FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Halaman 5 dari 15 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 10 ... 15  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by ramayana on Sun Apr 07, 2013 10:45 pm

First topic message reminder :

apakah roh manusia?
apakah Roh Allah?

ini agar memperjelas.. Apakah Isa hanya manusia seperti kita, atau Dia adalah Allah sendiri.

sebagai referensi ayat.

Al anbiya 91
Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya ruh dari Kami dan Kami jadikan dia dan anaknya tanda (kekuasaan Allah) yang besar bagi semesta alam.

At Tahriin
Dan Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-KitabNya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang ta'at.

annisa 171
Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu  383 , dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, 'Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya  384  yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya  385 . Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan : "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah menjadi Pemelihara.

apakah manusia seperti adam mempunyai ruh Allah?
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down


Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by ceri14 on Tue Apr 16, 2013 1:06 pm

KAMI artinya = Allah SWT menciptakan dengan adanya perantara
AKU artinya = Allah SWT menciptakan tanpa adanya perantara "KUN FAYAKUN"

biar pakai KAMI ato AKU tetap aja ALLAH SWT MAHA PENCIPTA,TIDAK BERANAK DAN DIPERANAKAN...

sholat yuk
avatar
ceri14
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Male
Posts : 6
Kepercayaan : Islam
Location : subang
Join date : 13.04.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 16, 2013 1:37 pm



ada gak bukti
bahwa ruh-ruh manusia selain Isa adalah Ruh Kami?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by aco.setang on Tue Apr 16, 2013 4:28 pm

@ceri14 wrote:KAMI artinya = Allah SWT menciptakan dengan adanya perantara
AKU artinya = Allah SWT menciptakan tanpa adanya perantara "KUN FAYAKUN"
simak kutipan teman seukuwah ente ,
@Elu Ha Ehad wrote:Kami itu digunakan dalam bahasa Indonesia berarti lebih dari satu subjek.

Penciptaan Nabi Isa:
91. Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya ruh dari Kami dan Kami jadikan dia dan anaknya tanda (kekuasaan Allah) yang besar bagi semesta alam.

Penciptaan Nabi Adam:
26. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.
27. Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.
28. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk,
29. Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.

Ya ampun nabi Adam diciptakan oleh Allah dengan ruh Allah sendiri, sedangkan nabi Isa dibuat diciptakan dengan beramai-ramai, karena jelas disitu disebut RUH KAMI. Ruh Nabi Isa dibuat oleh PABRIK kali ya, soalnya RUH KAMI. (mengakaji Al-Quran dengan Akal atau nalar)

jadi jelas nabi Adam lebih suci penciptaannya oleh Allah.
----------------------------
@ceri14 wrote:biar pakai KAMI ato AKU tetap aja ALLAH SWT MAHA PENCIPTA,TIDAK BERANAK DAN DIPERANAKAN...

sholat yuk
Yup, allah.swt bagemana bisa punya anak, sedangkan dia gak punya istri...
pun punya, keqnya bakalan mandul abis batu gak bisa berkembang biak.
avatar
aco.setang
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 189
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 17.02.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by Hilal bin Sahar on Fri Apr 19, 2013 4:23 pm

@ucup wrote:
@Hilal bin Sahar wrote:
@ucup wrote:
artinya ruh ciptaan kami, ruh kepunyaan kami....
maksa banget sih tuhan islam itu ruh....
ruh = "sesuatu" ciptaan tuhan.... bukan tuhan itu sendiri...

lah yg di tanya sebagian kok.. jawab apa,, ini pertanyaan loh At-Tahriim Ayat : 12 sebagian dari ruh (ciptaan) Kami

apa makna sebagian dsana??

ini gak di jawab An-Nisaa Ayat : 171 waruuhun
minhu = Dan ruh daripadaNya apa artinya? apa makna Nya dsana?? apa kata Nya di sana cocok jga untuk manusia??

Ruh kepunyaan Kami jadi yang nyiptain siapa sih?? kok jadi CLAIM bersama,,
ruh daripadaNya artinya ruh dari Allah, pemberianNya.. gak ada yg bilang Nya tsb manusia
ruh kepunyaan kami yg nyiptain ya "kami" tsb..,

tidak menjawab pertanyaan anee.. ck ck ck

At-Tahriim Ayat : 12 sebagian dari ruh (ciptaan) Kami

apa makna sebagian dsana??

oo tuh ruh di beri ya bukan di ciptakan seperti adam RUHII ruh (ciptaan) Ku?? beda loh tong..

oo jadi yang ciptain tuh ruh RAME2 ya,, ck ck ck ck ehmm

Hilal bin Sahar
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 131
Location : kota banjir
Join date : 08.02.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by ucup on Mon Apr 22, 2013 12:57 am

@Hilal bin Sahar wrote:
@ucup wrote:
@Hilal bin Sahar wrote:
@ucup wrote:
artinya ruh ciptaan kami, ruh kepunyaan kami....
maksa banget sih tuhan islam itu ruh....
ruh = "sesuatu" ciptaan tuhan.... bukan tuhan itu sendiri...

lah yg di tanya sebagian kok.. jawab apa,, ini pertanyaan loh At-Tahriim Ayat : 12 sebagian dari ruh (ciptaan) Kami

apa makna sebagian dsana??

ini gak di jawab An-Nisaa Ayat : 171 waruuhun
minhu = Dan ruh daripadaNya apa artinya? apa makna Nya dsana?? apa kata Nya di sana cocok jga untuk manusia??

Ruh kepunyaan Kami jadi yang nyiptain siapa sih?? kok jadi CLAIM bersama,,
ruh daripadaNya artinya ruh dari Allah, pemberianNya.. gak ada yg bilang Nya tsb manusia
ruh kepunyaan kami yg nyiptain ya "kami" tsb..,

tidak menjawab pertanyaan anee.. ck ck ck

At-Tahriim Ayat : 12 sebagian dari ruh (ciptaan) Kami

apa makna sebagian dsana??

oo tuh ruh di beri ya bukan di ciptakan seperti adam RUHII ruh (ciptaan) Ku?? beda loh tong..

oo jadi yang ciptain tuh ruh RAME2 ya,, ck ck ck ck ehmm
sebagian ya tidak semuanya... bisa 0,1% sd 99%....

gak ada yg beda antara ruh isa ama ruh adam....? cuma kristen yg bilang beda...

sapa bilang rame2... Allah itu ahad bukan tuhan rame2 kaya tuhan lu...
avatar
ucup
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 285
Kepercayaan : Islam
Join date : 27.10.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 23, 2013 12:08 pm

@ucup wrote:
sebagian ya tidak semuanya... bisa 0,1% sd 99%....

gak ada yg beda antara ruh isa ama ruh adam....? cuma kristen yg bilang beda...

sapa bilang rame2... Allah itu ahad bukan tuhan rame2 kaya tuhan lu...

dimana disebut ruh adam = Ruh Kami?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by Hilal bin Sahar on Fri Apr 26, 2013 4:56 pm

@ucup wrote:
@Hilal bin Sahar wrote:
@ucup wrote:
@Hilal bin Sahar wrote:
@ucup wrote:
artinya ruh ciptaan kami, ruh kepunyaan kami....
maksa banget sih tuhan islam itu ruh....
ruh = "sesuatu" ciptaan tuhan.... bukan tuhan itu sendiri...

lah yg di tanya sebagian kok.. jawab apa,, ini pertanyaan loh At-Tahriim Ayat : 12 sebagian dari ruh (ciptaan) Kami

apa makna sebagian dsana??

ini gak di jawab An-Nisaa Ayat : 171 waruuhun
minhu = Dan ruh daripadaNya apa artinya? apa makna Nya dsana?? apa kata Nya di sana cocok jga untuk manusia??

Ruh kepunyaan Kami jadi yang nyiptain siapa sih?? kok jadi CLAIM bersama,,
ruh daripadaNya artinya ruh dari Allah, pemberianNya.. gak ada yg bilang Nya tsb manusia
ruh kepunyaan kami yg nyiptain ya "kami" tsb..,

tidak menjawab pertanyaan anee.. ck ck ck

At-Tahriim Ayat : 12 sebagian dari ruh (ciptaan) Kami

apa makna sebagian dsana??

oo tuh ruh di beri ya bukan di ciptakan seperti adam RUHII ruh (ciptaan) Ku?? beda loh tong..

oo jadi yang ciptain tuh ruh RAME2 ya,, ck ck ck ck ehmm
sebagian ya tidak semuanya... bisa 0,1% sd 99%....

gak ada yg beda antara ruh isa ama ruh adam....? cuma kristen yg bilang beda...

sapa bilang rame2... Allah itu ahad bukan tuhan rame2 kaya tuhan lu...

hi hi hi hi ngomong doank neh bro??

At-Tahriim Ayat : 12 maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami,

jadi benar ya ruh alloh swt ada pada isa?? lihat sendiri penjelasan u,, coba apa makna RUH ku pada adam = ruh kami pad ISA? lah kan alkoran sendri yang bilang KAMI itu alloh, jibril, n lain2 jadi makna ruh kami pada isa di buat rame2 binar

Hilal bin Sahar
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 131
Location : kota banjir
Join date : 08.02.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by EbisuSensei on Fri Apr 26, 2013 6:23 pm

@atas

Memang sulit kalau anda berpaham bahwa Tuhan ada Roh-Nya.

Sementara faktanya Tuhan-lah yang menciptakan Roh.

jadi tepatnya Ruh milik Tuhan, atau Ruh ciptaan Tuhan.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by ucup on Sat Apr 27, 2013 8:22 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@ucup wrote:
sebagian ya tidak semuanya... bisa 0,1% sd 99%....

gak ada yg beda antara ruh isa ama ruh adam....? cuma kristen yg bilang beda...

sapa bilang rame2... Allah itu ahad bukan tuhan rame2 kaya tuhan lu...

dimana disebut ruh adam = Ruh Kami?
yaelah pake nanya lagi... ga usah pake ayat harusnya dah ngerti...

apa sih bedanya jika admin forum ini berkata :
- forum kami
- forum kepunyaan kami...
ada bedanya....?
avatar
ucup
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 285
Kepercayaan : Islam
Join date : 27.10.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by ucup on Sat Apr 27, 2013 8:25 pm

@Hilal bin Sahar wrote:
@ucup wrote:
@Hilal bin Sahar wrote:
@ucup wrote:
@Hilal bin Sahar wrote:

lah yg di tanya sebagian kok.. jawab apa,, ini pertanyaan loh At-Tahriim Ayat : 12 sebagian dari ruh (ciptaan) Kami

apa makna sebagian dsana??

ini gak di jawab An-Nisaa Ayat : 171 waruuhun
minhu = Dan ruh daripadaNya apa artinya? apa makna Nya dsana?? apa kata Nya di sana cocok jga untuk manusia??

Ruh kepunyaan Kami jadi yang nyiptain siapa sih?? kok jadi CLAIM bersama,,
ruh daripadaNya artinya ruh dari Allah, pemberianNya.. gak ada yg bilang Nya tsb manusia
ruh kepunyaan kami yg nyiptain ya "kami" tsb..,

tidak menjawab pertanyaan anee.. ck ck ck

At-Tahriim Ayat : 12 sebagian dari ruh (ciptaan) Kami

apa makna sebagian dsana??

oo tuh ruh di beri ya bukan di ciptakan seperti adam RUHII ruh (ciptaan) Ku?? beda loh tong..

oo jadi yang ciptain tuh ruh RAME2 ya,, ck ck ck ck ehmm
sebagian ya tidak semuanya... bisa 0,1% sd 99%....

gak ada yg beda antara ruh isa ama ruh adam....? cuma kristen yg bilang beda...

sapa bilang rame2... Allah itu ahad bukan tuhan rame2 kaya tuhan lu...

hi hi hi hi ngomong doank neh bro??

At-Tahriim Ayat : 12 maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami,

jadi benar ya ruh alloh swt ada pada isa?? lihat sendiri penjelasan u,, coba apa makna RUH ku pada adam = ruh kami pad ISA? lah kan alkoran sendri yang bilang KAMI itu alloh, jibril, n lain2 jadi makna ruh kami pada isa di buat rame2 binar
yang pengen dibahas kata ruh apa kami sih?
avatar
ucup
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 285
Kepercayaan : Islam
Join date : 27.10.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by SEGOROWEDI on Mon Apr 29, 2013 5:52 pm

@ucup wrote:
yaelah pake nanya lagi... ga usah pake ayat harusnya dah ngerti...

apa sih bedanya jika admin forum ini berkata :
- forum kami
- forum kepunyaan kami...
ada bedanya....?

bisa 'kepunyaan' bisa juga tidak dalam artian itu
melainkan Ruh dalam tubuh Isa adalah Ruh Kami
buktinya: hanya Isa saja yang disebutkan Ruhnya adalah Ruh Kami

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by EbisuSensei on Thu May 02, 2013 5:54 am

nandain dulu aah.. yuhuiiyuhuii
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by SEGOROWEDI on Thu May 02, 2013 11:36 am


kalau Ruh di dalam tubuh Isa adalah Ruh Kami, siapakah Isa?
kalau ruh dalam tubuh ebisu adalah ruh manusia, siapakah ebisu?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by EbisuSensei on Thu May 02, 2013 1:32 pm

Ruh di dalam Nabi Isa as. adalah Roh Nabi Isa.

Dalam Kristen mungkin normal kalau berpandangan bahwa ada hal lain selain Tuhan, yang bukan ciptaan Tuhan.

Dalam Islam berpandangan bahwa selain Tuhan, maka berarti ciptaan Tuhan.

jelas ya?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by SEGOROWEDI on Thu May 02, 2013 2:29 pm

@EbisuSensei wrote:Ruh di dalam Nabi Isa as. adalah Roh Nabi Isa.

quran-mu bilang Ruh Kami

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by EbisuSensei on Thu May 02, 2013 6:45 pm

apa bedanya dengan Roh Ku?

atau jelaskan dulu maksud dari Ruh Kami pada Al Quran, setahu kamu.

silahkan?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by SEGOROWEDI on Fri May 03, 2013 12:16 pm


bukan ruh kepunyaan Kami
tapi memang Ruh Kami
itulah Ruh yang ada di dalam tubuh Isa
beda dengan ruh kita-kita yang adalah ruh manusia

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by EbisuSensei on Fri May 03, 2013 6:32 pm

maka dari itu, saya tanya, apa beda Ruh Kami dengan Ruh Ku?

sepengetahuanmu, dalam Al Quran, apa yang dimaksud dengan Ku dan Kami?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by SEGOROWEDI on Mon May 06, 2013 10:18 am


aloh

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by EbisuSensei on Mon May 06, 2013 11:35 am

Apakah Tuhan membutuhkan Ruh untuk tetap ada?

Sebagaimana mahluk Nya?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by SEGOROWEDI on Mon May 06, 2013 11:54 am



maksudnya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by EbisuSensei on Mon May 06, 2013 1:50 pm

elo butuh ruh untuk tetap hidup ada bukan?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by SEGOROWEDI on Mon May 06, 2013 2:46 pm



maksudnya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by abu hanan on Mon Jun 03, 2013 11:42 pm

ruh di dalam tubuh isa merasakan lapar sebagaimana ruh kami..
apakah tuhan juga lapar?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 04, 2013 2:15 pm



lapar kan karena tinggal dalam tubuh (sebagai manusia)
apa kalau roh saja butuh makan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh siapakah yang ada di ISA itu?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 15 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 10 ... 15  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik