sepertinya kontribusi terpenting dari ibnu sina dan diwariskan ibnu sina kepada dunia kedokteran adalah dalam ilmu medisnya, yaitu Qanun fi al-Thibb (Canon of Medicine, Konstitusi Ilmu Kedokteran). Seyyed Hossein Nasr menyebutkan bahwa karya besar Qanun itu adalah karya paling banyak dibaca juga besar pengaruhnya pada ilmu medis Islam dan Eropa. Karya besar ini merupakan satu dari buku yang paling sering dicetak di Eropa pada masa Renaisans dalam terjemahan Latinnya oleh Gerard dari Cremona. Buku teks standar ini terdiri dari lima bagian pokok: prinsip-prinsip umum, obat-obatan, penyakit organ-organ tertentu, penyakit lokal bertendensi menjalar memulai pendidikannya pada usia lima tahun di kota kelahirannya, Bukhara. Pengetahuan yang pertama kali yang dia pelajari adalah membaca al-Qur ke seluruh tubuh, seumpama demam, dan obat-obatan majemuk.

Arsyad juga menyebutkan bahwa buku Qanun ibnu sina sejak zaman dinasti Han di Cina telah menjadi buku standar karya-karya medis Cina. Pada Abad Pertengahan, sejumlah besar karya ibnu sina telah diterjemahkan dalam bahasa Latin dan Hebrew, karya ibnu sina dalam bidang bahasa tersebut merupakan bahasa-bahasa pengantar ilmu pengetahuan masa itu.

Di bidang filsafat, ibnu sina dianggap sebagai imam para filosof di masanya, bahkan sebelum dan sesudahnya. ibnu sina otodidak, genius orisinil bukan hanya dunia Islam menyanjungnya, ibnu sina memang merupakan satu bintang gemerlapan memancarkan cahaya sendiri, bukan pinjaman sehingga Roger Bacon, filosof kenamaan dari Eropa Barat pada Abad Pertengahan menyatakan dalam Regacy of Islam -nya Alfred Gullaume; “Sebagian besar filsafat Aristoteles sedikitpun tak dapat memberi pengaruh di Barat, karena kitabnya tersembunyi entah dimana,kendatipun ada, sangat sukar sekali didapatnya dan sangat susah dipahami dan digemari orang karena peperangan-peperangan yang meraja lela di sebelah Timur, sampai saatnya ibnu sina dan Ibnu Rusyd dan juga pujangga Timur lain membuktikan kembali falsafah Aristoteles disertai dengan penerangan dan keterangan yang luas.

Selain kepandaiannya sebagai flosof dan dokter, ibnu sina pun penyair. Ilmu-ilmu pengetahuan seperti ilmu jiwa, kedokteran dan kimia ada ditulisnya dalam bentuk syair, dapat ditemukan melalui buku-buku dikarangnya untuk ilmu logika dengan syair. Kebanyakan buku-bukunya telah disalin kedalam bahasa Latin. Ketika orang-orang Eropa diabad tengah, mulai mempergunakan buku-buku itu sebagai textbook, di berbagai universitas. Oleh karena itu nama ibnu sina dalam abad pertengahan di Eropa sangat berpengaruh. Dalam dunia Islam kitab-kitab Ibnu Sina terkenal, bukan saja karena kepadatan ilmunya, akan tetapi karena bahasanya baik diiringi caranya menulis sangat terang. Selain menulis dalam bahasa Arab, Ibnu Sina juga menulis dalam bahasa Persia. Buku -bukunya dalam bahasa Persia, telah diterbitkan di Teheran dalam tahun 1954.
Dapat disimpulkan bahwa begitu besarnya pengaruh dari Ibnu Sina mengenai pemikiran yang beliau/ibnu sina tuangkan kepada kita. Ide-ide cemerlang dari ibnu sina memberikan dampak signifikan dalam ilmu pengetahuan, untuk itulah mari kita memperbanyak syukur karena kita dapat mengetahui ilmu-ilmu dari Ibnu Sina melalui karya-karyanya.

Berikut adalah karya2 Utama Ibnu Sina :

Kitab Qanun fi al-Thib, merupakan karya ibnu sina dalam bidang ilmu kedokteran. Buku ini pernah menjadi satu-satunya rujukan dalam bidang kedokteran di Eropa selama lebih kurang lima abad. Buku ini merupakan iktisar pengobatan Islam juga diajarkan hingga kini di Timur.

Kitab As-Syifa, merupakan karya ibnu sina dalam bidang filsafat. Kitab ini antara lain berisikan tentang uraian filsafat dengan segala aspeknya

Kitab An-Najah, merupakan kitab tentang ringkasan dari kitab As-Syifa, kitab ini ditulis oleh ibnu sina untuk para pelajar yang ingin mempelajari dasar-dasar ilmu hikmah, selain itu buku ini juga secara lengkap membahas tentang pemikiran Ibnu Sina tentang ilmu Jiwa.

Kitab Fi Aqsam al-Ulum al-Aqliyah, merupakan karya Ibnu Sina dalam bidang ilmu fisika. Buku ini ditulis dalam bahasa Arab juga masih tersimpan dalam berbagai perpustakaan di Istanbul, penerbitannya pertama kali dilakukan di Kairo pada tahun 1910 M, sedangkan terjemahannya dalam bahasa Yahudi dan Latin masih terdapat hingga sekarang.

Kitab al- Isyarat wa al-Tanbihat, isinya mengandung uraian tentang logika dan hikmah

2 good
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by armyman on Sat Apr 06, 2013 7:46 pm

Mas pernah baca Tentang pengobatan China yg berumur Ribuan tahun sebelum Masehi gak?
avatar
armyman
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 143
Kepercayaan : Protestan
Join date : 22.02.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by Revolt on Sat Apr 06, 2013 8:10 pm

avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by wildan99Islam on Sun Sep 15, 2013 6:57 am

Jep ....
saya disini gak bilang Ibnu Sina adalah penemu pertama
Tapi disini saya membuktikan bahwa Islam itu dulu pernah mempunyai Ilmuwan yang berbakat
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by SEGOROWEDI on Sun Sep 15, 2013 7:51 am


dia sama-sakali gak terinspirasi oleh quran
yang katanya kitab ilmiah itu

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by wildan99Islam on Sun Sep 15, 2013 7:54 am

@SEGOROWEDI wrote:
dia sama-sakali gak terinspirasi oleh quran
yang katanya kitab ilmiah itu
emangnya para Ilmuwan Barat kamu juga terinspirasi oleh Alkitabnya??
enggak. Mereka justru terinspirasi dari penemuan2 Ilmuwan Islam dan Yunani Klasik
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by SEGOROWEDI on Sun Sep 15, 2013 8:05 am



makanya gak usah dibangga-banggain..
saya justeri heran, secerdas dia kok bisa islam

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by wildan99Islam on Sun Sep 15, 2013 9:47 am

Aduh kasian Ilmuwan Barat gak dibanggain
Mengenaskan sedih
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by wildan99Islam on Sun Sep 15, 2013 9:50 am

Justru di Qur'an terdapat banyak Ayat2 Sains
kamu aja mas, yg tutup mata dan gak mau melihat
Dibahas dan dikasih tau, malah muter2 gak jelas TKP

basi
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by SEGOROWEDI on Sun Sep 15, 2013 9:55 am

@wildan99Islam wrote:Aduh kasian Ilmuwan Barat gak dibanggain
Mengenaskan sedih
maksudnya..
hubungannya dengan hadis dan tafsirnya itu apaaaaaaaaaaa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by SEGOROWEDI on Sun Sep 15, 2013 9:58 am

@wildan99Islam wrote:Justru di Qur'an terdapat banyak Ayat2 Sains
kamu aja mas, yg tutup mata dan gak mau melihat
Dibahas dan dikasih tau, malah muter2 gak jelas TKP
basi
sains yang mana:
- dasar laut gelap?
- embrio seperti permen karet?
- langit-bumi dulu satu = big bang?
- bmi dihamparkan = elips?
- naik ke langit = pesawat ruang angkasa?
- naik ke langit = udara tipis?
- dll.

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by wildan99Islam on Sun Sep 15, 2013 10:11 am

Pokoknya Islam itu menyuruh umatnya untuk terus menggali ilmu pengetahuan yang ada dan untuk bekerja tak kenal lelah
Terus berikhtiar, berusaha, bekerja keras, dll
Disamping itu juga ada ayat "Sains" yang menerangkan penciptaan bumi, merenungkan semua alam dan makhluk hidup yg ada di dunia, dll

Islam memberi kebebasan kepada umatnya untuk belajar dari siapa saja
selama orang itu tidak pernah melecehkan Islam

banyak Ilmu pengetahuan Yunani Klasik dan China diambil dan dipelajari oleh Ilmuwan Islam

Gak kayak Kristen
Ilmu Yunani Klasik malah dibuang dan dihapus
Rakyatnya hanya bisa belajar dari Alkitab saja
makanya kalo ada orang atau Ilmuwan Barat yg bertentangan dengan pernyataan di Alkitab, akan langsung dihukum

Paham?
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by SEGOROWEDI on Sun Sep 15, 2013 10:15 am


lha ambil 1 contoh, mari kita bedah!
misalnya penciptaan bumi versi quran..
lha wong langitnya masih berupa asap aja buminya sudah ada
keduanya diajak ngobol sama alloh
piss 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by wildan99Islam on Sun Sep 15, 2013 6:29 pm

Gak ah, saya gak mau OOT, nanti level saya jadi turun
piss

oh iya mod, bisa gak ini dimasukin ke Topic Sejarah Kebudayaan Islam? Saya salah masukin
piss
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by Admin on Wed Sep 18, 2013 8:25 pm

Done!
Dipindah ke SF Biografi Tokoh
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://www.laskarislam.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibnu Sina (Avicenna) Sang Bapak Pengobatan Modern

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik