FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by Elu Ha Ehad on Sat Apr 13, 2013 4:23 pm

Jejak Tefilah Yudaisme dan Liturgia Horarum Kristen

Jika Anda seorang Kristen yang dibesarkan dalam tradisi gereja-gereja Reformasi dari Barat baik Protestan, Baptis atau aliran-aliran Pentakosta serta Kharismatik, mungkin terasa asing mendengar istilah Sholat dalam Kekristenan.

Dalam Gereja Orthodox ada dua bentuk Sembahyang Harian yang mengikuti aturan tertentu ini, yaitu yang mengikuti cara Nabi Daniel : Tiga Kali sehari (Dan. 6:11-12, Mzm. 55:18), atau juga mengikuti pola yang dikatakan oleh Nabi Daud: ”Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau…” (Mzm. 119:164). Sembahyang tiga kali itu terdiri dari: Pagi, Tengah-Hari, dan Sore Hari (Mazmur 55:18). Waktu-waktu Sembahyang itu sendiri sudah dimulai sejak zaman Nabi Musa. Tuhan memerintahkan agar Imam Harun mempersembahkan korban binatang dan korban dupa pada “Waktu Pagi” dan “Waktu Senja” (Kel. 29:38-39, 30:7-8).

Kata Sholat itu sendiri dalam bahasa Arab, serumpun dengan kata Tselota dalam bahasa Arami (Syria) yaitu bahasa yang digunakan oleh Yesus sewaktu hidup di dunia. Dan bagi ummat Kristen Orthodox Arab yaitu ummat Kristen Orthodox yang berada di Mesir, Palestina, Yordania, Libanon dan daerah Timur-Tengah lainnya menggunakan kataTselota tadi dalam bentuk bahasa Arab Sholat, sehingga doa “Bapa kami” oleh ummat Kristen Orthodox Arab disebut sebagai Sholattul Rabbaniyah.

Sebagaimana dikatakan sebelumnya, Gereja Orthodox, seperti Syria dan Mesir, mengenal liturgi doa harian yang disebut , Ashabush Sholawat, [12] yang terdiri dari :
Sholat Sa’atul Awwal (Sholat jam pertama, jam 06.00)
Sholat Sa’atuts Tsalits, (Sholat jam ketiga, jam 09.0)
Sholat Sa’atus Sadis, (Sholat jam keenam, jam 12.00)
Sholat Sa’atut Tis’ah, (Sholat jam kesembilan, jam 15.00)
Sholat Ghurub, (Sholat terbenamnya matahari, jam 18.00)
Sholat Naum (Sholat malam, jam 19.00)
Sholat Satar (Sholat tutup malam, jam 24.00)

Sementara Gereja Katholik di Abad Pertengahan mengenal yang disebut De Liturgia Horarum [13] yaitu :
Laudes (Doa pagi)
Hora Tertia (Doa jam ketiga)
Hora Sexta (Doa jam keenam)
Hora Nona (Doa jam kesembilan)
Verper (Doa senja)
Vigil (Doa malam)
Copletorium (Doa penutup)
Istilah Liturgia Horarum dalam bahasa Inggris disebut Liturgy of the Hours”(Liturgi Waktu). Nama ini mulai dipakai untuk pertama kali pada tahun 1959 dan menjadi populer selama Konsili Vatikan II, khususnya dalam Konstitusi Liturgi. Nama ini memperlihatkan bahwa ibadat ini dijalankan sesuai dengan jam atau waktu tertentu setiap hari yang pada dasarnya mempunyai arti simbolis sepeti terungkap dalam doa-doa yang dipakai dalam ibadat ini[14].

Disebut Liturgi karena ibadat ini sesungguhnya adalah doa atau kegiatan rohani seluruh umat sebagai Gereja dalam arti sebenarnya. Istilah harian (jam harian) menyatakan bahwa ibadat ini menguduskan waktu, jam siang dan malam. Sebenarnya dalam ibadat ini umat mengalami Tuhan yang tidak kenal waktu, yang abadi dan kudus. Oleh pengalaman berahmat itu manusia dikuduskan dalam waktu, hidup dan karyanya sehari-hari diberkati dan dikuduskan oleh Tuhan, saat atau sejarah hidupnya menjadi saat yang penuh rahmat dan menyelamatkan[15].

Dalam perspektif Roma Katholik yang mengacu pada istilah Latin, ada beberapa istilah yang dipergunakan selain Liturgia Horarum yaitu Ofisi Ilahi (Oficium: Kegiatan, Kewajiban), Brevir (Breviarum: Ringkasan, Singkatan), Opus Dei (Karya Tuhan), Pensum Servitutis (Takaran Pelayanan), Horae Canonicae (Jam-jam wajib), Horologion (Jam-jam doa)[16].

Lebih jauh makna dari Ashabus Shalawat sbb:

Sholat Jam Pertama (Sembahyang Singsing Fajar, Orthros, Matinus, Laudes) atau Sholatus Sa’atul Awwal (Sholatus Shakhar), yaitu ibadah pagi sebanding dengan “Sholat Subuh” dalam agama Islam (jam 5-6 pagi). Data ini diambil dari Kitab Keluaran 29:38-41 berkenaan dengan ibadah korban pagi dan petang, yang dalam Gereja dihayati sebagai peringatan lahirnya Sang Sabda Menjelma sebagai Sang Terang Dunia (Yoh.8:12).

Sholat Jam Ketiga (Sembahyang Jam Ketiga, Tercia) atau Sholatus Sa’atus Tsalitsu, sholat ini sebanding dengan “Sholat Dhuha” dalam agama Islam meskipun bukan sholat wajib (jam 9-11 pagi). Ini terungkap dalam Kitab Kisah Para Rasul 2:1,15 yang mempunyai pengertian penyaliban Yesus dan juga turunnya Sang Roh Kudus (Mrk.15:25; Kis.2:1-12,15). Itu sebabnya dengan sholat ini, kita teringatkan agar mempunyai tekad dan kerinduan untuk menyalibkan dan memerangi hawa nafsu sendiri, agar rahmat Allah dalam Roh Kudus melimpah dalam hidup.

Sholat Jam Keenam (“Sembahyang Jam Keenam”, “Sexta”) atau Sholatus Sa’atus Sadis. Ini nyata terlihat dalam Kisah Para Rasul 10:9 dan sholat ini sebanding dengan “Sholat Dzuhur” dalam agama Islam (jam 12-1 tengah hari), yang mempunyai makna sebagai peringatan akan penderitaan Kristus di atas salib (Luk.23:44-45), dan pencuri yang disalib bersama-sama Kristus bertobat. Berpijak dari makna ini, kitapun diharapkan seperti pencuri selalu ingat akan hidup pertobatan dan selalu memohon rahmat Ilahi agar mampu mencapai tujuan hidup yaitu masuk dalam kerajaan Tuhan.

Sholat Jam Kesembilan (“Sembahyang Jam Kesembilan”, “Nona”) atau Sholatus Sa’atus Tis’ah (Kis.3:1) sebanding dengan “Sholat Asyar” dalam agama Islam (jam 3-4 sore). Sholat ini dilakukan untuk mengingatkan saat Kristus menghembuskan nafas terakhirNya di atas salib (Mrk.15:34-37), sekaligus untuk mengingatkan bahwa kematian Kristus di atas salib adalah untuk menebus dosa-dosa, agar manusia dapat melihat dan merasakan rahmat Ilahi.

Sholat Senja (“Sembahyang Senja”, “Esperinos”, “Vesperus”) atau Sholatul Ghurub. Sholat ini sebanding dengan “Sholat Maghrib” dalam agama Islam (kira-kira jam 6 sore), sama seperti sholat jam pertama, sholat ini dilatar belakangi oleh ibadah korban pagi dan petang yang terdapat dalam Kitab Keluaran 29:38-41. Makna dan tujuan sholat ini adalah untuk memperingati ketika Kristus berada dalam kubur dan bangkit pada esok harinya, seperti halnya matahari tenggelam dalam kegelapan untuk terbit pada esok harinya.

Sholat Purna Bujana (“Sholat Tidur”, “Completorium”) atau Sholatul Naum (Mzm.4:9). Sholat ini sebanding dengan “Sholat Isya” dalam agama Islam (jam 8-12 malam), yang mempunyai makna untuk mengingatkan bahwa pada saat malam seperti inilah Kristus tergeletak dalam kuburan dan tidur yang akan dilakukan itu adalah gambaran dari kematian itu.

Sholat Tengah Malam (“Sembahyang Ratri Madya”, “Prima”) atau Sholatul Lail atau “Sholat Satar” (Kis.16:25). Sholat ini sebanding dengan “Sholat Tahajjud” dalam agama Islam. Sholat tengah malam ini mengandung pengertian bahwa Kristus akan datang seperti pencuri di tengah malam (Mat.24:42; Luk.21:26; Why.16:15), hingga demikian hal itu mengingatkan orang percaya untuk tetap selalu berjaga-jaga dalam menghidupi imannya[17].

Rashid Rahman mengatakan mengenai latar belakang ibadah harian dalam gereja sbb, “Praktek ibadah harian gereja awal dilatarbelakangi oleh praktek ibadah harian Yudaisme hingga abad pertama. Latar belakang tersebut dapat berupakontinuitas, diskontinuitas atau pengembangan dari ibadah Yudaisme”[18]. Selanjutnya dikatakan, “Gereja awal tidak memiliki pola ibadah tersendiri dan asli. Mereka beribadah bersama dengan umat Yahudi dan kemudian mengambil beberapa ritus Yahudi untuk menjadi pola ibadah harian”[19]

Waktu doa harian dalam Yudaisme disebut dengan Tefilah yang terdiri dari Shakharit (pagi) Minha (siang) dan Maariv(malam). Dalam tradisi Yudaisme, waktu-waktu doa dinamakan zemanim. Pola ibadah ini merujuk pada waktu peribadahan di Bait Suci (Kel 29:38-42; Bil 28:1-8). Nabi-nabi dan raja-raja di Israel kuno melaksanakan tefilah harian sbb :
Daud (Mzm 55:17)
Daniel (Dan 6:11)
Ezra (Ezr 9:5)
Yesus Sang Mesias (Luk 6:12)
Petrus dan Yohanes (Kis 3:1)
Petrus dan Kornelius (Kis 10:3,9)[20]
Para nabi dan rasul pun melaksanakan ibadah dengan berbagai sikap atau postur tubuh yang tertentu al :
Berdiri (Ul 29:10, , Mzm 76:8)
Bersujud (Mzm 96:9, Mat 26:39)
Berlutut (Mzm 95:6, Kis 20:36)
Mengangkat kedua tangan (Rat 3:41; Mzm 134:2)[21]

Yudaisme sebagai ibu kandung Kekristenan perdana telah mewariskan ibadah harian yang disebut Tefilah dan yang kemudian dilestarikan dalam kepercayaan baru kepada Yesus Sang Mesias sehingga melahirkan pola ibadah harianTselota atau Ashabus Sholawat atau Liturgia Horarum[22]. Akibat Gereja dan Kekristenan tercerabut dari akar Semitik Yudaiknya maka banyak aspek penting dalam peribadatan menjadi hilang dan terlupakan dalam Kekristenan khususnya aliran Reformasi. Dan salah satu aspek yang hilang itu adalah ibadah harian.

Rabbi Moshe Maimonides pernah mengatakan bahwa kehadiran Islam adalah untuk meratakan jalan bagi Mesias yang akan datang karena eksistensi Torah diaktualisasikan dalam format yang baru dalam Islam. Islam menjadi alat Tuhan untuk mengingatkan Gereja dan Kekristenan (khususnya Barat) untuk menelusuri akar keimanannya yang berasal dari tradisi Timur yaitu Semitik-Yudaik yang lebih dahulu memelihara ibadah harian.

Jika Tuhan YHWH bisa membuka mulut keledai Bileam dan berbicara padanya sehingga mencegah Bileam mengutuki Israel (Bil 22:28). Dan jika Tuhan YHWH bisa memakai Raja kafir Persia bernama Koresh untuk mengalahkan bangsa-bangsa yang menjajah Israel (Yes 45:1), mengapa pula Tuhan tidak bisa memakai orang lain atau komunitas lain untuk menjadi alat-Nya?

Kita kerap memperlakukan bidat-bidat dalam Gereja sebagai penyakit menular yang membahayakan namun tidak mau introspeksi dan berefleksi bahwa kemunculan bidat-bidat bisa jadi sebuah peringatan bahwa Gereja telah kehilangan kasih yang mula-mula atau mengabaikan ajaran dasar Yesus dan menjauh dari jalan para rasul Mesias, seperti pernah dikatakan Alm DR. J. Verkuyl dalam bukunya Gereja dan Bidat-bidat, bahwasanya keberadaan bidat adalah “hutang Gereja”.

Panggilan Bagi Gereja dan Kekristenan
Untuk Kembali Ke Akar Imannya


Keberadaan Gereja Orthodox di Indonesia (masuk ke Indonesia sekitar tahun 90-an) dan Messianic Judaism (masuk ke Indonesia sekitar awal tahun 2000-an) merupakan alat Tuhan yang sesungguhnya agar Gereja dan Kekristenan menyadari akar dan tradisi iman yang berasal dari budaya Semitik.

Keberadaan Gereja Orthodox menyadarkan Gereja dan Kekristenan yang mewarisi tradisi Barat (Western) bahwa Gereja Perdana berhasil memelihara rantai dan suksesi rasuliah hingga kini. Bahkan berbagai ritual ibadah al., ibadah harian masih tetap terpelihara hingga hari ini sementara Gereja beraliran Reformasi lebih menekankan doa-doa spontan.

Keberadaan Messianic Judaism menyadarkan Gereja dan Kekristenan yang mewarisi tradisi Barat (Western) bahwa umat Yahudi bukan umat yang dibuang dan dilupakan Tuhan serta telah digantikan oleh Gereja. Banyak orang Yahudi dan Yudaisme yang telah menerima Yesus sebagai Mesias dan melestarikan peribadahan yang berakar pada Yudaisme sebagai Mesias dan rasul-rasulnya melakukan. Dan salah satunya adalah ibadah harian yang disebut Tefilah. Dan mereka tidak menyebut diri mereka Kristen namun Messianic Jewish atau Messianic Judaism.

Penutup

Kiranya kajian singkat yang menelusuri asal usul ritual sholat dalam Islam yang dapat dilacak sampai Yudaisme dan Kekristenan awal, dapat membuka wawasan bersama baik Islam maupun Kristen mengenai akar tradisi imannya yang berasal dari Timur yaitu tradisi Semitik. Bukan hanya berhenti dalam pembukaan wawasan namun mendorong kedua belah pihak saling menghargai dan menghormati sebagai agama-agama yang datang dari budaya Semitik.

Indonesian Judeo-Christianity Institute (IJI)
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by aco.setang on Sat Apr 13, 2013 5:08 pm

ane kira Printah Yesus beneran, ternyata cuman comot sana comot sini alam islam...
coba klarifikasi beberapa hal...

1. Perintah Yesus yng mana dilanggar Kristen ? ayat Plisss....
2. Link sumber-nya Pliss...
3.
@Elu Ha Ehad wrote:
...
kehadiran Islam adalah untuk meratakan jalan bagi Mesias yang akan datang karena eksistensi Torah diaktualisasikan dalam format yang baru dalam Islam. Islam menjadi alat Tuhan untuk mengingatkan Gereja dan Kekristenan
....

Jualan Kecap Merk Islam ya..?


Terakhir diubah oleh aco.setang tanggal Sat Apr 13, 2013 5:22 pm, total 1 kali diubah
avatar
aco.setang
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 189
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 17.02.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by Elu Ha Ehad on Sat Apr 13, 2013 5:21 pm

ane kira Printah Yesus beneran...
Kita kerap memperlakukan bidat-bidat dalam Gereja sebagai penyakit menular yang membahayakan namun tidak mau introspeksi dan berefleksi bahwa kemunculan bidat-bidat bisa jadi sebuah peringatan bahwa Gereja telah kehilangan kasih yang mula-mula atau mengabaikan ajaran dasar Yesus dan menjauh dari jalan para rasul Mesias, seperti pernah dikatakan Alm DR. J. Verkuyl dalam bukunya Gereja dan Bidat-bidat, bahwasanya keberadaan bidat adalah “hutang Gereja”.

Yesus melakukan sholat.

Matius 26:39 Maka Ia MAJU SEDIKIT, lalu SUJUD dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”
Markus 14:33 Dan Ia MEMBAWA PETRUS, YAKOBUS DAN YOHANES serta-Nya. Ia sangat takut dan gentar,
14:34 lalu kata-Nya kepada mereka: “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah.”
14:35 Ia MAJU SEDIKIT, MEREBAHKAN DIRI KE TANAH DAN BERDOA supaya, sekiranya mungkin, saat itu lalu dari pada-Nya.
Mazmur 5:8 Tetapi aku berkat kasih setiamu yang besar, ku kan masuk ke rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu, yang kudus dengan takut akan Engkau.

Jualan Kecap Merk Islam ya..?
Bukan saya yang ngomong ataupun Islam, melainkan omongan dari orang kristen sendiri. Silahkan di baca baik-baik
hahahahahaha

Rabbi Moshe Maimonides pernah mengatakan bahwa kehadiran Islam adalah untuk meratakan jalan bagi Mesias yang akan datang karena eksistensi Torah diaktualisasikan dalam format yang baru dalam Islam. Islam menjadi alat Tuhan untuk mengingatkan Gereja dan Kekristenan (khususnya Barat) untuk menelusuri akar keimanannya yang berasal dari tradisi Timur yaitu Semitik-Yudaik yang lebih dahulu memelihara ibadah harian.

Yudaisme sebagai ibu kandung Kekristenan perdana telah mewariskan ibadah harian yang disebut Tefilah dan yang kemudian dilestarikan dalam kepercayaan baru kepada Yesus Sang Mesias sehingga melahirkan pola ibadah harianTselota atau Ashabus Sholawat atau Liturgia Horarum. Akibat Gereja dan Kekristenan tercerabut dari akar Semitik Yudaiknya maka banyak aspek penting dalam peribadatan menjadi hilang dan terlupakan dalam Kekristenan khususnya aliran Reformasi. Dan salah satu aspek yang hilang itu adalah ibadah harian.
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by aco.setang on Sat Apr 13, 2013 5:27 pm

@Elu Ha Ehad wrote:ane kira Printah Yesus beneran...
Kita kerap memperlakukan bidat-bidat dalam Gereja sebagai penyakit menular yang membahayakan namun tidak mau introspeksi dan berefleksi bahwa kemunculan bidat-bidat bisa jadi sebuah peringatan bahwa Gereja telah kehilangan kasih yang mula-mula atau mengabaikan ajaran dasar Yesus dan menjauh dari jalan para rasul Mesias, seperti pernah dikatakan Alm DR. J. Verkuyl dalam bukunya Gereja dan Bidat-bidat, bahwasanya keberadaan bidat adalah “hutang Gereja”.

Yesus melakukan sholat.

Matius 26:39 Maka Ia MAJU SEDIKIT, lalu SUJUD dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”
Markus 14:33 Dan Ia MEMBAWA PETRUS, YAKOBUS DAN YOHANES serta-Nya. Ia sangat takut dan gentar,
14:34 lalu kata-Nya kepada mereka: “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah.”
14:35 Ia MAJU SEDIKIT, MEREBAHKAN DIRI KE TANAH DAN BERDOA supaya, sekiranya mungkin, saat itu lalu dari pada-Nya.
Mazmur 5:8 Tetapi aku berkat kasih setiamu yang besar, ku kan masuk ke rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu, yang kudus dengan takut akan Engkau.

Jualan Kecap Merk Islam ya..?
Bukan saya yang ngomong ataupun Islam, melainkan omongan dari orang kristen sendiri. Silahkan di baca baik-baik
hahahahahaha

Yudaisme sebagai ibu kandung Kekristenan perdana telah mewariskan ibadah harian yang disebut Tefilah dan yang kemudian dilestarikan dalam kepercayaan baru kepada Yesus Sang Mesias sehingga melahirkan pola ibadah harianTselota atau Ashabus Sholawat atau Liturgia Horarum. Akibat Gereja dan Kekristenan tercerabut dari akar Semitik Yudaiknya maka banyak aspek penting dalam peribadatan menjadi hilang dan terlupakan dalam Kekristenan khususnya aliran Reformasi. Dan salah satu aspek yang hilang itu adalah ibadah harian.
panas
pertanyaan ane apa, ente bahas apa.....
Gak perlu malu2 pake akal sehat (kao punya)dalam menelaah pertanyaan & menjawab...

1. Perintah Yesus yng mana dilanggar Kristen ? ayat Plisss....
2. Link sumber-nya Pliss...
avatar
aco.setang
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 189
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 17.02.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by Elu Ha Ehad on Sat Apr 13, 2013 5:45 pm

1. Yesus melakukan shalatkan? kenapakristen tidak shalat itu yang dibahas
2. Cari buku tentang akar kekristenan plis
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by aco.setang on Sat Apr 13, 2013 6:05 pm

@Elu Ha Ehad wrote:1. Yesus melakukan shalatkan? kenapakristen tidak shalat itu yang dibahas
2. Cari buku tentang akar kekristenan plis

1. Yesus memerintahkan shalat diayat mana coba..?
Yesus disalib, apa kristen juga harus disalib..? pikirin pake akal sehat deh...

2. Hoax lagi ya..?
avatar
aco.setang
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 189
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 17.02.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by Elu Ha Ehad on Sat Apr 13, 2013 7:35 pm

Yesus disalib? hahahaha

Kristen katanya pengikut kristus, tapi dengan kata dari nalar Anda Yesus disalib, apa kristen juga harus disalib..? berarti Yesus Shalat, kristen ga harus shalat. Dalam teks '''Peshitta''' (dalam bahasa Aram) untuk Kisah Para Rasul 2:42 berbunyi: ‘Mereka bertekun dalam pengajaran para Rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu menjalankan salat-salat dan merayakan Ekaristi’.

Kristen awal, kristen Ortodoks timur, gereja-gereja Arab, Gereja Katolik (Brevir atau De Liturgia Horanum), Hampir seluruh Gereja-gereja di Timur masih melaksanakan Salat Tujuh Waktu (As-Sab’u ash-Shalawat).

Baca masalah yang diangkat oleh si Penulis:
Kita kerap memperlakukan bidat-bidat dalam Gereja sebagai penyakit menular yang membahayakan namun tidak mau introspeksi dan berefleksi bahwa kemunculan bidat-bidat bisa jadi sebuah peringatan bahwa Gereja telah kehilangan kasih yang mula-mula atau mengabaikan ajaran dasar Yesus dan menjauh dari jalan para rasul Mesias, seperti pernah dikatakan Alm DR. J. Verkuyl dalam bukunya Gereja dan Bidat-bidat, bahwasanya keberadaan bidat adalah “hutang Gereja”.
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by aco.setang on Sat Apr 13, 2013 10:30 pm

@Elu Ha Ehad wrote:Yesus disalib? hahahaha
...
Dalam teks '''Peshitta''' (dalam bahasa Aram) untuk Kisah Para Rasul 2:42 berbunyi: ‘Mereka bertekun dalam pengajaran para Rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu menjalankan salat-salat dan merayakan Ekaristi’.
.....
Baca masalah yang diangkat oleh si Penulis:
Kita kerap memperlakukan bidat-bidat
bla...bla..bla...

Link-nya plisss...
biar bisa di chek ente dusta ato jualan kecap.
..

ane gak pusing dengan masalah yg diangkat penulis,...
ane fokus sama tuduhan ente doang...
" KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI "

pertanyaan ane :

1. Perintah Yesus yng mana dilanggar Kristen ? ayat Plisss....
2. Link sumber-nya Pliss...

gak perlu lempar dosa sama penulis sumber copasan deh,...
ente yg bawa kemari, kudu ngerti dong apa yang ente copas...
jangan copas tanpa nalar, lempar fitnah tanpa dasar...
kacau
avatar
aco.setang
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 189
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 17.02.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by Elu Ha Ehad on Sun Apr 14, 2013 2:31 am

masalah ini silahkan cari di cari di webnya Indonesian Judeo-Christianity Institute (IJI)
itu ayat udah berkali-kali dikasih masih aja dipungkiri. Yesus melakukan Ibadah sehari-hari seperti Danil atau Daud. Kristen ortodoks dan kristen yang bukan tergolong reformasi melestarikan hal tersebut.

atau ga cari di google tentang kristen awal yang melakukan hal tersebut, ya syukur-syukur punya temen kristen orthodox. jadi ga bergantung pada Islam sebagai alat Tuhan kaya tulisan di atas. kalo engga, sekarangkan minggu bisa tanya ke petinggi agama Anda

kalo boleh saya bilang Anda adalah orang yang buta tentang sejara kepercayaan Anda dan Anda cuma memakan mentah-mentah doktrin yang sudah Ada.
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by aco.setang on Sun Apr 14, 2013 3:15 pm

@Elu Ha Ehad wrote:masalah ini silahkan cari di cari di webnya Indonesian Judeo-Christianity Institute (IJI)
itu ayat udah berkali-kali dikasih masih aja dipungkiri. Yesus melakukan Ibadah sehari-hari seperti Danil atau Daud. Kristen ortodoks dan kristen yang bukan tergolong reformasi melestarikan hal tersebut.

atau ga cari di google tentang kristen awal yang melakukan hal tersebut, ya syukur-syukur punya temen kristen orthodox. jadi ga bergantung pada Islam sebagai alat Tuhan kaya tulisan di atas. kalo engga, sekarangkan minggu bisa tanya ke petinggi agama Anda

1. Pelampiran sumber Artikel.
WAJIB bagi setiap member yang mem-Posting Artikel dimana Artikel tersebut bukan bersumber dari pribadi (bukan ulisan/hasil pemikiran pribadi), untuk menyertakan link sumber/asal Artikel tersebut dan bila berasal dari media cetak/buku, maka wajib menyertakan seminimal mungkin terdapat nama pengarang/penulis, dan sebagai pelengkap dengan menyertakan judul bukunya, serta halaman.

@Elu Ha Ehad wrote:
kalo boleh saya bilang Anda adalah orang yang buta tentang sejara kepercayaan Anda dan Anda cuma memakan mentah-mentah doktrin yang sudah Ada.

Ane nanya ttg dasar tuduhan ente : " KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI "

tuduhan ente ini berdasarkan Perintah Yesus yg mana..? Perintah itu ada di ayat brapa dalam alkitab...?

ente ngidap penyakit " Sulit mencerna Kalimat" atau " Hobi Fitnah tanpa dasar"..?
avatar
aco.setang
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 189
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 17.02.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by Elu Ha Ehad on Sun Apr 14, 2013 3:35 pm

terserah Anda, Anda buta tentang kristen.jelas kristen awal dan kristen timur tidak mengabaikan hal tersebut. dan web indonesia juedo christianity mengajak kembali ke awal ke jalan kristen yang benar. ane udah kasih link. coba di baca jelas sebelom masuk thread, di bawah title sudah tertera. thread ini adalah pemikiran judeo christianity. jadi bukan fitnah dari saya ataupun islam.
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by aco.setang on Tue Apr 16, 2013 1:13 am

xixixixi.....
kalo dah kepojok dengan copasan entah darimana,
langsung nuduh2 ane buta sama ajaran Kristus...

Padahal ditanya hal simple ;
Ane nanya ttg dasar tuduhan ente : " KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI "

tuduhan ente ini berdasarkan Perintah Yesus yg mana..? Perintah itu ada di ayat brapa dalam alkitab...?

bisanya cuman nge-dumel gak karuan...
avatar
aco.setang
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 189
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 17.02.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by Elu Ha Ehad on Tue Apr 16, 2013 2:50 am

hahahaha kalo saya ngedumel pasti ngotot, saya bilang terserah. ya terserah Andalah, toh emang bener kalo kristen revolusi itu buta kata si penulisnya.
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by aco.setang on Tue Apr 16, 2013 3:09 am

@Elu Ha Ehad wrote:hahahaha kalo saya ngedumel pasti ngotot, saya bilang terserah. ya terserah Andalah, toh emang bener kalo kristen revolusi itu buta kata si penulisnya.

xixixixi...
ente setuju gak dengan kata si penulis...
kalo ente setuju, silahakan jawab pertanyaan ane...

ente ngotot bilang ane gak ngerti sejarah Kristen, tapi gak mampu nunjukin ayat yg ane minta....
Karena ane merasa cukup ngerti ttg Kristen, makanya ane brani jabanin trit ente ini...

tapi sayang, hanya copasan pepesan kosong aja....
cuman modal copas tapi gak ngerti.
sisanya busa2 ngalor ngidul...
avatar
aco.setang
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 189
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 17.02.13
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by The.Barnabas on Tue Apr 16, 2013 8:48 am

Orang yesus ga nyuruh ngapa-ngapin,,termasuk membuat agama,,menyembah yesus...diriin gereja,,,

emang ada ayatnya???? mana

avatar
The.Barnabas
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 894
Location : Jakarta
Join date : 27.07.12
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by Elu Ha Ehad on Tue Apr 16, 2013 9:30 am

oh berarti yesus Tuhan yang pasif ya
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: KRISTEN MENGABAIKAN PERINTAH YESUS YANG SATU INI

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik